Mencoba Sensasi Menantang di Karst Tubing Sedayu Bantul

Karst Tubing Sedayu – Kali ini kita kita akan berkeliling di Yogyakarta, yang tidak ada habisnya untuk dikupas. Mulai dari gudegnya yang sudah dikenal seantero jagat dengan rasa manisnya yang khas membuat makanan khas Joga ini selalu dicari.

Kota tuanya seperti Malioboro menjadi tujuan wisata, bukan hanya wisatawan lokal namun para turis juga memadati Malioboro, tempat ini menjadi surganya para turis.

Terdapat pula banyak tradisi leluhur yang masih dijunjung tinggi. Terdapat pula banyak cerita legenda mistis yang terus berkembang dan dipertahankan secara turun temurun antara ratu dari laut selatan nyi roro kudul dengan kerajaan Mataram yang saat ini diteruskan oleh keraton Yogyakarta.

Terdapat pula keunikan lain dari kota Jogja yaitu terdapat ratusan wisata alam yang menarik. Hampir di semua Kabupaten memiliki wisata alam unggulan.

Salah satu Kabupaten yang sedang mendapatkan sorotan adalah Kabupaten Bantul. Di satu Kabupaten ini saja terdapat puluhan destinasi wisata alam, bahkan setiap tahunnya bermunculan tempat wisata baru. Salah satu tempat wisata yang sedang hits di Bantul saat ini adalah Karst tubing sedayu, mini rafting seru dengan track arung jeram yang memacu adrenalin menjadi idaman para traveler.

Karst tubing sedayu

Karst Tubing Sedayu

Karst tubing sedayu saat ini juga sudah mulai wira – wiri di Instagram dan media sosial lainnya. Keindahannya terus dieksplor oleh beberapa situs sosial media membuat namanya semakin dikenal luas. Hal ini turut mempengaruhi jumlah pengunjung yang terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

Untuk melihat keseruannya dari dekat anda bisa langsung berkunjung ke Kabupaten Bantul Yogyakarta. Atau anda bisa melihat kira – kira keindahannya seperti apa sebelum anda memutuskan berkunjung dengan melihat puluhan blog dan situs lainnya yang mengangkat tema karst tubing sedayu.

Lokasi Karst Tubing Sedayu

Karst tubing sedayu letaknya tidak begitu jauh dari pusat kota Jogja. Hanya berjarak beberapa kilometer saja dari Malioboro. Waktu tempuh dari pusat Kota menuju lokasi wisata hanya sekitar 30 menit jika dilalui pada kondisi normal tanpa macet.

Loading...

Kota Jogja sendiri sangat arang mengalami kemacetan. Hanya ketika ada acara khusus  terjadi kemacetan, jadi anda tidak perlu khawatir ketika ingin mengunjungi tempat ini dijamin jalanannya lancar jaya.

Lokasi tepatnya berada di jalan Raya Wates No. Km. 9,5 Dusun Surobayan, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantu, Yogyakarta, 55752, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk bisa mencapai tujuan anda bisa menggunakan kendaraan umum, pribadi, serta bus pariwisata.

Jalanan menuju karst tubing sedayu sangat mudah di lalui, dengan kondisi jalan yang sudah di aspal, dengan melewati jalanan yang landai, lurus, berkelok, mendaki, serta menurun mengharuskan anda mempersiapkan kondisi kendaraan anda.

Ada banyak papan petunjuk arah di sekitar jalanan menuju lokasi wisata ini sehingga bagi anda yang datang dari luar kota ataupun luar negeri jangan takut nyasar ya. Anda bisa memanfaatkan Google maps untuk mempermudah peralanan anda.

Setiba di lokasi karst tubing sedayu yang merupakan arung jeram mini ini silahkan memarkirkan kendaraan pribadi anda pada lokasi parkir yang telah disediakan. Jika dilihat dari kondisi parkirannya yang tersusun rapi dan aman menandakan petugasnya juga bertugas dengan baik. jadi anda bisa menitipkan kendaraan anda sampai nanti anda kembai dari tamasya keliling karst tubing sedayu.

Kunjungi juga: Mengunjungi Puncak Becici Dlingo yang Lagi Hits

Harga Tiket Masuk dan Paket Wisata 

Tarif parkirnya juga sangat bersahabat, anda hanya perlu membayar Rp. 2000 untuk motor, Rp. 5000 untuk mobil, Rp 15.000 untuk minibus, serta Rp 20.000 untuk bus besar. Kontur jalan yang luas dan lebar memang memungkinkan kendaraan jumbo seperti bus bisa lewat.

