Objek Wisata Goa Gajah Bantul

Goa GajahJogja tidak hanya dipenuhi dengan destinasi wisata alam dan pantai yang mempesona serta air terjun dengan kondisi alam yang masih sangat asri serta puluhan hutan pinus yang menjadi destinasi andalan, namun Yogyakarta juga memiliki goa – goa nan indah, salah satunya adalah goa gajah ya yang terletak di Kabupaten Bantul.

Goa ini masih sangat alami, pengelolaannya juga masih dilakukan secara swadaya masyarakat yang tentunnya tidak seoptimal jika ada bantuan dari pemerintah. Pengelolaannya masih dilakukan secara sederhana sesuai kapasitas dari warga sekitar khususnya karangtaruna.

Namun meski pengelolaannya belum dilakukan secara optimal, namun sudah cukupnya nyaman untuk dikunjungi. Goa gajah letaknya tidak begitu jauh dari pusat kota hanya sekitar 45 menit waktu perjalanan. Nama goa gajah sendiri diambil dari adanya sebuah gumpalan batu besar di dalam goa yang menyerupai gajah.

Untuk menyusuri goa horizontal yang memiliki panjang goa sekitar 200 meter ini harus dipandu oleh profesional yang berasal dari warga sekira yang telah paham dengan sebelum beluk goa dan menjadi pemandu bertahun – tahun dan pastinya sangat ramah sehingga anda jangan segan untuk bertanya seputar goa gajah. Pemandu kemudian akan membawa anda menyusuri lorong goa yang sempit serta sebagian jalanannya licin karena terkena tetesan air dengan menggunakan  senter sebagai penerangan

Letak goa gajah ini sangat dekat dengan kebun buah mangunan dan tempat wisata lainnya. Sehingga lokasinya sangat mudah ditemukan. Jalanan yang akan anda lalui nantinya akan melalui jalan yang menajak dan berliku, anda harus selalu berhati – hati. Namun kondisi jalanannya sudah diaspal dan sangat lebar sehingga cukup nyaman dilalui.

Eksotisme Goa Gajah via IG@anggaderipradetya

Eksotisme Goa Gajah via IG @anggaderipradetya

Kunjungi juga: Kebun Buah Mangunan Jogja

Letak dan Rute Menuju Goa Gajah

Di Indonesia sendiri terdapat dua goa gajah yang terletak di dua tempat yang berbeda. Goa gajah pertama terletak di ubud Bali, sedang yang satu lagi terdapat di Yogyakarta. Dalam artikel kali ini goa gajah yang sedang kita bahas adalah goa yang terletak di sebelah selatan Kota Yogyakarta.

Tepatnya berada di kawasan dekat kebun buah mangunan, sekitar 21 kilometer sebelah Tenggara Kota Bantul. Lokasinya berada di Dusun Lembah Bang, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Loading...

Rute perjalanan yang akan anda tempuh nantinya untuk sampai ke alamat yang dituliskan diatas cukup menantang. Perjalanan di mulai dari pusat Kota Yogyakarta kemudian ambil arah menuju terminal Ginawang, kemudian ikuti jalan utama melalui jalan Imogri Timur.

Kemudian jalan terus hingga menemukan pasar imogiri lalu alan terus hingga menemukan pertigaan dan ambil jalan menuju makam raja – raja Imogiri kemudian jalan terus hingga menemukan pertigaan dan ambil arah ke kanan menuju jalan Dlingo lalu jalan terus sejauh 4 km dengan melalui jalan yang menanjak hingga sampai di desa Mangunan.

Jalan terus hingga menemukan pertigaan ambil arah ke kanan lalu ikuti jalan utama tersebut hingga sejauh 1.5 km dengan kondisi jalan yang akan anda lalui berkelok, kemudian ada jalan menurun nantinya dan terlihat sebuah bangunan gardu disana. Jalan terus hingga menemukan pertigaan kemudian belok kanan mengikuti jalan tanah sejauh 1,5 km dan anda akan tiba di lokasi goa gajah.

Terminal Giwangan => Jalan Imogiri Timur => Kec. Dlingo => Kebun buah Mangunan => Goa Gajah

Peta Lokasi Gua Gajah Bantul

Harga Tiket Masuk dan Tarif Parkir

Mulut Goa

Mulut Goa

Setelah melalui rute yang kami terangkan diatas atau bisa juga menggunakan bantuan petunjuk lokasi dari google maps untuk lebih mudah melakukan perjalanan anda akan tiba di lokasi goa gajah, kemudian letakkan kendaraan yang anda bawa di tempat parkir yang telah tersedia yang dijaga oleh sekelompok pemuda yang berasal dari warga sekitar.

