Objek Wisata Perengan Park Bantul

Perengan Park – Dalam artikel kali ini kita masih membahas mengenai destinasi wisata alam yang ada di Bantul, Yogyakarta. Kabupaten Bantul memang tak habis-habisnya menyuguhkan potensi alam terbaru yang seru dan mengasyikkan.

Terdapat deretan pantai berpasir hitam lembut di Bantul yang sudah mendunia seperti pantai parangkritis, pantai samas, pantai goa cemara, pantai depok serta masih banyak lagi, selain itu potensi alam yang terus bermunculan adalah wisata yang istagramable, salah satunya adalah Perengan park.

Perengan park mampu menyedot perhatian wisatawan, hal ini terbukti dari banyaknya pengunjung yang antusias datang ketempat ini, hal ini tak bisa dipisahkan dari banyaknya promosi secara tidak langsung dari berbagai media yang mendongkrak popularitas wisata terbaru hingga viral dan hits di kalangan traveler salah satunya instagram

Tempat ini memiliki spot foto yang istagenik banget. Jadi bagi kamu yang hobi fotografi atau hanya sekedar berselfi ria dengan latar belakang sawah menghijau, hamparan bunga celosia warna-warni sambil menikmati indahnya sunset di sore hari bisa berkunjung ke perengan park.

Tempat wisata yang bertemakan alam serta berbagai spot foto yang menarik dan unik memang menjadi daya tarik tersendiri dan banyak di gemari, tak heran jika berbagai penjuru Indonesia berlomba menciptakan destinasi wisata baru dengan konsep spot selfi corner.

Tempat ini juga cocok dikunjungi kamu yang menginginkan ketenangan dari riuhnya perkotaan serta  rehat dari rutinitas harian yang melelahkan. Selain itu kamu juga bisa menyegarkan pikiran dan tubuh selepas sepekan berkutat dengan tugas kuliah atau sekolah serta bekerja.

Perengan park begitu mempesona  dengan semua pemandangan alamnya seperti hamparan bunga celosia warna – warni , hamparan sawah yang menghijau, indahnya sunset di sore hari , serta berbagai fasilitas lain seperti terdapat jembatan bambu di atas area persawahan, serta gapura berhias dan beragam aksesoris hiasan.

Jembatan Bambu Perengan Park

Jembatan Bambu Perengan Park

Perengan park berada di jalur pantai selatan, jadi kamu bisa mengunjungi perengan park dan tempat wisata lainnya yang sudah terkenal seperti  kawasan pantai samas, pantai Goa Cemara, pantai Kuwaru serta pantai Baru Pandansimo.

Loading...

Meski area perngan park tidak begitu luas namun  memiliki spot  keren untuk berselfi dengan background alam dan taman bunga serta berbagai benda-benda unik seperti sepeda , laptop serta masih banyak lagi.

Wajib kamu kunjungi juga: Objek Wisata Pintu Langit Dahromo yang Lagi Hits

Lokasi Parengan Park

Lokasi perengan park tidak begitu jauh dari pusat kota Jogja dengan rute yang sangat mudah sebab banyak papan petunjuk arah di sana. Untuk bisa sampai kelokasi anda bisa naik mobil ataupun motor. Letaknya di jalur selatan atau berada di sebelah timur jembatan samas atau sekitar 1 kilometer di tepi jalur selatan.

Lokasi perengan park ini terletak di sebelah timur Jembatan Samas sekitar 1 KM di tepi Jalur Lintas Selatan atau JLS. Secara administratif, lokasinya berada di Dusun Soge, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul. Lokasinya berada di kawasan sekitar pantai Samas dan berdekatan dengan pantai Goa Cemara, pantai Kuwaru, serta pantai PandanSimo.

Rute Menuju Lokasi Parengan Park

Rute menuju perengan park bsa dijangkau dengan mudah menggunakan mobil atau motor. Letaknya didekat area perswahan tepatnya di dusun Songe, Desa Sri Gading, Kecamatan Saden, Kabupaten bantul, DIY.

