Liburan Seru ke Objek Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo Jogja

Wisata Kalibiru Jogja – Jogja, Kota dengan sejuta cerita menyenangkan yang ada di dalamnya. Jogja memiliki sejuta pesona yang tidak akan habis sampai kapanpun. Jogja sangat kaya, kaya dengan budaya, pendidikan, kuliner, tempat-tempat indah sampai objek wisata yang mendunia.

Ada banyak sekali tempat wisata di Jogja yang wajib kita kunjungi. Salah satu yang sedang booming baru-baru ini karena ketimban untung adalah wisata kalibiru Kulon Progo. Selama ini Kulon Progo mungkin tidak terlalu dikenal objek wisatanya.

Berkat salah seorang artis mengupload foto saat liburan di objek wisata kalibiru Jogja di akun instagram pribadi miliknya, kini objek wisata Kalibiru Kulon Progo menjadi salah satu destinasi wisata Jogja yang wajib dikunjungi. Selain karena keindahan alamnya yang menawan juga karena berbagai fasilitas yang sudah disediakan.

Kali ini Tempatwisataseru.com akan mengajak anda untuk liburan di objek wisata alam Kalibiru Jogja yang sayang untuk dilewatkan.

Desa dan Hutan Wisata Kalibiru Jogja

Hutan Kalibiru lokasinya ada di area Perbukitan Menoreh. Karena berada di kawasan perbukitan dengan ketinggian sekitar 450 Mdpl membuat kawasan Kalibiru Kulon Progo ini memiliki udara yang sejuk serta masih segar karena belum tercemar oleh polusi udara.

Hutan milik pemerintah ini kini dikelola oleh masyarakat sekitar dan dijadikan sebagai objek wisata alam dan wisata edukasi. Bagi anda yang tertarik untuk menikmati keindahan objek wisata alam Kalianget Kulon Progo sebaiknya mempersiapkan fisik anda terlebih dahulu. Karena tidak lengkap rasanya kalau ke Kalibiru anda tidak mencoba jalur trekking.

Lokasi Objek Wisata Alam Kalibiru Jogja

Lokasi objek wisata alam Kalibiru ini ada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo. Hutan wisata ini hanya berjarak sekitar 40 km dari pusat kota jogja. Objek wisata ini berdekatan dengan wisata Waduk Sermo. Karena perjalanan yang akan kita lalui menanjak sebaiknya gunakan kendaraan ber-cc besar.

Lokasi tepatnya, Hutan Kalibiru ada di Jl. Sermo-Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Desa Wisata kalibiru

Desa Wisata kalibiru

Rute Menuju Wisata Alam Kalibiru Jogja

Untuk menuju lokasi, perjalanan akan memakan waktu sekitar 1-1,5 jam dari kota Jogja atau sekitar 45 km. Berikut ini beberapa rute yang bisa anda lalui untuk menuju ke Kalibiru Kulon Progo:

Rute Sermo ke Kalibiru Kulon Progo

Rute yang pertama ini menjadi jalur favorit yang sering dilalui oleh wisatawan yang datang, yaitu jalur Sermo. Jalur ini menjadi favorit karena wisatawan juga dapat melihat pemandangan Bendungan Sermo yang menawarkan pemandangan alam yang indah.
Jalur sermo kalau dari arah Jogja lebih cepat ditempuh via Sentolo – Pengasih – Alun Alun Wates – RSUD Wates – Beji – Sermo – Kalibiru. Caranya kalau dari kota Jogja, setelah melewati jembatan Bantar (3 jembatan panjang berjajar), sekitar 3 km terdapat stasiun Sentolo, ikuti plang ke arah kanan menuju Pengasih – Wates.

Rute Clereng ke Kalibiru Kulon Progo

Selain melalu jalur Sermo, Jalur Clereng juga bisa anda lalui untuk menuju ke Kalibitu. Rute ini relatif lebih mudah juga lebih cepat karena jalanan yang kita lalui tidak seberat jalur Sermo.
Untuk rute yang kita tempuh dari kota Jogja, ambil jalur sama Sentolo – Pengasih, bedanya sesampainya di perempatan ambil ke arah kanan menuju Clereng – Kalibiru. Perhatikan jangan sampai kebablasan. Sesampai di pasar (kecil) Clereng sekitar 300 meter terdapat jembatan yang terletak persis di tikungan. Selepas jembatan jarak sekitar 20 meter terdapat plang kecil yang memberi instruksi (petunjuk arah) belok arah kiri menuju Kalibiru.

Melalui Malioboro

Wisatawan juga bisa melalui Malioboro,lalu ambil jalur yang menuju purworejo, lalu Kamu ikuti aja jalanan itu sampai terminal Wates. Sesampainya di terminal, lihat penunjuk jalan atau plang yang menuju ke arah waduk Sermo. Lalu ikuti seperti rute di atas.

Harga Tiket Masuk Kalibiru Jogja

Untuk bisa menikmati fasilitas dan wahana di hutan Kalibiru Kulon Progo kita harus membayar tiket masuk hanya Rp 5000 saja dan parkir motor sebesar Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000.

