24 Tempat Wisata Wonosobo yang Wajib Anda Kunjungi

Wisata Wonosobo – Kabupaten Wonosobo masuk dalam provinsi Jawa Tengah. Wonosobo sangat terkenal dengan tempat wisatanya yang sangat indah dan menjadi salah satu incaran wisatawan yang ingin menikmati waktu liburan mereka.

Salah satu kawasan wisata wonosobo yang terkena adalah wisata Dieng. Sebelumnya sudah admin bagikan setidaknya ada 21 Tempat Wisata Dieng Paling Populer dan Favorit Wisatawan, nah, jika anda hanya ingin menikmati liburan di Dieng silahkan anda simak artikel tersebut.

Kalau kali ini Tempatwisataseru.com akan mengajak anda berkeliling ke Wonosobo, kenapa kok yang tempat wisata di Wonosobo lebih sedikit daripada Dieng? Karena tidak semua objek wisata Dieng kami ulas kembali pada uraian kali ini.

24 Tempat Wisata Wonosobo

Berikut ini 24 diantaranya, silahkan kunjungi semuanya kalau anda sudah berada di Wonosobo:

1. Wisata Wonosobo Air Terjun Sikarim

Objek wisata Wonosobo yang pertama adalah air terjun Sakirin, air terjun ini lokasinya tidak jauh dari telaga menjer, nanti akan kami jelaskan juga mengenai telaga menjer.

Wisata Wonosobo Kebun Teh Tambi

Wisata Wonosobo Kebun Teh Tambi

Curug ini letaknya ada di Desa Mlandi, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo. Memang, untuk mencapai air terjun ini membutuhkan perjuangan ekstra, karena kita harus menyusuri hutan dengan berjalan kaki.

Curug ini masih sangat terjaga keasriannya sehingga sangat layak kita jadikan sebagai destinasi liburan saat berkunjung ke Wonosobo.

2. Wisata Wonosobo Kebun Teh Tambi

Wisata Wonosobo yang selanjutnya adalah sebuah Agrowisata Tambi. Anda bisa menikmati sejuknya udara yang bersih, jauh dari polusi dan kebisingan. Sepanjang mata memandang hamparan kebun teh yang menghijau membuat suasana hati menjadi tenteram.

Wisata Wonosobo Kebun Teh Tambi

Wisata Wonosobo Kebun Teh Tambi

Lokasi agrowisata ini ada di kecamatan garung, tepatnya di jalan arah menuju dieng. Tidak hanya menyuguhkan pemandangan perkebunan teh, di sana anda juga bisa berwisata industri dengan mengunjungi pabrik teh tambi dan bisa melihat proses pengolahan pembuatan teh tambi.

Untuk wisata alam, Wonosobo memiliki Agro Wisata Tambi yang terhampar luas di lereng Gunung Sindoro, dengan ketinggian 1.200 – 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu udara rata-rata minimal 15 derajat C, dan suhu maksimal 24 derajat C.

Disini terdapat banyak arena liburan seperti fasilitas pondok wisata, kolam pemancingan, lapangan tenis, taman bermain, kebun, dan parik teh. ”Agrowisata Tambi menjadi pilihan bagi wisatawan untuk rekreasi. Wisatawan yang  ingin ke Gunung Dieng, menginapnya di Agrowisata Tambi. Kebetulan jaraknya tidak terlalu jauh,” kata Bambang, pengelola agrowisata Tambi.

3. Wisata Wonosobo Telaga Menjer

Nah, ini dia objek wisata telaga Menjer yang harus kita masukan dalam daftar kalau akan berlibur ke Wonosobo.

Telaga ini sendiri sebenarnya terbentuk sebagai akibat letusan vulkanik di kaki Gunung Pakuwaja. Dulunya air di telaga tersebut hanyalah dari beberapa mata air kecil di sekitar telaga dan juga mengandalkan curah hujan yang cukup tinggi didaerah ini.

