46 Tempat Wisata di Sukabumi Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di SukabumiSukabumi merupakan salah satu kota/kabupaten di Jawa Barat. Ada banyak sekali tempat wisata di Sukabumi yang menarik untuk dikunjungi. Selain tempat wisata di Bandung, Sukabumi juga menjadi salah satu destinasi wisata warga jakarta di saat liburan atau akhir pekan tiba.

Jarak suka bumi dari jakarta hanya sekitar 120 Km, dan dari Bandung sekitar 100 Km. Pesona alam Sukabumi yang indah membuatnya menjadi tempat favorit untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau pasangan tercinta. Kota Sukabumi sendiri berbatasan langsung dengan Kabupaten Cianjur (timur), Kabupaten Bogor (utara), Kabupaten Lebak (barat), dan Samudra Hindia (selatan).

Oh ya travelers, perlu kamu ketahui bahwa Sukabumi merupakan daerah di Jawa Barat yang memiliki dua bentuk administrasi yang berbeda yakni kabupaten Sukabumi dan kota Sukabumi. Nah, Tempatwisataseru.com ingin mengajak anda untuk keliling di Sukabumi, di kota dan kabupatennya. Setidaknya ada 46 Tempat wisata di Sukabumi Jawa Barat yang wajib dikunjungi, apa saja? Yuk simak berikut ini:

Tempat Wisata di Sukabumi Jawa Barat

1. Tempat Wisata Pantai Cibangban di Sukabumi

Tempat wisata di Sukabumi yang pertama harus kamu kunjungi adalah pantai Cibangban. Pantai ini terkenal dengan keindahan pemandangan di sekitarnya. Selain itu, Pantai Cibangban juga sangat cocok untuk mandi-mandi sama anak-anak, karena ombak disini tidak besar seperti di Pelabuhan ratu.

Tempat Wisata Pantai Cibangban di Sukabumi

Tempat Wisata Pantai Cibangban di Sukabumi

Jadi kalau kamu mau main air atau main pasir, disini tempatnya. Oh ya travelers, untuk mencapai Pantai Cibangban, anda harus mengambil jalan yang menuju ke Cisolok. Lama perjalanan dari Pelabuhan Ratu kurang lebih adalah 1 jam.

Kunjungi juga 39 Tempat Wisata di Lombok Paling Populer dan Indah

2. Tempat wisata Goa Buniayu Sukabumi

Tempat wisata alam di Sukabumi yang juga harus kamu kunjungi adalah Goa Buniayu. Goa ini menjadi tempat wisata favorit pecinta petualangan. Goa yang terbentuk karena proses pengangkatan tektonik lempeng berjuta tahun yang lalu ini kini menjadi tempat wisata yang seru untuk dikunjungi Maka tak heran kalau banyak dijumpai fosil-fosil koral laut di dinding-dinding goa. Cara terbaik untuk mendapatkan semua informasi yang berkaitan dengan goa Buniayu adalah dengan menggunakan jasa pemandu.

Tempat wisata Goa Buniayu Sukabumi

Tempat wisata Goa Buniayu Sukabumi

Bagaimana? Anda tertarik berpetualang di Goa Buniayu? Tapi anda harus mempersiapkan fisik ya, karena lama perjalanan dalam goa sekitar 5 jam, tenaga anda akan terkuras habis karena medan yang ditempuh tidak hanya berupa jalan lurus saja, melainkan melewati danau lumpur, berpegangan pada pinggir tebing, memanjat tebing, melewati tumpukan batu, dan lain-lain.

3. Tempat Wisata Pantai Ujung Genteng Sukabumi

Pantai ujung genteng merupakan salah satu destinasi wisata favorit wisatawan yang berlibur ke Sukabumi. Pantai ini memang jaraknya cukup jauh dari Jakarta, menempuh sekitar 220 KM. Namun dengan jarak yang jauh itu akan terbayar setelah kita sampai di pantai ini.

Tempat Wisata Pantai Ujung Genteng Sukabumi

Tempat Wisata Pantai Ujung Genteng Sukabumi

Pemandangannya yang indah, pasir putihnya yang terhampar, ombaknya yang menantang untuk berselancar membuat jarak yang jauh menjadi tidak masalah. Kalau anda punya hobi mancing, jangan lupa bawa pancing kesini ya.

4. Tempat Wisata Pantai Cimaja Sukabumi

Salah satu tempat berselancar terbaik yang ada di Indonesia ada di Sukabumi. Bagi pecinta surfing tentu kenal dengan pantai yang satu ini, yaitu pantai Cimaja. Pantai ini merupakan tempat wisata favorit di Sukabumi bagi pecinta selancar. Pantai Cimaja menghadirkan ombak pantai selatan yang sangat pas untuk penggemar surfing. Bahkan, di pantai Cimaja ini cukup sering diadakan event surfing skala nasional

Tempat Wisata Pantai Cimaja Sukabumi

Tempat Wisata Pantai Cimaja Sukabumi

Pantai Cimaja juga memiliki penorama yang indah. Nah, pantai ini harus masuk dalam daftar tempat wisata di Sukabumi yang akan anda kunjungi. Adapun lokasinya ada di Desa Cimaja, sekitar 10 KM dari Pelabuhan Ratu.

