17 Tempat Wisata Tawangmangu dan Sekitar yang Wajib Anda Kunjugi

Wisata TawangmanguTawangmangu adalah nama sebuah kecamatan yang ada di Kab. Karanganyar, Jawa Tengah. Kecamatan ini memiliki keistimewaan dibandingkan kecamatan lainnya karena memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Kecamatan Tawangmangu berada di lereng Gunung Lawu, sehingga udara disini sangat sejuk dan pemandangan sekitar juga sangat asri.

Wisata Tawangmangu menjadi incaran banyak wisatawan, baik itu domestik maupun mancanegara. Meskipun hanya berupa kecamatan kecil, namun Tawangmangu menawarkan liburan yang seru dan menyenangkan untuk wisatawan yang datang kesini.

Objek wisata Tawangmangu bisa kita tempuh dengan kendaraan hanya satu jam saja dari  Kota Surakarta (Tempat wisata di Solo). Tempat ini sejak masa kolonial Belanda telah menjadi tempat berwisata. Obyek tujuan wisata utama adalah air terjun Grojogan Sewu (tinggi 81 m). Di tempat tetirah ini tersedia berbagai sarana pendukung wisata seperti kolam renang dan berbagai bentuk penginapan. Dari Tawangmangu dapat dimulai pendakian ke puncak Gunung Lawu (Pos Cemorokandang). Selain itu, dari sini terdapat jalan tembus yang menuju ke Telaga Sarangan di Magetan lewat Cemorosewu.

Selain udaranya yang sejuk, keindahan alam di sekitarnya tidak kalah menarik dengan kawasan lain di indonesia, terlebih lagi didaerah ini terkenal dengan produksi pertanian penghasil sayur mayur selain dari keberadaan obyek wisata Air Terjun Grojokan Sewu. Tawangmangu sendiri telah menjadi pilihan bagi orang-orang perkotaan untuk membangun villa-villa, maupun berinvestasi dengan mendirikan hotel-hotel & penginapan. (wikipedia)

Wisata Tawangmangu dan Sekitarnya

Berikut ini Tempatwisataseru.com rangkum 17 tempat wisata Tawangmangu dan sekitarnya yang harus anda kunjungi saat liburan kesini:

1. Wisata Tawangmangu Grojogan Sewu

Wisata Tawangmangu yang pertama dan paling populer adalah Air Terjun Grojokan Sewu. Air terjun ini menjadi favorit wisatawan yang datang ke Karanganyar, selain karena udaranya yang sejuk, air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 81 meter ini juga memiliki keindahan yang sangat mempesona.

Wisata Tawangmangu Grojogan Sewu

Wisata Tawangmangu Grojogan Sewu

Untuk mencapai Air Terjun Grojokan Sewu, anda harus berjuang melewati sekitar 1.250 anak tangga, wow, banyak sekali ya. Tapi semua itu akan terbayar manakal kita sudah sampai di lokasi air terjun.

DIsekitar air terjun ini ada beberapa fasilitas yang disediakan, diantaranya adalah kolam renang dan beberapa penginapan dari berbagai tipe.

Loading...

Jangan lewatkan: 16 Tempat Wisata di Klaten Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi

2. Air Terjun Jumog

Jika anda berkunjung ke Karanganyar, jangan lupa untuk mampir di Air Terjun Jumog. Sangat sayang rasanya kalau ana sampai melewatkan objek wisata yang satu ini. Lokasinya berdekatan dengan wisata Tawangmangu, masih berada di lereng gunung Lawu, tepatnya ada di desa Berjo, Kec. Ngargoyoso dan untuk mencapai air terjun ini anda harus menapaki 116 anak tangga.
Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog

Lokasinya yang berada di ketinggian membuat hawa di sekitar objek wisata ini sangat sejuk. Tidak jarang wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini hanya untuk menghirup udara segar di sekitar air terjun.

