21 Tempat Wisata Dieng Paling Populer dan Favorit Wisatawan

Tempat Wisata Dieng – Siapa yang tidak kenal dengan keindahan dataran tinggi Dieng. Dieng memiliki alam yang sangat mempesona. Jika kita ingin melihat keindahan dunia atas awan di dienglah salah satu tempat terbaik. Kita bisa melihat bagaimana indahnya ciptaan tuhan dari atas awan. Kita bisa melihat betapa indahnya saat matahari terbit. Keindahan dunia atas awan di dataran tinggi Dieng tidak bisa digambarkan dengan kata-kata.

Selain itu, terdapat banyak telaga di dieng yang memiliki keindahan yang tiada tara. Kali ini Tempatwisataseru.com akan mengajak anda berkeliling ke tempat wisata Dieng yang wajib dikunjungi jika anda berniat atau sedang dalam berwisata di Dieng.  Di Dieng juga terdapat komplek candi yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi,

Sebelum kita jalan-jalan ke tempat wisata Dieng ada baiknya kalau sedikit kenalan terlebih dahulu dengan Dataran Tinggi Dieng atau Dieng plateau. Kawasan ini masuk dalam dua kabupaten yaitu Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara, Jawa Tengah. Dieng merupakan kawasan vulkanik aktif dan dapat dikatakan sebagai gunung api raksasa yang memiliki beberapa puncak dan kepunden kawah. Hal ini menyebabkan di kawasan Dieng plateau terdapat berbagai macam fenomena alam vulkanis yang sangat menarik untuk dikunjungi.

21 Tempat Wisata Dieng yang Wajib Dikunjungi

Berikut ini adalah 21 Tempat wisata Dieng yang wajib dikunjungi, sebenarnya masih ada yang lainnya ya. Nah, jika anda punya cerita sendiri di Dieng, ada baiknya kalau anda bagikan kepada kami, sehingga bisa dijadikan sebagai panduan wisata Deing untuk yang lainnya. Berikut ini peta tempat wisata Dieng secara umum:

1. Obyek Wisata Alam Bukit Sikunir Dieng

Nah ini dia yang saya maksud di awal tadi, tempat paling eksotis untuk menikmati keindahan dunia atas awan. Anda bisa menikmati keindahan matahari terbit dari sini. Tempat ini juga jarang sepi, selalu ramai oleh pengunjung baik dari Jawa Tengah juga dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan dari berbagai negara.

Perlu kita ketahui, untuk waktu terbaik menikmati sunrise adalah sekitar pada Bulan Juli-agustus dimana pada bulan itu merupakan musim kemarau sehingga langit akan tampak bersih dan tidak ada hujan. Namun karena pemandangan yang dinikmati adalah matahari terbit atau sunrise, anda harus datang ke spot pengamatan Bukit Sikunir Dieng ini pada waktu fajar atau pagi buta.

Biasanya para wisatawan akan menginap di penginapan, homestay atau hotel yang banyak terdapat di seputaran Kawasan Dieng plateau.

Jangan lewatkan: 29 Tempat Wisata di Blitar Jawa Timur yang Menarik Dikunjungi

2. Tempat Wisata Telaga Pengilon Dieng

Salah satu tempat wisata favorit dieng yang tidak boleh dilewatkan adalah Telaga Pengilon. Telaga ini letaknya bersebelahan dengan telaga Warna. Uniknya meskipun terletak berdekatan, Telaga Pangilon ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan Telaga Warna.

Telaga Pengilon memiliki warna air yang jernih dan tidak memiliki warna seperti pada Telaga Warna. Bagi penggemar fotografi pasti akan senang dengan pemandangan di sekitar Telaga Warna dan Telaga Pengilon ini, dimana terdapat telaga yang dikelilingi perbukitan yang asri dan hijau.

