Wisata Alam Air Terjun Randusari Dlingo Bantul

Air terjun randusari merupakan salah satu objek wisata alam di Bantul yang lagi hits. Yogyakarta memang sangat cocok dinamakan Daerah Istimewa sebab berbagai keistimewaan ada di dalamnya, mulai dari warisan budaya nya yang kental, warisan kulinernya yang mendunia, serta tempat wisata alamnya yang cantik dan indah, tak heran jika banyak para wisatawan baik domestik maupun mancanegara datang ke tempat ini.

Di Kabupaten Bantul sendiri terdapat banyak sekali destinasi wisata alam, sebab memang kondisi alam di Bantul  memang masih sangat asri hingga. Hingga yang sedang booming dibicarakan adalah air terjun randusari, si air terjun kembar yang unik dan menarik.

Dilihat dari namanya saja air terjun ini sangat unik yaitu randu atau pohon kapuk dalam bahasa indonesianya ternyata memang benar nama randusari memang diambil dari nama pohon kapuk besar yang hidup di dekat air terjun randusari lalu penambahan nama sari yang berarti utama.

Sebelum dibuka menjadi destinasi wisata dahulunya air di tempat ini dimanfaatkan warga  sebagai sumber air bersih, namun seiring berjalannya waktu serta  melihat potensi alam di sekitarnya yang sangat menawan dan asri para warga sekitar khususnya pemuda karang taruna memanfaatkannya atau mengubahnya menjadi tempat wisata.

Sumber mata air dari air terjun ini berasal dari mata air Ngreboh, dimana pada awalnya dimanfaatkan oleh warga setempat sebagai tempat memenuhi kebutuhan pengairan mereka, dan konon katanya sumber mata air Ngreboh tidak pernah kering meski pada musim kemarau.

Air terjun randusari memiliki keunikan tersendiri yaitu terdapat dua air terjun seperti kembar, oleh sebab itu banyak pengunjung yang menyebutnya sebagai air terjun kembar, yang masih alami dan di bawah pepohonan yang rindang, dengan udara bersih, nyanyian gemericik air dan disambut kicauan burung dan nyanyian jangkrik, serta lingkungan alam yang masih hijau dan asri sangat memberikan kenyamanan dan kedamaian bagi para pengunjung.

Tempat ini juga sangat cocok bagi para traveler untuk berburu foto dengan panorama alam yang indah dan asri dan dilengkapi dengan dua air terjun yang mengalir deras dari ketinggian sekitar 15 meter.

Bagi para pengunjung yang ingin berendam atau berenang untuk melepas lelah dan penat juga terdapat air dengan kedalaman 1 hingga 2 meter dibawah air terjun, namun anda harus berhati-hati sebab bebatuan yang ada disekitar sendang cukup licin.

Air Terjun Randusari via Alodiatour

Air Terjun Randusari via Alodiatour

Lokasi Air Terjun Randusari

Loading...

Destinasi wisata alam di jogja memang semakin lengkap mulai dari wisata budaya, wisata kuliner,, pantai serta  yang sedang booming adalah air terjun, salah satunya air terjun randusari yang berlokasi di jalan Randusari, Banyuurip, Jatimulyo, Dlingo, kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55783.

Lokasi menuju air terjun tidak begitu sulit namun dibutuhkan waktu 15 menit berjalan kaki setelah sampai di area parkir dan letaknya juga cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta.

Main ke Air Terjun Randusari via Tripadvisor

Main ke Air Terjun Randusari via Tripadvisor

Rute Menuju Air Terjun Randusari

Untuk bisa sampai ke lokasi air terjun randusari meski jauh dari pusat kota Yogyakarta namun jalannya cukup mudah dan layak dilewati.

Anda juga bisa menggunakan google maps di ponsel pintar anda untuk mempermudah perjalanan dan tidak takut nyasar, namun bagi anda yang ingin menuju lokasi menggunakan petunjuk jalan anda bisa melihat  beberapa rute menuju air terjun randusari seperti berikut ini :

1. Rute pertama

Jika anda berada di pusat kota jogja ambil jalur timur menuju jalur Pangurakan, setelah sampai Pangurakan ambil jalur selatan melewati jalan Brigadir Katamso, jalan terus hingga menemukan perempatan lalu ambil jalur timur menuju jalan Kolonel Sugiyono

Jalan terus hingga menemukan pertigaan lalu ambil jalur selatan melewati jalan Sisinga mangaraja, jalan terus hingga ke jalan Imogiri Barat.

