27 Objek Wisata Curug di Jogja yang Wajib Anda Sambangi Waktu Liburan!

Air Terjun di Jogja – Kalau bicara tentang Jogja rasanya tidak ada habisnya ya. Provinsi yang merupakan daerah Istimewa ini memiliki banyak tempat-tempat teristimewa dan sayang untuk kita lewatkan.

Beberapa waktu lalu Tempatwisataseru.com sudah mereview tempat wisata di Jogja yang menarik untuk kita kunjungi.

Selain itu, kami juga sudah merekomendasikan untuk anda tempat makan di Jogja yang rasanya wah sekali. Karena memang, selain terkenal seabgai kota pelajar, Jogja juga dikenal seabgai daerah asal banyak kuliner yang enak-enak, dengan harga murah tentunya.

Nih, salah satu tempat belanja, makan dan foto-foto: Jalan Malioboro Jogja, Tempat Wisata Paling Melegenda dan Mendunia

Daftar Air Terjun di Jogja yang Asyik Buat Nyebur

Nah, kali ini kami akan mengajak anda mengunjungi air terjun yang kecen dan asyik buat ngadem. Berikut ini diantaranya:

1. Air Terjun Sri Gethuk yang Indahnya Bikin Melongo

Terletak di Dusun Menggoran, Bleberan, Playen, Gunungkidul, Air Terjun Sri Gethuk barangkali sudah menjadi air terjun paling populer di Jogja. Terlebih lagi lokasi ini juga digunakan sebagai background dalam film mancanegara Beyond Skyline.

Air Terjun Sri Gethuk yang Indahnya Bikin Melongo via Jejakadventure

Keunikan dari Air Terjun Sri Gethuk adalah tumpahnya air tidak langsung masuk ke dalam kolam, namun mengenai bebatuan karst terlebih dahulu. Air dari Air Terjun Sri Gethuk mengalir ke Sungai Oyo, melalui sungai ini pula pengunjung dapat sampai di lokasi Sri Gethuk, atau dengan berjalan kaki.

Jangan lewatkan juga: Objek Wisata Istana Air Taman Sari Jogja nan Cantik dan Menarik

2. Wisata Air Terjun Banyunibo

Banyunibo merupakan gabungan kata yang berasal dari kata banyu dan nibo, jika diterjemahkan dari Bahasa Jawa berarti air jatuh, nama yang hampir mirip digunakan juga untuk curug lain di Pacitan yang bernama Banyu Tibo. Air Terjun Banyunibo di Jogja terletak di Dusun Batur, Desa Putat, Kecamatan Patuk, Gunungkidul.

Wisata Air Terjun Banyunibo

Untuk dapat sampai ke lokasi ini anda harus melalui jalan setapak yang cukup ekstrim, terlebih lagi karena lokasi Air Terjun Banyunibo terhalang batu-batu besar yang merupakan runtuhan tebing akibat gempa bumi besar tahun 2006.

Bagi wisatawan yang teratarik nyebur ke kolam pemandian di air terjun banyunibo ini silahkan ikuti rute: dari kota Jogja – Jl. Wonosari – Bukit Bintang – perempatan kantor polisi Patuk – lurus ikuti Jl. Wonosari – Desa Wisata Bobung – Air Terjun Banyunibo.

Kunjungi juga yuk: Objek Wisata Alam Telaga Biru Jogja Nan Eksotis

3. Air Terjun Kedung Kandang

Air terjun yang satu ini menjadi primadona wisata dalam beberapa tahun terakhir, selain karena penampakannya yang sungguh cantik, dari lokasi ini kita juga dapat terpesona melihat keindahan Gunung Api Purba Nglanggeran.

Air Terjun Kedung Kandang

Untuk bisa mencapai lokasi air terjun yang terletak di Pathuk, Gunungkidul ini anda dapat mencoba jalur Gunung Nglanggeran atau jalur Embung Nglanggeran. Memiliki beberapa tingkat, pemandangan Air Terjun Kedung Kandang pantas sekali masuk ke dalam feed instagram anda, dan oleh karenanya, pantas masuk ke dalam 10 Wisata Air Terjun Jogja, Curug Istimewa Yang Mempesona.

