PANTAI PARANGKUSUMO: Rute Lokasi, Harga Tiket Masuk Dll

Pantai Parangkusumo – Sebuah pantai dengan aroma mistis  tentang penguasa pantai selatan yaitu Nyi Roro kidul bukan hanya terdapat di pantai Parangtritis yang sudah sangat terkenal namun tetangganya juga mempunyai legenda yang sama dan tak kalah cantiknya yaitu pantai Parangkusumo.  Pantai ini dikenal dengan panorama sunsetnya yang jempolan.

Memang tak perlu di raguan lagi bahwa pantai parangtritis dan pantai parangkusumo  adalah tujuan wisata yang terkenal di Jogja. Keduanya memiliki gulungan ombak besar yang sama sehingga para pengunjung dilarang mandi di tempat ini. Keduanya juga merupakan pantai terdekat dari pusat kota Jogja.

Pantai parangkusumo dan pantai parangtritis serta pantai depok jika dilihat dari bibir pantai tidak terdapat pembatas yang jelas, hanya yang membedakannya adalah bentuk bangunan yang berbeda di bagian tepi daratannya.

Menuju pantai parangkusumo hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam dari pusat kota Jogja. Dengan jarak tempuh sekitar 30 KM dari tugu Jogja ditempuh pada waktu normal. pantai parangkusumo di anggap sakral oleh penduduk di pesisir selatan arena diyakini sebagai gerbang utama menuju istana pantai selatan.

Pantai Parangkusumo Nan Eksotis via Bonvoyagejogja

Pantai Parangkusumo Nan Eksotis via Bonvoyagejogja

Jangan lewatkan juga: Objek Wisata Pintu Langit Dahromo yang Lagi Hits

Lokasi Pantai Parangkusumo

Pantai parangkusumo letaknya cukup dekat dari pusat kota Jogja dengan waktu tempuh 1 jam menggunakan motor pada waktu normal, dan berjarak 30 KM dari pusat kota.

Letaknya berdekatan dengan pantai Parangtritis dan pantai Depok yaitu di jalan parangtritis. Untuk lebih lengkapnya kam akan memberi tahu lokasi tepatnya yaitu di sebelah selatan kota Jogja, desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya berdampingan dengan pantai Parangtritis dan pantai Depok.

Rute Menuju Lokasi Pantai Parangkusumo

Untuk rute menuju lokasi sangat mudah dilalui dengan jalan yang landai dan lebar, sangat nyaman dilalui. Anda bisa menggunakan sepeda motor, mobil, bahkan bus untuk sampai ke lokasi. Jalannya yang lebar memungkinkan bisa dilalui semua jenis kendaraan.

Loading...

Untuk sampai ke lokasi anda  tidak perlu takut tersesat sebab banyak papan petunjuk jalan yang dipasang di sana. Untuk mempermudah perjalanan anda juga bisa menempuh jalan secara manual dengan bantuan google maps.

Untuk anda yang penasaran dengan rutenya kami akan memberi gambaran rute menuju lokasi. dari jalan Malioboro lurus terus hingga menemukan perempatan ada titik Nol lalu ambil arah ke kiri jalan lurus terus hingga menemukan perempatan di jalan Gondomanan ambil arah kanan menuju jalan Brigjen Katamso.

Lalu jalan lurus terus hingga menemukan perempatan ambil arah menuju jalan parangtritis  jalan lurus terus mengikuti jalan Parangtritis sambil memperhatikan papan penanda sampai ke lokasi pantai.

Liburan Seru ke Pantai Parangkusumo Bantul

Liburan Seru ke Pantai Parangkusumo Bantul

Harga Tiket Masuk Pantai Parangkusumo

Untuk bisa menikmati indahnya pantai parangkusumo dengan panorama sunsetnya yang mempesona serta merasakan aura mistisnya anda hanya di kenakan tarif retribusi untuk mobil sebesar RP. 5000 sedangkan untuk motor sebesar Rp 1000 saja.

