Pantai Baru Bantul: Lokasi, Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Pantai Baru – Kabupaten Bantul memang menyimpan sejuta keindahan alam yang tidak perlu diragukan lagi. Terdapat lebih dari 50 tempat wisata yang terkenal. Tidak hanya sampai disitu saja, potensi alamnya terus digali sehingga setiap tahunnya muncul berbagai tempat wisata baru yang tidak kalah menawannya.

Salah satu tempat wisata baru yang ada di kabupaten Bantul adalah pantai Baru. Sebuah pantai yang dijuluki surganya energi di Bantul. Meski kemunculannya bukanlah benar-benar baru namun masih banyak yang belum mengenal pantai baru. Kurangnya peminat yang datang kemungkinan disebabkan kurangnya promosi untuk memperkenalkannya pada dunia luar.

Nah sudah tugas kita turut membantu melestarikannya dengan turut berkunjung ke pantai baru. Meski namanya masih asing di telinga kita namun dari segi pesonanya pantai baru ini tidak kalah dari pantai di sekitarnya yang lebih terkenal seperti pantai parangtritis, pantai depok, pantai samas, pantai kuwaru, dsb.

Letak pantai baru ini tidak begitu jauh dari pusat kota Jogja tepatnya berada disebelah selatan kota Jogja, berada di Ngentak, Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sekilas Tentang Pantai Baru Bantul

Ikon Pantai Baru Bantul

Ikon Pantai Baru Bantul

Pantai baru hanya berjarak sekitar 45 sampai 1 jam dari pusat Kota Jogja jika dilalui menggunakan motor atau mobil pada kondisi normal. Pantai ini masih terbilang baru jika dibanding pantai di sekitarnya. Itulah sebabnya pantai baru masih belum begitu ramai dikunjungi wisatawan.

Namun untuk urusan pesona alam tempat pantai baru ini menyimpan sejuta pesona yang tidak anda dapatkan ditempat lain. Terdapat sebuah kincir angin besar ditempat ini yang menambah pesona keindahan tempat ini. Belum lagi berbagai wisata edukasi bisa anda dapatkan di tempat ini.

Pantai baru juga kerap kali dipilih sebagai tempat mengadakan berbagai acara besar seperti di tahun baru atau hari besar lainnya akan menampilkan band – band terkenal atau campursari yang juga dilengkapi dengan penyanyi – penyanyi lokal yang potensial.

Kunjungi juga: Liburan ke ekowisata jatisari Dlingo Bantul Yogyakarta

Alamat Pantai Baru serta Rute Menuju Lokasi

Loading...

Pantai baru meski masih terbilang sepi pengunjung namun disitulah letak kelebihannya, sebab kita akan merasa seolah berada di lokasi wisata pribadi yang tenang sehingga sangat cocok bagi anda yang berkunjung dengan tujuan menenangkan pikiran, melepas beban, serta menyegarkan badan.

Untuk bisa menikmati pesona yang disajikan pantai baru anda bisa segera datang ke lokasi pantai yang beralamat di Dusun Ngentak, Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lokasi ini sangat muda ditemui sebab berada di deretan pantai terkenal lainnya. Anda juga bisa mencoba search di Google maps untuk mengetahui lokasinya dengan pasti.

Untuk sampai ke lokasi pantai baru anda juga tidak perlu akut nyasar sebab banyak terpasang di pinggiran papan petunjuk arah. Anda hanya perlu mengikuti petunjuk arahnya sampai ke lokasi wisata.

Untuk rute menuju lokasi sangat mudah diakses dengan kondisi jalan yang tidak berkelok maupun bebatuan serta jalanan yang becek, seluruh jalan menuju pantai sudah di aspal, dengan jalan yang landai sehingga sangat nyaman dilalui.

Rute lokasi akan dimulai dari pusat Kota Jogja lalu ambil arah menuju ke selatan menuju arah jalan Bantul,  lalu jalan terus hingga menemukan bundaran Srandakan yang menjadi penghubung Bantul dengan Kulon progo.