4. Curug Gedhe yang Seru Buat Nyebur

Masih di lokasi yang sama dengan Air Terjun Kedung Kandang, yaitu di kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran, terdapat Curug Gedhe yang tersembunyi. Untuk dapat mencapai lokasi ini anda harus melakukan trekking ke tengah hutan dan menyusuri lembah.

Air Terjun Kedung Kandang

Jika anda mengunjungi Curug Gedhe saat musim hujan, maka debit air di air terjun dengan ketinggian 30 meter ini akan sangat melimpah dan anda akan memperoleh pemandangan yang luar biasa cantiknya.

Sebelum sampai ke curug gedhe ini anda akan diakan untuk merasakan sensasi untuk meniti jembatan gantung tertinggi di Yogyakarta.

Anda teratarik mencoba sensasi libuan di curug gedhe ini? Silahkan ikuti rute dari pusat kota menuju Jl. Wonosari – Bukit Bintang – perempatan Patuk ambil kiri arah Ngoro-oro – Kelurahan Ngoro-oro – Tower Stasiun Televisi – Perempatan Nglanggeran – ambil kiri memasuki jalan desa – Desa Gambyong – Curug Gedhe.

Dan, byuuuuurrrr. Jangan lupa bawa pakaian ganti ya.

5. Kiendahan Curug Sidoharjo

Pegunungan Menoreh adalah salah satu kawasan legendaris di Jogja yang juga menjadi background kisah silat karya maestro SH. Mintardja yang berjudul Api di Bukit Menoreh. Nah, di lereng Menoreh ini terdapat satu air terjun apik dengan kolam yang bisa digunakan untuk berenang bernama Curug Sidoharjo atau Curug Siluwok.

Kiendahan Curug Sidoharjo

Lokasi pasti dari Curug Siluwok adalah Desa Keweron, Samigaluh, Kulonprogo. Pastikan anda untuk berenang di tempat yang aman karena tingkat kedalaman di kolamnya berbeda-beda.

6. Liburan Seru di Air Terjun Luweng Sampang

Liburan Seru di Air Terjun Luweng Sampang

Berbatasan dengan Kabupaten Klaten, tepatnya di Dusun Sampang, Gedangsari, Gunungkidul, terdapat satu air terjun khas yang memiliki aliran air yang membelah tebing. Beberapa wisatawan menyamakan Luweng Sampang dengan The Wave Rock yang ada di Arizona, Amerika Serikat.

Jika anda ingin menyaksikan keindahan prima Luweng Sampang, maka sebaiknya datang di kala musim penghujan karena debit air Luweng Sampang amat dipengaruhi olehnya. Keindahan Luweng Sampang menempatkannya dalam daftar 10 Wisata Air Terjun Jogja, Curug Istimewa Yang Mempesona.

7. Air Terjun Lepo Bikin Lupo Waktu

Jika Luweng Sampang mirip dengan The Wave Rock, maka Air Terjun Lepo bagaikan Erawan Falls yang ada di Thailand dengan tiga terjunan dan empat kolam yang jernih.

Air Terjun Lepo Bikin Lupo Waktu

Air terjun yang baru diresmikan dan dibuka untuk umum di tahun 2013 ini merupakan air terjun indah yang menjadi favorit banyak wisatawan. Lepo sendiri sebenarnya adalah singkatan Ledok Pokoh, yang diambil dari nama dusun Pokoh tempat air terjun ini berada.

Adapun pemrakarsa dibukanya objek wisata berupa air terjun yang kece ini oleh Pokdarwis setempat di tahun 2013. Bagi anda yang ingin nyemplung ke kolam pemandian di bawahnya, silahkan ikuti rute dari arah Yogya kamu bisa mengambil Jalan Imogiri Barat ke arah Mangunan – pertigaan kebun buah Mangunan ke arah pasar Dlingo – Dusun Pokoh – ikuti papan petunjuk Air Terjun Lepo – Air Terjun Lepo.

8. Air Terjun Kembang Soka yang Bisa Mandi Suka-suka

Air Terjun Kembang Soka barangkali adalah salah satu air terjun tercantik yang ada di Jogja, meski tidak terlalu tinggi namun Air Terjun Kembang Soka memiliki banyak pasokan air salah satunya dari aliran sungai bawah tanah yang mengalir keluar ke lokasi yang ditumbuhi banyak Pohon Kembang Soka.

