Daftar Tempat Wisata di Lamongan Jatim Terbaru

Tempat wisata di Lamongan – Jika mendengar kata “Lamongan”, apa yang timbul di benak Anda pertama kali? Pecel Lele, atau malah Soto? Ya, Lamongan memang sangat terkenal dengan dua olahan kuliner tersebut. Konon, karena lezatnya olahan kuliner Pecel Lele dan Soto khas Lamongan, hampir tidak ada wilayah di Indonesia yang tidak memiliki warung Pecel Lele dan Soto Lamongan.

Di balik olahan kulinernya yang luar biasa lezat, Lamongan ternyata juga memiliki potensi wisata yang sangat luar biasa lho! Kabupaten yang memiliki luas sekitar 1.782 km persegi ini memiliki banyak objek wisata menarik. Karena itu, tidak ada salahnya jika Anda menjadikan Lamongan sebagai destinasi tujuan wisata Anda saat liburan.

Sebelum kita kupas tuntas mengenai tempat wisata di Lamongan, ada baiknya kalau kita berkenalan terlebih dahulu dengan Kabupaten yang ada di Jawa Timur ini.

Secara geografis, Kabupaten Lamongan berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Gresik di timur, Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Jombang di selatan, serta Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Tuban di barat. Kabupaten ini sendiri memiliki 27 kecamatan. Dan pusat pemerintahannya ada di Kecamatan Lamongan.

Tempat Wisata di Lamongan yang Wajib Dikunjungi

Beberapa tempat wisata menarik yang bisa Anda kunjungi di Lamongan adalah sebagai berikut:

1. Desa Sendang Duwur

Alamat: Desa Sendang Duwur, Paciran, Kab. Lamongan

Desa Sendang Duwur via Detik

Desa Sendang Duwur via Detik

Desa Sendang Duwur merupakan desa tradisional yang masih lekat dengan budaya nenek moyang. Sampai saat ini mayoritas penduduk di Desa Sendang Duwur masih menjalankan budaya peninggalan nenek moyang mereka dahulu.Di waktu – waktu tertentu, masyarakat desa bahkanmasih mengadakan upacara sesembahan untuk menghormati arwah para leluhur.

Selain terkenal akan kearifan budaya yang dimilikinya, Desa Sendang Duwur juga sangat terkenal dengan hasil kerajinan tangan berbentuk batik tulis dan perhiasannya. Khusus untuk perhiasan, di desa ini Anda dapat membeli berbagai macam perhiasan dari bahan emas dan perak dengan harga yang relatif “lebih miring” dari harga pasaran.

Jika tertarik untuk berkunjung, Desa Sendang Duwur ada di daerah Paciran, Kab. Lamongan, Jawa Timur. Lokasi desa ini tepat berada di pinggiran Laut Jawa. Oleh karenanya, saat berada di desa ini Anda akan bisa menikmati pemandangan ke arah Laut Jawa secara langsung.

2. Waduk Gondang

Alamat: Desa Gondang Lor, Kecamatan Sugio, Lamongan

Waduk Gondang via @shahkemal

Waduk Gondang via @shahkemal

Tempat wisata di Lamongan yang selanjutnya adalah Waduk Gondang.

Waduk Gondang merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal di hari libur dan akhir pekan.

Selain berstatus sebagai tempat wisata, Wadung Gondang juga berfungsi sebagai waduk penampungan air yang digunakan untuk mengaliri ribuan hektar sawah di Lamongan.

Walaupun pengelolaan tempat wisata ini masih dijalankan secara tradisional, namun fasilitas dan wahana permainan yang tersedia di sini sudah tergolong cukup lengkap.

Untuk urusan fasilitas, dari mulai tepat duduk, tempat makan, sampai dengan tempat parkir, semuanya telah tersedia dengan baik.

Di lain sisi, untuk urusan wahana permainan, tempat wisata ini telah dilengkapi dengan wahana permainan sepeda air, area bermain anak – anak, lahan perkemahan, dan taman hewan mini.

Karena wahana permainan yang tersedia di waduk ini cukup banyak, jumlah aktivitas wisata yang bisa dilakukan wisatawan saat berkunjung ke waduk ini juga cukup banyak. Di sini, wisatawan dapat bersantai bersama keluarga, memancing, berkunjung ke taman hewan mini, dan berkemah di lahan perkemahan yang tersedia.

Jika mau, pengunjung juga bisa berkeliling area waduk dengan menggunakan perahu nelayan.

Lokasi Waduk Gondang ada di Daerah Gondang Lor Sugio. Walaupun telah dilengkapi dengan fasilitas dan wahana permainan yang cukup lengkap, tiket masuk menuju ke waduk ini benar – benar sangat murah, yaitu hanya Rp. 2.000 saja per orang.

3. Goa Maharani

Alamat: Jl. raya Paciran, Kab. Lamongan

Goa Maharani via Youtube

Goa Maharani via Youtube

Jika Kota Jogja terkenal dengan wisata Goa Pindul, Lamongan sangat terkenal dengan wisata Goa Maharani.

