Liburan Seru ke Pantai Kuwaru Bantul

Pantai Kuwaru – Kabupaten Bantul memang kaya akan destinasi wisata alamnya. Mulai dari pantai, curug, gunung, serta masih banyak lagi. Salah satu tempat wisata di Bantul yang menyuguhkan keindahan laut yang menakjubkan adalah pantai kuwaru. Pantai ini memiliki pasir hitam yang indah dan dilengkapi dengan gugusan laut luas laut samudera Hindia.

Pantai kuwaru berlokasi di Kecamatan Srandakan. Letaknya tidak begitu jauh dari pusat kota Jogja. Di area sekitar pantai ditumbuhi ratusan pohon cemara jenis udang yang membuat udara disana cukup sejuk. Berbagai kegiatan juga bisa anda lakukan di bawah hutan cemara.

Rimbunnya Pohon Cemara di Pantai Kuwaru via Jogjakini.wordpresscom

Rimbunnya Pohon Cemara di Pantai Kuwaru via Jogjakini.wordpress.com

Pantai kuwaru memiliki air laut yang biru mempesona yang terbentang luas seolah tanpa batas, dengan gulungan ombaknya yang cukup besar sehingga dilarang bermain air di lokasi ini karena takut terbawa ombak laut, serta hamparan pasir hitamnya yang membentang di sepanjang pantai dengan kondisi yang sedikit miring.

Kunjungi juga yuk: Objek Wisata Pintu Langit Dahromo yang Lagi Hits

Jika anda datang di waktu yang tepat anda juga bisa menikmati indahnya langit merah muda di pagi hari ketika matahari terbit atau lebih dikenal sebagai sunrise, serta sunsetnya yang tak kalah mempesonanya.

Banyak pengunjung yang datang untuk sekedar merelaksasikan pikiran dari beban pekerjaan yang berat. Selain itu banyak juga rombongan pariwisata dari sekolah tertentu menghabiskan waktu liburnya ditempat ini. Berkunjung ke tempat wisata alam memang bisa menyegarkan pikiran kembali  setelah lelah dengan berbagai rutinitas harian.

Keindahan Pantai Kuwaaru dari Ketinggian via Indonesiaexplorer

Keindahan Pantai Kuwaaru dari Ketinggian via Indonesiaexplorer

Lokasi Pantai Kuwaru

Pantai kuwaru berada di dekat beberapa tempat wisata keren lainnya yang tidak kalah ngehitsnya sehingga lokasinya pun  sangat mudah di akses. Tepatnya di bagian barat pantai samas dan di sebelah timur pantai baru. Selain itu pantai kuwaru juga berada tidak begitu jauh dari pusat Kota Jogja, hanya sekitar 1 jam perjalanan menggunakan motor.

Loading...

Mari kita lihat dimana lokasi wisata ini berada di Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55762.

Rute Menuju ke Lokasi Pantai Kuwaru

Rute Menuju Pantai Kuwaru via Blog.umyacid

Rute Menuju Pantai Kuwaru via Blog.umy.ac.id

Pantai ini berlokasi di dekat tempat wisata lain yang terkenal sehingga akses jalannya juga pastinya sangat muda dilalui, dengan jalan yang telah diaspal, landai dan  sangat nyaman. Tidak ada yang namanya jalan berliku, berlubang atau mendaki pegunungan.

Lokasinya juga sangat mudah di cari karena banyak papan penunjuk arah di sekitar jalanan menuju pantai kuwaru. Bagi anda yang tinggal di kota Jogja mungkin sudah tau lokasinya di mana. Namun bagi pengunjung yang berasal dari luar kota tentunya membutuhkan panduan rute menuju lokasi.

Rute menuju lokasi pantai kuwaru ini dimulai dari pusat kota Jogja anda ambil jalan menuju Pojok Beteng Kulon lalu jalan terus menuju arah selatan melewati jalan Bantul lalu jalan lurus terus sampai jalan samas jalan lurus terus sampai anda menemukan pertigaan.

Pilih belok kanan lalu jalan lurus terus sampai menemukan pintu retribusi pantai Samas yang ditujukan bagi semua pantai di kawasan pantai Samas. Setelah masuk anda hanya perlu mengikuti jalan utama sampai anda menemukan papan nama pantai kuwaru.

Anda juga bisa mengikuti jalan yang diarahkan melalui Google maps dari android anda. Anda hanya perlu melakukan perjalanan selama 1 jam dari pusat kota menggunakan mobil atau motor, serta bus, dan dengan jarak tempuh sekitar 31,9 kilometer.

