45 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru 2019

Tempat Wisata di Kulon Progo – Bahasan seputar aktivitas liburan memang tidak pernah ada habisnya. Tempat wisata lama belum sempat dikunjungi, sudah ada lagi tempat wisata baru yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi.

Nah, berbicara mengenai tempat wisata, pada kesempatan kali ini tim penulis blog Tempatwisataseru.com akan membahas tempat wisata di salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Yogyakarta. Nama kabupaten tersebut adalah Kulon Progo.

Kulon Progo merupakan salah satu wilayah Kabupaten di Provinsi DIY yang sangat kaya akan objek wisata. Objek wisata di Kulon Progo tergolong sangat lengkap. Dari mulai wisata pantai, wisata pegunungan, wisata air terjun, sampai dengan wisata sejarah, semuanya tersedia dan bisa dikunjungi di sini.

Secara geografis, Kulon Progo berbatasan secara langsung dengan daerah Purworejo yang kaya akan objek wisata alam pegunungan, daerah Magelang yang kaya akan objek wisata sejarah, daerah Bantul yang kaya akan objek wisata pantai, dan Samudera Hindia yang terkenal akan ombaknya yang ganas.

Menurut data yang kami kutip dari Wikipedia, Kulon Progo memiliki luas total sekitar 586, 3 km persegi. Di luas wilayahnya tersebut, ada sekitar 404 ribu penduduk yang tersebar di terkonsentrasi di daerah Wates.

Tempat Wisata di Kulon Progo yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

Jika saat ini Anda sedang berencana untuk melangsungkan liburan di Daerah Jawa, terutama DIY, Anda kami sarankan untuk turut memasukkan Kab. Kulon Progo ke dalam list daerah tujuan wisata Anda.

Beberapa tempat wisata menarik di Kulon Progo yang bisa Anda kunjungi adalah sebagai berikut:

1. Kalibiru

Wisata Alam Kalibiru

Wisata Alam Kalibiru

Kalibiru merupakan salah satu tempat wisata hits di Kulon Progo Yogyakarta. Di sekitaran Tahun 2014 yang lalu, tempat wisata ini berhasil menjadi trending topik di internet berkat jepretan panorama alamnya yang sangat luar biasa.

Loading...

Daya tarik utama objek wisata Kalibiru ada di gardu pandangnya yang disematkan di pohon pinus.Dari gardu pandang tersebut, pengunjung bisa menikmati indahnya panorama alam daerah Kulon Progo dengan sangat leluasa.

Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati wahana flyingfox yang juga disematkan di areal pepohonan pinus.

Walaupun sudah ada sejak Tahun 2013 – an, objek wisata Kalibiru masih tetap terjaga dengan baik sampai sekarang.

Kondisi lingkungan sekitar objek wisata ini benar – benar bersih, sehingga sangat nyaman untuk dijadikan sebagai tempat bersantai bersama keluarga dan kerabat.

Selain bersih dan terawat, objek wisata ini juga telah ditunjang dengan fasilitas wisata yang lengkap lho!

Dari mulai tempat parkir, toilet, mushola, sampai dengan tempat makan, semuanya telah tersedia di sini.

Lokasi objek wisata Kalibiru Kulon Progo ada di Kec. Kokap. Untuk masuk ke objek wisata ini, pengunjung tidak perlu merogoh kocek dalam – dalam. Cukup sediakan 3 ribu rupiah, pengunjung sudah bisa duduk – duduk dan bersantai di sekitar arealnya.

Jika ingin naik ke gardu pandang, pengunjung harus membayar biaya tambahan sebesar 5 ribu rupiah. Sedangkan jika ingin menikmati fasilitas wahana flyingfox, pengunjung harus membayar biaya tambahan sebesar 50.000 rupiah.

Simak selengkapnya: Liburan Seru ke Objek Wisata Alam Kalibiru

2. Waduk Sermo

Waduk Sermo via @nikhe_nidea

Waduk Sermo via @nikhe_nidea

Tidak jauh dari objek wisata Kalibiru, Anda dapat berkunjung ke objek wisata Waduk Sermo yang terletak di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kec. Kokap.

Waduk ini merupakan waduk irigasi yang difungsikan sebagai tandon air untuk mengaliri kawasan sawah milik masyarakat sekitar.

Untuk meningkatkan daya tarik, masyarakat sekitar telah mengelola sebagian area objek wisata ini untuk dijadikan sebagai Taman Bambu Air Sermo.

Di taman ini, wisatawan dapat menikmati berbagai macam fasilitas yang tersedia seperti tempat duduk, spot untuk berfoto, dan rakit tradisional, yang seluruhnya dibuat dengan menggunakan bambu.

Selain dikelola sebagai tempat wisata, Waduk Sermo juga turut difungsikan sebagai areal untuk mendirikan keramba jaring apung.