Goa ini merupakan goa wisata yang menawarkan daya tarik utama berupa panorama stalaktit dan stalakmit yang sangat luar biasa. Saat terpapar cahaya, area stalaktit dan stalakmit gua ini akan memancarkan sinar warna – warna yang mempesona.

Walaupun berbentuk goa, tempat wisata di Lamongan yang satu ini juga telah dilengkapi dengan kebun binatang mini lho! Jadi, saat berkunjung ke objek wisata ini, selain dapat menikmati keindahan stalaktit dan stalakmit yang ada di Goa, wisatawan juga dapat melihat berbagai macam spesies hewan yang ada di areal kebun binatangnya.

Untuk urusan fasilitas, Goa Maharani sudah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap. Areal bagian dalam goanya telah dilengkapi dengan anak tangga, sehingga aman dan nyaman untuk dikunjungi. Selain itu, fasilitas tambahan seperti toilet dan tempat parkir pun juga sudah tersedia dengan baik.

Bagaimana? Anda tertarik untuk berkunjung ke objek wisata ini? Jika ya, lokasinya ada di Jl. raya Paciran, Kab. Lamongan, Jawa Timur.

Di hari normal, objek wisata ini buka setiap hari dari mulai pukul 08.30 sampai dengan pukul 16.30. Untuk tiket masuknya, hari Senin sampai Kamis dipatoki sebesar Rp. 25.000 per orang, sedangkan di luar hari tersebut tiketnya akan dinaikkan menjadi Rp. 30.000 per orang.

4. Makam Sunan Drajat

Alamat: Daerah Drajat Paciran, Kab. Lamongan

Makam Sunan Drajat via zulviarumaida

Makam Sunan Drajat via zulviarumaida

Khusus untuk Anda yang beragama Islam (terutama yang berasal dari suku Jawa), Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Sunan Drajat. Ya, beliau adalah salah satu dari sembilan Sunan (Walisongo) yang berjasa menyebarkan ajaran agama Islam di Pulau Jawa, terutama di sekitar Kab. Lamongan.

Karena jasanya yang sangat banyak terhadap penyebaran Agama Islam di Lamongan, Sunan Drajat amat sangat dihormati oleh masyarakat sekitar. Hal ini terbukti dengan banyaknya warga yang berziarah ke makam Beliau.

Lokasi Makam Sunan Drajat ada di Daerah Drajat Paciran, Kab. Lamongan, Jawa Timur. Jika Anda berangkat dari pusat Kota Lamongan, Anda harus menempuh perjalanan selama 2 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Menurut penuturan pengelola tempat ini, situs Makam Sunan Drajat ini sudah pernah mengalami pemugaran, yaitu di kisaran Tahun 1992 sampai dengan Tahun 1994 yang lalu.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke situs makam ini, Anda dapat mengunjunginya dari mulai pukul 08.00 pagi sampai dengan pukul 18.00 sore tanpa perlu membayar biaya tiket masuk sama sekali.

5. Museum Sunan Drajat

Alamat: Daerah Drajat Paciran, Kab. Lamongan

Museum Sunan Drajat via @yunisiswandiati

Museum Sunan Drajat via @yunisiswandiati

Lokasi Museum Sunan Drajat ada di kawasan Situs Makam Sunan Drajat. Karena lokasinya berdekatan, wisatawan yang berkunjung ke Makam Sunan Drajat biasanya akan menyempatkan diri untuk turut singgah ke museum ini.

Menurut penuturan pengelola tempat ini, Museum Sunan Drajat sengaja didirikan untuk mengenang dan menghormati jasa – jasa Sunan Drajat.

Di museum ini, Anda dapat melihat berbagai macam benda peninggalan Sunan Drajat, seperti Buku, Gamelan, Bedug, Baju Besi, Lintar, dan berbagai macam benda bersejarah lainnya.

6. Pantai Kodok

Alamat: Jl. Raya Paciran, Lamongan

Pantai Tanjung Kodok

Pantai Tanjung Kodok

Lamongan merupakan Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Oleh karenanya, sangat tidak mengherankan jika Kabupaten ini sangat kaya akan objek wisata pantai.

Nah, salah satu objek wisata pantai di Lamongan yang cukup populer di kalangan wisatawan adalah Pantai Kodok.

Berbeda dengan kebanyakan destinasi wisata pantai lain yang kawasannya didominasi oleh area pasir putih yang halus, kawasan Pantai Kodok dipenuhi dengan tebing karang dan batu cadas.

Jika dilihat sekilas, bebatuan karang yang ada di pantai ini cenderung terlihat mirip dengan kodok. Itulah kenapa pantai ini dinamai sebagai pantai kodok.

Fasilitas wisata yang tersedia di pantai ini sudah tergolong cukup memadai. Dari mulai tempat parkir, tempat duduk dan tempat bersantai, sampai dengan tempat makan, semuanya telah tersedia di pantai yang berlokasi di Jl. Raya Paciran ini.

Secara keseluruhan, kondisi alam pantai ini masih tergolong cukup asri dan terjaga dengan baik. Air pantainya masih tergolong cukup jernih. Selain itu, arealnya juga sangat bersih, sehingga nyaman untuk dijadikan sebagai tempat bersantai.

