Objek Wisata Keluarga Taman Buah Mekarsari Bogor

Taman buah mekarsari ini memang akan selalu jadi tempat favorit untuk wisata bersama keluarga tercinta di Bogor. Bagaimana tidak, taman buah mekarsari tersebut yang digagas oleh Ibu Tien Soeharto yang dibangun di tahun 1990 lalu awalnya adalah taman yang berkonsep sebagai tempat untuk konservasi tumbuhan, akan tetapi konsep tersebut lalu ditambah jadi area konservasi, edukasi, reboisasi, dan juga rekreasi yang hingga saat ini jadi tempat wisata andalan di Bogor bagi mereka yang berkunjung bersama anak – anak dan keluarga tercinta.

Lokasi Taman Buah Mekarsari

Taman yang sedang naik daun ini terletak di Jalan Raya Cileungsi – Jonggol KM. 3, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Lokasinya yang cukup strategis membuat objek wisata alam yang kece ini sangat mudah untuk dijangkau. Anda bisa mengunjung taman buah Mekarsari ini dengan kendaraan umum atau kendaraan pribadi.

Untuk anda yang tidak mau repot-repot dengan kendaraan pribadi, anda bisa naik kendaraan umum melalui:

  1. Dari Kampung Rambutan
    Pertama anda bisa naik angkutan kota Kowanbisata jurusan Bogor – Jonggol dan turun tepat di depan gerbang Taman Wisata Mekarsari.
  2. Dari Kota Bekasi
    Dari kota Bekasi, anda bisa naik bus Kowanbisata jurusan Bekasi – Jonggol, maka Anda akan dapat turun di depan tempat wisata Taman Wisata Mekarsari.

Kalau anda rame-rame datang sekeluarga atau bersama rombongan, sebaiknya anda datang dengan kendaraan pribadi. Silahkan anda ambil rute dengan mengikuti jalur tol Jagorawi yang keluar di Gerbang Tol Cibubur kemudian menuju jalur Cileungsi. Anda akan sampai di Taman Wisata Mekarsari dalam kurun waktu sekitar 20 hingga 30 menit sejak keluar dari tol.

Hal Menarik di Taman Buah Mekarsari Bogor

Di taman buah mekarsari di Bogor ini memiliki sekitar 1.470 varietas tanaman buah dan juga sekitar 100 ribu pohon, termasuk halnya tanaman rempah – rempah, pangan, biofarmaka, sayur, tanaman hias, tanaman pelindung, dan juga tanaman industry.

Di sini juga ada laboratorium untuk proses penyilangan beberapa varietas tumbuhan. Bahkan tak hanya itu saja, di taman buah mekarsari juga bisa dijumpai tanaman – tanaman langka seperti halnya sawo kecik, bunga bangkai, kesemek, dan tanaman tropis, seperti jeruk, salak, nangka, melon, belimbing, dan lain – lain.

Tak hanya dijadikan sebagai tempat konservasi, objek wisata taman buah mekarsari di Bogor ini juga dipergunakan untuk tempat pembiakan bibit unggul, budidaya, pemuliaan, yang nanti akan diserba luaskan pada para petani dan masyarakat umum.

Salah satu yang jadi andalan objek wisata taman buah mekarsari ini adalah adanya pemancingan, banana boat, sepeda air, angsa air, aqua bike, kano, dan juga perahu naga. Bahkan tidak hanya sampai di situ saja, taman buah mekarsari ini juga menyediakan fasilitas water kingdom dengan luas sekitar 5.2 hektar yang bisa menampung sekitar 15 ribu pengunjung dan menjadi salah satu taman permainan air terbesar se Asia Tenggara.

Di sini terdapat lazy river, yakni kolam dengan arus terpanjang yang ada di Indonesia dengan panjang sekitar 600 meter. Bahkan ada pula boomerang slide dengan ketinggian menara sekitar 16 meter serta papan seluncur sepanjang 118 meter.

Wisata air yang ada di tempat wisata di Bogor satu ini tidak hanya di water kingdom saja, sebab taman tersebut juga mempunyai sebuah danau cipicung dengan pemandangan yang sangat cantik, yang berlatar belakangkan jembatan besi warna merah yang melintang di atas danau.

Bahkan tempat ini juga sudah menyediakan kegiatan outbound untuk perorangan atau pun perusahaan, seperti flying foz, rumah pohon, spider web, paintball, dan lain – lain.