Lokasinya tak jauh dari pusat kota Jogja yaitu sekitar 30 km, berada sekitar 14 km kea rah selatan Bantul. Untuk sampai ke lokasi anda bisa menempuh jalan utama di jalan Bantul lalu ambil jalur selatan, jalan lurus terus sampai menemukan gapura lokasi retribusi pantai samas lalu ambil jalur ke kiri sekitar 500 meter mengikuti jalan jalur lingkar selatan ( JJLS ). Lokasi perengan park ada di sekitar 1 km dari tepi JJLS.

Jika anda kurang paham dengan rute atau petunjuk arahnya anda bisa menghidupkan google maps di ponsel pintar  dan mengikuti jalan secara manual dan mempermudah perjalanan menuju lokasi wisata,  atau anda atau juga bisa bertanya pada warga sekitar lokasi.

Tarif Parkir

Meski terbilang baru dan tempatnya tidak terlalu luas namun fasilitas di perengan park cukup lengkap, terbukti dari disediakannya area parkir yang cukup luas dan aman yang mampu menampung pbelasan kendaraan roda empat serta puluhan kendaraan roda dua.

Terlihat beberapa petugas parkir yang bertugas merapikan dan mengamankan kendaraan pribadi anda. Harga tiket parkirnya   sangat murah yaiitu untuk mobil di bandrol Rp. 5000 dan untk motor di bandrol Rp. 2000.

Harga Tiket Masuk Wisata Perengan Park 

Untuk bisa masuk dan menikmati destinasi wisata alam di perengan park yang bertaburan bunga celosia warna-warni dan area pesawahan yang hijau serta di bangun berbagai spot foto menarik dengan berbagai hiasan cantik anda tak perlu merogoh kantong terlalu dalam , sebab harga tiket masuk ke perengan park ini hanya di bandrol Rp. 5000 saja lho.

Hanya dengan membayar tiket yang sangat murah mata anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang menenangkan dengan nuansa pedesaan, bisa narsis sepuasnya dengan aneka pose di berbagai spot foto yang tersedia sambil menikmati secangkir teh ditemani indahnya sunset di sore hari.

Jam Operasional

Lokasi pariwisata ini bisa anda kunjungi mulai dari pukul 05.00 dimana anda bisa melihat indahnya matahari terbit atau sunrise dan ditutup pada pukul 19.00 setelah anda melihat cantiknya matahari terbenam atau sunset dengan langit yang berubah jingga keemasan.

Hindari datang di siang hari untuk menghindari teriknya matahari. Anda bisa datang di pagi hari sebab udara masih segar dan bebas polusi atau bisa datang di sore hari ketika udara mulai sejuk dan menunggu saat-saat sunset

Fasilitas Perengan Park

Meskipun terbilang baru perengan park yang dikelola pemerintah setempat dan di bantu warga menyediakan fasilitas yang cukup lengkap atau memadai.

Beberapa fasilitas standar di sediakan di sana seperti, area parkir yang luas dan aman, toilet yang bersih dan wangi dan di bandrol Rp. 2000 untuk sekali pakai.

Kebun Bunga Celosia Parengan Park

Kebun Bunga Celosia Parengan Park

Berbagai spot foto menarik dengan latar belakang kebun bunga celosia warna-warni dan persawahan hijau, serta berbagai warung kopi dan makanan, mushola, kursi-kursi untuk duduk-duduk dan istirahat para pengunjung, gazebo, serta disediakan tempat sampah demi menjaga kebersihan dan keindahan lokasi wisata berbagai fasilitas tersebut  menambah kenyamanan liburan anda.

Selain berbagai fasilitas standar tersebut juga disediakan fasilitas tambahan yang berupa paket jeep wisata pantai samas dengan rute pantai Pengklik, Perengan Park, serta Kebun Bunga Matahari. Paket tambahan ini membuat Perengan Park semakin menarik lagi sebab anda bisa berkeliling di berbagai spot wisata sekaligus.

