Wisata Hits Pantai Parangendog Gunung Kidul

Pantai parangendog merupakan salah satu pantai yang menawarkan keindahan di Yogyakarta. Pantai ini cukup terkenal di kalangan traveler.

Letak pantai ini berdekatan dengan banyak pantai di selatan Jogja seperti pantai parangtriris, pantai samas, pantai depok, pantai parangkusumo, gumuk pasir parangkusumo, serta masih banyak lagi yang lainnya.

Memang di selatan kota Jogja memiliki deretan pantai yang mempesona. Tekstur pantai disana rata – rata memiliki gulungan ombak yang cukup besar sehingga bagi anda yang ingin bermain air diharuskan berhati – hati.

Tidak banyak yang tahu bahwa meski terletak di jejeran pantai yang terletak di Kabupaten Bantul namun lokasi sebenarnya sudah memasuki kawasan Gunung Kidul. Pemandangan di pantai ini sangat eksotis, terutama ketika tiba detik – detik mentari akan kembali keperaduan dimana langit akan berubah menjadi jingga keemasan yang menggemaskan.

Selain itu masih banyak pesona laut yang perlu kita eksplore agar bisa dinikmati para pembaca dan kemudian akan semakin tertarik mengunjungi wisata pantai parangendog ini. Akses jalan menuju lokasi pantai ini sangat mudah dan nyaman. Selain itu lokasinya juga mudah ditemukan. Serta masih banyak lagi kelebihan lainnya.

Jika anda ingin tahu lebih jelasnya mengenai gambaran pantai parangendog anda bisa melihatnya di berbagai media sosial seperti instagram hasil jepretan pecinta travelling. Bagi anda yang tertarik dan ingin segera berkunjung bisa langsung datang ke desa Girijati yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat ulasan kami di bawah ini.

Lokasi Pantai Parangendog

Lokasi pantai parangendog ini berada di dusun Parangrejo, Desa Giriati, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Anda bisa langsung search alamatnya di Google maps untuk melihat peta lokasi dan rute menuju pantai parangendog. Pantai ini letaknya tidak begitu jauh dari Kabupaten Bantul berada di jejeran pantai – pantai indah dan ngehits lainnya.

Untuk bisa sampai ke lokasi anda akan melewati jalanan yang cukup lebar, namun ada beberapa tikungan, tanjakan, turunan yang mengharuskan anda untuk berhati – hati namun jalanan disini semua sudah diaspal sehingga sangat nyaman untuk dilalui. Untuk bisa ke pantai ini anda bisa mengendarai motor, mobil, bahkan tersedia pula transportasi umum seperti bus.

Keliling Pantai Parangendog dengan Dokar
Loading...

Keliling Pantai Parangendog dengan Dokar

Rute Menuju Lokasi Pantai Parangndog

Setelah kita melihat secara jelas dan rinci mengenai alamat pastinya pantai parangendog sekarang tiba saatnya kita melihat rute menuju lokasi yang sangat mudah dijangkau dan ditemukan.

Ada banyak papan petunjuk arah yang terpasang di pinggir jalan sepanjang jalan mulai dari pusat Kota Jogja hingga sampai Di lokasi. Bantuan peta yang ditunjukkan google maps dari ponsel pintar anda juga bisa mempermudah perjalanan anda dan anti nyasar pokoknya.

Namun bagi anda yang penasaran dengan rutenya kami akan memberikan gambarannya untuk anda. Rute akan dimulai dari pusat Kota Jogja silahkan ambil rute menuju arah Timur menuju jalan KH Ahmad Dahlan kemudian jalan terus hingga menemukan jalan Pangurakan.

Kemudian jalan lurus terus hingga nantinya anda menemukan perempatan lalu ambil jalur menuju selatan melewati jalan Brigadir Katamso, lalu jalan terus hingga menemukan perempatan lagi ambil jalan lurus menuju arah jalan Parangtritis.

Lalu jalan lurus terus menyusuri jalan Parangtritis hingga sampai ke jalan Panggang, lalu tetap ambil jalan lurus menyusuri jalan tersebut hingga anda menemukan pertigaan dan ambil arah menuju arah timur lalu ikuti jalan tersebut hingga sampai ke lokasi pantai parangendog. Di sepanjang jalan menuju lokasi mata anda akan disuguhkan jejeran pantai yang sangat mempesona.