Aktivitas Wisata yang Bisa Dinikmati

Wisatawan yang datang kesini bisa menikmati atraksi wisata dalam 2 kategori, yaitu:

  1. Atraksi Wisata

    • Atraksi air: Mini Aqua Boat, Water Bike, Floating Donat, Banana Boat, Giant Bubble.
    • Atraksi sepeda: Sepeda tandem, sepeda Tuk-tuk (sepeda khas Thailand), dan ATV.
    • Atraksi kebun dan budidaya: di area ini, kita akan mendapatkan pengarahan serta praktik langsung tentang bagaimana cara bercocok tanam yang baik dan benar.
    • Outbond: Halang rintang, flying fox, dayung rakit berkelompok, dan panjat tebing.
    • Area Bermain: Mono Rail, Aeroplane, Mini GoKart dan Fancy Train.
    • Olahraga: jalan sehat, senam, bersepeda.
    • Pertunjukan: ada dua jenis pertunjukan yang dapat dinikmati: pertama adalah Pongo Show yaitu sebuah pertunjukan komedi interaktif dengan teknologi canggih yang tampil 2 x sehari pada hari Senin – Jumat, sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu tampil 4 x pertunjukan. Kedua adalah pertunjukan operet dengan berbagai tema, kelucuan dan kelincahan para badut buah yang dengan riang menari, barisan kostum aneka tema yang dikemas dalam sebuah Karnaval.
  2. Paket Wisata

    • Back to Green World
    • Come Out and Play
    • Company & Family Gathering
    • Fun Days
    • Kids Farm
    • Tour of Since
    • Tropical Camp
    • Paddy Legend

Berikut ini akan kami ulas beberapa wahana aktivitas wisata yang seru:

Water kingdom mekarsari

Water kingdom mekarsari

Water kingdom mekarsari

Nah, wahana yang satu ini adalah yang paling digemari oleh wisatawan, apalagi anak-anak dan remaja. Waterkingdom menawarkan keseruan beberapa wahana atraksi misalnya Boomerang slide yang berupa papan seluncur dengan panjang 118 meter, ada juga kolam arus sepanjang 600 meter yang bernama Lazy River.

Tidak tanggung-tanggung, water kingdom mekarsari ini memiliki luas areal sekitar 5,2 hektar dan langsung terhubung dengan danau menjadikan para pengunjung bisa sepuasnya bermain di air.

Bagi wisatawan yang mau mencoba arena bermain air disini harus membayar tiket sebesar Rp 50 ribu.

The Pongo Show

The Pongo Show mekarsari

The Pongo Show mekarsari

Selain water kingdom, The Pongo Show juga menjadi wahana favorit wisatawan yang datang. Bagaimana tidak, disini anda akan disuguhkan pertunjukan 4 Dimensi berskala internasional pertama di Asia.

Benar-benar wowo sekali. Anda akan merasakan sebuah pertunjukan dnegan teknologi super canggih dengan menggunakan teknologi “Augmented Reality Show”.

“Pongo adalah sosok orang utan, di mana dalam pertunjukan ini pengunjung dapat melihat sosok pongo di layar dan dapat berinteraksi dengan penonton secara langsung interaktif,”  Pertunjukkan itu melibatkan para ahli dari kalangan internasional.

Kids Fun Valley

Kids Fun Valley Mekarsari

Kids Fun Valley Mekarsari

Wahana bermain yang tidak kalah serunya adalah kids fun valley yang menawarkan wisata edukasi untuk anak anda. Disini anak-anak anda akan dihibur dengan aneka permainan seru, mulai dari Bom-Bom Car, Mono Rail, Aeroplane, Mini GoKart dan Fancy Train

Aneka Rekreasi Danau

Liburan kurang seru rasanya kalau tidak bermain-main air. Anda bisa merasakan sensasi liburan di danau dengan luas sekitar 25 ha di Taman Mekarsari ini.

Area Water Zone menjadi salah satu pilihan pengunjung yang tidak boleh anda lewatkan, disini anda bisa mencoba aneka wahana mulai dari Perahu Kano, Dragon Boat, atau untuk anak-anak bisa mencoba Mini Aqua Boat, Water Bike, Floating Donat, Banana Boat, Giant Bubble.

Wisatawan akan diajak berkeliling danau dengan Dragon Boat (Perahu Naga). Wah, sungguh pengalaman liburan yang sangat menyenangkan.

Dragon Boat Taman Mekarsari

Dragon Boat Taman Mekarsari

Untuk anda yang doyan yang romantis-romantis, coba untuk naik sepeda air berdua. Sementara untuk anda yang ingin seru-seruan bareng keluarga lainnya anda bisa naik Fruity Bike (Sepeda Air Buah).

Water Zone Taman Mekarsari

Water Zone Taman Mekarsari

Disini wisatawan juga bisa mencoba aneka wahana menanang yaitu New Banana Boat, Rolling Donut, Flying Fish sambil menikmati indahnya panorama Danau Mekarsari.

