Objek Wisata Hutan Pinus Dlingo Bantul

Hutan Pinus Dlingo – Ketika kita mengupas tentang keindahan yang tersimpan di Kabupaten Bantul memang tidak ada habisnya, terus saja bermunculan tempat – tempat wisata yang menawarkan sejuta pesonanya. Belum lagi habis kita mengupas tentang pesona puluhan pantai di dalamnya kini kita telah dikejutkan foto dari hutan pinus dlingo yang beredar di dunia maya. Objek wisata ini mendapatkan ulasan tidak kurang dari 13K netizen.

Secara tidak disadari postingan – postingan di berbagai media sosial menjadi media promosi yang baik sehingga mampu mendongkrak popularitas hutan ini.

Semakin hari jumlah pengunjung di hutan pinus dlingo ini semakin bertambah. Banyak dari para wisatawan  yang merasa penasaran dengan keelokan lokasi ini, selain itu banyak pula yang sengaja datang untuk menghabiskan waktu liburan sembari menghilangkan penat dari rutinitas harian serta menghilangkan stres dari beban yang ada.

Pintu Masuk Hutan Pinus Mangunan via IG @jogjajateng

Pintu Masuk Hutan Pinus Mangunan via IG @jogjajateng

Ada juga pengunjung yang datang hanya sekedar melengkapi tour traveling mereka keliling Jogja setelah mengunjungi beberapa tempat wisata di sekitarnya seperti kebun buah mangunan, puncak becici, taman makam raja – raja kesultanan Mataram Yogyakarta, pantai parangtritis, pantai Samas, pantai depok, dsb.

Area hutan pinus dlingo ini banyak dijadikan rute para pesepeda dan tempat berkumpul para penggemar sepeda gunung dari Jogja yang ingin menikmati alam terbuka dan sensasi lain dari hutan yang sangat menawan dimana terdapat pepohonan yang tinggi menjulang serta udaranya yang begitu segar belum tercemar polusi sama sekali membuat suasana alamnya semakin terasa

Lokasi Hutan Pinus Dlingo

Hutan pinus dlingo ini menjadi salah satu tempat yang eksotis di kota Jogja yang bisa anda jadikan spot foto menarik yang instagramable banget, selain itu keindahannya juga kerap dijadikan area pemotretan para model dan foto prewedding yang bertemakan alam. Untuk bisa menikmati keindahannya anda bisa langsung mengunjungi lokasi hutan pinus ini.

Lokasinya tidak jauh dari pusat kota Jogja tepatnya disebelah selatan kota Jogja hanya berjarak sekitar 24 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 45 menit jika ditempuh dalam kondisi normal. Hutan pinus ini berada di Desa Mangunan, Kecamatan  Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Hutan Pinus Dlingo

Pada awalnya hutan pinus ini hanya sebuah lahan tandus yang gersang yang tidak terlihat adanya tanda – tanda khidupan, namun sebuah program penghijauan yang dikelola oleh pengelola hutan mangunan merubah lokasi ini menjadi hutan pinus. Namun secara administratif kawasan ini masih dalam  wilayah Imogiri.

Loading...

Untuk bisa sampai ke lokasi hutan akses jalan yang tersedia tidak begitu sulit, jalanannya yang sudah diaspal dan terbilang cukup landai membuat pengunjung yang melewati jalanan menjadi sangat nyaman.

Akses jalan dimulai dari pusat kota Jogja lalu ambil arah menuju jalan Imogiri Timur kemudian jalan terus dan ambil arah menuju makam raja – raja Imogiri Bantul, lalu jalan terus hingga anda menemukan pertigaan, setelah itu ambil jalur yang akan mengarahkan anda menuju jalan Mangunan.

Kemudian telusuri jalan tersebut hingga anda menemukan papan nama bertuliskan kebun buah mangunan lalu ikuti saja jalan utama tersebut hingga anda menemukan lokasi Hutan pinus Dlingo.

