50 Tempat Liburan di Gianyar Bali yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Gianyar – Kalau bicara soal Bali, kira-kira apa yang langsung terbayang dibenak anda? Ya, Pulau Dewata Bali memang identik dengan pantainya yang indah, dan yang paling terkenal adalah pantai Kuta-nya yang sudah mendunia.

Selain pantainya yang keren, Bali juga terkenal memiliki budaya yang masih sangat melekat di masyarakatnya. Selain budayanya, Bali juga dikenal sangat kental dengan khasanah agama Hindunya, baik itu dari ritual hingga rumah ibadahnya.

Nah, kali ini kita akan fokus saja pada salah satu Kabupaten yang ada di Pulau Dewata Bali, Gianyar. Kabupaten Gianyar merupakan salah satu Kabupatan di Bali yang menjadi sentra budaya ukiran di Bali. Gianyar berbatasan dengan Kota Denpasar di barat daya, Kabupaten Badung di barat, Kabupaten Bangli di timur dan Kabupaten Klungkung di tenggara.

Jangan lewatkan juga: Pantai Pandawa Bali

Ada banyak tempat wisata di Gianyar yang laka untuk kita kunjungi saat sedang liburan. Jadi untuk anda yang berasal dari Gianyar dan sekitarnya atau dari luar Pulau Bali, Kabupaten ini bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan akhir pekan atau saat sedang liburan panjang.

Tempat Wisata di Gianyar Bali

Apa saja tempat wisata di Gianyar Bali yang bagur dan menarik untuk dikunjungi? Berikut ini daftar lengkapnya:

Museum Blanco Renaissance

Museum Blanco Renaissance terletak di Jl. Raya Penestanan, No. 8, Sayad, Ubud, Gianyar, Bali. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang hobi melakukan wisata seni, wisata budaya, dan juga wisata sejarah.

Museum Blanco Renaissance

Museum Blanco Renaissance

Di tempat ini Anda akan dimanjakan dengan berbagai macam benda bernilai seni tinggi, seperti lukisan, pahatan, dan lain sebagainya.

Konon, meski pun museum ini terletak di Gianyar Bali, benda – benda seni yang dipajang di tempat ini tidak hanya berasal dari para seniman Bali lho.

Ya, selain benda – benda seni buatan seniman Bali, di tempat ini Anda juga dapat menikmati benda – benda seni buatan seniman luar Bali, baik itu dari daerah lain yang ada di Indonesia, mau pun dari seniman manca negara.

Jika Anda ingin berkunjung ke tempat ini, tempat ini buka setiap hari pada pukul 9 sampai dengan 5 sore. Untuk harga tiket masuk nya, Anda hanya perlu menyiapkan 30 ribu rupiah untuk wisatawan domestik, dan 50 ribu rupiah untuk wisatawan manca negara.

Museum Seni Agung Rai

Museum Seni Agung Rai terletak di Jl. Raya Pengosekan Ubud, Gianyar, Bali. Sama seperti hal nya di Museum yang sebelumnya, di museum seni ini, Anda bisa menikmati keindahan produk – produk hasil kerajinan tangan yang bernilai seni tinggi.

Museum Seni Agung Rai

Museum Seni Agung Rai

Untuk Anda para pecinta seni lukis, nama pendiri museum seni ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Beliau adalah Anak Gede Agung Rai, salah seorang seniman Bali yang telah berkiprah di dunia seni lukis nasional dan internasional.

Sebagian besar lukisan yang ada di museum ini adalah hasil lukisan tangan Anak Gede Agung Rai. Sedangkan sebagian lain nya adalah hasil lukisan seniman lain yang berasal dari berbagai daerah.

Di hari normal museum ini buka setiap hari dari mulai pukul 9 pagi sampai dengan pukul 6 sore waktu Indonesia tengah. Untuk biaya tiket masukkan dibanderol di angka 50 ribu rupiah (berlaku untuk semua wisatawan).

Pura Puseh Desa Batuan

Pura Puseh adalah sebuah bangunan cagar budaya yang memiliki nilai seni tinggi. Di tempat ini Anda dapat menikmati berbagai macam bangunan kuno yang sarat akan nilai sejarah dan nilai seni yang sangat tinggi.

Pura Puseh Desa Batuan

Pura Puseh Desa Batuan

Bila Anda merupakan seorang pecinta wisata seni atau pun seorang pecinta wisata sejarah, tempat wisata di Gianyar yang satu ini benar – benar sangat pas untuk Anda.

