Liburan Seru ke Objek Wisata Pantai Pandansari Bantul

Pantai Pandansari – Kabupaten Bantul, Yogyakarta, memang menjadi tujuan wisata keren. Ada banyak sekali destinasi alam yang mengagumkan, semakin hari, semakin banyak lagi bermunculan tempat wisata baru yang terus digali potensi akan menambah deretan tempat wisata di Kabupaten ini.

Salah satu destinasi wisata kota ini adalah pantai pandansari. Di daerah pandansari bukan hanya terkenal dengan air terjunnya saja yang bernama air terjun pandansari, namun pesona pantai pandansari juga patut diperhitungkan sebagai tempat wisata favorit.

Jika anda berkunjung ke Kota gudeg ini tak ada salahnya mampir ke pantai pandansari dan juga deretan destinasi keren lainnya seperti pantai parangtritis, pantai depok, pantai samas, kebun buah mangunan, puncak becici, serta masih banyak lagi tempat keren lainnya.

Pantai pandansari terletak tidak begitu jauh dari pusat kota Jogja dengan rute yang sangat mudah dilalui serta akses jalan yang mudah.untuk sampai ke tempat itu anda bisa naik motor atau mobil, bahkan bisa naik bus sebab jalan menuju lokasi sangat lebar.

Pantai pandansari dilengkapi dengan sebuah bangunan mercusuar yang menjadi salah satu daya tarik tempat ini.belum lagi kebun buah naga yang membentang membuat para wisatawan semakin penasaran. Tak heran jika banyak wisatawan asing maupun domestik berbondong-bondong datang ke tempat ini.

Para pengunjung juga bisa mendaki hingga ke puncak mercusuar yang merupakan mercusuar satu-satu – satunya di kawasan pantai di Jogja yang bisa didaki hingga puncak. Nah penasaran dengan pesona pantai pandansari mari kita lihat ulasannya di bawah ini:

Lokasi Pantai Pandansari

Pantai pandansari terletak di deretan wisata keren lainnya yang lebih dulu tenar seperti pantai samas, pantai kuwaru, pantai pandansimo sehingga saat anda mengunjungi pantai pandansari bisa langsung berkeliling ke tempat-tempat wisata lainnya.

Pantai ini berada tak jauh dari pusat kota Jogja. Letaknya di Dusun Wonoroto, Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55763, Indonesia.

Lokasi ini cukup populer dan sangat mudah dicari. Untuk mengetahui letaknya secara pasti anda bisa searching di Google. Untuk sampai ke tempat ini dianjurkan membawa kendaraan pribadi sebab tidak ada angkutan umum menuju lokasi.

Loading...

Mampir juga kesini: Pantai Baros Bantul

Rute Menuju ke Lokasi Pantai Pandansari

Nah setelah kita mengetahui alamat pantai ini secara pasti sekarang kita akan melihat rute menuju lokasi. Rutenya dijamin nyaman dengan jalur yang rata sehingga sangat mudah dilalui.

Jika anda berada di pusat Kota Jogja lalu mulai jalan menuju jalan Bantul setelah melewati jalan Bantul hingga sampai ke kota Bantul nya anda bisa mengambil jalan menuju arah selatan menuju jalan Samas Bantul. Jalan terus hingga sekitar 12 KM anda akan sampai di area retribusi kawasan pantai samas.

Nah retribusi ini merupakan retribusi untuk semua pantai yang berada di kawasan pantai Samas salah satunya pantai pandansari.

Nah untuk biaya masuk ke pantai pandansari anda perlu membayar biaya retribusi terlebih dahulu. Setelah membayar biaya retribusi silahkan melanjutkan perjalanan menuju pantai pandansari kemudian anda akan menemukan jembatan jalan terus sampai menemukan pertigaan anda bisa mengambil arah barat ataupun lurus untuk bisa sampai ke lokasi wisata.

Harga Tiket Masuk Pantai Pandansari

Untuk bisa menikmati keindahan alam di pantai pandansari yang memiliki banyak spot foto menarik dengan pesona pantainya yang menawan, serta masih banyak lagi keunggulan lainnya dari lokasi ini anda hanya perlu membayar biaya retribusi Rp. 5000 untuk kendaraan roda empat atau mobil.

