Wisata Alam Pantai Pelangi Bantul yang Lagi Hits

Pantai pelangi sudah dibuka pada tahun 2009 lalu namun hingga saat ini masih belum banyak yang mengetahui tempat wisata yang berada di kota Jogja ini.

Letaknya berdekatan dengan sederet destinasi wisata terkenal lainnya seperti pantai Parangtritis, pantai Depok, serta Gumuk Pasir Parangkusumo. Kawasan ini awalnya bagian dari pemekaran parangtritis untuk menghindari penumpukan pengunjung di tempat itu.

Meski belum begitu banyak dikenal orang seperti tetangganya yang lebih dulu tenar namun keindahan pantai pelangi tidak perlu diragukan lagi. Pantai ini memiliki pantai yang landai dengan ombak yang tenang sangat cocok bagi anda yang suka bermain air. Bagi anda yang sudah jauh-jauh mengunjungi Bantul rugi jika tak mampir ke pantai pelangi nan cantik

Lokasinya tak jauh dari pusat kota Jogja hanya sekitar 1 jam di tempuh menggunakan motor. Lokasinya juga sangat mudah ditemui sebab berada di dekat banyak destinasi wisata keren lainnya. Anda bisa Melakukan banyak kegiatan ditempat ini.

Pantai pelangi merupakan panti buatan di tepian danau Ranau. Pantai ini berbentuk menyerupai pantai ini dibuat bak pantai pada umumnya memiliki pasir pantai sekitar 300 meter serta terdapat sejumlah atribut di pinggir pantai sangat cocok dijadikan spot foto yang menarik. Terdapat pula sejumlah calon pengantin yang melakukan foto preweding di tempat itu.

Pantai Pelangi Bantul via Wixsite

Pantai Pelangi Bantul via Wixsite

Lokasi Pantai Pelangi 

Pantai pelangi berada tak jauh dari pusat kota Jogja  hanya berjarak kurang lebih 1 jam menggunakan motor. Tepatnya berada di sebelah Timur pantai depok dan merupakan pemekaran dari pantai Parangtritis.

Akses jalan yang dilalui juga sangat mudah, landai dan lebar sehingga sangat nyaman untuk dilalui. Untuk sampai ke lokasi wisata anda bisa menggunakan sepeda motor, mobil, bahkan bus pariwisata juga bisa masuk karena janalannya yang lebar.

Lokasi tepatnya berada di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Jogjakarta. Anda juga bisa mencoba mencari lokasi ini di Googe maps untuk mempermudah menuju lokasi.

Loading...

Kunjungi juga: Wisata Alam Air Terjun Randusari Dlingo Bantul

Rute Menuju ke Pantai Pelangi

Untuk sampai ke lokasi pantai pelangi sangat mudah sebab tempatnya tak begitu jauh dari pusat kota Jogja. Dari kota Jogja anda ambil arah menuju jalan Parangtritis lalu lurus terus ke selatan hingga sampai di papan tanda lokasi pantai berada.

Anda tak perlu takut tersesat sebab di pinggir jalan banyak di pasang papan petunjuk jalan yang akan mengarahkan anda ke lokasi pantai. Jika anda masih ragu silahkan share lokasi di google maps pada ponsel pintar yang anda miliki, anda hanya perlu mengikuti petunjuk jalan yang ada.

Rute menuju lokasi pariwisata juga sangat mudah dengan jalan yang landai dan lebar bisa dilalui kendaraan apa saja.

Transportasi 

Transportasi menuju lokasi pantai tidaklah sulit anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Selain itu bagi anda yang menyewa bus pariwisata juga bisa masuk hingga ke lokasi. Bagi anda yang berasal dari luar kota atau luar negeri dan takut nyasar sebaiknya  ikuti arah dari google maps yang terpasang di smartphone anda

Bagi anda yang memilih menggunakan transportasi umum ada bisa naik bus dari Kota Jogja dan berhenti di terminal bus kota Bantul. Setelah itu lanjutan perjalanan menggunakan ojek menuju desa Parangtritis menuju lokasi pantai pelangi.

Harga Tiket Masuk Pantai Pelangi

Untuk masuk ke lokasi pantai anda hanya perlu membayar biaya retribusi sebesar Rp. 5000 untuk mobil dan Rp. 2000 untuk motor.

Untuk bisa menikmati pantai buatan nan cantik ini anda hanya perlu membayar biaya yang sangat murah bukan? Nah tunggu apa lagi ayo segera datang ke pantai pelangi dan ikut serta membantu melestarikan destinasi alam Negeri kita.

Ketika berkunjung ke tempat itu jangan lupa untuk menjaga kebersihan lingkungan pantai sebab banyak sumber yang mengatakan di tepi pantai banyak sampah yang berserakan.

Jangan lewatkan juga: Objek Wisata Pintu Langit Dahromo yang Lagi Hits

Pantai Pelangi Jogja via Tribunnews

Pantai Pelangi Jogja via Tribunnews

Tarif Parkir

Sama seperti destinasi wisata pada umumnya yang menyediakan berbagai fasilitas salah satu area parkir, tempat ini juga menyediakan area parkir tempat meletakkan kendaraan pribadi anda.