Nanti nya, selain berkunjung ke Pura Puseh, di komplek Desa batuan ini, Anda juga dapat mengunjungi beberapa objek wisata lain nya, seperti: rumah adat masyarakat Bali, Pasar Seni Sukawati, dan tempat – tempat lain nya.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke tempat ini, lokasi tempat ini ada di Desa Batuan, Sukawati, Gianyar, Bali. Biasa nya para pengunjung tempat ini tidak dikenai biaya tiket masuk sama sekali. Hanya saja, para pengunjung biasa nya akan dimintai sumbangan sukarela yang nanti nya akan digunakan untuk aktivitas pemeliharaan pura.

Oh ia, tempat ini tergolong tempat terbuka ya. Jadi Anda bisa dan boleh berkunjung ke tempat ini kapan pun Anda mau.

Candi Gunung Kawi

Candi Gunung Kawi berlokasi di Banjar Penaka, Tampaksiring, Gianyar, Bali. Candi ini adalah salah satu tempat wisata sejarah paling favorit yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang tengah berlibur ke Pulau Bali.

Candi Gunung Kawi

Candi Gunung Kawi

Pura Gunung Kawi merupakan pura khusus yang digunakan oleh masyarakat Bali untuk melakukan aktivitas pemujaan ke Raja Bali yang bernama Anak Wungsu, yaitu putra dari Raja Udayana.

Tidak hanya itu, selain digunakan sebagai tempat pemujaan raja, pura ini juga sering digunakan sebagai tempat untuk berlatih aktivitas spiritual dan aktivitas keagamaan Hindu.

Sayang nya, karena tempat ini adalah tempat sejarah, secara keseluruhan aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di tempat ini cenderung sangat terbatas.

Namun, bila Anda adalah seorang wisatawan pecinta wisata sejarah, tempat ini benar – benar sangat pas untuk Anda kunjungi. Kenapa? Karena di area candi yang dibangun di sekitar abad ke 11 Masehi ini, Anda dapat menemui berbagai macam bukti sejarah peradaban kuno yang sangat luar biasa.

Ya meski pun sebagian besar bangunan nya sudah berada dalam kondisi yang kurang terurus, namun secara keseluruhan nilai sejarah tempat ini masih tetap terjaga dengan cukup baik.

Di hari normal, biaya tiket masuk ke Gandi Gunung Kawi dipatoki di angka 15 ribu rupiah per orang.Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan biasa nya dipatok di angka 5 ribu rupiah per mobil.

Bali Safari & Marine Park

Tempat wisata di Gianyar yang selanjutnya adalah Bali Safari & Marine Park. Taman safari yang berlokasi di Jl. Bypass Prof. Ida Bagus Mantra, Gianyar, Bali ini sangat pas untuk Anda yang ingin menikmati liburan di Gianyar bersama keluarga.

Bali Safari & Marine Park

Bali Safari & Marine Park

Di tempat ini Anda dan keluarga dapat berkeliling mengitari areal taman ini untuk melihat keindahan alam berupa taman dan beraneka ragam jenis hewan.

Saat ini pengelola tempat ini sudah menyediakan 4 alternatif paket liburan. Ke empat alternatif paket liburan tersebut adalah:

  • Paket safari explorer yang dibanderol dengan biaya tiket sebesar 135 ribu rupiah (untuk orang dewasa) dan 120 ribu rupiah (untuk anak – anak),
  • Paket safari legend yang dibanderol dengan biaya tiket sebesar 250 ribu rupiah (untuk orang dewasa) dan 220 ribu rupiah (untuk anak – anak),
  • Paket Night Safari yang dibanderol dengan biaya tiket sebesar 400 ribu rupiah (untuk orang dewasa) dan 325 ribu rupiah (untuk anak – anak), dan
  • Paket Elepant Back Safari yang dibanderol dengan biaya tiket sebesar 450 ribu rupiah (untuk orang dewasa) dan 350 ribu rupiah (untuk anak – anak).

Harga yang tercantum di semua paket tersebut biasa nya sudah mencakup aktivitas keliling taman safari / safari journey, biaya untuk melihat show, dan lain sebagainya.

Mandala Wisata Wenara Wana

Mandala Wisata Wenara Wana merupakan objek wisata gabungan antara sejarah dan keindahan alam. Objek wisata ini menyajikan duapemandangan sekaligus, yaitu berupa cagar alam yang sangat asri dan kawasan percandian yang sangat bernilai sejarah.

Mandala Wisata Wenara Wana

Mandala Wisata Wenara Wana

Di kawasan ini, selain dapat menikmati pemandangan alam yang asri dan komplek candi yang bernilai sejarah, para wisatawan juga bisa menikmati suguhan wisata berupa koloni monyet ekor panjang.Oleh karena nya, tempat ini benar – benar sangat pas untuk dijadikan sebagai objek wisata untuk berlibur bersama dengan anak – anak.

