Keindahan Surga Bawah Laut Pantai Derawan Kalimantan Timur

Pantai Derawan – Sepertinya pantai derawan akan menjadi salah satu objek wisata terindah di Kalimantan Timur. Bagaimana tidak, pantai derawan tersebut mampu menyuguhkan keindahan bawah lautnya yang sangat luar biasa, sehingga tak heran jika pantai ini mendapat julukan sebagai pantai favorit untuk menyaksikkan keindahan surga bawah laut di Kalimantan Timur.

Tentang Pulau Derawan

Ada beberapa hal yang sebaiknya anda ketahui sebelum liburan ke pantai Derawan Kalimantan Timur:

  • Pertama, Pulau ini masuk dalam dalam 15 lokasi di Indonesia yang pengembangannya dilakukan secara pola DMO atau Destination Management Organization, khususnya sebagai kluster wisata alam bahri.
  • Kedua, Pulau derawan yang merupakan sebuah desa dijadikan secara khusus oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai desa wisata. Sehingga masyarakat di pulau Derawan ini juga ikut andil dalam pengembangan pulau Derawan sebagai destinasi wisata lokal atau bahkan internasional.
  • Ketiga, pulau derawan menjadi salah satu spot menyelam paling favorit yang ada di Indonesia dan itu dikarenakan adanya keindahan ekosistem di lautnya.
Wisata Pantai Derawan via Sportourism

Wisata Pantai Derawan via Sportourism

Lokasi Pulau Derawan Kalimantan Timur

  • Alamat: RT III, Kecamatan Pulau Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, 77381.
  • Jam operasional: Setiap hari 24 jam
  • Nomor telepon: +62 821 8926 2599
  • HTM: Sekitar 5 ribuan atau bahkan gratis

Lokasi pantai Derawan sendiri berada di kecamatan pulau Derawan, Kabupaten Berau. Ternyata kepulauan ini sendiri terbagi dalam 3 kecamatan yakni Kecamatan Pulau Derawan, Kecamatan Maratua, Kecamatan Biduk Biduk, dan Kecamatan Berau.

Selain pantai derawan ada beberapa spot liburan eksotis yang bisa anda jadikan destinasi wisata bahari. Setidaknya ada 4 pulau utama yang eksotis untuk anda kunjungi yakni Pulau Maratua, Pulau Derawan dimana Pantai Derawan berada, Pulau Sangalaki, dan Pulau Kakaban tempat penangkaran penyu hijau dan penyu sisik bertelur.

Artikel terkait: 24 Objek Wisata di Banjarmasin Kalimantan Selatan

Cara Menuju Pantai Derawan

Bagi anda yang datang dari luar wilayah Kalimantan Timur, ada beberapa pilihan untuk anda agar bisa sampai kesini, yakni:

Jalur Udara

Untuk jalur udara, anda bisa menempuh:

Pilihan pertama anda bisa terbang dari daerah anda menuju ke Balikpapan. Setelah di Balikpapan, selanjutnya anda bisa memilih dua pilihan rute.

  • Pertama. Misal sudah sampai di Balikpapan, untuk bisa ke Kepulauan Derawan anda bisa melanjutkan penerbangan melewati Tarakan.Penerbangan melewati Tarakan cukup banyak dan murah, nah setelah sampai Tarakan, perjalanan dilanjutkan perjalanan dengan menyewa Speedboat. Jika datang berombongan maka akan menguntungkan karena menyewa Speedboat jadi lebih murah.
  • Kedua. Saat anda sudah adai Balikpapan, rute selanjutnya bisa anda pilih melalui Berau. Begitu sudah sampai di Berau, selanjutnya perjalanan akan dilanjutkan dengan perjalanan darat ke Tanjung Batu. Di Tanjung Batu ini perjalanan akan dilanjutkan dengan menggunakan speedboat, yang bisa disewa ini dapat menampung 5 orang penumpang yang jika satu kali jalan, Anda perlu membayar Rp 300 ribu. Jika dari Pelabuhan Tanjung Batu, maka untuk sampai di Pulau Derawan hanya memerlukan waktu tempuh sekitar 30 menit. Jika ingin cepat, Anda dapat memilih berangkat dari Tarakan di mana ada kapal cepat yang bisa mengantar para wisatawan secara langsung ke Pulau Derawan.

