22 Tempat Wisata di Puncak Bogor dan Sekitarnya

Tempat Wisata di Puncak BogorBogor sangat terkenal sekali dengan tempat wisata alamnya. Bogor merupakan salah satu anugerah Tuhan kepada Indonesia. Sebagai kota Hujan, bogor memiliki suhu relatif dingin. Sebelumnya Tempatwisataseru.com sudah berbagi 50 Tempat Wisata di Bogor yang wajib dikunjungi.

Nah, kali ini kita akan kupas tuntas seputar tempat wisata di puncak bogor yang menarik untuk kita kunjungi. Kalau musim liburan atau hari raya. Puncak selalu menjadi salah satu destinasi wisata keluarga pilihan. Orang dari berbagai wilayah di Indonesia berduyun-duyun mendatangi puncak untuk menikmati liburan.

Selain liburan panjang, warga jakarta juga biasanya berkunjung ke puncak bogor untuk menikmati akhir pekannya. Puncak selain dikenal dengan villa-villa mewah yang tumbuh menjamur, juga memiliki banyak sekali wisata alam yang menarik untuk kita kunjungi.

Salah satu yang jadi kendala dan masalah biasanya adalah kemacetan. Kalau sudah hari libur biasanya memang, kawasan puncak selalu dipadati mobil pribadi dan umum untuk pergi berlibur.

Di puncak ada berbagai tempat wisata, taman, air terjun, kebun teh, kebun strawberry, wisata pedesaan, danau dan lain sebagainya. Ada banyak sekali, setidaknya kami menghimpun ada 22 tempat wisata di puncak Bogor yang harus kita kunjungi, dan sangar sayang sekali untuk dilewatkan.

Tempat Wisata di Puncak Bogor dan Sekitarnya

Mari simak ulasan mengenai 22 Tempat Wisata di Puncak Bogor dan sekitarnya berikut ini:

1. Tempat Wisata di puncak – Curug Panjang

Tempat wisata alam di puncak bogor yang pertama adalah curug panjang. Keindahan air terjun dan sungai pada wahana ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang ingin menikmati wisata alam. Curug Panjang adalah kawasan wisata di Megamendung, anda bisa melakukan river trekking, atau menjelajah sungai.

Untuk melakukan aktifitas jelajah sungai, saya sarankan anda menggunakan sandal gunung dan membawa baju ganti.

Jangan menggunakan sandal jepit atau sejenisnya karena medan yang akan anda lalui licin dan berbatu. Di kawasan ini bukan hanya 1 air terjun saja yang dapat anda nikmati, melainkan ada 4 air terjun yang indah.

2. Tempat Wisata di puncak – Taman Wisata Matahari

Selanjutnya, bagi anda yang ingin menikmati indahnya flora di puncak, disinilah tempatnya, waman wisata matahari.Taman wisata matahari sudah sangat populer sekali dan menjadi salah satu destinasi wisata wajib yang harus dikunjungi wisatawan yang datang ke Puncak Bogor. Taman ini memiliki luas sekitar 30 ha, Taman Wisata Matahari memiliki banyak fasilitas hiburan yang menarik bagi anda dan keluarga.

loading...

Ada banyak sekali wahana yang bisa dinikmati di sini, seperti kolam renang, ATV, arung jeram, penginapan, sarana outbound, restoran, permainan air, permainan anak-anak, hingga pusat belanja dan wisata sawah. Tiket masuk yang murah, fasilitas yang lengkap, dan makna edukasi yang ada di Taman Wisata Matahari membuat obyek wisata ini tidak pernah sepi pengunjung. Taman Wisata Matahari juga sering digunakan sebagai tempat pelatihan luar ruangan oleh perusahaan-perusahaan besar.

3. Tempat Wisata di puncak – Taman Riung Gunung

Wisata alam di puncak bogor yang selanjutnya adalah Taman Riung Gunung. Mungkin anda belum pernah mendengarnya, karena memang, taman riung gunung tidak terlalu populer, namun sangat sayang untuk dilewatkan jika anda sudah berada di puncak.

Adapun lokasi taman ini ada di sekitar 17 KM dari pintu tol Ciawi, Taman Riung Gunung menawarkan keindahan alam yang sejuk dan fasilitas yang lengkap.