Di hari normal, tempat wisata yang terletak di Jl. Monkey Forest, Ubud, Gianyar, Bali ini buka setiap hari dari mulai pukul setengah sembilan pagi sampai dengan pukul 6 sore.

Untuk bisa masuk ke tempat wisata ini, para wisatawan diwajibkan untuk membayar tiket masuk sebesar 50 ribu rupiah untuk orang dewasa dan 40 ribu rupiah untuk anak – anak usia 3 sampai dengan 12 tahun.

Oh ia, jika Anda ingin mengunjungi tempat ini, sebisa mungkin jangan menggunakan aksesoris yang berlebihan ya. Hal ini dikarenakan sudah ada banyak kejadian dimana pengunjung diganggu oleh kawanan monyet hanya karena mereka menggunakan aksesoris yang berlebihan dan menarik perhatian kawanan monyet.

Museum Puri Lukisan

Museum Puri Lukisan terletak di Jl. Raya Ubud, Kab. Gianyar, Bali. Museum ini buka setiap hari dari mulai pukul 9 pagi sampai dengan pukul 5 sore.

Museum Puri Lukisan

Museum Puri Lukisan via ouradventureland

Jika dibandingkan dengan dua objek wisata yang sebelumnya, museum ini tergolong memiliki usia yang lebih tua. Oleh karena nya, jumlah koleksi barang seni yang ada di museum ini cenderung lebih banyak dibandingkan dengan jumlah koleksi barang seni yang ada di museum – museum yang sebelumnya.

Selain itu, selain menyajikan barang seni berupa lukisan tradisional, tempat ini juga turut menyajikan lukisan – lukisan bergaya modern.

Untuk bisa menikmati lukisan yang ada di museum ini, para pengunjung diwajibkan untuk membayar tiket masuk sebesar 75 ribu rupiah. Harga tiket ini berlaku untuk semua pengunjung, baik itu pengunjung domestik mau pun pengunjung manca negara.

Museum Seni Neka

Museum Seni Neka merupakan museum khusus yang didirikan sebagai tempat pagelaran hasil karya seni koleksi Bapak Pande Wayan Sutedja Neka. Di tempat ini, Anda dapat menikmati berbagai macam suguhan benda – benda bernilai seni tinggi, seperti patung, lukisan, aneka pahatan, dan lain sebagai nya.

Museum Seni Neka

Museum Seni Neka via rentalmobilbali

Bila Anda merupakan pecinta seni pahat sejati, tempat ini adalah salah satu destinasi wisata di Gianyar yang wajib untuk Anda kunjungi.

Di hari kerja, museum yang berlokasi di Jl. Raya Sanggingan, Ubud, Gianyar, Bali ini buka dari mulai pukul 9 pagi sampai dengan pukul 5 sore. Sedangkan di akhir pekan, museum ini hanya buka dari mulai pukul 1 siang sampai dengan pukul 5 sore saja.

Oh ia, untuk harga tiket masuk nya dipatoki sebesar 50 ribu rupiah ya. Harga tiket masuk ini hanya berlaku untuk pengunjung yang berusia 12 tahun ke atas saja. Untuk pengunjung yang berusia di bawah 12 tahun, biaya masuk nya adalah gratis alias tidak perlu membayar sama sekali.

Goa Gajah

Tempat wisata di Gianyar yang selanjutnya adalah Goa Gajah. Goa Gajah merupakan goa buatan yang dulu nya digunakan sebagai tempat ibadah umat Hindu yang tinggal di sekitar kawasan daerah ini.

Goa Gajah

Goa Gajah Suarapura

Goa ini pertama kali didirikan pada abad ke 11 Masehi dan masih tetap berdiri kokoh sampai saat ini.Di waktu – waktu tertentu, tempat ini bahkan masih digunakan sebagai tempat melaksanakan aktivitas spiritual oleh warga setempat.

Untuk bisa sampai ke lokasi utama Gua ini, sesampainya ke lokasi parkir, pengunjung harus mengitari beberapa meter anak tangga terlebih dahulu.Namun begitu, Anda tidak perlu risau, pasal nya, meski pun panjang tangga yang harus dilalui tergolong cukup jauh, namun suasana di sekitar tangga tersebut tergolong cukup rindang.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke tempat ini, tempat ini berlokasi di Desa Bedulu, Kec. Blahbatu, Kab. Gianyar, Bali. Untuk bisa masuk ke tempat ini, para pengunjung wajib mengeluarkan biaya tiket masuk sebesar 15 ribu per orang. Selain itu, untuk pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi, nanti nya juga diwajibkan untuk membayar biaya parkir sebesar 5 ribu rupiah per kendaraan.

