Mengunjungi Puncak Becici Dlingo yang Lagi Hits

Puncak Becici Dlingo – Saat anda berkunjung ke Yogyakarta untuk mengisi waktu liburan anda jangan lupa untuk mampir ke puncak becici Dlingo yang terletak di kabupaten Bantul. Di puncak becici Dlingo anda akan disuguhkan ratusan hutan pinus yang tumbuh besar dan subur. Puncak becici atau puncak pinus becici dlingo ini bukan termasuk daftar objek wisata baru di Kabupaten Bantul namun sudah ada sejak lama.

Keindahan puncak becici dlingo saat ini semakin popular melalui berbagai postingan di media sosial seperti instagram yang membuatnya semakin dikenal luas hingga ke mancanegara. Tempat wisata ini juga terus melakukan banyak perbaikan membuat banyak pengunjung terus berdatangan karena penasaran dengan pesona puncak becici dlingo.

Kabupaten Bantul memang surganya destinasi wisata alam, berbagai pesona alam terdapat di tempat ini, sehingga sangat cocok dijadikan tujuan wisata. Beberapa pantai yang mendunia juga ada di sini seperti pantai Parangtritis, dan pantai Parangkusumo yang memiliki pesona mistis yang melegenda.

Puncak becici sendiri berada tak jauh dari pantai tersebut yang menawarkan keindahan alam yang tidak kalah mempesonanya. Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang luar biasa serta dapat melihat keindahan alam jogja yang sangat nyata, dengan suasana alamnya yang masih asri serta udaranya yang sangat segar.

Anda juga bebas berfoto dengan pemandangan pohon pinus yang menjulang tinggi. Belum lagi pesona sunset dari tempat ini sungguh menciptakan suasana yang  sangat romantis. Untuk melihat lebih lanjut pesona yang ditawarkan puncak becici dlingo serta semua yang berkaitan dengan wisata tersebut mari kita lihat ulasannya!

Keindahan Puncak Becici via Kompas

Keindahan Puncak Becici via Kompas

Lokasi Puncak Becici Dlingo

Bagi anda yang berkunjung ke kota jogja untuk mengisi waktu liburan bisa memasukkan puncak becici Dlingo ke daftar tempat yang akan anda kunjungi.

Lokasinya juga sangat mudah ditemukan karena berada di sekitar lokasi wisata keren lainnya. Letaknya tidak begitu jauh dari pusat kota jogja berada di sebelah selatan Yogyakarta tepatnya di Gunung cilik, RT. 07 RW. 02, Gn. Cilik, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Letaknya ditengah hutan yang masih alami sehingga untuk mencapai puncaknya dibutuhkan sedikit perjuangan dengan menyusuri jalan setapak tanah licin, namun perjalanan tersebut bisa anda jadikan petualangan yang seru dengan menembus hutan pinus.

Loading...

Kunjungi juga yuk: Liburan Seru ke Pantai Kuwaru Bantul

Rute Menuju Puncak Becici Dlingo

Rute menuju lokasi wisata puncak becici Dlingo cukup mudah dilalui hingga ke area parkir yang disediakan namun setelah itu untuk menuju puncak anda harus melewati jalan setapak tanah licin yang menanjak.

Bagi anda yang penasaran dengan rute pastinya anda bisa mengikuti rute melalui google maps atau anda bisa mengikuti petunjuk jalan yang banyak dipasang di pinggir jalan. Anda juga bisa mengikuti rute yang akan kami ulas berikut ini.

Rute dimulai dari pusat kota Jogja ambil arah menuju selatan melalui jalan Brigadir Katamso lalu jalan lurus terus hingga menemukan perempatan. Ambil jalur menuju Timur ke arah jalan Kolonel Sugiono, lalu jalan terus hingga menemukan pertigaan ambil jalur menuju selatan melalui jalan Sisingamangaraja, lalu jalan lurus terus menuju jalan Imogiri Barat.

Jalan lurus terus hingga menemukan pertigaan ambil jalur menuju timur melalui jalan Dewa Ruci, lalu jalan lurus terus melewati jalan Kaloran, jalan lurus terus sampai menemukan pertigaan ambil jalur menuju selatan ke jalan Imogiri Timur.