Kemudian ambil arah ke kiri lalu melanjutkan perjalanan menuju selatan.  Ikuti saja jalan utama nanti anda akan menemukan papan petunjuk jalan menuju pantai baru dan pantai kuwaru sebab kedua pantai tersebut letaknya bersebelahan.

Pesona Pantai Baru Bantul via IG @fienikonjogja

Pesona Pantai Baru Bantul via IG @fienikonjogja

Harga Tiket Masuk Pantai Baru

 Setelah mengetahui lokasi pantai baru dan mengikuti rute yang telah diterangkan di atas anda bisa langsung segera datang dan mengunjungi pantai baru yang menawarkan sejuta pesona alam yang luar biasa. Serta berbagai pesona lainnya. Anda bisa menikmati jalan – jalan dan berkeliling pantai dengan hanya membayar biaya retribusi sebesar Rp. 5000 per orang. Biaya tersebut hanya untuk perbaikan jalan dan fasilitas pantai saja.

Sungguh sebuah harga yang tak sebanding dengan keindahan yang ditawarkan pantai ini. Dijamin de anda tidak akan menyesal telah jauh – jauh mengunjungi tempat ini.

Setelah membayar biaya retribusi anda akan dipersilahkan masuk dan mencari lokasi pantai baru. Di sepanjang jalan menuju lokasi wisata mata anda akan dimanjakan oleh panorama pantai yang berjajar di sepanjang jalan.

Setibanya di lokasi pantai bagi anda yang membawa kendaraan pribadi seperti motor atau mobil dipersilahkan memarkirkannya di area parkir yang telah disediakan dengan hanya membayar Rp. 2000 untuk sepeda motor, Rp. 5000 untuk mobil, Rp. 10.000 untuk minibus, serta Rp. 15.000 untuk bus besar.

Sebuah perjalanan wisata yang menyenangkan serta mampu menyegarkan pikiran dari beban berat kehidupan namun dengan harga yang sangat terjangkau.

Fasilitas Di Pantai Baru

Pantai baru termasuk pantai yang terbilang baru dibuka untuk umum sehingga pembangunan fasilitas ditempat itu juga masih relatif minim namun sudah cukup membuat pengunjung nyaman. Beberapa fasilitas juga terus diupayakan pembangunannya demi kenyamanan pengunjung. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia di pantai baru seperti :

  • Area parkir kendaraan seperti mobil, sepeda motor, minibus, serta bus besar
  • Tempat sampah juga diletakkan di pojok – pojok lokasi pantai demi memelihara keindahan serta kebersihan pantai
  • Toilet umum bisa anda gunakan dengan hanya membayar Rp. 2000 untuk sekali pakai
  • Mushola dibuat untuk pengunjung yang akan menjalankan ibadah
  • Warung makan menyajikan wisata kuliner dengan beragam pilihan menu khas laut
  • Tempat penyewaan ATV yang bisa digunakan untuk menyusuri pantai
  • Kursi – kursi yang terbuat dari bambu yang bisa digunakan untuk istirahat

Jam Operasional Pantai Baru

 Anda bisa bebas kapan saja mengunjungi pantai baru sebab pantai ini dibuka 24 jam setiap hari tanpa hari libur dan waktu istirahat. Bagi anda yang ingin menginap dengan mengadakan acara camping juga diperbolehkan.

Anda bisa menikmati pesona pantai di malam hari sambil bergitar dan bernyanyi duduk mengelilingi api unggun mengingatkan kita pada suasana pramuka.

Keindahan Pantai Baru

Suasana Pantai

Suasana Pantai via Pantaibaru.wordpress.com

Setelah kita membahas seluk beluk pantai baru mulai dari lokasi, rute, harga tiket masuk dan parkir, serta jam buka pantai ini sekarang saatnya kita membahas mengenai keindahan yang tersimpan di pantai baru.

