58 Tempat Wisata di Gresik Jawa Timur Terbaru Paling Hits

Tempat Wisata di Gresik – Gresik, apa yang anda bayangkan begitu mendengar nama salah satu Kabupaten yang ada di Jawa Timur ini? Sebagian orang mungkin langsung terbayang semen Gresik.

Ya, Gresik memang terkenal sebagai kota tempat pabrik semen pertama di Indonesia berdiri. Bahkan juga merupakan perusahaan semen terbesar di Indonesia.

Namun ternyata, berbicara tentang Gresik tidak melulu tentang industrinya saja, karena ternyata Gresik juga memiliki keindahan alami yang memukau. Ada banyak tempat wisata di Gresik yang layak untuk kita jadikan destinasi liburan bersama keluarga atau orang tercinta.

Gresik memiliki banyak pantai indah yang selalu ramai saat musim liburan. Tidak hanya pantai saja, Gresik juga memiliki banyak destinasi wisata alam yang akan memukau siapa saja yang datang. Sebut saja air terjun laccar, air terjun patar selamat, bukit kapur sekapuk dan masih banyak lagi tempat wisata di Gresik yang kece dan sayang untuk dilewatkan.

Kunjungi juga yuk: 48 Tempat Wisata di Malang Jawa Timur Paling Populer

Daftar Tempat Wisata di Gresik Jawa Timur

Nah, kali ini Tempat Wisata Seru akan mengajak anda berkeliling mengunjungi tempat wisata di Gresik yang keren-keren. Untuk anda yang hobi foto-foto jangan lupa untuk membawa kamera yang bagus untuk update foto di sosmed ya. Biar tempat wisata di Gresik semakin terkenal lagi.

Mana saja tempat wisata di Gresik yang keren? Berikut ini selengkapnya:

Pulau Bawean

Pulau bawean terletak sekitar 120 km dari kabupaten Gresik. Pulau ini memiliki daya tarik berupa keindahan pantai yang turut dilengkapi dengan kebeningan laut dan juga keberagaman jenis terumbu karang yang masih sangat terjaga.

Pulau Bawean via @qna_nada

Pulau Bawean via @qna_nada

Tidak hanya itu, begitu masuk ke area dalam pulau, mata Anda akan nanti nya akan segera dimanjakan dengan hamparan sawah hijau yang sangat asri.

Untuk bisa sampai ke pulau ini, Anda dapat memanfaatkan akses transportasi laut yang tersedia di Pelabuhan Gresik.Biasa nya ada tiga armada kapal yang melayani rute perjalanan ke pulau bawean, yaitu armada Bahari Ekspres, armada Natuna Express, dan armada Gili Iyang.

Biaya satu kali perjalanan biasa nya berkisar antara 70 – 130 ribuan rupiah. Untuk waktu tempuh nya sendiri, jika tidak ada halangan akan memakan waktu sekitar 4 sampai dengan 5 jam perjalanan.

Jika waktu tersebut dirasa terlalu lama, ada satu lagi akses transportasi yang bisa Anda pakai, yaitu transportasi udara. Ya meski pun biaya tiket nya cenderung lebih mahal, namun waktu perjalanan nya akan menjadi jauh lebih singkat,sehingga jatah waktu liburan Anda di pulau bawean bisa menjadi lebih banyak.

Oh ia, sesampai nya di pulau bawean, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tiket masuk lagi ya.

Waktu kunjung di pulau ini juga tidak dibatasi. Selama armada transportasi nya ada, Anda bisa mengunjungi pulau ini kapan pun Anda mau.

Pulau Noko

Tidak jauh dari pulau Bawean, ada satu lagi pulau eksotis yang bisa Anda kunjungi di Gresik. Pulau tersebut adalah Pulau Noko.

Pulau Noko merupakan pulau sempit yang luas areal nya tidak lebih dari 1 km persegi. Pulau ini masih satu gugus dengan pulau bawean, sehingga secara keseluruhan memiliki pesona wisata yang tidak jauh berbeda dengan pesona wisata yang ditawarkan oleh Pulau Bawean.

Pulau Noko Selayar via @gresiktourim

Pulau Noko Selayar via @gresiktourism

Untuk bisa sampai ke pulau ini, Anda dapat menyewa perahu motor dengan biaya sewa sekitar 150 sampai dengan 200 ribu rupiah per rombongan. Biaya sewa tersebut adalah biaya sewa untuk PP (Pergi – Pulang) dari Pulau Bawean ya.

Jika tidak ada halangan, perjalanan dari Pulau Bawean menuju ke Pulau Noko biasa nya dapat ditempuh dalam kurun waktu kurang dari 30 menit.

Sesampai nya di Pulau Noko nanti, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya masuk lagi. Selain itu, Anda juga dibebaskan untuk melakukan apa saja, seperti berenang, menyelam berkemah, dan lain sebagai nya.

Namun begitu, jangan harap Anda bisa menemui tempat penyewaan alat renang atau pun alat snorkeling di tempat ini. Bila Anda membutuhkan alat – alat tersebut, Anda harus membawa nya sendiri dari rumah.

Bahkan, karena minim nya fasilitas di tempat ini, untuk perbekalan makan dan minum pun Anda juga harus membawa nya sendiri dari luar pulau.

Pantai Pulau Cina

Pantai Pulau Cina terletak tidak jauh dari Pulau Bawean. Pantai ini merupakan salah satu primadona di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Gresik. Di pantai ini Anda dapat menikmati keindahan alam berupa garis pantai yang dipenuhi dengan deretan bebatuan yang sangat mengagumkan.

Pantai Pulau Cina via Gresikkab

Pantai Pulau Cina via Gresikkab

Tidak hanya itu, karena air nya yang sangat jernih, terumbu karang dan varian ikan di pantai ini juga bisa terlihat dengan sangat jelas. Tak heran, karena hal tersebut, pantai ini akhirnya menjadi salah satu destinasi snorkeling utama para wisatawan yang berlibur ke Pulau Bawean.

Untuk bisa sampai ke Pantai Pulau Cina, ada dua alternatif cara yang bisa Anda tempuh. Yang pertama adalah dengan menumpang perahu sederhana milik warga, sedangkan cara yang ke dua adalah dengan menyewa perahu speed boat.

Di hari – hari biasa, biaya ongkos naik perahu ke pulau ini berada di kisaran 15 sampai dengan 30 ribu rupiah.Sedangkan bila Anda menyewa perahu speed boat, biaya nya bisa mencapai ratusan ribu rupiah.

Oh ia, karena di pulau ini fasilitas nya masih sangat minim, bila Anda ingin bersnorkeling ria di sini, sebelum berangkat jangan lupa untuk menyewa peralatan snorkeling di Pulau Bawean ya.