Jalan lurus terus hingga menemukan perempatan ambil jalur menuju Timur menuju jalan Jejeran pleret, kemudian jalan lurus terus hingga menemukan pertigaan lalu ambil jalur menuju Timur melewati jalan Segoroyoso, lalu jalan lurus terus menuju jalan Jejeran Pleret – Pathuk

Lalu jalan lurus terus hingga menemukan perempatan ambil jalur menuju selatan di jalan Dlingo – Patuk. Nah anda bisa mengikuti jalur utama Dlingo hingga menemukan papan nama bertuliskan Puncak Becici. Dengan jarak tempuh sekitar 22,7 kilometer serta 50 menit perjalanan dari pusat kota Jogja yang ditempuh dalam kondisi jalanan normal.

Jangan lewatkan juga: Objek Wisata Perengan Park Bantul

Harga Tiket Masuk Puncak Becici Dlingo

Dengan semua keindahan alam yang ditawarkan puncak pinus becici yang mempesona serta suasana alamnya yang masih sangat hijau dan asri  yang ditumbuhi ratusan pohon pinus yang tumbuh menjulang tinggi namun tiket masuk dan tiket parkirnya sangat terjangkau.

Untuk tiket masuknya hanya dikenakan biaya Rp 2500 per orang. Biaya tiket yang anda bayarkan hanya digunakan untuk biaya pemeliharaan kawasan hutan pinus saja.

Puncak becici Dlingo juga menyediakan area parkir yang luas dan nyaman yang bisa anda gunakan untuk meletakkan kendaraan pribadi yang anda bawa.Untuk harga tiket parkir juga dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau.

Untuk kendaraan roda dua atau motor dikenakan tarif Rp. 2000, untuk kendaraan roda empat atau mobil dikenakan tarif Rp. 5000, untuk minibus dikenakan tarif Rp. 10.000, sedangkan untuk bus dikenakan tarif Rp. 20.000.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati Panggung Sekolah Hutan = Rp.2.500 per Orang, Studio Alam = Rp.2.000 per Orang, Jelajah Alam = Rp.10.000 per Orang.

Untuk berbagai penyewaan, kamu bisa menyewa tempat = Rp.200.000 per Kegiatan, Hammock = Rp.10.000 per Orang, Aula = Rp.250.000 per 4, Jam Camping Ground = Rp.15.000 per Orang per Hari, Foto Prewedding = Rp.200.000 per Kegiatan, Video Clip = Rp.250.000 per Kegiatan, Film Komersial = Rp.1.000.000 per Hari.

Jip Wisata Puncak Becici via Tribunnews

Jip Wisata Puncak Becici via Tribunnews

Fasilitas di Puncak Becici Dlingo

Beberapa fasilitas juga dibangun untuk memberikan kenyamanan bagi para pengunjung. Fasilitasnya juga cukup lengkap dengan terus dilakukan perbaikan dan penambahan fasilitas . diadakannya pembangunan berbagai fasilitas yang berkala bertujuan untuk menarik pengunjung agar lebih banyak lagi datang ke wisata ini. Beberapa fasilitas tersebut seperti :

1. Area Parkir

Area parkir dibangun di lahan yang cukup luas dan nyaman yang dilengkapi dnga beberapa petugas parkir yang bertugas merapikan kendaraan anda serta menjaga keamanannya agar tidak hilang

2. Toilet Umum

Toilet umum juga dibangun di lokasi wisata yang bisa anda gunakan sepuasnya dengan hanya membayar Rp. 2000 untuk sekali pakai

3. Tempat Sampah

Meski tempat sampah dianggap tidak begitu penting namun ketersediaan tempat sampah sangat berarti sebagai upaya pemeliharaan lokasi wisata agar tetap bersih dan indah

4. Mushola

Mushola bisa anda gunakan bagi yang beragama muslim untuk menjalankan ibadah sholat sehingga waktu liburan anda juga lebih tenang

5. Outbond Area

Kegiatan outbond bisa anda nikmati di tempat ini bersama keluarga dan orang – orang terdekat untuk melengkapi kegiatan liburan anda di puncak becici dlingo

6. Gardu Pandang yang Mempesona 

Menyaksikan Sunset Nan Menawan via IG @monica_oryza

Menyaksikan Sunset Nan Menawan via IG @monica_oryza

Beberapa gardu pandang juga disediakan oleh petugas untuk pengunjung yang ingin beristirahat sambil menikmati keindahan alam dan menikmati keindahan sunset serta  sunrise

7. Kursi – kursi Bambu

Bagi anda yang lelah berjalan mengelilingi hutan pinus dan lelah setelah melakukan perjalanan yang mendaki anda bisa beristirahat  sejenak di kursi – kursi bambu yang tersedia

8. Berbagai Spot Foto Menarik

Spot Foto di Puncak Becici Bantul via Bacnpackerjakarta

Spot Foto di Puncak Becici Bantul via Bacnpackerjakarta

Lokasi wisata ini juga menyediakan spot foto menarik dengan background pemandangan alam yang indah

Jam Operasional

Untuk bisa menikmati keindahan puncak pinus yang terdapat di kecamatan Dlingo ini anda bisa datang setiap hari tanpa hari libur mulai dari senin sampai minggu.