Setelah lelah melakukan perjalanan yang cukup jauh tibalah anda di area parkir yang cukup luas nyaman. Setelah itu tinggal melanjutkan perjalanan menuju pintu masuk. Anda akan langsung disambut dua patung besar yang menjadi icon tempat ini yaitu patung hiu tutul dan harimau.

Tempat ini sangat cocok anda jadikan spot foto yang menarik. Konon ceritanya kedua patung tersebut merupakan simbol dari salah satu keluarga keraton yang ditemukan oleh seekor harimau ketika sedang melakukan tapa ditempat ini.

Pantai baru menawarkan pesona pantai yang indah dengan air laut yang biru terbentang luas dengan gulungan ombaknya yang lumayan besar serta hamparan pasir hitamnya di sepanjang pantai. Pantai ini juga sangat cocok dijadikan tempat bermain air dan pasir. Anda bisa sepuasnya bermain pasir bersama keluarga.

Belum lagi suasana pantai yang berubah romantis ketika matahari mulai akan terbit di pagi hari dimana langit berubah merah muda dengan pancaran sinar jingga keemasan terlihat di ujung langit.

Suasana akan semakin indah ketika matahari akan terbenam perlahan menjelang detik – detik mentari kembali ke peraduan dimana akan berubah menjadi jingga keemasan yang terlihat seolah matahari ditelan lautan lepas. Suasana tersebut juga bisa anda abadikan menggunakan kamera atau layar ponsel android anda.

Di sepanjang pantai juga tumbuh ratusan pohon cemara udang yang sudah ditanam sejak 1999 yang bertujuan untuk mencegah abrasi pantai atau penggerusan lahan pantai oleh gelombang laut.

Ada banyak kegiatan yang bisa anda lakukan di bawah rindangnya hutan cemara seperti piknik atau tamasya, serta camping dengan menyalakan api unggun. Tempat ini juga cocok dijadikan spot foto yang menarik. Selain itu anda juga bisa memanfaatkan hutan cemara sebagai tempat pemotretan foto prewedding.

Selain itu masih banyak lagi kegiatan lain yang bisa anda lakukan di area pantai. Untuk mengisi waktu anda juga bisa bermain layang – layang bersama keluarga, sambil berlari kecil memanfaatkan angin untuk menerbangkan layang. Anda juga bisa berjemur di bawah sinar matahari seperti yang sering dilakukan para turis.

Ketika hari sudah mulai gelap bukan berarti kegiatan di pantai ini juga berakhir akan banyak  pedagang jagung bakar yang akan buka lapak di situ.

Anda bisa menikmati hangatnya jagung bakar sambil duduk diatas tikar dan ditemani segelas air kelapa muda. Pada hari – hari besar biasanya pihak pengelola pantai menyelenggarakan pementasan seni dari band – band serta campur sari yang dibantu oleh artis lokal.

Pengunjung juga dapat menikmati beberapa wahana lain seperti naik ATV. Anda hanya perlu membayar 30 ribu saja untuk 15 menit. Anda bisa berkeliling pantai melalui rute yang telah disediakan oleh petugas pantai. Jangan sampai anda melewati jalur yang salah karena ditakutkan akan menimbulkan kecelakaan.

Naik ATV di Pantai Baru

Naik ATV di Pantai Baru

1. Wisata Edukasi

Pantai baru selain menawarkan berbagai keindahan alamnya yang menawan serta pesona lautnya masih banyak pesona lain yang bisa anda dapatkan salah satunya adalah wisata edukasi.

Wisata edukasi ini bisa menambah pengetahuan pengunjung tentang beberapa energi terbaru yang sedang dikembangkan oleh pemerintah. Potensi alamnya yang baik membuat pemerintah mengembangkannya sebagai wilayah pengembangan energi terbaru. Beberapa energi terbaru yang tengah dikembangkan seperti :

2. Biogas

Pantai baru dijadikan tempat pengembangan biogas. Pemerintah melihat potensi yang dimiliki pantai baru sangat cocok dijadikan tempat pengembangan biogas. Terdapat banyak sekali kandang ternak hewan di daerah sini.