Sementara Rp. 2000 saja untuk kendaraan roda dua atau motor, sedangkan untuk tiketnya sendiri di bandrol Rp. 3000 per orang.  Namun jika anda ingin masuk ke mercusuar anda harus membayar tiket masuknya dengan harga yang sangat terjangkau.

Kunjungi juga yuk: Objek Wisata Air Terjun Kedung Pengilon Bantul

Jam Operasional

Untuk kabar baiknya pantai pandansari ini dibuka 24 jam tanpa jam istirahat dan tanpa hari libur. Anda bisa berkunjung kapan saja sambil menikmati indahnya sunrise di pagi hari hari serta romantisnya sunset di sore hari sambil menikmati secangkir kopi hangat dan makanan ringan bersama orang-orang tercinta.

Fasilitas di Pantai Pandansari

Meski pantai pandansari belum setenar para tetangganya seperti pantai samas, pantai parangtritis, namun untuk urusan fasilitas tempat ini sudah cukup lengkap. Pembangunan demi pembangunan juga terus dilakukan untuk memberi kenyamanan pada pengunjung. Berikut beberapa fasilitas umum di tempat ini:

  • Area parkir yang dilengkapi dengan beberapa petugas parkir demi keamanan dan kenyamanan pengunjung
  • Tempat sampah juga disediakan di sudut-sudut lokasi demi menjaga keindahan dan kebersihan pantai
  • Toilet umum bisa digunakan pengunjung dengan membayar Rp 2000 sekali pakai
  • Mushola juga ada di sekitar lokasi
  • Warung makan pinggir pantai menjual beberapa makanan dan minuman, meski ala kadarnya namun cukup untuk membuat pelanggan nyaman
  • Gardu pandang juga disediakan bagi pengunjung untuk beristirahat sembari menikmati bekal makanan yang dibawa
  • Kursi-kursi dari bambu
  • Spot foto yang cantik juga banyak ditempat ini, dijamin anda bisa berselfie sepuasnya
  • Sebuah mercusuar satu-satunya yang ada di kawasan pantai Jogja

Menikmati Keindahan Pantai dari Mercusuar Kalajivamasti

Menikmati Keindahan Pantai dari Mercusuar Kalajivamasti

Menikmati Keindahan Pantai dari Mercusuar Kalajivamasti

Salah satu kebanggaan yang dimiliki pantai pandansari adalah sebuah mercusuar yang berdiri kokoh dan merupakan satu-satunya mercusuar yang ada di wilayah pantai di Kota Jogja. Ketinggian mercusuar ini lebih dari 40 meter dan dilengkapi dengan deretan anak tangga yang melingkar dari bawah hingga ke puncak mercusuar.

Mercusuar kalajivamasti baru mulai digunakan pada tahun 1997 setelah pembuatannya rampung pada tahun 1996. Mercusuar ini dibangun sebagai rambu atau tanda untuk kapal yang berlayar di malam hari. Untuk bisa masuk dan naik hingga ke puncak suar kita perlu membayar tiket masuk Rp. 5000 per orang yang digunakan untuk biaya kebersihan.

Untuk bisa sampai ke puncak suar anda perlu menaiki puluhan anak tangga. Bagi anda yang takut ketinggian dan anak-anak diharap waspada dan berhati-hati. Puncak mercusuar ini berada di ketinggian kurang lebih 3 meter dengan lebar 0,5 meter x 0,5 meter.

Setelah sampai di puncak suar anda akan disuguhkan pemandangan yang sangat menarik. Dari puncak suar kita dapat melihat deretan pantai-pantai indah yang membentang mulai dari Kabupaten Bantul hingga kabupaten Kulonprogo. Pemandangan seperti itu sungguh sangat jarang terjadi.

Selain itu kita akan disuguhi pemandangan indah lainnya yang berupa hamparan hutan cemara yang hijau dan mengagumkan. Tempat ini sangat cocok dijadikan spot foto menarik dengan berbagai keindahan di sekitarnya. Tidak seperti area panai yang dibuka 24 jam, mercusuar ini hanya di buka sampai magrib saja.