Jangan lewatkan juga 24 Tempat Wisata di Bali Paling Terkenal dan Amazing

5. Tempat Wisata Taman Rekreasi Selabintana Sukabumi

Salah satu objek wisata yang dekat dengan pusat Kota Sukabumi adalah Taman Rekreasi Selabintana. Objek wisata ini menawarkan keindahan dan kesejukan taman. Rumputnya yang bersih, dan areal tempat bermainnya yang luas menjadikan taman ini tempat wisata keluarga favorit di Sukabumi yang harus anda kunjungi.

Tempat Wisata Taman Rekreasi Selabintana Sukabumi

Tempat Wisata Taman Rekreasi Selabintana Sukabumi

Anda bisa menggelar tikar, bahkan bisa juga guling-guling di rumputnya langsung. Sangat ideal sekali untuk bermain anak-anak. Anda hanya harus membayar Rp 5,000 untuk dapat masuk.

Taman ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kolam renang, area parkir yang aman, mushola, toilet, kawasan bermain, lokasi kemah, penginapan, perkebunan teh, hutan lindung, permainan ATV, permainan flying fox, dan fasilitas lainnya.anda sudah dapat menikmati Taman Rekreasi Selabintana yang terletak sekitar 7 KM di utara kota Sukabumi.

6. Tempat Wisata Situ Gunung Sukabumi

Salah satu tempat wisata alam di Sukabumi yang wajib dikunjungi adalah Situ Gunung. Situ Gunung memiliki pemandangan alam yang begitu asri, memberikan kesejukan dan ketenteraman bagi siapa saja yang datang berkunjung ke tempat ini.

Tempat Wisata Situ Gunung Sukabumi

Tempat Wisata Situ Gunung Sukabumi

Situ atau Danau ini terletak di di kaki gunung Gede Pangrango, sehingga sudah bisa ditebak bahwa suasana disana pasti asik. Danau ini memiliki camping ground yang bisa kamu gunakan untuk camping ceria. Juga terdapat penginapan kalau kamu tidak terbiasa camping. Selain udara yang sejuk, Situ Gunung juga menyajikan pemandangan alam yang begitu mempesona.

7. Tempat Wisata Kawah Ratu Sukabumi

Kawah ratu merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi pendaki. Untuk mencapai kawah ratu, anda harus berjalan sekitar 3 jam. Usahakan untuk mendaki pada siang atau pagi hari. Berlokasi di lereng Gunung Salak, Kawah Ratu adalah sebuah kawah aktif yang mengeluarkan uap panas.

Tempat Wisata Kawah Ratu Sukabumi

Tempat Wisata Kawah Ratu Sukabumi

8. Objek Wisata Sungai Citarik Sukabumi

Bagi anda pecinta arung jeram, sungai Citarik harus menjadi destinasi wisata tujuan anda di Sukabumi. Selain untuk olahraga arung jeram disini juga ada banyak permainan seperti flying fox, team building, paint ball, dan lain-lain. Biasanya Sungai Citarik sering digunakan untuk kegiatan rekreasi perusahaan karena sifatnya yang membangun kerja sama tim.

Objek Wisata Sungai Citarik Sukabumi

Objek Wisata Sungai Citarik Sukabumi

9. Berwisata ke Kampung Ciptagelar Sukabumi

Di Sukabumi ada satu desa yang dijadikan sebagai objek wisata budaya. Kampung Ciptagelar menjadi salah satu tempat wisata budaya di Sukabumi yang wajib anda singgahi. Letaknya di Kecamatan Cisolok, Sukabumi. Desa ini sudah ada sekitar 650 tahun dengan adat turun temurun sehingga berkunjung ke Kampung Ciptagelar akan menjadi sebuah pengalaman yang unik dan tak terlupakan.

Berwisata ke Kampung Ciptagelar Sukabumi

Berwisata ke Kampung Ciptagelar Sukabumi

Untuk dapat menikmati wisata budaya Kampung Ciptagelar, anda harus melewati perjalanan yang cukup sulit, namun semuanya akan terbayar karena kebudayaan Kampung Ciptagelar adalah kebudayaan yang tak dapat anda jumpai di tempat lain.

10. Objek Wisata Arung Jeram Sungai Cicatih

Satu lagi tempat wisata di Sukabumi yang bisa anda jadikan untuk menguji adrenalin anda. Di Sungai Cicatih, arusnya lebih deras ketimbang di Sungai Citarik, dan sungainya lebih lebar, jalurnya lebih panjang, serta tantangannya lebih mendebarkan.

Arung Jeram Sungai Cicatih

Arung Jeram Sungai Cicatih

Sungai Citatih merupakan alternatif wisata petualangan serta kerja sama tim di Sukabumi. Karakter Sungai Citatih dengan Sungai Citarik sangat berbeda. Sungai Citatih memiliki air yang lebih deras, juga jalur yang lebih panjang, sungainya lebih lebar, dan tantangannya pun juga lebih mendebarkan. Sungai Citatih cocok bagi anda yang ingin memacu adrenalin karena Sungai Citatih mmpunyai tantangan yang lebih seru. Tapi untuk para pemula arung jeram, lebih baik mencoba Sungai Citarik terlebih dahulu. Sehingga petualangan yang menegangkan akan segera dimulai. Namun ketika akan mencoba sungai Cicatih ini benar-benar yang telah berpengalaman. Untuk pemula disarankan menggunakna sungai Citarak saja yang lebih nyaman untuk mencoba sebagai pengalaman baru.

Anda tertarik untuk mencoba keganasan sungai ini?

