Liburan Seru ke Taman Cibodas Cianjur Jawa Barat

Taman Cibodas atau yang dikenal dengan Kebun Raya Cibodas merupakan hamparan rumput hijau yang dilengkapi koleksi tanaman bunga. Taman yang luasnya mencapai 80 hektar ini juga memiliki tanah bergelombang dan berbukit yang semakin menambah keindahan panoramanya.

Lokasi Taman Cibodas

Cibodas Botanical Garden berjarak kurang lebih 3 jam perjalanan dari Jakarta. Taman ini berada di kawasan area Hutan kaki Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Taman Cibodas memiliki tinggi 1.275 meter di atas permukaan air laut. Tak ayal suhu udara disana hanya sekitar 17-27o C.

Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas

Kunjungi juga yuk: Liburan Seru ke Objek Wisata Alam Curug Bidadari Bogor Nan Cantik

Sejarah Berdirinya Taman Cibodas

Awalnya, Kebun ini merupakan cabang Kebun Raya Bogor dengan nama Bergtuin te Tjibodas. Taman Cibodas dibangun oleh warga Belanda bernama Johannes Ellias Teijsmann yang merupakan seorang ahli Botani. Karena keindahannya, ahli fisiologi tumbuhan, Dr. F.W. Went melukiskan Taman ini sebagai salah satu surga dunia. Bahkan, Kebun Raya Cibodas juga dijuluki sebagai Taman Firdausnya Asia. Pasti indah sekali, bukan?

Berdiri pada tahun 1852, Taman ini sebenarnya ditujukan untuk Perkebunan Kina. Sayangnya selama perjalanan waktu, Cibodas nyatanya tidak cocok ditumbuhi Kina.

Curah hujan disana mencapai 2.380 mm per tahun dengan suhu rata-rata saat itu mencapai 18 derajat Celsius membuat Kebun ini akhirnya dikhususkan pada tumbuhan dataran tinggi basah tropika. Misalnya tumbuhan runjung dan paku-pakuan.

Padahal saat itu bibir Kina didatangkan langsung dari Belanda. Untuk memperingati hal tersebut, setiap tanggal 11 April, pengunjung bebas masuk ke Kebun Raya Cibodas tanpa dipungut biaya.

Petunjuk Arah Menuju Cibodas

Secara geografis, area Taman Cibodas merupakan satu kompleks dengan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Tidak jauh dari kawasan Puncak Bogor. Tidak perlu khawatir tidak mengerti arah ke Kebun Raya karena petunjuk ini mudah-mudahan bisa membantumu. Sebenarnya cukup mudah untuk menemukan lokasi ini.

Bagi pengguna Angkutan Umum, kamu bisa memakai jasa angkot yang mengambil jurusan Cipanas, Rarahan, dan Cibodas. Kamu dapat menemukannya di persimpangan Cimacan. Jika kamu dari arah Bogor atau Jakarta, pasti kamu akan melewati perkebunan teh dan Puncak Pass untuk sampai di Taman ini.

Kamu juga akan bertemu pertigaan Paragajen yang arahnya menuju Cibodas. Tapi jika kamu dari arah Bandung, Sukabumi, dan Cianjur, kamu bisa menjadikan Istana Cipanas (Istana Negara) sebagai patokan. Dari sana kamu akan bertemu Rumah Sakit Cimacan, setelahnya pertigaan Paragajen, dan selanjutnya kamu dapat ambil jalur kiri langsung menuju Kebun Raya.

Kunjungi tempat lainnya: 41 Tempat Wisata di Cianjur Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi

Harga Tiket Masuk Taman Cibodas

Harga tiket yang berlaku untuk masuk Taman Cibodas adalah :

  • Pengunjung : Rp. 16.500,- /orang
  • Kendaraan roda dua : Rp. 5.000,-
  • Kendaraan roda empat : Rp. 16.000,-

Jika kamu bersama rombongan, alangkah baiknya jika memilih paket Tour karena akan lebih murah. Paket tersebut sudah berisi tiket masuk, konsumsi, akomodasi, dan fasilitas lainnya.

Daya Tarik Kebun Raya Cibodas

Berikut ini beberapa alasan kenapa anda mesti berkunjung ke Kebun Raya Cibodas ini:

1. Taman Sakura Ala Jepang yang Kece

Di dekat pintu masuk, terdapat objek yang menjadi incaran favorit pengunjung Cibodas yaitu Taman Sakura, udah kayak di Jepang aja rasanya. Sesuai namanya, Taman ini berisi pohon Bunga Sakura yang ada di hampir setiap titik taman. Beruntungnya yang datang kesana bertepatan dengan seminya Sakura karena bunga ini hanya berbunga 2 sampai 3 kali saja.

