16 Tempat Wisata di Sentul Paling Populer dan Terkenal

Tempat Wisata di Sentul – Bagi warga Jakarta dan sekitarnya, Sentul City merupakan tempat liburan favorit yang selalu ramai. Tidak hanya dari warga Jakarta saja, warga Jawa barat dan sekitarnya juga tentunya. Sentul sendiri pada awalnya bernama bukit sentul, kemudian dirubah namanya menjadi Sentul City.

Sentul City sendiri merupakan daerah dataran tinggi pegunungan dengan ketinggian 215 sd 500 meter DPL. Kawasan dengan luas sekitar 3000 Ha ini dikembangkan oleh PT. Sentul City Tbk. Perusahaan pengembang ini menjadikan kawasan yang berada di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, di sebelah timur Kota Bogor ini menjadi hunian, wahana bermain, pariwisata, liburan keluarga, wisata edukasi, wisata alam. Ada banyak sekali Tempat Wisata di Sentul yang wajib dikunjungi.

Kali ini Tempatwisataseru.com ingin mengajak anda liburan seru dan asyik ke Sentul City. Setidaknya ada 16 tempat wisata di Sentul yang wajib dikunjungi bersama keluarga, pasangan atau orang-orang terkasih.

Jangan lewatkan juga: 24 Tempat Wisata di Balikpapan yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Sentul Bogor

Apa saja kira-kira tempat wisata di Sentul yang wajib dikunjungi? Berikut ini diantaranya:

1. Tempat Wisata Air Terjun Bidadari Sentul

Tempat wisata di Sentul paling populer adalah air terjun Bidadari yang ada di Sentul Paradise Park. Air terjun ini menjadi tempat liburan paling favorit wisatawan yang datang ke Sentul City.Air terjun yang sangat indah dan asyik untuk mandi-mandi ini memiliki ketinggian sekitar 40 M yang merupakan mata air dari di hutan lindung Sentul.

Tempat Wisata Air Terjun Bidadari Sentul

Tempat Wisata Air Terjun Bidadari Sentul

Air terjun ini kini sudah dibangun sedemikian rupa sehingga ada banyak wahana bermain yang harus anda coba juga. Kini sudah dibangun water park tepat di bawah Air Terjun Bidadari. Taman bermain air yang mempunyai luas lebih dari 6,000 meter ini juga mempunyai pasir putih yang didatangkan langsung dari kawasan Bangka sehingga Anda juga akan merasa seperti di pantai sepanjang 150 meter.

Jika anda berencana liburan ke Sentul City, maka air terjun bidadari harus masuk dalam trip perjalanan anda. Jangan sampai terlewatkan.

2. Wahana Permainan Jungleland Sentul

Nah, wahana bermain di Sentul paling populer adalah Jungleland. Tempat wisata di Sentul yang satu ini menjadi wahana bermain yang selalu ramai oleh wisatawan, apalagi kalau hari libur atau akhir pekan. Jungleland menjadi tempat bermain favorit keluarga dari Jakarta dan sekitarnya untuk menikmati liburan yang menyenangkan.

Wahana Permainan Jungleland Sentul

Wahana Permainan Jungleland Sentul

Ada banyak sekali wahana bermain disini, ada sekitar 40 wahana permainan yang harus anda coba. Wahana permainan kelas internasional tentunya. Jika anda mau bermain disini, tempat ini buka pada jam 10 pagi sampai dengan jam 5 sore pada hari kerja, dan dari jam 9 pagi sampai dengan jam 5 sore pada akhir pekan. Harga tiket masuk Jungleland adalah 200,000 Rupiah bila Anda datang pada jam 9 pagi sampai dengan jam 3 sore, dan 100,000 Rupiah bila Anda datang pada jam 3 sore ke atas.

Anda tidak akan menyesal bermain di tempat ini, berbagai wahana yang disediakan disini sangat memanjakan dan menghibur semua wisatawan yang datang. Ayu liburan ke Jungleland bersama keluarga tercinta.