11. Tempat Wisata Geopark Ciletuh Sukabumi

Anda ingin mengunjungi tempat wisata alam di Sukabumi yang menawarkan keindahan alam purba? Geopark Ciletuh menjadi pilihannya. Selaib bebatuan purba, di Curug ini juga terdapat banyak sekali air terjun, diantaranya curug Cimarinjung, Cikanteh, Sodong, Awang dan Ngelay. Untuk bisa menikmati keindahan bentang alam di Geopark Ciletuh kamu bisa menggunakan jasa paket wisata yang sudah meliputi mobil 4WD yang akan membawamu menjelajah alam disana.

Tempat Wisata Geopark Ciletuh Sukabumi

Tempat Wisata Geopark Ciletuh Sukabumi

Untuk informasi paket wisata di Geopark Ciletuh kamu bisa mengunjung link ini

12. Tempat Wisata Situ Sukarame di Sukabumi

Satu lagi situ atau danau yang menarik untuk dikunjungi di Sukabumi, Situ Sukarame. Situ Sukarame ada di kaki gunung Salak tepatnya di kecamatan Parakansalak, Sukabumi. Situ Sukarame dikeliling oleh hutan heterogen yang ditumbuhi pohon pinus dan damar. Di sekitar situ ini juga terdapat perkebunan teh yang membuat pemandangan semakin menawan. Tak terbayangkan keindahannya. Situ Sukarame juga merupakan tempat yang pas untuk camping ceria.

Tempat Wisata Situ Sukarame di Sukabumi

Tempat Wisata Situ Sukarame di Sukabumi

13. Tempat Wisata Curug Sawer di Sukabumi

Tempat wisata yang menarik selanjutnya adalah curug sawer.

Curug Sawer berada di kawasan wisata situ gunung Kec kadudampit Sukabumi. Di sekitaran air terjun tersebut juga terdapat berbagai macam vila yang bisa anda sewa. Curug ini memiliki ketinggian sampai 25-30 meter. Curug Sawer masuk dalam pengelolaan hutan termasuk juga RPH Cipaku BKPH Gede Barat KPH Sukabumi. Di sini juga ditemui curug yang lain, yaitu Curug Cimanaracun, dimana Curug Cimanaracun adalah sumber dari danau Situ Gunung. Curug ini berjarak lebih kurang sekitar 200 meter dari Wisma Situgunung. Curug ini masuk dalam wilayah pengelolaan hutan termasuk RPH Cipaku BKPH Gede Barat KPH Sukabumi. Air terjun Curug Sawer merupakan aliran air dari sumber air Gunung Gede-Pangrango. Selain Curug Sawer, terdapat pula curug lain yang berada di atas nya seperti Curug Kembar, Curug Willy dan Curug Bengkok.

Tempat Wisata Curug Sawer di Sukabumi

Tempat Wisata Curug Sawer di Sukabumi

14. Wana Wisata Cipelang, Wisata Alam Pegunungan Sukabumi

Objek wisata yang di Sukabumi barat yang menarik untuk dikunjungi adalah Wana wisata Cipelang.  Dengan luas sekitar 3 ha wilayah hutan yang berada di RPH Bacang BKPH Gede bagian Barat Sukabumi. Secara administratif, berada di desa Gunung Pangrango. Di tempat ini, semua pengunjung dapat menjelajahi alam nan menggoda disana. Untuk mencapai destinasi ini, Anda dapat memakai kendaraan beroda empat dan kondisi jalan umum sudah baik dan beraspal.

15. Objek wisata Pondok Halimun Sukabumi

Destinasi wisata yang selanjutnya adalah Pondok Halimun. Tempat wisata ini ada di Desa Gede Pangrango, Kecamatan Sukabumi. Objek wisata ini menawarkan keindahan alam dan hawa pegunungan yang masih sejuk. Di sepanjang jalan menuju lokasi, Anda juga dapat melihat perkebunan teh yang hijau terbentang sepanjang mata memandang yang menyegarkan mata. Banyak kegiatan yang menyenangkan yang bisa anda lakukan ditempat ini .

Objek wisata Pondok Halimun Sukabumi

Objek wisata Pondok Halimun Sukabumi

16. Objek Wisata Megalitik Cengkuk Sukabumi

Tempat wisata sejarah di Sukabumi yang menarik dikunjungi adalah Situs purba Megalitik. Ada di desa cengkuk Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Berawal pada tahun 2008, secara tidak disengaja, ditemukan sejumlah benda di kawasan Situs Megalitik Cengkuk. Penemuan ini menguatkan dugaan Cengkuk pernah menjadi pusat kebudayaan zaman megalitik yang terus berlanjut pada zaman logam.

Objek Wisata Megalitik Cengkuk Sukabumi

Objek Wisata Megalitik Cengkuk Sukabumi

Benda-benda yang ditemukan secara tidak sengaja pada tahun 2008 antara lain pipa rokok, gentong dari tanah, dan mangkuk dari porselen. Sebelumnya, di situs itu, tahun 2007 ditemukan genta dari prunggu dengan ukiran motif india, cawan tempat perhiasan, potongan patung kaki burung dari emas, dan potongan patung dewa syiwa. Benda-benda itu bukan peninggalan zaman megalitik, yang berarti kehidupan masyarakat terus berlanjut di sekitar Situs Cengkuk tersebut .