Wisata Wonosobo Telaga Menjer

Wisata Wonosobo Telaga Menjer

Alamat: desa Maron, kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Disini anda bisa berkeliling waduk dengan menyewa perahu Rp. 15.000 dan anda sudah bisa berkeliling danau sambil menikmati pemandangan di sekitarnya. Dan jika anda hobi meancing, tempat ini juga sering di datengin pemancing dari lokal maupun luar.

4. Wisata Wonosobo Waduk Wadaslintang

Objek wisata selanjutnya adalah Waduk Wadaslintang yang menjadi waduk terbesar di Asia Tenggara.

Tidak tanggung-tanggung, waduk ini memiliki luas sekitar 3.000 ha. Terletak di wilayah perbatasan, yaitu Kabupaten Kebumen dan Wonosobo.

Wisata Wonosobo Waduk Wadaslintang

Wisata Wonosobo Waduk Wadaslintang

Waduk ini dimanfaatkan sebagai objek wisata yang menarik untuk kita kunjungi saat berlibur ke Wonosobo.

Waduk yang memiliki banyak fungsi ini, diantaranya sebagai pembangkit listrik, irigasi dan transportasi air dan budidaya ikan nila,menjadi objek wisata yang cukup menarik, kita bisa menikmati indahny waduk dari perahu.

5. Wisata Wonosobo Arum Jeram Serayu

Anda suka kegiatan yang menantang? Bagaimana kalau arung jeram? Anda bisa menguji adrenalin di Sungai Serayu.

Arung jeram ini semakin populer dan diminati oleh anak muda yang ingin menguji adrenalinnya untuk menaklukkan keganasan sungai serayu.

Wisata Wonosobo Arum Jeram Serayu

Wisata Wonosobo Arum Jeram Serayu

Sungai ini sendiri berada di Kabupaten Wonosobo – Banjarnegara, Jawa Tengah kira-kira 2,5 jam perjalanan dari Jogjakarta dengan melewati lereng Gunung Sindoro-Sumbing yang menyajikan kesejukan dan panorama alam pegunungan.

Sungai ini berada pada ketinggian 500 meter (dpl) sangat mudah dijangkau karena terletak di pinggir jalan raya yang menghubungkan kota Wonosobo dan Banjarnegara tepatnya berdekatan dengan jalan raya Tunggoro-Singomerto. Mengenai tingkat kesulitan Arung Jeram Serayu di Kabupaten Wonosobo ini bervariasi, mulai dari grade dua sampai grade empat dengan jumlah jeram sebanyak 30 jeram. Namun, bagi peminat arung jeram yang sudah terbiasa berarung jeram dan profesional mengendalikan perahu, makin tinggi tingkat kesulitannya justru makin mengasyikkan dan menarik.

6. Wisata Wonosobo Pemandian Air Panas Kalianget

Objek wisata Wonosobo yang selanjutnya adalah pemandian air panas. Nama tempatnya kalianget. Lokasi pemandian Kalianget, berada di di Jalan Dieng Km. 3, Kalianget, Wonosobo.

Wisata Wonosobo Pemandian Air Panas Kalianget

Wisata Wonosobo Pemandian Air Panas Kaliangetc

Taman rekreasi dan olah raga yang berada dalam satu kompleks, dengan fasilitas yang ada saat ini kolam renang, lapangan tenis, lapangan bola, taman bermain, hutan kota dan pemandian air panas.

Jangan lewatkan juga 16 Tempat Wisata di Klaten Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi

7. Wisata Wonosobo Curug Winong

Satu lagi ari terjun di Wonosobo yang layak anda jadikan sebagai destinasi wisata yaitu curug winong. Lokasinya ada di Desa Winongsari, Kecamatan Kaliwiro, kurang lebih sekitar 50 menit perjalanan dari pusat kota Wonosobo menuju ke arah selatan melewati jalur Wonosobo, Selomerto, Balaikambang, Winongsari dan Curug Winong.