Untuk jam operasional nya sendiri, tempat wisata di Gianyar yang satu ini buka setiap hari dari mulai pukul 8 pagi sampai dengan pukul 5 sore waktu Indonesia tengah.

Pasar Sukowati

Khusus Anda yang ingin berbelanja oleh–oleh khas Bali, ada satu tempat wisata di Gianyar yang sangat pas untuk Anda kunjungi, yaitu Pasar Sukowati. Pasar ini terletak di Desa Sukawati, Kab. Gianyar, Bali.

Pasar Sukowati

Pasar Sukowati

Bila Anda bertolak dari Bandara, tempat ini bisa Anda tempuh dalam kurun waktu perjalanan selama 45 menit. Atau bila Anda tengah berada di Ubud, tempat ini mungkin bisa Anda akses dalam kurun waktu kurang dari 15 menit.

Di tempat ini, Anda dapat menemukan berbagai macam barang dan oleh – oleh khas Bali dengan harga yang relatif murah.Bahkan, jika Anda mau, di tempat ini Anda dapat melakukan tawar menawar harga dengan para pedagang

Biasa nya tempat ini beroperasi setiap hari dari mulai pukul 8 pagi sampai dengan pukul 6 sore waktu Indonesia tengah.

Jika Anda ingin mendapatkan harga yang murah, Anda sebaiknya berkunjung ke tempat ini di pagi hari. Hal ini dikarenakan masyarakat setempat memiliki keyakinan bahwa jika barang mereka telah laku di pagi hari, maka di waktu – waktu berikutnya barang mereka akan menjadi lebih mudah laku / laris.

Dengan begitu, semakin pagi Anda datang ke tempat ini, maka semakin murah pula harga yang bisa Anda dapatkan.

Jangan lewatkan juga: 39 Tempat Wisata Kuliner Khas Bali yang Wajib Anda Coba

Pemandian Pura Tirta Empul

Tempat wisata di Gianyar, Bali yang selanjutnya adalah Pura Tirta Empul. Pura Tirta Empul merupakan sebuah pura yang memiliki nilai plus. Kenapa kami sebut memiliki nilai plus? Karena selain dapat menikmati pemandangan berupa pura dan candi, di tempat ini para wisatawan juga bisa berendam di kolam yang ada di dalam nya.

Pura Tirta Empul

Pura Tirta Empul

Kolam ini kabar nya adalah sebuah kolam suci yang dapat memurnikan tubuh manusia. Kolam yang terletak di Pura Tirta Empul memiliki bentuk berupa persegi panjang. Di sepanjang kolam tersebut ada 30 buah pancuran yang sanga unik.

Bila Anda mau, Anda bisa turut menceburkan diri untuk mandi dan menyucikan diri di kolam ini. Syarat nya, Anda wajib menggunakan kamen, yaitu sebuah kain ikat pinggang khusus yang digunakan oleh masyarakat Bali.

Oh ia, selain kolam pemandian, Pura Tirta Empul juga memiliki daya tarik yang lain nya lho. Daya tarik tersebut adalah Istana Tampak Siring. Istana ini adalah istana Kepresidenan Republik Indonesia.

Bila Anda ingin berkunjung ke tempat ini, Anda wajib mengeluarkan biaya tiket masuk sebesar 15 ribu rupiah untuk orang dewasa dan 7.500 rupiah untuk anak – anak. Biasa nya, tempat wisata yang berlokasi di Desa Manukaya, Kec. Tampaksiring, Kab. Gianyar ini buka setiap hari dari mulai pukul 8 pagi sampai dengan pukul 5 sore waktu Indonesia bagian tengah.

Jika Anda berangkat dari kota Denpasar, tempat ini dapat Anda akses dalam kurun waktu kurang lebih sekitar 1 jam perjalanan. Untuk medan perjalanan nya sendiri sudah tergolong cukup bagus dan jelas sehingga Anda tidak perlu takut tersesat di perjalanan.

Bali Bird Park

Tempat wisata di Gianyar Bali yang satu ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama dengan keluarga. Tempat ini mulai dibuka sebagai tempat wisata untuk umum pada Tahun 1995.