Oh ia, karena lokasi pantai ini ada di pinggiran Pulau Jawa, setiap tahunnya pantai ini selalu menjadi langganan ahli rukyat untuk melihat hilal penentu waktu puasa dan hari raya.

Bagaimana? Tertarik untuk mengunjunginya?

7. Mazola (Maharani Zoo Lamongan)

Alamat: Jl. Raya Paciran, Paciran, Kabupaten Lamongan

Maharani Zoo Lamongan via Wisatajatim

Maharani Zoo Lamongan via Wisatajatim

Tempat wisata di Lamongan yang selanjutnya adalah Mazola. Mazola merupakan singkatan dari Maharani Zoo Lamongan, alias Kebun Binatang Maharani Lamongan. Objek wisata ini masih satu lokasi dengan objek wisata Goa Maharani yang telah kita bahas sebelumnya.

Mazola memiliki koleksi hewan yang cukup lengkap. Dari mulai unggas sampai dengan mamalia besar seperti gajah, semuanya telah tersedia di kebun binatang ini.

Tidak hanya itu, kebun binatang ini juga telah dilengkapi dengan beberapa galeri dan wahana permainan. Sebut saja, stone gallery dan gajah tunggang, dua wahana permainan ini sangat banyak diminati oleh para wisatawan yang berkunjung ke sini.

Untuk urusan fasilitas, kebun binatang Mazola sudah dilengkapi dengan fasilitas wisata yang sangat lengkap. Dari mulai tempat parkir, toilet, sampai dengan tempat makan, semuanya telah tersedia di sini.

Jam operasional Mazola dimulai pada pukul 08.30 dan berakhir pada pukul 16.30. Di hari kerja (Senin sampai Kamis), tiket masuknya dibanderol di angka Rp. 40.000, sedangkan di hari libur dan akhir penak (Jumat sampai Minggu), tiket masuknya dibanderol di angka Rp. 60.000 per orang.

8. Makam Dewi Sekardadu

Alamat: Gondang Lor, Kec. Paciran, Kab. Lamongan

Makam Dewi Sekardadu

Makam Dewi Sekardadu

Selain Situs Makan Sunan Drajat, masih ada satu lagi situs makam yang sangat cukup menarik untuk disambangi, yaitu Makam Dewi Sekardadu.

Dewi Sekardadu merupakan ibu dari Sunan Giri, yaitu salah satu dari sembilan sunan yang berperan dalam proses penyebaran agama Islam di Pulau Jawa. Beliau kabarnya juga merupakan salah satu orang yang berperan besar dalam terbentuknya Kota Lamongan.

Sama seperti Makam Sunan Drajat, Makam Dewi Sekardadu juga sering dikunjungi oleh wisatawan yang ingin melaksanakan ziarah.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi situs makam ini, lokasinya ada di Daerah Gondang Lor, Kec. Paciran, Kab. Lamongan, Jawa Timur.Lokasi ini hanya beberapa ratus meter dari lokasi Waduk Gondang yang telah kita bahas sebelumnya, sehingga Anda pasti tidak akan menemui kesulitan untuk menemukannya.

9. Masjid Sendang Duwur

Alamat: Desa Sendang Duwur, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan

Masjid Sendang Duwur via Youtube

Masjid Sendang Duwur via Youtube

Tempat wisata di Lamongan yang selanjutnya adalah Masjid Sendang Duwur.

Masjid Sendang Duwur merupakan salah satu bangunan masjid tertua yang ada di Lamongan. Masjid ini merupakan masjid peninggalan Sunan Sendang Duwur yang menjadi bukti perjuangan Beliau dalam menyebarkan ajaran Agama Islam di Daerah Tuban dan Lamongan.

Selain bergelar “masjid tertua di Lamongan”, Masjid Sendang Duwur juga terkenal akan cerita mitos yang dimilikinya. Menurut informasi yang beredar, bangunan masjid ini dulunya berlokasi di Mantingan. Karena suatu hal tertentu, masjid ini dipindahkan oleh Sunan Sendang Duwur ke Bukit Amitunon (lokasinya sekarang) seorang diri dalam waktu semalam.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke masjid ini, lokasinya ada di Desa Sendang Duwur (Desa wisata yang telah kita bahas sebelumnya). Oleh sebab itu, jika Anda berkunjung ke Desa Sendang Duwur, jangan lupa untuk singgah ke masjid ini.

10. Wisata Bahari Lamongan

Alamat: Jl. Paciran, Kab. Lamongan

Keceriaan di Objek Wisata Bahari Lamongan

Keceriaan di Objek Wisata Bahari Lamongan

Objek Wisata Bahari Lamongan terletak di Jl. Paciran, Kab. Lamongan, Jawa Timur. Objek wisata ini merupakan salah satu objek wisata paling ikonik di Kab. Lamongan dan Provinsi Jawa Timur.

Di sini, pengunjung dapat menikmati berbagai macam wahana permainan yang sangat menarik. Dari mulai wahana istana bawah laut, Texas City, sampai dengan Anjungan Walisongo, semuanya telah tersedia dan dapat dikunjungi di sini.