Air Terjun Kembang Soka yang Bisa Mandi Suka-suka

Warna putih dan biru tosca yang bercampur dengan bebatuan yang memiliki warna kuning dan kemerahan menjadikan lokasi ini bagaikan surga kecil yang sungguh indah. Terdapat di Dusun Gunung Kelir Kecamatan Girimulyo, anda dapat mencapai tempat ini dari Jogja dengan jalur ke arah Godean.

Anda penasaran ingin menyaksikan air terjun indah di Jogja yang satu ini? Silahkan ikuti saja rute dari Tugu Jogja ke arah barat – Jl. Kyai Mojo – perempatan Demak Ijo Ring Road Barat – Jl. Godean – Pasar Godean – perempatan Nanggulan – Pasar Kenteng – Kecamatan Girimulyo – Pasar Jonggrangan – pertigaan Goa Kiskendo ambil kiri – Dusun Banyunganti – Dusun Gunung Kelir – Air Terjun Kembang Soka.

9. Air Terjun Pantai Jogan

Air Terjun Pantai Jogan

Air terjun Pantai Jogan yang berada di Gunungkidul barangkali adalah satu-satunya air terjun dalam daftar wisata air terjun Jogja, yang mempesona yang alirannya mengalir langsung ke laut dan tidak turun ke kolam. Air terjun Pantai Jogan juga menjadi favorit wisawatan khususnya penggemar olahraga ekstrim ataupun yang sekedar ingin mencoba sensasi adventure seru.

10. Air Terjun Grojogan Sewu

Jika Banyunibo memiliki ‘rekanan’ air terjun dengan nama sama di Pacitan, maka di Kulonprogo juga terdapat satu lagi air terjun dengan nama Grojogan Sewu, mirip seperti ada di Tawangmangu, Karanganyar.

 

Air Terjun Grojogan Sewu via Balijogja

Nama Grojogan Sewu yang disematkan ke air terjun yang terletak di dusun Beteng, Girimulyo, Kulonprogo, ini mengacu pada derasnya aliran air yang turun ke kolam dan membentuk jalur-jalur kecil setelah dipisahkan jeram, sehingga membuat kesan seolah ada ribuan arus yang turun.

Kondisi air yang selalu jernih, bahkan ketika turun hujan sekalipun menjadikan air terjun Grojogan Sewu di Kulonprogo ini favorit banyak orang.

11. Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang

Air terjun di Jogja yang bisa anda eksplore selanjutnya adalah air terjun Tlogo muncar yang memiliki ketinggian sekitar 30 – 45 meter.

Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang via KSMTour

Air terjun yang bisa dibilang cukup tinggi ini bersumber dari aliran lereng bukit plawangan, salah satu bukit di Gunung Merapi. Namun karena Gunung Merapi ini merupakan gunung yang gersang jarang adanya vegetasi tumbuhan membuat debit Air Terjun ini sangat sedikit bahkan saat kemarau panjang Air Terjun ini juga bisa menjadi kering tanpa air.

Lokasi air terjun tologo Muncar Kaliuran ini ada di Jalan Tlogo Putri, Hargobinangun, Pakem, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

12. Keindahan Air Terjun Jurang Pulosari yang masih Perawan

Selanjutnya, air terjun yang tidak kalah eksotisnya adalah air terjun Jurang Pulosari atau yang lebih dikenal dengan nama Curug Pulosari. Air terun ini airnya bersumber dari aliran air sungai alami di kawasan perbukitan di sekitar lokasi.

Meskipun pancuran dari air terjun ini cukup kecil namun karena lokasi ini berada di tengah kawasan perbukitan yang selama ini dikenal kering membuat pemandangan yang Anda bisa lihat di sekitaran curug sungguh eksotis dan menarik untuk Anda Abadikan.

Keindahan Air Terjun Jurang Pulosari yang masih Perawan via Panduanwisata

Lokasi curug Pulosari ini ada di dusun Njurug, desa Sendangsari, kecamatan Pajangan, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Air terjun ini memang tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 10 meter saja, dan di bawahnya terdapat kolam yang seru untuk nyebur basah-basahan.