Lihat Keindahan Pantai Pandansari Dari Atas Mercusuar via Bakpia25

Lihat Keindahan Pantai Pandansari Dari Atas Mercusuar via Bakpia25

Tambah Seru Lagi Main ke Hutan Cemara

Pantai pandansari juga menyajikan keindahan alam lainnya yang tak kalah mempesonanya dibanding mercusuar, yakni terdapat sebuah area yang ditumbuhi pohon cemara. Hutan cemara membentang di sepanjang pantai pandansari. Hutan ini sangat cocok dijadikan spot foto yang cantik.

Anda bisa mengabadikan momen-momen indah bersama keluarga. Terdapat juga beberapa burung yang bertengger di ranting pohon sambil bernyanyi merdu menambah keindahan tempat ini.

Di lokasi hutan cemara juga bisa dijadikan tempat berteduh dari teriknya matahari serta sangat cocok untuk menikmati bekal makanan yang anda bawa. Hutan cemara menunjukkan pesonanya baik di musim penghujan maupun di musim kemarau. Ketika musim hujan pohon cemara akan tampil dengan daunnya yang lebat, lebar dan hijau sangat indah dipandang.

Ketika musim kemarau tiba pohon cemara akan menampilkan keindahan ranting dengan daun yang berguguran menambah eksotis tempat ini akan terasa seperti musim gugur di Negara Jepang. Keindahan musim gugurnya bisa anda manfaatkan sebagai background foto preweding.

Ada juga Agrowisata Buah Naga

Di sekitar pantai pandansari juga terdapat sebuah agrowisata kebun buah naga. Buahnya yang merah dan segar sangat menggugah selera. Tempat ini juga menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan.

Para pengunjung pantai bisa sekalian menikmati pemandangan kebun buah naga dan berfoto disekitar lokasi kebun, sambil berbelanja buah untuk oleh-oleh. Anda juga bisa duduk santai sambil menikmati kesegaran buah naga sambil duduk di kursi beton yang disediakan disebelah kebun. Selain itu terdapat pula kamar mandi umum di tempat itu.

Menyaksikan Sunrise dan Sunset yang Amazing

Menikmati Sunset di Pantai Pandansari via IG @fathan_anwarudin

Menikmati Sunset di Pantai Pandansari via IG @fathan_anwarudin

Pantai pandansari merupakan salah satu tempat sempurna untuk menikmati sunrise di pagi hari serta sunset di sore hari. Ketika matahari terbit di pagi hari dengan menyajikan kesegaran anginnya serta matahari yang mulai menampakkan diri secara perlahan serta langit merah mudanya menjadi pemandangan yang istimewa dan sempurna. Anda bisa menikmati indahnya sunrise dari bibir pantai, mercusuar, kebun buah naga, serta dari hutan cemara.

Tak kalah menakjubkannya pemandangan sore hari ketika matahari terbenam perlahan dan berubah menjadi jingga keemasan seolah terlihat di ujung laut membuat suasana terlihat sangat romantis. Ketika berkunjung ke pantai pandansari anda bisa menikmati berbagai keindahan yang tidak ditawarkan pantai lain.

Mulai Lapar? Ada Tempat Makan Enaknya Juga!

Untuk urusan wisata kuliner tempat ini belum begitu banyak warung yang menyediakan menu hidangan laut seperti kakap, gurame, kepiting, kerang, cumi-cumi, gurita, dsb yang ditawarkan di pantai lain.

Hanya terdapat beberapa warung yang menyediakan makanan dan minuman ringan saja. Untuk itu bagi pengunjung dianjurkan untuk membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah.

Jangan lewatkan juga: Objek Wisata Bukit Panguk Kediwung Bantul

Pesona Keindahan Pantai Pandansari

Keindahan Pantai Pandansari via niqmahpalupi.blogspotcom

Keindahan Pantai Pandansari via niqmahpalupi.blogspot.com

Setelah melakukan perjalanan kurang lebih 1 jam tibalah kita di lokasi wisata pantai pandansari. Sesampainya di lokasi terlihat pengunjung yang tengah duduk santai menikmati deburan ombak laut yang kencang dengan bibir pantai yang curam.