Jangan lewatkan juga: 32 Tempat Wisata di Balikpapan yang Wajib Dikunjungi

Jalur Darat

Perjalan darat juga dimulai dari Balikpapan, jadi untuk anda yang dari daerah lain, silahkan pilih penerbangan menuju ke Balikpapan.

Setelah di sampai di Balikpapan, perjalan dilanjutkan menuju ke Samarinda dengan menggunakan bus atau travel. Untuk ongkos travel dari Samarinda ke Tanjung Redeb akan mewajibkan Anda untuk merogoh kocek kurang lebih Rp 300 ribu.

Begitu anda sampai di Tanjung Redeb, lanjutkan perjalanan menuju Tanjung Batu, travel juga adalah pilihan yang terbaik dengan biaya yang dikeluarkan sekitar Rp 150 ribu. Sementara untuk bisa di Pulau Derawan dari Tanjung Batu, Anda perlu menyewa Speedboat dengan biaya penyewaan kurang lebih Rp 100 ribu.

Keindahan Objek Wisata Pantai Derawan Kaltim

Pantai derawan ini memiliki pasir putih yang cukup bersih, dan air lautnya yang berwarna biru serta tampak begitu jernih.

Keindahan Pulau Derawan Kaltim

Keindahan Pulau Derawan Kaltim

Ombak yang ada di pantai derawan tersebut terbilang cukup tenang, sehingga akan sangat pas sekali untuk kegiatan snorkeling atau penyelaman. Melakukan snorkeling di pantai derawan Kalimantan Timur ini Anda nantinya akan dapat melihat biota – biota laut yang sangat beragam, terumbu karang yang cantik, ubur – ubur, penyu hijau, penyu sisik, dan binatan laut yang lainnya.

Bahkan tidak hanya  melihat keindahan surga bawah laut pantai derawan Kalimantan Timur, di sini Anda juga akan mendapatkan pengalaman liburan yang pastinya tidak akan pernah Anda dapatkan di tempat wisata pantai yang lain.

Bahkan tak hanya itu saja, jika Anda mengalihkan pandangan di sekitar pantai derawan tersebut, maka mata Anda akan disuguhkan dengan bentangan air laut yang berwarna kebiru – biruan yang tampak sangat jernih, yang demikian tentu saja akan sangat menentramkan jiwa Anda. Jika Anda beruntung, Anda juga akan bisa menemukan penyu – penyu yang sedang mencari makan.

Perairan di objek wisata pantai derawan di Kalimantan Timur ini memang sudah cukup populer sebagai surga bagi para pecinta snorkeling dan diving. Di sana benar – benar sebuah taman laut yang masih sangat alami dan indah. Menariknya lagi, dengan adanya terumbu karang yang sangat beragam warna beserta berbagai macam jenis ikan sehingga membuat Anda seolah – olah sedang menonton film Nemo dalam versi nyata.

Apabila Anda memang ingin berwisata ke pantai derawan ini Anda disarankan pula untuk mengunjungi pulau – pulau yang ada di sekitarnya yang juga memiliki keindahan yang tak kalah dengan pantai derawan, seperti halnya Pulau Sangkali yang menjadi tempat pelestarian penyu, Pulau Maratua yang memiliki pemandangan bawah laut sangat cantik, dan Pulau Kakaban dengan danau yang memiliki ubur – ubur yang sangat lucu.

Pantai yang ada di pulau – pulau tersebut juga sangat jernih dan mempunyai keindahan bawah lautnya yang tak bisa diungkapkan dengan kata – kata.

Aktivitas Seru di Pantai Derawan dan Sekitarnya

Meskipun untuk mencapai pantai ini butuh perjuangan yang cukup panjang, dimanan perjalanan yang harus kita tempuh tidaklah dekat, namun karena keindahan syurga yang tersembunyi ini membuatnya pantas untuk kita masukkan dalam daftar tempat liburan berikutnya.

Berikut ini beberapa aktivitas seru di pantai Derawan yang bisa kita nikmati:

1. Snorkeling dan Diving

Aktivitas seru di pulau Darmawan selanjutnya adalah kegiatan diving dan snorkeling. Kegiatan ini merupakan kegiatan utama saat anda liburan ke Pulau Darmawan.