Untuk anda yang tertarik liburan kesini, silahkan ikuti rutenya dari kota Yogyakarta menuju ke wisata air terjun ini melewati Jalan Bantul hingga tiba di pertigaan lampu merah Kasongan. Pilihlah jalan ke kanan atau ke arah Kasongan dan susuri jalan tersebut hingga tiba sebuah perempatan besar menuju ke Sedayu/Pajangan.

Selanjutnya pilih jalan ke arah kiri/selatan menuju ke arah Desa Wisata Krebet. Kondisi jalan perlahan-lahan menanjak kemudian memasuki kawasan Desa Wisata Krebet. Ikuti jalan yang membelah kawasan desa wisata tersebut hingga ujung pemukiman dan menemui sebuah makam pada sisi kiri.

Pilihlah jalan ke arah kanan di dekat makam tersebut dengan kondisi jalan cor semen hingga ujung dan tiba di area parkir Air Terjun Jurang Pulosari.

Datang kesini jangan pada musim kemarau ya, karena debit airnya sedikit bahkan bisa jadi kering.

13. Objek Wisata Alam Air Terjun Randusari

Air terjun di Jogja yang bisa anda masukkan dalam daftar destinasi liburan di alama anda selanjutnya adalah air terjun Randusari yang ada di Rejosari, Jatimulyo, Dlingo, Bantul, Yogyakarta.

Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 12-15 meter dan memiliki kedalam 1-3 meter ini hanya berjarak sekitar 20 km dari pusat kota Jogja.

Objek Wisata Alam Air Terjun Randusari via Jalanwisata

Untuk lebih jelasnya, anda bisa mengikuti rute yang dimulai dari Patuk, Kota Jogja – Jalan Wonosari – Bukit Bintang – Pos Polisi Patuk (diatas bukit bintang) ada jalan masuk ikuti saja – pertigaan pertama ambil Kanan – melewati Watu Amben – ikuti jalan tersebut sampai menemukan pohon petunjuk jalan ke Air Terjun Randusari yang ada di Pohon Beringin Tengah Jalan  – mulai dari sini ikuti saja petunjuk jalan yang membawa kalian ke Air Terjun Randusari.

Begitu anda tiba di area parkir, anda harus melanjutkan perjalanan sekitar 15 menit untuk menyusuri jalan setapak untuk samapi ke tujuan.

Dengan melewati rumah warga setempat, saluran irigasi dan sawah, membuat liburan anda semakin menyatu dengna alam. Di sekitar air terjun juga sudah disediakan gazebo untuk anda istirahat atau meletakkan barang bawaan anda.

Anda penasaran ingin mengeksplore air terjun Randusari ini? Tunggu apalagi, siapkan diri dan ayo chuuus ke TKP.

14. Liburan ke Air Terjun Kedung Pengilon

Air terjun di Jogja yang tidak boleh anda lewatkan berkutnya adalah air terjun Kedung Pengilon yang juga ada di Kabupaten Bantul, atau yang lebih tepatnya di dusun Petung, desa Bangunjiwo, kecamatan Kasihan, kabupaten Bantul, DIY.

Liburan ke Air Terjun Kedung Pengilon via LookJogja

Air terjun ini terbilang sangat eksotis dan menawan, karena airnya yang sangat jernih bisa untuk becermin lo. Selain untuk seru-seruan, disini kita juga bisa merefresh kembali pikiran yang penat akibat tekanan dari kantor atau dari dosen pembimbing skripsi kamu lo.

Kalau anda mengunjungi Air terjun kedung pengilon ini, jangan lupa untuk membawa pakaian ganti ya, karena kamu tidak akan bisa menahan hasrat untuk tidak mandi-mandi disini.

Bagaimana tidak, kolam yang begitu jernih dibawahnya serasa “maimbau-maimbau” untuk segera menceburkan diri ke dalamnya.

Air kolam yang berwarna hijau tosca ini sangat memanjakan mata siapa saja yang memandangnya. Pokoknya sangat sulit digambarkan dengan kata-kata.

Apalagi suasana di sekitarnya masih asri, plus tidak ada durasi mandi disini, anda bisa mandi sampai masuk angin lo, hahaha.

Siapa yang tahan dengan godaan kolam pemandian kedung Pengilon yang sangat bening, sebening kristal. Bahkan dinamai air terjun pengilon yang berarti “cermin” menurut masyarakat stempat. Selain mandi dan foto-foto, air terjun ini juga sedng dijadikan sebagai sarana aktivitas ekstrim, “spot cliff jumping”.

