Wisata Alam Air Terjun Ledok Pokoh Bantul

Air Terjun Ledok Pokoh – Di Kabupaten Bantul terdapat wisata air terjun airnya mengalir dengan sangat indah dan jernih. Terdapat pula kolam di bawah air terjun yang bisa dijadikan tempat mandi, berenang, atau hanya sekedar merendam kaki. Terdapat beberapa titik grojogan yang bisa anda kunjungi bersama keluarga dan teman terdekat saat liburan tiba. Letaknya juga tidak begitu jauh dari pusat Kota Jogja.

Salah satu pesona air terjun yang mempesona di Kabupaten Bantul adalah air terjun ledok pokoh, atau warga disekitar lokasi lebih mengenalnya sebagai Grojogan lepo.

Selayang Pandang

Wisata air terjun ini baru beberapa tahun belakangan ini mulai beroperasi tepatnya mulai dibuka pada tahun 2013. Meski terbilang baru namun air terjun ledok pokoh sudah memiliki banyak penggemar karena keindahan alamnya yang tidak perlu diragukan lagi

Salah seorang lurah di Dusun Pokoh yang bernama Bahrun Wardoyo pertama kali menemukan grojogan lepo ini. Pada saat itu kondisinya masih sangat alami berada ditengah hutan belantara diantara dua lereng pegunungan yang sangat mempesona.

Kemudian sang penemu melihat ada potensi alam yang tersimpan di dalamnya yang bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata alam baru Kabupaten Bantul.

Benar saja perilisan air terun ledok pokoh langsung disambut antusias pada traveler. Mereka sengaja datang untuk menyaksikan keindahan alam di sekitarnya. Bahkan saat ini grojogan lepo ini telah wara – wiri di dunia maya khususnya instagram sehingga semakin mendongkrak popularitas destinasi wisata anyar ini.

Memang tidak bisa dipungkiri keberadaan dunia maya sangat membantu dalam hal promosi. Promosi yang dilakukan secara tidak langsung ini justru membuat air terjun ini semakin popular. Tiap tahunnya pengunjung yang datang ke groongan lepo ini semakin banyak.

Grojogan Lepo via Wisatakeyogyakarta

Grojogan Lepo via Wisatakeyogyakarta

Ketika libur panjang tiba, tiba pula saatnya memanjakan tubuh dan pikiran dengan mengunjungi berbagai tempat wisata alam di luar kota, yang tidak bisa kita nikmati ketika masih menjalani rutinitas harian seperti bekerja, kuliah, sekolah, atau yang lainnya. Biasanya kita akan memilih kota dengan destinasi wisata terbanyak dan terbaik beserta yang juga membutuhkan biaya bersahabat tentunya.

Loading...

Semua spesifikasi tersebut dimiliki oleh kota Yogyakarta. Terdapat puluhan tempat keren yang wajib anda kunjungi di kota ini. Belum lagi berbagai budaya yang apik bisa menambah pengetahuan anda.

Wisata kulinernya juga patut anda perhitungkan dengan menyajikan kuliner khasnya yaitu gudeg. Setelah melakukan persiapan mulai dari tiket pesawat, booking hotel, penyewaan mobil, serta pemandu wisata yang bisa anda pesan secara online di beberapa aplikasi yang bisa anda akses melalui smartphone anda.

Setelah tiba di bandara Jogja dan langsung melakukan perjalanan ke penginapan untuk beristirahat sejenak sambil mempersiapkan tujuan wisata berikutnya.

Kabupaten Bantul memiliki banyak sekali tempat tujuan wisata yang sangat terkenal seperti pantai parangtritis, pantai parangkusumo, gumuk pasir parangkusumo, perengan park, puncak pinus becici, kebun buah mangunan, serta destinasi wisata yang lagi ngehits yaitu air terjun ledoh pokoh yang terletak diantara dua lereng gunung.

Lokasi Air Terjun Ledok Pokoh

Air terjun ini masih sangat alami sangat cocok bagi anda yang ingin menenangkan pikiran dan menghilangkan stres. Terdapat beberapa tingkatan air terjun yang membuatnya semakin indah. Grojogan lepo ini berlokasi di Dusun Pokoh, Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Pokoh l, Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55783, Jawa Tengah, Indonesia.

Untuk melihat lokasi tepatnya anda bisa langsung saja melihat di Google Maps yang bisa diakses melalui smartphone yang lengkap dengan peta lokasi dan rute menuju lokasi. Anda juga tidak perlu khawatir ketika akan melakukan perjjalanan sebab di sepanjang jalan terpasang papan petunjuk arah yang akan membawa anda mulai dari pusat kota hingga ke air terjun ledok pokoh.

Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Untuk bisa sampai di lokasi anda bisa mengendarai sepeda motor, mobil, bahkan bus pariwisata, serta angkutan umum. ketika melewati jalanan kota anda masih disuguhkan jalanan aspal yang terbilang cukup landai sehingga sangat nyaman dilalui.

Setibanya disekitar lokasi anda mulai akan melalui jalan yang lumayan sulit dimana sebagian jalannya sudah di cor semen dan sebagian lagi tanah berbatu, namun anda tidak perlu takut sebab jalanannya memiliki kontur yang halus.

