33 Tempat Wisata di Purworejo Jawa Tengah

Tempat Wisata di Purworejo – Purworejo adalah sebuah Kabupaten yang termasuk dalam Provinsi Jawa Tengah dan berbatasan langsung dengan Wonosobo. Kabupaten Purworejo mungkin masih belum begitu populer bila dibandingkan dengan Kota atau Kabupaten lainnya di Jawa Tengah seperti Semarang, Solo dan lain sebagainya.

Meskipun begitu kabupaten yang satu ini memiliki banyak destinasi wisata yang tak boleh terlewatkan saat berkunjung ke Purworejo. Tempat wisata di Purworejo menawarkan keindahan yang sangat mengagumkan sehingga membuat wisatawan yang datang ke Purworejo dijamin puas menikmati setiap keindahan yang disajikan oleh Kabupaten ini.

Terlebih kondisi alam di Purworejo memang masih sangat alami dan asri sehingga sangat cocok untuk melepas penat. Bagi anda yang bingung memilih destinasi liburan maka Purworejo bisa menjadi salah satu rekomendasi yang tepat.

Rekomendasi Tempat Wisata di Purworejo

Tak berbeda dari wilayah-wilayah lainnya di Indonesia, Purworejo menawarkan banyak tempat wisata terbaik untukwisatawan. Tentunya tempat wisata di Purworejo dijamin lengkap mulai dari wisata alam, wisata religi, wisata sejarah dan lain sebagainya.

Masing-masing tempat wisata tersebut menawarkan keunikan yang mungkin tidak bisa anda temukan di tempat wisata daerah lain. Untuk itulah jangan sampai lewatkan kesempatan mengunjungi tempat-tempat wisata di kawasan Purworejo seperti berikut ini:

1. Pantai Jatimalang

Pantai Jatimalang via aminuddinn83

Pantai Jatimalang via aminuddinn83

Tempat wisata di Purworejo yang pertama dimulai dengan wisata bahari yaitu Pantai Jatimalang. Pantai yang terletak di kawasan Jatimalang Purworejo ini memang menawarkan keunikan yang mungkin tidak bisa ditemukan di pantai-pantai lainnya.

Selain menyajikan pemandangan pantai yang indah, Pantai Jatimalang ini juga menawarkan sunset yang begitu menakjubkan. Namun ombak di pantai ini cenderung besar sehingga anda perlu berhati-hati saat berkunjung dan bermain air di pantai ini.

Untuk anda yang takut dengan deburan ombak yang besar maka bisa bermain di kolam renang air tawar yang berjejer di bibir pantai. Uniknya kolam-kolma tersebut terbuat dari terpal berwarna-warni. Sambil berenang anda bisa langsung menyaksikan pemandangan pantai Jatimalang.

Tidak jauh dari lokasi pantai terdapat Tempat Pelelangan Ikan yang berasal dari para nelayan yang melaut di pantai ini. Bagi anda yang ingin menjelajah pantai namun takut kecapekan maka bisa menyewa ATV yang banyak tersedia di pinggir pantai.

Alamat: Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

2. Pantai Pasir Puncu

Pantai Pasir Puncu via @Dislokasi_

Pantai Pasir Puncu via @Dislokasi_

Pantai yang satu ini berada di Harjobinangun Purworejo dan menawarkan pemandangan pantai yang tak kalah indah dari Pantai Jatimalang.

Namun perjalanan untuk menuju ke Pantai Pasir Puncu ini masih cukup sulit karena kondisi jalannya yang belum begitu bagus.

Perjuangan melalui medan jalan yang sulit seolah terbayarkan saat anda mulai menginjakkan kaki di pantai ini. Sebab di pantai ini anda bisa menikmati angin ang semilir berpadu dengan suara ombak yang bergemuruh.

Pantai Pasir Puncu memang masih sangat alami karena belum banyak dilakukan pembangunan fasilitas. Jumlah pengunjung yang datang ke pantai ini juga belum terlalu banyak.