Harga tiket masuk yang sangat terjangkau bukan? Tak perlu ragu lagi ayo segera berkunjung ke pantai parangkusumo dan nikmati liburan anda di kota Jogja.

Tarif Parkir 

Di lokasi Pantai Parangkusumo juga disediakan area parkir kendaraan pengunjung. Jadi anda yang membawa kendaraan pribadi idak perlu bingung meletakkannya. Disana terdapat area parkir yang luas dan aman.

Untuk menitipkan kendaraan pribadi anda hanya dikenakan tarif untuk mobil Rp 5000 dan untuk sepeda motor Rp.2000.

Fasilitas di Pantai Parangkusumo

Fasilitas di pantai parangkusumo sangat lengkap sebab pantai ini sudah lama di buka dan sudah ada campur tangan pemerintah di dalamnya sehingga pembangunan lokasi ini terus diupayakan untuk mencapai hasil yang sempurna demi kenyamanan pengunjung.

Beberapa fasilitas yang ada:

  • Area parkir yang luas dan aman tempat pengunjung meletakkan kendaraan pribadinya
  • Masjid yang juga disediakan untuk pengunjung menjalankan ibadah
  • Toilet umum bisa digunakan dengan membayar hanya 2000 rupiah saja
  • Tempat sampah yang disediakan petugas agar pra pengunjung ikut menjaga kebersihan pantai
  • Warung makan di pinggir-pinggir pantai banyak menyediakan hidangan khas laut seperti cumi-cumi, udang, kepiting, kerang, serta masih banyak lagi menu lainnya.
  • Gazebo pantai bisa digunakan pengunjung untuk beristirahat sambil menikmati pesona laut parangkusumo
  • Payung besar warna-warni juga bisa digunakan oleh pengunjung untuk berteduh
  • Kios souvenir khas Jogja juga dijual disini. Bagi anda yang ingin membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah bisa membeli di toko pinggir pantai
  • Papan selancar yang bisa disewakan untuk pengunjung yang hobi berselancar air dan berselancar pasir  
  • Motor ATV disewakan dengan tarif Rp 50.000 / 15 menit
  • Delman juga disediakan disini sebagai sarana transportasi bagi pengunjung yang ingin berkeliling pantai yang dipasang tarif Rp. 20.000 sekali putaran.
  • Penginapan atau losmen

Simak juga: Keindahan Candi Gedong Songo Semarang yang Menakjubkan!

Cerita Mistis yang Beredar di Masyarakat 

Di balik pesona pantai parangkusumo yang menakjubkan tersimpan cerita mistis di dalamnya, bahkan cerita ini menjadi slh satu daya tarik tersendiri pantaai ini.

Setelah memasuki kompleks pantai nuansa sakral sudah mulai terasa.  Masyarakat pesisir pantai selatan mempercayai bahwa pantai parangkusumo merupakan pintu gerbang utama menuju istana laut selatan.

Di pinggir pantai dengan mudah dijumpai para pedagang bunga  dengan wangi kembang bunga setaman berpadu dengan kemenyan yang dibakar sebagai salah satu bahan sesajen.

Ketik masuk lebih dalam nuansa skral akan semakin terasa ketik sampai di Batu Cinta yang terletak di puri Cepuri yang dipenuhi dengan taburan kembang setaman dan serangkaian sesajen.

Batu Cinta diyakini sebagai tempat panembahan pertemuan Senopati dan Ratu Kidul dan membuat janji. Di batu sebelah utara dengan ukuran lebih besar Senopati duduk bertapa kemudian Ratu Kidul datang dan menghampiri  Senopati dengan duduk di bau sebelah selatan dengan ukuran yang lebih kecil.

Pertemuan keduanya memiliki cerita yang unik dan memberi pengaruh besar terhadap keraton Bale Sokodhomas yang dikuasai Ratu Kidul dengan keraton Yogyakarta. Pada awalnya tapa ngeli yang dilakukan senopati hanya untuk menyempurnakan ilmu  namun tiba-tiba badai menyerang pantai, pohon-pohon tercabut dari akarnya, air laut mendidih, serta ikan-ikan bertebaran di daratan.