Namun anda harus tetap berhati – hari sebab pada saat musim hujan jalannya agak sedikit licin.  Setelah mencapai lokasi anda masih harus berjalan kaki melewati jalan setapak yang tersedia. Selain itu untuk memudahkan perjalanan anda bisa mengikuti rute perjalanan yang akan kami jelaskan berikut ini.

Perjalanan akan dimulai dari pusat kota Jogja lalu ambil arah menuju terminal Ginawang kemudian jalan terus dan ambil arah menuju selatan yang akan membawa anda melewati jalan Imogiri. Setelah itu jalan terus dan ambil arah menuju pasar Dlingo. Anda lanjutkan saja perjalanan hingga menemukan Dusun pokok 1. Perjalanan menggunakan kendaraan hanya bisa sampai disini saja.

Kemudian anda bisa memarkirkan kendaraan anda di area parkir yang telah disediakan. Area parkir ini terbilang cukup luas dan terlihat aman, sebab terdapat beberapa petugas parkir yang bertugas merapikan kendaraan dan menjaganya hingga nanti anda kembali dari lokasi wisata.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Ledok Pokoh

Anda hanya perlu membayar jasa parkir dengan harga yang sangat terjangkau. Untuk kendaraan roda dua atau motor di bandrol Rp 2000, kemudian untuk kendaraan roda empat atau mobil dibandrol Rp. 5000, sedangkan untuk minibus dan bus besar di bandrol Rp 10.000 dan Rp. 20000 saja.

Lanjut Trekking Menuju Lokasi

Setelah memarkirkan kendaraan anda silahkan lanjutkan perjalanan beberapa ratus meter melewati jalanan yang melintasi perkampungan penduduk.

Jalanan disini masih sangat sempit belum bisa dilalui kendaraan pribadi. Tapi untungnya jalanan disini sudah di cor semen sehingga cukup mudah dilalui. Setelah lelah berjalan tibalah anda di lokasi wisata.

Ditempat itu belum terlihat gapura yang menyambut dan tempat pembayaran tiket masuk. Anda bisa memberikan uang suka rela saat memasuki area wisata yang nantinya mereka gunakan untuk biaya pemeliharaan lokasi.

Air terjun ledok pokoh ini belum dikelola oleh pemerintah setempat masih dikelola oleh warga sekitar khususnya karangtaruna. Setelah memasuki area anda akan melihat beberapa fasilitas yang berdiri sederhana namun cukup membuat pengunjung nyaman. Pengelolaannya yang masih swadaya membuat pembangunannya juga belum begitu maksimal. Terlihat beberapa fasilitas seadanya seperti area parkir yang cukup luas dan aman yang dilengkapi dengan beberapa petugasnya.

Terlihat pula jejeran tempat sampah yang bisa anda gunakan untuk membuang bungkus makanan ataupun botol mineral yang anda bawa.

Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar anda. Terlihat pula beberapa bangku yang terbuat dari bambu yang bisa anda gunakan untuk istirahat sejenak setelah lelah berkeliling. Terdapat pula kamar kecil atau toilet yang bersih yang bisa anda gunakan dengan membayar Rp. 2000 untuk sekali pakai.

Bagi anda yang memiliki rencana untuk bermain  air di kolam kecil di bawah air terjun nantinya tersedia pula kamar ganti. Meski belum dikelola secara maksimal namun grojogan lepo ini memiliki beberaapa warung makan seadanya yang dikelola oleh warga sekitar. Menu yang disediakanpun cukup lengkap dan beberapa minuman dingin dan hangat yang bisa anda pesan.

Sebelum anda melakukan perjalanan anda perlu memastikan kondisi tubuh anda dalam keadaan prima agar tidak mengganggu perjalanan nantinya.

Begitu juga dengan kondisi kendaraan juga harus fit agar mampu melakukan perjalanan jauh. Siapkan pula beberapa keperluan yang nantinya anda butuhkan seperti bekal makanan bagi yang tidak suka membeli di luar serta air minum dan lainnya.

Jangan lupa pula membawa alat – alat kesehatan seperti sabun, tissue, handuk, obat – obatan, dan baju ganti. Beberapa perlengkapan tambahan juga bisa anda siapkan seperti kamera untuk mengabadikan momen berkumpul bersama keluarga dengan memanfaatkan alam sekitar dan air terjun sebagai backround.

Ketika di lokasi air terjun jangan lupa untuk tetap mengikuti peraturan yang ada dan menjaga sopan santun serta ramah tamah. Hindari berbuat yang tidak senonoh terutama bagi remaja yang datang berpasangan.

Keindahan Air Terjun Ledok Pokoh

Keindahan Air Terjun Ledok Pokoh

Keindahan Air Terjun Ledok Pokoh

Setelah melewati jalan kota Jogja yang cukup ramai kendaraan yang lalu lalang, menuju kearah selatan selama beberapa menit maka anda tiba di lokasi grojogan lepo. Setibanya dilokasi anda langsung disambut pepohonan yang tumbuh rindang serta alam sekitar yang masih sangat hijau. Terdengar pula nyanyian burung yang bersahutan dan suara jangkrik yang menandakan anda tengah berada di alam terbuka.