Fasilitas yang ada di sini yaitu, tea walk atau wisata kebun teh, kolam renang, tempat permainan anak-anak, restoran, sarana outbound, hingga penginapan dan terapi ikan. Yang menarik, di lokasi ini terdapat villa milik Presiden Soekarno lengkap dengan barang peninggalannya, konon katanya dahulu kala villa ini digunakan oleh Presiden Soekarno untuk berdoa dengan tenang.

4. Tempat Wisata di puncak – Curug Cilember

Wisata alam di puncak yang selanjutnya adalah curug Cilember, keindahan alam yang masih asri dan eksotis, serta udara yang sejuk akan membuat hati menjadi tenteram.

Adapun wahana yang ada di Curug Cilember di antaranya penangkaran kupu-kupu, tempat berkemah, penginapan, dan lain-lain. Obyek wisata utama di sini adalah 7 buah air terjun, namun untuk dapat melihat semuanya anda harus menempuh perjalanan mendaki yang cukup jauh, kurang lebih 3 jam berjalan kaki di hutan pinus yang asri. Tempat wisata ini sangat cocok untuk anda yang suka mendaki gunung.

5. Tempat Wisata di puncak – Telaga Warna

Telaga warna merupakan salah satu destinasi wisata di puncak yang tidak boleh anda lewatkan. Keindahan alam di sekitarnya akan membuat suasana hati anda menjadi damai. Anda bisa bermain berbagai jenis permainan air di sini, misalnya sepeda air dan perahu rakit.

Nama Telaga Warna berasal dari cerita yang mengatakan bahwa warna air di danau ini dapat berubah. Lokasi Telaga Warna dekat sekali dengan restoran yang sangat terkenal di Puncak, yaitu Rindu Alam.

Nah, buah anda yang akan liburan ke puncak Bogor, jangan sampai melewatkan telaga nan cantik ini ya.

6. Tempat Wisata di puncak – Desa Wisata Pancawati

Bagi anda yang berasal dari perkotaan dengan suasana yang riuh, ramai, sesak dan lain sebagainya, sesekali anda membutuhkan suasa yang damai, tenang, dan asri, nah, dewa pancawati ini bisa anda jadikan sebagai pilihan.

Terletak di Kecamatan Caringin, desa ini sangat indah dan anda juga bisa menikmati tarian Sunda, melihat wayang golek, hingga menikmati masakan khas dan tradisional.

Di sini juga terdapat fasilitas penginapan dengan suasana pedesaan yang menenangkan hati dan pikiran.

7. Tempat Wisata di puncak – Curug Kembar

Curug Kembar adalah salah satu obyek wisata air terjun yang terletak di kawasan Cisarua, Puncak. Sesuai namanya, Curug Kembar adalah air terjun kembar yang hidup berdampingan sehingga sangat menarik untuk dilihat.

Perjalanan yang berbatu untuk mencapai Curug Kembar mungkin dapat menyulitkan anda, namun anda tidak akan menyesal karena Curug Kembar memiliki air yang jernih dan indah.

8. Tempat Wisata di puncak – Taman Safari

Anda mau bermain di taman safari? Anda bisa bermain dengan banyak hewan di sini. Taman Safari adalah tempat wisata di Puncak yang paling populer dan merupakan tempat yang selalu dipadati pengunjung, terutama pada akhir pekan.

Berlokasi di Cisarua, 77 KM dari Jakarta, Taman Safari adalah tempat wisata dengan orientasi wawasan binatang di alam bebas.

Berbeda dengan kebun binatang pada umumnya, di Taman Safari anda dapat melihat binatang di alamnya dari dekat dengan menggunakan mobil, bahkan anda juga dapat berinteraksi langsung dengan binatang-binantang tersebut.

Koleksi hewan yang dimiliki Taman Safari berasal dari seluruh penjuru dunia, mulai dari gajah, rusa, jerapah, komodo, sampai dengan singa dan hewan lain dapat anda jumpai di sini. Selain rute melihat binatang, anda juga dapat menikmati fasilitas lain di Taman Safari, misalnya area permainan,area pertunjukan, area bayi hewan, serta area berenang bernama Safari Water Park.

9. Tempat Wisata di puncak – Curug Cibeureum

Satu lagi air terjun yang harus anda kunjungi, yakni curug cibeureum. Curug ini berasal dari bahasa Sunda dan memiliki arti air terjun sungai merah. Konon katanya pada jaman dahulu air terjun ini memiliki aliran air berwarna merah yang disebabkan oleh lumut merah yang tumbuh di tebing.