Taman Bunga Matahari di Perengan Park, Via IG @auraaquina01

Taman Bunga Matahari di Perengan Park, Via IG @auraaquina01

Spot Foto Perengan Park Bantul

Aneka spot foto favorit bisa kamu jumpai di perengan park. Berbagai spot cornernya menjadi daya tarik unggulan tempat ini dengan pesona keindahan taman bunga celosia warna-warni.

Berbagai spot foto mulai dari balon warna-warni, jembatan bamboo, menara padang gazebo, spot foto dengan latar belakang sepeda dan laptop, dimana area ini berda di area persawahan dan pedesaan yang sangat tenang dan hijau yang tak mungkin anda dapatkan diperkotaan.

Selain itu spot foto dengan indahnya sunset juga bisa kamu nikmati disini, sembari menikmati secangkir kopi hangat dan makanan ringan dengan pemandangan langit yang mulai berwarna jingga keemasan, suasanya sangat romantis sangat cocok dinikmati bersama pasangan atau keluarga anda.

Daya Tarik Objek Wisata Perengan Park

Perengan park berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat kota jogja dengan rute yang mudah dan layak, tepatnya berada di jalur selatan Bantul dan berlokasi di kawasan pantai samas membuat perengan park berdekatan dengan banyak destinasi wisata terkenal lainnya.

Menyusuri jalur uatam kota jogja menggunakan mobil atau motor menuju lokasi wisata anda di suguhkan pemandangan area persawahan yang menabjubkan dan menawan dengan hembusan angin semilir yang menyejukkan, serta hamparan padi yang menghjau  khas nuansa alam.

Setibanya di lokasi ada gapura sederhana dan unik membuat suasana semakin alami. Sesampainya di area parkir anda akan di sambut hamparan kebun bunga celosia warna-warni dengan warna kuning dan merah mendominasi.

Dengan mengikuti jalan setapak yang disediakan kamu akan masuk lebih dalam ke lokasi wisata lalu ada jembatan bambu yang saling terhubung dengan sentuhan warna-warni membuatnya semakin menawan dan keren serta berbagai hiasan yang ditempatkan di sudut jembatan bambu membuat suasananya semakin unik dan menarik.

Nah di area jembatan bambu ini bisa jadi spot foto yang menawan, anda bisa berselfi dengan berbagai pose dan mengabadikan kebersamaan keluarga dan orang terdekat.

Berburu Golden Sunset via Wiratourjogja

Berburu Golden Sunset via Wiratourjogja

Selain itu tempat ini juga menawarkan area hunting sunset di sore hari dengan pemandangan langit yang menawan yang berwarna jingga keemasan. Yang membuat perengan park semakin menarik adalah kombinasi antara keceriaan taman bunga warna-warni dengan area persawahan yang hijau.

Tempat ini menyajikan spot foto instagenik. Suasananya semakin menarik lagi dengan pemasangan hiasan berupa spot bola warna-warni menambah kesan ceria, gapura berhias dan berbagai aksesories hiasan, berfoto dengan berbagai benda hiasan seperti sepeda dan laptop, wisata selfi cornernya yang instagramble, serta tambahan gazebonya membuatnya semakin menarik.

Meski lokasi perengan ark baru dibuka dan areanya tidak begitu luas, dengan suasananya yang cukup tenang menjadi daya tarik tersendiri serta tersedia juga tempat menikmati suasana sore dengan secangkir kopi nikmat sambil menunggu sunset yang begitu apik, terutama bagi mereka yang pusing dengan hiruk-pikuk perkotaan  membuat tempat wisata ini tidak kalah pesona dan keindahannya dengan spot wisata lainnya di Bantul yang lebih dulu popular.