Jalan terus hingga menemukan pertigaan dan ambil jalur timur menuju jalan Dewa Ruci jalan terus hingga menemukan pertigaan dan ambil jalur selatan menuju jalan Imogiri Timur lurus terus sampai perempatan ambil jalur timur menuju jalan Jejeran – Pleret

Jalan terus hingga menemukan pertigaan lalu ambil jalur ke arah timur menuju jalan jalan Segoroyoso lalu jalan terus sampai jalan Pleret – Pathuk jalan terus sampai ke jalan Pathuk – Dlingo.

Jalan terus hingga menemukan pertigaan ambil jalur timur menuju Dodongan jalan terus hingga menemukan perempatan dan ambil jalur selatan menuju jalan jatimulyo, jalan terus hingga menemukan pertigaan ambil jalur timur menuju jalan Randusari dan jalan terus hingga menemukan papan nama air terjun Randusari.

Memang perjalanan yang cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta yang memakan waktu tempuh sekitar 1 jam dan jarak tempuh sekitar 27,3 kilometer menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

2. Rute kedua

Dari pusat kota Yogyakarta ambil arah menuju Terminal Gimawang lalu jalan terus menuju jalan Imogiri timur jalan terus menuju pasar imogiri lalu ambil arah menuju hutan pinus Mangunan jalan terus lalu di papan jalan anda menemukan arah menuju puncak Becici.

Setelah sampai di Puncak Becici lalu jalan terus sampai ke jalan menuju jalan Randusari, jalan terus hingga menemukan papan nama yang bertuliskan Air Terjun Randusari yang terletak di bawah pohon randu atau pohon kapuk yang rindang, ikuti saja petunjuk arah tersebut maka anda akan sampai tanpa nyasar.

3. Rute ketiga

Dari pusat kota Yogyakarta ambil arah menuju Ringroad jalan Wonosari jalan terus hingga menemukan perempatan lalu ambil jalur menuju Sampaan lalu jalan terus hingga ke jalan sekarsuli lalu jalan terus hingga sampai ke jalan piyungan, jalan terus hingga jalan Bukit bintang, jalan terus hingga ke jalan Patuk.

Sesampainya di jalan Patuk jalan terus hingga menemukan perempatan ambil jalur menuju Gcd Fm atau dekat pos polisi lalu ambil arah menuju Dlingo lalu jalan terus sampai ke jalan watu amben dan ikuti saja jalannya hingga sampai ke jalan Randusari Dlingo Bantul dan di pinggir jalannya ada pohon beringin lalu anda akan menemukan papan petunjuk arah menuju Air Terjun Randusari.

Kunjungi juga: Liburan Seru ke Desa Wisata Tembi Bantul

Harga Tiket Masuk Air Terjun Randusari

Untuk bisa masuk dan menikmati air terjun kembar yang indah dengan gemericik air yang sangat tenang dan airnya yang jernih serta segar dengan panorama alam di sekitarnya yang masih hijau dan asri anda tak perlu membayar terlalu mahal, bahkan bisa dibilang sangat murah, yaitu Rp.2000/orang.

Untuk sekedar informasi biaya tiket masuk yang anda bayar hanya digunakan sebagai biaya perawatan lokasi saja lho. Meski tiket masuknya sangat murah namun keindahan di dalamnya sangat menarik dan unik di jamin deh anda tak akan kecewa jika berkunjung ke tempat ini.

Tarif Parkir

meski daerahnya yang cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta dan belum dikelola sepenuhnya oleh pemerintah setempat, namun para pemuda bergotongroyong turut membangun tempat wisata ini agar layak dikunjungi pengunjung.

Mulai dari lokasinya yang tetap dijaga kebersihannya  serta area parkir yang ditata rapi oleh para pemuda karang taruna. Para pemuda menyediakan tempat parkir yang luas dan bersih serta aman. Untuk tarif parkir di bandrol Rp.2000 untuk motor dan Rp.5000 untuk mobil.