Pokok liburan kesini seru abis deh. Yuk langsung meluncur ke TKP.

15. Menjamah Air Terjun Perawan Sidoharjo

Selanjutnya, anda bisa mengunjungi Air terjun perawan sidoharjo terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo.

Buat anda yang ingin meluncur kesini, anda bisa mengikuti rute: kota Jogja – perempatan Ring Road Demak Ijo – Jl. Godean – Jembatan Progo – perempatan Nanggulan ambil kanan (ke arah utara) – perempatan Dekso ambil kiri (ke arah Samigaluh) – pertigaan di jalan menanjak, ambil kanan – MTs Sidoharjo, ambil kanan masuk jalan kecil di sebelah MTs – Air Terjun Sidoharjo.

Menjamah Air Terjun Perawan Sidoharjo via Bakpia 25

Air terjun Sidoharjo ini terbilang masih perawan, karena memang masih jarang terjamah dan lokasinya juga cukup sulit untuk dicapai, jadi butuh sedikit pengorbanan untuk bisa sampai ke sini.

Jadi buat anda yang mau mencoba air terjun yang masih perawan dan cantik, jangan sungkan untuk sering-sering bertanya sama warga sekitar ya, supaya tidak nyasar nantinya.

Air terjun keren yang memiliki ketinggian sekitar 75 meter ini memiliki kolam pemandian di bawahnya yang tidak kalah seru buat mandi-mandi.

16. Air Terjun Kedung Pedut

Air terjun di Jogja berikutnya yang sayang untuk dilewatkan adalah air terjun kedut pedut yang ada di Kulon Progo atau yang lebih tepatnya ada di Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulon progo, Yogyakarta.

Air terjun ini begitu fenomela beberapa waktu lalu karena semapt viral foto-fotonya oleh anak-anak muda yang selfie-selfie dengan angel yang pas, sehingga booming 😀

Dengan hastag #KedungPedut, air terjun ini meramaikan lini masa Instagram pada 2015 lalu sehingga hingga kini, air terjun ini tetap diminati oleh anak-anak muda.

Air terjun kedung pedur ini memiliki keindahan air terjun Kedung Pedut sangat mempesona. Tidak heran kenapa ada banyak wisatawan yang rela datang susah payah ke air tejrun kedung pedut ini, karena pemandangan air terjun ini yang begitu cantik dengan kolam jernih berwarna hijau tosca di bawahnya pas untuk berenang atau basah-basahan.

Kolam Alami di Air Terjun Kedung Pedut

Kolam Alami di Air Terjun Kedung Pedut

Kami jamin, anda yang datang kesini pertama kali bakal dibuang melongo melihat keindahan air terjun dan kolam alami karena disini terdapat water park yang terbentuk alami dan airnya yang sangat jernih serta memiliki 2 warna yaitu putih dan hijau tosca. Kamu pasti tidak sabar ingin segera nyebur untuk berenang.

Bagaimana cara untuk sampai ke air terjun yang kece ini? Silahkan anda ikut rute berikut ini:

  • Pertama silahkan mula dari Tugu Jogja ke arah barat menuju perempatan bangjo (Ringroad Barat Demak Ijo) lewat jalan Godean menuju ke pasar Godean.
  • Arahkan kendaraan anda menuju ke Jembatan Sungai Progo kemudian menuju Perempatan Bangjo Nanggulan setelah itu menuju Pasar Kenteng.
  • Berikutknya menuju Tanjakan Pegunungan Menoreh dan nanti kamu akan menemukan pertigaan ambil arah kanan ke Goa Kiskendo nanti akan menemukan pertigaan lagi ambil arah kiri.
  • Begitu sampai di pertigaan Grojogan Mudal kemudian ambil kiri menuju air terjun kembang soka nanti kamu akan menemukan pertigaan ambil kiri menuju air terjun kedung pedut.

Diajmin hari-harimu akan terasa singkat disini, waktu berjalan begitu cepat karena kamu tidak sadar sudah lama berendam, eh ternyata sudah berjam-jam.