Meskipun begitu keindahan pantai ini dijamin akan menghipnotis siapa saja. Bagi anda yang sedang mencari ketenangan maka pantai yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Di sekitaran pinggir pantai tumbuh pohon cemara yang rindang sehingga akan menambah nuansa alami di pantai ini.

Alamat: Keburuhan, Ngombol, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

3. Curug Tawing

Curug Tawing

Curug Tawing

Curug Tawig merupakan wisata alam berupa air terjun yang berada di kawasan perbukitan hijau. Kondisi alam sekitar curug ini memang masih sangat alami dan terdapat pula hutan pinus yang mampu menambah nuasan asri di kawasan wisata ini.

Nama Curug Tawing berasal dari bahasa jawa yaitu curug yang berarti air terjun dan Tawing yang berarti tebing. Pemberian nama curug ini masih berkaitan dengan lokasinya yang berada di ssi barat bukit hutan pinus dan berada tepat disisi tebing sebelah utara Goa Anjani.

Diketahui bahwa tinggi Curug Tawing ini yaitu sekitar 100 meter dan berundak-undak. Air yang berasal dari air terjun ini juga sangat jernih sehingga bisa diminum atau untuk mandi. Kondisi lingkungan sekitar air terjun yang terjaga dengan baik menjadikan kualitas air terjun ini terjaga termasuk pula udaranya yang bersih.

Alamat: Teko Sumo, Tlogoguwo, Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

4. Sungai Kedung Lesung

Sungai Kedung Lesung via Kedunglesungketro

Sungai Kedung Lesung via Kedunglesungketro

Sungai Kedung Lesung merupakan salah satu obyek wisata yang banyak diminati wisatawan dari Purworejo. Sebab di kawasan sungai ini terdapat pemandangan alam yang masih sangat alami dan ditunjang pula oleh pepohonan yang tumbuh rindang di sekitaran sungai.

Udara yang sejuk serta pemandangan yang memanjakan mata tentu akan menjadi perpaduan yang sangat pas untuk melepas penat.

Alamat: Desa Purworejo, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah

5. Curug Muncar

Curug Muncar

Curug Muncar

Tempat wisata di Purworejo yang satu ini menawarkan wisata air terjun yang lokasinya berada pada ketinggian 900 mdpl. Karena berada di kawasan dataran tinggi maka tak heran bila suasana di curug ini terasa masih alami dan nyaman.

Untuk menuju ke Curug Muncar memang dibutuhkan perjuangan yang tidak mudah. Namun semua itu tak ada artinya setelah anda tiba di air terjun lalu bermain air terjun yang jernih dan bersih. Sebelum menuju ke Curug Muncar, di sepanjang perjalanan anda akan dimanjakan oleh pemandangan alam yang menawan.

Jangan sampai ketinggalan untuk mandi di kawasan air terjun ini karena airnya yang dingin dan berasal dari mata air alami. Bagi anda yang merasa jenuh dan penat maka saat berada di Curug Muncar ini dijamin segala kegundahan akan sirna setelah menikmati alam yang begitu indah ini.

Alamat: Kalibang, Kaliwungu, Bruno, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

6. Alun-Alun Kota Purworejo

Alun-Alun Kota Purworejo

Alun-Alun Kota Purworejo

Berkunjung ke Purworejo rasanya kurang lengkap bila tidak mampir ke Alun-Alun Purworejo. Alun-alun ini memiliki area yang sangat luas yaitu sekitar 6 hektar dan berbentuk segi empat.

Unikya di tengah alun-alun Purworejo ini terdapat sepasang pohon beringin yang memang sengaja didatangkan dari Keraton Yogyakarta.

Di sekitaran laun-alun terdapat bangunan-bangunan penting diantaranya di sebelah barat terdapat MASJID Agung Darul Muttaqin, di sebelah utara terdapat Pendopo Kabupaten Purworejo, sebelah selatan terdapat Kantor Karesidenan bagelen yang telah menjadi kantor Setda Purworejo dan dibagian timur terdapat gereja.