Terletak di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango, air terjun Curug Cibeureum memiliki ketinggian sekitar 50 meter, cukup besar dan tinggi sehingga menarik untuk dilihat.

Untuk dapat menikmati air terjun ini, anda harus berjalan lebih dari 3 KM, namun tidak perlu kuatir, di sepanjang jalan anda akan menemukan tempat peristirahatan.

10. Tempat Wisata di puncak – Istana Presiden Cipanas

Ternyata di puncak juga ada istana presiden. Istana Presiden Cipanas dulunya adalah sebuah bangunan tempat tinggal milik Belanda dan sekarang digunakan untuk tempat kediaman Presiden Republik Indonesia.

Dalam istana terdapat koleksi foto-foto sejarah kepemilikan gedung mulai dari jaman Belanda, selain itu ada juga museum, toko suvenir, permandian air panas, gedung Bentoel, koleksi kaktus, koleksi tanaman hias, dan halaman yang sangat luas. Yang perlu diingat adalah tidak semua area di Istana Presiden Cipanas dapat kita masuki dan foto.

11. Tempat Wisata di puncak – Melrimba Garden

Melrimba Garden merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Adapun lokasinya di Jalan Raya Puncak KM 87, Melrimba Garden selain sebagai salah satu produsen tanaman hias yang terkenal, juga merupakan salah satu tempat wisata di Puncak dengan konsep taman natural.

Dengan luas wilayah sekitar 5 hektar, Melrimba Garden menawarkan wisata keindahan alam untuk keluarga anda.

Selain panoramanya yang mempesona, Melrimba Garden juga memiliki fasilitas penginapan, kolam pemancingan, kebun petik buah strawberry, lapangan rumput serba guna, sarana outbound, area permainan anak-anak, tea walk, rumah kaca tanaman hias, hingga wahana permainan luar ruangan seperti ATV dan high rope.

Bagi yang membawa kendaraan, tidak perlu kuatir tidak dapat parkir karena area parkir Melrimba Garden mampu menampung 250 mobil!

12. Tempat Wisata di puncak – Kebun Wisata Inkarla

Keindahan taman ini tidak diragukan lagi. Kebun Wisata Inkarla yang berada di kawasan Cibodas menawarkan perpaduan antara tanaman hias dan pemandangan gunung yang indah. Anda dapat melihat berbagai jenis bunga dengan warna yang berbeda-beda di sini, sangat menyejukan mata dan pikiran.

Selain kebun tanaman hias, Kebun Wisata Inkarla juga memiliki fasilitas lain seperti kolam renang air hangat, ruangan meeting, sarana outbound, tenis meja, area permainan anak-anak, dan penginapan dengan pemandangan yang indah.

13. Tempat Wisata di puncak – Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Anda mau merasakan mendaki? Taman Nasional Gunung Gede bisa anda jadikan pilihannya, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango berjarak sekitar 100 KM dari Jakarta.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango memiliki kekayaan ekosistem yang luar biasa, dan merupakan rumah bagi hewan dan tumbuhan langka.

Kegiatan yang dapat dilakukan di sini yaitu wisata alam, penelitian, pendidikan, dan pengamatan burung. Wisata alam yang paling populer di sini adalah pendakian gunung.

14. Tempat Wisata di puncak – Agro Wisata Gunung Mas

Satu lagi tempat wisata berupa kebun, Bagi Anda yang ingin menikmati hamparan hijau tanaman teh di Puncak, inilah tempat yang harus Anda kunjungi. Hamparan hijau kebun teh dengan beberapa pemetik daun teh membuat pemandangan di salah satu objek wisata Puncak ini menjadi indah terlihat.

Lazimnya, para pemetih daun teh ini terdiri dari satu grup yang berjumlah sekitar 15 sampai 20 orang. Banyak pengunjung yang mengabadikan momen-momen indah dengan latar hamparan hijau kebun teh dan aktivitas para pemetik daun teh.

 

Alamat Agro Wisata Gunung Mas: Jl. Raya Puncak Km. 27 Cisarua, Bogor
Peta Lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -6.671683,106.926885

15. Tempat Wisata di puncak – Wisata Citamiang

Citamiang adalah objek wisata Puncak Bogor yang sangat tepat bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu dengan aneka permainan di alam terbuka. Di Citamiang, Anda dapat bersantai bersama dengan keluarga dan teman-teman sembari menikmati udara bersih dan suhu yang sejuk.