Fasilitas Objek Wisata Alam Kalibiru Jogja

Berbagai fasilitas pendukung untuk liburan seru ada disini, diantaranya adalah area parkir yang luas, kios makanan, fasilitas mck, pendopo, homestay, camping ground, serta fasilitas outbond.

Untuk menikmati pemandangan dengan spot terbaik kita harus naik menara pandang di atas pohon. tiap pengunjung yang ingin berfoto di tempat tersebut membayar biaya tambahan sebesar Rp 10.000.

Fasilitas lain yang bisa pengunjung nikmati adalah gardu pandang yang ada diberbagai tempat untuk menikmati pemandangan utama menghadap Waduk Sermo. Saat pagi hari wisatawan bisa menyaksikan Sermo yang berselimutkan kabut, sedangkan saat senja pemandangan mentari yang terbenam di barat akan menjadi penutup hari yang sempurna.

Untuk homestay atau pondok wisata disini ada  6 buah dan masing-masing dapat menampung 10 – 15 orang. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 120.000 per malam untuk satu pondok. Karena itu tempat ini kerap dijadikan lokasi makrab, gathering, bahkan retreat.

Fasilitas lain seperti cottage dan pendopo juga disewakan. asumsi harga untuk cottage berkisar antara Rp. 120-125 ribu. Pendopo Rp. 150 ribu, makan Rp. 10 ribu/satu kali makan

Gardu Pandang Wisata Kalibiru Kulonprogo

Gardu Pandang Wisata Kalibiru Kulonprogo

Kuliner Lezat di Objek Wisata Kalibiru Jogja

Kalau anda liburan ke Kalibiru Kulon Progo, tidak perlu khawatir akan kelaparan, karena sudah ada banyak penjual makanan, baik ringan maupun makanan berat yang bisa anda santap. Di sekitar objek wisata Kalibiru sudah ada warung yang didesain seperti kafe yang berada di pintu masuk setelah halaman parkir, hingga warung lesehan yang terletak diturunan setelah gardu pandang bukit pertama, dan setiap 50 meter bisa dengan mudah ditemukan penjaja makanan ringan hingga sayur lontong dan nasi lauk serta Mie Ayam Pangsit. Soal harga anda tidak perlu khawatir karena sangat terjangkau.

Foto Aktivitas Seru di Kalibiru Jogja

Berikut ini beberapa aktivitas seru yang bisa anda lakukan di objek wisata alam Kalibiru Kulon Progo:

Wisata Alam Kalibiru Kulonprogo

Wisata Alam Kalibiru Kulonprogo

Objek Wisata Alam Kalibiru Kulonprogo

Objek Wisata Alam Kalibiru Kulonprogo

Wisata Alam Kalibiru

Wisata Alam Kalibiru

Olahraga flying fox 

Tidak ada salahnya untuk menguji adrenalin anda disini, silahkan coba flying fox, dennga pilihan 50 meter dan 85 meter. Untuk sekali meluncur, wisatawan dikenakan biaya Rp. 10 ribu bagi dewasa, dan Rp. 5 ribu untuk anak-anak. Sarana flying fox, saat ini baru bisa dibuka setiap hari Minggu jam 08.00-16.00 WIB.

Olahraga flying fox

Olahraga flying fox

Kegiatan Trekking

Kegiatan trekking menjadi salah satu aktivitas seru yang tidak boleh dilewatkan, berbagai rute dan medan disediakan disini, ada yang 1,5 km, 3 km, 5 km, dan 7 km. Khusus untuk trek 7 km, Anda bisa melihat Waduk Sremo dari jarak dekat. Saat treking melalui jalan setapak, sewaktu-waktu Anda bisa melihat bermacam hewan langka seperti Elang Jawa, ayam Alas, Landak, Celeng, bahkan Harimau Jawa serta Harimau Kumbang.

Kegiatan Trekking di Kalibiru

Kegiatan Trekking di Kalibiru

Jembatan monyet kalibiru

Satu lagi wahana yang mesti anda cobain, yaitu jembatan monyet.

Jembatan monyet kalibiru Jogja

Jembatan monyet kalibiru

Akomodasi di Sekitar Kalibiru Jogja

Bagi wisatawan yang ingin menghabiskan waktu dengan menikmati sunset dengan menginap di dalam area dan sekitar lokasi juga tersedia penginapan jenis wisma dan homestay yang dikelola warga setempat. Harga homestay menurut salah satu penjaga yang dihubungi Admin, sekitar Rp 250 ribu.

Hubungi Pengelola

Untuk informasi lebih jelas dan lengkap sebaiknya anda menghubungi pihak pengelola terutama bagi anda yang akan menginap, silahkan hubungi Parjan di no HP 081392023122.

Bagaimana? Anda tertarik untuk liburan bersama orang tercinta ke objek wisata alam Kalibiru Jogja? Jangan lewatkan juga: 41 Tempat Makan Enak di Jogja.

No Responses

  1. Pingback: Tempat wisata Kulon Progo – Judul Situs September 10, 2016

Leave a Reply

error: Content is protected !!