Perlu anda ketahui bahwa di dalam Masjid Agung Darul Muttaqin tersebut terdapat bedug raksasa yang terbesar di dunia. Alun-alun Purworejo memang selalu ramai pengunjung yang merupakan masyarakat setempat. Namun tak jarang banyak wisatawan yang mampir ke alun-alun ini untuk bersantai sambil berwisata kuliner.

Alamat: Jl. Proklamasi, Purworejo, Kec. Purworejo, Kabupaten Purworejo

7. Museum Tosan Aji

Museum Tosan Aji

Museum Tosan Aji

Tempat wisata yang satu ini menawarkan sebuah museum hasil budaya bangsa di masa perundagian. Dengan demikian musim ini menyimpan berbagai warisan nenek moyang yang bisa menjadi bukti identitas budaya bangsa Indonesia.

Untuk Tosan Aji merupakan sejenis senjata pusaka yang terbuat dari logam besi yang juga memperoleh tempat terhormat di mata masyarakat. Untuk jenis Tosan Aji ini diantaranya tombak, keris, menur, kudi dan pedang.

Berdirinya museum Tosa Aji ini diprakarsai oleh Menteri Dalam Negeri yaitu Soepardjo Rustam. Dimana museum ini juga diresmikan oleh Gubernur Jawa Tengah yaitu Islam pada tanggal 13 April 1987.

Tidak hanya menyimpan benda-benda pusaka di masa lampau, museum ini juga menyimpan benda cagar budaya seperti lingga, guci, yoni, prasasti, batu pipisan dan lain sebagainya.

Alamat: Jl. May. Jend Sutoyo no. 10, Purworejo

8. Hutan Kusumo Asri

Hutan Kusumo Asri

Hutan Kusumo Asri

Tempat wisata ini merupakan tempat wisata yang menawarkan tempat dengan pohon pinus yang rindang. Hutan ini berada di ketinggian 300 mdpl dengan suhu yang cukup dingin dan sejuk.

Biasanya masyarakat Purworejo terutama kalangan anak-anak muda banyak yang berkunjung ke hutan ini untuk bersantai atau melepas penat.

Selain itu di kawasan hutan ini wisatawan juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru diantaranya memancing, berkemah atau camping, menyaksikan kebun binatang mini dan lain sebagainya.

Bahkan pada waktu tertentu biasanya pihak pengelola mengadakan kegiatan yang seru seperti lomba memancing, panggung musik dan lain sebagainya.

Alamat: Desa Mayungsari, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo

9. Masjid Agung Purworejo

Masjid Agung Purworejo via Kaskus

Masjid Agung Purworejo via Kaskus

Masjid Agung Purworejo sebetulnya bernama Masjid Darul Muttaqin yang lokasinya berada di barat alun-alun Purworejo. Uniknya masjid yang satu ini memiliki bedig raksasa yang juga merupakan bedug terbesar di dunia.

Pastinya bedug ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berwisata religi saat berkunjung ke masjid ini. Membahas tentang bedug raksasa ini pasti akan membuat siapa saja merasa penasara m untuk melihatnya secara langsung.

Diketahui bahwa pembuatan bedug ini menggunakan bahan kayu jati utuh yang kemudian dilubangi pada bagian tengahnya. Usia bedug raksasa ini sama dengan usia masjid Agung Purworejo. Dimana pembangunan masjid ini dilakukan pada tahun 1834 tepatnya pada masa pemerintahn bupati Purworejo pertama.

Garis tengah bedug ini adalah 194 cm atau hampir 2 meter dibagian sisi depannya. Sedangkan untuk bagian belakangnya yaitu 180cm. Untuk bahan tabung bedug ini menggunakan kayu jati dengan panjang 292cm serta menggunakan kulit banteng.

Kulit banteng yang digunakan tersebut memiliki diameter 220 cm. Namun untuk kulit bedug ini pernah mengalami pergantian karena rusak sehingga diganti dengan kulit sapi benggala.

Alamat: Jl. Mayjen Sutoyo, Rw. V, Sindurjan, Kec. Purworejo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

10. Goa Seplawan

Goa Seplawan via Reresepan

Goa Seplawan via Reresepan

Tempat wisata di Purworejo yang satu ini berada di kawasan pegunungan sehingga tak heran bila suasana di Goa Seplawan ini sangat sejuk.