Totalada lebih dari 100 keramba yang dikelola warga di waduk ini. Satu keramba tersebut kabarnya dapat menghasilkan sekitar 2,5 ton ikan konsumsi per 4 bulan.

Di kawasan keramba tersebut Anda dapat memesan olahan kuliner ikan bakar. Selain itu, ada juga beberapa buah – buahan lokal seperti manggis, durian, dan rambutan yang dijual dengan harga terjangkau.

Tiket : Rp5.000,-/orang (waduk sermo) + Free (taman bambu air)
Parkir : Rp2.000,-/motor dan Rp5.000,-/mobil
Spot foto : Rp5.000,-/orang

3. Gunung Ijo

Gunung Ijo via Lelungannet

Gunung Ijo via Lelungan.net

Khusus untuk Anda para pecinta aktivitas hiking dan trekking, di Kulon Progo ada sebuah objek wisata bernama Gunung Ijo yang sangat pas untuk menyalurkan hobi Anda.

Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.000 mdpl. Untuk mendaki gunung ini, Anda dapat melalui dua jalur trekking, yaitu jalur yang bagus namun jauh dan jalur yang kurang bagus namun pendek.

Gunung Ijo merupakan puncak tertinggi dari areal Perbukitan Menoreh. Dari puncak gunung ini Anda dapat melihat hampir seluruh areal Provinsi Yogyakarta, baik itu areal pantainya maupun areal kotanya.

Sangat menarik bukan?

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke objek wisata ini, lokasinya pintu masuknya ada di daerah Kab. Kulon Progo, tepatnya di Desa Plampang, Kec. Kokap dan di daerah Purworejo, Jawa Tengah yaitu di Desa Durensari, Kec. Bagelan.

4. Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo

Sama seperti halnya Gunung Ijo, Puncak Suroloyo juga terletak di areal Perbukitan Menoreh. Bedanya, areal puncak Suroloyo ini tidak terlalu tinggi dan dapat diakses tanpa perlu melakukan trekking selama berjam – jam.

Walaupun tidak terlalu tinggi, dari puncak ini Anda sudah bisa mendapatkan view pemandangan yang sangat bagus.

Dari view pointnya, Anda dapat melihat areal Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu.

Jika beruntung (karena tidak tertutup kabut), Anda juga bisa melihat indahnya Candi Borobudur dengan leluasa.

Dalam kondisi normal, objek wisata ini dapat dikunjungi kapan saja selama 24 jam non stop. Walaupun begitu, waktu terbaik untuk mengunjungi objek wisata ini adalah di pagi hari, yaitu menjelang waktu matahari terbit.

5. Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo via @wisatakulonprogoid

Kebun Teh Nglinggo via @wisatakulonprogoid

Jika Bogor memiliki Kebun Teh Puncak, Kulon Progo memiliki Kebun Teh Nglinggo. Kebun teh ini menawarkan panorama alam berupa pemandangan negeri di atas awan dan hamparan hutan pinus yang sangat eksotis.

Saat cerah, dari areal kebun teh ini, Anda juga bisa melihat panorama Gunung Merapi, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan Gunung Merbabu dengan jelas.

Lokasi tempat wisata baru di Kulon Progo Yogyakarta ini ada di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kec. Samigaluh.

Jika tertarik, Anda dapat berkunjung ke objek wisata ini kapan pun Anda mau selama 24 jam non stop.

6. Puncak Gunung Lanang

Puncak Gunung Lanang via @krizz_7

Puncak Gunung Lanang via @krizz_7

Puncak Gunung Lanang merupakan salah satu tempat wisata baru di Kulon Progo Yogyakarta yang berlokasi di Desa Jatimulyo, Kec. Girimulyo.

Objek wisata ini menawarkan daya tarik utama berupaviewpoint dengan pemandangan alam yang sangat luar biasa.

Dari viewpoint tersebut pengunjung dapat melihat indahnya panorama alam Kulon Progo dari atas ketinggian.

Untuk bisa sampai ke Puncak Gunung Lanang, pengunjung harus menaiki banyak anak tangga.Walaupun membutuhkan perjuangan, namun semua rasa lelah Anda akan langsung terbayar lunas begitu Anda berhasil sampai ke puncak gunung ini.

7. Waduk Mini Kleco

waduk Mini Pleco via mandrapahlawa.blogspot

waduk Mini Pleco via mandrapahlawa.blogspot.com

Waduk Mini Kleco berlokasi di Dusun Ngesong, Desa Giripurwo, Kec. Girimulyo. Sama seperti Waduk Sermo, waduk ini pada dasarnya merupakan waduk irigasi.

Namun karena pemandangan alamnya yang sangat eksotis, waduk ini akhirnya dikelola untuk keperluan wisata.