3. Objek Wisata Telaga Merdada Dieng

Obyek wisata di Dieng yang selanjutnya adalah Telaga Merdala, telaga ini merupakan telaga yang terluas di Dieng. Telaga Merdada terdapat di Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Destinasi wisata di Dieng berupa Telaga ini jika dilihat dari bentuknya menyerupai kaldera bekas letusan Gunung Berapi, yang kemudian tergenang dengan air. Kontur ini akan terlihat jelas apabila dilihat dari ketinggian.

4. Obyek Wisata Pendakian Gunung Prau Dieng

Anda suka hiking? Nah, di Dieng ada banyak pilihannya. Bagi anda yang hobi mendaki gunung, Pendakian Gunung Prau ini merupakan sebuah wisata yang dikhususkan bagi anda yang hobi mendaki gunung atau pecinta alam. Sama seperti pendakian lainnya untuk mendaki Gunung prau diperlukan persiapan yang lebih matang terutama kesiapan fisik dari pendaki itu sendiri.

Obyek Wisata Pendakian Gunung Prau Dieng

Obyek Wisata Pendakian Gunung Prau Dieng

Pendakian Gunung Prau memang tidak sepopuler pendakian gunung di sekitarnya seperti Sindoro, SUmbing, Merapi dll, namun Gunung Prau ini memiliki keistimewaan tersendiri dan memiliki pemandangan yang tak kalah indah. Jalaur pendakian dapat ditempuh dari Kendal ataupun dari Kawasan Dieng.

Ketinggian puncak Gunung Prau adalah 2.565 mdpl, lumayan pendek dibanding dengan gunung lainnya. Salah satu spot di jalur pendakian Gunung Prau yang terkenal adalah bukit teletubbies, dimana di bukit ini terdapat hamparan padang rumput yang hijau menyerupai setting serial anak anak teletubbies di televisi.

5. Obyek Wisata Candi Arjuna Dieng

Ini dia salah satu candi yang ada di Dieng, disini tidak hanya candi arjuna saja, ada juga Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra, sehingga kompleks ini dikenal dengan kompleks percandian Arjuna. Berdasarkan prasasti yang dulu pernah ditemukan di kompleks Candi arjuna ini, Kemungkinan Candi arjuna dibangun pada awal abad IX M.

Obyek Wisata Candi Arjuna Dieng

Obyek Wisata Candi Arjuna Dieng

6. Liburan ke Dieng Plateau Theater

Belum lengkap rasanya kalau ke Dieng tidak mampir di Dieng Plateau Theater. Dengan konsep seperti bioskop yang menayangkan film dokumenter seputar Dieng.  Dieng Plateau Theater memiliki kapasitas 60 tempat duduk. Film dokumenter yang ditayangkan adalah berjudul Bumi Kahyangan dieng Plateau dengan durasi 20 menit. Bagaimana, tertarik. Memang tak lengkap rasanya apabila berkunjung ke Wisata Dieng namun tidak mengunjungi Dieng Plateau Theater.

Liburan ke Dieng Plateau Theater

Liburan ke Dieng Plateau Theater

7. Tempat Wisata Gardu pandang Tieng

Salah satu spot untuk menikmati keindahan alam Dieng adalah Gardu pandang Tieng. Pemandangan dari spot ini sangat menarik terutama pada saat pagi hari yaitu pada waktu matahari terbit/sunrise. Gardu Pandang di Dieng ini memiliki ketinggian sekitar 1700 dpl. Dari tempat ini anda dapat melihat pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Kembang, serta hamparan lahan pertanian milik masyarakat yang terlihat subur.

Tempat Wisata Gardu pandang Tieng

Tempat Wisata Gardu pandang Tieng

8. Tempat Wisata Alam Batu Ratapan Angin di Dieng

Satu lagi tempat wisata populer di Dieng yang tidak boleh dilewatkan, Batu Ratapan Angin. Tempat ini adalah sebuah tebing di ketinggian yang terletak berdekatan dengan Telaga Warna kawasan Dieng Plateau. Tempat ini menjadi salah satu favorite pengunjung wisata Dieng karena dari tempat ini anda dapat melihat Telaga warna dan Telaga Pengilon dari ketinggian.