Saat berkunjung ke Goa Seplawan ini anda akan disuguhi oleh patung besar replika arca emas Dewa Siwa serta Dewi Parwati. Penemuan patung besar ini menandakan bahwa goa ini memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Berwisata ke Goa Seplawan memang terasa semakin seru bila anda juga selusur goa yang bisa dilakukan tanpa perlu menggunakan peralatan apapun. Sebab di dalam goa sudah tersedia lampu penerangan.

Memasuki mulut goa anda akan dibuat takjub saat melihat stalagtit dan stalagmit yang beragam. Tidak hanya menawarkan pemandangan di dalam goa yang menakjubkan, pemandangan di sekitar goa juga tak kalah menarik sehingga membuat wisatawan dijamin betah.

Alamat: Katerban, Donorejo, Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

11. Puncak Geger Menjangan

Puncak Geger Menjangan

Puncak Geger Menjangan

Purworejo menawarkan sajian wisata alam dengan pemandangan yang sangat menakjubkan dan bisa dilihat di Puncak Geger Menjangan.

Dimana tempat wisata yang satu ini menawarkan sebuah hamparan bukit yang bisa disaksikan dari kejauhan yang tampak bagaikan seperti punggung seekor menjangan. Tak heran bila tempat ini oleh masyarakat setempat disebut sebagai geger menjangan.

Obyek wisata ini berada pada ketinggian 125-200 mdpl dengan luas sekitar 12,75ha. Lokasi Taman Geger Menjangan ini memang berada di kawasan pegunungan serta masih termasuk dalam barisan bukit menoreh. Dari puncak bukit ini bisa menyaksikan pemandangan alam yang luas kota Purworejo.

Bahkan anda bisa menyaksikan jauh ke selatan hingga ke pantai selatan. Untuk menuju ke puncak bukit, wisatawan bisa melewati jalan setapak yang dijamin seru dan asyik. Saat tiba di puncak bukit akan tampak gardu pandang yang memang sengaja dibangun untuk wisatawan yang ingin menikmati pemandangan indah.

Terdapat pula kolam dan taman bermain yang bisa digunakan oleh pengunjug. Tak hanya menyajikan pemandangan alam yang indah saja, di kawasan Geger Menjangan ini juga terdapat makam ulama besar Purworejo yaitu Kyai Imam Puro yang biasanya selalu ramai dikunjungi wisatawan menjelang bulan Ramadhan.

Alamat: Trirejo, Loano, Kedung Dowu Kulon, Trirejo, Loano, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

12. Curug Silangit

Curug Silangit

Curug Silangit

Curug yang satu ini berada di ketinggian sekitar 30 meter dan berada di posisi paling atas. Air terjun Silangit ini memiliki 3 tingkat curug yaitu Curug Silangit yang paling atas, kemudian curug tengah serta curug Siklotok yang terletak paling bawah.

Saat berkunjung ke Curug ini maka anda bisa menyaksikan susunan batu yang rapi dan tampak pula aliran sungai dengan beberapa jeram  yang tinggi serta terdapat bebatuan besar. Perpaduan pemandangan tersebut menghasilkan panorama yang menakjubkan dan memanjakan mata.

Terdapat pula beberapa jembatan bambu untuk menambah kental suasana tradisional di tempat ini. Ada pula kandang hewan ternak khas desa berupa kambing etawa.

Alamat: Desa Somongari, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo.

13. Pantai Ketawang

Pantai Ketawang

Pantai Ketawang

Wisata pantai yang satu ini menawarkan pantai indah dengan pasir yang berwarna kehitaman namun pesona keindahan pantai ini tak kalah dari pasir yang berwarna putih.

Uniknya saat berada di pantai ini anda bisa menyaksikan pemandangan pegunungan sewu serta menoreh yang berada di sebelah timur. Terlihat pula karst gombong di bagian barat dan mercusuar di bagian tengah-tengah rawa.