Tidak hanya itu, objek Wisata Bahari Lamongan juga memiliki pintu masuk yang sangat unik dan ikonik, yaitu berbentuk kepiting. Karena bentuk pintu masuknya yang sangat unik ini, banyak pengunjung objek wisata ini yang tertarik untuk berfoto di bagian depannya.

Di hari normal, Objek Wisata Bahari Lamongan beroperasi setiap hari dari mulai pukul 08.30 pagi sampai dengan pukul 16.30 pagi. Tiket masuk ke objek wisata ini dibedakan antara hari kerja dan hari libur. Di hari kerja (Senin sampai Kamis), tiket masuknya ditetapkan sebesar Rp. 49.000, sedangkan di akhir pekan (Jumat sampai Minggu) dan hari libur, tiket masuknya dinaikkan menjadi Rp. 100.000 per orang.

Simak selengkapnya: Wisata Bahari Lamongan, Wahana Bermain Seru Keluarga

11. Sukodadi Carnival

Alamat: Jl. Pantura No.38, Sukodadi, Lamongan

Sukodadi Carnival via Sukodadicarnaval

Sukodadi Carnival via Sukodadicarnaval

Tempat wisata di Lamongan yang berikutnya adalah Sukodadi Carnival.

Sukodadi Carnival merupakan objek wisata baru yang cukup populer di kalangan masyarakat Lamongan. Objek wisata ini menawarkan berbagai macam wahana permainan keluarga yang mengusung konsep campuran modern dan tradisional.

Tidak hanya menawarkan beranekaragam wahana permainan, pengelola objek wisata ini juga turut menawarkan pertunjukan sirkus dan budaya.

Walaupun masih tergolong baru, fasilitas wisata yang tersedia di objek wisata Sukodadi Carnival sudah tergolong cukup lengkap. Dari mulai toilet, tempat parkir, sampai dengan tempat makan, semuanya telah tersedia di tempat ini.

Jika Anda tertarik untuk menikmati sajian wisata yang ada di tempat ini, lokasinya ada di Jl. Pantura No. 38, Sukodadi, Lamongan. Objek wisata ini buka setiap hari dari mulai pukul 10.00 pagi sampai dengan pukul 22.00 malam.

Saat artikel ini ditulis, tiket masuknya masih digratiskan. Pengunjung baru diminta untuk membayar tiket masuk saat ingin menggunakan wahana permainan yang tersedia.

12. Pantai Kutang

Alamat: Dukuh Kentong, Desa Labuhan, Kec. Brondong, Brengkok, Lamongan

Pantai Kutang via @zakiyahmuhaimin

Pantai Kutang via @zakiyahmuhaimin

Nama objek wisata yang satu ini memang agak “nyeleneh”. Walaupun begitu, pantai ini memiliki panorama alam yang cukup memukau, yaitu berupa perpaduan pantai pasir putih dan hutan mangrove yang luas.

Secara keseluruhan, aktivitas wisata yang dapat dilakukan di pantai ini tergolong sangat banyak. Dari mulai bermain pasir, bermain air, memancing, sampai dengan bermain ayunan di akar pohon mangrove, semuanya bisa dilakukan di sini.

Karena masih baru, fasilitas wisata yang tersedia di pantai ini masih tergolong belum lengkap. Kabar baiknya, untuk masuk ke objek wisata yang berlokasi di Dukuh Kentong, Desa Labuhan, Kec. Brondong, Brengkok, Lamongan ini, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam – dalam. Pasalnya, biaya tiket masuknya benar – benar sangat murah, yaitu hanya Rp. 2000 saja.

13. Bendungan Babat

Alamat: Kendal, Sekaran, Lamongan

Bendungan Babat via Panoramio

Bendungan Babat via Panoramio

Tempat wisata di Lamongan yang satu ini berlokasi di daerah Kendal, Sekaran, Lamongan. Tempat ini sejatinya adalah bendungan raksasa yang difungsikan untuk mengendalikan arus Sungai Bengawan Solo.

Bendungan ini juga berguna sebagai pemasok air untuk areal persawahan yang ada di daerah Rawa Jabung dan Sudetan Bengawan.

Karena ukurannya yang sangat besar, bendungan ini sering dikunjungi oleh wisatawan lokal untuk sekedar bersantai dan melepas penat di pagi dan sore hari.

Beberapa pengunjung yang datang ke bendungan ini terkadang juga turut membawa pancing untuk menangkap ikan di aliran Sungai Bengawan Solo.

Jika Anda tertarik untuk singgah ke Bendungan Babat, waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah di pagi dan sore hari, yaitu sebelum matahari terik dan setelah matahari mulai redup.

Karena tempat ini adalah tempat umum, untuk masuk ke tempat ini, Anda tidak perlu membayar biaya tiket masuk sama sekali.

14. Monumen Van Der Wijck Lamongan

Alamat: Jl. Tuban – Gresik, Sedayulawas, Brondong, Lamongan

Monumen Van Der Wijck Lamongan via @anunk.januri

Monumen Van Der Wijck Lamongan via @anunk.januri

Pernah menonton film “Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck”? Nah, monumen ini merupakan monumen yang didirikan untuk memperingati tenggelamnya kapal tersebut.

