Tempat Wisata di Kendal Jawa Tengah

Tempat Wisata di Kendal  – Halo Sobat Travelers, piye kabare? Sehat – sehat saja bukan? Pada kesempatan kali ini tim penulis blog Tempatwisataseru.com akan membagikan info tempat wisata di Kendal Jawa Tengah.

Di dunia pariwisata, kendal memang tidak begitu menonjol. Dibandingkan Semarang atau Jogja, nama Kab. Kendal terkesan tidak ada apa – apanya.

Padahal, kabupaten yang bertetangga dengan Semarang ini sebenarnya memiliki banyak tempat wisata yang sangat eksotis.

Dari mulai wisata pantai, wisata alam pegunungan, wisata air terjun, sampai dengan wisata buatan berbentuk wahana permainan, semuanya tersedia di kabupaten ini.

Selain memiliki jenis wisata yang lengkap, Kab. Kendal juga sangat nyaman untuk dijadikan sebagai tempat wisata.

Pasalnya, tidak seperti daerah – daerah lain yang berstatus sebagai “Kota Wisata”,walaupun di musim liburan, jumlah wisatawan luar daerah yang datang ke Kab. Kendal tidak terlalu banyak.

Karenanya, di musim liburan sekalipun, Kab. Kendal tetap nyaman untuk dikunjungi karena bebas macet dan tidak terlalu ramai.

Bila saat ini Anda sedang merencanakan perjalanan wisata, Anda kami sarankan untuk turut memasukkan kab. Kendal sebagai salah satu destinasi tujuan wisata Anda.

Tempat Wisata di Kendal Jawa Tengah Paling Hits

Khusus untuk Anda para warga Kendal atau pun Anda yang berasal dari luar daerah Kendal dan sedang berencana untuk berkunjung ke Kab. Kendal, berikut merupakan beberapa objek wisata di Kendal yang tergolong cukup menarik untuk dikunjungi:

1. Pantai Cahaya

Pantai Cahaya via Youtube
Pantai Cahaya via Youtube

Pantai Cahaya terletak di Desa Sendang Sikucing, Kec. Rowosari, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

Pantai ini merupakan salah satu tempat wisata keluarga terfavorit di Kendal. Hal ini terbukti dengan banyaknya jumlah wisatawan yang berkunjung ke pantai ini, terutama di hari libur dan akhir pekan.

Tingginya minat wisatawan akan objek wisata Pantai Cahaya tidak terlepas dari lokasinya yang mudah dijangkau dan fasilitasnya yang sangat lengkap.

Untuk urusan fasilitas, pantai ini memang tidak ada duanya. Dari mulai hutan wanawisata, taman rekreasi pantai, waterpark, kebun binatang mini, sampai dengan pentas lumba – lumba, semuanya tersedia di pantai ini.

Selain itu, ada juga gazebo – gazebo di pinggir pantai yang bisa digunakan sebagai tempat duduk di sela – sela aktivitas wisata Anda.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke pantai ini? Jika ya, pantai ini dapat dikunjungi setiap hari dari mulai pagi hingga malam.

Untuk bisa menikmati seluruh fasilitas dan wahana wisata yang tersedia di pantai ini, Anda harus rela merogoh kocek Anda agak dalam, yaitu sebesar Rp. 40.000 per orang.

2. Pantai Ngebum

Pantai Ngebum via Tribunnews

Pantai Ngebum merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati sunset di Kendal.

Dari pantai ini, pemandangan sunset bisa terlihat dengan sangat jelas, terlebih saat cuaca dalam kondisi cerah.

Untuk kondisi pantainya sendiri masih tergolong cukup bersih dan asri.

Garis pantainya tergolong cukup lebar dengan pasir halus berwarna kecoklatan.

Kondisi airnya juga cukup jernih dengan ombak yang tidak terlalu besar dan relatif cukup aman untuk dijadikan sebagai tempat berenang dan bermain air.

Untuk menopang aktivitas wisata di tempat ini, pengelola tempat ini telah menyediakan beraneka jenis fasilitas.

Dari mulai tempat parkir, gazebo, payung pantai, toilet, sampai dengan mushola, semuanya sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Lokasi Pantai Ngebum Kendal ada di Desa Mororejo, Kec. Kaliwungu, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

Dalam kondisi normal, pantai ini dapat dikunjungi setiap hari selama 24 jam non stop.

Untuk urusan tiket masuk, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya tiket masuk ke pantai ini benar – benar sangat merakyat, yaitu hanya Rp. 3.000 saja per orang.

3. Pantai Jomblom

Pantai Jomblom via swarakendal
Pantai Jomblom via swarakendal

Nama tempat piknik di Kendal yang satu ini memang agak sensitif.Jika salah membaca, bisa – bisa pantai ini dianggap sebagai tempat pelarian karena tak kunjung mendapatkan pasangan (baca = jomblo).

Nah, terlepas dari namanya yang “agak sensitif” tersebut, pantai ini menawarkan panorama alam yang lengkap.

Tepi pantai ini tergolong cukup lebar dengan pasir abu – abu kecoklatan yang lembut.

Tidak jauh dari tepi pantai ini ada banyak pohon bakau yang sengaja ditanam oleh penduduk setempat sebagai langkah antisipasi terjadinya abrasi.

Di sore hari, pantai ini menawarkan pemandangan indah berupa sunset di ufuk barat.

Sedangkan di malam harinya, pantai ini sangat pas untuk dijadikan sebagai spot pemancingan.

Lokasi Pantai Jomblom ada di Desa Margorejo, Kec. Cepiring, Kab. Kendal Jawa Tengah.

4. Tirta Nusantara

Tirta Nusantara via Kmstour
Tirta Nusantara via Kmstour

Dari namanya saja, Anda pasti sudah bisa menebak seperti apa gambaran wisata yang ditawarkan tempat ini bukan?

Ya, menyandang nama “tirta”, tempat ini menawarkan daya tarik utama berupa kolam bermain yang dilengkapi dengan beraneka ragam wahana permainan.

