Wisata Hits Bali! Patung Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana – Berbicara tentang Bali, kita pasti tahu bahwa salah satu pulau yang ada di Indonesia ini memiliki segudang daya tarik yang mampu menghipnotis mata  para wisatawan yang datang kesana.

Berbagai tempat wisata menjadi primadona semua orang terutama bagi mereka yang sangat menyukai kegiatan traveling. Ada banyak juga tempat-tempat religi seperti Patung Garuda Wisnu Kencana yang menjadi tempat favorit wisatawan.

Profil Pulau Bali Menjadi Pulau Dewata

Pulau Bali merupakan salah satu pulau yang ada di Indonesia dan berada di urutan teratas tempat wisata yang ingin dikunjungi oleh wisatawan di seluruh dunia ketika libur panjang. Pulau ini memiliki kota Denpasar sebagai ibukotanya dan pusat dari segala kegiatan pemerintahan yang ada di Bali.

Pulau Bali dikelilingi oleh pulau-pulau kecil di sekitarnya. Pulau-pulau yang mengelilingi Bali adalah Pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Ceningan, Pulau Nusa Lembongan, dan Pulau Serangan serta Pulau Menjangan.

Tidak hanya Bali, pulau-pulau yang ada di sekitarnya pun memiliki keindahan dan patut dikunjungi. Dan seperti yang telah diketahui, Bali menjadikan pariwisata sebagai pemasukan utama Pemerintah Daerah Bali.

Jika kita berbicara mengenai Bali, maka kita juga harus tahu bahwa orang-orang memberi julukan “Pulau Seribu Pulau” dan “Pulau Dewata” kepada pulau ini. Hal ini dikarenakan di Pulau Bali kesenian dan ritual-ritual agama Hindu masih kental terasa. Bahkan ada banyak sekali tempat-tempat sembahyang orang Hindu yang masih dijaga dan dirawat dengan baik hingga saat ini.

Jangan lewatkan juga ya: 15 Aktivitas Seru di Tanjung Benoa Bali

Selain itu, Bali juga memiliki Gunung Agung sebagai gunung tertinggi di Bali. Gunung ini memiliki tinggi sekitar 3.148 meter dan dipercaya sebagai tempat bersemayamnya dewa-dewa yang menjadi kepercayaan orang Hindu. Bukan hanya itu, masyarakat sekitar Bali juga mempercayai bahwa di Gunung Agung, terdapat istana suci para dewa sehingga gunung ini menjadi gunung keramat bagi mereka.

Wisnu Plaza

Wisnu Plaza via pegipegi

Loading...

Wajib mampir juga ke: 39 Tempat Wisata Kuliner Khas Bali yang Wajib Anda Coba

Pesona Pulau Bali yang Mendunia

Sejak dahulu, Bali memang menjadi daya tarik wisatawan luar negeri terutama yang berasal dari Benua Eropa. Wisata Bali bagaikan sebuah paket lengkap yang memadukan wisata alam, wisata bahari, wisata religi, dan sarana mengenal budaya Bali yang menjadi keunikan tersendiri pulau ini. Bahkan banyak yang menyebut Bali sebagai “surga terakhir” yang ada di Bali.

Selain itu, banyak juga para seniman yang datang ke Bali untuk memperoleh “muse” mereka atau “inspirasi” yang akan mereka gunakan untuk membuat karya seni. Sudah ada banyak seniman terkenal dari luar negeri yang berkunjung ke Bali hanya untuk mencari inspirasi. Salah satunya adalah Adrien Jean Le Mayeur de Merpes.

Adrien adalah salah seorang pelukis asal Belgia yang memutuskan untuk tetap tinggal di Bali pada tahun 1932. Beliau juga menikahi salah seorang model lukisannya yang juga seorang penari asal Bali, Ni Polok. Selain Adrien, ada juga seorang pelukis Jerman, Walter Spies yang memutuskan untuk tinggal di Bali.