Untuk Anda yang belum tahu, Kapal Van Der Wijck merupakan kapal uap milik KPM yang tenggelam di perairan Jawa.Karena tragisnya kejadian tersebut, KPM yang merupakan cikal bakal Pelayaran Nasional Indonesia akhirnya mendirikan Monumen Van Der Wijck di Lamongan.

Jika dihitung, saat ini Monumen Van Der Wijck telah berusia lebih dari 70 tahun.

Nah, jika Anda ingin mengunjungi monumen ini untuk sekedar berfoto, lokasinya ada di Jl. Tuban – Gresik, Sedayulawas, Brondong, Lamongan, Jawa Timur.

15. Pantai Brondong

Alamat: Desa Brondong, Kab. Lamongan

Pantai Brondong via dnusantara

Pantai Brondong via dnusantara

Nama objek wisata pantai di Lamongan memang aneh – aneh. Jika sebelumnya ada Pantai Kodok dan Pantai Kutang, saat ini ada lagi Pantai Brondong (yang identik dengan anak muda tampan simpanan tante – tante).

Bila dibandingkan dengan dua pantai yang sebelumnya, Pantai Brondong tergolong jauh lebih ramah wisatawan.Pasalnya garis pantai ini tergolong cukup lebar, ombaknya tenang, dan tempat berteduhnya pun juga sangat banyak.

Tidak hanya itu, kondisi lingkungan di sekitar pantai ini juga masih terjaga dengan baik.

Jika Anda tertarik untuk singgah ke pantai ini, lokasinya ada di Desa Brondong, Kab. Lamongan, Jawa Timur.

16. Gunung Pegat

Alamat: Desa Kembang, Kec. Babat, Kab. Lamongan

Gunung Pegat via @dimasf

Gunung Pegat via @dimasf

Tempat wisata di Lamongan yang selanjutnya adalah Gunung Pegat.

Walaupun menyandang gelar “Gunung”, Gunung Pegat sejatinya hanya lah perbukitan kapur yang memanjang dan dipisahkan oleh jalan lintas Lamongan Jombang.

Gunung ini memiliki panorama yang cukup menarik. Karena panorama yang dimilikinya tersebut, banyak wisatawan yang menyempatkan diri untuk singgah ke lokasi bukit ini hanya sekedar untuk mengambil foto.

Selain menawarkan pemandangan yang mempesona, Gunung Pegat juga sarat akan kisah mitos yang terkait dengan percintaan. Kabarnya, sepasang kekasih yang melewati gunung ini hubungannya kemungkinan besar tidak akan bisa berjalan lancar.

Nah, bagaimana? Tertarik untuk mengunjunginya? Jika ya, lokasi gunung ini ada di Desa Kembang, Kec. Babat, Kab. Lamongan, Jawa Timur. Karena bukit ini merupakan tempat terbuka, untuk mengunjunginya, wisatawan tidak perlu membayar biaya tiket masuk sama sekali.

17. Pemandaian Air Panas Sendang Brumbun

Alamat: Kranji, Paciran, Kab. Lamongan

Pemandaian Air Panas Sendang Brumbun via trinitar

Pemandaian Air Panas Sendang Brumbun via trinitar

Khusus untuk Anda yang ingin bersantai sekaligus melepas penat di akhir pekan bersama keluarga, saat berada di Lamongan, jangan lupa untuk singgah di objek wisata yang satu ini.

Objek Wisata Sendang Brumbun merupakan objek wisata pemandian air panas alami. Di kalangan masyarakat sekitar, objek wisata ini juga dikenal dengan nama Kolam Pemandian Air Panas Brumbun.

Menurut legenda yang beredar, air panas yang mengalir di kolam ini berasal dari tongkat Sunan Drajat di ditancapkan ke tanah kapur di sekitar Daerah Sendang. Kabarnya, selain dapat menghilangkan pegal – pegal, air panas yang ada di tempat ini juga dapat membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Walaupun sudah ada sejak zaman Sunan Drajat, Sendang Brumbun masih ada sampai saat ini. Bahkan, menurut informasi yang beredar aliran air di pemandian ini sama sekali tidak pernah sat / kering walaupun sedang musim kemarau.

Jika Anda tertarik untuk menyambangi objek wisata ini, lokasinya ada di Daerah Kranji, Paciran, Kab. Lamongan. Biaya tiket masuk ke objek wisata ini tergolong sangat murah, yaitu hanya Rp. 5.000 per orang.

18. Alun – Alun Kota Lamongan

Alamat: Jl. Lamongrejo, Tumenggungan, Lamongan

Alun – Alun Kota Lamongan via @transkusphoto

Alun – Alun Kota Lamongan via @transkusphoto

Tempat wisata di Lamongan yang selanjutnya adalah Alun – Alun Kota Lamongan.

Banyak yang bilang, jalan – jalan ke Lamongan masih belum dianggap sah jika belum singgah ke tempat ini. Ya, sangking ikoniknya tempat ini, banyak orang yang mengatakan hal tersebut.