Untuk menarik minat wisatawan, pengelola objek wisata di waduk ini telah menyediakan beberapa wahana permainan. Salah satu wahana permainan tersebut adalah wahana permainan flyingfox.

Nantinya, dengan menaiki wahana permainan tersebut, Anda akan bisa melihat indahnya pemandangan alam sekitar waduk ini dengan sangat leluasa.

Karena masih baru, sampai artikel ini ditulis, objek wisata Waduk Mini Kleco masih belum begitu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Karenanya, waduk ini sangat pas untuk Anda yang tidak terlalu suka dengan keramaian.

8. Goa Kiskendo

Gua Kiskendo via Sewamotorjogja

Gua Kiskendo via Sewamotorjogja.id

Tempat wisata di Kulon Progo yang selanjutnya adalah Goa Kiskendo. Goa Kiskendo merupakan salah satu objek wisata goa di Kulon Progo yang menawarkan daya tarik utama berupastalagtit dan stalagmit yang sangat eksotis.

Menurut penuturan masyarakat sekitar, objek wisata ini dulunya merupakan tempat pertempuran antara Lemusur dan Maesuro melawan Subali dan Sugriwo.

Kisah pertempuran empat ksatria tersebut dapat dilihat dan dibaca dengan jelas di areal relief yang ada di dinding gua ini.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke objek wisata ini, lokasinya ada di Desa Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo.

Di hari normal, objek wisata ini dapat dikunjungi setiap hari dari mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 sore.

9. Kedung Pedut

Kedung Pedut via @panoramakulonprogo

Kedung Pedut via @panoramakulonprogo

Masih di Desa Jatimulyo, ada satu lagi objek wisata alam tersembunyi yang tidak kalah menarik untuk disambangi. Objek wisata tersebut adalah Kedung Pedut.

Kedung Pedut merupakan objek wisata alam berbentuk air terjun dan kedungan air yang luar biasa eksotis.

Air yang mengalir di kedung ini benar – benar sangat jernih dan berwarna kebiruan.

Karena airnya sangat jernih, kedung ini sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat untuk mengambil foto underwater.

Selain memiliki aliran air yang jernih, aliran air di objek wisata ini juga bertingkat – tingkat lho!

Total ada tingkat air yang masing – masingnya memiliki kedung sendiri – sendiri.

Nah, kedung tersebut bisa dimanfaatkan untuk sekedar mandi, berendam, atau pun mengambil foto bawah air.

Walaupun masih tergolong baru, objek wisata ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai lho!

Untuk memudahkan wisatawan menjangkau lokasi Kedung, pengelola tempat ini telah membuat anak tangga yang mudah dilalui.

Selai itu, pihak pengelola juga telah menyediakan beberapa buah joglo yang bisa dimanfaatkan untuk berteduh.

Di hari normal, objek wisata yang berlokasi di Desa Jatimulyo, Kec. Girimulyo ini dapat dikunjungi setiap hari dari mulai pagi hingga sore.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke objek wisata ini, Anda kami sarankan untuk berkunjung di hari biasa / hari kerja. Kenapa? Karena di akhir pekan, objek wisata ini biasanya sangat ramai pengunjung.

10. Air Terjun Sidoharjo

Air Terjun Sidoharjo via @cuyskmc

Air Terjun Sidoharjo via @cuyskmc

“Lho, kita kan sedang membahas tempat wisata di Kulon Progo.. Kok yang dibahas malah Air Terjun Sidoharjo sih?”

Tenang! Walaupun bernama Air TerunSidoharjo, objek wisata ini sejatinya berlokasi di Kulon Progo kok, yaitu di Desa Sidoharjo, Kec. Samigaluh, Kab. Kulon Progo.

Air Terjun Sidoharjo merupakan air terjun tertinggi sekaligus salah satu yang terindah di Kulon Progo.

Secara total air terjun ini memiliki tingkat ketinggian sekitar 75 meter dengan aliran air yang cukup deras.

Jika dilihat dari kejauhan, aliran air yang mengalir di air terjun ini cenderung terlihat mirip seperti awan.

Di waktu – waktu tertentu, terutama saat matahari sedang terik, di lokasi air terjun ini juga sering muncul pelangi yang luar biasa indah.

Khusus untuk Anda yang hobi melakukan aktivitas diving alias menyelam, kedung di bawah air terjun ini sangat pas untuk dijadikan sebagai spot untuk menyalurkan hobi Anda.

Menurut informasi yang beredar, bagian dasar dari kedung air terjun ini banyak ditumbuhi oleh berbagai spesies bunga liar.

Bagaimana? Sangat menarik bukan?

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke air terjun ini, Anda dapat mengunjunginya kapan pun Anda mau.

Hanya saja, perlu diketahui, sampai artikel ini ditulis, akses lokasi menuju air terjun ini masih sangat terbatas.