Tempat Wisata Alam Batu Ratapan Angin di Dieng

Tempat Wisata Alam Batu Ratapan Angin di Dieng

Bisa terbayang kan melihat dua buah telaga dari ketinggian, pasti bagus sekali keindahan alam disini. Namun karena letaknya agak tinggi, butuh tenaga ekstra untuk mencapai tempat ini. Namun setelah sampai di atas, akan terbayar dengan keindahan yang tersaji di Batu Ratapan angin ini. Batu Ratapan angin ini juga sering disebut dengan Batu Pandang Dieng.

9. Objek Wisata Sumur Jalatunda di Dieng

Satu lagi obyek wisata Dieng yang menarik dikunjungi, Sumur Jalatunda. Sumur ini mterbentuk akibat adanya fenomena geologi. Sumur ini memiliki diameter 90 meter. Sumur Jalatunda terbentuk dari letusan gunung berapi jutaan tahun yang lalu. Bekas letusan ini kemudian membentuk lubang kawah seperti sumur.

Objek Wisata Sumur Jalatunda di Dieng

Objek Wisata Sumur Jalatunda di Dieng

Lambat laun lubang ini terisi dengan air sampai saat ini. Sumur ini memang masih jarang dikunjungi oleh para wisatawan karena lokasi dari Sumur Jalatunda sendiri agak tersembunyi. Untuk mendatangi Sumur Jalatunda pengunjung harus mendaki anak tangga sejumlah 257 buah terlebih dahulu.

10. Obyek Wisata Kawah Sikidang di Dieng

Kawah sikidang menjadi salah satu tempat wisata favorit di Dieng. Luas kawah ini sekitar 200 m2 serta terdapat pada tanah yang datar sehingga pengunjung dapat dengan jelas melihat gumpalan-gumpalan asap yang keluar dari kawah ini.

Obyek Wisata Kawah Sikidang di Dieng

Obyek Wisata Kawah Sikidang di Dieng

Namun hati-hati ya, karena sama seperti kawah pada umumnya, di Kawah Sikidang ini juga mengandung kadar belerang yang tinggi, sehingga untuk menjaga keamanan pengunjung pengelola sudah membangun pagar pembatas di sekitar lokasi kawah, meskipun hanya menggunakan kayu.

11. Tempat Wisata Alam Telaga Warna di Dieng

Ini dia tempat wisata yang paling terkenal di Dieng yang tidak boleh dilewatkan. Telaga Warna di Dieng plateau ini terletak pada ketinggian 2000 mdpl, dimana pemandangan di tempat ini sangat indah. Telaga Warna Dieng memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan telaga atau waduk lainnya di Indonesia.

Tempat Wisata Alam Telaga Warna di Dieng

Tempat Wisata Alam Telaga Warna di Dieng

Keunikan telaga Warna Dieng ini adalah terletak pada warna air yang sering berubah ubah, kadang berwarna merah, hijau, biru, putih, dan lembayung. Fenomena alam yang unik di Telaga Warna Dieng ini karena di telaga ini mengandung sulfur yang cukup tinggi. Sulfur ini apabila terkena cahaya matahari maka akan menimbulkan warna yang lain.

Kunjungi juga: 15 Tempat Wisata di Sentul Paling Populer dan Terkenal

12. Tempat Wisata Telaga Cebong di Dieng

Telaga cebong terletak  di Desa Sembungan, yang merupakan desa tertinggi di jawa Tengah. Jadi biasanya para wisatawan setelah menikmati sunrise di puncak Sikunir, pulangnya mampir ke Telaga Cebong ini, karena letaknya tidak jauh dari Sikunir.

Tempat Wisata Telaga Cebong di Dieng

Tempat Wisata Telaga Cebong di Dieng

Disini anda dapat menikmati keindahan alam berupa telaga alam yang di sekitarnya terdapat lahan-lahan pertanian miliki penduduk sehingga menambah keindahan Telaga Cebong ini. Dengan letaknya yang diatas 2300 m dpl, maka banyak yang mengatakan bahwa Telaga Cebong ini merupakan telaga diatas awan.