Untuk memberikan pelayanan yang maksimal pada masyarakat Lamongan, Pemerintah Lamongan telah melengkapi area alun – alun ini dengan berbagai macam fasilitas umum. Dari mulai tempat bermain anak, tempat duduk, ayunan, sampai dengan smoking area, semuanya telah tersedia di tempat ini.

Tidak hanya itu, di waktu – waktu tertentu, pemerintah biasanya juga turut mengadakan pertunjukan musik yang dapat dihadiri secara cuma – cuma. Sangat menarik bukan?

Nah, jika Anda tertarik untuk mengunjunginya, lokasi Alun – Alun Kota Lamongan ada di Jl. Lamongrejo, Tumenggungan, Lamongan, Jawa Timur. Karena alun – alun ini adalah milik pemerintah, untuk masuk, pengunjung tidak perlu membayar biaya tiket masuk sama sekali.

19. Wisata Edukasi Gondang Outbound (WEGO) Lamongan

Alamat: Juwet, Deketagung, Sugio, Lamongan

Wisata Edukasi Gondang Outbond (WEGO) Lamongan via Waisatadaily

Wisata Edukasi Gondang Outbound (WEGO) Lamongan via Waisatadaily

Wisata Edukasi Gondang Outbond pada dasarnya merupakan objek wisata baru. Walaupun begitu, objek wisata yang diresmikan akhir Tahun 2016 ini telah berhasil menarik minat wisatawan, baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar Kota Lamongan.

Salah satu bagian paling menarik dari objek wisata ini adalah badan pesawat WEGO AIR. Badan pesawat yang telah dilucuti ini selalu berhasil menarik minat wisatawan, terutama dari kalangan anak – anak.

Selain badan pesawat tersebut, pengelola objek wisata ini juga turut menawarkan berbagai macam wahana permainan outbond yang sangat menarik.

Dengan konsep liburan edukatif yang ditawarkannya, objek Wisata Edukasi Gondang Outbond ini benar – benar sangat pas untuk dikunjungi bersama dengan keluarga dan anak – anak.

Bila Anda tertarik untuk berkunjung ke objek Wisata Edukasi Gondang Outbond, lokasinya ada di Daerah Juwet, Deketagung, Sugio, Lamongan. Objek wisata ini dibuka untuk umum setiap hari dari mulai pukul 07.00 pagi sampai dengan pukul 17.00 sore dengan tiket masuk yang sangat terjangkau, yaitu hanya Rp. 10.000 saja.

20. Gunung Mas Tugu Mantup

Alamat: Jl. Raya Mantup, Tugu, Lamongan

Gunung Mas Tugu Mantup via Lamonganoke

Gunung Mas Tugu Mantup via Lamonganoke

Tempat wisata di Lamongan yang selanjutnya adalah Gunung Mas Tugu Mantup. Gunung Mas Tugu Mantup merupakan objek wisata baru yang sedang hits di kalangan anak muda Lamongan.

Objek wisata ini menawarkan daya tarik utama berupa Kampung Koboi yang sangat instagramable. Untuk menarik minat wisatawan, tim pengelola juga turut melengkapi objek wisata ini dengan beberapa fasilitas, seperti salah satunya adalah kolam ikan.

Objek Wisata Gunung Mas Tugu Mantup berlokasi di Jl. Raya Mantup, Tugu, Lamongan. Objek wisata ini beroperasi setiap hari dari mulai Pukul 07.00 pagi sampai dengan pukul 17.00 sore.

21. Gunung Ratu, Tempat Gajah Mada Dilahirkan!

Alamat: Desa Cancing, Kecamatan Ngimbang, Lamongan

Gunung Ratu via @dinda_honey

Gunung Ratu via @dinda_honey

Tempat wisata di Lamongan yang bisa anda kunjungi berikutnya adalah gunung Ratu. Gunung Ratu ini memiliki kisah panjang yang masih diceritakan dari mulut ke mulut hingga kini oleh masyarakat.

Gununug ini dipercaya sebagai tempat lahirnya Gajah Mada dan lokasi pengasingan Dewi Andong Sari, yakni ibundanya.

Namanya juga gunung kita tentu perlu mendaki untuk bisa sampai ke puncaknya. Maka dari itu, kamu mesti menyiapkan kondisi tubuh yang fit agar bisa menapaki anak tangga yang cukup panjang dan terjal.

Lokasi gunung Ratu ini ada di Desa Cancing, Kecamatan Ngimbang, Lamongan. Tepatnya sekitar 3 kilometer ke arah timur dari Kantor Koramil Kecamatan Ngimbang.

22. Wisata Pohon Trinil

Alamat: Dusun Wide, Desa Sendangharjo, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan

Wisata Pohon Trinil via @demes_nur

Wisata Pohon Trinil via @demes_nur

Pohon Trinil juga bisa anda jadikan tempat wisata di Lamongan selanjutnya. Kenapa? Karena pohon ini terbilang unik. Sangat instagrammable lho. Jadi sayang kalau kita lewatkan sebagai tempat swa foto akun IG kamu.

Pohon ini sendiri ditemukan oleh warga pada Juli 2017 lalu secara tidak sengaja. Akar pohon trinil ini dimanfaatkan sebagai tali ikat untuk hewan ternak, namun tak pernah ada pohon dengan ukuran sebesar ini.

