Objek Wisata Seribu Batu Songgo Langit Bantul

Seribu Batu Songgo Langit – Ketika kita membahas Yogyakarta memang memiliki sejuta keunikan yang tiada habisnya jika kita bahas, mulai dari kota yang syarat tradisi dan cerita legendanya yang diwarisi turun temurun antara Kraton Yogyakarta dan Ratu Pantai Selatan dan masih banyak cerita legenda lainnya. Terdapat pula beragam kuliner yang sudah terkenal luas seperti gudeg, bahkan Jogja mendapat julukan sebagai kota gudeg.

Selain itu masih banyak lagi keunikan lainnya, salah satunya terdapat banyak sekali destinasi wisata alam yang mempesona, bahkan setiap tahunnya terdapat lokasi wisata terbaru yang terus digali potensinya.

Terdapat pula tempat wisata yang sudah mendunia, seperti pantai parangtritis, pantai samas, pantai depok, kebun buah mangunan, gumuk pasir parangkusumo, air terjun randusari, curug pulosari, dsb.

Berbagai tempat wisata yang ada di kota Jogja ini menawarkan pesona alam yang luar biasa namun menawarkan bajet yang sangat bersahabat. Dengan semua keunikan yang dimiliki kota Jogja tak heran jika kota ini menjadi tujuan para turis asing.

Banyak pula wisatawan domestik yang berburu ketenangan dan mengadakan tour liburan ke beberapa destinasi wisata sekaligus sebab letaknya yang memang berdekatan, seperti kata pepatah sambil menyelam minum air.

Ketika berkunjung ke seribu batu songgo langit anda bukan hanya  sekedar disuguhkan pesona alam yang luar biasa yang lengkap dengan puluhan spot foto yang instagramable namun anda akan merasa berada di negeri dongeng sambil berburu hobbit. Bagi anda yang penasaran dengan pesona seribu batu songgo langit berikut ini kami ulas lengkap untuk anda!

Gerbang Wisata Seribu Batu Songgolangit

Gerbang Wisata Seribu Batu Songgolangit via Brillio

Sejarah Singkat Seribu Batu Songgo Langit

kawasan wisata hutan pinus ini mulai pertama kali dikenalkan sebagai tempat wisata sekitar tahun 2016. Namun pada awalnya hanya berupa kawasan hutan pinus biasa yang dilengkapi dengan beberapa buah gazebo dan jembatan kayu. Meski pada awal pembukaannya tempat wisata ini sudah banyak dikunjungi wisatawan namun belum sebanyak saat ini.

Kawasan hutan pinus yang hanya terdapat di kawasan Bantul ini pada masanya memang sangat popular yang memiliki banyak penggemar baik dari dalam negeri hingga luar negeri, namun pihak pengelola merasa belum puas dengan pencapaian tersebut dan terus berusaha menciptakan wisata yang berbeda.

Loading...

Akhirnya muncul ide untuk membuat beberapa spot foto yang instagramable yang banyak dicari serta rumah negeri dongeng yang di harapkan mampu menyedot antusias para wisatawan. Dan saat ini memang terbukti kawasan ini sangat banyak diminati apalagi setelah beberapa foto lokasi yang cantik mulai bertebaran di dunia maya khususnya instagram, membuat tempat ini semakin dikenal.

Seribu Batu Songgo Langit via IG @ratihsukmaresi

Seribu Batu Songgo Langit via IG @ratihsukmaresi

Lokasi Seribu Songgo Langit “Rumah Hobbit”

 Seribu batu songgo langit berada tidak jauh dari kota Jogja tepatnya berada disebelah selatan Jogja. Untuk sampai di lokasi anda akan melalui akses jalan yang sangat mudah di lalui bisa menggunakan sepeda motor, mobil, maupun bus. Letaknya tidak begitu jauh dari kebun buah mangunan serta hutan pinus mangunan sehingga lokasinya juga sangat mudah ditemukan.

Letaknya tetap berada di jalan hutan Jl Pinus Nganir, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk sampai di lokasi anda bisa mengikuti papan petunjuk arah yang terpasang di pinggiran jalan mulai dari pusat kota sampai ke lokasi wisata seribu batu songgo langit.