Walter juga berjasa dalam menghidupi Museum Etnografi yang hampir saja ditutup karena hancur akibat terkena letusan Gunung Batur. Kemudian sejak saat itu ada banyak tokoh-tokoh Eropa yang datang ke Bali hanya untuk menyaksikan dengan kedua mata mereka sendiri keindahan Pulau Bali.

Destinasi Wisata Pulau Bali yang Populer

Jika anda ingin mengetahui seluruh pesona keindahan Pulau Bali, maka keindahan tersebut tidak bisa hanya dijelaskan dengan kata-kata.

Jadi anda harus pergi sendiri ke Bali untuk memastikan sendiri kebenaran tentang Pulau Bali yang disebut-sebut sebagai surga dunia yang terakhir.

Apabila anda memang benar-benar ingin pergi ke Bali, anda harus mengetahui destinasi wisata yang ada di Bali. Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata yang ada di Pulau Bali :

1. Pantai Sanur

Salah satu pantai yang ada di Bali ini merupakan tempat yang harus anda masukkan ke dalam daftar kunjungan anda di Bali.

Anda harus berkunjung ke Pantai Sanur jika anda berniat untuk menikmati keindahan panorama matahari terbit (sunrise) di Bali. Anda harus pagi-pagi sekali sekitar pukul 05.30 WITA pergi ke Pantai Sanur untuk melihat keindahan tersebut.

Keindahan Pantai Sanur sudah tidak diragukan lagi. Banyak fotografer khususnya fotografer pre-wedding yang mengambil latar belakang Pantai Sanur. Hal ini dikarenakan Pantai Sanur memiliki ombak yang cukup tenang dan dangkal.

Selain itu, anda bisa melakukan penyelaman (snorkeling) dan seawalking (berjalan-jalan di dalam air) di Pantai Sanur ini. Jika anda berniat melakukan kegiatan tersebut, anda diharuskan mengeluarkan dana sekitar Rp. 625.000,- untuk bisa menjelajah laut di Pantai Sanur.

Kunjungi juga pantai lainnya: 41 Pantai Bali Paling Memukau yang Wajib Dikunjungi

2. Wisata di Ubud

Bali Indonésie Indonesia

Ubud merupakan sebuah daerah di Kabupaten Gianyar, Bali. Pesona wisata di Ubud memang berkutat pada beragam kesenian khas Bali seperti seni lukisan, seni patung, seni tari, seni musik, dan lain sebagainya. dan memang, Ubud merupakan daerah utama pusat pelestarian kesenian dan ritual-ritual khas Bali.

Ubud memanglah sebuah Desa yang ada di Kabupaten Gianyar. Akan tetapi di desa ini anda bisa menemukan berbagai hotel, restoran, tempat makan, kafe, galeri kesenian, dan toko-toko yang menjual kerajinan khas Bali.

Di kawasan Ubud, anda bisa merasakan ketenangan khas desa tradisional Bali. Desa ini penuh dengan pesona magis dan religius yang kurang bisa anda rasakan di daerah lain di Bali.

Banyak hal yang bisa anda lakukan di Ubud, diantaranya adalah bersepeda, mengunjungi museum-museum, melakukan wisata kuliner Bali, menonton pertunjukan tari Kecak khas Bali, melakukan kegiatan arung jeram, berbelanja di toko-toko yang menjual kerajinan khas Bali, berburu foto, dan lain sebagainya.

3. Daerah Nusa Dua Bali

Pantai Nusa Dua Bali

Pantai Nusa Dua Bali

Bali sering menjadi tempat diadakannya kegiatan atau event bertaraf nasional maupun internasional. Dan kawasan Nusa Dua adalah kawasan yang dimaksud. Di daerah Nusa Dua, telah banyak kegiatan tingkat dunia digelar. Sudah banyak sekali tokoh dunia dan para pemimpin perusahaan besar yang telah berkunjung ke Nusa Dua Bali.

