Kebun Buah Mangunan Jogja: Pesona Negeri Atas Awan yang Instagramable

Kebun buah Mangunan Jogja bukan hanya sekedar kebun buah biasa namun tempat ini banyak dikunjungi wisatawan sebagai destinasi wisata alam. Keindahannya yang bak negeri di atas awan membuat penasaran para traveler, tak heran jika para pengunjung rela datang berbondong – bondong ke tempat ini.

Negeri atas awan pada zaman dahulu hanya ada di negeri dongeng saja namun saat ini anda bisa turut menikmati pesona negeri atas awan di dunia nyata dengan datang ke kebun buah mangunan. Terdapat pula beberapa fasilitas pendukung yang akan membuat anda merasa lebih nyaman seperti terdapat beberapa gardu pandang yang terletak di atas bukit dengan ketinggian 200 mdpl.

Destinasi alam ini merupakan salah satu kebanggaan yang dimiliki Kabupaten Bantul, dimana terdapat jejeran destinasi yang keren dan mendunia. Rute menuju lokasi kebun buah mangunan ini juga sangat mudah dilalui. Lokasinya juga tidak begitu jauh dari pusat kota Jogja hanya berjarak beberapa kilometer  saja.

Terdapat puluhan jenis tanaman buah di tanam ditempat ini. Mulai dari berbagai jenis durian, jeruk, mangga, buah naga, serta beberapa jenis buah sub tropis khas Indonesia di tanam disini. Selain dapat merasakan sensasi memetik buah sendiri anda juga bisa menikmati wisata edukasi mengenai tanaman yang ada ditempat ini.

Terdapat pula puluhan spot foto yang instagramable. Kebun buah ini berdiri di atas tanah dengan luas lahan sekitar 23,34 hektar. Berada di atas puncak bukit dengan ketinggian 200 mdpl. Ketika anda datang di waktu yang tepat yaitu dipagi hari anda akan beruntung menyaksikan kabut putih yang menyelimuti kebun buah serasa tengah berada di negeri atas awan.

Lokasi Kebun buah Mangunan yang Mudah Diakses

Bagi anda yang ingin merasakan pesona kebun buah yang hidup diatas awan dengan udaranya yang segar belum tercemar polusi sama sekali anda bisa langsung datang ke kebun buah mangunan yang terletak di Jln Imogiri, Dlingo,  dusun sukorame, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lokasi kebun buah ini cukup mudah ditemukan dengan akses jalan yang mudah dilalui karena didaerah ini banyak terdapat destinasi wisata keren lainnya. Kebun buah mangunan memiliki luas lahan sekitar 23,34 hektar yang berdiri di atas perbukitan sehingga udara di tempat ini sangat sejuk. Sebaiknya ketika berkunjung gunakan baju tebal atau jaket agar anda tidak kedinginan.

Rute Menuju Lokasi Wisata Kebun Buah Mangunan Jogja

Untuk sampai di lokasi anda bisa langsung search lokasi di Google maps dengan memasukkan alamat yang tertera di atas. Anda tinggal mengikuti peta lokasi yang ditunjukkan android anda agar perjalanan menjadi lebih mudah. Selain itu anda juga bisa mengikuti papan petunjuk arah yang dipasang di pinggir jalan yang akan memandu anda sampai di lokasi dengan selamat.

Kami juga akan memberi petunjuk arah kepada anda yang ingin berlibur di kebun buah mangunan. Rute menuju lokasi akan kami mulai dari pusat Kota Jogja ambil arah menuju selatan melewati Ring Road lalu jalan terus hingga ke perempatan Ginawangan kemudian ambil arah menuju selatan melewati jalan Imogiri Timur.

Loading...

Jalan terus hingga menemukan pasar Imogiri lalu jalan terus hingga menemukan pertigaan  yang ada pohon beringin besar di bagian tengah. Kemudian ambil arah ke kiri lalu jalan terus hingga menemukan pertigaan lalu anda lihat papan petunjuk arah di dekat situ dan pilih jalan yang akan mengarahkan anda menuju kebun buah mangunan hingga sampai di lokasi wisata tersebut.