Para wisatawan diperkenankan memberi makan kepada hewan ternak yang ramah – ramah, serta anda dapat melihat biodigester serta genset biogas.

Kotoran dari ternak itulah yang nantinya akan diubah menjadi pupuk serta energi biogas. Mesti kotoran hewan ini sedikit bau namun untuk biogasnya sendiri tidak mengeluarkan bau sama sekali.

3. Kincir Angin

Spot Kincir Angin via IG @feliia_yunita

Spot Kincir Angin via IG @feliia_yunita

Kincir angin disini dibangun dan dimanfaatkan menjadi energi hybrid yang memanfaatkan tenaga angin. Meski termasuk ke dalam wisata edukasi anda juga bisa berfoto sepuasnya di dekat kincir angin.

Anda bisa mengabadikan foto dengan background kincir angin. Selain terdapat kincir angin yang memanfaatkan tenaga angin dan merubahnya menjadi energy hybrid disediakan pula panel surya yang memiliki fungsi merubah tenaga matahari untuk memenuhi kebutuhan daya.

Tenaga yang dihasilkan dari kincir angin ini dimanfaatkan sebagai pemasok kebutuhan listrik area pantai sebagai penerangan serta warung – warung makan yang ada disekitar pantai. selain dimanfaatkan sebagai penerangan di warung makanan juga dimanfaatkan untuk freezer penghasil es batu yang digunakan untuk mengawetkan ikan. Nah bagi wisatawan yang ingin melihat proses pembuatan es batu juga diperbolekan.

Kunjungi juga: Objek Wisata Pintu Langit Dahromo yang Lagi Hits

4. Wisata Kuliner Lezat

Kuliner Lezat di Sekitar Pantai

Kuliner Lezat di Sekitar Pantai

Setelah berkeliling pantai seharian menikmati keindahan pantai serta hutan cemara yang tumbuh subur serta berfoto di spot – spot foto keren disekitar pantai kini tibalah saatnya mengisi perut yang kosong karena belum makan seharian. Di kawasan pantai banyak berdiri warung – warung makan yang menyediakan aneka menu dengan harga yang terjangkau.

Menu yang ditawarkan seperti olahan kepiting, kerang, cumi – cumi, udang atau lobster, ikan kakap, gurame, pari serta masih banyak lagi dengan berbagai menu olahan seperti goreng, bakar atau panggang, asam manis, pedas manis, balado, tumis, serta yang lainnya. Anda bisa memesan olahan makanan menggunakan ikan yang ditangkap oleh para nelayan.

Selain beberapa menu hidangan laut tersebut ada juga warung yang menyediakan menu tradisional seperti gudeg, tumis kangkung, serta disempurnakan dengan segelas es kelapa muda segar. Suasana akan semakin romantis ketika anda menyantap menu tersebut sambil melihat keindahan sunset di sore hari bersama gulungan ombak yang bersahut – sahutan.

Keindahan Susnet Pantai Baru via Pantaibaru.wordpresscom

Keindahan Susnet Pantai Baru via Pantaibaru.wordpress.com

Bagi anda yang berencana menginap banyak juga tersedia penginapan yang menawarkan kenyamanan dengan harga yang relatif murah. Atau anda juga bisa camping di dekat pantai bersama keluarga dan teman dekat.

Suasana pantai baru memang masih cukup sunyi dengan jumlah pengunjung yang tidak sebanyak pengunjung pantai lain seperti parangtritis, pantai samas, serta pantai depok namun keindahannya yang tersembunyi sangatlah memukau.

Sebaiknya ketika anda mengunjungi kota Jogja untuk berlibur ke kawasan pantai selatan masukkan juga pantai baru pada daftar tempat yang akan anda kunjungi untuk mengisi waktu liburan anda. Selamat berkunjung.

Kunjungi juga yuk: Wisata Alam Air Terjun Randusari Dlingo Bantul

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!