CURUG PULOSARI: Rute Lokasi, Harga Tiket Masuk, Fasilitas Dll

Curug Pulosari – Ketika kita menyebut kata Yogyakarta, banyak sekali persepsi yang muncul, mulai dari daerah istimewa, beragam budaya dan adat istiadat, surganya turis mancanegara, surganya kuliner, dan yang tak kalah bekennya yaitu tempat wisata yang menarik dan mendunia seperti parangkritis, malioboro, serta masih banyak lagi.

Saat ini dunia pariwisata jogja semakin lengap dengan bermunculan destinasi wista baru salah satunya berupa air terjun. Bantul merupakan kecamatan yang menghasilkan tempat wisata baru terbanyak di Yogyakarta saat ini. Potensi wisata alam bantul terus di gali dan dimanfaatkan salah satu potensi alam terbaru adalah Curug Pulosari.

Letak Curug pulosari sekitar 45 menit sampai 1 jam dari pusat kota jogja dalam waktu normal, dengan rute yang cukup mudah, karena banyak terdapat rut petunjuk jalan menuju lokasi ini. Air terjun ini cukup curam karena terletak di bawah jurang.

Nama curug pulosari sendiri diambil dari kata curug yang berart air terjun berukuran kecil dan pulosari adalah naman daerah. Sehingga curug pulosari adalah air terjun kecil yang terletak di desa Pulosari. Meskipun terbilang air terjun berukuran kecil namun tempat ini sangat indah dengan pesona alam terbuka dan pepohonan hijau yang tumbuh rimbun disekitarnya serta gemericik airnya mengalir jernih membuat yang datang merasakan kedamaian dan ketenangan.

Tempat ini memang cocok bagi anda yang membutuhkan penyegaran dan ketenangan dari padatnya rutinitas yang tiada henti di perkotaan. Selain itu bagi anda yang menyukai atau hobi traveling tempat ini wajib anda kunjungi karena memang lokasinya sangat memacu adrenalin.

Bagi anda pecinta fotografi juga bisa menyalurkan hobi anda di tempat ini, berbagai spot alamnya sangat menarik serta letak air terjun yang dibawah jurang ini jika diabadikan menggunakan kamera hasilnya sangat menakjubkan. Foto preweding dengan nuansa alam juga sangat cocok disini lho.

Curug Pulosari via Alodiatour

Curug Pulosari via Alodiatour

Lokasi Curug Pulosari

Curug pulosari hanya berjarak 45 sampai 1 jam perjalanan menggunakan motor dari pusa kota jogja, dengan rute yang mudah dijangkau, serta jalan yang bagus dan layak.  Untuk bsa samai kelokasi anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor serta naik kendaraan umum seperti bus. Anda bisa mengikuti petunjuk jalan atau menggunakan map.

Lokasi tepat curug pulosari itu sendiri adalah di jalan Krebet, sedangsari, kecamatan  pajangan, kabupaten  Bantul, Daerah istimewa Yogyakarta 55751.

Rute Menuju Lokasi Curug

Loading...

Meski terbilang baru dan tempatnya masih sepi dan tenang namun rute menuju curug pulosari terbilang mudah degan banyaknya papan petunjuk arah. Anda bisa mengikuti petunjuk dari maps yang ada di ponsel pintar anda atau mengikuti petunjuk jalan berikut :

Petunjuk arah ini dimuali dari pusat kota Jogja ambil jalur barat menuju jalan KH.Ahmad Dahlan, kemudian jalan lurus terus hingga melewati jalan wates, jalan terus sampai menemukan perempatan lalu  ambil jalur ke selatan menuju jembatan gamping yang berada di di jalan Ringroad barat.

Jalan terus hingga menemukan pertigaan dan ambil jalur ke selatan menuju jalan Nasional III, lalu jalan lurus terus hingga menemukan perempatan dan ambil jalur menuju selatan menuju ke jalan Rindang jalan terus sampai menemukan pertigaan ambil jalur menuju barat menuju ke jalan Bibis raya, lalu jalan lurus terus menuju jalan Bangunjiwo jalan terus sampai ke jalan Bibis.

Setelah sampai di jalan Bibis anda akan menemukan perempatan ambil jalur menuju jalan pandu Dewinto, jalan terus sampai anda menemukan papan nama yang bertuliskan curug Pulosari.

Ikuti saja petunjuk jalan tersebut maka anda tidak akan tersesat. Jarak pusat kota Jogja dan Curug Pulosari adalah sekitar 15.7 km dengan waktu tempuh sekitar 45 sampai 1 jam waktu normal menggunakan motor.

Kunjungi juga yuk: wahana Seru & Info Harga Tiket Masuk Jogja Bay

Wisata Air Terjun Jurang Pulosari Bantul via Viewjogja

Wisata Air Terjun Jurang Pulosari Bantul via Viewjogja

Harga Tiket Masuk ke Curug Pulosari

Baerah Bantul, Yogyakarta memang terus di gali potensi alamnya yang baru, salah satunya Curug Pulosari ini yang tengah banak dibicarakan orang karena keindahan alam serta air terjunnya yang unik yang terletak di bawah jurang ini  terus berseliweran di instagram.