3. Wisata Tawangmangu Agrowisata Sondokoro

Satu lagi tempat wisata di Karanganyar yang kami rekomendasikan untuk anda kunjungi, yaitu Agrowisata Sondokoro. Lokasinya masih ada di area pabrik Tebu di Karanganyar. Agrowisata ini sangat cocok sekali untuk liburan bersama keluarga, karena ada banyak fasilitas yang bisa kita nikmat bersama anggota keluarga lainnya.
Wisata Tawangmangu Agrowisata Sondokoro

Wisata Tawangmangu Agrowisata Sondokoro

Fasilitas itu diantaranya adalah adalah flying fox, waterboom, kolam renang untuk anak anak, dan kolam yang berisi ikan untuk terapi kaki. Selain itu anda pun bisa mengelilingi objek wisata ini menggunakan kereta tua yang telah disediakan.
Wah, banyak sekali ya permainan disini. Tentu sangat sayang sekali kalau sampai terlewatkan.

4. Candi Cetho

Candi Cetho menjadi tujuan wisata di sekitar Tawangmangu selanjutnya yang bisa anda kunjungi, candi peninggalan agama Hindu ada di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kec. Jenawi atau berada di lereng Gunung Lawu tepatnya di perkebunan teh, masih berdekatan dengan Tawangmangu. Jadi sangat sayang kalau sampai dilewatkan ya.
Candi Cetho

Candi Cetho

5. Wisata Tawangmangu Gunung Lawu

Anda suka mendaki? Nah, alternatif wisata Tawangmangu yang bisa anda coba selanjutnya anda mendaki Gunung Lawu. Gunung yang sedang ‘istirahat’ ini memiliki ketinggian sekitar 3,265 mdp. Gunung ini merupakan kebanggaan masyarakat Jawa Tengah pada umumnya.
Wisata Tawangmangu Gunung Lawu

Wisata Tawangmangu Gunung Lawu

Dibagian puncaknya sendiri terdapat tiga buah puncak, yakni Hargo Dalem, Hargo Dumiling, serta Hargo Dumilah yang sekaligus merupakan puncak tertinggi di Gunung Lawu. Gunung Lawu sebenarnya termasuk gunung berapi, namun sedang dalam fase istirahatnya karena sudah lama sekali tidak menunjukkan tanda-tanda aktivitas.

6. Wisata Tawangmangu Desa Nglurah

Tujuan wisata Tawangmangu selanjutnya adalah sebuah desa yang terkenal sebagai penghasil bunga. Desa ini sangat indah sekali, karena setiap rumah disini menghiasi rumah mereka dengan aneka bunga nan cantik, bunga-bunga ini bisa anda miliki, karena dijual.

Wisata Tawangmangu Desa Nglurah

Wisata Tawangmangu Desa Nglurah

Bunga di desa nglurah ini sudah dijual ke berbagai daerah di Indonesia serta Malaysia dan Singapura. Bagaimana? Anda tertarik untuk mengunjungi desa sejuta bunga ini?

7. Wisata Tawangmangu Air Terjun Pringgodani

Nah, ternyata di Tawangmangu masih ada air terjun yang wajib kita kunjungi, yaitu Air Terjun Pringgodani. Ketinggian air terjun ini bahkan mencapai 100 meter, mengalahkan Grojokan Sewu. Air terjun ini juga tidak kalah menarik untuk kita kunjungi, lokasinya ada di desa Blumbang ini dapat Anda capai dengan menempuh perjalanan sejauh 5 km dari Terminal Tawangmangu. Dari pintu masuk, Anda harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki kurang lebih 2 km untuk sampai ke lokasi.

Wisata Tawangmangu Air Terjun Pringgodani

Wisata Tawangmangu Air Terjun Pringgodani

Kunjungi juga ya: 19 Tempat Wisata Favorit di Tegal Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi

8. Wisata Tawangmangu – Outbound 

Ini dia salah satu tempat wisata di Tawangmangu yang menjadi primadona untuk liburan bersama keluarga, yaitu area outbond. Tidak hanya keluarga, biasanya instansi pemerintah sampai swasta juga banyak yang memilih tempat ini untuk liburan. Aneka permainan dan hiburan ada disini.
Wisata Tawangmangu - Outbound

Wisata Tawangmangu – Outbound

9. Flying Fox di Objek Wisata Tawangmangu

Di Tawangmangu juga ada banyak tempat yang menantang untuk kita coba, salah satunya adalah flying fox, selain flying fox juga ada ATV dan sarana hiburan lainnya.