Bali Bird Park

Bali Bird Park

Secara keseluruhan, taman burung yang berlokasi di Jl. Serma Cok Ngurah Gambir, batubulan, Gianyar, Bali ini memiliki luas area sekitar 2 hektar. Taman ini merupakan salah satu taman burung terluas yang ada di Indonesia.

Saat ini di tempat ini ada lebih dari 1000 jenis satwa unggas yang berasal dari 250 spesies. Semua satwa unggas tersebut nanti nya bisa Anda lihat dan Anda abadikan dalam foto secara bebas.

Tidak hanya menyuguhkan pengalaman wisata berupa koleksi satwa unggas, tempat ini juga menyuguhkan pengalaman wisata baru berupa teater 4D. Konon, di Indonesia, jumlah tempat wisata alam yang menyuguhkan teater 4D masih sangat terbatas, sehingga jika Anda ingin merasakan nya, tempat ini wajib Anda masukkan ke dalam daftar tujuan Anda selama berwisata ke pulau dewata Bali.

Di hari normal selain Hari Raya Nyepi, tempat ini buka setiap hari dari mulai pukul 9 pagi sampai dengan pukul setengah enam sore waktu Indonesia bagian tengah.

Biasa nya untuk bisa masuk ke taman ini, para wisatawan diwajibkan untuk membayar biaya tiket masuk sebesar 150 ribu rupiah untuk orang dewasa dan sebesar 75 ribu rupiah untuk anak – anak di atas 2 tahun.

Elephant Sapari Park

Tempat wisata di Gianyar yang selanjutnya adalah Elephant Sapari Park. Tempat ini memiliki luas area sekitar 2 hektar. Di tempat ini, Anda dapat menikmati pengalaman wisata yang sangat mengesankan bersama dengan kawanan gajah.

Elephant Sapari Park

Elephant Sapari Park

Dari mulai berfoto bersama gajah, memberi makan kawanan gajah, sampai dengan berkeliling area taman menggunakan gajah, semua nya bisa Anda lakukan di tempat ini.Tidak hanya itu, di tempat ini, Anda nanti nya juga akan bisa menikmati pertunjukan unik berupa pertandingan bola antar gajah dan pertunjukan gajah yang tengah melukis.

Sangat luar biasa bukan?

Di hari biasa, taman gajah ini biasa nya buka setiap hari dari mulai pukul 8 pagi sampai dengan pukul 6 sore waktu Indonesia bagian tengah.

Kebun Binatang Bali

Kebun Binatang Bali berlokasi di Jl. Raya Singapadu, Desa Batuan, Kec. Singapadu, Gianyar, Bali. Di kebun binatang ini, Anda dapat menikmati pemandangan berupa beraneka ragam satwa yang sudah cukup langka.

Kebun Binatang Bali

Kebun Binatang Bali via gogonesia

Wisatawan bisa melihat berbagai koleksi hewan serta akan dimanjakan dengan fasilitas lain yang sudah disediakan, yaitu Miniapolis Jungle Waterplay. Wahana bermain air ini dirasa cocok setelah kamu keliling melihat binatang dan merasakan segarnya air di Bali Zoo.

Untuk bisa masuk ke dalamnya, wisatawan harus membayar tiket masuk Rp 80.000 (anak-anak) dan Rp 105.000 (dewasa).

Bali zoo ini mulai buka jam 09.00 – 22.00 WITA. Untuk info lebih lanjut anda bisa menghubungi nomor telp 0361 294357.

 

 

Air Terjun Tegenungan

Air terjun Tegenungan berlokasi di Jl. Ir. Sutami, Kemenuh, Sukawati, Kab. Gianyar, Bali. Di tempat ini Anda dapat menikmati keindahan alam berupa air terjun yang masih sangat bersih dan asri.

Air Terjun Tegenungan

Air Terjun Tegenungan via rentalmobilbali

Secara keseluruhan tempat ini tergolong sangat mudah untuk diakses. Selain itu, fasilitas wisata di tempat ini juga sudah tergolong cukup lengkap, sehingga saat berkunjung ke tempat ini Anda tidak perlu takut mengalami kesulitan sama sekali.

Karena arus air terjun yang cukup deras, di tempat ini para wisatawan tidak dianjurkan untuk mandi atau pun berenang.Namun begitu, karena suasana tempat nya yang sangat asri, tempat ini benar – benar pas untuk dijadikan sebagai tempat untuk mengambil foto.

Bukit Campuhan

Jika dilihat sekilas, tempat wisata di Gianyar yang satu ini terlihat sangat mirip dengan tembok besar China. Namun jika dilihat dari dekat secara lebih mendetail, tempat ini cenderung jauh lebih indah dan juga lebih asri.