Biasanya rawa tersebut juga dimanfaatkan sebagai kolam ikan serta lahan bercocok tanam. Pantai Ketawang ini juga memiliki acara lomba pacuan kuda serta balap motor atau racing. Terdapat pula fasilitas yang cukup memadai mulai dari tempat makan, tempat parkir, warung makan dan lain sebagainya.

Alamat: Desa Ketawangrejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo

14. Wisata Benteng Pendem

Wisata Benteng Pendem

Wisata Benteng Pendem

Benteng Pendem merupakan bangunan peninggalan zaman penjajahan Jepang yang pastinya memiliki nilai sejarah. Namun lokasi benteng ini sangat jarang dikunjungi oleh wisatawan padahal jika terawat dengan baik maka akan menjadi salah satu obyek wisata andalan Purworejo.

Untuk menjaga keindahan di sekitar Benteng Pendem ini maka dilakukan penanaman pohon sebagai bentuk solidaritas terhadap keberadaan benteng ini. Tidak hanya bisa menyaksikan keindahan benteng pendem, di lokasi ini wisatawan juga bisa menyaksikan keindahan laut selatan dan berbagai pemandangan alam di sekitar benteng pendem.

Alamat: Dusun I, Dadirejo, Bagelen, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

15. Curug Purbayan

Curug Purbayan

Curug Purbayan

Purworejo memang tak ada habisnya menyajikan wisata alam yang menawarkan daya tarik tersendiri termasuk salah satunya adalah Curug Purbayan. Untuk menuju ke Curug ini sebaiknya dilakukan oleh wisatawan yang memiliki jiwa petualang dan suka tantangan.

Sebab medan untuk menuju ke Curug Purbayan membutuhkan kesabaran dan terletak sangat tersembunyi di Kemiri Purworejo. Jalan berbatu dan licin harus siap anda hadapi yang akan anda temui sepanjang perjalanan menuju curug.

Tetatpi perjuangan dan rasa lelah seolah terbayarkan sudah ketika tiba di lokasi air terjun. Tentunya curug ini menawarkan pemandangan alam yang sangat indah serta dipadu dengan air yang sangat segar. Alam sekitar air terjun ini juga masih sangat alami dan sejuk sehingga sangat cocok untuk anda yang menginginkan suasana alam yang sesungguhnya.

Alamat: Krajan 1, Kaliurip, Kemiri, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

16. Curug Abang

Curug Abang

Curug Abang

Tempat wisata di Purworejo yang satu ini berada di Desa Wonokusumo, Kemiri, Purworejo. Saat berada di kawasan air terjun yang satu ini anda bisa menikmati keindahan alam berupa hutan pinus yang rindang.

Curug yang mempunyai ketinggain sekitar 20 meter ini memang memiliki nama yang unik dan membuat penasaran. Akses jalan menuju air terjun ini sudah cukup baik namun anda perlu waspada karena terdapat beberapa lubang di jalan tersebut.

Keindahan Curug Abang memang terbukti mampu menjadi magnet bagi wisatawan sehingga tak heran bila jumlah wisatawa yang berkunjung ke tempat ini juga tergolong banyak.

Alamat: Desa Wonosuko, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia.

17. Goa Sikantong

Goa Sikantong

Goa Sikantong

Obyek wisata yang satu ini berada di Desa Donorejo,Kaligesing, Purworejo. Goa yang satu ini memang menawarkan daya tarik yang unik terutama saat sudah memasuki mulut gua.

Terdapat stalagtit dan stalagmit yang menambah keindahan di dalam gua. Tak lupa untuk menyusuri gua ini supaya anda bisa merasakan sensasi yang lebih seru.

Adanya Goa Sikantong ini memang terbukti mampu memberikan pemasukan bagi warga sekitar yang ikut berjualan aneka makanan maupun minuman di sekitar lokasi goa.

Alamat: Coco Leal, Tlogoguwo, Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

18. Air Terjun Gunung Condong atau Curug Kyai Kate

Air Terjun Gunung Condong

Air Terjun Gunung Condong

Curug yang satu ini memang sangat menyita perhatian masyarakat setempat karena nama Kyai Kate merupakan sesepuh desa yang berperan penting dalam penyebaran islam dikawasan ini.