Flying Fox di Objek Wisata Tawangmangu

Flying Fox di Objek Wisata Tawangmangu

10. Wisata Pemandian Air Hangat Cumpleng

Cumpleng adalah lokasi pemandian air hangat yang harus kita kunjungi jika sedang liburan di Tawangmangu. Lokasinya ada di Desa Plumbon, Kec. Tawangmangu, berjarak sekitar 26 km dari Kota Karanganyar, posisinya di jalan tembus Tawangmangu menuju Astana Mangadeg atau Matesih.

Wisata Pemandian Air Hangat Cumpleng

Wisata Pemandian Air Hangat Cumpleng

Mandi di air hangat ini memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kita, terutama kesehatan kulit.

11. Camping Seru Di Sekipan, Kalisoro, Tawangmangu

Objek wisata Tawangmangu yang satu ini biasa dijadikan sebagai tempat untuk pelatihan instansi pemerintah, organisasi mahasiswa atau pelajar untuk melakukan berbagai kegiatan. Lokasinya hanya berjarak sekitar 2 km saja dari pasar. Kalau anda dari Solo, jaraknya hanya sekitar 1,5 Km saja.
Camping Seru Di Sekipan, Kalisoro, Tawangmangu

Camping Seru Di Sekipan, Kalisoro, Tawangmangu

Sekipan menyediakan berbagai fasilitas yang bisa kamu gunakan. Selain area camping ground, di Sekipan juga terdapat dua buah villa yang bisa disewa. Biaya villa sudah termasuk retribusi masuk serta asuransi. Pemesan villa juga bebas menggunakan area camping ground maupun beberapa wahana lain tanpa harus membayar uang tambahan. Namun, bila ingin menggunakan blok area tertentu akan dikenakan biaya booking blok.
Di kompleks bumi perkemahan Sekipan ini juga terdapat sebuah air terjun yakni Curug Kenthongan. Lokasinya memang agak masuk ke hutan, namun suasana disana cukup asik apalagi masih sangat alami karna jarang ada pengunjung yang datang ke curug ini.

12. Wisata Tawangmangu Situs Purbakala Menggung

Di Tawangmangu ternyata terdapat situs peninggalan zaman dahulu, namanya adalah Candi Menggung. Masyarakat sekitar masih melakukan ritual yang berbau mistis, yaitu pada setiap terbitnya wuku dukut perhitungan kalender Jawa, nama upacaranya adalah “Dhukutan” yang dimeriahkan dengan pertunjukan wayang kulit.

Wisata Tawangmangu Situs Purbakala Menggung

Wisata Tawangmangu Situs Purbakala Menggung

Situs Purbakala Menggung terletak di Kelurahan Kalisoro Kecamatan Tawangmangu yang berada pada 1.100 m dpl, berpanorama indah dan berudara sejuk. Beberapa bentuk peninggalan yang bisa dilihat antara lain berupa patung atau arca, serta beberapa bekas reruntuhan dan pondasi candi. Situs purbakala Candi Menggung bisa dicapai dengan kendaraan pribadi dari arah Tawangmangu atau berjalan kaki dari terminal Tawangmangu.

13. Wisata Kuliner di Tawangmangu Sate Kelinci

Setelah jalan-jalan seharian, biasanya kita akan lapar dan capek, nah, anda bisa mencoba sate kelinci yang fenomenal di Tawangmangu. Menikmati sate kelinci dan dengan disuguhkan oleh pemandangan yang cantik membuat makan siang kita semakin mantap.