Keindahan Taman Sakura di Kebun Raya Cibodas

Keindahan Taman Sakura di Kebun Raya Cibodas

2. Rumah Kaca

Selain bunga sakura, yang tidak kalah mengagumkan, Taman Cibodas memiliki koleksi pohon berbagai varian dan usia. Ada sekitar 5.831 contoh tanaman dari 1.206 jenis yang dapat ditemukan disana. Tak jauh dari koleksi tersebut, ada rumah kaca yang menyimpan berbagai jenis tanaman kaktus dan anggrek.

Bahkan tanaman langka jenis ini juga bisa ditemukan disana. Setidaknya ada 4.000 contoh tanaman dengan 350 kaktus dan 360 anggrek yang tersimpan di rumah kaca tersebut. jika ke wahana ini, jangan lupa mampir melihat Bunga Bangkai Raksasa langka yang ada tak jauh dari sana.

3. Auracarua Avenue

Araucaria Aveneu menjadi spot berikutnya yang menarik untuk kita sambangi. Jalan batu yang tersusun rapi mulai dari wisma tamu hingga ke kolam besar. Yang menjadi tempat ini berkesan, karena di sepanjang jalan tersebut di kiri kanannya anda berdiri kokoh pohon Araucaria yang sudah ada sejak tahun 1866 dan jika di hitung umurnya hingga tahun ini maka pohon-pohon Araucaria sudah berumur lebih dari 150 tahun.

4. Air Terjun Cibeureum

Jangan lupa juga kalau anda ke taman Cibodas ini untuk mengambangi air terjun Cibeureum yang masuk dalam kawasan taman nasional gunung gede pangrango. Air terjun ini sendiri terletak di ketinggi 1675 meter diatas permukaan air laut.

Air terjun cibeureum ini memiliki ketinggian sekitarĀ  50 meter. Oh ya guys, buat kamu yang suka dengan petualangan, maka spot air terjun ini mesti kamu sambangi ya. Karena untuk bisa sampai kesini kamu harus menempuh perjalanan mendaki.

Jalur yang kita lewati sama dengan jalur pendakian menuju gunung gede pangrango lewat cibodasm. Di situ nanti para pengunjung akan melihat banyak sekali papan petunjuk jalan hingga sampai ke tempat air terjun cibeureum. Rasa lelah akan terbayar ketika kita sudah sampai di lokasi air terjun cibeureum.

5. Taman Lumut

Ada juga lo taman lumut yang imut di kebun raya Cibodas ini. Disini kamu bisa melihat setidaknya ada sekitar 235 jenis lumut yang dimiliki oleh kebun raya cibodas.

6. Taman Rhododendron

Spot menarik di kebun raya Cibodas ini yaitu Taman Rhododendron. Taman ini merupakan memiliki banyak sekali jenis bungam di mana bunga-bunga tersebut berasal dari beberapa negara seperti Indonesia, China dan jepang. Jadi kamu mesti singgah kesini untuk mengabadikan momen yang tidak bakal terlupakan disini.

7. Jalan Air

Main Air di Sungai Kebun Raya Cibodas

Main Air di Sungai Kebun Raya Cibodas

Kalau ke taman Cibodas ini jangan lupa untuk membawa pakaian ganti ya, karena kurang afdol rasanya kalau tidak basah-basahan. Nah, anda bisa main air di aliran air sungai Cibogo yang berasal dari Gunung Gede, maka tidak heran jika air yang mengalir sangat jernih dan dingin. Karena hal tersebutlah pihak pengolah kebun raya cibodas merubah aliran sungai tersebut menjadi wahana bermain untuk anak-anak yang menyenangkan.

8. Koleksi Tumbuhan Paku

Salah satu kehebatan orang jawa adalah doyan makan paku. Hehehehe.

Bukan sembarang paku tentunya, melainkan sayuran paku. Nah, kamu bisa melihat banyak koleksi tanaman paku disini. Setidaknya ada sekitar 34 jenis paku-pakuan yang berasal dari seluruh daerah di Indonesia. Selain sebagai sayuran, tanaman ini juga bisa dijadikan sebagai bahan obat alami lo.

9. Bunga Bangkai Raksasa

Taman raksasa yang satu ini dibawa dari Jambi lo. Wah, jauh sekali ya. Karena memang di Jambi banyak tumbuh tanaman yang mengeluarkan bau busuk ini.