3. Tempat Wisata Alam Hutan Pinus Gunung Pancar Sentul

Tempat wisata di Sentul berupa wahana alam selanjutnya adalah hutan pinus Gunung Pancar. Objek wisata yang satu ini wajib anda kunjungi, terutama bagi anda yang ingin mencari ketenangan dari hiruk pikuk keramaian kota. Bagi warga Jakarta dan sekitarnya, Hutan Pinus ini adalah destinasi wisata favorit di Bantul yang harus dikunjungi.

Tempat Wisata Alam Hutan Pinus Gunung Pancar Sentul

Tempat Wisata Alam Hutan Pinus Gunung Pancar Sentul

Hutan Pinus Gunung Pancar berjarak sangat dekat dari Sentul City, waktu perjalanan sekitar 15 menit berkendara, bila Anda berada di Sentul City. Keunggulan dari tempat wisata ini adalah perjalanannya yang nyaman karena jauh dari kemacetan, berbeda dengan Puncak.

4. Obyek Wisata Pemandian Air Panas Gunung Pancar Sentul

Untuk membuat tubuh menjadi rileks kembali, membuat urat syaraf kendor kembali, serta membuat peredaran darah kembali normal, maka pemandian air panas di Gunung Pancar ini harus anda coba. Pemandian air panas ini ada di tengah-tengah hutan pinus Gunung Pancar, setelah melewati hutan pinus, Pemandian Air Panas Gunung Pancar ini sangat mudah ditemukan karena banyak terdapat penunjuk jalan yang sangat jelas.

Obyek Wisata Pemandian Air Panas Gunung Pancar Sentul

Obyek Wisata Pemandian Air Panas Gunung Pancar Sentul

Anda cukup mengeluarkan uang sebesar 2,000 Rupiah per orang, ditambah biaya masuk kendaraan. Kemudian, pada saat telah tiba di Pemandian Air Panas Gunung Pancar, Anda harus membayar tiket masuk permandian seharga 10,000 Rupiah per orang, ditambah dengan biaya parkir kendaraan.

Pemandian Air Panas Gunung Pancar buka 24 jam dan mempunyai 3 jenis kolam yang berbeda, yaitu kolam umum, kolam 3 rasa, dan kolam keluarga. Tidak hanya mereka yang ingin berwisata yang datang ke tempat ini, melainkan juga mereka yang ingin berobat karena Pemandian Air Panas Gunung Pancar dipercaya mempunyai khasiat bagi kesehatan.

5. Obyek Wisata Taman Budaya Sentul City

Tempat wisata di Sentul yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Taman Budaya Sentul City. Taman Budaya Sentul City berada di seberang Alam Fantasia, Taman Budaya Sentul City adalah tempat bermain sekaligus meeting point yang sangat disukai di daerah Sentul.

Obyek Wisata Taman Budaya Sentul City

Obyek Wisata Taman Budaya Sentul City

Disini, anda dapat menikmati pemandangan yang sangat mengagumkan, selain itu ada banyak wahana bermain yang bisa anda coba diantaranya ATV, flying fox, paintball, high rope, trekking, camping, bermain trampolin, melukis, sampai dengan berkuda.

Tempat keren lainnya:

19 Tempat Wisata di Lombok Paling Populer dan Indah

6. Tempat Wisata Pasar Ah Poong di Sentul

Setelah capek jalan-jalan kini saatnya makan-makan. Ada satu tempat wisata di Sentul yang wajib anda cobain yang menyajikan berbagai kuliner lezat dan nikmat. Tempat makan ini terbilang cukup unik dan menarik, namanya pasar Ah Poong, kalau kita membacanya pasar apung.

Ah Poong (Pasar Apung Sentul City) Food Court

Ah Poong (Pasar Apung Sentul City) Food Court

Pasar ini terbilang unik karena penjualan makanannya dilakukan di atas perahu yang mengapung di atas Sungai Cikeas. Pasar Ah Poong buka setiap hari dari jam 10 pagi sampai dengan 10 malam pada hari kerja, dan dari jam 7 pagi sampai dengan jam 10 malam pada akhir pekan.

Sistem pembayaran di Pasar Ah Poong adalah menggunakan sistem deposit sehingga Anda harus mengisi saldo terlebih dahulu dan kemudian mendapatkan kartu untuk bertransaksi di kawasan wisata ini. Selain berwisata kuliner, Anda juga dapat menaiki perahu tradisional untuk mengelilingi kawasan ini secara gratis dan juga bermain di kawasan bermain anak-anak.