Hal tersebut memancing ratu kidul untuk menampakkan diri menemui senopati di permukaan laut, namun tak disangkan justru Ratu Kidul jatuh cinta kepada Senopati.

Senopati memohon bantuan ratu kidul  untuk dapat memerintah Mataram. Untuk menyanggupi permintaan Senopati tersebut Ratu Kidul mengajukan persyaratan yaitu Senopati dan seluruh keturunannya mau menjadi suami Ratu Kidul. Akhirnya senopati menyetujui syarat tersebut dengan syarat lain yaitu dari pernikahan itu tidak menghasilkan anak.

Sebagai salah satu pecahan dari Mataram membuat keratin Yogyakarta memiliki hubungan yang erat dengan istana laut selatan.  Bukti dari kedekatannya bisa kita lihat dari berbagai ritual yang dilakukan keratin Yogyakarta seperti penguburan potongan kuku, rambut, serta pakaian sultan berlangsung dalam area Puri Cepuri.

Permohonan Senopati yang berhasil membuat banyak masyarakat percaya bahwa semua permintaan akan terkabul bila mau memanjatkan permohonan di dekat batu cinta.

Banyak yang menganggap ziarah ke batu cinta dapat membantu menumbuhkan kembali semangat hidup  serta melepaskan beban berat pada diri seseorang. Anehnya ratusan orang kerap datang pada hari-hari yang dianggap sakral ke batu cinta.

Kunjungi juga yuk: Objek Wisata Air Terjun Kedung Pengilon Bantul

Pesona Keindahan Pantai Parangkusumo

Pantai parangkusumo bersebelahan letaknya dengan pantai parangtritis dan pantai depok, bahkan jika dilihat dari bibir pantai ketiga laut tersebut tidak memiliki batas, yang membedakannya hanya bentuk bangunan tepi pantainya yang berbeda. Letaknya tak jauh dari pusat kota Jogja hanya sekitar 30 KM dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Setelah memasuki kawasan pantai parangusumo anda perlu membayar sejumlah uang retribusi dan biaya untuk parkir kendaraan anda.  Sesampainya disana anda akan disambut pasir hitam dan birunya laut lepas, dengan gulungan ombaknya yang besar  menambah eksotisnya pantai ini.

Pantai parangkusumo merupakan pantai yang dilalui gumuk pasir barchan yang langka. Ditempat ini anda bisa menikmati Susana padang pasir layaknya negeri Timur tengah.

Di gumuk pasir anda bisa berselancar sambil dipandu petugas atau lebih lebih terkenal dengan sebutan sendboarding. Parangkusumo selain memiliki pantai yang terkenal juga memiliki gumuk pasir parangkusumo yang telah kita bahas sebelumnya yang sangat terkenal, bahkan beberapa artis papan atas Indonesia kerap melakukan syuting video klip di gumuk pasir ini.

Pesona lain yang dimiliki pantai parangkusumo adalah pesona sunsetnya yang luar biasa. Menikmati langit senja sambil bersantai di tas hamparan pasir dan di depan mata terbentang lautan luas yang akan berubah warna menyerupai langit senja dengan mataharinya yang terbenam perlahan berubah menjadi jingga keemasan, sungguh suasananya yang sangat romantis sangat cocok dinikmati bersama pasangan. Di tempat itu anda juga bisa berfoto sepuasnya.

Bagi anda yang ingin berkeliling pantai juga disediakan penyewaan motor ATV yang dihargai Rp. 50.000 selama 15 menit serta terdapat juga delman yang bisa mengantar anda berkeliling dengan membayar Rp. 20.000 sekali putaran sambil menikmati semilir angin pantai parangkusumo.

Anda juga bisa bermain layang-layang bersama keluarga dengan bantuan angin yang bertiup kencang akan membawa layang-layang anda terbang tinggi dan anda juga bisa berteduh di bawah payung warna-warni yang tersedia disana.