Pulau Noko Selayar

Sama seperti hal nya dua pulau yang sebelumnya, Pulau Noko Selayar juga menawarkan keindahan alam bawah laut yang sangat mengagumkan. Di pulau ini Anda bisa menikmati keindahan ratusan varietas ikan hias dan terumbu karang yang masih sangat alami.

Sayang nya, karena termasuk sebagai pulau tak berpenghuni, fasilitas wisata di pulau ini benar – benar sangat minim. Maka dari itu, jika Anda ingin berkunjung ke pulau ini, Anda harus membawa semua kebutuhan Anda sendiri.

Pulau Noko Selayar via @gresiktourim

Pulau Noko Selayar via @gresiktourim

Untuk bisa sampai ke pulau ini, Anda bisa berangkat dari Pulau Bawean dengan menumpang perahu nelayan atau pun dengan menyewa speed boat. Dalam kondisi normal pulau ini biasa nya dapat ditempuh dalam kurun waktu kurang dari 20 menit.

Untuk urusan biaya, jika Anda menyewa perahu nelayan, biaya yang harus Anda keluarkan biasa nya berkisar antara 15 sampai dengan 20 ribu rupiah per orang. Sedangkan jika Anda menyewa speed boat, biaya nya berada di kisaran 300 ribuan rupiah (sudah include perlengkapan menyelam).

Pantai Delegan

Pantai Delegan terletak sekitar 40 km dari pusat Kabupaten Gresik. Pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata populer yang selalu menjadi incaran para wisatawan. Pasal nya, selain mudah ditempuh, pantai ini juga memiliki ombak yang cukup tenang, sehingga relatif aman untuk dijadikan sebagai tempat bermain anak – anak.

Pantai Delegan via panduanwisata

Pantai Delegan via panduanwisata

Fasilitas di pantai ini tergolong sudah cukup lengkap. Di sepanjang garis pantai, Anda akan menemui banyak warung dan pendopo yang mirip dengan bangunan masjid. Selain itu, bila Anda mau, di tempat ini Anda juga bisa membeli beraneka ragam produk souvenir khas Kabupaten Gresik.

Untuk bisa sampai ke pantai ini, dari Terminal Gresik, Anda dapat memanfaatkan angkutan umum yang mengarah ke daerah Panceng. Sesampai nya di daerah Panceng, Anda tinggal melanjutkan perjalanan dengan memanfaatkan moda transportasi yang mengarah langsung ke Pantai Delegan.

Pada dasar nya, tidak ada batasan waktu yang ditetapkan untuk mengunjungi pantai ini. Dalam hal ini, Anda dibebaskan untuk datang kapan saja Anda mau.Namun begitu, waktu terbaik untuk berkunjung ke pantai ini adalah di kisaran jam 7 pagi sampai dengan jam 5 sore.

Oh ia, untuk bisa masuk ke area pantai, Anda diwajibkan untuk membayar biaya tiket masuk sebesar 6 ribu rupiah. Selain itu, jika Anda membawa kendaraan pribadi, Anda nanti nya juga akan dibebani biaya parkir sekitar 2 ribu rupiah (untuk sepeda motor).

Pantai Sukaoneng

Gresik sangat kaya akan destinasi wisata pantai. Salah satu destinasi wisata pantai di Gresik yang paling menyita perhatian wisatawan adalah Pantai Sukaoneng.

Pantai Sukaoneng terletak di Desa Sukaoneng, Kec. Tambak, Kabupaten Gresik. Pantai ini memiliki daya tarik utama berupa pasir putih dan air laur bewarna kebiruan yang sangat bening.

Pantai Sukaoneng via tempatwisataserkitar

Pantai Sukaoneng via tempatwisataserkitar

Selain itu, di pantai ini Anda juga bisa menikmati indah nya gugusan Kepulauan Bawean yang berlokasi tepat di areal seberang nya.

Untuk bisa sampai ke pantai ini, Anda dapat menggunakan fasilitas bus atau pun angkutan umum yang menuju ke daerah Kecamatan Tambak.Sesampai nya di jalan raya Desa Sukaoneng, nanti nya Anda tinggal berjalan kaki sekitar 200 meter menuju ke areal Pantai.

Di hari – hari normal, harga tiket masuk ke pantai ini dipatoki sebesar 10 ribu rupiah. Bila Anda menggunakan kendaraan pribadi, entah itu sepeda motor atau pun mobil, Anda nanti nya akan dikenai biaya parkir tambahan sebesar 2 ribu rupiah untuk sepeda motor dan 5 ribu rupiah untuk angkutan mobil.

Pantai Ria

Pantai Ria merupakan destinasi wisata pantai yang terletak di Pulau Bawean. Di pantai ini Anda bisa menikmati keindahan susunan batu karang yang menjulang tinggi di sepanjang bibir pantai.

Secara keseluruhan, pantai ini sangat pas untuk Anda yang ingin merasakan “view berbeda” ketika menikmati pantai.

Pantai Ria via @mirfansrgr

Pantai Ria via @mirfansrgr

Bila Anda tipikal orang yang suka bermain pasir di pinggiran pantai, maka Pantai Ria bukan lah tempat yang cocok untuk Anda. Pasal nya, di pantai ini hampir tidak ada area pasir putih nya sama sekali. Semua areal nya dipenuhi dengan batu karang dengan air laut yang luar biasa jernih dan tenang.

Untuk bisa sampai ke areal pantai ini, Anda bisa berkendara dengan sepeda motor sewaan yang bisa ditemui dengan mudah di sekitar area pelabuhan Pulau Bawean.

Karena pantai ini dibuka selama 24 jam non stop, maka Anda boleh mengunjungi nya kapan saja Anda mau.Disamping itu, di pantai ini Anda nanti nya juga tidak akan dikenai biaya tiket masuk sama sekali.

Pantai Kuburan Panjang

Pantai Kuburan Panjang merupakan destinasi wisata pantai yang cukup unik. Di tempat ini, selain bisa menikmati keindahan pantai yang masih asri, para wisatawan juga bisa menikmati sedikit suguhan wisata sejarah berupa kuburan berukuran panjang.Kuburan ini diyakini adalah makan pengawal Aji Saka yang ada di Pulau Bawean.

Pantai Kuburan Panjang @hellonusantara

Pantai Kuburan Panjang @hellonusantara

Sampai saat ini area sekitar kuburan tersebut masih dianggap cukup sakral oleh masyarakat sekitar. Bahkan, di waktu – waktu tertentu terkadang masih banyak warga sekitar yang mengunjungi makam ini untuk sekedar berziarah.