Rute Menuju Lokasi Seribu Batu Songgo Langit

Di kawasan wisata seribu batu songgo langit anda bukan hanya bisa menikmati batu besar namun juga bisa melihat rumah hobbit lengkap dengan beberapa hobbit membuat anda sedang merasa di negeri dongeng. Sungguh pengalaman yang baru dan sulit untuk terlupakan. Belum lagi lokasinya yang berdekatan dengan hutan pinus mangunan serta kebun buah mangunan membuat anda bisa mengunjungi beberapa tempat terkenal tersebut sekaligus.

Lokasinya berada tidakvjauh dari pusat kota. Perjalanan akan dimulai  dari pusat Kota Jogja kemudian ambil arah menuju terminal kemudian lanjutkan perjalanan menuju arah selatan ke Jalan Imogiri Timur.

Kemudian jalan lurus terus hingga menemukan pertigaan di pasar Imogiri lalu ambil arah ke kiri menuju kawasan mangunan tengah kawasan wisata, lalu ambil arah ke kiri dan jalan terus kurang lebih 50 meter maka anda akan menemukan papan nama yang tertuliskan seribu batu songgo langit yang berada di kanan jalan. Untuk mempermudah perjalanan anda bisa menggunakan google maps dan ikuti peta petunjuk arahnya.

Harga Tiket Masuk Seribu Batu Songgo Langit

Meski wisata seribu songgo langit menyimpan sejuta keindahan dan banyak terdapat spot foto yang instagramable namun untuk tiket masuknya sangat bersahabat. Anda tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam untuk bisa menikmati semua keindahannya.

Untuk per orang hanya dikenakan tiket masuk seharga RP. 2,500 saja. Sungguh harga yang tidak sebanding dengan semua keindahan yang ditawarkan. Hanya saja ketika anda ingin menikmati berapa spot foto anda akan dimintai sumbangan seikhlasnya.

Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi telah tersedia area parkir yang terbilang luas dan nyaman.  Anda perlu membayar karcis parkir dengan harga Rp. 2000 untuk motor, Rp. 5000 untuk mobil, Rp. 15000 untuk minibus, serta Rp. 20.000 untuk bus. Silahkan titipkan kendaraan anda pada tempat parkir yang tersedia untuk mencegah kehilangan dan kerusakan.

Jembatan Jomblo Songgolangit

Jembatan Jomblo Songgolangit

Fasilitas di Kawasan Wisata Seribu Batu Songgo Langit

Penglolaan kawasan wisata seribu batu songgo langit ini dipegang oleh pemerintah setempat yang juga bekerja sama dengan warga sekitar, sehingga untuk masalah fasilitas tempat ini sudah cukup lengkap.

Selain itu perkembangan demi perkembangan juga terus dilakukan agar tempat ini semakin layak dikunjungi wisatawan dan mampu memberi kenyamanan pengunjung. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia di kawasan wisata seribu batu songgo langit tempat berburu hobbit seperti:

  • Area parkir kendaraan yang tersedia sangat nyaman dan luas sehingga mampu menampung ratusan motor dan puluhan mobil.
  • Toilet merupakan fasilitas yang wajib ada disetiap tempat wisata
  • Mushola juga tersedia bagi pengunjung muslim untuk menjalankan ibadah
  • Tempat sampah berjejer di sudut – sudut lokasi untuk menjaga kebersihan lingkungan
  • Warung makan juga tersedia yang menyediakan berbagai menu yang lezat
  • Papan informasi
  • Spot foto yang menarik

 Pesona Seribu Batu Songgo Langit

Kawasan Bantul memang memiliki ribuan hektar hutan pinus yang sebagian wilayahnya dijadikan kawasan wisata yang edukatif. Salah satu tempat itu diberi nama seribu batu songgo langit.

Kawasan wisata ini bukan hanya menawarkan hamparan pohon pinus yang tumbuh menjulang dengan udaranya yang segar dan pemandangan alam di sekitarnya yang masih alami, namun terdapat spot wisata lain yang menjadi unggulan tempat ini yaitu terdapat kawasan rumah hobbit yang dituru dari film hobbit atau yang ada di Selandia Baru.