Wisata terkait: Bukit Bego Imogiri: Tempat Wisata Hits di Bantul

Fasilitas di Air Terjun Randusari

Air terjun randusari belum dikelola secara resmi oleh pemerintah daerah setempat, pengelolaan masih dilakukan secara swadaya sehingga harap maklum jika fasilitas di dalamnya belum begitu lengkap.

Untuk masalah promosi juga baru dilakukan dari mulut ke mulut, namun saat ini kemajuan teknologi dan dunia digital turut membantu mengiklankan tempat ini contohnya banyaknya para blogger yang mengangkat tempat ini.

Sehingga menjadi topik utama atau bermunculan artikel-artikel mengenai tempat wisata ini di upload di instagram membuat keindahan tempat ini bisa dilihat banyak orang dan menarik para wisatawan berkunjung ke tempat ini.

Untuk fasilitasnya sendiri  lumayan lengkap diantaranya :

  • Area parkir yang luas dan aman juga disediakan disini demi menjaga keamanan kendaraan anda
  • Gazebo yang dapat digunakan para pengunjung untuk beristirahat dan bersantai serta menikmati perbekalan seperti makanan dan minuman
  • Toilet umum yang dibangun warga guna melengkapi fasilitas dan membantu pengunjung, anda bisa membayar Rp. 2000 jika ingin menggunakan toilet umum ini
  • Tempat sampah juga disediakan agar kebersihan dan keindahan di area air terjun Randusari ini tetap terjaga
  • Warung makan juga di buat bagi anda yang tidak membawa perbekalan tidak perlu khawatir kelaparan sebab ada warga yang berjualan di area Air Terjun Randusari.

Pesona Air Terjun Randusari

Perjalanan menuju air terjun randusari ini cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta namun rutenya cukup mudah. Anda perlu melakukan perjalanan kurang lebih 1 jam dengan jarak tempuh sekitar  27,3 kilometer. Sesampainya di area parkir anda disambut oleh jalan setapak menuju lokasi  dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

Di sepanjang jalan setapak mata anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang masih sangat asri dengan pepohonan hijau yang rindang, nyanyian burung-burung serta suara jangkrik yang sangat merdu. Setibanya di air terjun randusari anda akan disambut oleh pepohonan yang rindang yang hidup disekitar air terjun.

Banyaknya pohon randu atau pohon kapuk yang hidup disekitar air terjun membuat air terjun ini disebut air terjun randusari.

Dengan mata air yang berasal dari mata air Ngreboh yang awalnya digunakan warga sebagai sumber pengairan dan hanya memenuhi kebutuhan warga sekitar saja namun saat ini sudah dimanfaatkan menjadi tempat wisata dengan mata air yang tak pernah mengering meski di musim kemarau.

Air terjun randusari ini cukup tinggi sekitar 15 meter dengan kedalaman sekitar 1 hingga 2 meter, dengan airnya yang jernih dan sejuk serta bebatuan besarnya sangat cocok digunakan untuk mandi,  berendam serta berenang para pengunjung sebagai pelepas lelah dan gerah seusai melakukan perjalanan jauh. Namun anda harus tetap berhati-hati sebab bebatuan ditempat ini cukup licin.

Air terjun ini memiliki aliran air dengan gemericik yang tenang dan hidup 2 pohon kelapa hijau yang sering dimanfaatkan untuk menggantung “hammock”. Bersantai dengan Hammock sambil melihat air dan pepohonan yang rindang  di pinggir air terjun randusari sangat damai dan nyaman, dimana terdapat batu diantara air terjun ini sehingga seolah terdapat dua air terjun atau terlihat seperti kembar.

Bagi anda pecinta fotografi tempat ini juga sangat cocok dengan spot foto berupa Hammock dengan pemandangan air terjun kembar yang indah dan pemandangan di sekitarnya yang masih asri dan hijau. Atau bagi anda yang hobi selfi tempat ini juga bisa memuaskan hobi anda.