Tidak bisa dipungkiri bahwa pemanfaatan goa gajah sebagai lokasi wisata turut meningkatkan pemberdayaan masyarakat dan meningkatkan nilai ekonomi daerah.

Anda cukup membayar Rp. 2000 untuk motor, Rp. 5000 untuk mobil. Kemudian untuk biaya masuknya belum dikenakan biaya apapun, hanya saja ada biaya untuk pemandu wisata yang dibayar seikhlasnya.

Selain itu penyewaan senter dihargai Rp 5000. Sungguh harga yang tidak begitu ternilai tidak sebanding dengan keindahan goa yang bisa anda nikmati bersama keluarga dan teman terdekat.

Kontak Person

Bagi anda yang ingin mengunjungi lokasi goa gajah dan masih bingung dengan kondisi disana dan ingin mencari informasi yang anda perlukan sebaiknya hubungi petugas atau salah satu pemandu yang bernama  mas Sarmian dan nomor HPnya 08184083065.

Artikel terkait: Mencoba Sensasi Menantang di Karst Tubing Sedayu Bantul

Waktu yang Tepat Berkunjung ke Goa Gajah

Goa gajah memiliki panjang yang tidak diketahui dengan jelas sebab ada gundukan tanah yang menutupi jalan sehingga jalan sangat sempit dan tidak bisa dilalui namun untuk wilayah yang masih bisa dilalui itu sekitar 200 meter.

Jika anda ingin berkunjung sebaiknya datanglah pada pukul 12 siang sebab disaat itu matahari mulai condong ke barat, sehingga cahaya yang masuk melalui lubang goa disisi barat membuatnya terlihat sangat cantik, warga sekitar menjulukinya sebagai cahaya dari surga.

Cahaya Dari Syurga di Goa Gajah Bantul

Cahaya Dari Syurga di Goa Gajah Bantul

Selain itu untuk bisa melihat pancaran dari surga tersebut datanglah pada hari yang cerah dimana sinar matahari bersinar dengan cerah dan memberi penerangan pada seluruh goa melalui lubang goa di sisi barat.

Namun bukan berarti datang di lain waktu anda tidak bisa menikmati keindahan goa gajah. Goa ini dibuka untuk umum selama 24 jam. Namun untuk menjelajah dan menyusuri goa harus dipandu oleh pemandu profesional hindari berkunjung di malam hari karena sangat berbahaya.

Bagi anda yang ingin bermalam di wilayah ini anda bisa membangun tenda atau camping di goa gajah. Anda bisa menikmati suasana malam di dalam goa sambil ditemani api unggun yang menjadi penerang sekaligus penghangat, sambil memanggang ayam dan melantunkan lagu – lagu romantis yang diiringi musik gitar nan merdu bersama teman dan keluarga. Sungguh momen yang sangat langka yang tidak bisa anda dapatkan di kota – kota besar.

Daya Tarik Goa Gajah

Keunikan Gua Gajah Bantul via IG @goagajah_lemahbang

Keunikan Gua Gajah Bantul via IG @goagajah_lemahbang

setelah melalui jalanan yang berkelok ke kanan dan ke kiri, serta tanjakan dan turunan serta sebagian jalanan yang berbatu dan belum diaspal anda akan tiba di lokasi goa gajah. Anda akan melihat pemandangan alam yang luar biasa. Di area pedesaannya terlihat hamparan sawah yang hijau serta dibagian timurnya terlihat lembah yang curam.

Pemandangan di sekitar goa gajah juga masih sangat hijau dan alami. Ketika memasuki goa yang ditemani pemandu yang memberi informasi sepanjang penyusuran di dalam goa hingga keluar dan menggunakan senter sebagai penerang terlihat di dalam goa sebuah batu berukuran besar yang menyerupai gajah. Menurut cerita dari masyarakat penamaan goa gajah diambil dari bentuk batu ini.

Terlihat kondisi alam goa ini masih sangat alami dengan tetesan air dari atas goa membuat sebagian jalanan mencari licin dan lengket. Di sepanjang goa terlihat stalaktit dan stalakmit yang tumbuh secara alami dan terus tumbuh menambah keindahan goa. Terlihat juga sekumpulan kelelawar yang hidup disana sebagai salah satu ciri khas goa yang ada di Indonesia.  

Terlihat sebuah pohon besar dan tinggi menjulang hingga keluar goa tumbuh di ujung goa. Pemandangan itu semakin mempercantik goa ini karena terlihat menyerupai hutan mini di dalam goa. Tumbuhnya hutan mini ini di dalam goa dikeranakan kondisi tanah yang sempat ambrol sehingga tanah dan tanaman di atasnya masuk ke dalam goa dan hidup hingga saat ini.