Hembusan angin yang kencang dengan pasir hitam yang membentang di sepanjang pantai menjadi ciri khas tempat ini. Lautnya yang biru membentang seolah tanpa batas menambah keindahan tempat ini.

Terlihat juga beberapa pengunjung yang berlarian kecil di atas pasir hitam berusaha menerbangkan layang-layangnya bersama keluarga. Kencangnya hembusan angin membuat layang-layang mereka cepat sekali terbang. Inilah salah satu kegiatan yang bisa anda lakukan bersama keluarga di pantai pandansari.

belum lagi keindahan sunrise serta sunsetnya yang sempurna bisa anda nikmati ketika anda datang pada waktu yang tepat. Anda juga bisa menikmati indahnya panorama pantai sambil menikmati makanan yang disediakan warung pinggir laut serta menikmati kesegaran air kelapa muda.

Ditempat ini juga terdapat berbagai spot foto keren yang sayang anda lewatkan. Beberapa jepretan terbaik bisa anda ambil dari atas mercusuar dengan pemandangan laut, hutan cemara, serta pemukiman penduduk yang menawan. Spot foto di atas mercusuar ini akan semakin sempurna saat matahari terbit serta matahari terbenam.

Spot foto berikutnya yaitu di lokasi hutan cemara.Di hutan cemara yang lebat dan hijau serta puluhan burung hidup disana membuat hutan ini sangat cocok dijadikan background foto. Tempat ini juga sering dijadikan lokasi foto praweding.

Tak heran jika pengunjung datang berbondong-bondong ke lokasi ini ingin menikmati keindahan pantai, serta berbagai keindahan lainnya. Sebagian pengunjung datang untuk sekedar menghilangkan lelah dari rutinitas harian, atau untuk menyegarkan pikiran dari beban pekerjaan yang berat serta tugas kuliah yang menumpuk.

Melepas Penat di Pantai Pandansari via Youtube

Melepas Penat di Pantai Pandansari via Youtube

Kunjungi juga yuk: Liburan Seru ke Desa Wisata Tembi Bantul

Objek Wisata di Sekitar Pantai Pandansari

Setelah puas menikmati keindahan pantai pandansari serta hutan cemara dan mercusuarnya anda disarankan untuk mengunjungi beberapa lokasi wisata di sekitarnya. Berikut ulasannya:

Ada Banyak Tempat Menginap Juga!

Bagi anda yang berniat bermalam di sekitar pantai pandansari terdapat juga beberapa penginapan yang bisa anda jadikan pilihan. Harga yang ditawarkan berbeda-beda dengan kenyamanan yang berbeda pula. Berikut penjabarannya:

  • Queen Of The South Beach Resort dengan tarif Rp. 1.045.000/ kamar/ malam
  • Puri Brata Resort & Galery dengan tarif Rp. 550.000/ kamar/ malam
  • Hotel Budi Inn 1
  • Syaria Pondok Wisata Parangtritis
  • The Journey Hotel dengan tarif Rp. 332.000/ kamar/ malam
  • Adhisthana Hotel dengan tarif Rp. 350.000/ kamar/ malam
  • Joglo Aruna dengan tarif Rp. 105.000/ kamar/ malam
  • Blue Garden Yogyakarta dengan tarif Rp. 499.000/ kamar/ malam
  • Paddy D-sawah Guest house dengan tarif Rp. 160.000/ kamar/ malam
  • D-Omah Hotel Yogya dengan tarif Rp. 735.365/ kamar/ malam

 

Itulah ulasan mengenai pantai pandansari yang terletak di kabupaten bantul yang memiliki pesona pantai luar biasa serta berbagai wisata lain seperti mercusuar, hutan cemara, kebun buah naga, serta yang lainnya. Tempat ini sangat cocok dikunjungi ketika liburan tiba. Selamat berkunjung.

Kunjungi juga yuk: Bukit Bego Imogiri: Tempat Wisata Hits di Bantul

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!