Namun karena iseng, pohon ini dijadikan latar untuk berfoto, kemudian malah jadi viral di media sosial, dan kini banyak wisatawan penasaran juga ingin berfoto di pohon yang unik ini.

Dan kini, pohon yang berada di wilayah Perhutani Lembor seluas 6,3 hektare ini dijadikan objek wisata. Lokasi pohon ini ada di Dusun Wide, Desa Sendangharjo, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan. Operasionalnya dilakukan secara swadaya oleh penduduk dan Karang Taruna Dusun Wide, bekerja sama dengan Perhutani.

23. Tlogo Sadang Lamongan

Alamat: Desa Bluri, Kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamongan

Tlogo Sadang Lamongan

Tlogo Sadang Lamongan

Tempat wisata di Lamongan selanjutnya adalah Tlogo sadang. Tologo Sadang ini menawarkan panoraman alam yang indah dibalut dengan tebing bekas galian batu kapur, menambah keindahan tempat ini.

Tempat ini menjadi salah satu spot foto terbaik di Lamongan yang tidak boleh anda lewatkan. Anda bisa menjadi tebing bekas galian sebagai background, karena komposisi batuan ini juga sangat bagus jika digunakan sebagai objek foto.

24. Plengsengan Pantai Penanjan

Alamat: Kec. Paciran, Lamongan

Plengsengan Pantai Penanjan

Plengsengan Pantai Penanjan

Tempat wisata di Lamongan berikutnya adalah plengsengan pantai penanjan yang mungkin masih belum terlalu dikenal oleh masyarakat umum.

Tapi kalau masyarakat pesisir Lamongan tentu sudah tidak asing lagi, karena berada dibibir pantai desa penanjan. Pantai ini menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati matahari terbenam.

Anda akan disuguhkan pemandangan cantik berupa langit yang berwarna jingga, ditambah bias cahaya matahari mengenai permukaan air laut, membuat pemandangan pantai penanjan kec. Paciran akan semakin nikmat, dan sayang apabila dilewatkan.

Artikel terkait: Tempat Wisata di Bojonegoro Jawa Timur

25. Pantai Klayar Lamongan

Alamat: Desa Klayarmas, Paciran, Lamongan

Pantai Klayar Lamongan via Youtube

Pantai Klayar Lamongan via Youtube

Siapa bilang pantai Klayar cuma ada di Pacitan saja, ternyata Kabupaten Lamongan juga punya pantai Klayar lho. Pantai Klayar ini terlekta di Desa Klayarmas, Paciran, Lamongan.

Memang pantai ini memiliki nama yang sama dengan yang ada di Pacitan sana, tapi sayang sampai tulisan ini dimuat, pantai ini belum dikelola dengan baik.

Pantai yang berpasir kecoklatan ini memiliki bunga-bunga berwarna-warni di pinggirnya yang akan membuat pantai ini begitu romantis untuk kamu kunjungi bersama si doi.

26. Museum Seni Islam Indonesia

Alamat: Jl. Raya Paciran, Paciran, Kabupaten Lamongan

Museum Seni Islam Indonesia

Museum Seni Islam Indonesia

Bung Karno dulu pernah bilang: JAS MERAH!

Maka kita sebagai penerusnya jangan pernah melupakan sejarah. Nah, buat anda yang ingin mengetahui sedikit mengenai sejarah perkembangan Islam, silahkan mampir ke museum seni Islam Indonesia yang memiliki banyak peninggalan seni Islam dari berbagai negara di dunia.

Museum disini memiliki 200 koleksi yang dikelompokkan kedalam 7 galeri utama yaitu Galeri Ottoman Turki, Mughal India, China, Samudra Pasai, Aceh, Mataram Islam dan juga Walisongo.
Museum Seni Islam Indonesia ini juga memiliki zona Diorama yang di dalamnya banyak tersedia tempat-tempat untuk Anda berfoto.

27. Pantai Kemantren Lamongan

Alamat: Desa Kemantren, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan

Pantai Kemantren Lamongan via Munasya

Pantai Kemantren Lamongan via Munasya

Tempat wisata di Lamongan berikutnya adalah pantai kemantren yang terdapat di Kecamatan Paciran. Pantai ini memiliki saung-saung bambu yang berderet di bibir pantai. Selain itu ada gubuk-gubuk apung beratap jerami yang dihubungkan dengan jembatan bambu dari bibir pantai hingga ke area laut dangkal.

Sangat asyik sekali untuk dijadikan tempat rekreasi bersama keluarga atau orang tercinta. Apalagi pantai ini memiliki ombak yang relatif tidak terlalu besar, ditambah lagi hembusan angin sepoi-sepoi dari arah laut. Saat air laut sedang surut, wisatawan bisa menyaksikan karang-karang yang ada di tepi laut.

Wisatawan yang datang kesini tidak dikenakan biaya masuk, hanya untuk membayar tiket parkir saja yaitu Rp 3000 untuk motor dan Rp 5000 untuk mobil.