17. Objek Wisata Sumber Air Panas Cikundul Sukabumi

Objek wisata pemandian air panas di Sukabumi ini cocok untuk menghilangkan rasa lelah dan mengembalikan kesegaran. Pemandian air panas ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.
Objek Wisata Sumber Air Panas Cikundul Sukabumi

Objek Wisata Sumber Air Panas Cikundul Sukabumi

Selain itu, Anda akan terpesona dengan pegunungan di sekelilingnya, serta Sungai Cimandiri sebagai daya tarik tersendiri. Salah satu keunikan sumber Air Panas Cikundul adalah alirannya hingga ke Sungai Cimandiri. Bila hujan turun, Sungai Cimandiri tetap terasa hangat. Alam di sekitar Cikundul pun cukup asri sehingga mampu menenangkan pikiran sembari berendam. 
Info yang sangat menarik bagi Anda pencinta arung jeram adalah dibukanya kegiatan rafting mulai tahun 2009, menambah daftar kegiatan yang dapat dilakukan di objek wisata ini. 
 
Lokasi:  
Koordinat : 6° 58′ 40″ S, 106° 54′ 57″ E
Telepon: 
Email:
Internet:
Arah:  
Fasilitas: kamar rendam air panas, cottage, kolam renang dewasa, kolam renang anak-anak, tempat bermain anak-anak, dan sarana arung jeram.
Jam Buka:
Tutup: Buka tiap hari
Tiket: Rp 6.000 / pengunjung (termasuk berendam di kolam renang air panas). Untuk sema kamar pijat Rp 50 ribu, dan cottage Rp 150 ribu per hari.

18. Penangkaran Penyu Hijau di Pantai Pangumbahan

Di Sukabumi terdapat penangkaran penyu hijau. Masuk beberapa puluh meter ke dalam hutan pesisir ini, ada sebuah rumah mess dan tempat penyelamatan penyu. Untuk masuk melihat pelepasan anak-anak penyu kita membayar 10.000 untuk orang dewasa dan 5000 untuk anak-anak. setelah melewati patung Dewa Penyu kita akan menjumpai lorong hutan di mana di sisi kanan kiri ada lokasi penangkaran buatan untuk menempatkan telur-telur penyu yang sudah diambil dari induk penyu yang bertelur semalam. lokasi ini di jaga 24 jam penuh dan terlindungi sehingga telur-telur penyu aman sampai menetas menjadi tukik si anak penyu.
Penangkaran Penyu Hijau di Pantai Pangumbahan

Penangkaran Penyu Hijau di Pantai Pangumbahan

19. Objek Wisata Alam Curug Cibeureum Sukabumi

Tempat wisat selanjutnya pun masih seputar air trejun yang ada di sukabumi yaitu curug cibeureum yang berlokasi di kawasan taman nasional gede pangrango kabupaten sukabumi.

Untuk harga tiket masuk sendiri pun cukup terjangkau, Untuk saat itu harganya 18.500 rupiah per orang.

Untuk menuju lokasi tersebut anda harus melewati area taman nasional gede dan jarak anatar air terjun dengan pintu masuk taman nasional adalah sekitar 500 meter.

Anda harus menempuh perjalannan tersebut dengan jalan kaki dan banyak juga di sediakan pos pos tempat untuk peristirahatan bagi pejalan kaki.

Objek Wisata Alam Curug Cibeureum Sukabumi

Objek Wisata Alam Curug Cibeureum Sukabumi

20. Tebing Panenjoan

Tebing panenjon berlokasi di daerah desa tamnajaya Kec ciemas sukabumi, jawa barat.

Nama panenjoan sendiri di ambil dari kata “tenjo” yang mempunyai arti lihat.

dari tempat tersebut anda bisa menikmati pemandangan daratan sukabumi dari atas tebing dengan ketinggian sekiatar 250 mdpl.

tebing panenjoan sukabumi. image by : @donilaksono

tebing panenjoan sukabumi. image by : @donilaksono

21. Objek Wisata Curug Cimarinjung Sukabumi

Curg cimarinjung merupakan wisata air terjun yang berloaksi di desa girmukti kecataman ciletuh sukabumi. curuk ini mempunyai ketinggian sekitar 45 meter dari dasar air.

utnuk menuju aksebilitas tempat ini pun tidak mudah, anda harus melewati pelabhuan ratu dan di lanjutkan menggunakan boat selama sekitar 30 menit dan di lanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak hingga samapi ke air terjun ini.

curug cimanjung sukabumi. image by : @donilaksono

curug cimanjung sukabumi. image by : @donilaksono

22. Liburan ke Pantai Citepus Sukabumi

objek wisata di kabupaten sukabumi selanjutnya adalah pantai cipetus yang berlokasi di daerah pelabuhan ratu sukabumi. Untuk harga tiket masuk ke pantai cipetus pada saat itu hanya sebesar 17.500 rupiah untuk hari biasa dan 20.000 rupiah untuk weekend ataupun hari libur.

Liburan ke Pantai Citepus Sukabumi

Liburan ke Pantai Citepus Sukabumi

23. Pantai Cikembang Sukabumi

Wisata selanjutnya adalah wisata pantai cikembang yang berlokasi di Cisolok kabupaten sukabumi. pantai ini tergolong pantai yang masih jarang di kunjungi dan masih alami.

Dilihat dari kondisi jalan menuju pantai ini yang masih berbatuan dan sepi yang membuat pantai ini menarik untuk di jelajahi.