Harga Tiket Masuk Pantai Kuwaru

Untuk bisa masuk ke lokasi wisata anda hanya perlu membayar tiket masuknya yang sangat terjangkau, hanya di bandrol Rp. 5000 per orang. Harga yang tidak sebanding bukan dengan keindahan alam yang dimiliki pantai kuwaru, bahkan masih lebih murah daripada harga segelas kopi yang anda minum pagi ini.

Selain tiket masuk bagi anda yang membawa kendaraan pribadi bisa menitipkan di lokasi parkir. Area parkir dibangun cukup luas dengan penambahan beberapa petugas parkir untuk melindungi kendaraan anda dari kejahatan. Anda hanya perlu membayar Rp. 5000 untuk mobil, Rp. 2000 untuk motor, Rp. 10.000 untuk minibus, serta Rp. 15.000 untuk bus.

Fasilitas di Pantai Kuwaru

Fasilitas yang disediakan pantai kuwaru lumayan lengkap dan cukup membuat pengunjung merasa nyaman. Selain itu pembangunan fasilitas juga terus dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung, serta untuk menarik minat pengunjung agar datang ke tempat ini. Berikut beberapa fasilitas yang disediakan di pantai kuwaru seperti :

  • Area parkir yang luas dan aman disediakan bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi
  • Toilet umum yang bersih dan wangi juga ada di tempat ini yang disediakan bagi pengunjung dengan membayar Rp. 2000 sekali pakai.
  • Tempat sampah diletakkan di sudut-sudut lokasi pantai demi menjaga kebersihan dan keindahan pantai.
  • Mushola juga dibangun untuk pengunjung yang ingin menunaikan ibadah sholat
  • Warung makan yang dibangun berjejer di pinggir pantai menyediakan berbagai menu hidangan laut seperti gurame, kakap, udang, kerang, kepiting, cumi. Cumi serta masih banyak lagi yang lainnya.
  • Tempat penyewaan ATV yang bisa anda gunakan untuk berkeliling lokasi pantai
  • Pasar ikan tradisional
Pasar Ikan Tradisional

Pasar Ikan Tradisional di Sekitar Pantai

Pesona Pantai Kuwaru yang Buat Kita Malas Pulang

Pantai kuwaru terletak disebelah selatan kota jogja dengan jarak tempuh 1 jam perjalanan dari pusat kota Jogja. Pantai ini berada di dekat banyak tempat wisata lain seperti pantai samas serta pantai Baru.

Sesampainya di lokasi parkir mata anda langsung disuguhkan pemandangan luar biasa. Berjalan lebih ke dalam terlita hamparan laut biru yang membentang dari ujung ke ujung bagaikan tanpa batas.

Pantai kuwaru memiliki tekstur ombak yang sama seperti pantai di sekitarnya yaitu memiliki ombak yang cukup besar sehingga para pengunjung dilarang bermain air karena takut terseret ombak.

Pantainya yang berpasir hitam dengan tekstur sedikit miring yang bersih dan nyaman. Semua pesona pantai kuwaru ini akan semakin sempurna ketika menikmatiya di pagi hari, ketika matahari terbit atau biasa disebut sunrise.

Belum lagi pesona sunsetnya dengan suasana yang romantis sangat cocok dinikmati bersama pasangan. Anda juga bisa berselfie sepuasnya dengan latar belakan pantai serta langit senja yang apik. Di sepanjang pantai juga ditumbuhi pohon cemara yang subur dan rindang.

Menikmati Sunset di Pantai Kuwaru

Menikmati Sunset di Pantai Kuwaru

Di bawah pohon cemara banyak aktivitas yang bisa anda lakukan seperti piknik bersama keluarga sambil membentang tikar dan membawa makanan dari rumah lalu menyantapnya bersama keluarga.

Selain itu anda juga bisa camping di area hutan pinus. Menikmati indahnya alam seutuhnya bisa anda nikmati disini. Tempat ini juga bisa anda jadikan spot foto yang instagramable.

Terdapat pula pasar ikan di daerah pantai kuwaru. Ditempat ini anda bisa membeli ikan segar langsung dari nelayan. Selain itu anda juga bisa membeli ikan kemudian langsung memasaknya di warung makan terdekat.

Terdapat pula jejeran warung makan pinggir pantai yang menyediakan berbagai menu hidangan laut seperti kakap, gurame, kepiting, udang, kerang, cumi-cumi, serta yang lainnya dengan berbagai olahan seperti bakar, kari, sup, dengan berbagai varian saus seperti saus tomat, asam manis, pedas manis serta yang lainnya.

Terdapat pula banyak penjual kelapa muda yang bisa anda nikmati langsung dari kelapanya. Jadi bagi anda yang tidak membawa bekal makanan sendiri bisa langsung datang ke warung makan terdekat.