Bukit Campuhan

Bukit Campuhan

Bukit Campuhan merupakan objek wisata alam yang sangat luar biasa. Selain terasa segar dan asri, lingkungan sekitar tempat ini juga terasa sangat romantis, sehingga sangat pas untuk dikunjungi bersama dengan pasangan.

Untuk bisa sampai ke tempat ini, Anda dapat berangkat dari gerbang masuk Ibah Villas & Suites. Dari gerbang tersebut, Anda tinggal jalan lurus mengarah ke Pura Gunung Lebah.Nanti nya sesampai di areal tempat tersebut, Anda tinggal berbelok ke arah kanan untuk sampai ke titik start trek bukit Campuhan.

Biasa nya waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah di pagi hari. Di waktu tersebut udara sekitar trek bukit ini masih terasa sejuk.

Bila Anda hendak berkunjung ke tempat ini, Anda kami sarankan untuk membawa minuman. Pasal nya, di tempat ini Anda nanti nya tidak akan bisa menemui penjaja makanan sama sekali, sehingga jika Anda tidak membawa bekal, Anda tidak akan bisa menikmati pemandangan di tempat ini dalam kurun waktu yang lama.

Taman Kupu-Kupu Kemenuh

Tempat wisata di Gianyar berikutnya adalah taman kupu-kupu yang terletak di Lokasi: Jl. Raya Kemenuh, Kemenuh, Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

Taman Kupu-Kupu Kemenuh

Taman Kupu-Kupu Kemenuh via Kompasiana

Objek wisata ini sangat cocok untuk anda kunjungi bersama anak-anak. Disini kita bisa melihat berbagai koleksi kupu-kupu yang cantik sampai yang langka.

Selain dapat melihat koleksi kupu-kupu disini juga ada berbagai fasilitas pendukung mulai dari area parkir yang luas, restoran dengan pemandangan sawah yang indah, toko souvenir, toilet, ATM.

Objek wisata taman kupu-kupu kemenuh ini letaknya dekat dengan pasar sukawati, juga ari terjun tegenungan dan Ubud. Bagi anda yang membawa anak di bawah 5 tahun tidak dikenakan tiket masuk.

Silahkan datang saja kesini mulai jam 08.00 – 17.00 WITA. Adapun biaya tiketnya yaitu Rp  100.000 /orang dan anak diatas 5 tahun Rp 50.000 .

Pura Tirta Empul

Tempat wisata di Gianyar selanjutnya yang tidak kalah menarik untuk kita kunjungi adalah pura tirta empul yang terletak di Jl. Tirta, Manukaya, Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali.

Pura yang merupakan tempat pembersihan atau didalam bahasa bali di sebut dengan istilah melukat, yang fungsinya adalah menyucikan badan kita kembali dari segala jenis penyakit dan tentunya didasari oleh unsur kepercayaan penuh bagi yang melakukannya.

Pura ini memiliki cerita tersendiri di balik berdirinya, dimana dahulu ada seorang raja yang bernama Mayadenawa yang angkuh yang tidak mengizinkan rakyatnya untuk melaksanakan upacara agama ke pada Tuhan Yang Maha Esa, dan pada saat itu di ketahui oleh Dewa Indra.

Dewa Indra pun murka dan menyerang Mayadenawa, Mayadenawa bisa di kalahkan dan melarikan diri hingga ke utara desa Tampak siring dan menciptakan sebuah mata air suci dengan kesaktiannya dan menjebak pasukan dari pada dewa Indra yang menyebabkan gugur nya para tentara dari pada dewa indra.

Dewa Indra pun murka dan mengambil sebuah tombak sakti dan menancapkannyake tanah dan keluarlah air dari tanah yang di sebut “Tirta Empul” yang di gunakan untuk menghidupkan kembali para dewa dan pasukannya.

Untuk masuk ke pura ini, wisatawan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp 15.000 dan tiket parkir  tirta empul Rp 5000

Pura Taman Saraswati

Objek wisata di Gianyar selanjutnya adalah pura taman Saraswati yang terletak di Jl. Kajeng, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

Pura Taman Saraswati

Pura Taman Saraswati

Pura ini berfungsi sebagaimana mestinya pura-pura lainnya, yaitu sebagai tempat pemujaan umat hindu di Bali dengan tujuan meminta berkah kepada dewi ilmu pengetahuan yaitu dewi Saraswati.

Purai ni sendiri didirkan oleh seorang seniman asal ubud yaitu I Gusti Nyoman Lempad dariperintah  pangeran Ubud.