Pantai Cikembang Sukabumi

Pantai Cikembang Sukabumi

24. Curug Sentral Kebandungan

Satu lagu curug di sukabumi yang masih alami, yaitu curug sentarl kebandungan yang berlokasi di Desa Jayanegara, Kecamatan Kebandungan Sukabumi.

Untuk menuju ke curug tersebut juga di perlukan sedikit perjuangan dengan melewati lembah dan perkebunan teh dengan berjalan kaki.

Perjalanan menuju air terjun tersebut pun mempunyai pemandangan yang indah yang dapat menghilangkan rasa lelah anda dalam berjalan.

curug sentral kebandungan sukabumi. image by : @gumelart

curug sentral kebandungan sukabumi. image by : @gumelart

25. Pantai Cipanarikan Sukabumi

Pantai cipanarikan merupakan pantai yang berlokasi di Ujung Genteng Sukabumi. Pantai ini mempunyai ciri khas dengan garis pantai dan mempunyai pasir pantai yang luas.

Pantai Cipanarikan Sukabumi

Pantai Cipanarikan Sukabumi

26. Pantai Amanda Ratu

Pantai Amanda Ratu Berlokasi di jalan Raya Ujung Genteng, Desa Purwasedar, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat.

Di pantai ini juga terdapat beberapa vila yang bisa anda sewa apabila anda ingin bermalam dan menikmati sunset di pantai amanda ratu.

Pantai Amanda Ratu

Pantai Amanda Ratu

27. Bukit Karang Numpang

Bukit Karang numpang yang berlokasi di Kecatamatan Guruh Sukabumi ini bisa anda jadikan sebagai tempat ngecamp.

Bukit Karang Numpang Sukabumi

Bukit Karang Numpang Sukabumi

28.  Ryzzy Azzahra Waterpark

Ryzzy Azzahra Waterpark Selabintana Sukabumi adalah salah satu Obyek Wisata yang ada di Sukabumi tepatnya di Jalan Salabintana KM 6 Karawang Sukabumi. Obyek Wisata ini luas awalnya sekitar 1.2 hektar dan sekarang sudah menambah lahan lagi sehingga semakin luas. Banyak Fasilitas menarik seperti water slide, Shocking adrenalin, Snow hill, Terowongan, kolam ember tumpah (waterboom) dan masih banyak yang lainnya. Rizzy Azzahra Waterpark sangat cocok sebagai tempat tujuan wisata di sukabumi. Kini Obyek Wisata Air Ryzzy Azzahra bisa memakai jalan masuk dari arah timur depan Perum Pesona Selabintana, jadi tidak harus masuk jalan ke karawang seperti sebelumnya selain jalannya yang kecil juga macet. Jalan masuk arah timur cukup besar dan cukup dekat.

 Ryzzy Azzahra Waterpark

Ryzzy Azzahra Waterpark

29. Waterboom Nagrak

Taman wisata waterboom nagrak sukabumi adalah  Taman wisata terbaru yang ada di suka bumi.disini anda bisa menikmati wahana koalm renang terbesar di suka bumi cibadak.dan waterboom tersebut mempunyai fasilitas lengkap seperti kolam ombak, kolam olyimpic 50 meter indoor, kaloam water slide, koalam emeber tumpah, Kolam tornado slide, Kolam adrenalin slide, Kolam Paus slide, Kolam sircle slide, musola, pendopo, kantin, tempat sewa ban, wahana permainan water ball dan terapi kesehatan

Waterboom Nagrak

Waterboom Nagrak

30. Liburan ke Pantai Cibongkok Sukabumi

Tempat wisata di Sukabumi yang layak untuk dikunjungi selanjutnya adalah pantai Cibongkok yang ada di Pesisir Selatan Sukabumi. Pantai ini berbatasan langsung dengan Provinsi Banten, lokasinya di pesisir pantai Sukabumi paling barat.

Liburan ke Pantai Cibongkok Sukabumi

Liburan ke Pantai Cibongkok Sukabumi

Jalan e pantai yang indah ini cukup rusak karena jalanan yang sudah bagus harus dilewati oleh mobil-mobil besar pengangkut batu sehingga jalanan menjadi hancur. Selain jalanannya yang kurang memadai, juga suasana di pantai  ini terasa tandus, gersang, dan jarang pepohonan.

Meskipun demikian, pantai ini tetap layak untuk kita masukan dalam daftar tempat wisata di Sukabumi yang indah, karena hamparan lautnya yang bersih dan berwarna biru kehijauan seakan menyejukkan mata. Disini, keadaan pantainya berupa batu. Bukan karang, tetapi benar-benar hamparan batu. Ukurannya macam-macam. Dari yang kecil sebesar kelereng, bola kasti, hingga sebesar melon. Warnanya, meski didominasi abu-abu, hitam, merah, biru, tetapi juga yang putih. Batu-batu ini seakan tidak ada habisnya diseroki penambang.

Bagaimana? Anda tertarik mengunjungi pantai Cibongkok saat liburan?

31. Berwisata ke Pantai ombak tujuh Sukabumi

Tempat wisata di Sukabumi selanjutnya adalah pantai ombak tujuh yang lokasinya ada di wilayah Jampang – di kawasan wisata Ujung Genteng. Kenapa dinamai pantai ombak tujuh? Konon menurut wisatawan asing yang pernah kesini, ombak di pantai ini bisa mencapai tujuh tingkat.