Saat ini, objek wisata ini merupakan salah satu tempat wisata keluarga yang sangat populer di Kendal.

Di hari libur dan akhir pekan tempat ini nyaris tidak pernah sepi pengunjung.

Tingginya minat wisatawan untuk berwisata ke Tirta Nusantara tidak terlepas dari fasilitas dan wahana permainannya yang luar biasa lengkap.

Beberapa wahana dan fasilitas menarik yang bisa Anda nikmati di sini adalah: kolam pemancingan, kolam renang, tempat bermain anak, waterpark, dll.

Lokasi objek wisata Tirta Nusantara ada di Jl. Ngabean No. 104 – 106 Cangkringan, Kec. Boja, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

Tempat wisata ini beroperasi setiap hari dari mulai pukul 8 pagi sampai dengan pukul 5 sore.

Untuk bisa masuk ke objek wisata ini, pengunjung akan dikenai biaya tiket masuk dengan besaran yang berbeda – beda, bergantung wahana yang ingin dituju. Untuk wahana waterpark, tiket masuknya ditetapkan sebesar Rp. 17.500 per orang, sedangkan untuk wahana water toys (khusus anak – anak), tiket masuknya ditetapkan sebesar Rp. 15.000 per orang.

5. Pemandian Air Panas Citra Asri Gonoharjo

Pemandian Air Panas Citra Asri Gonoharjo

Tempat liburan di Kendal yang satu ini berlokasi di Desa Gonoharjo, Kec. Limbangan, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

Di sini Anda dapat menikmati fasilitas berupa kolam air panas alami yang bersumber dari pegunungan sekitar.

Sama seperti kebanyakan objek wisata pemandian air panas lainnya, Pemandian Air Panas Citra Asri Gonoharjo juga terletak di dataran tinggi yang sarat akan udara segar dan pemandangan eksotis.

Untuk menopang aktivitas wisata di tempat ini, pihak pengelola telah menyediakan fasilitas wisata yang cukup lengkap. dari mulai kolam renang, villa, tempat makan, arena pemancingan, sampai dengan taman hewan mini, semuanya sudah tersedia di sini.

Khusus untuk Anda yang ingin liburan bersama keluarga, pemandian air panas ini juga telah dilengkapi dengan taman bunga dan arena permainan khusus untuk anak – anak lho!

Bagaimana? Sangat menarik bukan?

Jika Anda ingin berkunjung ke pemandian air panas ini, di hari normal, tempat ini beroperasi setiap hari dari mulai pukul 8 pagi sampai dengan pukul 5 sore.

Tiket masuk ke pemandian air panas ini tergolong sangat terjangkau, yaitu hanya Rp. 8.000 per orang.

6. Agrowisata Tirto Arum Baru

Agrowisata Tirto Arum Baru
Agrowisata Tirto Arum Baru

Tempat piknik di Kendal yang selanjutnya adalah Agrowisata Tirto Arum Baru.

Agrowisata Tirto Arum Baru merupakan salah satu kawasan agrowisata paling populer di Daerah Kendal.

Agrowisata ini terletak di lokasi yang sangat strategis dan mudah untuk diakses, yaitu di Jl. Soekarno – Hatta Km. 2,7 Kendal, Jawa Tengah.

Selain itu, agrowisata ini juga memiliki fasilitas yang luar biasa lengkap, seperti: kolam renang, tempat pemancingan, area futsal, area voli, arena atv, tempat penginapan, restoran, dan lain sebagainya.

Khusus untuk Anda yang ingin melakukan outbond bersama dengan keluarga / rekan kerja, agrowisata ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas outbond yang cukup lengkap.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke agrowisata ini?

Jika ya, objek wisata ini beroperasi setiap hari selama 24 jam non stop.

Untuk bisa menikmati fasilitas wisata yang ada di sini, pengunjung harus membayar biaya tiket masuk dengan besaran yang berbeda – beda, bergantung wahana permainan yang ingin dituju (besaran tiket masuk sekitar Rp. 8.000 – Rp. 30.000 per orang per wahana).

7. Agrowisata Ngebruk Patean

Agrowisata Ngebruk Patean via Tempatwisatadaerah
Agrowisata Ngebruk Patean via Tempatwisatadaerah

Agrowisata Ngebruk Patean berlokasi di Desa Sidokumpul, Kec. Patean, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

Agrowisata ini merupakan tempat terbaik untuk belajar mengenal beranekajenis tanaman dan buah – buahan.

Secara total agrowisata ini memiliki luas sekitar 234 hektar.

Di arealnya yang sangat luas tersebut, Anda dapat melihat berbagai macam tanaman buah seperti: buah naga, jeruk durian, cengkeh, kelengkeng, rambutan, melon, semangka, jagung, srikaya, dan beraneka ragam tanaman buah lainnya.

Tidak hanya sekedar melihat, di agrowisata ini Anda juga bisa melihat dan mempelajari secara langsung bagaimana seluruh tanaman buah tersebut dibudidayakan.

Jika beruntung, Anda juga bisa membantu para pekerja untuk memanen buah dari pohonnya secara langsung.

Bagaimana? Sangat menarik bukan?

Di hari biasa, Agrowisata Ngebruk Patean dibuka untuk umum setiap hari dari mulai pukul 8 pagi sampai dengan pukul 3 sore.

Untuk masuk ke agrowisata ini, Anda hanya perlu membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 5.000 untuk orang dewasa dan Rp. 3.000 untuk anak – anak.

Selain itu, ada juga tiket Paradise Jagung Manis seharga Rp. 15.000. Paket ini merupakan paket khusus yang mana penggunanya akan mendapatkan 10 tongkol jagung rebus / bakar.

8. Perkebunan Teh Medini

Perkebunan Teh Medini via Seputarsemarang

Perkebunan Teh Medini merupakan “Kawasan Puncak – nya” Kab. Kendal.