Wisata Wonosobo Curug Winong

Wisata Wonosobo Curug Winong

Untuk bisa menikmati cipratan air curug winong ini, dari loket pembelian tiket anda harus berjalan beberapa ratus meter melewati jalan setapak hingga mencapai lokasi curug.

8. Wisata Wonosobo Telaga Warna

Siapa yang tidak kenal dengan telaga warna. Telaga warna yang menjadi salah satu tempat wisata Dieng ini sudah terkenal sampai ke mancanegara.

Tempat Wisata Alam Telaga Warna di Dieng

Tempat Wisata Alam Telaga Warna di Dieng

Telaga ini menjadi ikon wisata Wonosobo, kususnya Dieng. Kalau menurut legendanya, warna yang muncul di permukaan telaga tersebut karena zaman dahulu kala ada cincin milik bangsawan yang jatuh ke dalam telaga tersebut. Secara ilmiah, warna yang berbeda dari telaga tersebut karena adanya pembiasan cahaya pada endapan belerang di dasar telaga.

Dominasi warna dari telaga ini adalah hijau, biru laut dan putih kekuningan. Jika ingin melihat keindahan warna dari telaga, Anda dapat mendaki ke puncak bukit yang mengelilingi telaga tersebut. Di daerah tepian telaga, terdapat balkon yang dapat digunakan untuk duduk bersantai menikmati keindahan telaga ini.

9. Wisata Wonosobo Bukit Sikunir

Salah satu objek wisata di Wonosobo yang populer dan diminati oleh anak-anak muda adalah bukit Sikunir. Bukit ini menjadi tujuan wisata anak-anak muda yang ingin menikmati indahnya sunrise dari atas awan.

Lokasi bukit ini ada di  di Desa Sembungan yang merupakan desa tertinggi di Jawa Tengah.  Bukit Sikunir berada pada ketinggian 2.200 mdpl. Dinamakan bukit Sikunir karena bukit ini banyak membuat wisatawan ketagihan berburu sunrise. Warna sinar matahari yang kekuningan seperti kunir membuat masyarakat setempat menamainya sikunir. Kunir adalah bahasa Jawa dari kunyit.

10. Wisata Wonosobo Sumur Jalatunda

Kalau anda sudah berada di Kawasan Wisata Dieng, jangan sampai tidak mampir ke sumur Jalatunda berlokasi di Desa Pekasiran. Lokasinya hanya berjarak sekitar 12 km di sebelah barat lokasi utama wisata Dieng.

Objek Wisata Sumur Jalatunda di Dieng

Objek Wisata Sumur Jalatunda di Dieng

Sumur Jalatunda ini dulunya adalah sebuah ceruk rekahan kawah yang kemudian digenangi oleh air dengan diameter 90 meter dan kedalaman lebih dari 200 meter. Karena air yang menggenang ini ceruk tersebut tampak seperti sumur.

11. Wisata Wonosobo Kawah di Dieng

Kawasan wisata Dieng terkenal dengan kawahnya yang indah, ada banyak kawah yang bisa anda kunjungi, diantaranya adalah Kawah Sikidang, Kawah Candradimuka, dan Kawah Sileri yang masih aktif.

Kawah Sikidang adalah salah satu kawah yang dijadikan andalan tempat wisata di Dieng dan berlokasi di wilayah Dieng timur. Pemandangan di sekitar kawah ini sangat indah, perpaduan hamparan bukit hijau dan tanah kapur di sekitar tanah kawah.

Obyek Wisata Kawah Sikidang di Dieng

Obyek Wisata Kawah Sikidang di Dieng

Diberi nama Sikidang karena kolam magma di kawah ini sering berpindah-pindah seperti Kidang (bahasa Jawa untuk hewan Kijang). Gejolak magma di kawah ini juga cukup tinggi, antara setengah hingga satu meter.

Kawah Sileri merupakan salah satu kawah terbesar di dataran tinggi Dieng dengan luas sekitar 4 hektar. Anda dapat mencapai kawah ini dengan perjalanan sejauh 7 km dari kawasan wisata utama Dieng.