Banyak pengunjung yang penasaran dengan tempat ini hingga rela datang dari jauh untuk menikmati keindahan alamnya dengan gemericik airnya yang tenang dan jernih.

Untuk bisa masuk ke tempat ini sangat murah, biaya tiket juga hanya digunakan untuk perawatan lokasi saja. Anda hanya perlu membayar Rp.2000 untuk bisa masuk dan menikmati keindahan alam beserta air terjunnya. Sangat murah bukan ?

Tarif Parkir Curug

Curuk pulosari yang merupakan tempat wisata berupa air terjun dengan spot-spot menantang yang bisa digunakan untuk panjat tebing ini juga menyediakan area parkir yang luas dan aman.

Para warga khususnya pemuda karang taruna turut membantu merapikan dan mengamankan kendaraan pribadi para pengunjung dengan tarif untuk kendaraan roda empat atau mobil Rp. 5000 dan kendaraan roda dua atau motor Rp. 2000.

Dengan memarkirkan kendaraan anda di tempat yang telah disediakan  oleh petugas demi keamanan kendaraan anda. Hindari parkir di sembarang tempat karena curug pulosari ini masih sepi takutnya ada tangan jahil yang mengambil kendaraan anda.

Fasilitas di Curug Pulosari

Bagi para pengunjung yang ingin mengunjungi curug pulosari tak perlu khawatir dengan fasilitas yang disediakan, meski hanya swadaya masyarakat namun fasilitasnya lumayan lengkap.

Karena tempat ini masih baru dan belum di kelola secara optimal oleh pemerintah daerah setempat jadi memang masih membutuhkan banyak perawatan dan pembangunan, namun warga sekitar tetap berusaha memberikan fasilitas dan pelayanan terbaik bagi para pengunjung.

Berikut beberapa fasilitas yang ada di curug pulosari :

  • Area parkir yang luas dan aman serta tersusun rapi
  • Kamar mandi yang dibuat swadaya masyarakat namun cukup layak dengan tarif RP. 2000 sekali pakai
  • Ruang ganti baju bagi anda yang ingin bermain air bisa berganti baju di tempat ini
  • Penyewaan ban renang bagi anda yang tidak mahir berenang di anjurkan enyewa ban demi keselamatan anda
  • Kursi-kursi dari bambu bisa digunakan oleh pengunjung untuk duduk-duduk santai sambil beristirahat dan menikmati pemandangan alam
  • Gazebo bisa digunakan pengunjung untuk rehat atau meletakkan barang bawaan dan menikmati makanan dan minuman yang di bawa
  • Warung makan juga tersedia di sini untuk anda yang tidak membawa bekal tak perlu takut kelaparan
  • Warung oleh-oleh khas jogja juga bisa anda beli di tempat ini
  • Tempat sampah juga disediakan oleh petugas untuk menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan wisata.

Jangan lewatkan: 27 Objek Wisata Curug di Jogja yang Wajib Anda Sambangi

Jam Operasional Curug

Untuk jam buka di area wisata curug pulosari adalah pukul  07.00 WIB dan di tutup pada pukul 18.00 wib. Karena areanya yang masih sepi dan hutan sebaiknya jangan berada di tempat ini terlalu malam, ikuti peraturan yang telah di tetapkan petugas yakni jam 6 sore para pengunjung harus sudah meninggalkan tempat ini, demi menjaga keselamatan para pengunjung.

Pesona Keindahan Air Terjun Pulosari

Curug pulosari berada di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Keindahan alam Curug Pulosari memang layak dikunjungi para wisatawan.  Letaknya di dasar jurang dan air yang jatuh membentuk tirai putih yang indah menambah keunikan dan daya tarik  curug pulosari.

Setelah melewati jalan kota jogja kira-kira sejauh 15,7 km dan memakan waktu 45 sampai 1 jam perjalanan menggunakan motor dengan lalu lalang kendaraan normal kita tiba di area parkir curug puloasri, dimana kendaraaan roda dua dan roda empat terparkir rapi di sana.

Setelah membayar 2000 rupiah kita tinggal berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang sudah disediakan di sepanjang perjalanan menuju air terjun kita disambut oleh pepohonan rimbun, nyanyian burung, nyanyian jangkrik khas alam bebas yang selama ini tidak kita temukan di kota, serta lalu lalang para pengunjung lain.

Sesampainya di area air terjun kita bisa melihat air terjun yang letaknya di bawah jurang, namun mesti letaknya dibawah jurang tak perlu khawatir membawa anak-anak karena tempatnya cukup ramai dan aman.

Sepanjang perjalanan menuju air terjun di bawah jurang cukup seru, dimana kita menuruni sebuah jurang, menyusuri hutan jati, menyeberangi sungai, hingga sampai di tempat yang kita tuju yaitu air terjun curug pulosari yang terlihat seperti  tirai putih yang indah.