Di sini Anda dapat menikmati udara sejuk sembari bersantai di kawasan perkebunan teh yang sangat asri.

Secara keseluruhan, tidak banyak aktivitas wisata menarik yang bisa dilakukan di tempat ini. Mayoritas pengunjung biasanya hanya datang ke perkebunan teh ini untuk sekedar bersantai sembari melakukan beberapa take foto.

Lokasi Perkebunan Teh Medini ada di kaki Gunung Ungaran, tepatnya di Desa Ngesrep Balong, Kec. Limbangan, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

Untuk masuk ke areal kebun teh ini, Anda harus membayar biaya retribusi sebesar Rp. 5.000 untuk mobil pribadi dan Rp. 2.000 untuk sepeda motor.

Di hari normal, perkebunan teh ini dapat dikunjungi setiap hari selama 24 jam non stop.

9. Curug Semawur

Curug Semawur via @andyoktan
Curug Semawur via @andyoktan

Tempat wisata di kendal yang selanjutnya adalah Curug Semawur.

Curug Semawur berlokasi di Kec. Plantungan, tepatnya di Dusun Jiwan, Desa Blumah.

Air terjun ini tergolong sebagai salah satu tempat wisata baru di Kendal yang masih perawan dan belum banyak diketahui oleh wisatawan.

Berbeda dengan mayoritas curug lainnya yang hanya memiliki satu tingkat aliran air terjun, Curug Semawur memiliki delapan tingkat air terjun.

Masing – masing ketinggian tiap tingkatannya berkisar antara 7 sampai dengan 15 meter dengan aliran air yang jernih dan tidak terlalu deras.

Sampai artikel ini ditulis, objek wisata ini masih belum dikelola secara serius sehingga masih sangat minim fasilitas.Selain itu, lokasinya juga agak tersembunyi dan agak susah untuk diakses.

Walaupun begitu, keindahan air terjun ini benar – benar sangat luar biasa. Oleh karenanya, walaupun minim fasilitas, air terjun ini tetap sangat rekomended untuk dikunjungi saat liburan.

10. Curug Sewu

Curug Sewu via @seputarsemarang
Curug Sewu via @seputarsemarang

Bukan cuma Kulon Progo saja yang punya Curug Sewu, Kab. Kendal pun juga memilikinya.

Bedanya, jika Curug Sewu di Kulon Progo memiliki aliran yang tidak terlalu deras, Curug Sewu di Kendal memiliki aliran yang sanga deras, terutama di musim penghujan.

Lokasi Curug Sewu ada di Dusun Remboko, Desa Curug Sewu, Kec. Patean, Kab. Kendal Jawa Tengah.

Curug ini merupakan curug dengan debit air terbesar di Jawa Tengah.

Secara keseluruhan, curug ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan debit air yang sangat deras.

Saat ini, Curug Sewu merupakan salah satu destinasi wisata paling populer di Kab. Kendal. Hal ini terbukti dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung ke curug ini, terutama di hari libur dan akhir pekan.

Tingginya minat wisatawan untuk berkunjung ke curug ini bukan hanya karena keindahan air terjunnya saja, melainkan karena akses lokasinya yang mudah untuk dijangkau dan fasilitasnya yang sangat lengkap.

Beberapa fasilitas wisata yang bisa Anda nikmati di curug ini adalah: panggung hiburan, taman, kebun binatang mini, tempat berteduh, warung makan, dll.

Jika Anda ingin berkunjung ke sini, curug ini dapat dikunjungi kapan saja selama 24 jam non stop. Walaupun begitu, waktu terbaik untuk berkunjung ke curug ini adalah di pagi hari saat musim kemarau, yaitu ketika aliran airnya benar – benar jernih.

Untuk bisa menikmati keindahan curug ini, Anda harus membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 5.000 per orang.

Sangat murah bukan?

11. Curug Glawe

Curug Glawe via ennoviana
Curug Glawe via ennoviana

Curug Glawe berlokasi di Dusun Kaliereng, Desa Cening, Kec.Singorojo, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

Bila dibandingkan dengan dua air terjun yang telah kita bahas sebelumnya, air terjun ini memang kalah populer. Walaupun begitu, panorama yang ditawarkannya terbilang tidak kalah indah.

Secara total, curug ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter yang terbagi menjadi dua tingkat aliran dengan debit air yang tidak terlalu deras.

Aliran airnya sendiri tidak langsung jatuh seperti halnya aliran air di Curug Sewu.

Aliran air di curug ini mengalir secara perlahan di areal batu tebing yang membuatnya terlihat sangat eksotis.

Di antara dua tingkat air terjun ini ada sebuah kedung berdiameter 3 meter dengan kedalaman 1,5 meter yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk berendam dan bermain air.

Sama seperti Curug Sewu, waktu terbaik untuk berkunjung ke curug ini adalah saat musim kemarau.

Untuk tiket masuknya, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya tiket masuk ke curug ini benar – benar sangat murah, yaitu hanya Rp. 5.000 saja per orang.

12. Curug Penglebur Gongso

Curug Penglebur Gongso
Curug Penglebur Gongso

Tempat jalan – jalan di Kendal yang satu ini selain memiliki panorama indah juga menyimpan sejarah yang patut untuk diteladani.

Menurut catatan sejarah, Curug Pengelbur Gongso dulunya adalah tempat petapaan Raden Kumbokarno, yaitu salah satu toko pewayangan, adik Raja Alengka Rahwana.

Kabarnya, Raden Kumbara merupakan sosok pemimpin yang sangat nasionalis, alias cinta tanah air. Beliau pernah berperang melawan Raden Rama bukan karena membela raja, melainkan karena kecintaannya pada tanah air yang ditinggalinya.

Nah, terlepas dari sejarah tersebut, Curug Penglebur Gongso juga menawarkan panorama alam yang sangat indah.

Ketinggiannya memang hanya 4 – 5 meter saja, walaupun begitu aliran airnya benar – benar sangat bersih dan jernih.