4. Pantai Kuta

Pantai kuta

Pantai kuta

Salah satu destinasi wajib selanjutnya yang harus anda kunjungi ketika ada di Bali adalah Pantai Kuta. Anda belumlah dikatakan berkunjung ke Bali apabila belum mengunjungi Pantai Kuta. Panorama Pantai Kuta sangat indah dan terasa sangat romantis.

Ditambah pula dengan fasilitas yang lengkap didirikan disekitar Pantai Kuta untuk memberi kenyamanan pada para turis yang berkunjung ke Pantai Kuta. Ada banyak hotel, tempat makan, kafe, restoran, dan lain sebagainya yang ada di sekitar pantai.

Selain itu, anda bisa melakukan surfing di laut Pantai Kuta. Ada beberapa tempat penyewaan alat-alat untuk berselancar dan menyediakan tempat kursus bagi mereka yang ingin bisa berselancar di laut.

Selain berbagai tempat-tempat wisata berupa pantai dan kawasan yang bergengsi, Pulau Bali memiliki daya tarik lain yang berupa patung-patung khas Bali.

Patung Garuda Wisnu Kencana Bali

Garuda Wisnu Kencana via M-kuta

Garuda Wisnu Kencana via M-kuta.com

Pulau Bali selain memiliki daya tarik berupa pantai, desa tradisional yang masih memegang teguh adat Bali, dan kawasan bergengsi seperti Nusa Dua, ternyata Bali masih menyimpan hal lain yang tidak kalah menarik. Hal tersebut adalah patung-patung khas Bali. Patung-patung ini dijadikan sebagai destinasi wisata yang sangat estetis.

Salah satu destinasi wisata berupa patung yang sangat terkenal di Bali adalah patung Garuda Wisnu Kencana. Patung Garuda Wisnu Kencana atau yang sering disingkat menjadi GWK, merupakan salah satu patung terbesar yang ada di Bali. Patung ini dibangun sejak tahun 1989. Pendiri patung ini merupakan seniman asli Bali, yaitu I Nyoman Nuarta.

Pembangunan patung Garuda Wisnu Kencana ini pada awalnya mengalami pertentangan. Namun akhirnya pada tahun 1997 dibangunlah patung tersebut di daerah Bukit Ungasan, Kuta Selatan, Badung.

Bentuk awal Patung Garuda Wisnu Kencana adalah perbukitan kapur yang kemudian diiris dan dipahat serta dijadikan patung sebagai sebuah karya seni. Seni memahat bukit ini kemudian disebut dengan seni lahan (art land).

Menurut rencana awal, patung Garuda Wisnu Kencana akan dibangun setinggi 121 meter. Hal ini berarti apabila patung Garuda Wisnu Kencana selesai dibuat, patung ini akan mengalahkan rekor patung tertinggi yang dipegang oleh Patung Liberty.

Patung ini pun disebut-sebut sebagai patung yang mendapat perlakuan teknik las dan cor terbesar di dunia. Pemasangan mahkota Dewa Wisnu pada patung Garuda Wisnu Kencana pada upacara Pasupati merupakan momen yang sangat penting dalam pembangunan patung Garuda Wisnu Kencana ini.

Mahkota tersebut mahkota yang berlapiskan emas sebagai lambang kencana dan memiliki berat sekitar 3,5 ton. Kawasan taman wisata patung Garuda Wisnu Kencana memiliki luas sekitar 240 hektar. Ada banyak kegiatan yang biasanya diadakan di daerah patung Garuda Wisnu Kencana, diantaranya adalah Pementasan Tari Bali, Ballet Garuda Wisnu, Instrumen Rindik, Tari Barong dan Keris, dan lain sebagainya.

Nama Garuda Wisnu Kencana sendiri memiliki arti yaitu “burung Garuda yang menjadi kendaraan Dewa Wisnu”. Rencananya, patung Garuda Wisnu Kencana ini akan dijadikan maskot pulau Bali seperti Monas yang telah menjadi ciri khas kota Jakarta. Hal ini merupakan sesuatu yang membanggakan bagi masyarakat Indonesia karena sebentar lagi negara kita akan memiliki patung tertinggi di dunia mengalahkan patung Liberty.