Pantai parangendog letaknya tidak begitu jauh dari pusat Kota Jogja jaraknya sekitar 30,3 kilometer dengan waktu tempuh menggunakan kendaraan pribadi sekitar 56 menit hingga 1 jam jika ditempuh pada waktu jalanan normal. Namun saat musim libur panjang tiba jalanan kota Jogja bisa macet sehingga membutuhkan waktu tempuh yang lebih lama lagi.

Harga Tiket Masuk Pantai Parangendog

Meski keindahan pantai parangendog tidak perlu diragukan lagi untuk anda yang ingin menikmati keindahannya yang cantik anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal, anda hanya akan dikenakan biaya retribusi senilai Rp. 5000 per orang yang nantinya digunakan sebagai biaya perbaikan jalan dan sarana yang ada di pantai ini.

Selain itu ada pula biaya parkir yang harus dibayar dengan harga yang bersahabat pula. Area parkir ini diperuntukkan bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi. Harga karcis parkir ini dibandrol Rp. 2000 untuk kendaraan roda dua atau motor, Rp. 5000 untuk kendaraan roda empat atau mobil, Rp. 10.000 untuk minibus, serta Rp. 20.000 untuk bus besar.

Nah untuk masalah biaya menuju lokasi pantai ini bukan menjadi masalah besar bukan ? sebab harga yang ditawarkan sangat bersahabat, dan tidak akan menguras kantong anda terlalu dalam. Namun jangan salah dengan keindahan dan kepuasan yang ditawarkan dijamin anda tidak akan menyesal.

Jam Operasional Pantai Parangendog

Untuk kabar gembira bagi anda pantai ini dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam. Tidak ada hari libur atau tutup pantai ini. Mulai dari senin hingga minggu anda bebas mengunjungi pantai ini.

Namun meskipun dibuka selama 24 jam sebaiknya tetap berkunjung pada jam – jam normal, jangan sampai berada di lokasi pada tengah malam karena sangat berbahaya.

Namun bagi anda yang ingin menginap justru lebih bagus lagi dengan mengadakan camping di pinggir pantai, sambil mengadakan acara anak muda seperti bernyanyi dan bergitar sembari mengelilingi api unggun.

Fasilitas di Pantai Parangendog

Untuk urusan pesona alam pantai ini tidak perlu diragukan lagi. Selain itu beberapa fasilitas penujang tempat ini juga sudah lumayan lengkap.

Selain itu pembangunan demi pembangunan juga terus dilakukan untuk mengembangkan tempat ini agar jumlah pengunjung yang datang semakin meningkat. Berikut beberapa fasilitas yang ada di pantai parangendog seperti:

  • Fasilitas pertama yang terlihat seketika anda turun dari motor atau mobil pastinya adalah area parkir tempat menitipkan kendaraan pribadi
  • Tempat sampah meski banyak yang menganggapnya sepele namun fasilitas ini sangat penting untuk menjaga kebersihan lingkungan sehingga waktu anda berlibur juga semakin nyaman.
  • Mushola diperuntukkan bagi anda yang beragama muslim yang ingin menjalankan ibadahnya
  • Warung makan yang berjejer di pinggir pantai menyediakan berbagai menu hidangan laut yang lengkap dan nikmat.
  • Gardu pandang juga tersedia di lokasi ini untuk anda duduk santai sambil menikmati keindahan alam pantai ini
  • Area camping disediakan bagi anda yang ingin menikmati suasana malam di pantai parangendog sekaligus menghemat biaya penginapan
  • Tempat ganti bisa digunakan bagi anda yang memiliki rencana untuk berenang atau bermain air di laut parangendog
  • Tempat penyewaan payung besar warna – warni serta tikar untuk duduk santai di pinggir pantai sambil menikmati bekal yang anda bawa
  • Beberapa spot foto yang instagramable.
Eksotisme Pantai Parang Endog via IG @roh_kyt

Eksotisme Pantai Parang Endog via IG @roh_kyt

Kegiatan Seru di Pantai Parangendog

Saat anda mengunjungi pantai parangendog bukan hanya bisa menikmati keindahan pantai sambil bermain air dan pasir, namun ada pula kegiatan lain yang bisa anda lakukan untuk mengisi waktu liburan anda seperti

1. Menikmati sunset

Menikmati Sunset dari Bukit Watugupit via IG @sewakameramurah_amoeba

Menikmati Sunset dari Bukit Watugupit via IG @sewakameramurah_amoeba

Memang bukan lagi sebuah rahasia jika menikmati keindahan sunset dari tepi laut lebih terasa indah dan menyenangkan. Suasana yang ditawarkan juga lebih indah dan sempurna.