Keunggulan Perengan Park

Berikut ini beberapa keunggulan objek wisata ini:

  • Bisa selfi dengan background bunga warna-warni
  • Bisa bersantai dan berselfi di area spot keren
  • Bisa berjalan-jalan sambil menikmati indahnya panorama alam
  • Berselfi dan bergaya di spot foto jembatan bambu
  • Bisa berfoto bersama keluarga dan anak di taman bunga nan cantik
  • Bisa menikmati indahnya sunset sambil bersantai
  • Memiliki fasilitas yang lengkap
  • Area yang mudahj dijangkau dengan pemandangan persawahan yang hijau
  • Berada dekat dengan tempat wisata keren lainnya jadi anda bisa mengunjungi perengan park sambil berekreasi ke tempat lain yang tak kalah cantik dan terkenal

Kuliner Lezat di Perengan Park

Bagi anda yang tidak membawa makanan dan minuman sendiri, di dekat perengan park banyak tersedia rumah makan atuu warung yang menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman. Berikut beberapa rekomendasi wisata kuliner di sekitar perengan park untuk anda seperti :

  • Alas kuliner watu lumbung menyediakan hidangan larut malam
  • Warung pak nono menyediakan ayam
  • Warung kuliner mas Daffish tempatnya santai cocok untuk anak-anak
  • Bebek goring umar pleteng salah satu kuliner legend di Bantul selatan
  • Rumah makan cipta rasa menyediakan hidangan laut dengan harga yang cukup miring makan ambil sendiri
  • Ingkung pak budi dengan tempat yang nyaman dan santai
  • Rumah makan seafood “ Morotuman”
  • Kuliner nando dengan makanan happy tour
  • Warung nasi bakar organic GRJ dengan tempatnya yang nyaman dan santai mulai buka pukul 08.00 wib
  • Arka Seafood dengan tempat yang nyaman dan santai cocok untuk anak-anak
  • Warung makan “SALSABILA” dengan menu makanan seafood yang cukup lengkap
  • Pasar kuliner Imogiri Utara menyediakan martabak bantul
  • Mina samudro, masakan seafood dengan hidangan laut yang lengkap
  • Salsa kuliner sangat cocok untuk keluarga
  • Ingkung ayam mbak cempluk dengan makanan yang enak-enak

Jangan lewatkan juga: Wisata Alam Air Terjun Randusari Dlingo Bantul

Tips dan Saran

Demi menciptakan momen liburan yang menyenangkan sebaiknya rencanakan perjalanan wisatamu dengan baik. Rekomendasi menggunakan kendaraan pribadi lebih diutamakan sebab ditakutkan anda kesulitan menemukan kendaraan umum. Sebaiknya datang di hari biasa mulai senin hingga jumat karena jumlah pengunjung terbilang normal tidak seperti pas weekend atau sabtu minggu.

Sebaiknya kamu datang di sore hari untuk menghindari cuaca siang yang terik, serta menunggu saat-saat matahari akan terbenam atau menikmati indahnya sunset dan mengabadikannya dalam sebuah foto untuk memenuhi galeri foto liburanmu, selain itu rekomendasi datang pagi hari juga baik di taman bunga-bunga terlihat segar dengan siraman embun pagi hari serta bebas polusi.

Kamu juga bisa menyambangi tempat wisata lain yang berdekatan dengan perengan park sehingga kamu bisa memanfaatkan waktu liburanmu sebaik mungkin. Selain itu kamu juga harus mengikuti semua tata tertib dan peraturan di lokasi wisata karena bagaimanapun kamu adalah tamu dan harus menghormati pemilik rumah. Sopan santu juga harus dijaga demi kenyamanan semua pihak.

Buanglah sampah pada tempat yang sudah disediakan petugas demi menjaga kebersihan dan keindahan perengan park atau dimana pun anda berada. Pastikan juga kondisi tubuh anda fit agar liburan terasa semakin nyaman dan menyenangkan.

bawa juga perlengkapan kesehatan seperti minyak angina tau obat-obatan lainnya sebagai antisipasi. Selain itu bagi anda yang tidak suka jajan di luar sebaiknya bawa makanan dan minuman sendiri.

Demikianlah ulasan mengenai perengan park,  si kebun bunga celosi warna-warni  dengan kombinasi persawahan yang cantik dan menarik. Selain itu berbagai spot foto corner yang instagenik juga tersedia di tempat ini. Berbagai fasilitas penunjang lain juga tersedia disini membuat watu liburmu semakin seru dan nyaman. Selamat berkunjung dan berlibur.

Kunjungi juga yuk: Objek Wisata Air Terjun Kedung Pengilon Bantul

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!