Bagi anda yang belum ingin pulang setelah matahari terbenam bisa menikmati jagung bakar dan duduk santai di tikar yang disediakan. Terdapat juga berbagai penginapan dengan tipe yang berbeda bagi anda yang ingin menginap di lokasi sekitar pantai.

Menikmati Indahnya Sunset

Menikmati Indahnya Sunset via Bonvoyojogja

Menikmati Indahnya Sunset via Bonvoyagejogja

Pemandangan sore ketika matahari terbenam perlahan dan berubah jingga keemasan di pantai parangkusumo  juara banget pokoknya,  sambil menikmati kopi hangat dan jagung bakar semakin membuat suasana makin romantis. Terdapat juga senja merah di pantai ini  pada bulan Juni hingga Agustus.

Kunjungi juga: Wisata Alam Pantai Pelangi Bantul yang Lagi Hits

Objek Wisata di Sekitar Pantai Parangkusumo

Selain mengunjungi pantai ini, kamu juga bisa liburan ke objek wisata lainnya, berikut ini diantaranya:

1. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis via duniatraveling

Pantai Parangtritis via Duniatraveling

Pantai ini paling dekat lokasinya dengan pantai parangkusumo. Keduanya masih dalam satu garis, bahkan air laut keduanya tidak memiliki garis pembatas. Pantai ini tak pernah sepi pengunjung.

Pantai parangtritis juga salah satu pantai yang kental akan pesona mistis ratu pantai selatan. Selain itu berbagai kegiatan seru lainnya juga bisa anda nikmati seperti berkeliling menggunakan ATV, delman, bermain layang-layang, berjemur, berselancar air dan pasir, serta masih banyak lagi kegiatan lainnya. Pantai ini juga memiliki gumuk pasir yang bisa dijadikan area sendboarding.

2. Gumuk Pasir

Keindahan Gumuk Pasir Parangkusumo

Keindahan Gumuk Pasir Parangkusumo

Indonesia salah satu Negara beruntung  yang memiliki gumuk pasir langka bertipe barchan tepatnya berada di kota Jogja. Ditempat ini anda bisa berselancar di atas gundukan pasir seperti yang ada di Timur tengah.

Tempat ini juga kerap dijadikan background pembuatan video klip, atau foto praweding. Selain itu anda juga bisa duduk santai di ayunan yang telah disediakan sambil berfoto selfi.

3. Pantai Depok

pantai depok jogja

pantai depok jogja

Salah satu pantai yang masih berada satu garis dengan pantai parangkusumo adalah pantai Depok. Di pantai ini memiliki wisata unggulan yaitu wisata kuliner yang beraneka ragam. Terdapat banyak restoran laut dengan berbagai menu.

Simak selengkapnya: Pantai Depok Bantul

4. Gardu Action

Kawasan ini memiliki lokasi pengolahan sampah sekaligus anda bisa belajar mengolah sampah dengan baik. Namun mesti sampah identik dengan bau dan kotor, sampah ditempat ini dipasang sebagai instalasi seni yang sangat menarik dan cocok dijadikan spot foto. Tak ada kesan kotor atau kumuh sedikitpun ditempat ini.

5. Landasan Paralayang Watugupit

Watugupit terletak tak jauh dari pantai parangkusumo. Watugupit ini berada di dekat tebing parangendong. tempatnya datar dan sering dijadikan lokasi landasan olahraga paralayang.

Dari atas paralayang anda bisa menikmati indahnya pantai parangkusumo dan sekitarnya. Dari ketinggian ini anda juga bisa menikmati sunset di sore hari sungguh suasana yang romantis.

***

Demikianlah artikel mengenai pantai parangkusumo yang menyimpan pesona mistis, serta memiliki pesona sunset yang luar biasa. Tempat ini sangat cocok anda kunjungi bersama keluarga untuk menghilangkan kepenatan  setelah beraktivitas selama ini. Lebih da kurang kami mohon maaf dan terimakasih.

Jangan lewatkan juga: https://tempatwisataseru.com/pantai-baros-bantul-harga-tiket-masuk-fasilitas-hingga-spot-foto/Pantai Baros Bantul

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!