Setelah memarkirkan kendaraan anda bisa melanjutkan jalan kaki sampai di gapura yang bertuliskan karst tubing sedayu, itu tandanya anda sudah mulai memasuki lokasi wisata, tapi tunggu dulu kita lihat terlebih dahulu jam buka dan tutup tempat ini. Anda bisa datang pada pukul 08.00 wib. Jangan sampai  datang terlalu pagi ya sob ! awas lokasi belum dibuka alhasil nongkrong diluar area wisata sambil bengong.

Lokasi ini ditutup pada pukul 17.00 wib. Terasa begitu cepat ya jam 5 sore kok sudah tutup tapi mau gimana lagi itu sudah ketentuan dari petugas. Bagi anda yang kurang puas bermain air pada hari itu bisa datang besok paginya lho, sebab tempat ini bisa anda kunjungi setiap hari mulai senin hingga minggu, tanpa hari libur yang sob.

Silahkan menginap di home stay yang tersedia jika anda rasa liburan  sehari dua hari tidak cukup ya. Kita kembali melanjutkan perjalanan hingga ke pintu masuk. Ada beberapa petugas yang akan menyetop anda, bukannya mau ngompas uang kalian ya tapi petugas akan menyodorkan selembar karcis masuk untuk tiap orang.

Karcis itu nantinya digunakan sebagai izin masuk lokasi.Harga tiket masuknya cukup bersahabat. Harga tiket masuknya dibagi menjadi dua sesuai dengan jalur yang anda pilih.

Harga yang pertama dibandrol Rp. 40.000 untuk jalur rafting sepanjang 900 meter, serta Rp. 50.000 untuk jalur rafting sepanjang 1.400 meter. Tarif itu diberlakukan per orang. Ada lagi penambahan jasa foto bagi yang ingin berfoto seharga Rp. 50.000 per rombongan, serta sewa loker Rp. 5000.

Untuk urusan fasilitas di tempat ini sudah cukup lengkap. Pemerintah daerah yang dibantu para pemuda kreatif terus berupaya mengembangkan tempat ini dengan melakukan penambahan – penambahan fasilitas agar semakin menarik minat pengunjung untuk datang ke karst tubing sedayu ini.

Beberapa fasilitas yang tampak seperti area parkir untuk meletakkan kendaraan pribadi dengan tarif yang telah ditentukan.

Selain itu terdapat beberapa fasilitas penunjang lainnya seperti tempat sampah yang diletakkan di pojok – pojok lokasi sebagai upaya menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan. Jangan lupa ya buang botol mineral setelah anda mengkonsumsinya. Buang juga tisu pada tong sampah yang disediakan jangan sampai terlihat sampah tisu berserakan di tahan ya.

Toilet dan ruang ganti merupakan fasilitas yang  sangat penting di semua wisata yang menyediakan wahana air. Pastinya basah yang kalau main air jadi perlu ganti baju, di lokasi yang tertutup seperti toilet dan ruang ganti. Mushola juga disediakan bagi anda yang beragama muslim untuk mengerjakan sholat agar perjalanan wisata kali ini menjadi tenang.

Beberapa kursi dan gardu pandang bisa anda gunakan untuk istirahat dan duduk santai sambil menikmati indahnya panorama alam sekitar, dan menikmati bekal makanan dan minuman yang anda bawa, tetap jangan lupa ya buang bungkus nasi dan botol mineral pada tempatnya.

Setelah lelah berkeliling seharian kini tiba saatnya berburu kuliner di warung – warung terdekat yang dikelola oleh masyarakat sekitar. Meski dibuat seadanya namun menu makanan ditempat ini cukup lengkap. Terdapat pula makanan khas kota Jogja seperti Gudeg. Menu dari daerah lain juga tersedia disini. Serta beberapa minuman dingin, jus, kopi dan masih banyak yang lainnya juga bisa anda pesan disini.