Apabila senang dengan tempat wisata ini, Anda juga dapat mencoba berkunjung ke Floating Market Lembang yang mirip dengan tempat wisata ini.

7. Objek Wisata Taman Patung & Taman Bambu Ecoartpark Sentul

Tempat Wisata di Sentul yang tidak boleh anda lewatkan selanjutnya adalah Taman Patung & Taman Bambu Ecoartpark yang berada di Ecoartpark Sentul City. Disini anda bisa melihat koleksi berbagai hasil tangan para seniman seperti patung karya Botaro dari Korea, Salvador Dali dari Spanyol, dan lain-lain.

Objek Wisata Taman Patung & Taman Bambu Ecoartpark Sentul

Objek Wisata Taman Patung & Taman Bambu Ecoartpark Sentul

 

8. Tempat Wisata Belanja Bellanova Country Mall Sentul

Anda mau berbelanja di Sentul City. Ada tempat wisata belanja di sentul city yang menawarkan kenyamanan dan hiburan, yaitu Bellanova Country Mall. Mall ini menjadi destinasi wisata belanja di Sentul City yang wajib anda kunjungi, anda juga bisa menikmati berbagai hiburan disini, seperti bioskop.

Tempat Wisata Belanja Bellanova Country Mall Sentul

Tempat Wisata Belanja Bellanova Country Mall Sentul

Info menarik lainnya:

25 Tempat Wisata di Bangkok Thailand Favorit dan Populer Dikunjungi

9. Tempat Wisata Alam Fantasia Sentul

Tempat bermain anak-anak di Sentul yang tidak boleh dilewatkan adalah Alam Fantasia. Alam fantasi menjadi tempat bermain favorit anak di Sentul.Cukup dengan membayar tiket masuk seharga 10,000 Rupiah saja, Anda dan keluarga sudah dapat menikmati berbagai jenis permainan yang sangat menyenangkan bagi anak-anak, misalnya bom bom car, mobil rel, dan lain sebagainya. Selain itu udaranya juga sejuk sehingga anak Anda akan betah berada di tempat wisata ini.

Tempat Wisata Alam Fantasia Sentul

Tempat Wisata Alam Fantasia Sentul

10. Tempat Wisata Edukasi Science Garden Sentul

Scien garden menjadi tempat wisata edukasi yang menarik untuk dikunjungi. Disini anak-anak bisa bermain sambil belajar. Salah satu wahana yang menarik adalah wahana sepeda tali. Di wahana ini anda akan diinstruksikan untuk menaiki sebuah sepeda tali yang menggunakan beban menggantung di bawahnya. Sepeda akan stabil serta mudah untuk dikendarai meskipun dalam melewatinya dengan beban yang menggantung.

Tempat Wisata Edukasi Science Garden Sentul

Tempat Wisata Edukasi Science Garden Sentul

11. Tempat Wisata Edukasi Sentulfresh di Sentul

Selanjutnya, wisata edukasi yang tidak boleh dilewatkan juga adalah Kampung Wisata Sekolah Sentulfresh Education Farm. Disini anak-anak bisa belajar banyak hal seperti belajar peternakan, pertanian, dan perikanan yang terintegrasi dengan lokasi tidak jauh dari Sentul City. Mudah dijangkau dan bebas macet, membutuhkan waktu tempuh HANYA 10 menit saja dari exit tol Sentul city.

Tempat Wisata Edukasi Sentulfresh di Sentul

Tempat Wisata Edukasi Sentulfresh di Sentul

Pengunjung Kampung Wisata Sekolah Sentulfresh ini sebagian besar adalah TK, PAUD, Preschool  dan SD yang tersebar di Jabodetabek.  Tidak Hanya itu, siswa SMP, SMA, Mahasiswa S-1 dan S-2 serta para calon Pensiunan Pegawai pun berkunjung untuk mengikuti Wisata Edukasi di Sentulfresh. 