Fasilitas di pantai ini juga terbilang lengkap, ada area parkir yang luas, terdapat pula warung-warung makanan, oleh-oleh khas berjajar sepanjang jalan masuk wisata terdapat juga MCK, hingga Masjid sudah ada.

Tempat Wisata Kuliner di Lamongan

Seperti yang sudah kami singgung diawal, Lamongan sangat terkenal dengan kulinernya yang sudah tersebar ke seluruh pelosok Indonesia. Berikut ini beberapa kuliner Lamongan yang wajib anda cobain:

28. Soto Lamongan

Soto Lamongan via Citarasaidnonesia

Soto Lamongan via Citarasaidnonesia

Kuliner Lamongan yang pertama tentu saja soto Lamongan yang sangat melengenda itu. Siapa yang tidak tergoda dengan kenikmatan soto Lamongan ini. Soto Lamongan terkenanl dengan kuah yang cenderung kental dengan cita rasa yang khas.

Dalam satu porsi Soto Lamongan berisikan bihun, kol, potongan ayam, dan bumbu koya yang membuat kuliner ini semakin lezat. Soto Lamongan paling nikmat disantap selagi hangat ditemani dengan nasi putih.

Anda bisa dengan mudah menemukan penjual Soto Lamongan saat berlibur kesini. Jadi jangan sampai anda lewatkan ya, Soto Lamongan langsung dari asalnya.

29. Nasi Boranan

Nasi Boranan via Kesiniaja

Nasi Boranan via Kesiniaja

Selain Soto Lamongan, kuliner khas Lamongan yang tidak boleh anda lewatkan selanjutnya adalah nasi Boranan yang berjejer rapi di sepanjang trotoar Jalan Panglima Sudirman, Lamongan.

Kuliner yang satu ini dinamai nasi boranann karena penjual yang mayoritasnya ibu – ibu menggunakan boran yaitu sejenis wadah yang terbuat dari anyaman bambu.

Adapun isian dari Nasi Boranan ini yaitu nasi hangat yang dicampur dengan urap, kuah kare kental, Gimbal Lentho dan rempeyek. Penyajiannya bukan di atas piring melainkan di pincuk. Untuk tambahan, ada berbagai macam lauk pauk yang bisa dipilih mulai dari perkedel, sate puyuh, sate usus, dadar, ayam goreng, bandeng hingga yang paling khas, ikan Sili.

30. Bandeng Colo

Bandeng Colo via Kmstour

Bandeng Colo via Kmstour

Bandeng Colo juga menjadi kuliner Lamongan yang wajib anda cobain. Bandeng colo ini terkenal memiliki rasa yang nano nano.

Menu kuliner ini di sajikan dengan bumbu sambal yang pedas yang bercampur dengan masamnya jeruk nipis sehingga rasanya unik. Di lamongan hanya 1 tempat saja yang menjual kuliner bandeng colo ini, yaitu berada di Jalan Sunan Giri Kota Lamongan.

31. Wingko Babat

Wingko Babat Lamongan via Oleh2kotalamongan

Wingko Babat Lamongan via Oleh2kotalamongan

Nah, kalau anda ingin membawa pulang jajanan khas Lamongan, anda bisa membawa Wingko Babat sebagai buah tangan untuk tetangga atau sanak famili.

Wingko sendiri adalah camilan atau kue yang terbuat dari  ketan dan kelapa dengan rasa manis. Bentuknya bulat dan  berwarna cokelat.

Terdapat 3 jenis wingko yang bisa dicoba, wingko kelapa, wingko rasa nangka dan wingko cokelat namun wingko kelapa yang menjadi favoritnya.

Jajanan ini berasal dari Kecamatan Babat Lamongan, anda bisa menemukan dengan mudah panganan ini di sepanjang jalan Babat Lamongan.

Ketika anda membawa wingko ini sebagai oleh-oleh, anda tidak perlu cemas akan rusak, karena jajanan yang satu ini bisa bertahan hingga 4 hati lo, hati? Hari maksudnya 😀

32. Es Dawet Siwalan

Es Dawet Siwalan via Kmstour

Es Dawet Siwalan via Kmstour

Rekomendasi kuliner khas Lamongan yang terkahir yang kami rekomendasikan adalah es dawet Siwalan. Kalau es dawet saja kita bisa menemukannya dengan mudah diberbagai dearah di Indonesia, tapi kalau anda ke Lamongan, jangan lupa mampir di pesisir Paciran, ada juga es dawet yang cukup terkenal.

Namun bukan es dawet hijau, melainkan es dawet siwalan yang berwarna kuning kecoklatan. Warna tersebut dihasilkan dari buah pohon siwalan yang digunakan sebagai bahan pembuatan dawet.

*****

Demikianlah ulasan mengenai tempat wisata di Lamongan yang bisa kami rekomendasikan untuk anda. Semoga bermanfaat dan bisa membantu anda yang sedang ingin mengeksplore Lamongan lebih dalam lagi.

Oh ya, kalau anda masih memiliki rekomendasi tempat wisata di Lamongan yang belum kami riview silahkan sampaikan melalui form komentar ya.

Jangan lewatkan juga: Objek Wisata Alam Goa Gong di Pacitan Jawa Timur

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!