Nah, terlepas dari keberadaan makam panjang tersebut, pantai ini juga menawarkan keindahan alam yang cukup unik. Kenapa disebut unik? Karena pantai ini memiliki bentuk yang agak sedikit aneh.

Jika kebanyakan pantai yang lain nya memiliki garis pantai dengan karakteristik ombak yang sama, pantai ini memiliki garis pantai yang terpisah dengan karakteristik ombak yang jauh berbeda. Di satu sisi, pantai ini memiliki ombak yang tenang, sedangkan di sisi lain nya, pantai ini memiliki ombak yang cukup deras dan bergelombang tinggi.

Bila Anda tertarik untuk berkunjung ke pantai ini, Anda dapat memanfaatkan berbagai macam transportasi umum seperti bus dan angkutan umum. Untuk lokasi nya sendiri, pantai ini terletak di Desa Lebak, Kec. Sangkapura, Kab. Gresik.

Sesampai nya di Desa Lebak, Anda dapat melanjutkan perjalanan Anda dengan menggunakan kapal feri atau pesawat terbang.Nanti nya, begitu sampai di areal pantai, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tiket masuk tambahan. Hal ini dikarenakan biaya tiket masuk tersebut sudah include di dalam biaya tiket penyeberangan.

Pantai Labuhan

Masih belum beranjak dari Pulau Bawean, ada satu lagi destinasi pantai eksotis yang tidak boleh Anda lewatkan jika berkunjung ke Gresik. Destinasi wisata pantai tersebut adalah Pantai Labuhan.

Pantai ini merupakan pantai pasir putih dengan ombak yang cukup tenang. Di pantai ini Anda bisa bermain pasir dan berenang sampai puas. Selain itu, lokasi pantai ini juga sangat pas untuk dijadikan sebagai spot untuk menyaksikan sunset.

Pantai Labuhan

Pantai Labuhan

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke pantai ini, Anda wajib menyewa / menggunakan kendaraan pribadi. Selain itu, karena lokasi nya yang agak terpencil, Anda sebaiknya juga membawa perlengkapan navigasi seperti GPS atau pun peta.

Atau jika Anda tidak ingin ribet, Anda bisa memanfaatkan jasa pemadu wisata yang banyak tersedia di Bawean.

Oh ia, lokasi pantai ini ada di Desa Tanjuggori, Kecamatan Tambak ya. Tiket masuk ke pantai ini gratis, dan Anda diperbolehkan mengunjungi nya kapan saja Anda mau.

Pantai Terosan

Untuk Anda yang tengah mendambakan spot wisata pantai yang tenang dan jauh dari keramaian publik, Pantai Terosan adalah tempat yang sangat pas untuk Anda.

Pantai yang terletak di Pulau Selayar ini merupakan salah satu destinasi wisata pantai di Kabupaten Gresik yang masih belum banyak terjamah oleh manusia.Pantai ini memiliki suasana yang sangat tenang sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat mengasingkan diri dari keramaian publik.

Pantai Terosan

Pantai Terosan

Untuk bisa berkunjung ke Pantai ini, Anda dapat berjalan kaki dari Pulau Selayar melalui permukiman warga. Nanti nya selepas melewati pemukiman warga, Anda akan melihat deretan pohon kelapa yang berbaris rapi. Tempat itu lah Pantai Terosan.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke pantai ini adalah di sore hari. Di waktu tersebut, biasa nya air laut berada dalam kondisi surut sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai spot bermain pasir atau sekedar tempat jalan – jalan di sore hari.

Oh ia, pantai ini bisa diakses secara gratis ya.Selain itu, waktu buka pantai ini juga tidak dibatasi, sehingga Anda boleh berkunjung ke pantai ini kapan pun Anda mau.

Pantai Mayangkara

Ada satu lagi pantai eksotis yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Pulau Bawean. Pantai tersebut adalah Pantai Mayangkara.Di pantai ini Anda bisa menikmati keindahan alam berupa pantai pasir putih yang lembut disertai dengan ombak laut yang cukup tenang.

Pantai Mayangkara via @aguung8

Pantai Mayangkara via @aguung8

Lokasi Pantai Mayangkara berada di Desa Kepuhteluk, Kec. Tambak, Kab. Gresik. Tempat ini berlokasi sekitar 500 meter dari jalan raya, sehingga tergolong cukup mudah untuk diakses.

Sama seperti beberapa tempat wisata yang sebelumnya, untuk bisa masuk ke pantai ini pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk. Namun begitu, bila pengunjung menggunakan kendaraan pribadi, maka pengunjung akan dikenai biaya parkir sebesar 3 ribu rupiah (untuk motor) dan sebesar 5 ribu rupiah (untuk mobil).

Oh ia, fasilitas umum di pantai ini tergolong sudah cukup lengkap lho. Dari mulai kamar madi, tempat parkir, tempat sholat, sampai dengan restoran, semua nya bisa Anda temui dengan mudah di tempat ini.

Bukit Kapur Sekapuk

Anda tidak terlalu suka dengan wisata pantai? Tenang, di Gresik Anda juga bisa menemui banyak spot wisata non pantai yang tidak kalah eksotis, seperti salah satu nya adalah Bukit Kapur Sekapuk.

Bukit Kapur Sekapuk

Bukit Kapur Sekapuk

Bukit Kapur Sekapuk merupakan destinasi wisata perbukitan yang terletak di Desa Sekapuk, Kec. Ujung Pangkah, Kab. Gresik. Di bukit ini Anda akan disuguhi pemandangan berupa areal tebing dan bebatuan yang mirip dengan bangunan khas Eropa Kuno. Jika dilihat sekilas, bukit ini akan terlihat seperti kota dari peradaban kuno / masa lampau.

Bukit Kapur Sekapuk terbentuk dari efek galian tambang yang dijalankan selama berpuluh – puluh tahun. Karena galian tambang tersebut, bentuk morfologi bukit menjadi berubah sehingga alih – alih tampak seperti bukit, daerah ini malah cenderung terlihat seperti lorong dan tebing yang tersusun atas bebatuan karts.

Secara keseluruhan bukit ini memiliki panjang areal sekitar 2 sampai dengan 3 km.Untuk bisa sampai ke tempat ini Anda harus melalui medan perjalanan yang cukup terjal dan belum diaspal.

Sampai tulisan ini dibuat, masih belum ada moda transportasi umum yang bisa digunakan untuk berkunjung ke tempat ini. Maka dari itu, jika Anda ingin berwisata ke tempat ini, Anda harus membawa kendaraan pribadi dengan ukuran yang tidak terlalu besar (maksimal mobil keluarga).