Snorkeling di Pantai Derawan via Tempatwisatauni

Snorkeling di Pantai Derawan via Tempatwisatauni

Disini anda bisa menyaksikan keindahan surga bawah laut yang tiada taranya. Kalau anda tidak memiliki peralatan menyelam, anda bisa menyewanya disini dengna harga yang bervariasi, dimana yang paling murahnya sekitar Rp 50 ribu. Terdapat juga penyediaan alat terlengkap yang bisa ditemukan di Dive Center, jadi langsung saja menyewa dan dapatkan pengalaman seru wisata air dan bawah laut.

Disini anda bisa menyaksikan keindahan ikan-ikan berwarna-warni serta terumbu karangnya yang begitu indah. Untuk bisa menyaksikan keindahan alam bawah laut sebaiknya anda datang pada saat cuaca sedang cerah agar jarak pandang anda lebih luas.

Anda bisa menyelam pagi, siang atau sore tergantung dari panduan pemandunya dan kondisi cuaca. Khusus di Pantai Derawan, penyelaman termasuk terbatas karena hanya akan berada di sekitar dermaganya saja.

Biota Kaut Kepulauan Derawan Via Telusurindonesia

Biota Kaut Kepulauan Derawan Via Telusurindonesia

2. Berkeliling Menjelajahi Pulau Derawan

Aktivitas seru pertama yang bisa anda lakukan disini yaitu berkeliling menjelajahi pulau baik dengan berjalan kaki, atau dengan bersepeda.

Selain menjelajahi pulau Derawan, anda juga bisa menjelajahi pulau-pulau di sekitarnya dengan menggunakan speedboat.

Untuk menyewa speedboat anda harus membayar sekitar 1,5 sampai 2 juta untuk speedboat yang mampu mengangkut 3-4 orang untuk satu hari, namun bila ingin mendapatkan Speedboat yang mengangkut 6-12 orang, koceknya akan jauh lebih mahal pastinya.

3. Naik Banana Boat

Aktivitas seru di pantai Derawan selanjutnya adalah naik boat. Anda dan keluarga bisa mencoba sensasi naik banana boat yang menantang adrenalin.

Memang, tidak semua orang berani naik banana boat karena dengan kecepatan tinggi anda akan di tarik oleh speedboat berkecepatan tinggi. Anda akan merasakan sensasi angin kencang plus deburan ombak kecil yang terbentuk karena belahan speedboat atau banan boat.

Anda bisa mengajak 4 orang lain sekaligus untuk sekali naik banana boat, dimana kapasitasnya adalah 5 orang ditambah 1 orang instruktur di belakang. Instruktur tersebt berguna untuk mengawasi pengunjung yang naik boat agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

Anda tidak perlu cemas, karena atraksi ini aman kok. Anda akan dibali dengan pelampung yang berbentuk jakat kecil yang di pasangkan ke semua orang.

4. Berburu Sunset

Kegiatan seru di pantai Derawan selanjutnya adalah berburu sunset. Berburu sunset menjadi agenda wajib di pantai nan cantik ini.

Anda bisa duduk di pinggir jembatan sambil menunggu matahari tenggelam, momen matahari tenggelam di telan oleh lautan ini akan membuat mata anda terpesona dengan keindahannya. Dengan sinar jingga sunset akan membuat hati orang yang melihatnya menjadi tenteram.

Di pantai derawan sendiri ada jembatan yang dibuat dari susunan kayu yang menjadi spot menikmati sunset untuk wisatawan, sambil sesekali memandangi dasar laut jernih di mana ikan-ikan lucu dan cantik terlihat melayang-layang di dalamnya.

5. Menyaksikan Sunrise

Kegiatan menarik lainnya yang ada di tempat wisata Kalimantan Timur ini adalah melihat matahari terbit atau sunrise. Pemandagan matahari pagi di pantai derawan ini berwarna kemerah – merahan yang tampak sangat eksotis, ini pasti akan membuat Anda merasakan sensasi semangat baru di kehidupan Anda.

Sunrise di Pantai Derawan via Wijayaryputu

Sunrise di Pantai Derawan via Wijayaryputu

6. Berburu Penyu Hijau

Penyu hijau yang kini sudah mulai langka bisa anda jumpai di pantai Derawan ini. Anda bisa ‘berburu’ penyu hijau di pantai derawan pada malam hari.