Untuk jam bukanya sendiri menurut informasi yang terpercaya di buka mulai pukul 06.00 WIB dan ditutup pada sore hari pada pukul 18.00 wib setelah matahari terbenam sehingga para pengunjung bisa menikmati keindahan sunset dari tempat ini.

Pesona Puncak Becici Dlingo

Keindahan Puncak Becici

Keindahan Puncak Becici

Puncak becici dlingo yang dipenuhi dengan tumbuhan pohon pinus ini terletak di kabupaten Bantul yang memang terkenal dengan puluhan pesona alam. Puncak becici memang sudah sangat populer dikalangan traveler baik domestik maupun mancanegara.

Keindahannya sudah tidak perlu diragukan lagi sehingga banyak pengunjung yang berbondong – bondong datang untuk menikmati keindahan alamnya.

Kawasan wisata ini memiliki ratusan batang pohon pinus yang ditanam pada lahan seluas 4,4 hektar persegi di atas perbukitan dengan kondisi alam yang masih sangat asri dan hijau serta memiliki udara yang belum tercemar polusi sehingga masih sangat segar dan sejuk.

Nama puncak becici diambil dari kata ambeg yang berarti berdiam diri serta dari kata suci. Terdapat pula ceria legenda pada wilayah ini mengenai pendiri desa Muntuk yang melakukan tapa di hutan pinus tersebut dan ketika meninggal dia ingin dikuburkan di tempat yang sama ketika ia bertapa.

Di tengah hutan pinus terdapat pula sebuah gardu pandang yang bisa digunakan pengunjung untuk beristirahat sembari menikmati  ketenangan di tengah – tengah hutan pinus serta menikmati keindahan alam yang begitu nyata terlihat.

Dari puncak pinus becici terlihat pula pemandangan indah dari gunung merbabu dan gunung Merapi. Anda bisa memanfaatkan tempat ini sebagai lokasi spot foto dengan pemandangan deretan pohon hijau yang tumbuh dengan rapat dari ketinggian yang ditambah pesona indah background Gunung Merbabu dan Gunung Merapi.

Pesona lain juga ditunjukkan dengan adanya fenomena sunset dari puncak becici Dlingo di sore hari dimana langit senja berwarna jingga keemasan menyapu puncak gunung, garis pantai selatan hingga pucuk – pucuk pepohonan membuat suasana menjadi sangat romantis sangat cocok dinikmati bersama pasangan anda. Sungguh pemandangan yang luar biasa namun sangat singkat sehingga sangat sayang jika anda lewatkan.

Bagi anda yang ingin merasakan sensasi berkemah di alam terbuka juga disediakan area untuk camping ground yang cukup luas di bawah lebatnya hutan pinus yang menjulang tinggi.

Camping di Puncak Becici via ryantourjogjacom

Camping di Puncak Becici via ryantourjogja.com

Anda juga bisa merasakan sensasi api unggun di malam hari sambil memanggang ikan dan jagung yang diiringi gitar dan nyanyian. Sungguh momen yang sangat indah. Jangan lupa untuk mengabadikan momen bercamping menggunakan kamera sebagai pelengkap galeri liburan anda.

Di puncak becici dlingo juga disediakan ayunan yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk duduk santai sambil berayun – ayun di bawah pepohonan pinus dan bisa juga anda jadikan spot foto yang menarik. Petugas wisata juga menyediakan tempat terapi yang berupa hammock yang bisa anda sewa untuk menyegarkan pikiran serta relaksasi dengan cara tiduran di atas hammock.

Di puncak becici dlingo ini banyak sekali terdapat spot foto yang menarik, seperti memanfaatkan keeksotisan pohon pinus yang diabadikan dari puncak bukit, selain itu pesona sunset dan sunrisenya sangat indah dijadikan background foto dimana langit yang berubah jingga keemasan membuat hasil jepretanmu terlihat sempurna. Banyak juga yang memanfaatkan puncak becici sebagai lokasi pemotretan foto prewedding dengan konsep alam terbuka.