Bunga yang dibawa pada tahun 2000 ini biasanya akan berbunga setiap empat tahun sekali dan pada tahun 2018 bunga bangkai tersebut tumbuh hingga memiliki tinggi lebih dari 3 meter.

10. Kolam Besar

Jangan lupa juga ya untuk mampir ke kolam besar di Taman Cibodas ini ya. Kolam yang sudah ada sejak 1901 ini menjadi habitat berbagai tumbuhan air.

Kolam Besar Kebun Raya Cibodas via Wisatawanalam

Kolam Besar Kebun Raya Cibodas via Wisatawanalam

Fasilitas yang Ada di Dalam Kebun Cibodas

Cibodas menyuguhkan fasilitas yang sangat mumpuni sebagai destinasi wisata dalam dan luar negeri. Disana tersedia lahan parkir yang sangat luas. Daya tampungnya bisa untuk dihuni ratusan bis dan berada tak jauh dari pintu masuk sehingga mempersingkat waktu jalan ke dalam lokasi.

Fasilitas lain yang ada yaitu pendopo dan teater alam terbuka. Disana juga disediakn ruang informasi. Jadi kamu tidak perlu ketakutan kebingungan destinasi. Ada juga area bermain anak sampai dengan bumi perkemahan yang luasnya mencapai 3 hektar. Perpaduan fasilitas tersebut tentu menjadikan Cibodas sebagai tempat wisata favorit di Jawa Barat.

Jangan lewatkan juga ya: Objek Wisata Alam Curug Cipamingkis Bogor Nan Cantik

Sekarang ini, ada satu fasilitas lagi yang diberikan oleh pihak pengelola, yaitu Wara Wiri. Fasilitas ini merupakan kendaraan mini bus yang telah dimodifikasi dan digunakan sebagai kendaraan angkut para pengunjung dalam menjelajah Taman. Tiketnya cukup murah, yaitu hanya Rp. 10.000,-/ orang untuk satu kali putaran.

Bersantai Ria di Kebun Raya Cibodas via wirasetiawan29

Bersantai Ria di Kebun Raya Cibodas via wirasetiawan29

Penginapan Juga Tersedia Disana

Tidak perlu takut tidak bisa menginap di Cibodas Karena faktanya disana terdapat Guest House yang beraneka ragam. Mulai dari Guest House Sakura, Medinilla, dan Eucalyptus. Yang perlu diingat, kamu bisa memesan kamar ini dari jauh hari agar tidak kehabisan.

Kunjungi juga yuk: Taman Matahari Bogor

Wisata Lain di Dekat Taman Cibodas

Jika kamu ingin menjelalajah area ini lebih luas lagi, kamu bisa berkunjung ke tempat-tempat berikut yang letaknya berdekatan dengan Taman Cibodas.

  1. Bumi Perkemahan Mandalawangi

Dikenal juga sebagai Mandalawangi Camping Ground, area ini hanya berada tak juah dari pintu keluar Kebun Raya Cibodas. Sama-sama berada dalam Kompleks Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, tempat ini sangat ideal bagi Anda yang ingin berkemah ala backpacker.

  1. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional seluas 21.975 hektar ini tertutup oleh hutan hujan tropis merupakan hunian dari berbagai varietas tanaman. Mulai dari si pohon raksasa bernama rasamala sampai si pemangsa serangga kantong semar. Disana juga terdapat satwa berupa macan tutul, sigung, kijang, pelanduk, sampai dengan anjing hutan.

  1. Kebun Raya Bogor

Sama-sama bernama Kebun Raya, namun yang membedakan adalah Kebun ini memiliki Museum Zoologi. Jadi kita dapat belajar mengenai flora sekaligus berekreasi seru disana. Koleksinya bahkan mencapau 15.000 jenis tumbuhan. Selain itu, Kebun Raya Bogor merupakan peninggalan Kerajaan Sunda Kelapa merupakan Kebun Botani tertua di Asia.

Demikian ulasan mengenai Taman Cibodas ini. Jadi tunggu apalagiā€¦ silahkan berkunjung ke Kebun Raya Cibodas ini bersama keluarga, teman, maupun kolega Anda. Kamu bisa kesini saat akhir pekan atau hari libur lainnya. Nikmati suasana alam yang bersih, nyaman, dan sejuk disana untuk melepas penat. Selamat mencoba!

Artikel terkait: Objek Wisata Keluarga Taman Buah Mekarsari Bogor

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!