Anda bisa menyaksikan penyu hijau bertelur secara langsung. Namun anda tentu saja tidak boleh menangkapnya, kita hanya diperkenankan untuk menyaksikannya saja.

Jika anda beruntung, anda juga bisa menyaksikan pelepasan tukik atau anak penyu hijau ke laut. Biasanya proses pelepasan ini terjadi setelah 50 hari telur di tanam di pasir oleh sang induk.

7. Berbelanja Souvenir

Ketika liburan kesini jangan lupa untuk membawa pulang oleh-oleh atau cindera mata. Di pulau Derawan sendiri terdapat beberapa penjual souvenir yang bisa anda bawa pulang.

Anda bisa menbeli souvenir dari penghuni pulau ini, suku Bajou, salah satu olahan dari masyarakat lokal disini yang cukup diminati adalah baju. Jika anda ingin membeli oleh oleh di suatu tempat wisata anda harus pandai menawar dan bernegosiasi dengan penjual. Hal itu dikarenakan wisatawan sering dihadapkan pada harga barang yang melebihi dari harga normal.

Obyek Wisata di Sekitar Pantai Derawan

Karena jarak antara pantai derawan dengan pulau – pulau yang ada di sekitarnya tak terlalu jauh, yakni hanya sekitar 40 menit yang bisa dicapai dengan menggunakan speedboat. Anda harus membayar sekitar Rp 700 ribu untuk setiap boat yang disewa.

Jadi sangat sayang untuk dilewatkan ya, karena ternyata disini, anda tidak hanya bisa menikmati pantai Derawan saja, melainkan pantai indah lainnya di pulau-pulau di sekitaran pantai Derawan. Diantaranya:

1. Pulau Kakaban

Pulau Kakaban sebaiknya juga masuk dalam daftar objek wisata di Pulau Darawan yang akan anda kunjungi. Pasalnya, pnatai indah ini masik termasuk dalam satu kawasan di Kepulauan Derawan.

Disini wisatawan dapat mengunjungi Danau Kakaban yang fenomenal. Danau ini cukup unik karena air yang ada di danau ini merupakan air campuran, yaitu air tawar dan air laut.

2. Pulau Sangalaki

Selanjutnya, anda juga bisa menugnjungi pulau Sangalaki yang merupakan salah satu spot paling wow untuk snorkeling. Ada banyak biota yang cantik yang bisa anda jumpai disini. Anda akan menyaksikan ikan-ikan badut yang lucu dan cantik yang ada di balik terumbu karang.

Beragam biota laut yang ingin Anda abadikan dengan kamera ada di sini. Ikan pari manta pun akan memanjakan penglihatan Anda karena mereka biasanya di perairan ini hidup bergerombol dan satu kelompok dapat terdiri dari 20 ekor, terutama waktu terang bulan.

Selain spot snorkeling yang kece, anda juga bisa mengunjungi pusat penangkaran penyu hijau sebab hewan ini termasuk langka. Ada sejumlah titik penyelaman yang menjadi favorit para penyelam dari seluruh dunia, seperti yang ada di bawah ini:

  • The Rockies
  • Eel Ridge
  • Sherwood Forest
  • Sandy Ridge
  • Turtle Town
  • Coral Gardens
  • Manta Avenue
  • Manta Parade
  • Lighthouse
  • Manta Run
  • Channel Entrence

3. Pulau Maratua

Pulau Maratua juga bisa anda kunjungi lo. Pulau yang eksotis ini masih sangat jarang terjamah, padahal pulau ini sangat indah, rapi, bersih dan menawan. Sangat cocok juga untuk anda yang sedang berbulan madu.

Untuk bisa sampai ke Pulau Maratua ini anda hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam saja waktu yang perlu ditempuh. Tempat ini bagaikan surga bagi para penyelam, jadi tidak heran bila para wisatawan mancanegara begitu mengagumi dan memfavoritkan tempat ini walau memang diakui bahwa harga yang ditawarkan lumayan tinggi disertai dengan spot diving yang banyak.

Fasilitas dan Akomodasi Pantai Derawan

Untuk menunjnag liburan di Pantai Derawan, beragam fasilitas, wahana sampai penginapan disediakan. Apalagi kepulauan ini memiliki potensi yang sangat luar biasa, mulai dari terumbu karang langka, ikan karang, padang lamun, hutan mangrove, kawasan perikanan, dan kawasan konservasi.