17. Air Terjun Setawing

Selanjutnya anda bisa mengunjung Air terjun Setawingyang ada di Dusun Jonggrangan, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Air Terjun Setawing via Missrisna

Air terjun yang memiliki ketinggia sekitar 45 meter ini sangat eksotis dan sayang sekali untuk dilewatkan. Apalagi lokasinya berada di ketinggian perbukitan sehinga menambah istimewa Curug yang ada di Jogja ini.

Untuk bisa sampai ke air terjun ini, rute yang akan anda tempuh sama dengan rute jalan ke air terjun Grojogan Sewu. Karena jika kamu ingin pergi ke grojogan sewu, kamu akan melewati jalur jalan ke air terjun Curug Setawing.

Ketika anda sudah sampai di jalan kiskendo dan mengambil arah ke grojogan sewu, air terjun Curug Setawing berada di kanan jalan. Untuk mengetahui jalan masuk ke Curug Setawing sangatlah mudah, warga setempat sudah memasang petunjuk arah ke air terjun Curug Setawing.

18. Taman Sungai Mudal

Air terjun di Jogja berikutnya yang bisa anda jadikan tempat berendam yaitu taman sunga mudal. Disini anda bisa mandi sepuasnya di air yang super jernih dan segar.

Tempat terpadu berupa ekowisata ini dikembangkan oleh masyarakat lokal sebagai objek bermain air untuk semua usia. Tempat ini sangat sempurna untuk dikunjungi oleh anda yang memiliki jiwa petualang, pecinta wisata air, sekaligus yang doyan foto-foto.

Bagaimana tidak taman sungai mudal ini memiliki kolam pemandian yang airnya selalu nampak jernih dan berwarna toska yang indah.

Taman Sungai Mudal via Reservasi

Taman Sungai Mudal via Reservasi

Dari namanya saja, mudal yang berarti air yang berkecukupan sehingga anda bisa datang kapan pun kesini. Adapun sumber mata air mudal ini berasal dari goa yang ada di tebing Gunung Kelir. Bahkan saat musim kemarau sekalipun sumber mata air ini belum pernah kering dan masih bisa mengaliri air untuk kebutuhan air warga setempat.

Selain kolam pemandian, taman sungai mudal ini juga menawarkan paket wisata lengkap lo, layaknya sebuah taman, dimana orang-orang berkumpul untuk bersenang-senang sembari menikmati pesona alam. Disini anda juga bisa mencoba flying fox, camping dan river tubing.

Taman Sungai Mudal via Infojogja

Taman Sungai Mudal via Infojogja

Untuk bisa mencoba wahana flying fox anda cukup membayar sekitar IDR15.000/orang. Sementara untuk masuk ke Taman Sungai Mudal, anda diharuskan membayar retribusi sebesar IDR4.000 saja, ditambah uang parkir IDR2.000/motor dan IDR5.000/mobil.

Wow, sangat seru sekali bukan? Tempat ini sangat layak untuk dimasukan dalam tempat wisata di Jogja yang harus anda kunjungi akhir pekan ini. Bagaimana cara untuk sampai ke taman sungai mudal? Silahkan ikuti rutenya:

Perjalanan dimulai dari Tugu Jogja – Menuju ke arah barat – Perempatan Demak Ijo di Ring road barat – Jalan Godean lurus – Ikuti penunjuk jalan sampai melewati Jembatan Sungai Progo – Ambil arah jalan menuju Goa Kiskenda – Pertigaam Goa Kiskenda lururs – Pertigaan hutan pinus belok kiri ke arah Kokap – Anda tinggal mengikuti papan penunjuk jalan ke Taman Sungai Mudal.

19. Air Terjun Kedung Bendo

Air Terjun Kedung Bendo via @wahyu_sbp

Air terjun di Jogja selanjutnya adalah air terjun Kedung Bendo yang terletak di Desa Purwosari, Kecamatan Gririmulyo, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta.

Dsini anda bisa bermain, berenang sepuasnya atau hanya cuma berfoto foto saja. Kedalaman Air Tejun Bendo kurang lebih 3 meter pastikan wisatawan yang mau berenang harus mahir berenang ya, sangat berbahaya mengingat kedalamannya bisa meneggelamkan Anda.

20. Air Terjun Seribu Batu

Air Terjun Seribu Batu via BakpiamutiaraJogja

Selanjutnya, anda juga bisa memadukkan air terjun seribu batu sebagai destinasi liburan anda bersama keluarga tercinta.