Di bagian bawah alirannya terdapat kedung yang cukup luas dan agak dalam. Kedung tersebut bisa dimanfaatkan untuk sekedar bermain air atau pun berendam dan berenang.

Curug Penglebur Gongso terletak di kaki Gunung Ungaran, tepatnya di Desa Gondang, Kec. Limbangan, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

Untuk bisa menikmati sejuknya air di curug ini, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam – dalam. Pasalnya, harga tiket masuknya hanya Rp. 4.000.

13. Sekartama Waterland

Sekartama Waterland via Jalanwisata

Khusus untuk Anda yang ingin menikmati hari libur bersama dengan keluarga, di Kendal ada objek wisata bernama Sekartama Waterland yang sangat pas untuk dikunjungi bersama keluarga.

Tempat wisata ini mengusung konsep pemandian buatan yang dilengkapi dengan beraneka ragam wahana permainan.

Salah satu wahana permainan air di tempat ini yang selalu menjadi rebutan pengunjung adalah wahana seluncuran yang tersedia dalam tiga tingkat ketinggian.

Didirikan sebagai tempat wisata keluarga, Sekartama Waterland tergolong sangat ramah dengan wisatawan balita dan anak – anak. Hal ini terbukti dengan keberadaan kolam renang khusus untuk anak – anak dengan tingkat kedalaman hanya setengah meter saja.

Untuk memudahkan wisatawan, pengelola Sekartama Waterland juga telah menyediakan fasilitas wisata yang lengkap. Dari mulai toilet, kamar ganti, food court, sampai dengan mushola, semuanya sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Lokasi Sekartama Waterland ada di Kec. Weleri, tepatnya di Dusun Nawangsari I, Desa Nawangsari, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

Waterland ini beroperasi mulai hari Sabtu sampai kamis dari mulai pukul 8 pagi sampai dengan pukul 5 sore. Khusus untuk hari minggu, jam operasionalnya biasanya diperpanjang hingga ke pukul 12 malam.

Tiket masuk ke Sekartama Waterland tergolong cukup murah, yaitu hanya Rp. 10.000 di hari kerja dan Rp. 15.000 di hari libur dan akhir pekan.

14. Desa Wisata Sembrani

Desa Wisata Sembrani via Dewisembrani

Saat mendengar nama desa wisata ini, apa yang muncul di benak Anda pertama kali? Magnet Semberani? Atau malah pahlawan yang pemberani?

Ya, nama desa wisata ini memang identik dengan hal tersebut. Padahal, desa wisata ini sama sekali tidak terkait dengan dua hal tersebut.

Desa wisata ini diberi nama Sembrani karena menawarkan daya tarik wisata utama berupa aktivitas berkuda dan bertani. Jadi, kata “Sembrani” sebenarnya adalah singkatan dari frasa kata “Semangat Berkuda dan Bertani”.

Di desa ini, Anda dapat menikmati berbagai macam aktivitas wisata yang sangat menarik.

Dari mulai berkuda, sampai dengan melihat proses pertanian, semuanya bisa Anda lakukan di desa ini.

Untuk mendukung aktivitas wisata di sini, pengelola desa wisata ini telah menyediakan berbagai macam fasilitas wisata, seperti: area khusus untuk berkuda, kebun durian, dll.

Selain itu, ada juga beberapa bangunan tradisional khas masyarakat Jawa yang bisa dimanfaatkan sebagai latar belakang untuk befoto.

Desa Wisata Sembrani terletak di dua desa sekaligus, yaitu di Desa Pasigitan dan Desa Leban, yang keduanya ada di kec. Boja, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

Desa wisata ini dibuka untuk umum setiap hari dari mulai pukul 8 pagi sampai dengan pukul setengah 6 sore.

Untuk bisa masuk ke desa wisata ini, Anda hanya perlu membeli tiket mauk sebesar Rp. 5.000. Tiket masuk tersebut hanya untuk masuk ke lokasinya saja ya! Jika ingin mengendarai delman, dan berkuda, Anda harus membayar tarif tambahan sebesar Rp. 20.000 per orang.

15. Bukit Watu Lawang / Bukit Selo Arjuno dan Bligo

Bukit Watu Lawang via @iqbal_musawa
Bukit Watu Lawang via @iqbal_musawa

Tempat wisata di Kendal yang selanjutnya adalah Bukit Watu Lawang.

Bukit Watu Lawang berlokasi di Dusun Watu Lawang, Desa Kedungboto, Kec. Limbangan, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

Bukit ini menawarkan pengalaman wisata yang sangat luar biasa.

Di puncak bukit ini, Anda dapat berfoto di atas bebatuan besar. Selain itu, Anda juga bisa menikmati indahnya panorama alam Kab. Kendal dari atas ketinggian.

Selain menawarkan keindahan panorama alam yang sangat luar biasa, Bukit Selo Arjuno dan Bligo juga menawarkan pengalaman wisata yang cukup ekstrim.

Pasalnya, untuk bisa sampai ke puncak bukit ini, wisatawan mau tidak mau harus melalui medan perjalanan yang sangat berat.

Akses jalannya memang sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memudahkan, seperti pegangan besi dan tali. Namun tetap saja, pengunjung harus memanjat batu dengan kemiringan mencapai 90 derajat.

Bagaimana? Sangat menantang bukan?

Jika Anda ingin berkunjung ke bukit ini, Anda dapat mengunjunginya setiap hari dari mulai pagi hingga sore.

Untuk persoalan tiket masuk, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya tiket masuk ke bukit ini benar – benar sangat murah, yaitu hanya Rp. 5.000 per orang plus Rp. 2.000 untuk biaya parkir sepeda motor.

16. Puncak Gunung Ungaran

Puncak Gunung Ungaran via @agung03_official
Puncak Gunung Ungaran via @agung03_official

Khusus untuk Anda yang hobi hiking dan trekking, di Kendal Anda dapat menyalurkan hobi Anda di Puncak Gunung Ungaran.