Saat berkunjung ke Curug Kyai Kate maka anda bisa menyaksikan debit air yang mengalir sangat deras meskipun di musim kemarau. Untuk menuju ke curug ini jalur trekking yang harus dilalui juga tidak begitu sulit dan cukup dekat.

Curug dengan tinggi 25 meter ini memang sangat menawan. Namun karena derasnya aliran air disarankan untuk wisatawan agar mandi di bagian aliran sungai saja dan tidak langsung dibawah air terjun.

Alamat: Kepdang, Gn. Condong, Bruno, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

19. Hutan Pinus di Bener

Hutan Pinus di Bener

Hutan Pinus di Bener

Hutan pinus yang satu ini menjadi salah satu andalan wisata di Kabupaten Purworejo. Hutan Pinus yang terletak di Bener ini memang menawarkan pemandangan alam yang sangat indah dan sejuk.

Selain itu kawasan hutan ini juga dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah setempat sehingga tak heran bila pohon-pohon pinus tumbuh subur.

Biasanya kawasan hutan pinus ini menjadi destinasi untuk berkemah dan bisa juga dijadikan sebagai lokasi outbound maupun kegiatan adventure lainnya. Saat berkunjung ke hutan pinus ini wisatawan juga bisa melihat kebun binatang miini dengan beberapa koleksi binatang yang terawat.

Alamat: Desa kembangan kidul, Jati, Bener, Kabupaten Purworejo

20. Wisata Kuliner Bebek Goreng Warung Dargo

Wisata Kuliner Bebek Goreng Warung Dargo via Misterlalu

Wisata Kuliner Bebek Goreng Warung Dargo via Misterlalu

Berkunjung ke Purworejo rasanya kurang lengkap bila anda tak berwisata kuliner menikmati bebek goreng khas Purworejo. Salah satu tempat makan yang sudah sangat terkenal dengan sajian bebek goreng Purworejo ini adalah Warung Dargo.

Dimana warung ini memang khusus menyediakan bebek goreng yang nikmat dan gurih. Selain menyajikan menu andalannya berupa bebek goreng, warung ini juga menyediakan menu lain sepreti ayam goreng serta burung dara goreng. Selain sukses di Purworejo, Warung Dargo kini sudah membuka cabang di beberapa daerah seperti di Jogja, Kutoarjo dan Pangenrejo.

Alamat: Jl. Mayor Jenderal Sutoyo, Kec. Purworejo, Jawa Tengah

21. Curug Lumbung

Curug Lumbung via pintram.com/curuglumbung

Curug Lumbung via pintram.com/curuglumbung

Obyek wisata yang satu ini mungkin masih belum banyak diketahui oleh wisatawan dari luar wilayah Purworejo. Namun sejak tahun 2016 lalu nama Curug Lumbung kian populer semenjak banyak kalangan yang membagikan keindahan curug ini melalui media sosial.

Tentunya curug ini menawarkan daya tarik yang membuat siapa saja penasaran untuk mengunjunginya. Salah satunya yang menjadi daya tarik tersebut adalah dinding-dinding sungai di sekitaran curug yang membetuk ornament sangat indah.

Para pengunjung bisa berfoto di kawasan sungai ini terutama dibagian sisi dalam sungai. Keindahan sungai akan terlihat sangat menawan saat anda berfoto karena dinding berornament tersebut akan terlihat secara jelas. Untuk tinggi dinding sungai ini cukup beragam bahka ada yang mencapai 7 meter.

Namun ternyata masih ada yang lebih tinggi lagi dari 7 meter sehingga tampak semakin menakjubkan. Biasanya saat musim penghujan, air sungai ini akan berubah menjadi kecoklatan.