Gunung Surowiti

Gunung Surowiti merupakan salah satu destinasi wisata religi yang cukup banyak dikunjungi oleh para wisatawan di Gresik. Gunung ini terletak di Desa Surowiti, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik.

Konon kata nya, Gunung ini merupakan area petilasan Sunan Kalijaga. Lama kelamaan, areal ini berubah menjadi areal perkampungan sederhana yang ditinggali oleh sekitar 200 kepala keluarga.

Gunung Surowiti

Gunung Surowiti

Gunung Surowiti memiliki luas area sekitar 5 hektar. Di gunung yang terletak sekitar 260 meter di atas permukaan laut ini, Anda dapat menikmati keindahan alam pegunungan yang lengkap dengan hamparan sawah yang tertata rapi.

Tidak hanya itu, di tempat ini, para wisatawan juga dapat berziarah ke makam Raden bagus Mataram dan makam Empu Supo. Khusus untuk Anda yang penasaran dengan sejarah Sunan Kalijaga, di tempat ini, Anda juga bisa berkunjung ke areal petilasan beliau atau ke Pring Silir, yaitu tempat ditancapkan nya tongkat milik Sunan Bonang.

Meski pun terletak di areal pegunungan, Gunung Surowiti tergolong cukup mudah untuk diakses. Untuk bisa sampai ke tempat ini, Anda dapat menumpang bus yang menuju ke Desa Surowiti.

Sesampai nya di desa tersebut, Anda tinggal berjalan kaki sekitar 200 meter mengarah ke area petilasan.

Oh ia, di tempat ini para pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk ya. Namun begitu, Anda sebaik nya menyiapkan uang receh.Pasalnya, di tempat ini biasa nya ada banyak peminta – minta yang berkeliaran.

Terakhir, sebisa mungkin hindari lah mengambil foto di area sekitar tempat ini. Pasal nya tempat ini masih cukup mistis dan sering dijadikan sebagai tempat pesugihan tuyul.

Air Terjun Laccar

Air Terjun Laccar terletak di Desa Kebun Teluk Dalam, Dusun Laccar, Kab. Gresik.Lokasi tempat ini berjarak sekitar 15 km dari Kec. Sangkapura.

Untuk bisa sampai ke tempat ini, satu – satu nya pilihan moda transportasi yang bisa digunakan adalah kendaraan pribadi. Selain itu, kendaraan pribadi yang digunakan pun tidak akan bisa mengantarkan sampai ke lokasi air terjun nya secara langsung.

Air Terjun Laccar via @gresikapik

Air Terjun Laccar via @gresikapik

Akses kendaraan pribadi hanya terbatas sampai ke Dusun Laccar saja. Selepas dari dusun tersebut, pengunjung harus berjalan kaki sejauh 1 km.

Namun tenang saja, meski pun harus berjalan kaki, Anda tidak perlu takut tersesat. Pasal nya jalur mengarah ke air terjun ini sudah cukup jelas, sehingga Anda tinggal mengikuti nya saja sampai ke jalur lintas sungai.

Sesampai nya di jalur lintas sungai, Anda harus melalui jalan berbatu. Normal nya, jika Anda cukup cepat, Anda akan sampai ke lokasi Air terjun setelah berjalan kaki selama kurang lebih 10 menit.

Ya meski pun perjalanan ke areal ini terasa agak melelakan, namun hasil yang akan Anda dapatkan benar – benar akan sepadan.

Oh ia, untuk masuk ke areal air terjun ini, wisatawan tidak perlu membayar tiket masuk ya. Satu – satu nya biaya yang harus dikeluarkan oleh para wisatawan adalah biaya parkir kendaraan.

Bila Anda mau, Anda bisa berkunjung ke tempat ini kapan pun Anda mau. Selain itu, sebagai persiapan, jangan lupa untuk membawa pakaian ganti ya.. Pasal nya, begitu sampai ke areal air terjun, dijamin Anda pasti akan tergoda untuk mandi – mandi di areal tersebut.

Air Terjun Patar Selamat

Air Terjun Patar Selamat merupakan destinasi wisata air terjun yang berlokasi di Kecamatan Sangkapura. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 12 meter dan terletak di areal hutan hijau yang dipenuhi dengan pohon besar dan tebing bebatuan. Secara keseluruhan, panorama di sekitar air terjun ini benar – benar luar biasa memikat.

Air Terjun Patar Selamat

Air Terjun Patar Selamat

Untuk bisa sampai ke tempat ini, Anda harus menggunakan kendaraan pribadi. Kendaraan pribadi ini nanti nya hanya bisa mengantarkan Anda sampai ke areal Desa Patar Selamat saja. Selepas dari desa tersebut, Anda harus berjalan kaki.

Tiket masuk ke areal ini gratis. Selain itu jam kunjungan nya pun juga tidak dibatasi, sehingga Anda bisa datang ke tempat ini kapan pun Anda mau.

Oh ia, meski pun tempat ini bisa diakses secara gratis, namun fasilitas di tempat ini tergolong cukup lengkap lho.Dari mulai kamar mandi, warung makan, sampai dengan tempat istirahat, semua nya sudah tersedia di tempat ini.

Gua Gelang Agung

Gua Gelang Agung terletak di Desa Melirang. Gua ini memiliki panjang sekitar 4 km dengan arsitektur bangunan yang sangat unik.Di dalam gua ini, para wisatawan akan disambut dengan ruangan – ruangan kuno yang kabarnya merupakan tempat bertapa para leluhur di desa tersebut.

Gua Gelang Agung

Gua Gelang Agung

Tidak hanya itu, di dalam gua ini para wisatawan juga akan dimanjakan dengan keberadaan stalaktit dan stalagmit yang menggantung di sepanjang areal langit – langit gua.

Areal Gua Gelang Agung pada dasar nya sudah diterangi dengan beberapa buah obor. Namun begitu, untuk lebih aman nya, Anda sebaik nya juga membawa alat penerangan, seperti senter atau pun lampu portabel.

Bila Anda tertarik untuk berkunjung ke Gua ini, Anda dapat memanfaatkan bus, ojek, atau pun angkutan umum yang mengarah ke Kec. Bunga. Gua ini tergolong cukup mudah untuk ditemukan. Jarak nya hanya sekitar 600 meter dari jalan raga menuju ke Kec. Bunga.

Untuk urusan biaya tiket masuk, tempat ini tidak membebankan biaya ke pengunjung. Namun begitu, untuk pengunjung yang membawa kendaraan pribadi nanti nya akan dikenai biaya parkir sekitar 2 ribu rupiah untuk sepeda motor dan sekitar 5 ribu rupiah untuk kendaraan jenis mobil.