Menjelajahi Sungai dengan Ban Karet

Menjelajahi Sungai dengan Ban Karet

Menjelajahi Sungai dengan Ban Karet

bagi anda yang menyukai olahraga menantang dan memacu adrenalin, sangat direkomendasikan datang ke tempat ini. Anda bisa menjelajahi sungai dengan ban karet, yang satu timnya diisi minimal 6 orang. Dalam perjalanan mini rafting ini sangat menyenangkan dan seru pastinya. Satu tim akan menaiki perahu karet dan siap meluncur menyusuri aliran sungai berarus deras dan dilengkapi batuan khas permainan arung jeram.

Nantinya anda akan dipasang beberapa peralatan rafting yang lengkap dan memiliki standar internasional, dengan rute singkat sehingga akan membuat anda semakin penasaran dan ingin coba lagi lagi dan lagi, anti bosan pastinya.

Mampir juga ke: Kebun Buah Mangunan Jogja

Ditemani Pemandu Profesional

Ditemani Pemandu Profesional via nasirullahsitam.com

Ditemani Pemandu Profesional via nasirullahsitam.com

Untuk menikmati berayun di atas perahu karet menyusuri sungai bermain arung jeram mini dengan lintasan pendek bisa sepuasnya anda lakukan di tempat wisata ini, namun untuk bisa menikmati permainan yang cukup berbahaya ini di perlukan seorang pemandu profesional. Ada banyak pemandu profesional nantinya yang bisa anda pilih untuk mengajari anda bermain arung jeram disini.

Para pemandu telah menunggu calon pengunjung di  depan tempat pendaftaran. Setelah anda membayar tiket masuk dipersilahkan untuk mengganti pakaian serta memakai alat bantu keselamatan seperti helm, pelampung, dll. Nah sebelum memulai permainan akan ada arahan dari pemandu kurang lebih 10 menit. Dalam arahan tersebut akan dijelaskan langkah – langkah yang harus kamu lakukan nantinya selama melakukan peluncuran.

Kunjungi juga: Wisata Alam Air Terjun Ledok Pokoh Bantul

Pengalaman Seru yang Memacu Adrenalin

Mencoba Sensasi yang Menantang

Mencoba Sensasi yang Menantang via nasirullahsitam.com

setelah mendengarkan arahan dari pemandu tibalah saatnya kira berpacu melintasi sungai berarus cukup deras. Perjalanan dimulai dengan menyusuri jalan setapak kurang lebih sejauh 200 meter tentunya sambil gendong ban yang sudah kamu pilih untuk berpetualang nantinya. Setiba di lokasi mulai melakukan persiapan.

Letakkan ban di dalam sungai kemudian semua anggota tim silahkan menaiki perahu karet yang kamu bawa sebelumnya. Kamu siap untuk meluncur menyusuri sungai, dengan rute sekitar 1.4 km membuat perjalanan kamu nantinya menghabiskan waktu sekitar 1 jam berperahu karet menaklukkan aliran sungai yang ada, sambil mendengar gemericik aliran sungai yang membuat suasana semakin menyenangkan.

Perjalanan dimulai dari sini menyusuri sungai yang awalnya terlihat tenang dan sunyi namun menjelang di ujung track ada satu tempat yang biasa dipakai untuk loncat dari tebing sekitar 2 sampai 3 meter tingginya.

Coba Loncat dari Tebing via (c)Rizky Nusantara/Travelingyuk

Siapa saja diperbolehkan loncat yang penting tetap hati – hati ya sebab loncatan dari atas tebing ini cukup berbahaya. Pengalaman seperti cukup memacu adrenalin anda pastinya sebab ketika meloncat kaki anda tidak akan bisa menyentuh dasar sungai saking dalamnya kali ya.

Di sepanjang perjalanan menyusuri sungai kamu akan disuguhkan pemandangan di sekitarnya yang masih sangat asri dan hijau. Udaranya yang segar dengan kondisi alam sekitarnya yang dipenuhi dengan pepohonan dari berbagai jenis membuat suasana semakin menenangkan.

Serunya Ga Habis-habis via Atemalemcom

Serunya Ga Habis-habis via Atemalem.com

Terlihat beberapa pengunjung yang berlalu lalang menyusuri tempat ini. Suasana seperti ini akan membuat pikiran anda terasa jernih dan segar kembali.

Ketika sampai di ujung lintasan para rombongan wisatawan akan dijemput dengan mobil yang akan membawa anda kembali ke tempat awal.  Setelah puas bermain air seharian bermain arung jeram di sungai ini silahkan mengganti pakaianmu yang basah kuyup di toilet atau ruang ganti.