12. Tempat Wisata Baru Kampoeng Koneng di Sentul Selatan

Wisata kuliner di Sentul City yang baru dibuka adalah Kampoeng Koneng. Disini, selain menikmati sajian kuliner anda juga disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat indah. Restoran ini buka dari pagi hingga malam hari. Menu bebek penyet dan sate tulang adalah salah satu dari serangkaian masakan yang patut kita nikmati ketika berada di Kampoeng Koneng.

Tempat Wisata Baru Kampoeng Koneng di Sentul Selatan

Tempat Wisata Baru Kampoeng Koneng di Sentul Selatan

Bebek penyet yang digoreng menghasilkan daging empuk dengan bumbu dan sambal yang mampu menggugah selera makan. Begitu pun dengan sate tulang ayam yang sanggup membuat kita ingin terus menikmati bumbu kacangnya.

13. Tempat Wisata Alam Goa Agung Garunggang di Sentul

Anda suka wisata yang menantang, coba kunjungi Goa Agung Garunggang. Goa ini terletak di Karang Tengah 2, Babakan Madang, Sentul.

Jika Anda dari Jakarta menggunakan mobil masuk tol jurusan Bogor lalu keluar di pintu tol Sentul, arahkan mobil anda ke arah Sirkuit Sentul lalu belok kanan lurus terus sampai ketemu pertigaan Gedung SCC, anda belok kiri lurus terus ikutin jalan sampai ketemu Gerbang Depan Jungle Land. Dari Gerbang Jungle Land, anda lurus terus naik menanjak ke wilayah Karang Tengah 2, sampai ketemu pertigaan, kalau ke kanan ke arah Pemandian Air Panas Gunung Pancar, anda belok kiri lurus terus.
Tempat Wisata Alam Goa Agung Garunggang di Sentul

Tempat Wisata Alam Goa Agung Garunggang di Sentul

Perhatikan di sebelah kiri jalan terdapat sebuah banner besar yang menjadi petunjuk ke lokasi goa. Jika anda menggunakan mobil, parkirkan mobil anda di pinggir jalan utama (rumah warga setempat), lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki kurang lebih 6 km (2 jam trekking, tergantung jalan), jika anda menggunakan motor, masukan motor anda dari gerbang pintu masuk dan parkirkan kendaraan anda di rumah Pak RT lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki kurang lebih 2 km (1,5 jam trekking, tergantung jalan), untuk menuju ke Goa Agung Gundarang situasi jalan sangat bagus dan bisa dilalui dengan mobil.
Di lokasi belum ada tiket masuk (gratis), jika ingin menggunakan jasa pemandu yang merupakan warga setempat kasih seikhlasnya, dan untuk parkiran motor atau mobil kasih seikhlasnya. (Sumber: http://www.kompasiana.com/)

14. Tempat Wisata Alam Leuwi Hejo di Sentul

Selain air terjun bidadari, anda juga dapat mandi sepuasnya di Leuwi Hejo. Wisata alam ini sangat indah dan asyik untuk bermain air. Lokasinya ada di daerah babakan madang. Untuk mencapai lokasi sungai Leuwi Hejo, perjalanan dengan jalan kaki untuk menuju kolam Leuwi Hejo, +- 600 meter dari parkiran, kita menyusuri pinggiran bukit menurun lalu menghadapi medan yang cukup terjal yaitu menyebrangi sungai dan melipir di batuan-batuan sungai dengan arus yang cukup deras.

Tempat Wisata Alam Leuwi Hejo di Sentul

Tempat Wisata Alam Leuwi Hejo di Sentul

15. Tempat Bermain Kampung Agrowisata Sentul

Satu lagi tempat bermain yang asyik di sentul, Kampung Agrowisata. Tempat ini sangat cocok untuk pelajar atau anak-anak yang ingin belajar sambil bermain. Tempat ini merupakan sebuah lokasi destinasi wisata edukasi Agro Tourism untuk anak didik mulai dari TK hingga SMU dengan berbagai tanaman asli Indonesia yang nyaris punah ada di lokasi ini,dikelilingi bukit bukit hijau dan Pegunungan serta dilalui sungai yang jernih dengan bebatuan cadas yang eksotis.