Puncak gunung ini menawarkan daya tarik utama berupa pemandangan alam Kab. Kendal dari atas ketinggian.

Secara keseluruhan, ada tiga area puncak yang bisa Anda kunjungi di gunung ini, yaitu Puncak Gunung Gendol, Puncak Gunung Ungaran, dan Puncak Gunung Botak.

Untuk bisa sampai ke puncak gunung setinggi 2.050 mdpl ini, ada tiga jalur pendakian yang bisa Anda akses.

Ketiga jalur pendakian tersebut adalah jalur pendakian jimbaran, jalur pendakian medini, dan jalur pendakian Candi Gedung Songo.

Dari ketiga jalur tersebut, jalur yang paling menantang sekaligus paling jarang dilalui adalah Jalur pendakian Medini. Jalur pendakian ini sarat akan cerita mistis yang menyeramkan, sehingga ya wajar saja jika jalur ini banyak dihindari oleh para pendaki.

Di sepanjang perjalanan menuju ke puncak bukit ini, Anda akan disambut oleh keindahan alam khas daerah pegunungan. Jika mau, Anda dapat singgah ke beberapa objek wisata menarik yang lokasinya ada di jalur pendakian gunung ini, seperti: Candi Promasan, Candi Gedung Songo, dll.

Letak jalur masuk Gunung Ungaran ada di Kab. Kendal dan Kab. Semarang. Di pintu masuk pendakian, Anda akan dimintai uang retribusi sebesar Rp. 3.000 sampai dengan Rp. 10.000, bergantung pintu masuk yang Anda lalui.

Untuk pendaki yang telah berpengalaman, lama proses pendakian ke puncak gunung ini biasanya memakan waktu sekitar 3 – 5 jam perjalanan.

Satu hal yang harus Anda ingat, Gunung Ungaran sampai saat ini masih berstatus aktif. Untuk itu, sebelum mendaki ke puncak gunung ini, Anda kami sarankan untuk memperhatikan statusnya (status keamanannya) terlebih dahulu.

17. Kampung Djowo Sekatul

Kampung Djowo Sekatul via hellosemarang
Kampung Djowo Sekatul via hellosemarang

Tempat wisata di Kendal yang selanjutnya adalah Kampung Djowo Sekatul.

Kampung Djowo Sekatul terletak di Kec. Limbangan, Kab. Kendal.

Kampung yang memiliki luas sekitar 12 hektar ini merupakan salah satu wilayah kampung di Pulau Jawa yang masih memiliki banyak bangunan rumah joglo khas Suku Jawa.

Dulunya, sebelum dijadikan sebagai tempat wisata, kampung ini banyak dikunjungi oleh wisatawan untuk sekedar jalan – jalan atau pun berfoto dengan latar belakang rumah tradisional khas Jawa.

Belakangan, setelah dikelola dengan serius sebagai tempat wisata, selain menawarkan daya tarik utama berupa rumah joglo khas Jawa, Kampung Djowo Sekatul juga sudah dilengkapi dengan berbagai macam wahana permainan dan fasilitas pendukung.

Beberapa wahana permainan yang bisa dinikmati di kampung ini adalah fling fox, kolam renang, dan outbond ground.

Sedangkan untuk fasilitasnya, ada restoran, rumah makan tradisional, mushola, dll.

Terletak di daerah pedesaan, Kampung Djowo Sekatul juga memiliki hamparan sawah yang sangat luas.

Dari kampung ini, Anda juga bisa menikmati keindahan Gunung Ungaran dengan jelas lho!

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi kampung wisata ini?

Jika ya, kampung ini dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam non stop.

Untuk sekedar masuk ke kampung ini Anda tidak dikenai biaya apa pun sama sekali, namun jika ingin menikmati wahana permainan yang tersedia, Anda akan diminta untuk membayar tiket masuk.

18. Gua Kiskendo

Gua Kiskendo via Eksapedia

Gua Kiskendo berlokasi di Desa Trayu, Kec. Singorojo, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

Gua ini menawarkan daya tarik utama berupa pemandangan stalagmit dan stalaktit yang luar biasa indah.

Di bagian dalam gua ini ada sebuah sungai yang mengalir ke bawah perut bumi.

Walaupun indah dan berair jernih, untuk alasan keamanan, sungai tersebut tidak boleh dimasuki oleh pengunjung.

Tidak jauh dari Goa Kiskendo, ada banyak goa – goa kecil seperti Goa Kempul, Goa  Lawang, dan Goa Kampret yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi.

Oh ia, menurut penuturan warga setempat, Goa Kiskendo ini merupakan goa tempat Hanoman (salah satu tokoh wayang dalam kisah Rama dan Sinta) bersembunyi lho!

Goa Kiskendo dibuka untuk umum setiap hari dari mulai pukul 7 pagi sampai dengan pukul 5 sore.

Untuk bisa menikmati keindahan goa ini, Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang besar. Cukup sediakan uang sebesar Rp. 5.000, Anda sudah bisa masuk dan menikmati keindahan goa ini sepuasnya.

19. Danau Banaran Surugajah

Danau Banaran Surugajah via Travelingyuk

Danau Banaran Surugajah terletak di kawasan Kebun Cengkeh, Desa Bringinsari, Kec. Sukorejo, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

Danau ini menawarkan daya tarik utama berupa kawasan perairan danau dengan air yang bening dan jernih.

Di danau ini, Anda dapat bersantai sembari menikmati sejuknya udara khas daerah dataran tinggi.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan beberapa take foto yang sangat instagramable.

Salah satu spot foto paling menarik yang selalu menjadi langganan para pengunjung danau ini ada di tengah – tengah danau.

Dengan berpijak ke batu semen yang disediakan oleh pengelola tempat ini, Anda bisa berjalan ke tengah – tengah danau dan berfoto di sana dengan kondisi seakan – akan sedang berjalan di atas air.