Udaranya masih sangat segar belum tercemar polusi sama sekali, sangat menyejukkan. Suasana seperti ini tentunya tidak bisa anda dapatkan di perkotaan. Setelah jauh masuk lebih dalam anda akan melihat air terjun yang sangat jernih dan suara gemuruhnya membuat ingin segera menikmati kesegaran airnya.

Terlihat beberapa tingkatan air terjun yang volume airnya terbilang stabil. Bahkan air terjun di tempat ini tidak pernah kering meski sedang musim kemarau, hanya saja volumenya akan sedikit berkurang. Air terjun disini memiliki beberapa tingkatan yang masih dalam satu aliran sungai.

Terlihat air terjun pertama yang berada di samping penarikan sumbangan atau di dekat pintu masuk. Dengan ketinggian hanya sekitar satu meter saja dan di bawahnya terlihat sebuah kolam kecil yang berbentuk cekungan dengan kedalaman sekitar 1 hingga 1,5 meter yang bisa anda jadikan tempat berenang atau sekedar berendam.

Yang menarik dari air terjun disini adalah terdapat air tejun kedua yang letaknya di bagian bawah air terjun pertama. Meski berada di bagian bawah namun ketinggian air terjun ini melebihi ketinggian air terjun pertama atau sekitar 10 meter dengan aliran airnya yang jatuh melebar menyerupai tirai putih yang sempurna yang terjadi akibat pengendapan kapur yang larut dalam air. Tempat ini sangat cocok anda jadikan spot foto yang instagramable. Anda bisa sepuasnya selfie ditempat ini dengan hasil yang tentunya akan terlihat sempurna.

Tempat ini juga sering dimanfaatkan sebagai lokasi foto prewedding dan foto model, serta sering diupload di media sosial.  Terlihat aliran air yang deras dengan kolam yang cukup besar sekitar 30 meter dengan kedalaman air sekitar 1 meter di bagian bawah membuat kita tidak sabar ingin menikmati dinginnya air di kolam ini. Namun anda harus tetap berhati – hati karena terdapat bebatuan yang licin. Anda bisa berenang sepuasnya serta mandi untuk menghilangkan kepenatan atau hanya sekedar merendam kaki saja.

Keindahan air terjun ledok pokoh tidak berhenti sampai disitu saja, ada air terjun ketiga yang tidak kalah indahnya dibanding kedua air terjun sebelumnya.

Obyek Wisata Air Terjun Lepo Di Dlingo Bantul via Berkeliling

Obyek Wisata Air Terjun Lepo Di Dlingo Bantul via Berkeliling

Dengan ketinggian air  sekitar 10 meter yang mengalir seperti tirai putih yang terlihat sempurna hampir sama dengan air terjun sebelumnya. Namun keunikan air terjun ini terletak pada tatanan bebatuan yang berbentuk persegi panjang yang terlihat seperti sengaja tersusun rapi.

Dibagian bawah air terjun juga bisa digunakan untuk bermain air bersama teman dan keluarga.. jangan lupa pula untuk mengabadikan momen ditempat ini menggunakan kamera yang anda bawa.

Sebagai pelengkap liburan anda dan bisa dimasukkan pada galeri liburan anda. Bagi anda yang kurang mahir berenang sebaiknya menyewa ban karet atau pelampung.

Bagi anak – anak juga tersedia pelampung yang imut dan lucu yang bisa digunakan ketika berenang. Jangan lupa untuk tetap mengawasi anak – anak anda ketika sedang bermain air, jangan sampai  momen liburan kali ini justru menjadi malapetaka.

Ketika hari libur seperti weekend dan libur panjang air terjun ledok pokoh akan sangat ramai dikunungi pengunjung untuk itu anda harus tetap berhati – hati dan waspada ketika berenang dan menikmati indahnya panorama alam disekitar lokasi. Selain itu sebaiknya hindari membawa barang berharga apalagi meninggalkannya di dalam tas.

Objek Wisata di Sekitar Air Terjun Ledok Pokoh

Setelah berkunjung di air terjun ledok pokoh anda bisa juga mengunjungi wisata disekitarnya yang tidak kalah indahnya. Selain itu wisata disekitarnya juga tidak kalah terkenal, bahkan sudah ada yang dikenal luas hingga ke pelosok negeri dan mancanegara. Lokasinya yang berdekatan juga membuat perjalan anda membutuhkan sedikit waktu dan biaya. Berikut beberapa lokasi wisata disekitar grojogan lepo :

****

Itulah ulasan mengenai air terjun ledok pokoh yang terletak di Kabupaten Bantu, Yogyakarta. Semua keindahan yang disuguhkan akan membuat anda enggan meninggalkan tempat ini. Semoga liburan anda kali ini di Bantul memberikan kepuasan dan kesan tersendiri. Selamat berlibur dan berkunjung. Terimakasih.

Kunjungi juga: Objek Wisata Pintu Langit Dahromo yang Lagi Hits

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!