Air Terjun Putri

Tempat wisata di Gresik selanjutnya adalah air terjun putri yang ada di Pulau Bawean. Air terjun ini menjadi destinasi wisata di pulau Bawaen yang wajib anda kunjungi.

Air terjun dengan ketinggian sekitar 25 meter ini terdapat kolam pemandian di bawahnya. Sangat cocok untuk anda yang doyan basah-basahan di alam. Airnya memang tidak terlalu jernih tapi sangat menyegarkan sob.

Ada banyak spot yang instagrameble lo disini sob. Buat kamu yang suka upload foto atau video pendek ke instagram, tempat ini sangat cocok banget lo sob.

Untuk bisa sampai ke curug ini cuku mudah, lokasinya bisa dijangkau dengan motor atau mobil. Anda bisa memarkirkan kendaraan di desa terdekat dan membayar sejumlah uang.

Telaga Ngipik

Tempat wisata di Gresik selanjutnya adalah telaga ngapik yang terletak di kelurahan Ngapik, kecamatan Gresik kota dan merupakan lahan tambang tanah liat milik PT Semen Gresik.

Telaga ini letaknya cukup dengan pusat kota Gresik. Bahkan hanya berjarak sekitar 1,5 km dari alun-alun Gresik. Danau yang eksotis ini menempati area seluas 20 Ha.

Telaga Ngipik via @rizaldby

Telaga Ngipik via @rizaldby

Kini area bekas penambangan ini menjadi salah satu tempat wisata keluarga di Gresik yang selalu ramai saat akhir pekan atau musim liburan. Di danau ini anda bisa mancing sepuasnya atau bisa berkeliling danau dengan menyewa perahu motor.

Telaga yang dikelola oleh PT. SWABINA GATRA sejak tahun 2002 ini semakin melengkapi fasilitas hiburan mulai dari cafetaria, taman untuk bersantai ria, arena bermain untuk anak anak, permainan perahu motor, sepeda air serta tempat berlatih bagi Persatuan Ski Air seluruh Indonesia (PSASI_JATIM).

Untuk bisa menikmati semua fasilitas tersebut, kita harus membayar tiket masuk sebesar Rp.2000,- dan jika anda ingin mengelilingi telaga ngipik dengan fasilitas perahu motor anda cukup merogoh kocek anda sebesar Rp.5000,~ , kalau anda hoby mancing, puaskan diri anda untuk memancing ikan disana, ada juga bisa membawa oleh oleh Adenium jika anda adalah penggemar tanaman hias, karena di telaga ngipik ini juga pernah menjadi sangat terkenal di jawa timur karena taman adeniumnya yg unik pada saat itu.

Bagaimana? Anda tertarik mengunjungi telaga ini? Telaga ini bisa anda capai hanya dengan berkendara sekitar 5-10 menit dari pusat kota. Bisa naik angkutan umum maupun membawa kendaraan pribadi. Tiba di tempat wisata, Anda hanya perlu membayar biaya parkir.

Dynasty Water World

Tempat wisata di Gresik berikutnya adalah Dynasty Water World yang sudah beroperasi sejak 22 Maret 2016. Wahana air ini menawarkan liburan seru kepada para pengunjungi.

Anda bisa mencoba arena racing slide, futsal air, lazy riverflush blow, mandi busa, dan raft slide. Ada pula kiddy pool yang dikhususkan untuk anak-anak.

Dynasty Water World

Dynasty Water World

Dynasty Water World ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB. Disini kolam terbagi menjadi beberapa kriteria, seperti wahana semi olympic pool untuk anda yang ingin mencoba sensasi berenang seperti atlet renang dengan kedalaman sekitar 1,5 meter. Ada juga dynasty jacuzzi yang mengusung konsep Romawi kuno. Selain itu, khusus buat anda yang doyan dengan yang ekstrim anda bisa mencoba supejet dari ketinggian 7 meter dan luncuran meliuk-liuk.

Bagaimana? Anda tertarik untuk liburan di Dynasty Water World? Silahkan langsung saja kunjungi alamatnya di Jalan Rantau 1 No.27-29, Manyar, Kabupaten Gresik. Anda bisa datang dengan kendaraan pribadi atau dengan kendaraan umum dengan jarak sekitar 7 km dari pusat kota sehingga memerlukan waktu 18 menit untuk mencapai tempat tujuan.

Untuk bisa masuk menikmati beragam fasiltias di dalamnya kita harus merogoh kocek sebesar Rp20.000 per orang untuk anak-anak dan Rp50.000 untuk orang dewasa.

Gua Giri Gajah

Tempat wisata di Gresik berikutnya adalah objek wisata alam gua giri gajah yang terletak di Desa Giri, Kecamatan Kebomas.

Gua ini dahulunya merupakan tempat untuk meditasi atau bertapa namun lama kelamaan beralih fungsi menjadi tempat rekreasi.

Goa ini memiliki kedalaman sekitar 18 meter. Di dalamnya terdapat pemandangan keren yang akan membuat siapa saja terpukau. Anda akan menyaksikan goa unik dengan bentuk vertical, sehingga harus menggunakan tali untuk memasuki gua.

Wisatawan tidak dikenakan biaya untuk masuk hanya membayar untuk tiket parkir saja. Buat anda yang memiliki jiwa petualang, gua giri gajah ini harus masuk dalam daftar tempat wisata di Gresik yang akan anda kunjungi

Prasasti Gosari

Anda hobi mengunjungi situs-situs bersejarah? Nah, Prasasti Gosari bisa anda masukan dalam daftar objek wisata di Gresik yang menarik untuk dikunjungi.

Prasasti Gosari

Prasasti Gosari

Prasasti ini merupakan bukti peninggalan kerajaan majapahit yang menguasai nusantara sampai ke mancanegara ini.

Prasasti ini sendiri sudah ada sejak tahun 1376 Masehi yang berkisah tentang ksatria bernama Sang Rama Samadya yang menghuni Gua Butulan. Beliau adalah pejabat penting dari Kerajaan Majapahit.

Lokasi prasasti Gosari ini ada di kompleks pegunungan karst, Desa Gosari, Kecamatan Ujungpangkah. Untuk mencapai lokasi, Anda harus naik transportasi publik ke Desa Gosari. Lalu, turun di sana dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Sejauh ini, memasuki kawasan prasasti tidak dipungut biaya apa pun.

Masjid Agung Gresik

Untuk anda yang ingin liburan dengan nuansa wisata religi di Gresik, maka masjid agung gresik harus masuk dalam daftar situs yang akan anda kunjungi.

Masjid Agung Gresik

Masjid Agung Gresik

Masjid agung ini sudah ada sejak 1400 masehi dan sudah mengalami beberapa kali pemugaran, namun masih membiarkan beberapa bagian masjid seperti sedia kala.