Tarif parkir untuk roda empat atau mobil hanya di bandrol Rp. 5000 dan untuk kendaraan roda dua atau motor di bandrol Rp. 2000 saja. Pokoknya untuk masuk ke tempat ini tidak akan merogoh kantung anda terlalu dalam.

Jam Operasional 

Tempat ini bisa anda kunjungi kapan saja sesuai keinginan anda sebab lokasi pantai dibuka 24 jam. Namun jika anda berada di tempat ini terlalu larut sebaiknya hati-hati sebab kencangnya  angin laut di malam hari sangat berbahaya bagi tubuh.

Sebaiknya tetap berkunjung di waktu-waktu yang wajar saja. Tempat ini pada musim liburan dan weekend sangat ramai dikunjungi wisatawan, nah sebaiknya ada menghindari datang di hari libur.

Pantai ini Memiliki Bibir yang Landai 

Meski pantai ini bertetangga dengan pantai Parangtritis dan pantai Depok namun strukturnya sangat berbeda. Tempat ini memiliki bibir pantai yang landai, dengan ombak yang cukup besar.

Sangat cocok de bagi anda yang suka bermain air dan pasir. Selain itu anda bisa bermain selancar air di tempat ini, namun harus berhati-hati ketika anda sedang bermain di tempat ini sebab disekitar lokasi belum disediakan regu pengawas yaitu Tim SAR.

Wisata terkait: Liburan ke Ekowisata Jatisari Dlingo Bantul Yogyakarta

Spot untuk Menikmati Golden Sunset Terbaik 

Meski kepopuleran tempat ini belum  sepopuler tetangganya namun keindahan yang disuguhkan pantai pelangi ini tidak kalah dengan destinasi wisata pantai yang sudah lebih dulu terkenal. Tempatnya yang tenang sangat cocok dijadikan lokasi menikmati sunset di kala senja.

Tempat yang sempurna untuk menikmati indahnya matahari tenggelam perlahan dan berubah warna menjadi jingga keemasan, di atas hamparan laut luas membuat suasana semakin romantis sangat cocok dinikmati bersama pasangan dan orang terdekat anda.

Sunset di Pantai Pelangi via Twitter

Sunset di Pantai Pelangi via Twitter

Fasilitas di Pantai Pelangi

Beberapa fasilitas juga disediakan di pantai pelangi agar para pengunjung merasa nyaman. Meski masih minim fasilitas namun sudah cukup membuat pengunjung nyaman. Berikut beberapa fasilitas yang disediakan seperti:

  • Area parkir yang luas dan aman untuk meletakkan kendaraan pribadi para pengunjung
  • Mushola juga disediakan bagi pengunjung yang ingin menjalankan ibadah
  • Kamar mandi atau toilet bisa anda gunakan dengan membayar 2000 rupiah saja
  • Tempat istirahat atau gazebo di sediaan untuk pengunjung beristirahat dan meletakkan barang bawaannya sambil menikmati indahnya pantai dan laut lepas
  • Warung makan pinggir pantai juga tersedia di tempat ini dengan berbagai menu laut yang lezat
  • Tempat sampah bisa digunakan pengunjung untuk membuang sampah agar tidak sembarangan membuang sampah
  • Penginapan juga anda buat anda yang tidak puas hanya berlibur sehari dengan harga yang relatif terjangkau.

Daya Tarik Pantai Pelangi yang Menggoda

Pantai pelangi merupakan pantai buatan dan pemekaran dari pantai Parangkritis. Pantai ini berada di deretan destinasi terkenal di Kota Jogja. Rute menuju lokasi ini sangat mudah dengan jalan yang landai dan lebar membuat perjalanan menjadi nyaman.

Setelah memarkirkan kendaraan anda langsung di sambut pasir hitam yang menjadi ciri khas tempat ini dan laut lepas yang sangat indah.

Terlihat juga berbagai atribut terpasang di pinggir pantai yang sangat cocok dijadikan spot foto. Banyak juga yang menjadikan tempat ini sebagai tempat foto preweding.  

Anda juga bisa berselfi ria di tempat ini untuk memenuhi galeri liburan anda. Pantai pelangi memiliki bibir pantai yang landai sangat cocok bagi anda bermain air namun tetap harus berhati-hati sebab  ombak ditempat ini cukup besar. Selain itu belum disekitr lokasi disediakan regu penyelamat seperti Tim SAR.

Tak cukup sampai disitu pesona pantai pelangi ketika senja tiba anda akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa ketika matahari terbenam perlahan dan berubah warna menjadi jingga keemasan dan terlihat seperti tertelan di ujung laut sungguh suasana yang sangat romantis. Anda juga bisa mengabdikan indahnya sunset di atas lautan lepas ini menggunakan kamera dijamin aslinya bakalan sempurna.