Pura ini memiliki daya tarik berupa tumbuhnya berbagai macam bunga teratai yang mengelilingi pura dan membuat kharisma dari pura tersebut menjadi hidup dan mempunyai keistimewaan tersendiri menjadi pura yang terindah di bali.

Silahkan datang saja ke pura taman saraswati ini mulai pukul 07.00 – 17.00 WITA. Selain itu, wisatawan juga akan disuguhkan pertunjukan tari Kecak yang di selenggarakan hanya di hari Selasa dan Kamis saja di setiap minggunya, dan dipentaskan reguler antara tanggal 19 – 30 setiap bulannya.

Untuk waktu pertunjukannya sendiri, biasanya dimulai sekitar pukul 19.30 hingga selesai, dan dibawakan oleh group kecak Sandhi Suara.

Untuk menyaksikan pertunjukan tari kecak ini, wisatawan harus membayar Rp 75.000 / orang

 Air terjun Kanto lampo

Tempat wisata di Gianyar selanjutnya adalah air terju kanto lampo yang ada di Banjar Kelod Kangin, Kelurahan Beng, Gianyar. Dari Denpasar Bali, air terjun ini berjarak sekitar 1 jam berkendara.

 Air terjun Kanto lampo

Air terjun Kanto lampo

Air terjun kanto lampo ini masih sangat terjaga kealamiannya. Suasananya yang asri dan sejuk dengan air yang bersih dengan bentuk air terjunnya yang unik menjadikan daya tarik tersendiri bagi obyek wisata ini.

Wah, pasti segar sekali mandi-mandi disini bukan? Untuk bisa liburan sepuasnya disini, wisatawan harus merogoh kocek sebesar Rp 5.000 per orang. Adapun jam bukanya mulai dari 08.00-18.00 WITA

Air Terjun Goa Rang Reng

Air terjun goa rang reng menjadi tempat wisata di Gianyar berikutnya. Air terjun kece ini terletak di Banjar Gitgit, Desa Bakbakan, Gianyar.

Air Terjun Goa Rang Reng

Air Terjun Goa Rang Reng

Untuk menuju air terjun ini, wisatawan yang datang dari Denpasar harus menempuh perjelanan berkendara sekitar 50-60 menit.

Air terjun goa Rang Reng ini memiliki keindahan yang luar biasa dan tidak kalah dengan Air Terjun Kanto Lampo.

Untuk bisa mandi-mandi seru disini wisatawan bisa datang mulai dari jam 08.00–18.00  WITA setiap hari. Air  terjun ini mulai populer dikalangan traveller lokal maupun internasional karena tempatnya yang sangat unik dan penuh dengan batu karang yang masih asri.

Bagaimana, anda tertarik liburan ke air terjun yang satu ini? Untuk bisa menikmati keindahan air terjun ini wisatawan harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000 / orang

Desa Tegalalang

Objek wisata yang tidak boleh anda lewatnya di Gianyar selanjutnya adalah desa Tegalalang yang memiliki keindahan alam pedesaan dan sistem persawahan yang baik.

Desa Tegalalang

Desa Tegalalang

Obyek wisata ini menjadi salah satu andalan wisata di ubud – Gianyar karena bentuk dari sistem tata letak pesawahan yang dilakukan berupa terasering, keuntungannya ialah di dalam pembagian air agar bisa merata dan adil, disamping itu juga tata letak persawahan di ubud kebanyakan berada di perbukitan yang mempunyai alam yang sejuk.

Desa ini letaknya di sebelah utara desa ubud dengan jarak tempuh ±1 jam30 menit dari kota Denpasar dari dari sentral ubud hanya membutuhkan 20 menit saja untuk sampai di daerah tegalalang ini. Tegalalang mempunyai luas sekitar 61,8 km²

Untuk bisa liburan di desa ini, wisatawan harus membayar biaya tiket masuk Rp 10.000 / orang dan tiket parkir  Tegalalang Rp  5.000 / mobil.

Arung Jeram di Sungai Ayung

Anda hobi olahraga yang memacu adrenalin? Nih ada satu wahana rekreasi di Gianyar yang menawarkan sensasi liburan yang menantang untuk anda.

Arung Jeram di Sungai Ayung

Arung Jeram di Sungai Ayung

Anda bisa mencoba sensasi sungai ayung dari perahu karet. Sungai Ayung menyuguhkan pemandangan lembah, air terjun dan tebing indah. Bahkan pada bagian sungainya saat mengikuti rekreasi rafting di Ayung anda bisa menemukan relief Ramayana terpatri indah pada dinding tebing, seniman-seniman lokal menciptakan hasil karya seni bisa dinikmati oleh wisatawan yang ikut wisata arung jeram ini.