Lokasinya agak tersembunyi, dan untuk bisa sampai ke lokasinya Anda harus berjalan kaki melalui medan perjalanan yang cukup sulit.

11. Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu via Tuguwisata

Air Terjun Grojogan Sewu via Tuguwisata.com

Dari namanya saja, Anda seharusnya sudah bisa menebak seperti apa bentuk objek wisata air terjun yang satu ini.

Ya, air terjun ini memiliki grojogan yang luar biasa banyak. Sangking banyaknya jumlah grojogan di air terjun ini, masyarakat sekitar sampai menamai air terjun ini dengan nama Grojogan Sewu, yang artinya Gerjogan Seribu.

Jika dibandingkan dengan air terjun yang sebelumnya, tingkat ketinggian air terjun ini memang terkesan tidak ada apa – apanya.

Walaupun begitu, bukan berarti air terjun ini tidak eksotis dan tidak menarik untuk dikunjungi lho ya!

Air terjun ini sangat eksotis dan benar – benar menarik untuk dikunjungi.

Bahkan bisa dibilang tingkat keindahan air terjun ini 11 – 12 dengan Air Terjun Sidoharjo yang telah kita bahas sebelumnya.

Sama seperti halnya Air Terjun Sidoarjo, air terjun ini memiliki air yang jernih dengan aliran yang cukup deras. Di bagian bawahnya ada kedung air yang bisa dimanfaatkan untuk sekedar mandi, menyelam, dan bermain air.

Di hari normal, objek wisata ini bisa dikunjungi kapan saja selama 24 jam non stop.

Untuk lokasinya sendiri, ada di Desa Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, DIY.

12. Pantai Glagah

Pantai Glagah via @ronnysianturi__

Pantai Glagah via @ronnysianturi__

Tempat wisata di Kulon Progo yang selanjutnya adalah Pantai Glagah. Pantai Glagah merupakan objek wisata pantai paling populer di Kulon Progo.

Pantai ini menawarkan daya tarik utama berupa laguna (pemecah ombak) yang menjorok jauh ke arah laut.

Sama seperti halnya pantai – pantai di Provinsi DIY lainnya, Pantai Glagah juga memiliki ombak yang cukup besar. Oleh karenanya, pantai ini sangat tidak cocok untuk dijadikan sebagai spot untuk berenang atau pun bermain air.

Fasilitas wisata yang tersedia di Pantai Glagah sudah tergolong cukup lengkap. Dari mulai tempat parkir, toilet, tempat berteduh, sampai dengan mushola, semuanya telah tersedia.

Oh ia, tidak jauh dari pantai ini, ada perkebunan buah naga dan melon. Biasanya selepas berkunjung ke Pantai Glagah, wisatawan akan berhenti sejenak untuk singgah dan membeli oleh – oleh berupa buah di kebun tersebut.

Lokasi Pantai Glagah ada di Desa Glagah, Kec. Temon, Kab. Kulon Progo. Dari pusat Kota Yogyakarta, objek wisata ini berjarak sekitar 40 km dan dapat ditempuh dalam kurun waktu kurang dari satu jam perjalanan.

13. Pantai Trisik

Pantai Trisik via Tempatwisatamu

Pantai Trisik via Tempatwisatamu

Ingin melihat kawanan Penyu di pinggir pantai? Jika ya, Anda dapat berkunjung ke Pantai Tirisik yang berlokasi di Desa Karangsewu, Kec. Galur, Kab. Kulon Progo.

Di pantai ini Anda dapat berkunjung ke Balai Konservasi Penyu sekaligus melihat beraneka jenis spesies burung yang terbang wara – wiri di langit pantai.

Secara keseluruhan, Pantai Trisik masih tergolong cukup asri. Kondisi lingkungan di sekitar pantai ini masih tergolong cukup baik.

Sayangnya, sama seperti Pantai Glagah, pantai ini juga memiliki ombak yang tinggi, sehingga kurang aman untuk dijadikan sebagai spot untuk berenang dan bermain air.

Untuk urusan fasilitas wisata, pantai ini sudah tergolong cukup lengkap. Untuk itu, Anda tidak perlu khawatir “sengsara” dan mengalami kesulitan saat berwisata ke pantai ini.

14. Pantai Congot

Pantai Congot via Piknikasik

Pantai Congot via Piknikasik.com

Tempat wisata di Kulon Progo Yogyakarta yang selanjutnya adalah Pantai Congot. Pantai Congot berlokasi di Desa Jangkaran, Kec. Temon, Kab. Kulon Progo. Pantai ini menawarkan daya tarik utama berupa hutan mangrove dan deretan pohon kelapa yang berjejer di sekitar areal pantai.

Letak Pantai Congot ada di pinggir ujung sebelah barat Kab. Kulon Progo. Karena letaknya tersebut, pantai ini sangat pas untuk dijadikan sebagai spot untuk menikmati indahnya sunset di sore hari.