Berwisata ke Pantai ombak tujuh Sukabumi

Berwisata ke Pantai ombak tujuh Sukabumi

Nah, karena ombaknya yang sampai tujuh tingkat, makanya para wisatawan dari berbagai daerah dan negara menyukainya. Ombaknya yang besar sangat menantang untuk ditaklukan. Bagi anda yang suka kegiatan surfing, maka pantai ini harus masuk dalam daftar tempat wisata di Sukabumi yang akan anda kunjungi.

Memang untuk bisa mencapai pantai ini butuh perjuangan ekstra, kita harus melewati hutan serta tiga muara sungai dangkal, wah kayak lagi ninja hatori ya, “mendaki gunung lewati lembah, sungai mengalir indah ke samudra”. Tapi pesona keindahan yang ditawarkan pantai ini pasti akan membayar semuanya.

Bagaimana? Anda merasa tertantang?

32. Liburan Seru ke Pantai Cibuaya Sukabumi

Tempat wisata di Sukabumi yang sayang untuk kita lewatkan selanjutnya adalah pantai Cibuaya yang ada di kawasan wisata Ujung Genteng. Ujung Genteng sendiri memang terkenal memiliki banyak sekali tempat wisata yang unik dan menarik. Jika berkunjung ke kawasan wisata ini, anda bisa mampir ke Pantai Cibuaya. Disini anda bisa menikmati pantai yang begitu tenang dan sangat nyaman untuk bermain air dan berenang.

Liburan Seru ke Pantai Cibuaya Sukabumi

Liburan Seru ke Pantai Cibuaya Sukabumi

Sangat seru sekali rasanya kalau liburan ke pantai ini bersama keluarga atau orang-orang tercinta. Yuk, langsung meluncur ke TKP.

33. Rekreasi ke Pantai Karang Hawu Sukabumi

Masih berupa pantai, Sukabumi masih memiliki banyak pantai yang layak untuk kita kunjungi, Salah satu yang lainnya adalah pantai karang hawu yang lokasinya berjarak sekitar 75 km dari pusat kota.

Rekreasi ke Pantai Karang Hawu Sukabumi

Rekreasi ke Pantai Karang Hawu Sukabumi

Pantai yang ada di wilayah Pelabuhan Ratu ini memiliki pesona yang luar biasa. Sesuai dengan namanya hawu atau tungku, pantai karang hawu memang memiliki karang yang di sekitar pantainya yang berbentuk seperti tungku atau hawu.

Warga sekitarnya sendiri mempercayai kalau bukit kecil yang sekitar pantai ini keramat, karena dipercaya sebagai petilasan Nyi Roro Kidul. Terlepas dari cerita mistis tersebut pemandangan di Pantai Karang Hawu memang sangat keren.

Wisatawan dapat berenang, memancing, surfing, atau sekedar duduk santai di sekitar pantai. Tersedia fasilitas seperti hotel, mini market, warung makan, mushala, area parkir, peralatan surfing, kios souvenir, dan buah-buahan.

Pantai yang cukup lengkap ini layak anda masukan dalam daftar tempat wisata di Sukabumi yang akan anda kunjungi.

34. Liburan yang Asyik ke Curug Awang Sukabumi

Tempat wisata di Sukabumi selanjutnya adalah curug Awang yang lokasinya ada di Kecamatan Ciletuh. Curug atau air terjun yang masih perawan ini ketinggiannya mencapai 40 meter dengan bentuk melebar sepanjang 60 meter. Di musim kemarau air terjun hanya mengalir di pojokan tebing dengan posisi yang memang lebih rendah.

Liburan yang Asyik ke Curug Awang Sukabumi

Liburan yang Asyik ke Curug Awang Sukabumi

Tapi saat musim hujan, sepanjang tebing tersebut bisa dialiri air sehingga menampilkan penampakan layaknya air terjun Niagara. Air terjun ini memiliki pemandangan yang indah dan suasana yang segar. Air curug ini bersumber dari aliran sungai Ciletuh. Selain Curug ini ada 2 curug lain yaitu curug Puncak Manik dan curug Tengah yang berada satu aliran sungai Ciletuh.

Ternyata untuk menikmati keindahan niagara juga bisa kita dapatkan di Sukabumi ya.

35. Objek wisata Curug Cikaso Sukambui

Tempat wisata di Sukabumi selanjutnya adalah curug Cikaso yang lokasinya ada di Kampung Cinti Ds Cibitung Kec Cibitung. Wisatawan yang tertarik untuk menikmati keindahan curug ini harus melewati lembah yang agak jauh. Curug yang lokasinya tidak jauh dari kawasan wisata ujung genteng ini  wajib anda kunjungi jika anda mengaku sebagai pecinta alami, terutama untuk anda yang mengunjungi pantai ujung genteng, setelah menikmati liburan di kawasan wisata pantai ujung anda bisa mengunjungi curug ini.

Objek wisata Curug Cikaso Sukambui

Objek wisata Curug Cikaso Sukambui

Untuk mencapai air terjun ini, dari tempat parkir wisatawan bisa menggunakan perahu atau dengan berjalan kaki. Air terjun ini lumayan tinggi sekitar 30-an meter dengan debit air yang deras plus kolam alami berwarna biru kehijauan yang menawan.

36. Liburan Seru ke Curug Cigangsa Sukabumi

Selain curug cisako, anda juga bisa mengunjung curug cigangsa yang ada di Dusun Batusuhunan Desa Surade Kec Surade Sukabumi. Wisatawan yang ingin mengunjungi curug ini harus menaiki perahu, curug ini juga dinamai curug luhur ini memiliki tiga tingkat dan terbentuk akibat gempa yang mengakibatkan longsor.