Wahana yang Ada di Pantai Kuwaru

Selain menikmati keindahan pantai serta utan cemaranya yang inda anda juga bisa menikmati wahana lain serta melakukan banyak kegiatan lain ditempat ini seperti:

1. Kolam Renang

Kolam Renang di Pantai Kuwaru via Rentalmobilyogyakartanet

Kolam Renang di Pantai Kuwaru via Rentalmobilyogyakarta.net

Anda juga bisa berenang di area kolam renang buatan yang ditujukan untuk mengalihkan perhatian anak-anak dari pantai yang memiliki ombak besar.

Kolam renang dibangun sebagai upaya meningkatkan kenyamanan bagi pengunjung. Bukan Cuma anak-anak yang bisa berenang di tempat ini namun juga bisa digunakan oleh orang dewasa.

Jangan lewatkan juga: Objek Wisata Air Terjun Kedung Pengilon Bantul

2. Wahana ATV

Fasilitas ATV Pantai Kuwaru

Fasilitas ATV Pantai Kuwaru

Wahana lain yang bisa anda coba di pantai kuwaru adalah motor ATV. Dengan motor ini anda bisa sepuasnya berkeliling lokasi pantai. Namun bagi anak-anak yang ingin naik motor ATV harus didampingi orang tua untuk menghindari kecelakaan.

Selain itu yang perlu anda perhatikan hindari berkendara di tempat ramai sebaiknya tetap melalui rute yang telah disediakan oleh petugas pantai. Anda bisa menyewa motor ATV dengan harga RP. 50000 per 15 menit.

Dapatkan sensasi mengendarai ATV di atas hamparan pasir hitam. Kondisi pantai yang sedikit miring akan semakin memacu adrenalin anda.

3. Motor Trail

Di tempat ini tersedia juga wahana yang lebih menantang adrenalin yaitu motor trail. Ketika anda mengendarai motor trail sebaiknya selalu waspada dan berhati-hati.

Gunakan juga perlengkapan balap lainnya untuk berjaga-jaga jika terjadi kecelakaan untuk melindungi tubuh anda dari luka-luka. Namun bagi anda yang kurang menguasai kendaraan ini sebaiknya tidak usah mencoba mengendarainya.

4. Terdapat Banyak Spot Foto menarik

Ketika anda memutuskan untuk berlibur dan datang ke pantai kuwaru jangan lupa untuk membawa kamera sebab di tempat ini terdapat banyak sekali spot foto menarik. Anda bisa berselfie sepuasnya serta bagi anda yang hobi fotografi bisa mendapatkan hasil jepretan yang ok.

Berbagai pemandangan  yang tersaji di pantai kuwaru bisa anda jadikan background yang cantik. Keindahan pantai ini juga bisa anda manfaatkan sebagai lokasi foto prewedding

5. Kereta Mini

Wahana lain yang disediakan di tempat ini adalah kereta mini yang disediakan sebagai wahana bermain anak. Arena ini menjadi salah satu daya tarik tempat ini. Nah segera persiapkan liburan anda yang menyenangkan di pantai kuwaru yang kaya pesona alam serta memiliki berbagai wahana lain yang tak kalah seru.

Objek Wisata di Dekat Pantai Kuwaru

Selain mengunjungi Pantai Kuwaru, anda bisa mengunjungi objek wisata lain di dekatnya, berikut ini beberapa diantaranya:

Penginapan di Sekitar Pantai Kuwaru

Jika anda ingin bermalam atau menginap di sekitar pantai kuwaru tersedia juga beberapa penginapan atau hotel yang bisa anda pilih seperti :

  • Greenhost Boutique Hotel dengan tarif Rp. 529.368/ kamar/ malam
  • Horison Lynn Yogyakarta dengan tarif Rp. 299.153/ kamar/ malam
  • Hotel Indies Heritage Prawirotaman dengan tarif Rp. 589.999/ kamar/ malam
  • Pandanaran Prawirotaman Yogyakarta dengan tarif Rp. 280.000/ kamar/ malam
  • Gallery prawirotaman hotel dengan tarif Rp. 624.995/ kamar/ malam
  • YATS Colony dengan tarif Rp. 1.570.000/ kamar/ malam

****

Demikianlah artikel mengenai pantai kuwaru yang wajib anda kunjungi. Pantai ini memiliki banyak sekali keindahan alam serta berbagai wahana yang menarik. Tempat ini sangat cocok dijadikan tujuan wisata berikutnya. Selamat berkunjung. Terimakasih.

Jangan lewatkan juga: Objek Wisata Bukit Panguk Kediwung Bantul

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!