Tirta Tamansari Waterbyur Wisata air yang Penuh Keceriaan Di Bantul

Yuk bagi yang berada di Yogyakarta mampir ke tirta tamansari untuk menghabiskan akhir pekan bersama anak dan keluarga tercinta. Menikmati wahana permainan airnya yang menarik.

Bukan hanya warga Jogja saja yang dianjurkan datang ke tempat ini bagi anda yang berada di luar kota bahkan luar pulau juga dianjurkan datang untuk menghabiskan waktu libur sambil basah – basahan ceria

Kabupaten Bantul ternyata bukan hanya menyajikan destinasi wisata alam yang mempesona seperti pantai, air terjun, gua, taman bunga, namun juga dilengkapi dengan wahana permainan air atau water park.

Bermain air ditempat ini bisa menjadi terapi pikiran yang lelah menghadapi kegiatan harian seperti kuliah, bekerja, sekolah, dll yang pastinya menguras banyak pikiran dan tenaga dan sangat rentan stres.

Dari semua keindahan yang ditawarkan kota Jogja memang tidak heran jika kota ini menjadi tujuan wisata. Tirta tamansari Water byur Bantul sebagai water park yang cukup besar yang dilengkapi wahana permainan lain seperti taman mini, arena bermain anak, panggung kesenian, warung makan, dan masih banyak lagi memang tidak heran jika selalu padat pengunjung.

Selain puas bermain air dan menikmati wahana lain anda juga bisa bebas berfoto ditempat ini, sebab tempat memiliki banyak spot foto yang instagramable terutama di taman mininya.

Bagi anda yang belum pernah datang ke tempat ini ditunggu kedatangan dan kehadirannya. Saat weekend dan hari libur tempat ini sangat ramai pengunjung, sebaiknya anda selalu berhati – hati dan hindari meletakkan barang berharga di dalam tas.

Ketika berkunjung ke tirta tamansari dijamin waktu liburanmu  menjadi tidak mati gaya. Berbagai keseruan bisa anda dapatkan bersama orang – orang terdekat. Tunggu apa lagi ayo segera taklukkan semua wahana yang ada ditempat ini.

Tirta Tamansari Bantul via baligolivecom

Tirta Tamansari Bantul via baligolive.com

Kolam Renang Tirta Tamansari Water byur Bantul

Loading...

Tirta tamansari merupakan water park di Bantul yang lagi hits. Didalam lokasi wisata terdapat kompleks kolam renang yang memiliki luas lahan mencapai 1,5 hektar. Tempat ini sangat luas dengan fasilitas yang sangat memadai, terdapat jeeran kolam renang berbagai ukuran, serta disediakan pula arena untuk outbond.

Disekitar lokasi kolam renang ini juga terdapat puluhan pohon yang hidup sangat rindang dan hijau. Membuat udara disekitar kolam menjadi sangat segar.

Pohon – pohon besar bisa anda jadikan tempat berteduh ketika matahari sedang terik. Tirta tamansari merupakan destinasi wisata di Kabupaten Bantul yang sudah cukup lama di buka untuk umum. Kompleks kolam renang ini dibuka pada tahun 1987 hingga saat ini masih berdiri dan sudah puluhan tahun ikut mewarnai destinasi wisata kabupaten Bantul

Keberadaannya yang sudah puluhan tahun ini, sangat pantas jika tempat ini sudah memiliki banyak sekali penggemar baik yang datang dari wilayah Jogja maupun tempat lain. Selain itu kolam renang ini juga kerap dikunjungi rombongan anak mulai dari TK, SD, SMP, hingga SMA, yang mengadakan liburan akhir sekolah kemudian menyelenggarakan kegiatan bersama di tempat ini.