Harga Tiket Masuk Kebun Buah Mangunan

Untuk bisa masuk ke kebun buah mangunan anda harus membayar tiket masuk yang dibandrol Rp. 5000 yang digunakan untuk biaya pemeliharaan serta biaya operasional kebun. Sungguh harga yang sangat terjangkau bahkan lebih murah dari pada harga secangkir kopi yang anda minum pagi ini.

Meski di bandrol dengan harga yang murah keindahan lokasinya tidak murahan lho. Anda akan disuguhkan pesona perbukitan yang luar biasa dimana terdapat ratusan pohon buah dari berbagai jenis.

Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi disediakan pula area parkir yang luas dan aman. Untuk harga tiket parkirnya juga tergolong murah banget.hanya dibandrol Rp 2000 untuk motor, Rp. 5000 untuk mobil, Rp 10000 untuk minibus, serta Rp. 15.000 untuk bus.  Fasilitas ini bisa anda gunakan dan tidak perlu lagi bingung meletakkan kendaraan yang anda bawa.

Fasilitas Pendukung

Kebun Buah Mangunan Jogja via Telusurindonesia

Kebun Buah Mangunan Jogja via Telusurindonesia

Kebun buah mangunan Jogja memiliki banyak sekali keunggulan salah satunya dijuluki sebagai negeri atas awan, serta tempat wisata yang anti mainstream yang selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama saat musim libur tiba, dimana para wisatawan berbondong – bondong datang dari berbagai penjuru negeri.

Ketenaran kebun buah mangunan Jogja semakin memuncak ketika keindahannya semakin diekspos oleh berbagai media sosial salah satunya instagram.

Kepopulerannya yang semakin meningkat membuat petugas kebun buah bersama para pemuda kreatif terus berupaya membangun tempat ini agar lebih layak dikunjungi salah  satunya dengan membangun berbagai fasilitas untuk memberi kenyamanan bagi pengunjung.

Beberapa fasilitas yang tersedia:

  • Ribuan pohon buah dari berbagai jenis serta tanaman hias
  • Lahan untuk belajar pembibitan tanaman
  • Lokasi untuk belajar pembuatan pupuk organik
  • Terdapat kolam renang buatan yang ditujukan untuk anak – anak
  • Sebuah aula atau ruang pertemuan
  • Gardu pandang yang dibuat tepat di puncak bukit
  • Lokasi parkir yang luas dan aman
  • Tempat sampah yang ditempatkan disudut – sudut lokasi
  • Toilet umum yang bisa digunakan pengunjung
  • Reflying
  • Tersedia penginapan di sekitar kebun buah bagi anda yang berencana bermalam ditempat ini
  • Camping area bisa anda gunakan bersama keluarga dilahan yang luas
  • Jembatan goyang atau jembatan gantung juga anda disini yang bisa anda jadikan spot foto yang cantik
  • Flying fox
  • Outbound

Jam Buka Kebun Buah Mangunan Jogja

Bagi anda yang memiliki rencana berlibur di kebun buah yang memiliki banyak wahana seru lainnya ini bisa datang kapan saja tanpa hari libur, sebab kebun buah ini beroprasi mulai dari hari senin hingga hari minggu. Namun ketika musim libur tiba serta weekend tempat ini akan dipadati pengunjung yang datang dari berbagai daerah di Indonesia bahkan mancanegara.

Maka dari itu sebaiknya anda datang pada hari biasa dimana pengunjung terbilang normal untuk menghindari berdesak – desakan bersama pengunjung lain yang akan mengurangi kenyamanan anda. Untuk waktu kunjung yang diperbolehkan dimulai pada pukul 04.30 pagi dan ditutup pada pukul 19.00 sore setelah anda menyaksikan sunset yang indah dari atas bukit.

Pesona dan Daya Tarik Puncak Kebun Buah Mangunan Jogja

Pesona kebun buah mangunan Jogja bukan hanya bisa kita nikmati dari puncak bukit saja namun penampakannya dari bawah juga sangat mempesona dimana terdapat pepohonan yang tumbuh subur dan hijau sangat cantik ketika anda memotret dari sudut yang tepat. Kemudian anda bisa langsung mendaki bukit untuk sampai di lokasi kebun.

1. Puncak Negeri Atas Awan

Puncak Negeri Atas Awan via Panduanwisataid

Puncak Negeri Atas Awan via Panduanwisata.id

Dari ketinggian 200 meter di atas permukaan laut anda bisa melihat keindahan yang sempurna. Bahkan tempat ini juga mendapat julukan negeri atas awan.