Berikut kesimpulan dari beberapa dayatarik air terjun randusari :

  • Terdapat pohon randu yang besar
  • Pemandangan alam yang indah
  • Air terjun yang tergolong tinggi
  • Air terjun yang terlihat seolah kembar
  • Air terjun dengan mata air yang tak pernah mengering meski di musim kemarau
  • Air terjun yang bersih dan segar dengan udara sejuk
Main Ayunan di Air Terjun Randusari

Main Ayunan di Air Terjun Randusari via Tuguwisata

Catatan Saat Liburan ke Air Terjun Randusari

Semua keindahan alam yang disajikan tentunya tak ada artinya tanpa kedatangan kita ke tempat wisata. Kunjungan kita tentunya sangat berarti demi kelestarian tempat wisata alam ini.

Jika sudah berkunjung jangan lupa tetap menaati semua peraturan dan yang paling penting adalah buanglah sampah pada tempat yang sudah disediakan. Turut menjaga kebersihan lokasi juga menjadi tanggung jawab kita agar keindahan dan kebersihan tempat ini tetap terjaga.

Jaga juga kondisi tubuh anda agar tetap fit agar bisa menikmati keindahan alamnya tanpa gangguan teknis. Bagi anda yang tidak suka membeli makanan di luar sebaiknya anda membawa perbekalan sendiri seperti makanan dan minuman ringan.

Bagi anda yang bermain air atau berenang sebaiknya berhati-hati dengan kondisi batu yang licin dan sebaiknya sewa pelampung bagi anda yang tidak bisa berenang karena airnya cukup dalam yang mencapai 2 meter.

Jangan lewatkan juga: Liburan ke Ekowisata Jatisari Dlingo Bantul

Tempat Wisata Lain di Sekitar Air Terjun Randusari

  • Hutan pinus mangunan Jogja yang merupakan salah satu bagian dari resort pengelolaan Hutan mangunan
  • Kebun buah mangunan dimana anda dapat menikmati gumpalan awan yang menyelimuti pegunungan sewu dari teras atau gardu pandang yang memiliki ketinggian 200 meter di atas permukaan laut
  • Jurang tambelan anda akan disuguhkan pemandangan alam yang indah serta dapat berfoto di teras yang telah disediakan
  • Pinus pengger yang di dalamnya terdapat sebuah pohon dengan sebuah lubang besar di tengahnya dan menjadi spot foto favorit pengunjung
  • Pinus asri karangasem dibuat menggunakan kayu atau papan dan dibuat seperti deck lantai yang sangat cocok dan nyaman untuk berfoto
  • Bukit pangkuk kediwung merupakan spot yang paling cocok untuk menikmati sunset dan dibangun sebuah teras yang tinggi dan merupakan spot foto yang menarik
  • Seribu batu songgo langit terdapat banyak wahana yang mengedukasi dan rumah hobbit yang lucu
  • Bukit lintang sewu ( spot omah kuwalik ) tempat ini sangat cocok menikmati matahari terbit atau sunrise
  • Gronjongan lepo dlingo dilokasi ini pengunjung dapat berenang atau sekedar bersantai sambil mendengar gemericik air
  • Tebing watu mabur ini menyediakan spot melihat sunset dan sunrise terbaik dan cocok bagi anda yang menyukai camping atau kegiatan diluar ruangan.
  • Puncak becici berisi hutan pinus, serta anda dapat melihat pemandangan kota Yogyakarta dari puncak bukit

Tempat Makan Enak di Sekitar Air Terjun Randusari

Kalau kamu mulai lapar, berikut ini tepat makan di sekitar air terjun randusari yang bisa anda singgahi untuk mengganjal perut keronconganmu:

  • Kuliner Ekstrime
  • Kuliner mae seribu batu
  • Kedai kuliner “Wooaah”
  • Area kuliner dan rest area
  • Pasar kuliner imogiri utara
  • Bakmi bebek proci
  • Taman kuliner wonosari
  • Kuliner khas gunung kidul
  • Mie ayam soto kedai kuliner “mbak siti”

Demikianlah informasi mengenai air terjun Randusari beserta beberapa tempat wisata menarik di sekitarnya, dengan pemandangan yang hijau dan asri serta air terjunnya yang seolah kembar menjadi daya tarik tersendiri. Selamat berkunjung.

Kunjungi juga yuk: Objek Wisata Pintu Langit Dahromo Bantul yang Lagi Hits

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!