Bagi Anda yang hobi berfoto, pantai ini juga menawarkan banyak spot foto yang sangat eksotis.

Dari mulai hutan mangrove, sampai dengan gardu pandang dengan monumen unik berbentuk gitar, semuanya telah tersedia dan bisa dimanfaatkan sebagai latar belakang untuk mengambil foto.

15. Wildlife Rescue Center

Wildlife Rescue Center via Eksotisjogja

Wildlife Rescue Center via Eksotisjogja.com

Khusus untuk Anda para pecinta hewan, saat liburan ke Kulon Progo jangan lupa untuk singgah ke objek wisata yang satu ini.

Di sini, Anda dapat melihat berbagai jenis koleksi hewan liar yang sedang dalam proses perawatan.

Beberapa satwa liar yang dirawat di tempat ini merupakan satwa liar yang sudah nyaris punah.

Selain itu, banyak juga satwa liar lain yang sebenarnya masih bisa ditemukan dengan cukup mudah (belum punah) namun berada dalam kondisi yang memprihatinkan.

Untuk menunjang aktivitas pariwisatanya, pengelola tempat ini telah menyediakan berbagai macam fasilitas pendukung, seperti pusat eco – wisata, fasilitas untuk seminar, dan pelatihan outbond.

Secara keseluruhan, Wildlife Rescue Center sangat pas untuk dikunjungi bersama dengan keluarga dan anak – anak.

Walaupun begitu, tidak ada salahnya juga jika Anda berkunjung ke tempat ini sendirian.

Lokasi Wildlife Rescue Center ada di Jl. Pengasih – Nanggulan, Derwolo, Sendangsari, Pengasih, Kab. Kulon Progo.

Di hari normal, objek wisata ini buka setiap hari dari mulai pukul 10 pagi sampai dengan pukul 3 sore.

16. Puncak Widosari

Pundak Widosari via Yogyalagicom

Pundak Widosari via Yogyalagi.com

Tempat wisata di Kulon Progo yang satu ini sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat untuk melangsungkan “camping cantik”.

Kenapa? Karena selain menawarkan pemandangan alam yang sangat eksotis, objek wisata ini juga relatif cukup mudah untuk diakses.

Di bukit ini, Anda akan disambut dengan pemandangan eksotis yang didominasi oleh areal perkebunan yang hijau dan asri.

Selain itu, ada juga areal tebing unik yang cocok untuk dijadikan sebagai latar belakang untuk berfoto.

Lokasi objek wisata Puncak Widosari ada di Dusun Tritis, Desa Ngargosari, Kec. Samigaluh, Kab. Kulon Progo.

Objek wisata ini dapat dikunjungi kapan saja selama 24 jam non stop.

Nantinya, di perjalanan menuju areal puncak ini, Anda akan melalui areal Kebun Teh Tritis yang cocok untuk dijadikan sebagai latar belakang untuk berfoto.

17. Arung Jeram Sungai Progo

Arung Jeram Sungai Progo via Delandeso

Arung Jeram Sungai Progo via Delandeso.com

Khusus untuk Anda yang hobi melakukan aktivitas olahraga ekstrim, saat berlibur ke Kulon Progo, Anda wajib mencoba aktivitas wisata yang satu ini.

Di sini Anda akan diajak untuk berarung jeram di kali Progo yang berbatu dan berarus deras.

Secara total ada tiga buah rute arung jeram yang dapat dinikmati di sini. Ada rute untuk pemula, ada rute untuk yang sudah berpengalaman, dan ada pula rute yang dikhususkan untuk kalangan profesional.

Untuk bisa menikmati Arung Jeram di Sungai Progo, Anda dapat berkunjung ke beberapa agen Tur Arung Jeram, seperti: Delta Rafting, Progo Rafting, dan Citra Elo Reiverindo.

18. Air Terjun Kembangsoka

Air Terjun Kembangsoka via @panoramakulonprogo

Air Terjun Kembangsoka via @panoramakulonprogo

Air Terun Kembangsoka berlokasi di Desa Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo.

Air terjun ini memiliki aliran yang air yang sangat jernih. Tingkat ketinggiannya memang tergolong biasa, namun alirannya cenderung bertingkat – tingkat, sehingga terlihat sangat eksotis.

Secara keseluruhan, air terjun ini cocok untuk dikunjungi oleh Anda yang hobi berburu foto. Dengan aliran yang berlapis – lapis, air terjun ini benar – benar sangat pas untuk dijadikan sebagai latar belakang untuk berfoto.

Selain itu, karena alirannya tidak terlalu deras, alir terjun ini juga relatif cukup aman untuk digunakan sebagai tempat bermain air.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mengunjunginya?