Jika ditelisik lebih dalam, ternyata bagian-bagian patung Garuda Wisnu Kencana dibuat terpisah antara tubuh Dewa Wisnu dengan patung kepala garuda. Memang ada alasan tersendiri mengapa patung tersebut dibuat terpisah. Hal ini dijelaskan sendiri oleh I Nyoman Nuarta, jika patung dibuat terpisah maka akan menimbulkan rasa penasaran tinggi bagi wisatawan akan hasil akhir proyek tersebut.

Garuda Wisnu Kencana

Taman Garuda Wisnu Kencana

Tak heran jika patung ini sangat megah. Di balik proses pembuatannya yang berlangsung hingga hampir 28 tahun, patung Garuda Wisnu Kencana telah menghabiskan banyak biaya. Peralatan serta bahan-bahan yang digunakan pun berkualitas tinggi sehingga mampu menghasilkan karya seni rupa yang sangat megah.

Bahkan menurut informasi, patung Garuda Wisnu Kencana menghabiskan sebanyak 754 modul dengan total mencapai 2.900 ton. Ada puluhan ribu batang baja yang digunakan dan lebih dari 150.000 baut untuk menyambung persendian patung.

Anda mungkin baru mengetahui fakta ini, akan tetapi ternyata di dalam patung GWK ada beberapa lantai yang bisa diakses langsung oleh pengunjung. Total lantai tersebut berjumlah 30 lantai, akan tetapi hanya akan ada 23 lantai yang bisa dimasuki oleh pengunjung.

Hal ini dikarenakan ada beberapa lantai tertentu seperti lantai 30 yang berada di atas kepala Dewa Wisnu yang tidak boleh sembarangan diinjak orang karena kesuciannya. Pengunjung hanya bisa mengakses hingga lantai 23 yang berada di bahu Dewa Wisnu.

Harga Tiket GWK

Jika anda berminat untuk berkunjung ke Taman Wisata Garuda Wisnu Kencana, Bali, anda harus menyiapkan dana tiket sebesar Rp. 125.000,- per orang dewasa dan Rp. 100.000,- per anak yang masih berusia 5 hingga 12 tahun. Kunjungan ke Taman Wisata Garuda Wisnu Kencana selain bisa menambah wawasan kita tentang kepercayaan orang Hindu, kita juga bisa menikmati keindahan bangunan patung Garuda Wisnu Kencana.

Cek selengkapnya: Wahana Wisata & Harga Tiket Masuk GWK Terbaru

——

Beberapa penjelasan tentang patung Garuda Wisnu Kencana diatas merupakan bentuk dari rasa syukur yang bisa kita miliki sebagai warga Indonesia. Seharusnya kita sangat bangga negara kita memiliki suatu aset pendapatan daerah melalui sektor pariwisata yang sangat tinggi.

Bahkan Pulau Bali terkenal hingga ke luar negeri dan menempati ranking tertinggi pulau di Indonesia yang sangat ingin dikunjungi oleh para wisatawan mancanegara.

Oleh karena itu kita sebagai warga negara Indonesia harus ikut menjaga dan melestarikan tempat-tempat wisata yang ada di sekitar kita termasuk Patung Garuda Wisnu Kencana. Patung yang dikeramatkan oleh masyarakat Bali ini memiliki pesan yang terkandung di dalamnya.

Menikmati Sunset di GWK

Menikmati Sunset di GWK

Lokasi Patung Garuda Wisnu Kencana

Patung Garuda Wisnu Kencana lokasinya di dalam area taman budaya di kawasan tempat wisata Ungasan Bali.  Nama tempatnya Taman Budaya GWK Bali. Alamat taman budaya Garuda Wisnu Kencana berada di Jl. Raya Uluwatu, Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Jika anda berangkat dari bandara Ngurah Rai menuju lokasi tempat wisata Garuda Wisnu Kencana, akan menempuh jarak 12 kilometer. Untuk mempermudah anda menemukan lokasi Garuda Wisnu Kencana Culture Park, mohon gunakan peta di bawah ini!