Menikmati indahnya langit jingga kemasan di ujung lautan membuat suasana semakin romantis. Jangan lupa pula untuk menjadikan momen ini untuk berfoto selfie bersama keluarga dengan bacgroud langit senja di waktu sunset dengan sudut yang tempat akan menghasilkan jepretan yang jempolan seperti hasil foto profesional.

Anda bisa menikmati keindahan sunset pinggir pantai dari tebing watugupit akan menjadi semakin sempurna, sembari ditemani segelas kopi hangat dan makanan ringan. Ketika anda mendaki tebing anda juga bisa melihat keindahan langit senja di atas hamparan laut biru serta berlatar belakang pegunungan seribu.

2. Memancing

Kegiatan lain di tempat ini yang juga bisa anda lakukan adalah memancing. Anda bisa berwisata sambil menyalurkan hobi memancing anda. Di pantai ini memang menyimpan biodata laut yang beraneka ragam mulai dari berbagai jenis ikan laut, kerang, seafood, serta rumput laut dengan ombak yang tidak begitu besar sangat mendukung kegiatan para nelayan.

Selain itu memancing ditempat  ini juga sangat mudah yang dapat dilakukan di pinggir pantai pada batu – batu pecahan karang. Setelah puas memancing ikan anda juga bisa langsung membakarnya kemudian menyantapnya bersama teman – teman sambil camping di pinggir pantai. Sungguh momen yang sangat indah dan sulit untuk dilupakan.

3. Paralayang

Mencoba Sensansi Paralayang di Pantai Parangendog

Mencoba Sensasi Paralayang di Pantai Parangendog

Angin pantai yang kencang dan stabil dengan pantainya yang datar serta tebing – tebingnya yang menjulang tinggi yang menjorok k laut bisa anda manfaatkan untuk berolahraga paralayang yang cukup memacu adrenalin.

Namun bagi anda yang fobia ketinggian sebaiknya menghindari kegiatan ini. Anda juga harus tetap berhati – hati ketika mengudara, pastikan anda memakai peralatan standar serta didampingi oleh orang yang profesional.

Mengudara menggunakan paralayang akan memberikan kesan tersendiri. Anda juga bisa melihat keindahan laut dan sekitarnya dari ketinggian sungguh pemandangan yang elok.

4. Berenang

Meski letak pantai ini berdekatan dengan pantai – pantai sekitar pantai selatan seperti pantai parangtritis, pantai samas, pantai depok namun tekstur ombaknya tidak seganas pantai di sekitarnya.

Pantai ini menyuguhkan ombak yang lumayan bersahabat, dengan hamparan pasir putih di sepanjang pantai  sangat mendukung bagi anda yang ingin bermain air ataupun berenang.

Namun bagi anda yang akan berenang sebaiknya tetap waspada serta jangan membawa anak – anak terlalu dekat dengan bibir pantai karena sangat berbahaya. Tetap lakukan pengawasan terhadap anggota keluarga anda jangan sampai momen liburan kali ini berujung petaka.

5. Camping

Di lokasi pantai parangndog juga tersedia lokasi untuk camping yang berada di pinggir pantai. Alternatif camping ini selain ingin menikmati  suasana malam juga bisa sekaligus menghemat biaya untuk membayar penginapan.

Anda bisa bebas bercamping sambil melakukan beberapa kegiatan yang menyenangkan seperti bernyanyi dan bergitar bersama teman atau keluarga, serta mengadakan acara api unggun dan membakar ikan hasil pancingan.

6. Bermain layang – layang

Kegiatan lain yang bisa anda lakukan di pantai ini adalah bermain layang – layang. Anda bisa memanfaatkan hembusan angin yang kencang untuk menaikkan layang – layang sambil berlari kecil di tengah hamparan pasir hitamnya.

Bermain layang – layang bersama anak dan keluarga bisa menjadi terapi yang baik untuk menyegarkan kembali pikiran anda yang lelah akibat rutinitas harian selama ini. Sehingga nantinya anda siap kembali braktivitas seperti biasa.

7. Menyambangi Air Terjun

Air Terjun Pantai Parang Endog via Dolan-dolannet

Air Terjun Pantai Parang Endog via Dolan-dolan.net

Pantai ini ternyata juga punya air terjun lho. Memang air terjun di pantai ini tidak selalu ada. Hanya akan muncul pada waktu-waktu tertentu saja.