Liburan Seru ke Curug Cigangsa Sukabumi

Liburan Seru ke Curug Cigangsa Sukabumi

Curug yang memiliki debit kecil karena dibendung untuk irigasi ini memiliki keunikan berupa dinding batunya yang berwarna kehitaman dan sebuah batu bernama Batu Masigit, atau Batu Masjid. Di sini kamu bisa menikmati keindahan curug dari dua arah, yakni dari atas dan dari bawah. Pada masa penjajahan lokasi di sekitar curug ini sering digunakan untuk tempat bersembunyi para pejuang karena lokasinya yang tersembunyi dan dianggap aman.

37. Mengunjungi Curug Sentral Kabandungan nan Eksotis

Tempat wisata di Sukabumi selanjutnya adalah Curug Sentral Kabandungan. Curug ini terdapat di Desa Jayanegara, Kecamatan Kebandungan Sukabumi. Untuk menuju ke curug tersebut juga di perlukan sedikit perjuangan dengan melewati lembah dan perkebunan teh dengan berjalan kaki. Perjalanan menuju air terjun tersebut pun mempunyai pemandangan yang indah yang dapat menghilangkan rasa lelah anda dalam berjalan.

Mengunjungi Curug Sentral Kabandungan nan Eksotis

Mengunjungi Curug Sentral Kabandungan nan Eksotis

38. Nyebur ke Curug Sodong yang Adem

Selanjutnya, ada Curug Sodong atau Curug Penganten yang bisa anda jadikan tempat untuk ngedem sejenak. Lokasi curug ini ada di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Aksesnya terbilang baik dengan jalan yang sudah beraspal. Saat mengunjungi tempat ini kamu akan disuguhkan pemandangan sawah yang masih sangat asri.

Nyebur ke Curug Sodong yang Adem

Nyebur ke Curug Sodong yang Adem

Curug ini juga sudah cukup terkenal, dan sering dijadikan tempat untuk camping, curug ini memiliki kolam yang indah dibawahnya dan asyik untuk mencebur diri, namun kita  harus tetap berhati-hati. Kontur tanah di dalam kolam tidak rata yang membuatnya cukup berbahaya jika tidak mahir betul berenang.

39. Wisata Seru ke Curug Bibijilan Sukabumi

Tempat wisata di Sukabumi selanjutnya adalah air terjun atau curug Bibijilan yang terletak di Kampung lebak nangka Kecamatan Nyalindung Kabupaten sukabumi. Curug ini masih terlihat alami dan mempunyai air yang jernih. untuk menuju ke lokasi ini anda harus melewati jalan setapak dengan berjalan kaki.

Wisata Seru ke Curug Bibijilan Sukabumi

Wisata Seru ke Curug Bibijilan Sukabumi

Air terjun ini yang memiliki ketinggian 100 meteran ini memiliki air yang dingin serta berwarna hijau tosca. Air terjun bibijilan ini masih masuk dalam kawasan wisata Buni Ayu. Air terjun ini bertingkat-tingkat dan setiap tingkatannya dapat didaki hingga puncaknya. Jika musim hujan tiba, Curug Bibijilan tidak diperbolehkan untuk dikunjungi karena debit airnya yang tinggi dan cukup deras. Curug ini juga sering digunakan sebagai arena panjat tebing dan flying fox.

40. Mengintip Curug Cirajeg yang Tersembunyi

Tempat wisata di Sukabumi selanjutnya adalah air terjun Cirajeg yang masih belum terjamah dan masih asing, bahkan bagi warga Sukabumi sendiri. Air terjun ini terletak di tengah-tengah sawah membuat Curug Cirajeg terbilang unik dan mengesankan.

Mengintip Curug Cirajeg yang Tersembunyi

Mengintip Curug Cirajeg yang Tersembunyi

Dari Kota Sukabumi, air terjun ini bisa dicapai dalam 2 jam. Karena lokasinya yang agak ‘menyuruk’ memaksa siapa saja yang mau mengunjunginya harus memiliki fisik yang cukup prima. Lokasinya yang tersembunyi terkadang membuat wisatawan agak kebingungan, namun jangan khawatir, sembari menyusuri jalan setapak kita akan disuguhkan oleh pemandangan alam khas Jawa Barat yang sungguh menawan.

41. Curug Gentong nan cantik dan menawan

Selanjutnya, anda bisa mengunjungi air terjun atau Curug Gentong yang memiliki lain Curug Tilu Waluran alias Curug Susun. Air terjun ini lokasinya ada di Kampung Cibalok, kecamatan Waluran, kabupaten Sukabumi. Di sini traveler akan dihibur oleh air terjun tingkat tiga yang cantik.

Curug Gentong Sukabumi nan cantik dan menawan

Curug Gentong Sukabumi nan cantik dan menawan

Tiap tingkat air terjun ini diberi nama yang berbeda, dimana nama air terjun tingkat mulai dari yang paling atas bernama Curug Gentong, Curug Kerut, dan Curug Goong. Meski lokasi curug ini berada di dekat jalan raya tapi belum banyak traveler yang berkunjung ke sana.