Kawah Sileri masih masih mengeluarkan asap putih. Diberi nama Sileri karena warna air kawah ini putih dan aromanya seperti air bekas mencuci beras (dalam bahasa Jawa disebut leri).

Sedangkan Kawah Candradimuka adalah kawah yang terkenal di dalam cerita legenda pewayangan. Dalam legenda diceritakan, kawah ini adalah tempat di mana Gatotkaca dijedi (dimandikan dalam bahasa Jawa) sehingga memiliki kesaktian yang luar biasa. Letak kawah ini kurang lebih 6 km dari pusat wisata Dieng.

12. Wisata Wonosobo Telaga Cebong Dieng

Telaga cebong? Apa di dalam telaga ini isinya cebong semua ya? Tentu saja tidak, telaga yang berada di Desa Sembungan, yang merupakan desa tertinggi di jawa Tengah ini juga menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Wonosobo.

Tempat Wisata Telaga Cebong di Dieng

Tempat Wisata Telaga Cebong di Dieng

Setelah kita menikmati keindahan puncak Sikunir, nah waktu pulangnya tidak ada salahnya kalau kita mampir di Telaga ini.

Disini anda dapat menikmati keindahan alam berupa telaga alam yang disekitarnya terdapat lahan-lahan pertanian miliki penduduk sehingga menambah keindahan Telaga Cebong ini. Dengan letaknya yang diatas 2300 m dpl, maka banyak yang mengatakan bahwa Telaga Cebong ini merupakan telaga diatas awan.

13. Wisata Wonosobo Curug Sirawe

Wonosobo masih memiliki curug nan elok untuk kita kunjungi, yaitu curug Sirawe. Curug yang berada di di Dukuh Bitingan, Desa Kepakisan, dengan ketinggian air 70 m, di aliran Sungai Rawe, dicapai dengan melewati jalan setapak menyusuri hutan.

Wisata Wonosobo Curug Sirawe

Wisata Wonosobo Curug Sirawe

Memang, kita butuh perjuangan untuk menuju curug ini, namun setelah kita sampai ke lokasi, rasa lelah semua akan sirna. Apalagi kita bisa mandi sepuasnya disini. Pasti seru basah-basahan disini.

14. Gardu Pandang Tieng Wonosobo

Selain bukit Sikunir, kita juga bisa menikmati keindahan Sunrise di gardu Pandang.

Disini anda bisa menikmati keindahan matahari terbit, anda akan merasa sedang berada sejajar dengan matahari, karena anda berada di atas awan. Wowo, pengalaman yang sangat menakjubkan tentunya.

Gardu Pandang Dieng Wonosobo

Gardu Pandang Tieng Wonosobo

Untuk mencapai gardu pandang ini, anda harus menempuh 17 km dari Wonosobo, untuk melihat panorma matahari terbit (Golden Sunrise), pedesaan, Sungai Serayu dan perbukitan.

15. Wisata Wonosobo Goa Jaran

Goa jaran menjadi salah satu wisata alam di Wonosobo yang bisa anda kunjungi. Gua jaran atau dalam bahasa Indonesianya gua kuda ini berada di kawasan dataran tinggi dieng yang memiliki keunikan karena bentuk mulut goa ini seperti kuda.

Wisata Wonosobo Goa Jaran

Wisata Wonosobo Goa Jaran

Goa ini dipercaya memiliki aura mistis yang kuat, hal ini terlihat dari banyaknya pengunjung kesana untuk mencari wangsit dan bertapa. Namun, bagi Anda yang hobi foto, lokasi ini sangat menjanjikan sebagai lokasi yang memberikan pesona bentukan alam yang menarik.

16. Wisata Wonosobo Lobang Sewu

Lobuang sewu merupakan objek wisata Wonosobo terbaru. Lokasi wisata ini berada di sekitar kawasan waduk Wadaslintang di Desa Erorejo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Wisata Wonosobo Lobang Sewu

Wisata Wonosobo Lobang Sewu

Objek wisata terbaru di Wonosobo ini belakangan ramai dikunjungi oleh wisatawan yang datang ke Wonosobo.