Bagi anda yang masih takut nyasar sebaiknya ikuti petunjuk arah yang bisa anda search melalui google maps untuk memudahkan anda menuju lokasi, atau anda bisa mengikuti papan petunjuk arah yang banyak terpasang disekitar jalanan mulai dari pusat kota Jogja hingga ke lokasi hutan pinus dlingo, Bantul, Jogja.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Dlingo

Meski kawasan ini merupakan hutan yang dikelola oleh pengelola kawasan hutan mangunan namun bagi anda yang ingin menikmatti keindahan hutan ini tidak perlu membayar tiket masuk. Anda bisa menikmati eksotisnya pepohonan pinus yang menjulang tinggi tanpa harus mengeluarkan biaya.

Bagi anda yang memiliki rencana mengadakan acara ditempat ini atau melakukan suting harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari pengelola dan aparat desa setempat. Bagi calon pengantin yang ingin melakukan foto prewedding akan dikenakan tarif Rp. 50.000

Bagi para pengunjung yang datang hanya akan dikenakan biaya parkir kendaraan saja. Tersedia area parkir yang luas dan aman  untuk anda menitipkan kendaraan pribadi namun bagi anda yang membawa barang berharga jangan sekali – kali meninggalkannya di dalam kendaraan.

Untuk biaya parkir juga dibadrol dengan harga yang sangat bersahabat yaitu Rp. 2000 untuk kendaraan roda dua atau motor, Rp. 5000 untuk kendaraan roda empat atau mobil, Rp 10.000 untuk minibus, serta Rp 20.000 untuk bus.

Jam Operasional Hutan Pinus Mangunan

Hutan pinus dlingo mulai beroperasi di pagi hari sekitar pukul 06.00 wib dan ditutup pada pukul 17.30 wib. Namun bagi anda yang berencana menginap ditempat ini dengan mengadakan camping juga diperbolehkan namun harus meminta izin terlebih dahulu kepada petugas.

Anda bisa mulai melakukan perjalanan dari rumah anda setelah sholat subuh sekitar pukul 05.00 WIB agar tiba di lokasi tepat saat matahari mulai terbit, sehingga anda berkesempatan menyaksikan sunrise dengan warna keemasannya yang menggemaskan.

Fasilitas Pendukung

Meski untuk bisa masuk ke lokasi wisata hutan pinus dlingo tidak dipungut biaya sedikitpun jangan beranggapan bahwa pengelolaannya dilakukan seadanya, sebab petugas terus berupaya memperbaiki tempat ini agar mampu menarik para pengunjung datang ke tempat ini salah satunya dengan terus dilakukan pembangunan berbagai fasilitas yang akan membuat pengunjung merasa nyaman. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia di hutan pinus dlingo, seperti:

  • Area parkir yang lumayan luas yang mampu menampung puluhan mobil dan ratusan motor
  • Tempat sampah disediakan untuk pengunjung agar tidak membuang sampah sembarangan
  • Toilet umum bisa anda gunakan dengan membayar Rp. 2000
  • Mushola bisa digunakan bagi pengunjung muslim untuk menjalankan ibadah
  • Gardu pandang disediakan bagi anda yang ingin bersantai sambil menikmati keindahan hutan pinus dan alam disekitarnya
  • Outbond yang dapat dilalui dengan tracking jalur yang sedikit terjal.
  • Warung makan yang dikelola oleh warga sekitar yang menyediakan menu sederhana
  •  Spot foto, ayunan, dan kursi-kursi santai
Spot Foto Ayaunan di Hutan Pinus Mangunan via IG @rmaulana._

Spot Foto Ayaunan di Hutan Pinus Mangunan via IG @rmaulana._

Waktu Terbaik Mengunjungi Hutan Pinus

Hutan pinus dlingo ini masih satu lokasi dengan makam raja – raja imogiri sehingga tempat ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan, sebab selain ingin menikmati pesona hutan sebagian pengunjung juga ingin berziarah ke makan para raja.