Berada di tempat ini akan memberikan suasana yang berbeda anda seakan sedang berada di negeri dongeng. Nama seribu batu songgo langit sendiri di ambil dari bebatuan yang banyak terdapat di tempat ini bersama pohon pinus yang menjulang tinggi serta bukit yang berdiri gagah  seolah – olah menjadi penyangga langit. Itulah mengapa tempat ini diberi nama seribu batu songgo langit.

Di lokasi ini terdapat banyak lokasi foto yang cantik yang bisa anda gunakan untuk berselfie dan mengabadikan momen penting saat liburan bersama keluarga. Dimana spot foto disini semuanya anti arus utama. Di beberapa sudut lokasi anda akan melihat beberapa foto besar tentang empat bagian penting di kawasan wisata ini.

Setelah melewati jalan kota jogja yang tiba di lokasi wista anda akan disambut sebuah gerbang besar sebagai tanda anda sudah memasuki kawasan wisata, kemudian anda harus menuruni anak tangga yang terbuat dari kayu untuk bisa sampai pada spot pertama dengan pemandangan di sekitarnya yang masih sangat alami dengan udaranya yang segar yang belum terkontaminasi polusi.

Memasuki spot yang pertama anda disuguhkan rumah dongeng seribu kayu yang sangat unik. Berada ditempat ini seperti sedang berada di negeri dongeng dimana terlihat jejeran rumah mungil para kurcaci yang berjumlah 7 buah rumah.

Jangan lupa untuk mengambil foto ditempat ini dengan sudut yang tepat sehingga mampu menciptakan jepretan yang cantik. Tersedia pula sebuah panggung kayu yang terbuat dari pohon pinus yang bisa anda jadikan tempat bersantai sejenak.

Setelah puas menikmati keindahan tempat ini dan bersefie ria anda bisa kembali melanjutkan perjalanan untuk menuju tempat wisata kedua.

Untuk sampai ke tempat wisata selanjutnya anda harus kembali menyusuri anak tangga yang terbuat dari kayu. Setiba di lokasi anda langsung disuguhkan pemandangan rumah hobbit yang menjadi wisata unggulan tempat ini.

Rumah Hobbit Songgo Langit via IG

Rumah Hobbit Songgo Langit via IG

Terdapat sebuah rumah hobbit yang berdiri indah dan terlihat unik mengingatkan kita pada film hobbit dan rumah yang ada di Selandia Baru, sungguh pengalaman pertama yang menyenangkan.

Silahkan berfoto ria ditempat ini untuk mengabadikan momen penting hari ini. Juga untuk melengkapi galeri liburan anda. Jangan lupa untuk memberikan biaya seikhlasnya ketika anda menikmati spot foto ditempat ini. Padatnya pengunjung juga memaksa anda mengikuti antrian yang cukup panjang, apalagi ketika musim libur dan weekend jumlah pengunjung bisa melebihi kapasitas.

Setelah puas menikmati keindahan dan keunikan rumah hobbit serta beerfoto disana silahkan melanjutkan perjalanan menyusuri hutan pinus menuju wisata yang ketiga. Lokasi wisata selanjutnya berada tidak jauh dari rumah hobbit sekitar 800 meter hingga 1 kilometer. Perjalanan menuju lokasi wisata selanjutnya sedikit menanjak dan berliku sebab anda akan mengunjungi bukit songgo langit.

Silahkan siapkan stamina untuk bisa sampai ke puncak bukit dan jangan lupa untuk mengkonsumsi air mineral agar anda tidak kekurangan cairan dan kestabilan stamina tetap terjaga serta jangan lupa untuk membuang botol air mineral anda pada tempat sampah yang telah disediakan petugas.

Ketika melakukan perajalanan menuju puncak bukit terdapat beberapa titik lokasi untuk beristirahat serta papan petunjuk arah yang akan mengarahkan anda sampai ke lokasi.

Perjalanan menuju bukit seribu batu songgo langit memang sedikit melelahkan dan menguras banyak energi namun setibanya di lokasi anda tidak akan menyesal dan semua rasa lelah yang anda rasakan akan hilang begitu saja dengan melihat keindahan puncak bukit yang luar biasa.