Untuk pemandu wisata yang berpengalaman selama bertahun – tahun ini anda cukup memberikan biaya seikhlasnya.

Kunjungi juga: Wisata Kampung Edukasi Watu Lumbung Bantul

Wisata Kuliner di Sekitar Lokasi Goa Gajah

Setelah lelah menyusuri lorong sepanjang 200 meter di dalam goa gajah tibalah saatnya kita menikmati wisata kuliner disekitar goa gajah. Terdapat beberapa makanan tradisional yang juga bisa dibawa pulang sebagai oleh – oleh seperti

  • Keripik tela yang dibuat dari ketela rambat
  • Gethuk yng terbuat dari ubi singkong
  • Rempeyek yang terbuat dari tepung yang digoreng bersama dengan kacang tanah
  • Gatot yang terbuat dari ketela singkong

Goa Kecil di Sekitar Goa Gajah

Selain goa gajah yang memiliki kedalaman sekitar 200 meter terdapat pula goa – goa kecil horizontal lainnya seperti:

  • Goa vertical
  • Goa longan
  • Goa menek
  • Goa jamiromo
  • Goa wonolagi
  • Goa kembang

Kerajinan Tangan dan Kesenian

Disekitar goa gajah anda juga bisa menikmati keindahan lain yang berupa kerajinan tangan yang unik. Kerajinan tersebut berupa:

1. Rongko keris

Yang merupakan keris yang dilengkapi dengan sarungnya yang dibuat sendiri oleh warga sekitar yang berprofesi sebagai pandai besi

2. Anyaman bambu

Yang merupakan kerajinan anyaman yang terbuat dari bambu seperti tikar, tampah, ceting, dll

3. Pintu mebel

Yang merupakan salah satu kesenian yang dibuat dar kayu dengan hasil berupa pintu rumah dll

—–

Disekitar lokasi goa gajah juga terdapat beberapa kesenian seperti berikut ini

1. Reog

Reog meski berasal dar Ponorogo namun juga dilestarikan disini. Kesenian ini menggunakan alat bantu yang berupa reog atau bulu burung dan bentuknya seperti burung cendrawasih

2. Ketoprak

Ketoprak adalah kesenian yang juga dilestarikan di tempat ini dengan mengadakan sebuah pementasan dengan pemainnya semua manusia memerankan tokoh legenda jawa membuat pengunjung semakin tertarik untuk mengunjungi tempat ini

3. Karawitan

Karawitan dan ketoprak biasanya diadakan satu tahun sekali pada bulan rajab sebagai acara bersih dusun dan acara hajatan desa

4. Gejog lesung

Setelah puas menyantap menu tradisional dan membungkus oleh – oleh khas desa Lemah bang ini membuat pikiran kita menjadi segar dan jernih kembali.

Main juga ke: Wisata Kampung Batik Giriloyo Jogja

Catatan Ketika Berkunjung ke Goa Gajah

Ketika akan berkunjung ke goa gajah sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut agar perjalanan wisata alammu semakin menyenangkan tanpa halangan. Berikut diantaranya:

  • Hindari menggunakan sandal jepit karena ada beberapa bagian dari jalanan di dalam goa yang licin dan lengket karena terkena tetesan air. Maka dari itu sebaiknya gunakan sepatu tertutup atau sneakers.
  • Cek kondisi mesin kendaraan anda. Jangan sampai terhambat karena kendaraan anda tidak mampu melalui medan menuju goa yang naik turun serta berkelok. Di beberapa titik jalannya juga ada yang rusak, berbatu, dan licin.
  • Pastikan kondisi tubuh selalu fit agar nantinya mampu menyusuri lorong goa sepanjang 200 meter yang memiliki kondisi lembab, pengap, dingin, serta gelap.
  • Untuk jaga – jaga sebaiknya bawa bekal makanan dan minuman sendiri.
  • Bawa juga perlengkapan kesehatan mulai dari obat – obatan, tissue, handuk kecil, serta minyak angin.
  • Ketika berada di lokasi jagalah sopan santun anda sebagai seseorang yang sedang bertamu
  • Hindari perbuatan yang tidak senonoh terutama kaum remaja yang datang secara berpasangan.
  • Ketika berada di lokasi sebaiknya buanglah sampah pada tempatnya jangan membuang di sembarang tempat sehingga tidak sedap dipandang mata

***

Demikianlah ulasan mengenai eksotisme goa gajah Bantul yang bisa kami sajikan untuk anda. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk mengisi liburan anda bersama orang tercinta. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini ya, agar pariwisata di Bantul semakin terkenal dan ramai pengunjung.

Kunjungi juga: Wisata Religi ke Makam Imogiri Bantul

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!