Untuk anda yang mau mampir kesini, datang saja ke Jalan Wahidin Sudirohusodo, Kecamatan Gresik.

Untuk akses menuju ke masjid ini juga sangat mudah karena lokasinya ada di tengah kota. Anda bisa mampir untuk shalat kesini.

Sendang Banyu Biru Lowayu

Tempat wisata di Gresik selanjutnya adalah sendang banyu biru lowayu yang terletak di desa Lowayu kecamatan Dukun, Gresik Jawa Timur.

Sendang atau mata air yang indah berwarna biru ini menjadi salah satu objek wisata yang sedang naik daun.

Sendang Banyu Biru Lowayu via @diaz_fidias

Sendang Banyu Biru Lowayu via @diaz_fidias

Air disini berwarna kebiruan dikarenakan kandungan belerang di dalamnya. Tak mengherankan, banyak yang meyakini, sendang tersebut mampu menyembuhkan penyakit kulit. Di samping itu, tampilan visual danau ini sangat memukau dengan pemandangan rumput dan pepohonan di sekitarnya.

Lokasi sendang banyu biru ini berjarak sekitar 40 km dari ibu kota Kabupaten Gresik, atau bisa anda tempuh dnegan 2 jam berkendaran. Wah tidak terlalu jauh ya.

Kabar baiknya lagi, wisatawan yang tertarik mengunjungi tempat ini tidak dikenakan biaya masuk hanya membayar parkir kendaraan saja.

Tempat Petilasan Sunan Kalijaga

Siapa sih yang tidak kenal dengan sunan kalijaga. Sunan kalijaga merupakan salah satu walisongo yang terkenal sebagai ulama penyebar agama islam di tanah jawa.

Petilasan Sunan Kalijaga @www.thearoengbinangproject

Petilasan Sunan Kalijaga @www.thearoengbinangproject

Lokasi petilasan sunan kalijaga ini ada di puncak Bukit Surowiti. Untuk mencapai ke sana, Anda harus menaiki puluhan anak tangga.

Terletak di sekitar 35 km dari pusat Kabupaten Gresik, kawasan ini menyuguhkan bebatuan mirip menara.

Pemandangan di sekitar petilasan ini sangat indah. Selain menyaksikan pemandangan yang indah, wisatawan dapat mempelajari sejarah di masa silam. Tak perlu khawatir soal biaya tiket masuknya karena digratiskan untuk wisatawan lokal maupun luar kota.

Tempat Wisata Adenium

Tempat wisata di Gresik berikutnya adalah wisata adenium yang merupakan tempat untuk melihat tanaman langka seperti  mawar atau kamboja gurun asal Afrika.

Tempat Wisata Adenium via @deny_trisyanto

Tempat Wisata Adenium via @deny_trisyanto

Selain dapat melihat-lihat anda juga bisa membelinya untuk dibawa pulang. Lokasi taman ini ada di Desa Sooko, Kecamatan Wringinanom.

Jika anda ingin berkunjung dengan kendaraan umum, anda bisa naik angkutan umum Kecamatan Wringinanom. Kemudian lanjut ke Desa Sooko.

Wisatawan yang masuk tidak akan dikenakan biaya. Hanya membayar untuk yang membawa kendaraan pribadi.

Hutan Mangrove Ujungpangkah

Tempat wisata di Gresik berikutnya adalah hutan mangrove Ujungpangkah yang terletak di Desa Banyuurip, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik.

Hutan mangrove ini menawarkan sensasi liburan yang tidak akan terlupakan. Dengan desain yang kece, anda bisa melintasi jembatan kayu yang melintang di atas perairan. Sepanjang jembatan pun dikelilingi pepohonan.

Hutan Mangrove Ujungpangkah via @young_guns15

Hutan Mangrove Ujungpangkah via @young_guns15

Objek wisata alam ini mendadak terkenal karena banyak foto-foto kece anak muda di instagram yang bersliweran, sehingga membuat yang melihatnya menjadi penasaran.

Untuk memasuki area mangrove ini wisatawan dikenakan biaya tiket masuk Rp10.000 per orang untuk dewasa, dan Rp 5.000 saja untuk anak-anak.

Untuk anda yang datang dengan kendaraan pribadi, harus membayar biaya parkir demi keamanan kendaraan anda sebesar Rp2.000 saja. Akses jalan ke tempat wisata ini cukup mudah karena dilalui beragam transportasi publik. Anda bisa mengunjunginya mulai pukul 08.00 WIB.

Air Terjun Murtalaya

Tempat wisata di Gresik selanjutnya adalah Air Terjun Murtalaya yang terletak di Pulau Bawean. Airnya mengalir dari celah bebatuan dan membentuk tangga. Di sekelilingnya terdapat pepohonan dan sungai yang tenang. Suasana di sana hening dan sepi sehingga sangat cocok untuk menenangkan diri dari kebisingan kota.

Air Terjun Murtalaya

Air Terjun Murtalaya

Lokasi curug atau air terjun ini ada di di Kecamatan Sangkapura. Hanya perlu waktu sepuluh menit dengan berkendara dan lima menit berjalan kaki ke kawasan tersebut. Untuk menikmati air terjun ini anda tidak perlu merogoh kocek sedikitpun, karena gratis,tis,tis.

Gua Langsih

Objek wisata di Gresik berikutnya adalah Gua Langsih yang dahulunya adalah rumah tinggal sunan kalijaga. Gua ini sendiri terletak di Gunung Surowiti.

Gua yang memiliki pintu masuk mungil ini ternyata di dalamnya memiliki ruangan yang cukup besar. Dan konon merupakan tempat untuk para sunan bermusyawarah.

Gua Langsih via @fendy_lavigne

Gua Langsih via @fendy_lavigne

Gua ini cukup mudah diakses. Namun karena letaknya ada di puncak gunung Surowiti maka anda perlu berjalan kaki menuju ke sana. Tidak ada biaya untuk masuk, hanya untuk tiket parkir saja.

Danau Kastoba

Danau Katsoba menjadi destinasi wisata di Gresik berikutnya yang layak untuk anda kunjungi. Danau ini masih masuk dalam wilayah Pulau Bawean.

Danau Kastoba

Danau Kastoba

Objek wisata yang cukup tersembunyi ini terletak di kawasan perbukitan dan dikelilingi hutan belantara dengan aneka flora. Nuansa hijau dan sejuk menyelimuti di sekitarnya. Tak hanya itu, di sana juga terdapat pohon besar yang berusia ratusan tahun. Meskipun sarat suasana mistis, tidak menghapuskan pesonanya.