Terlihat pepohonan pinus yang menjulang tinggi, serta hamparan sawah di bawah perbukitan bersama dengan rumah warga yang terlihat elok. Belum lagi ketika senja tiba tempat ini akan menjadi tempat yang sempurna untuk menyaksikan sunset, dimana matahari dan langit akan berubah jingga keemasan membuat suasana sangat romantis dan cocok disaksikan bersama pasangan serta keluarga tercinta.

Sunset di puncak songgo langit via Pesonaindonesia

Sunset di puncak songgo langit via Pesonaindonesia

Anda juga bisa mengabadikan suasana tersebut menggunakan kamera, selain itu anda juga bisa mengabadikan pemadangan sawah sukarame. Waktu yang tepat berkunjung k lokasi ini adalah saat pagi hari dan sore hari. Dimana suasananya masih sangat indah dan tidak panas, selain itu bagi anda penggemar sunrise dan sunset silahkan berkunjung pagi ataupun sore hari.

Sunrise di puncak seribu batu songgo langit

Sunrise di puncak seribu batu songgo langit

Bagi anda pecinta olah raga menantang tersedia arena playing fox yang mampu menantang adrenalin. Namun arena ini hanya dibuat khusus untuk anak – anak tidak mampu menampung beban berat orang dewasa. Anda cukup membayar Rp. 20.000 untuk bisa menikmati wahana ini, namun harus bersabar dan antri ya.

Di tempat lain terliat pula beberapa ayunan besar yang bertemakan romantis, yang bertuliskan kata – kata kekinian dan lucu. Ayunan besar ini selain dapat menunjukkan kehangatan bersama keluarga sambil bermain ayunan anda juga bisa mengambil foto dari tempat ini dari sudut yang tepat sehingga mampu menghasilkan foto yang berkualitas.

Di puncak bukit seribu batu songgo langit juga terdapat taman kecil dengan kincir angin yang cantik dan imut, selain itu terdapat pula ayunan yang memutar tiga.

Spot Foto Kincir Angin via IG @intan_ackerman

Spot Foto Kincir Angin via IG @intan_ackerman

Bagi anda yang tidak membawa bekal sendiri terdapat pondok – pondok yang terbuat dari kayu yang menyediakan berbagai menu makanan yang lezat dengan harga yang cukup terjangkau.

Jadi anda bisa datang untuk berburu rumah hobbit sambil berburu makanan  di tempat ini setelah lelah berkeliling hutan pinus yang alamnya cukup menguras tenaga mulai dari menurun dan mendaki bukit. Namun bagi anda yang tidak suka menikmati makanan di luar juga diperbolehkan membawa makanan dan minuman sendiri.

Sebelum berkunjung pastikan tubuh anda dalam kondisi yang prima agar tidak mengganggu perjalanan anda berkeliling lokasi. Selain itu kondisi kendaraan anda juga harus fit agar mampu melakukan perjalanan jauh.

Bagi anda yang memiliki rencana menginap disediakan pula area camping, namun harus lapor terlebih dahulu kepada petugas kebun pinus anda bisa mengadakan acara api unggun di malam hari namun anda harus tetap berhati – hati terhadap sisa api jangan sampai membakar hutan pinus ini.

Anda bisa menikmati sensasi camping di alam terbuka yang mempesona. Pastikan juga anda membuang sampah pada tempatnya agar tidak mengotori lokasi wisata. Tetap jaga sopan santun anda ketika berada di lokasi selayaknya tamu yang berkunjung ke rumah orang. Hindari tindakan asusila dan perbuatan tidak senonoh.

Nah bagi anda yang memiliki rencana berkunjung jangan lupa untuk memakai baju hangat karena udara di perbukitan ini  sangat dingin. Siapkan pula beberapa perlengkapan kesehatan seperti tissue, handuk kecil, serta obat – obatan.

***

Demikianlah artikel mengenai wisata seribu batu songgo langit yang terletak di kawasan Mangunan ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan membuat anda semakin tertarik untuk mengunjungi tempat ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Kunjungi juga: Wisata Alam Air Terjun Ledok Pokoh Bantul

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!