Citamiang telah terkenal sebagai salah satu tempat wisata outbond di Puncak Bogor, di mana banyak komunitas melakukan aktivitas training di alam terbuka, berkemah, dan tracking. Kawasan wisata Citamiang memiliki hutan pinus Puncak yang rimbun serta hamparan perkebunan teh yang terbentang luas.

Inilah sebab mengapa Ciatmiang memiliki pemandangan alam yang sungguh indah dan menyegarkan. Untuk dapat masuk ke tempat wisata ini, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 3 ribu per orang. Jika ingin berkemah, maka ada tambahan biaya sebesar Rp 2.500 per orang untuk satu hari. Citamiang terbuka untuk umum, dibuka sejak pukul 6 pagi hingga 8 malam. Jangan lupa, saat malam hari Anda harus menggunakan jacket karena suhu di tempat ini bisa mencapai 17 derajat Celcius.

Alamat Wisata Citamiang: Jln. Raya Puncak Cisarua, Bogor (sekitar 200 meter sebelah kiri sebelum gerbang Agro Wisata Gunung Mas dari arah Jakarta menuju Puncak)
Peta Lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -6.687200, 106.961700

16. Tempat Wisata di puncak – Kota Bunga

Objek wisata ini sebenarnya merupakan villa yang ada di kawasan puncak bogor. Villa ini sengaja ditata dengan apik oleh pihak pengembang sebagai daya tarik tersendiri untuk pembeli serta wisatawan yang berkunjung ke puncak bogor untuk menginap di villa mewah ini.

Kota bunga ini sangat indah, karena penataan dan perawataan serta berbagai jenis bunga ada di sini. Selain bunga, Kota Bunga juga menyediakan berbagai wahana wisata seperti kolam renang, taman bermain, danau buatan serta berkeliling kompleks villa tematik dengan ciri khas negara-negara di dunia menjadikan liburan anda berkesan. Malah, salah satu taman yang sangat indah di dekat pintu masuk terdapat kolam dengan air mancur dan patung kuda, cukup ramai disinggahi dan sering dijadikan obyek foto oleh para pengunjung.

Jadi, kalau anda ke puncak bogor jangan lewatkan kota yang satu ini ya.

17. Tempat Wisata di puncak – Seruni Tematik Hotel

Sebenarnya Seruni Tematik Hotel merupakan lokasi penginapan, namun pihak manajemen menyulap kolam renang mereka menjadi sebuah pantai untuk bermain. Hal ini bertujuan untuk menarik para wisatawan agar menginap di hotel ini.

Pasir yang putih dan bersih membuat Hotel Tematik menjadi salah satu hotel favorit untuk anda menginap.

Konon, pasir putihnya memang didatangkan langsung pemilik hotel ini dari Bali dan mencoba membawa suasana pantai ke kawasan gunung di Puncak Bogor.

Siapa sangka ternyata Pantai di Bali ada di kawasan puncak Bogor.

18. Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol

Wahana wisata yang satu ini tidak boleh anda lewatkan. Selain anda bermain juga belajar mengenal berbagai flora dan fauna. Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol ini terletak di di

Babakan Kencana 35, Lido-Cigombong Bogor Jarak sekitar 31 km dari Bogor Tempat ini dikelola oleh Menteri Kehutanan. Fasilitas : Jungle Treaking, Water Fall Track Gazebo, Jembatan Gantung.

Hmm, rugi rasanya kalau ke puncak tidak mampir PPKAB ini, karena lokasinya sangat asri dan indah.

19. Tempat Wisata di puncak – Taman Rekreasi Lido

Tempat wisata di puncak yang satu ini menyediakan tempat bermain berupa danau kecil. Rugi rasanya kalau ke puncak tapi tidak mampir di Taman Rekreasi Lido.

Taman ini juga menyediakan perahu bebek untuk bermain. Adapun lokasi wahana ini yaitu di Desa Wates Jaya Kec. Cijeruk,Cigombong  Jarak sekitar 20 km dari Bogor. Tempat ini dikelola oleh PT. Lido Sarana Prima.

Fasilitas yang ada : Danau rekreasi, Musholla, Perahu bebek, Toilet, Panggung pertunjukan,, Restorant, Kolam Renang, Rakit Bambu, Area Bermain.