Untuk mengunjungi objek wisata yang satu ini anda perlu menyewa kendaraan pribadi dan mengendarainya sampai ke Desa Paromaan. Kemudian, perjalanan dilanjutkan dengan menelusuri bukit. Kurang lebih 30 menit, anda akan sampai.

Begitu sampai, dekat dengan pohon besar anda akan mendapati gazebo dan daratan berupa tanah yang menjorok ke danau. Biasanya, para pengunjung beristirahat di sini sambil menikmati panorama air jernih. Namun, tetap waspada saat musim hujan. Pasalnya, tempat ini menjadi licin.

Bukit Jamur

Bukit jamur? Apa di bukit jamur ini tempat tumbuhnya banyak jamur? Ternyata tidak ada jamur di bukit ini, yang ada adalah bebatuan yang bentuknya mirip seperti jamur.

Bentuk bebatuan yang mirip dengan jamur ini dikarenakan adanya proses pengikisan bagian atas batu dalam waktu cepat.

Bukit Jamur via @bujamgresi

Bukit Jamur via @bujamgresi

Bukit jamur ini terletak di Desa Bungah, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik. Untuk menuju ke sana, Anda bisa melewati jalan pantura dengan kendaraan umum atau pribadi.

Untuk bisa sampai ke bukit jamur anda bisa mengambil rute mulait dari Sungai Bengawan Solo, kemudian belok ke arah kiri, tepatnya ke Dukun, Kecamatan Bungah. Setelah itu, berjalan melewati kawasan tambang kapur. Tak lama, lokasi Bukit Jamur pun mulai terlihat.

Wisatawan yang datang kesini tidak akan dikenakan biaya masuk, hanya membayar untuk parkir saja, anda harus membayar Rp3.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil.

Bukit Kapur Suci

Kalau anda mencari tempat instagramebel di Gresik, maka bukit kapur suci adalah satu spot terbaiknya.

Dinamakan bukit kapur suci karena areal pertambangan kapur di Gresik ini membentuk sebuah kawasan wisata instagramable.

Bukit Kapur Suci

Bukit Kapur Suci

Karena banyaknya foto-foto bersliweran di instagram yang berlatar belakang bukit ini, maka bukit ini kemudian menjadi viral dan banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah.

Lokasi bukit kapur suci ini ada di sebelah barat Perumahan Gresik Kota Baru (GKB). Tempat wisata tersebut ternyata masih dijadikan kawasan penambangan kapur. Sejak zaman kolonial Belanda sampai sekarang. Selain menyaksikan eksotisnya rangkaian perbukitan karst, Anda pun disuguhi kolam air yang jernih. Sekelilingnya terdapat bebatuan raksasa berwarna hitam dan diselimuti tumbuhan hijau.

Untuk bisa sampai di bukit ini tidaklah sulit, silahkan anda cari Perumahan GKB, kemudian lanjutkan perjalanan ke perempatan sesudah supermarket Giant. Kurang lebih 500 meter, ada sebuah jalan turunan menuju perbukitan karst.

Bukit Larangan

Bukit larangan? Ya, bukit larangan di Gresik ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Gresik.

Bukit ini menawarkan panorama yang mengagumkan. Untuk menuju ke bukit larangan ini juga cukup mudah, silahkan anda putar kendaraan anda dari bundaran Gresik Kota Baru, Anda harus menuju ke arah Kecamatan Panceng. Setelah tiba di Desa Prupuh, kendaraan mesti diparkirkan.

Bukit Larangan

Bukit Larangan

Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki menyisiri perbukitan dengan berjalan kaki. Medan di kawasan ini cukup terjal sehingga harus berhati-hati. Sekitar jarak 3 km selama penelusuran, terlihat daerah Kampung Larangan.

Anda tidak akan membayar tiket masuk hanya untuk biaya parkir saja. Nah, begitu sampai di puncaknya, maka rasa lelah anda terbayarkan begitu menyaksikan view yang sangat cantik dari puncaknya.

Bukit Awan Waterpark

Tempat wisata di Gresik selanjutnya adalah bukit awan waterpark yang menawarkan sensasi liburan basah-basah.

Bukit Awan Waterpark ini menawarkan beragam kolam pemandian, mulai dari kolam renang dewasa, anak-anak, papan seluncur, air mancur, dan masih banyak lagi. Selain itu, ada taman kecil di tengah kolam yang dihubungkan dengan jembatan. Tempat ini sangat tepat untuk mengambil foto.

Bukit Awan Waterpark

Bukit Awan Waterpark

Lokasi bukit awan waterpark ini ada di Jalan Qomaruddin HH No.26 Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Tempat ini sangat strategis dan dilalui beragam transportasi publik. Anda pun bisa menggunakan kendaraan pribadi dan memarkirkannya di area waterpark.

Untuk bisa menikmati mandi-mandi sepuasnya disini, anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp20.000-50.000 per orang. Jam operasionalnya dimulai pukul 08.00 sampai dengan 17.00 WIB.

Museum Sunan Giri

Selain petilasan sunan kalijaga, anda juga bisa mengunjungi museum sunan giri yang terletak di Jalan Pahlawan No.24. Biasanya, tempat wisata sejarah ini dibukan pada pukul 08.00 sampai 15.00 WIB.

Museum Sunan Giri

Museum Sunan Giri

Musesum yang sudah berdiri sejak 2003 ini memiliki berbagai koleksi dari sunan giri yang terawat dengan baik.

Setidaknya ada sekitar 372 koleksi tersimpan di Museum Sunan Giri. Beberapa koleksi utamanya terdiri dari serban Sunan Giri, fragmen sajadah, tombak, keris kalam munyeng, umpak kayu, pelana kuda, bedug, terbang, naskah, Alquran, dan kitab khotbah Jumat. Uniknya, Alquran yang dipamerkan di museum merupakan hasil tulisan tangan.

Pemandian Air Panas Sangkapura

Anda mau mencari tempat mandi-mandi yang seru? Nah, pemandian air panas Sangkapura bisa menjadi pilihan yang tepat.

Ternyata Gresik juga memiliki tempat pemandian air panas. Lokasinya ada di Kecamatan Sangkapura di Pulau Bawean.

Pemandian Air Panas Sangkapura

Pemandian Air Panas Sangkapura

Objek wisata pemandian air panas Sangkapura ini ada di 2 titik, yaitu terdapat di Desa Sawahmulya dan Sungairujing. Masing-masing berjarak 2-5 km dari Pelabuhan Sangkapura.

Objek wisata pemandian air panas dipilih menjadi tempat liburan selain untuk bersenang-senang ternyata juga dapat menyembuhkan beragam penyakit lo.