Tiket : Rp5.000,-/orang
Parkir : Rp2.000,-/motor dan Rp5.000,-/mobil

19. Goa Sriti Kulon Progo

Goa Sriti Kulon Progo via @adhitya_prasetya

Goa Sriti Kulon Progo via @adhitya_prasetya

Tempat wisata di Kulon Progo Yogyakarta yang selanjutnya adalah Goa Sriti.

Goa Sriti merupakan goa yang sarat akan sejarah. Goa ini dulunya merupakan salah satu tempat persembunyian Pangeran Diponegoro.

Dulu, di masa kepemimpinannya, Pangeran Diponegoro sering mengasingkan diri di Goa ini untuk bertapa.

Menurut catatan sejarah, goa ini juga pernah dijadikan sebagai tempat bersembunyi Pangeran Diponegoro dari kejaran penjajah.

Jika dibandingkan dengan goa – goa di Yogyakarta lainnya, keindahan goa ini memang tidak ada apa – apanya. Satu – satunya daya tarik yang ditawarkan oleh objek wisata ini terletak pada kisah sejarahnya.

Jika tertarik untuk berkunjung ke goa ini, lokasinya ada di Dusun Dukuh, Purwoharjo, Kec. Samigaluh, Kab. Kulon progo.

20. Hutan Mangrove Pantai Congot

Hutan Mangrove Pantai Congot via Kotajogjacom

Hutan Mangrove Pantai Congot via Kotajogja.com

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, tidak jauh dari lokasi Pantai Congot, ada objek wisata Hutan Mangrove yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Hutan mangrove ini merupakan pusat konservasi yang dijalankan secara swadaya oleh masyarakat sekitar.

Saat pertama kali didirikan, pusat konservasi ini sama sekali tidak ditujukan untuk aktivitas wisata.

Namun karena tingginya minat wisatawan akan objek wisata Hutan Mangrove dan di saat yang sama Provinsi DIY juga tidak memiliki kawasan hutan mangrove, maka secara perlahan – lahan, pusat konservasi mangrove ini akhirnya menjelma menjadi salah satu objek wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Untuk berkunjung ke hutan mangrove ini, Anda tidak perlu membayar biaya apa pun sama sekali. Sayangnya, karena masih dikelola secara swadaya, fasilitas dan akses lokasi menuju ke objek wisata ini masih sangat terbatas.

21. Goa Kebon Krembangan

Goa Kebon Krembangan via @agriaryoko

Goa Kebon Krembangan via @agriaryoko

Tempat wisata di Kulon Progo selanjutnya adalah goa kebon krembangan yang eksotis. Goa yang kece ini mempunyai pancaran air yang tidak pernah kering di bagian mulut goa.

Karena adanya pancaran air yang tidak pernah kering ini masyarakat sekitar menyebut goa ini dengan nama air terjun goa kebon. Oh ya sob, perlu diingat ya, saat musim hujan jalanan agak licin sehingga anda harus berhati-hati.

22. Pantai Bugel

Pantai Bugel via Inet

Pantai Bugel via Inet

Selanjutnya, anda juga bisa mengunjungi pantai bugel sebagai destinasi liburan bersama keluarga tercinta. Pantai yang satu ini memang belum ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Lokasi pantai bugel ini terletak di antara Pantai Trisik dan Pantai Glagah. Jadi kamu tidak perlu sulit-sulit untuk mencari keberadaan pantai ini, silahkan ikuti saja rute menuju ke lokasi pantai tersebut.

Sampai tulisan ini dibuat, wisatawan tidak akan dikenakan biaya masuk pantai ini, hanya saja kamu harus membayar parkir Rp. 2.500.

Mengunjungi pantai ini kurang lengkap rasanya kalau kamu tidak menikmati sajian kuliner di sekitarnya, karena ada banyak penjaja olahan makanan olahan ikan laut yang gurih, mantap dan enak rasanya.

23. Bendungan Ancol

Bendungan Ancol via eksotisjogja

Bendungan Ancol via eksotisjogja.com

Selanjutnya anda juga bisa mengunjungi bendungan ancol yang memiliki nama lain Bendungan Van Der Wijck. Bendungan ini sudah ada asejak 1944.

Adapun lokasi bendungan ini ada di Dusun Pantog Wetan, Banjaroya, Kalibawang, Kulonprogo. Ternyata bendungan ini juga menjadi pembatas wilayah Kabupaten Kulon Progo dan Sleman.

Bendungan ini layak untuk anda jadikan tempat liburan karena memiliki pemandangan yang menakjubkan dan udaranya juga sejuk, anda pasti betah berlama-lama disini.

Di sekitar bendungan ini juga bisa anda jadikan tempat camping buat anda yang ingin menikmati keindahan malam, atau anda juga bisa menginap di sebuah wisma di sekitar lokasi.