Alamat: Jl. Krandon, Randon, Karang Sari, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

22. Kawasan Wisata Sumber Adventure Center

Kawasan Wisata Sumber Adventure Center via Telusurindonesia

Kawasan Wisata Sumber Adventure Center via Telusurindonesia

Tempat wisata di Purworejo berikutna adalah Sumber Adventure Center (SAC). Tempat rekreasi yang satu ini cocok untuk anda kunjungi bersama keluarga tercinta, terutama bersama anak-anak.
Berbagai fasilitas dan wahana permainan tersedian disini, sebut sajawahana Water Park, Museum Bus, Mobil dan Motor, Extreme Off road, dan lain sebagainya.
Anda penggemar dunia otomotif? Ada fasilitas khusus untuk anda, berupa Road Race, Trial Games dan tematis resort.
Alamat: Kaliwatukranggan, Butuh, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

23. Goa Nguwik

Goa Nguwik via @galangasmo

Goa Nguwik via @galangasmo

Tidak hanya memiliki Goa Seplawan yang menawan ternyata Purworejo juga memiliki goa Nguwik yang tak kalah indah dari Seplawan. Namun wisata goa Nguwik ternyata belum banyak diketahui oleh wisatawan sehingga masih jarang dikunjungi.

Meskipun begitu, goa yang satu ini memiliki pesona alam yang memukau dan kaya akan potensi alamnya. Saat berada di dalam goa ini wisatawan akan disuguhi oleh ornament yang unik dan indah dibagian dinding goa. Bahkan di goa ini juga pernah ditemukan fosil hewan purba.

Tentunya obyek wisata ini tidak kalah indah dibandingkan obyek wisata lainnya di Purworejo. Bagi anda yang penasaran dengan keindahan goa yang satu ini maka silakan datang ke Dusun Katerban, Donorejo, Kaligesing, Purworejo.

24. Wisata Edukasi Tlogoguwo

Wisata Edukasi Tlogoguwo via Tlogoguwo

Wisata Edukasi Tlogoguwo via Tlogoguwo

Tidak hanya menyajikan destinasi wisata alam saja, Purworejo juga memiliki destinasi wisata edukasi yang wajib dikunjungi yaitu Wisata Edukasi Tlogoguwo.

Tempat wisata ini berada di Gua Anjani, Curug Setwaing serta Kolam Renang. Selain itu terdapat kelompok peternak kambing Peranakan Etawa ras Kaligesing yang menawarkan paket belajar pengolahan susu kambing untuk dijadikan sebagai susu bubuk serta permen karamel.

Selain itu wisatawan juga bisa mengikuti kegiatan memerah susu kambing, memandikan, serta belajar mengenai seluk beluk kambing.

Bagi anda yang belum pernah mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan kambing khususnya kambing peranakan etawa maka sangat wajib untuk mengikuti wisada edukasi Tlogoguwo ini. Selain berwisata anda bisa menambah wawasan sehingga jangan ragu pula untuk mengajah buah hati tercinta.

Alamat: Desa Tlogoguwo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo

25. Bukit Patihan Bruno

Bukit Patihan Bruno via explorewisata

Bukit Patihan Bruno via explorewisata

Tempat wisata di Purwerejo yang bisa anda singgahi selanjutnya adalah bukit Patihan Bruno yang ada di desa Giyombong, kecamatan Bruno.

Bukit ini merupakan salah satu objek wisata alam terbaru di Purworejo yang menawarkan keindahan gugusan pegunungan yang diwarnai hijaunya daun pada pepohonan. Anda juga bisa menyaksikan koleksi bunga matahari yang tidak kalah kecenya.

Alamat: Desa Giyombong, kecamatan Bruno, Kabupaten Purworejo

26. Gunung Kunir

Gunung Kunir via Lelungan

Gunung Kunir via Lelungan

Gunung kunir bisa anda jadikan sebagai spot trecking di Purworejo. Gunung ini menawarkan sensasi pendakian yang menarik dan panorama alam menakjubkan.

Kalau anda berminat mendaki gunung kunir ini, silahkan datang saja ke desa Benowo. Gunung ini menjadi salah sati titik terbaik untuk menikmati sunrise di Purworejo.

Anda tidak akan sendirian disini, karena banyak wisatawan datang kesini untuk menyaksikan cantiknya mentari saat terbit.