Dan ternyata, wisatawan yang datang tiket akan dimintai tiket masuk, anda hanya dikenakan biaya untuk parkir saja.

Bendungan Gerak Sembayat

Selanjutnya, anda bisa mengunjungi bendungan Gerak Sembayat untuk mengisi waktu libura anda.

Bendungan yang pada awalnya digunakan sebagai sumber air PDAM ini kini semakin tercelak dan ramai dikunjungi wisatawan. Semakin hari juga semakin banyak pedagan yang menawarkan makanan maupun souvenir di pinggir waduk.

Bendungan Gerak Sembayat via @ulum_02

Bendungan Gerak Sembayat via @ulum_02

Tanjung Gaang

Selanjutnya, anda bisa mengujungi tanjung Gaang sebagai objek wisata bersama keluarga tercinta. Tanjung gaang sendiri merupakan pulau batu karang yang berukuran besar.

Tanjung Gaang via @holidayisnesia

Tanjung Gaang via @holidayisnesia

Tanjung gaang ini terletak di Pulau Bawean. Jarak dengan Kecamatan Sangkapura sekitar 8 km. Hanya dalam waktu kurang lebih 50 menit, Anda tiba di lokasi tersebut. Moda transportasinya bisa memakai sepeda motor atau mobil.

Disini anda bisa menyaksikan panorama pantai, gugusan pulau, sekaligus samudera biru.

Penangkaran Rusa

Ternyata Gresik juga memiliki tempat penangkaran rusa lo. Jadi bukan hanya di kebun raya bogor saja.

Penangkaran rusa di Gresik ini terletak di Beto Gebang Pudakit Barat, Kecamatan Sangkapura.  Perjalanan ke sana dapat menggunakan ojek atau menyewa sepeda motor, dengna motor anda masuk hingga ke tempat tujuan.

Penangkaran Rusa Via @Amiruddin35

Penangkaran Rusa Via @Amiruddin35

Penangkaran seluas 4 hektar ini menjadi rumah bagi spesies satwa endemik, salah satunya Rusa Axis Kuhlii. Jenis ini hanya ada di Bawean dan nyaris punah akibat perburuan.

Kalau kita lihat kenampakan fisiknya, rusa Axis Kuhlii jantan memiliki tinggi badan 60-70 cm. Sementara yang betina, ukurannya sekitar 25-47 cm. Total jumlah rusa di sana kurang lebih 46 ekor dihitung dari 15 tahun silam. Untuk menjaga kelestariannya, pengelola terus mengembangbiakkan melalui perkawinan antarrusa.

Wisatawan yang ingin melihat rusa disini tidak akan dikenakan tiket masuk, hanya membayar untuk biaya parkir saja. Anda bisa datang kesini kapan saja.

Kota Lama Gresik

Kalau di Jakarta ada kota Tua, nah untuk Gresik, ada kota lama. Kota lama Gresik ini menjadi saksi perkembangan salah satu kota penting di Jawa ini mulai dari abad ke-14.

Gresik sendiri menjadi salah satu pusat dagang dan pelabuhan utama bagi pedagang dari mancanegara.

Kota Lama Gresik

Kota Lama Gresik

Disini terdapat alun-alun, pelabuhan, pasar, masjid, dan area Malik Ibraham. Arsitektur asli gedungnya masih dipertahankan meskipun beberapa mengalami pemugaran. Disini anda juga bisa melihat Gardu Suling yang merupakan tempat pengumuman ketika serangan musuh datang.

Kota ini sangat layak untuk anda kunjungi, apalagi kalau anda doyan jeprat-jepret pakai kamera, dengan angel yang pas maka foto anda akan terlihat lebih hidup, kayak tempoe doeloe.

Kunjungi juga yuk: 27 Tempat Wisata di Kediri Jawa Timur Paling Populer Wajib Dikunjungi

Kampung Kemasan Gresik

Saat anda mengunungi Kota Lama Gresik, coba untuk menengok ke Kampung Kemasan. Kampung ini merupakan salah satu bagian dari Kota lama yang memiliki bangunan dengan arsitekur khas China.

Kira-kira, umur banguan disini sudah ada 100 tahun. Sebagian besar dipoles dengan kombinasi cat merah, kuning, dan hijau. Setiap warna memiliki makna berbeda.

Kampung Kemasan Gresik

Kampung Kemasan Gresik

Rumah gajah merupakan ikon wisata di kampung tersebut. Luasannya kurang lebih 2.000 meter persegi. Menurut penuturan penghuninya, rumah itu didirikan sejak tahun 1881. Sudah empat keturunan yang mendiami bangunan kuno ini.

Lokasi Kampung Kemasan ini berada di tengah Kota Lama Gresik. Tepatnya di Gang 3 Pekelingan. Jika ingin berkunjung, datanglah pada pukul 08.00 hingga 20.00 WIB. Masuk kesini gratis.

Klenteng Kim Hin Kiong

Tempat wisata di Gresik berikutnya adalah klenteng kom hin kiong yang ada di Pusat Kota Gresik, dan berlokasi di Jl. Setia Budi, Gang Klenteng No. 56, Kelurahan Pulo, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik.

Klenteng Kim Hin Kiong via @gresiktorism

Klenteng Kim Hin Kiong via @greiktorism

Situs Giri Kedaton & Makam Raden Supeno

Situs Giri Kedaton & Makam Raden Supeno via @ludfi15

Situs Giri Kedaton & Makam Raden Supeno via @ludfi15

Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim

Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim via @elynawarti

Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim via @elynawarti

Bukit Bintang Gresik

Bukit Bintang Gresik - tempat wisata di Gresik

Bukit Bintang Gresik – tempat wisata di Gresik

Tempat wisata di Gresik yang terakhir adalah bukit bintang yang menawarkan sensasi keindahan pemandangan Kota Gresik dari ketinggian. Tidak hanya itu, kalian bahkan bisa melihat keindahan jembatan Suramadu yang sangat terkenal tersebut. Disini anda bisa sambil menikmati aneka olahan kuliner sambil menyaksikan pemandangan yang aduhai.

Sangat romantis sekali. Kalau anda mencari tempat wisata romantis di Gresik, maka bukit bintang adalah salah satu yang terbaik. Alamatnya ada di Sidomoro, Kebomas, Kabupaten Gresik.

Demikianlan ulasan seputar tempat wisata di Gresik dari kami. Semoga bisa menjadi referensi liburan untuk anda dan keluarga atau orang tercinta. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang linnya ya, agar Gresik semakin terkenal lagi. Kunjungi juga yuk: Objek Wisata di Ngawi Jawa Timur yang Seru untuk Liburan!

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!