Bahkan, tidak tanggung-tanggun, kepulauan ini merupakan ekosistem laut terkaya nomor 2 di Indonesia setelah Raja Ampat di Papua. Karena keindahan alam bawah lautnya, banyak pengunjung yang mengambil foto atau gambar kecantikan terumbu karang di dalamnya.

Fasilitas water sport juga sudah dilengkapi, juga terdapat banyak peralatan penunjang wisata bahari mulai dari peralatan menyelam, banana boat, perahu, jetski, dan peralatan olahraha air lainnya.

Tempat Makan di Kepulauan Derawan

Mengenai tempat makan anda juga tidak perlu khawatir, karena sudah ada banyak tersedia tempat makan mulai dari yang murah sampai hidangan internasional tersedia disini. Salah satunya adalah Restoran Lapauta yang menghidangkan aneka masakan tradisional Kalimantan berbahan dasar seafood.

Penginapan di Kepulauan Derawan

Sepertinya kalau liburan hanya 1 hari saja agak kurang puas ya. Nah, tenang karena disini anda bisa menyewa tempat menginap mulai dari hotel, resort, villa, homestay, maupun guest house dengan kamar unik yang dapat disewa.

Penginapan di Pulau Derawan via Kaltimprov

Penginapan di Pulau Derawan via Kaltimprov

Mengenai harga juga cukup beragam, dimana tersedia penginapan high class accomodation hingga yang low budget beach accomodation sekalipun ada di sekitar Pantai Derawan, terdapat juga berbagai macam kamar berbentuk cottage atau bungalows sehingga menyajikan pemandangan yang indah saat menginap.

Beberapa penginapan seperti Nabucco Island Resort, Maratua Paradise Resort, Derawan Dive Lodge, dan lain sebagainya bisa anda jadikan tempat untuk menginap. Bahkan juga terdapat penginapan di tengah laut yang bisa anda jadikan tempat menginap yang eksklusif, dan anda langsung bisa melakukan aktivitas scuba dive ke laut untuk berenang atau menyelam.

Anda juga bisa menginap di Pulau Derawan, anda banyak sekali tempat menginap disini, bahkan bisa home stay dengan membayar sewa mulai dari Rp 125 ribu per harinya. Nabucco Island Resort yang berlokasi di Maratua adalah sebuah floating cottage yang boleh dipilih.

Tips Nyaman Berlibur di Pulau Derawan

Agar libura anda kekepulauan Derawan ini lebih menyenangkan, ada beberapa tips yang harus anda perhatikan. seperti:

Membawa Perlengkapan

Pastikan anda membawa perlengkapan seperlunya, jangan terlalu banyak juga jangan tidak membawa perlengkapan. Jangan lupa juga untuk membawa uang tunia ya, karena begitu kita memasuki kepulauan Derawan, kita tida akan menjumpai mesin ATM disini.

Jangan lupa juga untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen berharga disini, bawalah kamera yang bisa dibawa ke bawah laut atau yang disebut dengan underwater camera.

Anda bisa mengabadikan momen bersama ikan lucu dan terumbu karang yang cantik. Selain itu, jika anda mengunjungi danau Kakaban, anda bisa menjumpai ubur-ubur imut.

Mengerti Etika Wisata Alam

Oh ya sob, jangan lupa untuk menjaga etik selama liburan ya, namanya juga di alam. Pastikan anda tetap menjaga kelestarian biota laut baik itu ikan, ubur-ubur sampai karang.

Buang Sampah pada Tempatnya

Pastika anda menjaga kelestarian alam. Jangan buang sampah sembarangan karena dapat merusakan ekosistem biota laut ke depanya. Kita jaga untuk anak cucu kita.

****

Demikianlah tadi sekilas informasi yang bisa kami bagikan tentang keindahan surga bawah laut pantai Derawan Kalimantan Timur yang bisa kami bagikan untuk anda. Semoga saja bermanfaat.

Anda pasti sudah tidak sabar lagi ingin segera liburan ke Pantai Derawan bukan? Tunggu apalagi, yuk segera susun jadwal kesana.

Artikel terkait: Wisata Pantai Asmara Kalimantan Selatan, Pantai Indah yang Masih Perawan

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!