Nah bagi anda yang memiliki rencana mengunjungi hutan pinus ini ada baiknya datang pada hari biasa mulai senin hingga jumat dimana jumlah pengunjung masih terhitung normal.

Jika anda datang pada hari libur serta weekend maka anda harus bersiap berdesak – desakan dengan pengunjung lain. Hal tersebut tentunya akan mengurangi kenyamanan anda ketika berkunjung.

Datanglah di pagi hari ketika udara masih sangat segar dan saat mentari mulai menampakkan sinarnya sehingga anda dapat lebih mengeksplor keindahan alam dan sunrisenya untuk selfie atau foto – foto untuk memenuhi galeri liburan anda.

Keunikan Hutan Pinus Dlingo

Panggung Alam untuk Event via IG @jogjajateng

Panggung Alam untuk Event via IG @jogjajateng

Keunikan hutan pinus ini ditunjukkan dengan di bangunnya sebuah panggung terbuka dengan banyak fungsi salah satunya sebagai ruang sastra, teater, sampai ruang pertunjukan musik di area terbuka yang sejuk, namun anda harus mengantongi izin dari petugas dan aparat desa setempat terlebih dahulu.

Selain dibangunnya sebuah panggung juga dilengkapi dengan bangku – bangku penonton yang didesain setengah lingkaran. Bangku – bangku penonton sengaja didesain mengarah pada panggung utama. Segala fasilitas tersebut dibuat dari kayu pohon pinus yang masih terlihat bentuk aslinya.

Keunikan yang ditawarkan hutan pinus dlingo ini menjadi magnet tersendiri bagi para pengunjung yang rela datang dari jauh, bukan hanya dari kota Jogja saja tapi juga dari luar kota bahkan luar negeri.

Keindahan Hutan Pinus Dlingo

Keindahan hutan pinus memang sudah wira wiri di media sosial sehingga keberadaannya sudah sangat dikenal dimana – mana.

Terdapat balok – balok kayu yang tertata apik yang terletak di lereng hutan yang berfungsi sebagai amphitheatre. Di lokasi hutan kita akan disuguhkan pemandangan pepohonan pinus yang tumbuh tinggi dan subur serta beberapa tanaman perdu yang tidak sengaja tumbuh.

Terdapat pula keindahan lain yaitu terdapat sentuhan kreativitas dengan dibangunnya gardu pandang, panggung kayu, taman bunga, serta titik hammock. Semua fasilitas tersebut bisa anda jadikan spot foto yang instagramable. Dari hutan pinus ini anda juga disuguhkan keindahan alam lainnya yaitu panorama gunung merapi Merbabu serta perbukitan yang hijau.

Taman Bunga di Depan Pintu Masuk via Foursquare.jpg

Taman Bunga di Depan Pintu Masuk via Foursquare

Keindahan hutan pinus bisa anda saksikan mulai dari pagi buta hingga perang menjemput, dimana kabut mendominasi tempa ini, serta pesona sunrisenya yang tidak akan terlupakan membuat anda betah berlama – lama ditempat ini.

Anda bisa berfoto ria bersama keluarga dan teman. Belum lagi usai keindahan yang ditawarkan muncul pula fenomena sunset yang menggemaskan dimana cahaya dan langit akan berubah menjadi jingga keemasan.

Selain dapat mengadakan berbagai pertunjukan seni, sastra dan lainnya anda juga bisa menikmati kegiatan camping di bawah pohon pinus, bersama orang – orang terdekat. Suasana camping di alam terbuka ini mengingatkan kita pada masa indah kanak – kanan.

Pada akhir pekan serta musim libur panjang hutan pinus dlingo ini akan sangat padat pengunjung, mulai dari pagi hingga petang terlihat jejeran kendaraan mulai dari motor, mobil, hingga bus yang parkir disana. Segala pesona yang ditunjukkan hutan pinus dlingo ini memang wajar jika setiap tahunnya jumlah pengunjung terus saja meningkat.