Sayangnya, walaupun menawarkan panorama alam yang luar biasa indah, sampai artikel ini ditulis, akses menuju ke Danau Banaran masih berada dalam kondisi rusak parah.

Selain itu, fasilitas wisata yang tersedia pun masih sangat minim.

Untuk itu, jika Anda ingin berkunjung ke danau ini, jangan lupa membawa peralatan yang lengkap ya!

20. Pantai Muara Kencan

Pantai Muara Kencan via @pict_heri

Tempat Wisata di Kendal yang selanjutnya adalah Pantai Muara Kencan.

Pantai Muara Kencan berlokasi di daerah Pidodo Kulon, Kec. Cepiring, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

Pantai ini memiliki garis pantai yang cukup lebar dengan fasilitas yang cukup lengkap.

Dulunya, saat berada dalam masa keemasan, pantai ini memiliki lingkungan yang sangat bersih dan menarik untuk dikunjungi.

Belakangan kondisi pantai ini mulai kurang menarik untuk dikunjungi karena permasalahan sampah dan fasilitas yang tidak terawat.

Padahal, jika dikelola dengan baik, pantai ini sebenarnya memiliki panorama alam yang cukup bagus.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke pantai ini, pantai ini dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam non stop dengan biaya tiket masuk yang sangat terjangkau, yaitu hanya Rp. 10.000 saja per orang.

21. Tubing Genting

Tubing Genting via @atikaalodra
Tubing Genting via @atikaalodra

Khusus untuk Anda yang ingin memacu adrenalin, di Kendal ada objek wisata yang cocok untuk Anda, yaitu objek Wisata Tubing Genting.

Di sini, Anda akan diajak untuk melakukan river tubing alias susur sungai dengan menggunakan perahu karet buatan dari ban dalam truk.

Aktivitas River Tubing di tempat ini menjadi terasa lebih menarik karena kondisi sungai yang dilalui benar – benar masih alami dan terawat dengan baik.

Kondisi air di sungai yang dilalui masih sangat jernih dengan pinggiran berupa batu hitam dan padas yang berjejer rapi.

Jejeran batu tersebut sangat pas untuk dijadikan sebagai latar belakang untuk berfoto.

Sungai yang akan dilalui dalam aktivitas river tubing di sini adalah Sungai Kedung Wali.

Aliran air di sungai ini tergolong cukup deras namun tidak terlalu dalam.

Untuk menjamin keselamatan peserta, pengelola river Tubing Genting telah menyediakan perlengkapan safety berupa jaket pelampung dan helm khusus.

Oleh sebab itu, untuk urusan keselamatan Anda tidak perlu khawatir.

Jika Anda tertarik untuk mencoba pengalaman river tubing di tempat ini, Anda dapat berkunjung ke Dusun Genting, Kec. Singorojo, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

Tempat wisata ini beroperasi setiap hari dari mulai pukul 9 pagi sampai dengan pukul 5 sore.

Untuk urusan biaya, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, per orang Anda hanya perlu menyediakan uang sebesar Rp. 60.000 saja.

Oh ia, perlu diketahui, akses lokasi ke objek wisata Tubing Genting ini tergolong agak jauh dan belum begitu bagus ya!Jadi, untuk bisa sampai ke lokasinya, Anda harus rela berkorban sedikit.

22. Wisata Kali Bladon Kendal

Wisata Kali Bladon Kendal via Berkeliling
Wisata Kali Bladon Kendal via Berkeliling

Tempat wisata di Kendal berikutnya adalah wisata kali Bladon yang sedang hits.

Objek wisata yang satu ini sangat viral di media sosial. Pada awalnya, kali Bladon sendiri tidak diperuntukkan secara khusus sebagai objek wisata, hanya sebagai tempat untuk lomba fotografi.

Tapi siapa sangka, gambar-gambar apik yang di tangkap di kali ini memenangkan lomba dan dhuaar.

Nama kali Bladon pun meledak sehingga anak-anak muda penasaran dengan tempat ini dan dalam waktu singkat pun menjadi viral di dunia maya.

Bukan tanpa alasan juga kenapa kali ini menjadi viral, pasalnya pemandangan unik dari kali yang berada di tengah sawah ini begitu asri dan alami, sebagaimana pemandangan pedesaan yang begitu damai. Di tambah lagi sungai ini juga dikelilingi sawah dan pohon-pohon yang hijau nan sejuk.

Untuk memanjakan pengunjung, pengelola menyediakan ban karet untuk anda yang ingin menyusuri Kali Bladon.

Kamu bisa berpose sepuasnya dengan gaya mengapung dengan fasilitas ban karet tersebut. Pihak pengelola juga menyediakan rakit untuk anda.

Anda hanya dimintai tarif sekitar Rp. 2.000,00 saja untuk mencoba keseruan disini.

Alamat: Krayapan, Purwokerto, Brangsong, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

23. Curug Jeglong Kendal

Curug Jeglong Kendal via Kendalkab
Curug Jeglong Kendal via Kendalkab

Tempat wisata di Kendal berikutnya adalah curug Jeglong yang menawarkan sensasi air terjun dengan pemandangan yang alami dan menyejukkan.

Dari pusat kota Kendal, curug ini berjarak sekitar 40 Km, lebih tepatnya berada di Desa Jeplak, Kecamatan Plantungan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Air terjun yang memiliki aliran air bertingkat dengan batu besar membentuk perosotan air ini sangat layak untuk anda kunjungi sebagai pecinta alam.

Air terjun ini sangat seru untuk dijadikan tempat basah-basahan, dimana terdapat 2 kolam alami disini, dengan kedalama masing-masing 4 m dan 5 m.

Bagi anda yang tidak bisa berenang, anda bisa menyewa pelampung disini dengan tarif Rp. 5000 saja.

Air terjun ini mudah diakses lho, karena anda bisa datang menggunakan sepeda motor juga mobil, bahkan kalau anda mau naik angkutan umum juga anda.