Oh ya sob, buat kamu yang sedang mencari lokasi ntuk foto pra wedding, bendungan ini juga keren untuk kamu jadikan foto undangan kamu.

24. Bukit Isis Kulon Progo

Bukit Isis Kulon Progo via @ymk1998

Bukit Isis Kulon Progo via @ymk1998

Kok ngeri ya naman tempatnya, ISIS? Tenang ini hanya sebuah nama bukit yang terletak di Desa Nglinggo, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta.

Bukit Isis ini belakangan viral dan menjadi salah satu spot destinasi wisata terbaru di Kulon Progo. Berkat media sosial nama bukit ini cepat menjalar kemana-mana.

Untuk bisa menikmati keindahan puncak bukit Isis dan mengabadikan momen disini, anda cukup membayar tiket masuk Rp 3000.

Anda akan merasakan kesejukana udara pegunungan dan pemandangan menghijau kebun teh dan pepohonan yang menghampar luas.

25. Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal via @panoramakulonprogo

Taman Sungai Mudal via @panoramakulonprogo

Anda mau mengisis waktu liburan anda dengan basah-basahan? Nah, anda bisa mengunjungi taman sungai mudal sebagai destinasi liburan anda bersama keluarga tercinta.

Taman sungai mudal ini terletak di area perbukitan Gunung Menoreh. Dan sumber mata air taman sungai mudal ini berasal dari goa yang ada di tebing Gunung Kelir.

Meskipun musim kemarau, mata air dari goa ini tidak akan habis dan akan tetap mengalir. Warga tetap bisa memanfaatkan aliran air sungai ini untuk memenuhi kebutuhan mereka.

26. Air Terjun Setawing

Air terjun Setawing via @muharrom.sy11

Air terjun Setawing via @muharrom.sy11

Tempat wisata di Kulon Progo selanjutnya adalah air terjun setawing yang memiliki ketinggian sekitar 45 meter. Air terjun yang unik ini terletak di areal perbukitan di Dusun Jonggrangan, Desa Jatimulyo, Kecamatan Giriloyo, Kabupaten Kulonprogo.

27. Pantai Pasir Kadilangu

Pantai Pasir Kadilangu via @anto_juslisten

Pantai Pasir Kadilangu via @anto_juslisten

Tempat wisata di Kulon Progo selanjutny adalah Pantai Pasir Kadilangu yang menawarkan tempat liburan yang romantis untuk anda dan pasangan. Jadi kamu mesti datang kesini sama pasangan ya, ngenes banget rasanya kalau jomblo datang kesini.

Pantai yang lagi ngehits sejak 2016 ini booming karena banyak foto keren beredar di media sosial anak-anak muda. Di pantai ini banyak spot selfie yang keren untuk anda jadikan foto profil.

Kalau kesini siapkan HP dengan kamera yang bagus ya, kalau bisa bawa DSLR sekalian biar lebih keren juga bagus. Lokasi pantai ini ada di Jangkaran, Temon, Kabupaten Kulon Progo

28. Embung Banjaroya

Embung Banjaroya via @rizal_rosyadi

Embung Banjaroya via @rizal_rosyadi

Selanjutnya, anda juga bisa menjadikan embung Banjaroya sebagai tempat untuk liburan bersama keluarga tercinta. Waduk yang kece ini memiliki ikon berupa patung durian menoreh kuning yang berukuran besar.

Lokasi embung banjaroya ini ada di Banjaroya, Kalibawang, Kulon Progo, DIY.

29. Puncak Dipowono Kulon Progo

Puncak Dipowono Kulon Progo via @trisnoarybudi

Puncak Dipowono Kulon Progo via @trisnoarybudi

Masih berupa objek wisata alam di Kulon Progo, anda bisa mengunjungi puncak Dipowono yang buka pada 27 juli tahun 2015 dan di resmikan langsung oleh Bupati Kulonprogo.

Lokasi: Jl. Clereng Tamanan KM. 6, Desa Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo

30. Wisata Hutan Mangrove Jembatan Api-api

Wisata Hutan Mangrove Jembatan Api-api via @quiverz

Wisata Hutan Mangrove Jembatan Api-api via @quiverz

Ternyata masih ada hutan mangrove di Kulon Progo yang bisa kamu kunjungi. Selain memiliki fungsi utama sebagai pemecah gelombang, ternyata hutan mangrove juga memiliki dayra tarik untuk wisatawan.

Karena antusia warga yang tinggi, maka pemerintah juga melengkapi hutan mangrove ini dengan fasilitas lengkap untuk para wisatawan termasuk tempat makam hingga jembatan api-api yang jadi spot menarik untuk berfoto ria.

Silahkan datang saja ke Pasir Mendit, Jangkaran, Temon, Kulon Progo.