Peta Menuju Lokasi

Rute Menuju Lokasi Patung GWK

Untuk mencari lokasi dari taman budaya GWK Bali, tidaklah susah. Anda dapat menggunakan aplikasi Google Map atau Waze di handphone. Ada banyak pilihan transportasi untuk liburan ke GWK Bali, berikut ini pilihannya.

Transportasi Umum

Anda bisa menggunakan transportasi umum untuk mencapai GWK. Seperti:

  • Taksi meter seperti Blue Bird. Menggunakan taksi meter akan sangat efektif jika pada saat anda ingin liburan ke objek wisata Garuda Wisnu Kencana, lokasi anda menginap dekat dengan lokasi GWK Bali. Sebagai contoh, anda menginap di kawasan wisata Jimbaran, Kedonganan atau Ungasan. Jika anda menginap diluar kawasan wisata Jimbaran, Kedonganan atau Ungasan, maka biaya transfortasi menggunakan taksi akan menjadi mahal.
  • Menggunakan Ojek Online.

Kendaraan Pribadi

Selain dengan kendaraan umum, anda juga bisa mencapai GWK dengan menggunakan kendaraan pribadi:

  • Sewa sepeda motor. Kendaraan pribadi disini maksudnya anda tidak perlu membawa dari daerah asal anda, karena disini ada banyak penyewaan sepeda motor. Rata-rata harga sewa sepeda motor di Bali sekitar 125,000/24 jam. Menggunakan sepeda motor akan menjadi cara terbaik apabila, anda hanya liburan bersama pasangan.
  • Sewa mobil dengan sopir plus BBM di Bali. Selain dengan sepeda motor, anda juga bisa menyewa mobil selama 12 Jam, dengan harga sewa mobil tetap. Waktu 12 Jam dengan menggunakan jasa sewa mobil plus sopir murah di Bali, akan jauh menghemat biaya transportasi anda dibandingkan menggunakan taksi.
  • Mobil pribadi, anda juga bisa membawa mobil pribadi kesini, atau anda sewa mobil tanpa sopir.
  • Menggunakan jasa paket tour. Pilih terakhir adalah dengan menyewa jasa tour and travel. Ada banyak sekali jasa tour and travel di Bali, silahkan anda pilih.

Keistimewaan Patung Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana via Inet

Patung Garuda Wisnu Kencana merupakan contoh kerja nyata yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia untuk mewujudkan sebuah maha karya di tengah-tengah peradaban yang sudah semakin maju. Hal ini membuat kita bangga karena dunia memandang kita sebagai bangsa yang menjunjung tinggi budaya dan adat dari para leluhur.

Hal lain yang istimewa dari Patung Garuda Wisnu Kencana adalah masa pembangunannya yang berlangsung sekitar 28 tahun. Hal ini menunjukkan bahwa kita adalah bangsa yang tidak pernah menyerah dan konsisten terhadap pembangunan yang telah direncanakan.

Walaupun terjadi dalam rentang waktu yang cukup lama, akan tetapi kita sebagai bangsa Indonesia mampu menggenapi seluruh rencana itu dan melahirkan maha karya yang luar biasa.

I Nyoman Nuarta sendiri sebagai penggagas Patung Garuda Wisnu Kencana menyatakan rasa terimakasih dan penghargaannya untuk semua tim yang terlibat dalam merampungkan pembangunan Patung Garuda Wisnu Kencana. Mereka berani mempertaruhkan nyawa mereka dengan bekerja di ketinggian dan melakukan pekerjaan berat disana.