Dimana saat anda datang pada pagi hari masih terlihat kabut putih yang menyelimuti bukit ini dan menutupi seluruh area yang menyerupai awan. Sehingga banyak yang menggolongkannya masih satu tipe dengan kalibiru.

Disekitar lokasi terlihat pula pemandangan yang menakjubkan dimana terdapat pegunungan yang menjulang tinggi yang semakin jelas terlihat bersama terbitnya sang fajar secara perlahan dengan sinar emas yang mempesona, membuat suasananya sangat romantis sangat cocok dinikmati bersama pasangan dan ditemani secangkir kopi hangat dan makanan ringan pembuka pagi.

2. Terdapat Aneka Buah-Buahan

Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan via Jogjarentalmotor

Kebun buah mangunan Jogja ini ditanami banyak sekali jenis tanaman seperti mangga, rambutan, jeruk, durian, manggis, nanas, serta masih banyak lagi yang lainnya beserta beberapa jenis tanaman hias yang memprcantik tempat ini. Kebun buah ini dibangun pada tahun 2003 lalu dengan luas tanah sekitar 23,24 hektar persegi.

Di lokasi kebun tampak pula sekelompok pohon pinus dan pohon jati yang menjulang tinggi membuat tempat ini semakin terlihat rindang.

Dari puncak bukit anda bukan hanya bis menyaksikan pegunungan yang menjulang tinggi dan terlihat gagah namun anda juga bisa melihat pantai Parangtritis serta sejejeran pantai diskitarnya yang menawarkan pemandangan yang luar biasa indah.

Pesona lain juga ditunjukkan oleh sungai Oya yang terlihat berkelok – kelok dari puncak bukit memberikan kesan tersendiri. Membuat kita yang memandang ingin berlama – lama di tempat ini.

3. Menikmati Pemandangan dari Gardu Pandang

Terdapat pula gardu pandang yang bisa anda gunakan untuk istirahat sejenak setelah lelah berkeliling lokasi sambil menikmati pesona kota Bantul bersama bangunan – bangunan kecilnya yang keberadaannya begitu penting, serta  keindahan alam di sekitarnya yang menawan.

4. Ada Juga Peternakan

Di lokasi wisata terdapat pula tempat perkembangbiakan sapi yang bisa anda pelajari. Sedangkan kotoran dari ternak akan dijadikan sebagai pupuk kompos yang digunakan sebagai pupuk buah yang ditanam di kebun buah ini. Pupuk organik yang digunakan selain dapat menghemat biaya operasional juga membuat buah yang dihasilkan sangat sehat bebas dari pupuk kimia berbahaya.

5. Lengkap dengan Gedung Pertemuan

Ditempat ini disediakan pula dua buah gedung pertemuan yang  sangat cocok untuk meeting atau mengadakan sebuah pertemuan penting seperti acara ulang tahun, resepsi pernikahan, serta acara resmi perkantoran. Untuk sebuah gedung pertemuan memiliki kapasitas 100 orang serta satu gedung lainnya dibangun lebih besar yang dapat menampung hingga 300 orang, dengan harga sewa yang sangat terjangkau.

6. Anda Hobi Mancing? Disini Juga Bisa

Kolam Pemancingan via Kmstour

Kolam Pemancingan via Kmstour

Terdapat pula kolam pemancingan yang dibuat khusus bagi pemancing mania. Berbagai jenis ikan ada dikolam ini seperti nila, mujair, lele, dsb.

Bagi anda yang ingin melepaskan hobi memancing anda tidak perlu repot – repot membawa perlengkapan pemancingan dari rumah sebab ditempat ini disediakan tempat penyewaan alat –alat pancing dengan harga yang bersahabat. Anda bisa puas memancing sambil menunggu sore tiba dimana akan terpancar keindahan sunset yang luar biasa.

7. Menyaksikan Sunrise & Sunset yang Cantik

Menyaksikan Sunrise via eksotis Jogja

Menyaksikan Sunrise via eksotisjogja

Kebun buah mangunan Jogja memang tempat yang sempurna untuk menyaksikan sunrise dan sunset. Terlihat matahari yang mulai muncul dan menghilang dibalik pegunungan. Anda dapat menyaksikan matahari yang mulai menguning mengintip di balik bukit serta saat matahari tenggelam yang warnanya mulai menjingga keemasan yang begitu menggemaskan. Jangan lupa untuk mengabadikan momen ini menggunakan kamera. Anda bisa menjadikan tempat ini sebagai spot foto yang instagramable.