Hutan pinus dlingo ini memiliki luas area sekitar 573,7 hektar, yang dijadikan lokasi wisata hanya sekitar 30 hektar. Hutan ini merupakan salah satu dari 25 RPH di kota Jogja, dimana pada jumat, 28 September lalu terdapat sebuah pameran usaha kehutanan dan festival KPH nasional yang dibuka oleh Presiden Joko Widodo.

Spot Instagramable via IG @ayuanda.k

Spot Instagramable via IG @ayuanda.k

Objek Wisata di Sekitar Hutan Pinus Dlingo

  • Jurang tembelan
  • Seribu batu songgo langit
  • Pinus pengger
  • Watu goyang
  • Watu ngadek
  • Rumah hobbit mangunan
  • Gardu pandang pinus asri
  • Kebun buah mangunan
  • Bukit lintang sewu
  • Bukit panguk kediwung
  • Bukit mojo gumelem
  • Puncak becici
  • Tebing watu mabur
  • Air terjun randusari
  • Grojongan lepo dlingo

Tips Liburan ke Hutan Pinus Dlingo

Untuk tips yang akan kami berikan kepada anda yang pertama sebaiknya anda berhati – hati saat berkendara terutama yang memutuskan menggunakan motor, sebab jalanan akan sedikit licin ketika hujan mengguyur jalanan, selain itu jarak pandang juga akan terbatas  ketika lokasi wisata sedikit berkabut.

Bagi anda yang mengendarai mobil sebaiknya pastikan mesin mobil dalam kondisi prima dan kendaraan yang cukup tinggi,  sebab hutan pinus ini letaknya di perbukitan sehingga jalanan akan sedikit menanjak dan berkelok.

Usahakan juga pilih pengemudi yang berpengalaman. Letakkan pula kendaraan anda pada tempat parkir yang tersedia agar tetap aman. Ketika berkunjung pastikan anda membuang sampah ada tempat yang telah disediakan, agar kebersihan dan keindahan lokasi tetap terjaga dengan baik.

Hindari juga membuang puntung rokok sembarangan yang bisa menyebabkan kebakaran hutan. Tetap utamakan sopan santun anda ketika berada di lokasi wisata, hindari pula tindak asusila yang mampu mencoreng nama baik hutan pinus dlingo, terutama bagi para remaja yang datang berpasangan sebaiknya perhatikan etika kesopanan.

Apalagi tempat ini berada satu wilayah dengan makan raja mataram yang cukup disakralkan. Setelah anda makan atau minum buanglah bungkus makanan dan botol mineral pada tong sampah.

Hentikan pula tingkah – tingkah alay yang mampu merusak pemandangan di tempat ini seperti yang sering dilakukan pengunjung yang tidak bertanggung jawab dengan coretan – coretan terlihat di papan informasi. Sering kali terlihat beberapa tulisan yang kurang pantas. Kerusakan lain sering pula dilakukan dengan merusak kulit pohon yang sengaja mengukir nama berpasangan.

Sebaiknya tingkatkan kesadaran anda untuk turut menjaga dan turut melestarikan keindahan alam disekitar kita dengan stop perbuatan yang bisa merusak alam.

****

Demikianlah pesona hutan pinus dlingo yang wajib anda kunjungi. Kawasan ini didominasi oleh kabut yang cantik. Terdapat pula puluhan spot foto yang instagramable. Pastikan pula anda tetap menjaga norma kesopanan ketika berada di lokasi hutan, belum lagi hutan ini masih satu kawasan dengan makam para Raja mataram yang disakralkan. Selamat berkunjung, dan terima kasih.

Kunjungi juga yuk: Objek Wisata Air Terjun Kedung Pengilon Bantul

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!