Ketinggian air terjun ini terbilang sedang hanya sekitar 5 sampai 7 meter saja, dengan air yang jatah sangat indah yang berada di bawah jurang dan di sambut kolam kecil di bawahnya yang bisa digunakan untuk mandi, berenang atau hanya sekedar berendam, serta bebatuan alamnya menambah keindahan tempat ini, bagi anda yang tidak mahir berenang disediakan juga tempat penyewaan ban atau pelampung.

Spot ini sangat cocok untuk berfoto selfi atau bersama keluarga, selain itu foto preweding dengan konsep alam terbuka juga sangat cocok dilakukan di tempat ini.

Jika lelah berjalan menyusuri jurang anda bisa beristirahat sambil duduk-duduk di bawah rimbunnya pohon jati. Bagi anda pecinta petualangan juga sangat cocok datang ke tempat ini karena memang curug Pulosari ini terletak di wilayah dengan geografis curam dan terjal serta menurun dan berkelok, sangat menantang adrenalin.

Pada musim penghujan Volume air di tempat ini cukup banyak dan mampu mengalir secara maksimal dan keasliannya dapat dilihat dengan jelas, namun jika anda datang pada musim kemarau volume air sedikit berkurang, namun tetap mengalir indah namun dengan jumlah air yang sedikit, namun pesona curug pulosari tetap terlihat indah di musim kemarau meski tak seindah pada saat musim penghujan.

Oleh sebab itu anda di anjurkan datang ke Curug Pulosari pada musim hujan namun di hari yang cerah, dimana anda dapat melihat keaslian dari air terjunnya yang mengalir menyerupai tirai putih yang indah.

Tempat wisata ini tak hanya menyuguhkan keindahan air terjun dan pemandangan di sekitarnya saja, disediakan juga tempat kegiatan olah fisik yang menantang adrenalin, seperti panjat tebing dan turun tebing yang dbuat di perbukitan tepatnya sebelah barat air terjun.

Bagi anda yang berasal dari luar kota bahkan luar pulau dan luar negeri tak perlu takut nyasar karena disediakan pula jasa tour guide. Tour guide ini biasanya berasal dari warga sekitar yang akan membantu memandu anda menikmati indahnya curug  pulosari.

Anda juga bisa membeli dari warga sekitar peralatan outbond yang anda perlukan. Selain itu bagi anda yang ingin menginap disekitar curug pulosari juga disediakan homestey di desa wisata krebet.

Keistimewaan Air Terjun Pulosari

Berikut beberapa keistimewaan curug keren di Jogja ini:

  • Pemandangan air terjun yang memukau
  • Wisata alam bawah jurang yang memukau
  • Pemandangan alam sekitar yang indah dan masih asri
  • Air terjunnya jernih dan berwarna hijau dengan debit air yang maksimal
  • Sebagai tempat merefreskan pikiran yang baik
  • Curug pulosari memiliki hiburan lain seperti panjat tebing
  • Memiliki spot foto yang cantik dan cocok dijadikan tempat foto preweding
  • Menyedakan jasa tour guide sebagai pemandu anda menikmati keindahan curug pulosari
  • Menyediakan homestey bagi anda yang ingin bermalam atau menginap di curug pulosari

Tips Liburan

Agar liburanmu makin seru, silahkan simak beberapa tips liburan ke curug yang satu ini:

  • pastikan kondisi tubuh anda dalam keadaan fit karena perjalanan menuju curug pulosari lumayan berliku, menanjak, curam dan terjal
  • pastkan kondisi kendaraan anda baik dan siap melakukan perjalanan jauh
  • sebaiknya bawa makanan dan minuman sendiri
  • pastikan anda datang di waktu yang tepat yaitu mulai pukul 7 pagi hingga 6 sore
  • jangan terlalu malam berada di air terjun karena lokasinya yang masih sepi dan hutan cukup mencekam di malam hari
  • jika ingin melihat keaslian air terjun secara maksimal sebaiknya datang pada musim penghujan namun di hari yang cerah
  • tetap patuh dan taat pada peraturan yang di buat oleh petugas
  • buanglah sampah pada tempatnya sebagai upaya anda membantu menjaga kebersihan dan keindahan alam kita.
  • Jika anda membawa anak-anak dan tidak mahir berenang sebaiknya sewa ban yang sudah disediakan di sana
  • Pastikan anda membawa handuk, baju ganti bagi anda yang ingin bermain air
  • Siakan pula peralatan kesehatan dan minyak angin

****

Demikianlah artikel mengenai curug pulosari yang indah dah dan asri. Dimana keindahan air terjun yang turun menyerupai tirai putih yang indah ini bisa anda nikmati secara maksimal di musim penghujan, dimana debit air banyak. Nah bagi anda yang belum berkunjung ke tempat ini bisa jadikan tempat ini tujuan berikutnya lho. Selamat berkunjung.

Jangan Lewatkan juga: Liburan Seru ke Desa Wisata Tembi Bantul

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!