Silahkan anda pilih angkutan yang dari Kota Kendal menuju arah Sukorejo. Setelah dari Sukorejo kita menuju Plantungan, tepatnya Desa Dluwak, Jeplak. Sesampainya di Desa Jeplak ada petunjuk arah.

24. Taman Klorofil

Taman Klorofil via Detik
Taman Klorofil via Detik

Tempat wisata di Kendal selanjutnya adalah taman hutan klorofil yang sedang hits. Tempat wisata baru di Kendal ini belum lama diresmikan pemerintah Kendal yang lengkap dengan berbagai fasilitas mulai dari tempat duduk, permainan anak-anak, fasilitas jogging track bagi traveler yang ingin olah raga dan ada pula toilet yang bersih.

Alamat: Kebondalem, Kendal, Kabupaten Kendal

25. Curug Benowo

Curug Benowo via benedikawidyatmoko

Ternyata Kabupaten Kendal masih punya air terjun yang layak untuk disambangi lo. Anda bisa mengunjungi air terjun Benowo yang terletak di Dusun Boja, Desa Gonoharjo, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Propinsi Jawa Tengah.

Lokasi air terjun ini berjarak hanya 25 km dari Semarang lho. Jadi buat anda yang dari Semarang tidak ada salahnya juga mengunjungi air terjun yang hanya memakan waktu perjalan 1,5 jam ini.

26. Pemandian air Panas Nglimut

Pemandian air Panas Nglimut
Pemandian air Panas Nglimut

Tempat wisata di Kendal selanjutnya cocok untuk anda yang ingin merefresh tubuh anda setelah lelah beraktivitas semingguan ini.

Pemandian air panas yang satu ini secara resmi dibuka oleh Bapak Ir. Haryo Kusumo kepala Perum Perhutani Unit I Jawa tengah pada tanggal 21 Agustus 2008.

Pemandian air panas ini juga menawarkan wahana liburan lainnya selain berendam di air panas, mulai dari adanya tempat perkemahan, taman, dan tempat penginapan berupa vila serta  fasilitas pendukung lainnya.

27. Curug Corong Kendal

Curug Corong Kendal via @d_hutahean
Curug Corong Kendal via @d_hutahean

Masih berupa air terjun, kamu juga bisa menyambangi air terjun Corong yang memiliki keunikan berupa bentuk aliran air curug melebar pada dinding tebing batu berwarna hitam membentuk dua tingkat.

Air terjun ini sebenarnya masih satu lokasi dengan curug Panglebur gongso. Untuk aliran airnya sendiri berasal dari tebing yang terbagi atas dua aliran air yang cukup deras.

Alamat: Desa Beku, Gondang. Kec Limbangan, Kendal

28. Hutan Pinus Nglimut

Hutan Pinus Nglimut

Oh ya sob, jangan lupa juga ya untuk mengunjungi hutan pinus Nglimut yang sedang hits di Kendal.

Anak-anak muda sepertinya memang sedang menggandrungi objek wisata berupa hutan pinus. Anda bisa melihat foto-foto mereka bersliweran di Instagram.

Nah, di hutan pinus ini juga terdapat semacam aliran air yang menyerupai curug. Selain itu juga terdapat gazebo yang dapat digunakan untuk bersantai menikmati indahnya pemandangan pegunungan.

Alamat: Gonoharjo, Limbangan, Kendal

29. Tempat Wisata Promas Greenland

Tempat Wisata Promas Greenland

Oh ya sob, jangan lupa juga ya untuk mengunjungi promas Greenland yang terdapat di lereng gunung Ungaran.

Objek wisata promas Greenland ini punya beberapa sumber air panas lho. Ditambah lagi dengan pemandangan asri nan indah dan udara yng sejuk, tentunya akan membuat liburan kita semakin berkesan.

Promas Greeland ini juga dilengkapi dengan cafetaria, kolam renang serta kolam pemandian air panas belerang yang bermanfaat untuk kesehatan kulit.

30. River Walk Boja

River Walk Boja via Youtube

Tempat wisata di Kendal berikutnya adalah river walk boja yang masih baru beroperasi.

Objek wisata yang satu ini mengunsung konsep taman hiburan bagi keluarga yang bertemakan air dan resto.

Dikatan sebagai objek wisata keluarga karena juga dilengkapi dengan wahana permainan untuk anak.

Berbagai wahana permainan air khusus untuk anda disediakan oleh pengelola. Dengan suasana yang asri dan ramah anak tentunya.

Jadi, buat anda yang sedang mencari tempat wisata anak di Kendal, maka River walt Boja ini bisa anda jadikan sebagai pilihannya.

Fasilitas permainan anak berupa mini slide, water canon, jungkat-jungkit dan lingkin bucket pasti akan membuat liburan anak anda semakin ceria.

Selain berbagai wahana permaian air, juga terdapat sejumlah hewan rumahan seperti burung, kelinci dan juga kucing serta bisa menyaksikan ikan besar.

Wahana Bird House Paradise menawarkan wisatawan yang datang untuk berinteraksi langsung dengan burung, anda bisa memberi makan burung, didalam bangunan kapal Bahtera Noah juga pengunjung bisa berinteraksi dengan kucing yang lucu dan kelinci.

Untuk harga tiket masuk River Walk Boja sendiri dipatok Rp 60.000 untuk week end dan Rp 55.000 untuk week day.

Dengan tiket tersebut, wisatawan sudah bisa menikmati semua wahana plus es krim gratis dan juga potongan Rp 5000 untuk berbelanja di dalam obyek wisata.

Alamat: Jl. Veteran, Nagadibolo, Boja, Desa Ngadibolo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah

31. Desa Wisata Kartika Beach

Desa Wisata Kartika Beach

Tempat wisata di Kendal selanjutnya adalah desa wisata kartika Beach yang terdapat di Desa Kartika Jaya Kecamatan Patebon, Kendal.

 

Disini wisatawan diajak untuk liburan dengan tema mangrove dan pantai, plus kuliner berbahan dasar ikan yang merupakan hasil produksi dari masyarakat.