Tidak tanggung-tanggung, menurut kepada Desa Erorejo, Ambar Riyanto, setiap minggu setidaknya sekitar 10 ribu wisatawan berkunjung ke Lobang Sewu.

Untuk menikmati objek wisata ini, kita hanya membayar tiket Rp. 2000 saja.

17. Wisata Kuliner Wonosobo Mie ongklok

Saat liburan di Wonosobo, jangan sampai tidak mencoba kuliner khasnya yaitu Mie ongklok.

Mie ini menjadi kuliner khas Wonosobo yang terkenal dan layak untuk kita jadikan referensi wisata kuliner di Wonosobo.

Wisata Kuliner Wonosobo Mie ongklok

Wisata Kuliner Wonosobo Mie ongklok

Tenang, untuk menemukan penjual mie ini sangat banyak kok, tinggal pilih mau yang dimana.

Biasanya, untuk menamni menikmati mie ongklok ini, ada berbagai gorengan dan pangan khas lainnya.

18. Telaga Merdada

Satu lagi objek wisata Dieng yang menjadi tujuan wisata yang tidak boleh anda lewatkan, yaitu Telaga Mardala yang ada di Desa Karangtengah.

Telaga Merdada

Telaga Merdada

Destinasi wisata di Dieng berupa Telaga ini jika dilihat dari bentuknya menyerupai kaldera bekas letusan Gunung Berapi, yang kemudian tergenang dengan air. Kontur ini akan terlihat jelas apabila dilihat dari ketinggian.

19. Pendakian Gunung Prau Wonosobo

Anda suka mendaki? Biasanya bagi mereka yang gemar mendaki gunung, gunung prau menjadi pilihan.

Gunung ini selalu ramai oleh para pendaki, apalagi saat liburan datang. Tempat ini selalu ramai oleh anak-anak muda yang mendirikan tenda-tenda.

Pendakian Gunung Prau Wonosobo

Pendakian Gunung Prau Wonosobo

Jalaur pendakian dapat ditempuh dari Kendal ataupun dari Kawasan Dieng. Ketinggian puncak Gunung Prau adalah 2.565 mdpl, lumayan pendek dibanding dengan gunung lainnya. Salah satu spot di jalur pendakian Gunung Prau yang terkenal adalah bukit teletubbies, dimana di bukit ini terdapat hamparan padang rumput yang hijau menyerupai setting serial anak anak teletubbies di televisi.

20. Kompleks Candi Arjuna Dieng

Tempat wisata Wonosobo yang wajib anda kunjungi selanjutnya adalah komplek candi arjuna yang masuk dalam kawasan wisata di Dieng. Objek wisata peninggalan sejarah ini sangat populer. Komplek candi arjun sendiri dipercaya merupakan peninggalan hindu pada abad ke-7.

Obyek Wisata Candi Arjuna Dieng

Obyek Wisata Candi Arjuna Dieng

Candi ini ditemukan pada 1814 oleh seorang tentara Inggris yaitu Van Kinsbergen. Kompleks Candi Arjuna terdiri dari 5 candi yaitu, Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Sembadra, Candi Srikandi dan Candi Puntadewa. Candi-candi yang terdapat di Dieng diberi nama sesuai dengan tokoh Mahabarata. Ada Candi Bima, Arjuna, Gatot Kaca, Srikandi, dan lain-lain. Model bangunan candi di sini mengikuti bentuk candi di India dengan ciri khas arca dan relief yang menghiasi bangunan candi.

21. Tempat Wisata Telaga Pengilon

Tempat wisata Wonosobo yang layak untuk kita kunjungi selanjutnya adalah Telaga Pengilon. Telaga ini sendiri lokasinya ada di sebelah Telaga warna di Dieng plateau. Uniknya meskipun terletak berdekatan, Jika dilihat dari zat kimia yang ada bahwa di telaga pelilon berbeda dengan telaga warna.