Puncak becici dlingo ini mesti sudah lama dibuka namun belum mendapat perhatian yang maksimal dari pemerintah daerah setempat. Pengelolaan lokasi wisata ini masih di lakukan oleh swadaya warga sekitar terutama pemuda karang taruna.

Mereka bergotong – royong membangun dan melestarikan tempat ini agar mampu bersaing dengan tempat wisata keren lainnya dan mampu menarik pengunjung sebanyak mungkin untuk datang ke lokasi ini.

Menikmati Aneka Kuliner Lezat

Bagi anda yang tidak membawa bekal sendiri banyak juga warung makanan yang dikelola warga sekitar yang menjual berbagai menu yang lezat. Meski belum begitu lengkap namun menu disini sudah cukup membuat pengunjung kenyang.

Terdapat pula beberapa menu minuman yang bisa anda pesan sebagai pelepas dahaga. Terdapat pula penjual kopi hangat yang akan menemani anda menikmati keindahan sunset di sore hari.

Di puncak becici dlingo ini anginnya cukup kencang dan hawanya sangat dingin, sebaiknya ketika anda datang ke tempat ini jangan lupa memakai baju tebal atau jaket. Jangan lupa juga untuk membuang sampah pada tempatnya ketika anda berkunjung ke tempat ini untuk membantu menjaga keindahan dan kebersihan lokasi wisata.

Tips dan Saran

Ketika anda berkunjung ke puncak becici dlingo ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, agar waktu liburan anda tidak terganggu dan terasa lebih menyenangkan. Berikut beberapa tips dan saran dari kami ketika anda pergi berlibur :

  • Pastikan kondisi tubuh anda dalam keadaan fit agar tidak mengganggu waktu libur anda
  • Pastikan juga kondisi kendaraan anda dalam kondisi yang prima agar dapat melakukan perjalanan jauh
  • Bawa juga perlengkapan kesehatan seperti kotak P3K serta beberapa obat – obatan seperti minyak kayu putih untuk berjaga – jaga
  • Gunakan baju tebal untuk menghindari masuk angin sebab angin di puncak becici dlingo cukup kencang dan dingin
  • Bagi anda yang tidak suka makan diluar sebaiknya membawa bekal makanan dan minuman sendiri
  • Ketika berada di lokasi wisata tetap jaga sopan santun anda dan mengikuti peraturan yang berlaku di sana
  • Buanglah sampah pada tempatnya untuk membantu menjaga keindahan dan kebersihan lokasi.

Tempat Wisata Dekat Puncak Becici

Berikut ini objek wisata di sekitar puncak becici yang bisa anda kunjungi juga:

1. Kebun Buah Mangunan

Pertama anda bisa mengunjungi kebun buah Mangunan yang lokasinya tidak jauh dari lokasi Puncak Becici. 

2. Hutan Pinus Mangunan

Anda juga bisa mengunjungi hutan pinus Mangunan yang mirip dengan lokasi syuting film-film luar negeri. 

3. Gua Cerme

Jangan lupa juga untuk mengunjungi gua cerme yang memiliki keindahan stalagtit, stalakmit, pilar, sodastraw, dan flowstone. Gua ini memiliki panjang sekitar 1,2 km.

4. Air Terjun Lepo

Selanjutnya, kamu juga bisa mengunjungi air terjun lepo yang memiliki beberapa tingkatan. Di tingkat pertama terdapat kolam air alami di tengah-tengah sungai. Air ini berwarna kebiruan dan sangat jernih dengan dasar sungai batuan karst.

Tingkatan kedua terdapat air terjun berukuran sedang yang turun langsung ke dalam kolam alami. Kolam ini dibangun rapi oleh masyarakat setempat tanpa mengurangi kealamiannya. Sementara itu di tingkatan ketiga terdapat air terjun lagi dengan ukuran yang lebih tinggi. 

****

Demikianlah ulasan mengenai puncak becici Dlingo yang menawarkan keindahan hutan pinus yang tumbuh subur dan hijau, dengan kondisi alam yang masih sangat asli serta udaranya yang segar sama sekali belum tercemar polusi. Sebagai anak bangsa sudah seharusnya kita turut membantu melestarikan budaya kita dengan membantu berkunjung ke tempat wisata. Selamat berkunjung, terima kasih.

Kunjungi juga yuk: Pantai Baru Bantul

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!