Anda akan ditantang untuk mengarungi sungai dengan panjang trek hingga 10 km, bisa ditempuh sekitar 2-2.5 jam, dengan tingkat kesulitan pada level II-III di bawah rafting di Telaga Waja.

CObain juga: 15 Aktivitas Seru di Tanjung Benoa Bali yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

Taman Nusa

Tempat wisata di Gianyar selanjutnya adalah taman nusa yang menawarkan liburan yang kental dengan nuansa budaya.

Taman Nusa

Taman Nusa

Disini wisatawan akan melihat 60 rumah tradisional dari berbagai suku atau etsnis di Indonesia. Lokasinya di wilayah pedesaan dengan suguhan alam indah sungai Melangit.

Taman ini juga menawarkan sensasi liburan denganuansa jaman prasejarah, jaman kerajaan, masa penjajahan, masa kemerdekaan dan sampai gambaran masa depan.

Taman nusa berdiri di atas luas area sekitar 15 hektar. Dan satu lagi daya tarik taman ini yaitu terdapat replika candi Borobudur menyambut kedatangan anda memasuki perkampungan Nusantara tersebut.

Untuk anda yang tertarik datang ketaman ini, silahkan menuju ke Jl. Taman Bali, Desa Sidan. Taman ini buka mulai 09.00 – 17.00 WITA. Untuk bisa masuk ke dalam ini, anda akan dikenakan tarif tiket sebesar Rp 85.000 / orang. Untuk info lebih lanjut anda bisa menghubungi pihak pengelola di nomor 0361 952952.

Pantai Lebih Gianyar

Pantai Lebih menjadi pantai di Gianyar yang tidak boleh anda lewatkan. Pantai ni terletak di Jl. By Pass Ida Bagus Mantra, Lebih, Kec. Gianyar.

Pantai Lebih Gianyar

Pantai Lebih Gianyar

Pantai Lebih ini masih sangat alami dan asri. Suasananya sangat tentram dan nyaman membuat para wisatawan akan betah dan lama-lama untuk menikmati pemandangan yang bagus. Selain itu kamu bisa menikmati hidangan laut yang ditawarkan di Pantai Lebih. Karena disini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup seperti tempat makan bahkan ada kolam renang juga.

Bukit Jati Waterboom

Bukit  Jati Waterboom menjadi objek wisata di Gianyar yang tidak boleh anda lewatkan. Waterpark ini terletak di Jl. Raya Bukit Jati, Samplangan.

Bukit Jati Waterboom

Bukit Jati Waterboom

Untuk bisa masuk ke dalamnya, wisatawan harus membayar tiket masuk sebesar Rp 35.000 (anak-anak) dan Rp 50.000 (dewasa).

Silahkan datang ke waterboom ini mulai jam 10.00 – 18.00 WITA. Untuk informasi yang lebih jelas lagi anda bisa menghubungi nomor telp 0361 4791513.

Berbagai wahana seru disini bisa anda coba mulai dari kolam arus, kolam slide besar dan kolam renang anak. tempat ini selalu ramai pengunjung, bagaimana tidak tiket yang ditawarkan juga sangat murah.

Sekar Bumi Farm

Tempat wisata di Gianyar yang terakhir dari kami adalah sekar bumi farm yang terdapat di Jl. Raya Sekar Bumi No. 99, Banjar Buhu, Desa Kerta Payangan.

Sekar Bumi Farm

Sekar Bumi Farm

Agrowisata ini mulai beroperasi mulai jam 08.00 – 18.00 WITA. Untuk info lebih jelasnya anda bisa menghubungi nomor telp 0815 4707 744.

Disini anda bisa menikmati beragam fasilitas pendukung liburan anda mulai dari wahana outbond, berkemah, jungle tracking dan masih banyak yang lainnya. Daerah Payangan memiliki potensi alam yang sangat baik, maka dari itu tumbuhan yang ditanam selalu tumbuh dangan baik. Tempat wisata ini sangat cocok bagi kamu yang ingin melepas penat dari kesibukan pekerjaan kantor. Pemandangan dan udara yang sejuk mendukung kamu untuk beristirahat dan menikmati liburan bersama teman atau keluarga.

Demikianlah ulasan dari kami tentang tempat wisata di Gianyar Bali yang bisa anda kunjungi saat liburan. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya agar semakin terkenal lagi potensi wisata di Gianyar oleh dunia.

Kalau masih kurang, silahkan cek selengkapnya: 24 Destinasi Wisata di Ubud yang Sayang Dilewatkan

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!