Oleh karena itu kita sebagai warga Indonesia harus bangga dengan semua maha karya yang sudah menjadi miliki negara kita. Tugas kita sederhana, kita hanya harus ikut menjaga dan melestarikan tempat-tempat wisata itu, bukan malah merusak.

Dan sebagai generasi muda, kita juga bisa melakukan berbagai kegiatan yang bertempat di tempat-tempat wisata religi tersebut sebagai sarana mempromosikan tempat-tempat wisata yang ada di sekitar kita kepada dunia. Usahakan untuk menjaga sebagaimana semestinya apabila anda tidak bisa bertindak lebih dari itu.

Jika tempat-tempat wisata yang ada di negara kita terjaga dengan baik, itu berarti aset negara juga akan aman. Bagaimana tidak, hal ini dikarenakan tempat-tempat wisata di Indonesia merupakan pemasok devisa negara terbesar di bidang sektor pariwisata. Oleh karena itu kita sebagai generasi muda harus bisa menjaga amanah tersebut dengan baik.

Jadwal Event di GWK

Jadwal Event di GWK

Jadwal Event di GWK via gwkbali.com

Selain fasilitas, pihak pengelola Garuda Wisnu Kencana juga menyediakan event harian yang bisa disaksikan para wisatawan berdasar jadwal pentasnya. Event-event tersebut antara lain Tari Barong & Keris yang diadakan di Amphitheatre setiap pukul 10.00 hingga 10.40 WITA.

Lalu dilanjutkan dengan Pementasan Tari Bali dari jam 11.10 hingga 11.50 WITA dan sesi kedua di jam 12.10 hingga 12.50 WITA. Setelahnya, masih di Amphitheatre, diadakan pula Ballet Garuda Wisnu dari jam 13.10 hingga 13.50 WITA.

Pertunjukan Tari di GWK Bali

Pertunjukan Tari di GWK Bali via Rentalmobilbali.net

Berlanjut ke jam 14.00 hingga 14.40 WITA, diadakan Pementasan Tari Bali Barong, Kera, dan Rangda. Nah, di jam 15.00 WITA, Amphitheatre mengadakan Pementasan Tari Bali lagi hingga pujul 15.40. Terakhir, pementasan Amphitheatre ditutup dengan Performer Tari Kecak dari jam 18.30 hingga 19.15 WITA.

Lain Amphitheatre, lain pula Street Theatre. Pertunjukan Parade Budaya Bali disuguhkan dari jam 16.10 hingga 17.20 WITA. Parade ini juga ditunjukkan melalui Plaza Wisnu dan Lotus Pond. Lalu di jam 17.30 sampai 18.30 WITA, Street Theatre juga mengadakan Tari Joged Bumbung.

Pertunjukan ini juga bersamaan dengan pertunjukan Parade Penari Kecak yang juga diadakan di Street Theatre, Plaza Wisnu, dan Lotus Pond dari jam 18.00 hingga jam 18.20 WITA.

Tidak mau ketinggalan, restoran-restoran disana pun juga mengadakan pertunjukan. Jendela Bali misalnya, tempat ini mengadakan pertunjukan Instrument Rindik dari jam 11 siang hingga 3 sore waktu setempat. Contoh lainnya adalah Restoran The New Beranda. Rumah makan ini juga mengadakan Pementasan musik akustik di jam  7 malam hingga 9 malam waktu setempat.

Tidak hanya berekreasi budaya, kamu juga bisa menikmati indahnya sunset di GWK. Bagaimana? Pasti suasananya sangat romantis, bukan? Apalagi diiringi suara kemeriahan parade-parade yang diadakan kala matahari terbenam.

Jangan lupa untuk membawa: 19 Oleh-Oleh Khas Bali yang Bisa Anda Bawa Pulang

****

Demikianlah ulasan mengenai wisata Patung Garuda Wisnu Kencana yang bisa kami sajikan untuk anda. Semoga bisa menjadi referensi liburan anda selanjutnya.

Kunjungi juga yuk: Pantai Pandawa Bali

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!