13. Obyek Wisata Candi Bima di Dieng

Satu lagi candi di Dieng yang menarik untuk dikunjungi. Lokasinya ada di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, candi ini terletak paling selatan di kompleks Percandian Dieng.

Obyek Wisata Candi Bima di Dieng

Obyek Wisata Candi Bima di Dieng

14. Obyek Wisata Kawah Candradimuka Dieng

Nah, menurut legenda atau mitos yang beredar di masyarakat, disinilah tempat Gatot Kaca diJedi (rebus) sehingga memperoleh kesaktian Otot Kawat Tulang Besi. Kurang lebih demikianlah legenda mengenai Kawah ini. Kawah Candradimuka terletak di atas bukit dikelilingi pemandangan lembah alami nan Eksotis  khas Dataran Tinggi Dieng, sekitar 6 Kilometer dari kawasan Wisata utama Komplek Candi Arjuna, tepatnya di desa Pekasiran Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara. 

Obyek Wisata Kawah Candradimuka Dieng

Obyek Wisata Kawah Candradimuka Dieng

Kawah ini termasuk Kawah Aktif. Dari Dalam Kawah masih sering muncul Semburan Gas namun Tidak berbahaya. Kondisi Kawah yang cukup Luas memudahkan pengunjung untuk melihat pemandangan Kawah Candradimuka beserta aktivitasnya dari berbagai sudut pandang dan jarak relatif dekat.

15. Obyek Wisata Kawah sileri Dieng

Satu lagi kawah di Dieng yang menarik kita datangi, kawah sileri. Lokasinya ada di Desa Kepakisan Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara ini menyerupai sebuah danau vulkanik dan merupakan kawah terluas yang ada di Dataran Tinggi Dieng.

Obyek Wisata Kawah sileri Dieng

Obyek Wisata Kawah sileri Dieng

Air dari kawah ini berwarna putih keabuan, seperti “Air Leri” (air dari bekas cucian beras), itu sebabnya kawah ini di namakan kawah Si-Leri. Kawah gunung api yang garis tengahnya mencapai satu kilo meter itu di yakini penduduk setempat sebagai kawah yang paling aktif di antara kawah-kawah yang ada di kawasan Dieng.

16. Tempat Wisata Museum Kailasa di Dieng

Satu tempat wisata sejarah di dieng yang tidak boleh dilewatkan, Museum Kailasa. DI museum ini anda bisa menemukan berabgai peningglan purbakala. Lokasinya ada di lereng Bukit Semurup, di Komplek areal milik Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah yang secara administratif masuk dalam wilayah Desa Dieng Kulon, Batur, Kabupaten Banjarnegara.

Tempat Wisata Museum Kailasa di Dieng

Tempat Wisata Museum Kailasa di Dieng

Berada di Seberang Candi Gatutkaca atau sekitar 500 meter ke arah selatan dari Komplek Candi Arjuna Dieng. Museum Kailasa didirikan tahun 1984 namun baru diresmikan pada bulan juli tanggal 28 2008 oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata yang menjabat Kala itu, Bp. Jero Wajik.

17. Tempat Wisata Kuliner di Dieng

Dieng memiliki makanan khas yang mungkin tidak ada di daaerah lain, mie ongkok. Wah, namanya aja terdengar asing bukan? Mie ini menjadi salah satu kuliner favorti di Dieng. Ada banyak tempat wisata kuliner di Dieng yang bsa kita coba, namun yang ramai dan digemari oleh wisatawan adalah Mie Ongklok Longkrang, Bu Renny, dan Pak Muhadi.

Tempat Wisata Kuliner di Dieng

Tempat Wisata Kuliner di Dieng

Mie Ongklok Longkrang mudah ditemukan karena dijajakan di pusat kota yakni di Jalan Pasukan Ronggolawe No. 14. Usaha kuliner yang dikelola oleh Waluyo ini konon merupakan Mie Ongklok pertama di Wonosobo. Sang ayah, telah merintisnya sejak tahun 1975 dengan cara berkeliling dan akhirnya menetap di daerah Longkrang ini. Sebagai generasi kedua, Waluyo tetap menjaga cita rasa Mie Ongklok resep ayahnya, tak heran Presiden Susilo Bambang Yudoyono pun sampai menyempatkan untuk menyantap mie buatannya.