Air terjun ini dari kejauhan bisa anda lihat berupa anak sungai berbatu dengan air yang jernih menghijau. Semakin jauh berjalan, akhirnya sampai juga. Pengunjung disambut oleh air tejun cantik yang memanjakan loh.

Lokasi air terjun seribu batu ini ada di Cengkehan, Wukisari, Imogiri, Bantul, DI. Yogyakarta.

21. Air Terjun Tuwondo

Air Terjun Tuwondo via Bantulkab

Wisata alam di Jogja selanjutnya adalah air terjun Tiwondo yang ada di Sitimulyo, Kacamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Air terjun yang seru buat bermain, berenang sepuasnya atau berfoto foto ini memiliki kedalaman sekitar 3 meter pastikan wisatawan yang mau berenang harus mahir berenang ya, sangat berbahaya mengingat kedalamannya bisa meneggelamkan Anda.

22. Menenangkan pikiran di Air Terjun Indah Gedangsari

Selanjutnya, masih di Gunungkidul, anda bisa mengunjungi Air terjun Indah Gedangsari yang ada di Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Menenangkan pikiran di Air Terjun Indah Gedangsari via Ridiculoustravel

Air terjun ini memang belum banyak terjamah oelh wisatawan, karena memang lokasinya yang tersembunyi. Memasuki area Air Terjun Indah Gedangsari yang berupa aliran sungai bawah tebing, terlihat air terjun memiliki bentuk bertingkat- tingkat.

Para wisatawan menyebut air terjun ini mirip dengan Air Terjun Tujuh Bidadari yang terletak di dekat Bandungan, Kabupaten Semarang. Bedanya jarak antar cekungan dan tingkatan lumayan berjauhan.

Di setiap tingkatan membentuk cekungan air yang cocok digunakan untuk mandi dan berenang. Namun harus berhati- hati karena beberapa cekungan cukup dalam dan tidak disarankan bagi yang belum bisa berenang. Diperkirakan dasar cekungan air tersebut sedalam dua sampai tiga meter dan tertutup oleh lumut sehingga tidak terlihat dasar cekungannya.

23. Wisata Alam Grojogan Pucung

Selanjutnya, anda bisa mengunjungi gorojogan Pucung yang ada di Dusun Pucung, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Wisata Alam Grojogan Pucung via Spadepicnic

Untuk bisa sampai ke air terjun ini hanya bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua saja. Adapun rute yang harus anda tempuh, mulai dari pusat kota Yogyakarta melewati Jalan Parangtritis hingga tiba di kilometer 14. Setelah melewati SPBU kanan jalan dan Rumah Sakit Rachma Husada di kiri jalan ada simpangan jalan kecil tanpa lampu lalu lintas. Pilihlah jalan ke arah kiri hingga tiba di Pasar Pundong.

Ikuti jalan lurus bila menemui persimpangan jalan dan hingga tiba di jembatan Soka yang telah dibangun permanen disamping Jembatan Gantung Soka.

Kemudian perjalanan dilanjutkan hingga menemui persimpangan atau pertigaan jalan yang menghubungkan antara Jalan Siluk-Parangtritis. Pilihlah jalan ke arah kanan dari Jembatan Soka dan ikuti Jalan Siluk-Parangtritis sejauh 1 (satu) kilometer.

Perhatikan sisi kiri jalan mengenai keberadaan SD Muhammadiyah Kalipakem I. Kendaraan belek ke arah kiri masuk jalan ke perkampungan penduduk, melewati gapura, dan tiba di depan SD Muhammadiyah Kalipakem I.

Ikuti jalan tersebut lurus sekitar seratus meter hingga jalan beurbah menjadi jalan semen cor dan menemui sebuah langar atau masjid kecil. Pilihlah jalan ke arah kiri sedikit menanjak dengan kontur jalan tanah hingga tiba di area parkir. Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki hingga sampai di Grojogan Pucung.

Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 15 meter ini memiliki kolam untuk anda mandi-mandi dengan diameter sekitar 7 meter.

Anda akan menyaksikan air terjun yang jernih, apalagi bebatuan disini juga merupakan batu kapur, sehingga menambah kesan jernih air disini.