Water Zone Taman Buah Mekarsari

Water Zone Taman Buah Mekarsari

Jangan lewatkan juga: 15 Kolam Renang di Bogor yang Seru Buat Main Air

Harga Tiket Masuk Taman Buah Mekarsari 

Untuk bisa masuk ke tempat wisata taman buah mekarsai ini Anda akan dikenakan tarif Rp 25 ribu rupiah per orang, yang berisikan Rp 10 ribu rupiah untuk tiket masuk kawasan, Rp 10 ribu rupiah untuk gelang RFID. Gelang ini yang nantinya bisa digunakan untuk isi saldo. Apabila Anda pulang, Anda bisa bawa pulang gelang tersebut atau menukarkan kembali, lalu Anda akan mendapat sisa saldo yang ada pada gelang tersebut.

Sementara itu untuk tarif retribusinya adalah Rp 5 ribu rupiah untuk kendaraan roda dua, Rp 15 ribu rupiah untuk roda empat, dan Rp 35 ribu rupiah untuk bus. Wahana yang ada di tempat wisata taman buah mekarsari ini dikenakan tarif yang berbeda – beda, dengan kisaran harga sekitar Rp 10 ribu rupiah sampaih dengan Rp 55 ribu rupiah.

Ide tempat liburan lainnya: Liburan ke Telaga Warna Puncak Bogor Jawa Barat

Fasilitas di Wisata Taman Mekarsari

Agar liburan wisatawan yang datang lebih menyenangkan, berbagai fasiltias di sekitar taman ini pun juga mulai bermunculan bahkan bisa dibilang sangat lengkap. Biasanya liburan tentu tidak lepas dari hotel dan penginapan serta tempat untuk makan. Berikut ini beberapa pilihan yang bisa anda pertimbangkan:

  1. Hotel dan Penginapan

    Fasiltias pertama adalah hotal dan penginapan. Wisatawan yang datang kesini tidak perlu khawatir kemalaman atau ingin liburan lebih lama, karena anda bisa menginap di hotal atau tempat menginap yang ada di sekitar taman Mekarsari. Anda bisa menginap di Rumah Pohon yang dapat diisi maksimal 4 orang dengan tarif Rp.770.000,- (week day), Rp.990.000,- (weekend) dan D’Cabin yaitu penginapan dalam kendaraan trailer yang dapat diisi maksimal 4 orang dengan tarif Rp.660.000,- (week day), Rp.880.000 (weekend). Selain tempat menginap, wisatawan juga bisa menemukan hotel Hotel Genggong, Mekarsari Indah, Ciputra Cibubur dan masih banyak yang lain.

  2. Rumah Makan

    Kalau anda mulai lapar, tidak pelru emosi ya. Hehehe, anda bisa singgah di CFC di dekat taman ini, atau berkendara sekitar 6 km untuk menemukan tempat makan yang lebih bervariasi seperti rumah makan Pondok Kemangi yang menyajikan makanan khas gurami goreng yang gurih dengan lalapan dan sambal yang siap menggoyan lidah Anda. Tempatnya yang sejuk tentu akan semakin menambah suasana makan Anda semakin nikmat. Artikel terkait: 36 Tempat Wisata Kuliner Bogor yang Wajib Anda Coba

  3. Parkir Kendaraan

    • Sepeda motor: Rp.5.000,-
    • Mobil: Rp.15.000,-
    • Bus: Rp.Rp. 35.000
  4. Toilet Umum

    Kalau anda kebelet tidak perlu cemas, ada banyak toilot umum disini. Sebaiknya anda ke toilet sebelum naik kereta karena ketika berkeliling dengan kereta untuk melihat perkebunan buah dan sayur mayur, Anda akan sulit menemukan toilet.

  5. Toko Souvenir

    Anda juga bisa menemukan souvenir di taman ini. Silahkan datang saja ke kawasan Garden Paradiso. Tempat ini menjual berbagai koleksi tanaman bonsai dan dijual dengan harga yang terjangkau. Terdapat juga berbagai macam pedagang makanan dan minuman, serta kios suvenir (kaus, kerajinan tangan, topi, gantungan kunci, dan lain-lain).

Rumah Pohon Taman Mekarsari

Rumah Pohon Taman Mekarsari

Tips Berwisata di Taman Rekreasi Mekarsari

Oh ya sobat, agar liburan anda lebih menyenangkan, anda sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini ya:

  • Pertama, usahakan anda liburan ke taman ini dalam kondisi tubuh prima.
  • Buat para ledies, sebaiknya hindari dulu pakai high heels ya, karena kita nanti agak sering jalan kaki, walaupun untuk mengelilingi masing-masing taman buah menggunakan kereta.
  • Jangan lupa pakai sunblok atau pakai topi, bawa juga kaca mata agar liburan terasa lebih menyenangkan.

Demikianlah informasi tentang taman buah mekarsari, objek wisata keluarga favorit di Bogor. Semoga saja menginspirasi liburan Anda. Jangan lewatkan juga: 22 Tempat Wisata di Puncak Bogor dan Sekitarnya

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!