Tidak jarang wisatawan yang sengaja berkunjung ke pantai ini untuk menyaksikan fenomena langka air terjun yang ada di pantai ini. Biasanya air terjun ini terbentuk pada saat musim hujan, sekitar Desember sampai Februari.

Air terjun terbentuk saat sendang beji meluap kemudian airnya mengalir ke Selatan menuju Pantai Parang endog.

Pesona Pantai Parangendog

Pantai parangendog terletak di selatan kota jogja tepatnya di kabupaten Gunung Kidul yang bersebelahan dengan Kabupaten Bantul. Pantai ini menawarkan suasana yang eksotis.

Setibanya di lokasi pantai anda akan langsung disambut oleh hamparan pasti hitam di sepanjang pantai dan jejeran pohon kelapa yang menjulang tinggi sebagai ciri khas sebuah pantai. Kemudian terlihat laut biru yang membentang seolah tanpa batas dengan ombak yang menggulung indah dan relatif tenang. Kemudian semilir angin laut yang kencang namun stabil membuat suasana semakin indah.

Ketika anda datang diwaktu yang tepat akan berkesempatan melihat langit senja atau sunset yang indah di langit kota jogja ini. Keunikan lain dari tempat ini adalah dengan adanya tebing watugupit atau lebih dikenal dengan nama tebing parangendog.

Senja di Pantai Parang Endog via IG @rizal_rosyadi

Senja di Pantai Parang Endog via IG @rizal_rosyadi

Tebing ini menjulang tinggi dan menjorok ke bibir pantai.  Ketika berkunjung ke lokasi ini belum lengkap rasanya jika ada belum mendaki hingga ke puncak tebing.

Dari puncak tebing akan terlihat jejeran laut yang berada disekitar patai parangendog serta tempat ini menjadi tempat yang sempurna untuk menyaksikan sunset yang selalu ditunggu – tunggu.

Pantai ini juga menjadi pantai para nelayan tradisional untuk mencari ikan, serta melihat kegiatan ibu – ibu para pencari rumput laut. Anda juga bisa berkenalan dan bercanda kepada para penduduk yang memang sangat ramah.

Ketika senja tiba banyak para penjual jagung yang menggelar tikar disana. Bagi anda yang ingin menikmati suasana malamnya yang romatis silahkan bergabung duduk di tikar – tikar yang disediakan sambil menikmati jagung bakar dan segelas air kelapa muda.

Melihat nama pantai yang begitu unik ternyata diambil dari kawasan ini yang dahulunya memiliki banyak bebatuan yang mirip seperti telur atau dalam bahasa jawanya disebut endog.

Di pantai ini anda bisa melakukan banyak kegiatan outdoor seperti memancing, paralayang, berenang, bermain layang – layang, serta camping. Semua keindahan dan kelebihan yang dimiliki pantai ini memang cocok menjadi tujuan wisata anda selanjutnya.

Wisata Kuliner di Pantai Parangendog

Setelah lelah berkeliling kini tibalah saatnya mengisi perut anda yang kosong. Kita bisa berburu kuliner di warung – warung makan pinggir pantai yang menyediakan berbagai menu laut seperti ikan bakar, gurame goreng, kepiting lada hitam, udang asam manis, sup kerang, serta masih banyak lagi menu lainnya yang tidak kalah lezatnya. Terdapat pula penjual air kelapa muda yang bisa anda nikmati langsung dari kelapanya.

Tips dan Saran

Ada beberapa tips dan saran yang akan kami berikan untuk anda ketika akan mengunjungi pantai parangendog agar liburan anda nantinya menjadi liburan yang sangat menyenangkan dan sulit untuk dilupakan. Berikut penjabarannya:

  • Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke tempat ini di pagi hari serta di sore hari dimana matahari tidak begitu terik. Selain itu di pagi dan senja hari anda juga akan menikmati momen yang sangat indah yaitu sunrise dan sunset
  • Banyaknya penduduk asli yang menggantungkan hidupnya pada lautan ini dengan mata pencaharian sebagai nelayan dan petani rumput laut mengharuskan anda menjaga sopan santun dan ramah tamah kepada warga sekitar dan pengunjung lain
  • Bawa perlengkapan kesehatan seperti obat – obatan, handuk, tissue dll.

****

Demikianlah artikel yang membahas mengenai pantai parangendog yang menawarkan sejuta keindahan yang luar biasa. Saat anda berkunjung ke kota Jogja jangan lupa untuk mampir ke wisata pantai parangndog. Selamat berkunjung. Terima kasih.

Kunjungi juga yuk: Objek Wisata Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!