Tirta Tamansari Water byur Bantul via baligolive.com

Tirta Tamansari Water byur Bantul via baligolive.com

Lokasi Tirta Tamansari

Meski tempat ini sudah sangat lama dibuka untuk umum, namun masih banyak juga yang belum mengetahui lokasi pastinya, terutama bagi mereka yang berasal dari luar kota atau luar daerah. Bagi yang ingin mengunjungi tempat ini anda bisa langsung datang ke Jl. Pramuka, No. 30, Area Sawah, Desa Trirenggo, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kolam renang ini berada di sebelah selatan kota Jogja. Berada di deretan destinasi alam keren lainnya. Sehingga tempat ini sangat mudah ditemukan dengan akses jalan yang sangat mudah dilalui. Untuk melihat lokasinya dengan tepat anda bisa mencoba search lokasi di google maps.

Anda tinggal mengikuti petunjuk jalan yang diarahkan menggunakan peta lokasi. Atau bagi anda yang masih ragu silahkan melihat papan petunjuk jalan yang terpampang di pinggir jalan dan sesekali bertanya kepada warga sekitar. Jangan takut bertanya sebab penduduk disini semuanya ramah dan sopan.

Peta Menuju Lokasi


 

Harga Tiket Masuk Tirta Tamansari

Kompleks kolam renang yang dilengkapi dengan arena bermain lainnya serta banyak fasilitas pendukung keren lainnya  sangat nyaman. Namun semua itu bisa anda nikmat dengan harga tiket masuknya yang sangat murah, tidak sebanding dengan semua kepuasan yang akan anda dapatkan.

Tiket masuk menuju tirta tamansari hanya Rp 10.000 per orang anda bisa bermain air sepuasnya namun bagi anda yang enggan bermain air dan tetap ingin masuk tetap dikenakan biaya tiket masuk. Sungguh harga yang sangat bersahabat. Bahkan sangat murah jika dibanding dengan kepuasan yang nantinya anda dapatkan.

Nah masih ragu untuk mengunjungi tempat ini? Ayo segera datang dan taklukkan semua wahananya bersama keluarga dan teman terdekat.

Tarif Parkir Kendaraan

Selain tiket masuk anda perlu membayar tiket parkir yang juga dibandrol dengan harga yang sangat bersahabat. Anda hanya perlu membayar Rp. 2000 untuk kendaraan roda dua atau motor, Rp. 5000 untuk kendaraan roda empat atau mobil, Rp. 10.000 untuk minibus, serta Rp 20.000 untuk bus.

Jalanan menuju lokasi sangat lebar dan luas sehingga minibus dan bus juga bisa masuk hingga ke lokasi. Area parkir dibangun sangat luas dan terlihat nyaman. Terlihat ratusan motor dan puluhan mobil tersusun rapi di area parkir menandakan lokasi ini sedang padat pengunjung.

jangan sampai meletakkan barang berharga atau tas di dalam mobil atau jok motor karena sangat berbahaya. Meski area parkir dijaga oleh beberapa petugas namun kita juga tidak boleh lengah seperti itu. Setelah meletakkan kendaraan silahkan melanjutkan perjalanan ke tempat pembayaran tiket masuk, dan membayar sejumlah uang yang telah ditetapkan oleh petugas.

Jam Operasional

Sebagai informasi bagi anda yang ingin berkunjung pagi ini silahkan datang pada pukul 07.00 WIB sebab lokasi ini baru mulai beroperasi pada jam tersebut. jangan sampai datang terlalu pagi karena nantinya membuat anda menunggu diluar terlalu lama. Kemudian akan ditutup pada pukul 19.00 WIB.

Artikel terkait: Objek Wisata Seribu Batu Songgo Langit Bantul

Fasilitas di Tirta Tamansari

Tempat ini dibangun sudah sangat lama pantas saja jika fasilitas yang ada di dalamnya sangat lengkap. Belum lagi pembangunan demi pembangunan terus dilakukan agar pengunjung semakin nyaman berada di tempat ini.