Jangan lupa juga untuk: Abadikan Cintamu di Candi Plaosan Klaten yang Indahnya Luar Biasa

Kegiatan Lain yang Tak Kalah Seru

Berikut ini beberapa kegiatan seru lainnya yang bisa anda lakukan disini:

1. Bersepeda

Salah satu kegiatan seru lainnya yang bisa anda lakukan ditempat ini adalah berkeliling di dalam perkampungan di pinggir persawahan menggunakan sepeda tua.

Bersepeda sambil membonceng pasangan kamu pastinya akan lebih seru dan romantis. Jangan lupa untuk mengabadikan momen – momen berharga di tempat ini di beberapa titik sprot foto yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Penuhi galeri liburanmu dengan foto – foto yang unik dan menarik yang diambil dari beberapa sudut yang membuat hasil jepretanmu seperti jepretan para profesional

2. Camping

Bagi anda yang berniat camping di lokasi ini disediakan pula arena camping yang luas yang bisa menampung hingga 200 orang. Berlokasi di pinggir sungai yang menjadi lintasan arena arung jeram.

Suasana alam terbuka di tempat ini sungguh sangat mempesona. Malam harinya jangan lupa untuk buat acara api unggun dan bakar ikan sambil bernyanyi riang gembira bersama keluarga agar momen bercamping disini semakin sempurna.

3. Mencoba Paket Outbound

Paket outbound ini menawarkan beberapa kegiatan seperti rekreasional serta pengembangan diri.

4. Nginap di Pondok dan Homestay

Lokasi karst tubing sedayu juga menyediakan lokasi penyewaan pondok istirahat yang bisa digunakan bersama keluarga.  Pondok rehat itu berupa gazebo yang dibangun sangat cantik dan unik dari kayu dan bambu dengan ukiran yang menarik.

Bagi anda yang ingin menginap tersedia pula homestay yang bisa kamu sewa permalamnya dengan harga yang sangat terjangkau sambil menikmati kehidupan dusun yang pastinya orangnya sangat ramah.

5. Kursus Tari Kuda Lumping

Bagi kamu yang ingin menikmati pagelaran seni kuda lumping bisa mampir ke tempat kursus kuda lumping. Kamu juga berkesempatan untuk belajar tari tradisional ini dengan para seniman profesional, bahkan kamu juga bisa melakukan pagelaran pentas seni kuda lumping bersama.

6. Berburu Kuliner Lezat

Setelah berpacu di arena arung jeram dan menikmati melompat dari tebing dengan ketinggian 2 hingga 3 meter kini saatnya memikirkan perut yang sudah keroncongan seharian. Ya saatnya berburu kuliner.

Terlihat jejeran warung makan yang terbuat dari kayu dan bambu. Setelah memilih salah satu warung makan kita bisa langsung memilih menu makanan yang semuanya lezat.

Kalau muat nih perut rasanya ingin makan semua itu menu. Terlihat beberapa menu khas Jogja, seperti Gudeg, serta tersedia pula beberapa menu dari daerah lain. Terdapat pula banyak pilihan menu minuman mulai dari jus segar, susu, kopi, teh, dan masih banyak lagi.

Tips dan Saran

Agar liburanmu makin berkesan, simak beberapa tips berikut ini:

  • Sebelum berkunjung kamu bisa memesan tiket masuk agar tidak terlalu lama antri melalui nomor telepon petugas
  • Bawa baju ganti dan alat mandi karena nanti pastinya kamu basah kuyup
  • Bawa sunscreen dan oleskan ke kulit sebelum main
  • Bawa bekal makanan dan minuman bagi kamu yang tidak suka jajan di luar.
  • Waktu berkunjung yang paling tepat ke lokasi karst tubing sedayu ini adalah ketika musim hujan karena saat itu debit air sedang banyak membuat perjalanan anda melintasi trek nantinya semakin seru.

****

Ingin menikmati keindahan dan serunya berpetualang di sungai sambil berarung jeram kamu bisa langsung datang ke karst tubing sedayu yang terletak di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Lokasinya masih sangat alami dan cukup mudah ditemukan. Selain berarung jeram kamu bisa melakukan banyak kegiatan lain yang tidak kalah serunya. Selamat berkunjung dan terima kasih.

Jangan lewatkan juga: Objek Wisata Seribu Batu Songgo Langit Bantul

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!