31. Hutan Pinus Girimulyo

Hutan Pinus Girimulyo via @arifsejati_

Hutan Pinus Girimulyo via @arifsejati_

Selain hutan mangrove yang sering hits, ada juga hutan pinus yang tidak kalah hitsnya lho! Anda bisa menjadikan hutan pinus Girimulyo sebagai tempat liburan kamu dan pasangan tentunya.

32. Bendung Kayangan

Bendung Kayangan via @rwonsix

Bendung Kayangan via @rwonsix

Tempat wisata di Kulon Progo selanjutnya adalah bendung kayangan. Kayangan sendiri memiliki arti sebagai sesuatu yang indah dan menakjubkan.

Sesuai dengan namanya, wisatawan yang datang kesini anda disuguhkan oleh pemandangan yang menakjubkan di Bendung Kayangan ini. Kamu akan disuguhkan pemandangan tebing yang cantik dan menakjubkan disini.

33. Kebun Bunga Krisan Gerbosari

Kebun Bunga Krisan Gerbosari via @desimlysr

Kebun Bunga Krisan Gerbosari via @desimlysr

Buat kamu yang memiliki jia florist, tidak ada salahnya jika kamu mengujungi kebun bunga krisan gerbosari yang lagi hits. Kebun bunga ini sendiri berada di dalam rumah kaca lho, sehingga bunga-bunga disini terkonsentrasi di satu tempat.

Mata kita akan dimanjakan oleh pemandangan indah warna-warni aneka bunga yang cantik disini. Lokasi kebun bunga ini ada di Dusun Karang, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh Kulon Progo.

34. Rafting Kalibawang

Rafting Kalibawang via @arusprogo

Rafting Kalibawang via @arusprogo

Buat kamu yang doyan akan hal-hal yang berbau ekstrim silahkan kamu uji adrenalin kamu di rafting di Sungai Progo Bawah.

Kamu akan diajakn untuk mengarungi sungai di wilayah  Kalibawang yang memiliki arus deras dan penampang sungai yang lebar.

35. Bukit Cendana

Bukit Cendana via @bukitcendana

Bukit Cendana via @bukitcendana

Lokasi: Tegiri, Hargowilis, Kokap, Kulonprogo

36. Air Terjun Kedung Ingas

Air Terjun Kedung Ingas via Wisatajogja

Air Terjun Kedung Ingas via Wisatajogja.com

Lokasi: Kwarakan, Sideorejo, Lendah, Kulon Progo

37. Kedung Bendo

Air Terjun Kedung Bendo via @wahyu_sbp

Air Terjun Kedung Bendo via @wahyu_sbp

Lokasi: Prangkokan, Girimulyo, Kulon Progo

38. Pule Payung

Pule Payung via @yoohanmaulana

Pule Payung via @yoohanmaulana

Lokasi: Dusun Suropati, Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kulon Progo

39. Bukit Jangkang

Bukit Jangkang via @iknsan_jw

Bukit Jangkang via @iknsan_jw

Lokasi: Sremo Lor, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon

40. Tebing Gunung Gajah

Tebing Gunung Gajah via @agnes_

Tebing Gunung Gajah via @agnes_

Lokasi: Teganing 2, Hargotirto, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

41 Puncak Moyeng

Puncak Moyeng via @@fadlisck_

Puncak Moyeng via @@fadlisck_

Lokasi: Giripurwo, Girimulyo, Kulon Progo, DI Yogyakarta.

42. Puncak Kuda Sembrani

Puncak Kuda Sembrani via @setiabudigunawan95

Puncak Kuda Sembrani via @setiabudigunawan95

Lokasi: Banjarasri, Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo.

43. Ayunan Langit Watu Jaran

Ayunan Langit Watu Jaran via @panoramakulonprogo

Ayunan Langit Watu Jaran via @panoramakulonprogo

Lokasi: Purowosari, Girimulyo, Kulon Progo, DI Yogyakarta.

44. Curug Siluwok

Curug Siluwok via @alvianhariss

Curug Siluwok via @alvianhariss

Lokasi: Sidoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

45. Gunung Kukusan

Gunung Kukusan via @panoramakulonprogo

Gunung Kukusan via @panoramakulonprogo

Tiket : Rp5.000,-/orang (kebun teh) + Rp3.000,-/orang (gunung kukusan)
Parkir : Rp2.000,-/motor dan Rp5.000,-/mobil
Loc : Gunung Kukusan, Kec Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta.

****

Nah, bagaimana? Kulon Progo memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi bukan?

Jadi bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk menghabiskan waktu liburan Anda di kabupaten ini? Atau Anda lebih memilih daerah lain? Daerah manapun yang Anda pilih untuk berwisata, jangan lupa untuk mengutamakan keselamatan ya!

Akhirkata, selamat liburan dan semoga perjalanan liburan Anda terasa menyenangkan ya! Jangan lewatkan juga: 38 Tempat Wisata di Sleman Yogyakarta Terbaik

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!