Pembangunan juga dibuat agar pengunjung tidak bosan dan ingin terus kembali  berkunjung. Beberapa fasilitas tersebut seperti:

1. Area parkir

Area parkir di tirta tamansari dibangun sangat luas yang mampu menampung ratusan motor dan puluhan mobil. Meletakkan kendaraan di tempat parkir yang telah tersedia membuat anda bisa lebih nyaman saat menikmati permainan di dalam lokasi wisata dan tidak perlu memikirkan kondisi kendaraan anda nantinya

2. Tempat sampah

Meski banyak orang berpikir tempat sampah tidak begitu penting namun sebenarnya sangat penting, bayangkan jika anda harus berlibur ditemani sampah yang berserakan dimana – mana. Pastinya akan mengurangi kenyamanan dan sangat tidak  enak dipandang mata. Jadi saat berkunjung buanglah sampah botol mineral, bungkus  jajanan, serta bungkus nasi dll pada tempatnya.

3. Toilet yang Banyak

Toilet merupakan fasilitas yang paling penting disetiap arena bermain air, sebab setelah berenang dan sekujur tubuh basah pastinya anda langsung ingin mandi serta membilas badan dan berganti pakaian kemudian langsung bersantai sambil menikmati makanan dan minuman.

Maka dari itu di tempat ini dilengkapi dengan toilet atau ruang bilas yang banyak agar anda tidak perlu antri terlalu lama dengan pengunjung lain.

4. Mushola

Mushola disediakan bagi pengunjung muslim untuk menjalankan ibadah agar pengunjung semakin nyaman berada di tempat ini.

5. Arena Bermain Anak

Area Anak di Tirta Tamansari Waterbyur

Area Anak di Tirta Tamansari Waterbyur

Lain anak lain pula kesukaannya. Ada yang suka bermain air namun ada juga yang takut dengan air. Bagi anak yang tida suka bermain air maka disediakan arena bermain anak.

Arena ini merupakan alternatif lain untuk membuat mereka senang dan terhindar dari kejenuhan. Terdapat banyak sekali jenis permainan anak yang tersedia ditempat ini seperti , mandi bola, odong – odong, kereta mini, pesawat mini, dll.

6. Mini Cafe

Setelah lelah berenang dan bermain air serta menikmati wahana permainan air pastinya anda merasa capek dan lapar serta haus. Bagi anda yang tidak membawa bekal makanan dan minuman sendiri tidak usah takut kelaparan dan kehausan, sebab terdapat banyak sekali warung – warung kecil yang menyediakan menu makanan yang lezat.

Makanan ringan dan sederhana tersedia ditempat ini seperti , siomay, mie rebus, mie goreng, aneka nugget, sosis goreng, bakso, aneka minuman bersoda, serta aneka jus buah, dll.

Harga yang ditawarkan juga sangat bersahabat. Tidak ada pedagang yang aji mumpung berada di lokasi wisata semua dibandrol dengan harga yang wajar. Namun bagi anda yang membawa makanan sendiri juga diperbolehkan. Silahkan menikmati makanan dan minuman yang dibawa di lokasi istirahat atau lokasi santai.

  • Area outbond
  • Panggung hiburan
  • Tempat bersantai
  • Kolam bebek air

Wisata terkait: Mencoba Sensasi Menantang di Karst Tubing Sedayu Bantul

Suasana di Taman Wisata Tirta Tamansari

Sesampainya di lokasi wisata anda akan disambut dengan suasana teduh dan segar karena di luar lokasi hidup puluhan pohon besar dan hijau. Kemudian perjalanan dilanjutkan ke dalam lokasi disana terlihat 3 buah kolam renang yang sangat besar.

Dua diantaranya disediakan buat orang dewasa dan satu lagi dibuat untuk anak – anak. Dari kejauhan terlihat air kolam yang biru dan Nampak bersih.

Terlihat air kolam yang begitu segar membuat kita tidak sabar untuk segera nyemplung dan berenang di sana. Kolam renang dewasa memiliki kedalaman sekitar 1.2 meter dan kolam renang anak – anak memiliki kedalaman 50 cm.