Tempat Wisata Telaga Pengilon

Tempat Wisata Telaga Pengilon

Telaga ini mengandung sulfur yang pekat sehingga dapat meiliki banyak warna yang diakibatkan oleh pantulan cahaya matahari. Sedangkan untuk telaga pengilon tidak terdapat kandungan tersebut.  Bagi penggemar fotografi pasti akan senang dengan pemandangan di sekitar Telaga Warna dan Telaga Pengilon ini, dimana terdapat telaga yang dikelilingi perbukitan yang asri dan hijau.

22. Tempat Wisata Bukit Sidengkeng Petak 9 Dieng

Tempat wisata di di Wonosobo yang tidak boleh anda lewatkan selanjutnya adalah bukit Sidengkeng petak 9 yang merupakan spot terbaik untuk menyaksikan keindahan Telaga Warna dan Telaga Pengilon secara utuh, gradasi warna dari air telaga dapat terlihat dengan jelas dari lokasi ini, dengan latar belakang gunung Prahu yang terlihat sering berslimut kabut,perbukitan menghijau dan diperindah dengan hamparan telaga Warna Pengilon menjadikan pemandangan dari Sidengkeng semakin sempurna.

Tempat Wisata Bukit Sidengkeng Petak 9 Dieng

Tempat Wisata Bukit Sidengkeng Petak 9 Dieng

Untuk anda yang tertarik mengunjungi objek wisata ini, anda harus masuk melalui gerbang Wana Wisata Petak 9 Dieng, melalui jalan setapak menanjak sekitar 15 menit, melewati jalur ini sangatlah mengasyikkan karena pohon akasia decuren dan aneka tanaman bunga ada disini, seolah tak terasa lelah kaki melangkah menuju puncak, melewati sela-sela pohon berpegangan pada ranting dan sambil bercanda menuju puncak Surga.

23. Spot Wisata Batu Ratapan Angin

Tempat wisata Wonosobo selanjutnya adalah batu ratapan angin yang merupakan spot terbaik lainnya untuk melihat keindahan  Telaga warna dan Telaga Pengilon dari ketinggian.
Spot Wisata Batu Ratapan Angin

Spot Wisata Batu Ratapan Angin

Karena letaknya agak tinggi, butuh tenaga ekstra untuk mencapai tempat ini. Namun setelah sampai di atas, akan terbayar dengan keindahan yang tersaji di Batu Ratapan angin ini. Batu Ratapan angin ini juga sering disebut dengan Batu Pandang Dieng.

24. Dieng Plateau Theater

Tempat wisata di Wonosobo yang terakhir dari kami adalah dieng plateau theater yang merupakan sebuah bangunan yang cukup megah di Kawasan Dieng dimana di tempat ini dijadikan sebagai tempat penayangan film dokumenter tentang Dieng Plateau. Dieng Plateau Theater memiliki kapasitas 60 tempat duduk.
Liburan ke Dieng Plateau Theater

Liburan ke Dieng Plateau Theater

Film dokumenter yang ditayangkan adalah berjudul Bumi Kahyangan dieng Plateau dengan durasi 20 menit. Bagaimana, tertarik. Memang tak lengkap rasanya apabila berkunjung ke Wisata Dieng namun tidak mengunjungi Dieng Plateau Theater.

Bagaimana? Anda sudah tidak sabar lagi ingin segera berangkat ke Wonosobo? Atau anda adalah warga Wonosobo tapi belum mengunjungi tempat wisata di atas? Wah rugi sekali rasanya.

Demikianlah uraian dari kami, semoga bisa menjadi panduan wisata Wonosobo untuk anda dan rekan atau orang tercinta lainnya, Jangan lupa juga untuk mengunjungi 15 Tempat Wisata di Salatiga Jawa Tengah dan Sekitarnya

loading...

3 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!