Wisata Kuliner di Tawangmangu Sate Kelinci

Wisata Kuliner di Tawangmangu Sate Kelinci

Harap bersabar, meskipun kita sangat lapar sekali, tapi untuk menyelesaikan hidangan, setidaknya butuh waktu sekitar 10 menit. Ada banyak penjual sate kelinci di Tawangmangu, seperti di sekitar Grojogan Sewu ini. Sate kelinci merupakan salah makanan khas di daerah dingin ini.

Mengenai harga, tidak mahal-mahal, hanya berkisar Rp.12.000 saja untuk satu porsinya. Oh ya, sate kelinci ini rendah kolesterol kok, jadi jangan khawatir, bahkan sate ini berkhasiat untuk menurunkan kadar gula bagi para penderita diabetes, sementara otaknya berkhasiat sebagai penyubur kandungan wanita.

Nah, selain di sekitar air terjun, anda juga bisa menemukan penjual sate kelinci di sepanjang Jalan Raya dari terminal Tawangmangu naik ke arah Sarangan.

14. Memetik Strawberry di Tawangmangu

Aktivitas yang menyenangkan di Tawangmangu selanjutnya adalah memetik Strawberry. Buah yang satu ini memang hidup subur di daerah dataran tinggi. Anda bisa memetik buah merah merona ini di Tlogo Dringo, Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Pada bulan Juni-Agustus merupakan masa panen buah strawberry, pengunjung dapat memetik langsung buah strawberry dengan membayar Rp 50.000 per kilogram.

Memetik Strawberry di Tawangmangu

Memetik Strawberry di Tawangmangu

15. Obyek Wisata New Taman Balemkambang Tawangmangu

Tempat wisata di Tawangmangu selanjutnya adalah new taman balemkambang yang merupakan objek wisata terbaru dengan daya tarik berupa miniatur keajaiban dunia. Berbagai bangunan keajaiban dunia seperti Menara Eiffel di Prancis, Piramida Giza dan patung Sphinx di  Mesir, Tembok Besar China, Colosseum di Italia serta Hollywood Sign di Amerika Serikat ada disini. Kalau kamu penggemar selfie, spot-spot tersebut akan jadi background yang cukup menarik.

Obyek Wisata New Taman Balemkambang Tawangmangu

Wisata New Taman Balemkambang Tawangmangu

16. Telaga Sarangan

Telaga Sarangan merupakan tempat wisata di sekitar Tawangmangu yang tidak boleh kita lewatkan. Lokasinya hanya berjarak sekitar 5 Km saja dari Tawangmangu. Danau dengan luar 30 hektar ini wajib anda kunjungi bersama keluarga tercinta. Lokasinya yang hanya turun sekitar 3 km dari Cemowo Sewu kita akan sampai di telaga cantik yang menjadi salah satu objek wisata unggulan di Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Telaga Sarangan

Telaga Sarangan

Ada banyak sekali kegiatan seru disini, termasuk menikmati keindahan telaga dengan naik sepeda air atau speedboad.

17. Air Terjun Parang Ijo

Air terjun parang ijo ini lokasinya masih satu kecamatan dengan Air Terjun Jumog. Air Terjun Parang Ijo juga terlalu sayang jika dilewatkan begitu saja. Air terjun yang berada di Desa Girimulyo ini memiliki tinggi sekitar 50 meter. Kawasan di sekitarnya juga sudah dikembangkan sedemikian rupa untuk menjadi sebuah objek wisata yang menyenangkan. Beberapa fasilitas pendukung juga telah dibangun sebagai penunjang wisata.

Air Terjun Parang Ijo

Air Terjun Parang Ijo

Itulah beberapa lokasi wisata Tawangmangu yang bisa anda kunjungi bersama orang-orang tercinta. Kalau anda punya cerita sendiri dan pengalaman liburan di Tawangmangu silahkan bagikan kepada kami supaya pengunjung yang lainnya bisa jadikan sebagai panduan wisata Tawangmangu mereka. Kunjungi juga 15 Tempat Wisata di Salatiga Jawa Tengah dan Sekitarnya

loading...

11 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!