8. Coba Sensasi Bersepda “Downhill “

Fasilitas lain juga bisa anda nikmati saat berlibur ke kebun buah yaitu area untuk pecinta sepeda yang dibangun lintasan sepanjang 2300 meter. Selain itu terdapat pula lintasan sepanjang 3800 meter lebih yang dibangun petugas untuk kelas cross country. Bagi para traveler yang ingin menikmati track downhill ini dapat menyewa sepeda dengan harga  yang murah yaitu 10 ribu per orang.

9. Jangan Lewatkan Juga Flying Fox yang Menantang

Bagi pecinta olah raga menantang terdapat pula flying fox yang dapat memacu adrenalin serta terdapat pula jembatan goyang yang cukup menyenangkan dengan lintasan sepanjang 100 meter yang dibangun di atas sungai opak. Bagi anda yang mencoba melintasi jembatan goyang ini harus ekstra hati – hati sebab goyangannya akan semakin kencang saat diterpa angin yang berhembus cukup kencang.

Jangan lewatkan juga: Objek Wisata Bukit Panguk Kediwung Bantul

10. Ada Tempat Menginapnya

Bagi anda yang memiliki rencana menginap ditempat ini ada dua alternatif pilihan yaitu memilih berisirahat di home stay yang disediakan petugas atau memanfaatkan area camping yang sengaja di sediakan.

Area camping sendiri sering kali digunakan oleh para mahasiswa, anak sekolah, serta komunitas pecinta alam lainnya. Untuk penginapan yang tersedia memiliki bermacam tipe dengan tingkat kenyamanan yang berbeda tergantung dari bajet yang anda keluarkan.

Camping Hutan Pinus Mangunan via gysanjaya.wordpresscom

Camping Hutan Pinus Mangunan via gysanjaya.wordpress.com

11. Menikmati Kuliner Lezat yang Mengunggah Selera

Setelah anda lelah berkeliling seharian di kebun buah serta mencoba berbagai wahana yang disediakan sekarang tibalah saatnya ada menyantap hidangan kuliner yang menggugah selera.

Berbagai menu lezat tersedia di tempat ini. Anda juga bisa memasak hasil pancingan anda dengan bumbu yang anda inginkan. Selain itu terdapat pula menu minuman yang dihasilkan dari kebun buah seperti sirup, jus, dst.

12. Jangan Lupa Bawa Oleh-oleh

Bagi anda yang ingin membawa oleh – oleh bisa membeli buah hasil petikan dari kebun buah ini, selain itu anda juga bisa membeli bibit buah yang berkualitas tinggi dan tanaman hias yang ditanam pada pot – pot kecil dengan harga yang bervariasi.

Tips dan Saran

bagi anda yang memiliki rencana untuk berkunjung ke kebun buah mangunan Jogja kami memiliki beberapa saran dan tips berlibur agar liburan anda berakhir dengan menyenangkan, berikut penjabarannya:

  • Pastikan tubuh anda dalam kondisi yang fit agar tidak mengganggu waktu liburan anda
  • Pastikan juga kondisi mesin kendaraan anda dalam kondisi yang prima agar mampu melakukan perjalanan jauh
  • Untuk menghindari udara dingin sebaiknya pakai baju hangat atau jaket
  • Bagi anda yang ingin menghemat sebaiknya siapkan bekal makanan sendiri
  • Bawa perlengkapan kesehatan untuk berjaga – jaga
  • Ketika berada di lokasi wisata tetap jaga sopan santun anda
  • Buanglah sampah pada tempatnya untuk membantu menjaga dan merawat lokasi wisata

****

Demikianlah ulasan mengenai kebun buah mangunan Jogja negeri atas awan yang instagramable. Tempat ini sangat cocok anda kunungi bersama keluarga tercinta dan teman. Kurang dan lebih mohon maaf, selamat berkunjung dan terima kasih.

Kunjungi juga yuk: Mengunjungi Puncak Becici Dlingo yang Lagi Hits

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!