20 Wisata Agro Kapol Puncak Bogor

 

tempat wisata di puncak bogor

Wisata agro kapol di puncak merupakan salah satu destinasi agro wisata yang tidak boleh dilewatkan. Anda bisa menikmati segarnya buah strawberry disini.

Adapun lokasinya yakni di Desa Pasir Jaya Kec. Cijeruk, Cigombong Jarak sekitar 25 km dari Bogor. Tempat ini dikelola oleh PT. Kapol. Fasilitas yang ada : Kebun Sayuran, Kebun Strawberry.

Bagi anda yang ingin menikmati strawberry secara langsung bisa bisa langsung cobain di Wisata Agro Kapol Puncak Bogor tepatnya di Desa Pasir Jaya.

Bagaimana? Anda tertarik main-main sambil memetik strawberry disini?

21. Wisata Desa Kampung Bambu Puncak Bogor

tempat wisata di puncak bogor

Kampung bambu menyediakan areal bermain untuk anak dan keluarga. Kampung bambu menyediakan wahana bermain alam pedesaan, serta tempat penginapan yang mengesankan.

Adapun lokasi dari kampung bambu terletak di Kec Cijeruk, Cigomong Jarak sekitar 21 km dari Bogor. Fasilitas yang ada : Wisata Desa, Areal bermain, Villa.

Bagaimana? Anda tertarik untuk liburan ke Wisata Desa Kampung Bambu? Jika anda ke puncak bogor jangan lupa mampir ya, liburan anda pasti jadi lebih menyenangkan.

22. Warso farm puncak bogor

tempat wisata di puncak

Bagi anda yang ingin menikmatinya rasa durian yang maknyus, disinilah tempatnya.

Di warso farma anda bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada seperti Areal Parkir, Mushola, Taman Bermain Anak, Saung Istirahat, Bale Fahmi, Kebun durian,  Balai, bibit.

Adapun lokasi warso farm adalah di Desa Cipelang, Kec, Cijeruk Jarak sekitar 17 km dari Bogor. Tempat ini dikelola oleh H. Soewarso.

Jadi kalau ke puncak jangan lupa mampir di warso farm ya.

Tips Perjalanan ke Puncak Bogor

Berikut ini beberapa tips jika anda hendak berwisata ke puncak yang kami kutip dari ragamtempatwisata:

  1. Sebaiknya anda datang pagi hari. Pastikan melewati pintu keluar Jagorawi di Ciawi sebelum jam 9 pagi di saat akhir pekan atau liburan. Karena kawasan Puncak Bogor ini diberlakukan sistem lalu lintas buka tutup satu arah.
  2. Karena jalan menuju Puncak tidak terlalu lebar dan banyak sepeda motor bersliweran, sebaiknya hindari penggunaan mobil mewah. Selalu ada keluhan mobil wisatawan yang tergores akibat pengemudi motor yang nyelonong di tengah jalan. Begitu juga kadang ditemukan angkot yang berebut penumpang sehingga ugal-ugalan di jalan yang sempit ini.
  3. Sebaiknya anda pesan dahulu hotel yang akan digunakan tempat menginap. Memang, jumlah villa dan hotel di kawasan Puncak Bogor sangat banyak, tetapi hanya sedikit penginapan nyaman yang tersisa saat akhir pekan maupun hari libur. Kecuali jika kondisi “apa adanya” tidak menjadi masalah bagi anda dan keluarga.
  4. Saat ingin pulang, perhatikan jam kepulangan anda karena sistem lalu lintas buka tutup. Sebaiknya sebelum jam 8 pagi jika anda turun dari atas atau sekalian di sore atau malam hari.
  5. Karena tempat wisata di sini cukup banyak, sebaiknya persiapkan jadual waktu yang jelas. Agar seluruh obyek menarik yang kami sampaikan dapat dikunjungi semuanya, walaupun rasanya sulit jika dikunjungi semuanya dalam satu hari.

Bagaimana? Anda sudah tidak sabar ingin segera berlibur ke puncak? Itulah 22 Tempat Wisata di Puncak Bogor Jawa Barat yang kami rekomendasikan untuk anda kunjungi bersama orang-orang tercinta. Semoga anda bisa menikmati liburan anda dengan maksimal Bagikan juga artikel ini kepada yang lainnya agar yang lain juga tahu tempat wisata di puncak yang populer dan menarik untuk dikunjungi. Baca juga 31 Tempat Wisata di Sumatera Utara

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!