Jika kalian ingin mencicipi nikmatnya Mie Ongklok Longkrang yang legendaris ini, sebaiknya dating lebih awal untuk menghindari antrian yang panjang. Warung Mie Ongklok Longkrang buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga pukul 19.00. Satu porsi mie dihargai Rp 5.000, sedangkan lauk seperti sate sapi dibanderol Rp 15.000 per 10 tusuk, dan Geblek serta Tempe Kemul dihargai Rp 500 per potong.

18. Obyek Wisata Gua Semar Dieng

Ternyata ada juga tempat wisata goa di Dieng. Goa ini menjadi tempat wisata mistis di Dieng yang sayang untuk dilewatkan. Ada Gua Semar, Gua Sumur, dan Gua Jaran, meski gua-gua tersebut sering dianggap gaib namun pengunjung yang tertarik untuk melihatnya pun selalu ramai. Belum lagi keindahan Kawah Sikidang membuat kita makin betah menghabiskan waktu berjalan santai di kawasan ini.

Obyek Wisata Gua Semar Dieng

Obyek Wisata Gua Semar Dieng

 

19. Tempat Bermain di Mata air Sungai Serayu Dieng

Disini biasanya kita mencuci muka dengan mata air abadi atau yang dikenal juga dengan sebutan Tuk Bimo Lukar, mencuci muka disini sudah menjadi tradisi masyarakat. Lokasinya ada di  perbatasan antara Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Tempat Bermain di Mata air Sungai Serayu Dieng - tempat wisata dieng

Tempat Bermain di Mata air Sungai Serayu Dieng

20. Tempat Wisata Arung Jeram di Dieng

Di Dieng ternyata ada juga spot untuk olahraga ekstrim arung jeram. Ada banyak pengembang yang menawarkan wisata arung jeram di Dieng. Anda juga bisa menikmati  camping, trekking atau rafting. Agar lebih menantang lagi, anda bisa melakukannya pada saat musim hujan. 

Tempat Wisata Arung Jeram di Dieng - tempat wisata Dieng

Tempat Wisata Arung Jeram di Dieng

21. Tempat Wisata Alam Telaga Menje di Dieng

Tempat wisata dieng yang terkahir dari kami adalah telaga Menje. Anda bisa menikmati keindahan alam sekitar dari atas rakit bambu. Jarak tempuh perahu yang mengeliling telaga sekitar 30 menit rupanya mampu memanjakan mata dengan indahnya pemandangan di sekeliling.
Tempat Wisata Alam Telaga Menjer di Dieng - tempat wisata Dieng

Tempat Wisata Alam Telaga Menjer di Dieng

 

Anda bisa pergi ke Dieng dengan kendarana pribadi atau umum. Jika anda dari Jakarta, ada bus yang beroperasi dengan trayek Jakarta-Wonosobo bisa ditemukan dengan mudah dari terminal kampung rambutan dan terminal lebak bulus. Setelah, itu perjalanan bisa dilanjutkan dengan naik angkot dengan trayek wonosobo-dieng. Pengunjung juga bisa memanfaatkan rumah-rumah warga yang sebagian besar sudah diubah menjadi homestay sederhana namun cukup nyaman dengan harga relatif murah.

Bagaimana? Tertarik untuk berlibur ke Dieng? Keindahan alam yang sangat mempesona membuat wisatawan datang dari berabgai daerah di Indonesia dan mancanegara. Itulah 21 Tempat Wisata Dieng yang Wajib Dikunjungi dari kami, jangan lupa juga untuk membagikan panduan wisata Dieng ini kepada yang lainnya, agar meraka yang lain juga tahu tempat wisata di Dieng yang menarik untuk dikunjungi. Jangan lewatkan 16 Tempat Wisata di Klaten Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi

loading...

3 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!