24. Air Terjun Pantai Unik di Jogan

Wow, sudah nomor 24 ternyata belum yang terakhir lo. Karena memang, Tempatwisataseru.com selalu totalitas dalam mengupas. Sehingga ada banyak pilihan untuk anda yang ingin liburan sepuasnya, sesuai selera anda.

Nah, untuk air terjun yang ke 24 ini adalah air terjun pantai Jogan yang terletak di Gunungkidul. Atau lebih tepatnya ada di desa Purwodadi, kecamatan Tepus, kabupaten Gunungkidul, DI. Yogyakarta.

Air Terjun Pantai Unik di Jogan via @anyuseumbiring

Air terjun yang cukup unik ini, dimana langsung bermuara ke Samudera Hindai ini bisa anda jangkau hanya 2 jam dari Jogja.

Untuk anda yang berminat menyaksikan keindahan air terjun yang semakin eksotis pada musim penghujan ini, silahkan langsung saja menuju ke Pantai Nglambor. Dari Yogya langsung saja ke jalan Wonosari – Patuk – Rest Area Bunder – Kota Wonosari – Jl. Raya Baron – pertigaan Goa Nginggrong ambil kiri – Kecamatan Tepus – TPR wisata Pantai Siung – Air Terjun Pantai Jogan.

25. Wisata Alam plus Religi di Air Terjun Goa Selarong

Tempat wisata di Jogja berupa air terjun berikutnya adalah air terjun Goa Selarong yang sekaligus menjadi objek wisata religi bagi masyarakat sekitar.

Wisata Alam plus Religi di Air Terjun Goa Selarong via Kotajogja

Agar liburan anda lebih mengasyikan silahkan saja datang kesini pada musim penghujan karena pada musim kemarau debit airnya hanya kecil.

Lokasi air terjun ini ada di Dusun Kembang Putihan, Desa Guwosari, Kec. , Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Air terjun yang kece plus suasana goa yang asri akan membuat liburan anda semakin menyenangkan.

26. Curug Watu Jonggol

Tempat wisata alam di Jogja selanjutnya adalah Curug Watu Jonggol. Curug ini terletak di desa Nglinggo, Samigaluh, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya tidak jauh dari Perkebunan Teh Nglinggo yang cukup terkenal di Jogja.

Curug Watu Jonggol Via Titi0jogja

Air terjun ini masih cukup jarang dikunjungi karena lokasinya yang cukup sulit dijangkau, padahal air terjun ini sangat keren lo.

Apalagi lokasinya terdapat di Perbukitan Menorah yang terbentang di Kulonprogo. Lokasinya berada pada ketinggian sekitar 900 mdpl.

Untuk bisa menikmati suasana air terjun ini, wisatawan harus melakukan trekking melewati jalan setapak yang cukup jauh dan curam. Kita harus berhati-hati ketika berjalan menuju lokasi air terun, agar tidak tergelincir. Pastikan alas kaki yang anda kenakan nyaman dan safety.

27. Air Terjun Parangtritis

Air terjun di Jogja yang terakhir yang kami rekomendasikan adalah air terjun Parangtritis. Air terjun ini terletak di sisi paling Timur Pantai Parangtritis yang lebih tepatnya ada di kawasan pantai Parangendog.

Air Terjun Parangtritis via Nirwana

Nah, sebenarnya air tern ini sendiri bernama air terjun parangendog, namun orang-orang lebih banyak menyebutkan air terjun parangtritis.

Air terjun Parangtritis ini sendiri memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Selain dapat menikmati indahnya air terjun disini, wisatawan juga bisa mencoba naik kuda, keliling pantai dengan ATV atau hanya sekedar jalan kaki santai di pantai Parantritis ini.

****

Bagaimana? Ternyata ada banyak sekali tempat wisata alam di Jogja bukan? Rasanya tidak sabar lagi ingin segera liburan seru di tempat-tempat kece di atas bukan?

Tunggu apalagi, segera susun jadwal trip anda bersama teman atau keluarga tercinta untuk mengunjungi air terjun di atas. Buat daftar prioritas, mana yang akan anda kunjungi terelebih dahulu. Selama liburan.

Demikianlah review berbagai air terjun di Jogja yang bisa kami sajikan untuk anda. Semoga bisa menjadi ide liburan anda semua ya. Agar semakin terkenal lagi, jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya ya

Kunjungi juga: 84 Tempat Nongkrong di Jogja Paling Asyik

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!