32. Sentosa Stable

Santosa Stable via Seputarsemarang
Santosa Stable via Seputarsemarang

Tempat wisata di Kendal berikutnya adalah Sentosa Stable yang lokasinya berada di areal perbukitan yang asri di Dusun Lendoh, Desa Leban, Kecamatan Boja, Kab Kendal Jawa Tengah.

Objek wisata Santosa Stable Horse Riding School and Resort ini akan mengajak anda untuk merasakan sensasi berkuda berkuda dengan suasana alam yang menawan seperti perkebunan, persawahan, dan sungai, baik untuk hiburan.

Pihak pengelola juga menyediakan jasa sekolah berkuda untuk kompetisi lho.

Setelah anda puas berkuda, nantinya anda akan disuguhkan oleh hidangan kuliner lezat di resto gazebo di sepanjang tepi sungai dan resto di pendopo joglo lengkap dengan arena bermain anak-anak.

Untuk menambah keseruan liburan anda, juga terdapat tempat
untuk menginap berupa 2 rumah limasan dengan kapasitas masing-masing hingga 30
orang. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.30.

Kalau anda meu kepoin mereka, cek aja di akun Instagram:
@santosastable

33. Pantai Karangmalang

Pantai Karangmalang via @fitrianinea
Pantai Karangmalang via @fitrianinea

Alamat: Karangmalang Wetan, Kangkung, Kabupaten Kenda

34. Curug Citro Arum

Curug Citro Arum via Youtube
Curug Citro Arum via Youtube

Alamat: Pakis, Limbangan, Kendal

35. Curug Tundo Tigo

Curug Tundo Tigo via eksapedia
Curug Tundo Tigo via eksapedia

Alamat: Pakis, Limbangan, Kendal

36. Curug Kali Plumbon

Curug Kali Plumbon via iqbalkautsar
Curug Kali Plumbon via iqbalkautsar

Alamat: Dusun Delessari Desa Kedungboto Kec. Limbangan, Kendal

37. Pulau Tiban

Pulau Tiban via Tribunnews

Alamat: Kartikaya, Patebon, Kendal

38. Bukit Lutung

Bukit Lutung via Jalanwisata
Bukit Lutung via Jalanwisata

Alamat: Brayo – Brayo, Singorojo, Kendal

39. Pantai Moro

Pantai Moro via @ublak_untul
Pantai Moro via @ublak_untul

Alamat: Gempolsewu, Rowosari, Kabupaten Kendal

Tempat Wisata Kuliner di Kendal

Tidak lengkap rasanya kalau ke Kendal tanpa menikmati sajian kuliner khas Kendal. Berikut ini beberapa kuliner Kendal yang layak untuk mengganjal perut anda setelah seharian keliling mengunjungi berbagai destinasi wisatanya:

40. Sate Bumbon

Sate Bumbon via Tribunnews

Kuliner khas Kendal yang pertama yang mesti anda cobain adalah sate Bumbon.

Sate yang berbahan dasar daging sapi ini bisa anda temui di Kecamatan Pegandon. Sate ini memiliki cita rasa khas yang mampu membuat mulutmu tidak berhenti mengunyah.

Hampir sama dengna sate sapi pada umumnya, tapi sate Bunbom ini sedikit berbeda dengan proses memasaknya, dimana sate ini sebelum dibakar, daging-daging sapi yang telah dicacah kecil dan di tusuk ke tusukan sate dibumbui terlebih dahulu.

Ketika proses pembakaran sate, akan kembali diolesi bumbu sehingga sate bumbon punya cita rasa yang luar biasa.

Anda bisa mengunjungi Sate sapi bumbon Pak Rohmad yang ada di Kecamatan Pegandon yang merupakan warung sate bunbom favorit masyarakat Kendal.

41. Rica-rica mentok khas Kendal

Rica-rica mentok via aryodwiyanto
Rica-rica mentok via aryodwiyanto

Kuliner Kendal selanjutnya yang mesti anda cobain anda Rica-rica Mentok. Mentok atau itik khas Kendal ini dipilih karena dagingnya yang lebih empuk daripada daging bebek.

Rica-rica mentok ini berbeda dengan rica-rica pada umumnya yang dominan memiliki rasa manis, kalau rica-rica mentok Kendal ini justru menawarkan rasa yang lebih gurih dan pedas di lidah.

Untuk anda yang penasaran dengan rica-rica mentok yang nikmat, silahkan datang saja ke Warung milik Mbak Nur dan Mbak Kasmah yang akrab dipanggil “tante”. Lokasi warung mereka ada di belakang pos satpam PT. Tossa, Jl. Raya Semarang Kendal km 19 Nolokerto.

42. Momoh, Jeroan Khas Kendal

Momoh, Jeroan Sapi Khas Kendal via Seratus.id

Selanjutnya, anda juga bisa mencoba momoh. Momoh? Ya, panganan yang terbuat darai Jeroan yang satu ini dibuat dengan bumbu rempah dan gula Jawa sehingga dipercaya sebagai makanan penambah stamina.

Untuk mengurangi kadar kolesterol pada jeroan, maka proses pembuatannya memakan waktu cukup lama, proses yang cukup lama ini juga bertujuan untuk membuat bumbunya semakin meresap.

******

Itulah beberapa tempat wisata di kendal Jawa Tengah yang bisa Anda coba untuk kunjungi di waktu luang.

Sekedar informasi, selain tempat wisata di atas, mungkin masih ada tempat wisata lain di Kendal yang tidak kami cantumkan. Untuk itu, jika Anda mengetahuinya, mohon untuk menuliskan tempat wisata tersebut di kolom komentar ya!

Akhir kata, selamat menikmati perjalanan wisata Anda di Kendal, dan semoga perjalanan wisata Anda bisa berjalan dengan lancar dan menyenangkan ya!

Jangan lewatkan juga: 33 Tempat Wisata di Purworejo Jawa Tengah

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!