Terdapat peluncuran air yang tinggi di kolam renang dewasa. Terdapat beberapa slide yang tidak boleh terlewatkan. Terdapat seluncuran dengan berbagai ukuran dan model.

Pada kolam renang anak terdapat pula seluncuran air dengan ketinggian sedang dan semakin seru dengan tambahan sebuah ember tumpah. Terasa sangat menyenangkan diguyur air dari atas pasti membuat mereka berteriak kegirangan.

Selain itu terdapat pula beberapa permainan lain seperti permainan busa sabun yang pastinya sangat disukai anak – anak dengan wajah cerianya bisa bermain gelembung – gelembung mandi busa.

Selain terdapat arena bermain air seperti kolam renang yang dilengkapi dengan seluncuran berbagai ukuran dan sebuah ember tumpah yang memberikan keseruan tersendiri, terdapat pula agenda outbond untuk acara keluarga atau lembaga.

Keseruan di Waterbyur Bantul

Keseruan di Waterbyur Bantul

Area Bermain Anak

Fasilitas permainan lain juga tersedia untuk anak- anak yang tidak suka bermain air. Di  dalam arena bermain anak tersebut tersedia mandi bola, odong – odong, hingga flying fox.

Ada Juga Kolam Terapi Ikan

Untuk mengusir kebosanan para orang tua yang menunggu anak – anak sedang bermain di arena permainan anak bisa menghabiskan waktu dengan berendam di kolam terapi ikan.

Pertunjukan Musik

Untuk mengusir kebosanan para pengunjung yang datang setiap hari minggu tersedia sebuah hiburan yang menampilkan musik band indie Jogja yang mengalun merdu.

Selain itu bagi anda yang memiliki suara emas dibolehkan turut menyumbangkan sebuah atau dua buah lagu untuk menambah keceriaan pagi ini. Terdapat pula kegiatan lain seperti diadakan senam bersama di pelataran kolam renang setiap pagi untuk menjaga kebugaran para pemuda Jogja.

Kunjungi juga: Wisata Kampung Edukasi Watu Lumbung Bantul

Tips dan Saran:

Sebelum berkunjung ke lokasi wisata tirta tamansari ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar liburanmu nanti berakhir menyenangkan. Berikut diantaranya:

  • Pastikan membawa baju ganti dan handuk. Pastinya setelah bermain air seharian baju yang anda kenakan akan basah kuyup sehingga membutuhkan baju ganti agar tidak masuk angin
  • Bawa juga perlengkapan mandi dan make up seadanya
  • Bagi anda yang tidak suka jajan diluar silahkan membawa bekal makanan dan minuman dari rumah
  • Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen – momen kebersamaan bersama keluarga
  • Pastikan kondisi tubuh anda sehat agar nantinya bisa menikmati waktu libur dengan sempurna
  • Jangan lupa untuk membawa peralatan kesehatan seperti obat – obatan, minyak angin dll
  • Sebaiknya jangan letakkan barang berharga sembarangan
  • Ketika bermain air awasi terus anak – anak untuk menghindari hal – hal buruk jangan sampai rencana liburan anda nantinya berujung musibah
  • Buanglah sampah pada tempatnya untuk membantu menaga kebersihan dan keindahan lingkungan wisata sebab kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab kita bersama
  • Jagalah sopan santun ketika berada di lokasi serta menaga hubungan baik antar sesama pengunjung

Water park tirta tamansari memang sangat cocok dijadikan tujuan wisata ketika liburan tiba atau weekend anda bersama keluarga dan orang tercinta. Lokasinya sangat mudah ditemukan dan kondisi didalam arena ini sangat nyaman dan sejuk dan dilengkapi dengan berbagai wahana lain.

Nah masih ragu untuk datang? Semua kelebihan ditempat ini bisa anda nikmati hanya dengan membayar tiket masuk yang sangat bersahabat. Selamat berkunjung dan terima kasih.

Kunjungi juga: Objek Wisata Goa Gajah Bantul

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!