Tempat Bermain Kampung Agrowisata Sentul

Tempat Bermain Kampung Agrowisata Sentul

Disini kita bisa belajar banyak hal tentang tanaman mulai dari jenis jenis, cara menanan, membiakan dan merawat yang benar dan baik, menjadikan lokasi ini patut di rekomendasikan. Untuk  Perusahaan,pelajar,mahasiswa dan umum lokasi ini cocok untuk kegiatan outing seperti Outbound ,Camping, Paintball (War Game), dan Pelatihan pembiakan tanaman. 

Bogor Outbount Adventure Camp

Perum Ambar Bogor Regency
D2/12 Nagrak Bogor 16710
Jawa Barat
Indonesia
0856 9838 009
085287223187-08773013809

16. Wisata Alam Terbaru Curug Kencana Sentul

Curug kencana merupakan tempat wisata di Sentul yang terakhir dari kami. Curug ini terletak tidak jauh dari objek wisata pemandian air panas Gunung Pancar dan  Leuwi Hejo atau Curug Barong. Keindahan curug kencana yang memukau akan membuat siapa saja yang datang kesini pasti betah berlama-lama.

Wisata Alam Terbaru Curug Kencana Sentul

Wisata Alam Terbaru Curug Kencana Sentul

Lokasi curug kencana ada di Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Sentul, Bogor. Dari arah Jakarta, kita bisa keluar pintu tol Sentul Selatan. Kemudian ambil kiri ke arah wisata Jungleland. Dari Jungleland, kita masuk ke Jl. Gunung Pancar. Jalanan yang terus menanjak dengan ukuran jalan yang pas-pasan untuk dua kendaraan mewajibkan kita harus ekstra hati-hati.

Selama perjalanan, kita akan disugukan pemandangan alam yang sangat indah, yang membuat mata adem dan hati sejuk. Mendekati lokasi curug kencana berada, kita akan melewati sebuah jembatan yang menantang andrenalin kita. Sebuah jembatan dari kayu pepohonan yang disusun rapih hasil swadaya masyarakat. Jembatan ini aman untuk dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat, tapi jangan panik ketika kita berjalan akan terdengar suara berisik dan kita bisa melihat derasnya aliran sungai dibalik celah-celah kayu tersebut.

Tak berapa lama, ada sebuah tempat singgah yang biasa digunakan para pelancong untuk berselfie ria dengan latar belakang pemandangan yang lebih dari indah. Saat sudah menemukan tempat singgah, itu artinya tujuan kita menuju curug kencana sudah sangat dekat.

Sesampainya di kawasan ini, kita akan menemukan banyak rumah warga berbentuk panggung yang terbuat dari kayu sebelum akhirnya sampai di sebidang tanah yang dijadikan sebagai tempat parkir.  Ketika baru pertama kali kesini, kita pasti akan kebingungan. Tapi tak perlu khawatir, kita akan diantarkan oleh tour guide cilik yang akan menemani kita menuju curug kencana.

Untuk bisa sampai di curug kencana, kita harus menempuh jalan tanah setapak kurang lebih 1 km. Kita harus melewati hutan, menyebrang sungai kecil, dan sebelum sampai ke curug kencana, ada dua buah curug kecil yang akan dilewati, yaitu curug bariung dan curug cikujang. Airnya yang deras dan jernih membuat para pelancong meluangkan waktu sejanak untuk mengabadikan momen. Perjalanan pun berakhir di curug kencana.

Rasa letih selama perjalanan akan terbayar sudah saat kita sudah sampai di curug kecana kemudian menceburkan diri ke dalamnya.

Bagaimana? Kira-kira tempat mana saja yang akan anda kunjungi? Hmm, anda tertarik untuk mengunjungi semua lokasi wisata di aas? Itulah 15 Tempat Wisata di Sentul yang Wajib Dikunjungi yang bisa kami bagikan kepada anda, semoga bermanfaat. Jangan lupa juga untuk membagikan panduan ke tempat wisata di Sentul City ini kepada yang lainnya agar yang lain juga tahu tempat wisata di sentul yang menarik dikunjungi.  Jangan lewatkan juga 19 Tempat Wisata di Sukabumi Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi
loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!