Selain itu yang menjadi daya tarik utama tempat ini bukan hanya pemandangan alamnya yang mempesona serta keindahan sunsetnya namun tempat ini adalah lokasi pelepasan tukik untuk anak penyu.

Pelepasan Anak Penyu di Pantai Pelangi Bantul via Bantulkab

Pelepasan Anak Penyu di Pantai Pelangi Bantul via Bantulkab

Kegiatan yang bertujuan melestarikan penyu ini diadakan oleh komunitas relawan penyelamat penyu dengan mengundang berbagai lapisan masyarakat untuk datang ke pantai ini untuk mengikuti kegiatan pelepasan penyu.

Pada waktu-waktu tertentu di musim kawin para penyu akan naik ke daratan dan bertelur di sekitar lokasi pantai. Penyu-penyu yang naik ke daratan awalnya dilahiran di penangkaran lalu dilepas ke lautan.

Pada awalnya semua telur yang ditinggalkan para induk penyu banyak diburu manusia dan hewan pemangsa. Namun sekarang di selamatkan ole tim Konservasi  dan mendirikan lokasi penangkaran untuk menetasan tukik atau anak penyu.

Tempat penangkarannya memang sederhana sangat jauh dari kesan mewah, tempatnya juga tidak terlalu besar, namun cukup untuk menyelamatkan semua telur penyu yang ditinggalkan. Setelah semua telur menetas dan menjadi anak penyu dirawat hingga cukup dewasa kemudian siap dilepas kembali ke lautan.

Acara pelepasan penyu sudah menjadi agenda tahunan di tempat ini yang dihadiri berbagai kalangan masyarakat. Meski tak ada jaminan semua penyu tersebut selamat dan kembali  setidaknya upaya dari Tim relawan cukup membantu melestarikan penyu yang sempat terancam.

Jangan lewatkan juga: Keindahan Candi Gedong Songo Semarang yang Menakjubkan!

Saran & Tips Liburan Kesini!

Sebelum anda mengunjungi pantai pelangi ada beberapa saran dan tips dari kami agar perjalanan anda menyenangkan.  berikut beberapa saran dan tips seperti:

  • Pastikan kondisi cuaca saat itu bersahabat dan tidak mendung sebagai tanda-tanda akan turun hujan agar tidak menghalangi perjalanan anda
  • Jangan lupa siapkan beberapa perbekalan seperti minuman, makanan, obat-obatan, minyak angin, dsb
  • Untuk anda yang suka berfoto pastikan di tas anda tersedia kamera untuk mengabadikan momen-momen indah bersama orang-orang tercinta.
  • Pastikan kondisi fisik anda fit
  • Kondisi kendaraan anda juga perlu di cek jangan sampai kesalahan teknis menghalangi liburan anda bersama keluarga.
  • Tetap berhati-hati ketika sampai di lokasi wisata pastikan anda menjaga kondisi anda dengan baik
  • Buanglah sampah pada tempat yang sudah disediakan di tempat itu untuk membantu menjaga kebersihan dan keindahan tempat itu.

Objek Wisata di Sekitar Pantai Pelangi

Joga memang rajanya destinasi wisata alam. Di Kabupaten Bantul saja terdapat pulau tempat wisata salah satunya pantai pelangi. Disekitar pantai pelangi juga masih bayak lagi lokasi wisata yang keren. Berikut beberapa wisata di dekat pantai pelang:

  • Pantai Parangtritis berada dekat pantai pelangi memiliki destinasi alam yang menakjubkan dengan ombaknya yang besar serta berbagai aktivitas bisa dilakukan di tempat itu seperti berselancar air, berselancar pasir, berkeliling menggunakan ATV, delman dan kuda.
  • Pantai Depok
  • Gumuk pasir parangkusumo memiliki pasir yang langka hanya terdapat di dua Negara yaitu Indonesia dan Meksiko.
  • Gumuk pasirnya bertipe barchan
  • Pantai parangkusumo
  • Pantai cemara sewu Bantul Yogyarta
  • Pemandian air panas parang wedang
  • Pantai pandan sari
  • Bukit paralayang, watugupit
  • Pesona pengklik pantai samas
  • Pantai goa cemara
  • Wisata alam kelok 18

Hotel di Dekat Pantai Pelangi

  • Greenest Boutigue Hotel dengan tarif Rp. 529.368 / kamar/ malam
  • Horison Lynn Yogyakarta dengan tarif Rp. 351.232 /kamar/ malam
  • Hotel Indies Heritage Prawirotaman degan tarif Rp. 534.599 /kamar/ malam
  • Queen Of Te South dengan tarif Rp. 813.533 / kamar/ malam

****

Demikianlah ulasan mengenai pantai pelangi nan indah dan mempesona. Tempat itu juga menjadi tempat penangkaran penyu yang bertujuan membantu melestarikan para penyu. Kurang dan lebih kami mohon maaf. Selamat berkunjung.

Kunjung juga yuk: Objek Wisata Air Terjun Kedung Pengilon Bantul

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!