42. Melihat keindahan danau batu bacan Sukabumi

Tempat wisata di Sukabumi selanjutnya adalah danau batu bacan yang terdapat di Ds. Bojongharjo, Kec. Cikembar sukabumi. danau ini mempunyai karakteristik air yang berwarna hijau. Danau ini dahulunya merupakan pertambangan batu yang dikelola warga sekitar.

Melihat keindahan danau batu bacan Sukabumi

Melihat keindahan danau batu bacan Sukabumi

Air hujan dan mata air di sekitar cekungan ini akhirnya terisi air, dan kini sudah menggenanginya dan membentu danau indah. Uniknya danau Bacan tersebut tidak memiliki air resapan yang keluar dari bebetauan yang ada di sekellingnya, Air yang berada di danau tersebut adalah air hujan yang tertampung dari tahun-tahun sebelumnya.

43. Berendam di Pemandian air panas Cisolok Sukabumi

Tempat wisata di Sukabumi selanjutnya adalah pemandian air panas Cisolok. Objek wisata pemandian air panas ini sangat cocok untuk anda yang sedang kelelahan, karena dengan berendam di air panas maka aliran darah akan menjadi lancar dan akan mengembalikan semangat dan energi tubuh.

Berendam di Pemandian air panas Cisolok Sukabumi

Berendam di Pemandian air panas Cisolok Sukabumi

Wisata air panas Cisolok memiliki keistimewaan berupa menyemburnya air dari tiga titik semburan air panas. Suhu air cukup tinggi, kurang lebih 80 derajat celcius. Lokasi dapat dijangkau dalam waktu kurang lebih 10 menit dari Pantai Pelabuhan Ratu melalui Jl. Cipatuburan Pelabuhanratu.

44. Gua Lalay Sukabumi Jawa Barat

Tempat wisata di Sukabumi selanjutnya berupa objek wisata alam. Gua Lalay terletak tidak jauh dari bibir pantai Pelabuhan Ratu. Dari Gua Lalay, Anda bisa menyaksikan keindahan sinar matahari tenggelam bila Anda sudah berada di bibir gua.

Gua Lalay Sukabumi Jawa Barat

Gua Lalay Sukabumi Jawa Barat

Di dalam gua Anda bisa melihat berbagai bentuk stalakmit dan stalaktit yang masih menitikkan air. Di dalam Gua Lalay terdapat sungai bawah tanah yang sering digunakan oleh penduduk setempat memancing udang. Lokasi bisa dijangkau dalam waktu 1-2 jam melalui Jl. Nasional III dan Jl. Pelabuhan II

45. Taman nasional gunung halimun salak Sukabumi

Tempat wisata di Sukabumi selanjutnya adalah Taman nasional gunung halimun salak. Taman nasional gunung halimun salak ini memiliki luas sekitar 113.357 hektar. Lokasinya ada di jalan Raya Cipanas, Kecamatan Kabandungan sukabumi.

Taman nasional gunung halimun salak Sukabumi - tempat wisata di Sukabumi

Taman nasional gunung halimun salak Sukabumi

Hutan lindung ini memiliki banyak sekali air terjun dan sungai yang mengalir dengan indah dan jernih sehingga sangat asyik untuk dijadikan tempat rekreasi bersama keluarga tercinta. Hutan ini jugasering di jadikan sebagai kawasan bumi perkemahan dan juga kegiatan outbound. Kegiatan pembuatan video komersil dan juga penilitian juga sering di lakukan di kawasan ini. Taman Nasional ini adalah yang terbaik dan satu-satunya yang mempunyai hutan lengkap di Pulau Jawa.

Berbagai hewan langka yang dapat dilihat di TNGH seperti owa (Hylobates moloch), surili (Presbytis comata), macan tutul (Panthera pardus), dan elang jawa (Spizaelus barteisi).

46. Taman rekreasi Danau Lido Sukabumi

Tempat wisata yang terakhir dari kami adalah Taman rekreasi Danau Lido. Taman ini lokasinya ada di Jalan Raya Sukabumi, Desa Wates Jaya, Kecamatan Cijeruk, Jawa Barat.  Letak taman rekreasi ini diapit oleh dua gunung yaitu Gunung Salak dan Gunung Gede Pangrango. 

Taman rekreasi Danau Lido Sukabumi

Taman rekreasi Danau Lido Sukabumi

Untuk bisa masuk, wisatawan dikenakan tiket masuk. Harga tiket masuk taman rekreasi danau lido ini yaitu sebesar Rp. 5.000 rupiah per orang, danau Lido menawarkan panorama yang indah.  Selain itu, Taman Rekreasi Danau Lido menawarkan permainan outbond seperti flying fox serta terjun payung, aeromodeling, paramotor dan tak ketinggalan paralayang.  Selain itu tersedia pula fasilitas tempat makan rumah terapung.

Bagaimana? Anda tertarik untuk berwisata ke sukabumi jawa barat? Silahkan tentukan, kira-kira mana saja tempat-tempat yang akan anda kunjungi. Siapkan juga budget yang sesuai. Itulah 46 Tempat Wisata di Sukabumi Jawa Barat yang menarik dikunjungi dari kami, semoga liburan anda menyenangkan. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya agar yang lain juga tahu destinasi wisata di sukabumi yang menarik dikunjungi. Baca juga 25 Tempat Wisata di Bangkok Thailand Favorit dan Populer Dikunjungi

loading...

19 Comments

  1. Pingback: Wisata Indonesia Jawa Tengah » ARBATTUTA January 7, 2018

Leave a Reply

error: Content is protected !!