Alamat: Desa Benowo, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo

27. Hutan Pinus Sikepel

Hutan Pinus Sikepel via Coretandjawani

Hutan Pinus Sikepel via Coretandjawani

Tempat wisata di Purworejo berikutnya adalah hutan pinus Sikepel yang menawarkan keindahan alam yang menakjubkan dari pohon pinus yang menjulang tinggi.

Hutan punus Sikepel sendiri masuk dalam perbatasan antara Purworejo dan Magelang. Lebih tepatnya di Desa Kembangan Kidul.

Alamat: Kembangan Kidul, Kembang Kidul, Jati, Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

28. Taman Sidandang

Taman Sidandang via @satriogntro

Taman Sidandang via @satriogntro

Anda mau liburan sambil basah-basahan? Maka taman Sidandang bisa anda jadikan pilihan terbaiknya. Sekilas mungkin anda menyangka bahwa taman Sidandang ini merupakan taman pada umumnya yang banyak terdapat pepohonan atau bunga.

Tetapi berbeda dengan taman Sidandang, taman ini ternyata justru malah menaawarkan sensasi berendam untuk wisatawan.

Disini anda bisa menikmati kesegaran aliran sungai yang sangat cocok untuk basah-basahan. Anda tidak bisa berenang? Tenang, karena ada pelampung yang bisa anda sewa disini.

Selain menawarkan aktivitas air, disini anda juga bisa merasakan sensasi outbond di alam. Ada fasilitas outbondu ntuk orang dewasa dan anak-anak disini.

Bagi anda yang tertarik liburan disini, anda hanya dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 3000,-/orangnya.

Alamat: Desa Kedungrantai RT.02 / RW.04, Kaligesing, Kaligono, Purworejo, Jawa Tengah

29. Kedung Gulo

Kedung Gulo via Mblusuk

Kedung Gulo via Mblusuk

Tempat wisata di Purwerejo berikutnya adalah kedung Gulo. Kedung gulo ini wajib anda masukkan dalam daftar tempat wisata di Purworejo yang akan anda kunjungi. Kedung gulo ini sangat eksotis dan menawarkan sensasi mandi di alam yang menyegarkan.

Memang, akses menuju ke lokasi cukup sulit, bahkan membingungkan karena sampai tulisan ini dibuat, belum ada papan petunjuk arah menuju ke lokasi.

Buat anda yang suka mandi-mandi, maka anda wajib mengunjungi pemandian alam yang masih asri dan perawan ini.

Alamat: Desa Kalitapas, Bener, Purworejo, Jawa Tengah

30. Wisata Curug Gunung Putri

Wisata Curug Gunung Putri via @aida_maulidina

Wisata Curug Gunung Putri via @aida_maulidina

Alamat: Singolopo, Cepedak, Bruno, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

31. Curug Kaliurip

Curug Kaliurip via @inggitnf

Curug Kaliurip via @inggitnf

Alamat: Krajan 1, Kaliurip, Kemiri, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

32. Air Terjun Loning

Air Terjun Loning via @pututpriambodo

Air Terjun Loning via @pututpriambodo

Alamat: Dusun II, Loning, Kemiri, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

33. Hutan Pinus Kalilo Kaligesing

Hutan Pinus Kalilo Kaligesing via @hutanpinuskalilo

Hutan Pinus Kalilo Kaligesing via @hutanpinuskalilo

Alamat: Kalilo, Tlogoguwo, Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

****

Itulah tadi penjelasan mengenai referensi tempat wisata di Purworejo yang recommended untuk dikunjungi saat liburan. Melalui informasi di atas kini bagi anda yang berencana ingin menjelajah Purworejo sebaiknya tak perlu khawatir.

Karena terdapat banyak tempat wisata seru dan menarik yang bisa dikunjungi supaya liburan semakin berkesan dan menyenangkan. Jadi tunggu apalagi segera ajak orang-orang tercinta anda untuk berlibur ke Purworejo saat akhir pekan atau liburan nanti.

Jangan lewatkan juga: Daftar Objek Wisata di Batang Jawa Tengah

 

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!