Objek Wisata Waduk Mini Kleco Kulonprogo

Waduk Mini Kleco – Munculnya banyak lokasi wisata baru di Kota Jogja semakin membuat kota ini dikunjungi banyak orang, terutama pada saat liburan.

Pengunjung yang datang bukan hanya berasal dari kota Jogja dan sekitarnya saja, namun banyak sekali pengunjung asing yang masuk ke Indonesia dan sengaja datang untuk menghabiskan waktu libur mereka di kota Istimewa ini.

Bukan hanya destinasi wisata alamnya saja yang mereka kejar namun beragam keunikan yang ada di kota ini menjadi daya tarik yang sulit untuk dihindari.

Mulai dari beragam kulinernya yang lezat, hingga beragam tradisi yang semakin membuat kota Jogja berwarna. Munculnya banyak destinasi baru juga menambah warna baru pada perjalanan liburan para pecinta traveling.

Munculnya banyak lokasi wisata baru, baik yang sengaja dibuat maupun yang terbentuk secara alami ini berkat para warga sekitar yang melihat adanya potensi yang baik pada suatu wilayah.

Setelah warga turun tangan dan mulai dipromosikan sebagai salah satu destinasi wisata di kota Jogja, maka pemerintah akan memberikan dukungan penuh lewat dinas pariwisata setempat.

Salah satu wisata alam yang baru  dibuka untuk umum adalah Waduk Mini Kleco. Waduk ini berada di lokasi yang sangat indah dan sangat terkenal di Kabupaten Kulonprogo yaitu berada di perbukitan Menoreh.

Bukit ini memiliki banyak sekali derean wisata alam yang menjadi tempat para pecinta jalan – jalan menghabiskan waktu berlibur mereka.

Waduk Mini Kleco via IG @ikhsan_permanaa

Waduk Mini Kleco via IG @ikhsan_permanaa

Lokasi Waduk Mini Kleco

loading...

Untuk informasi pertama mengenai waduk mini kleco kita akan melihat lokasi atau tempat waduk mini kleco berada. Untuk lokasinya pastinya sangat familiar karena berada di perbukitan menoreh yang ada di kabupaten Kulonprogo.

Melihat lokasi waduk ini anda pastinya sudah bisa menebak bahwa lokasinya cukup jauh dari pusat kota Jogja, membutuhkan waktu sekitar 1 jam lebih untuk mencapai lokasi, dengan jarak tempuh sekitar 30 kilometer. Untuk mencapai lokasi anda akan melalui jalanan yang didominasi dengan tanjakan dan tikungan tajam.

Penasaran dengan lokasi waduk mini kleco anda bisa datang langsung ke kawasan Dusun Ngesong, desa Giripurwo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Embung Kleco via Kompasiana

Embung Kleco via Kompasianas

Rute Menuju Lokasi Waduk Mini Kleco

Untuk mencapai lokasi perbukitan Menoreh akan banyak tanjakan dan tikungan tajam yang akan anda lalui, maka dari itu sebelum melakukan perjalanan pastikan mesin kendaraan anda prima agar mampu menempuh perjalanan. Selain itu pastikan pula anda selalu berhati – hati saat berkendara.

Untuk rute menuju lokasi akan kita mulai dari pusat Kota Jogja, setelah itu ambil arah ke barat menuju ke jalan Kyai Mojo, setelah itu jalan lurus terus sampai anda menemukan perempatan lalu ambil arah menuju Demak Ijo Ringroad Barat.

Setelah itu lurus terus menuju ke jalan Godean lalu jalan lurus terus menuju pasar Godean lalu jalan terus hingga mencapai perempatan Nanggulan, lalu pilih arah ke kanan menuju ke jalan Girimulyo lalu jalan lurus terus sampai di pertigaan pohon beringin.

Lalu jalan lurus terus menuju Pasar Sribit hingga anda menemukan pertigaan Terminal sribit lalu belok ke kiri menuju ke kantor Polsek Girimulyo lalu menuju ke Poskesdes Girimulyo, kemudian ambil arah tengah menuju ke lokasi wisata yang dituju yaitu waduk mini kleco

Kunjungi juga yuk: Objek Wisata Alam Kalibiru Kulonprogo

Harga Tiket Masuk Waduk Mini Kleco

Meski waduk mini kleco memiliki pemandangan aam yang menawan serta waduknya yang begitu indah, namun jika kita lihat dari segi tiket masuknya tidak terlalu mahal, bahkan bisa dikatakan sangat murah, karena untuk setiap pengunjung yang datang hanya dikenakan biaya retribusi sebesar 2 ribu rupiah.

Pihak pengelola yang terdiri dari karang taruna tiga dusun yaitu Dusun Banjaran, Dusun Penggung, serta Dusun Ngeson tidak ingin mematok tarif terlalu mahal agar pengunjung yang datang tidak merasa kapok dan akan berkunjung kembali dilain waktu

Kini kita akan melanjutkan dengan melihat harga tiket parkir kendaraan yang harus dibayar oleh pengunjung yang membawa kendaraan pribadi. Untuk harga tiket parkirnya juga tidak kalah murah.

Untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor cukup membayar 2 ribu rupiah, sedangkan untuk kendaraan roda empat atau mobil cukup membayar  5 ribu rupiah.

Fasilitas Tambahan Di Waduk Mini Kleco

Waduk mini kleco mungkin bisa dikategorikan sebagai tempat wisata terbaru di Kota Jogja, namun jika kita lihat dari segi fasilitas tambahan yang tersedia sudah cukup lengkap sehingga kenyamanan pengunjung yang datang akan lebih terjamin, berikut diantaranya:

  • Lahan parkir yang tersedia di waduk mini kleco cukup luas sehingga bisa menampung lebih banyak kendaraan pribadi milik pengunjung
  • Toilet umum yang ada juga terlihat cukup terawat dan bersih sehingga akan lebih nyaman saat digunakan
  • Warung makan sederhana yang dikelola oleh ibu – ibu di sekitar lokasi, namun untuk menu makanannya belum begitu lengkap, hanya terlihat beberapa makanan ringan serta jajanan
  • Mushola sengaja dibangun untuk pengunjung muslim yang ingin menjalankan ibadah sholat
  • Tempat istirahat
  • Gardu pandang

Tips Berlibur Di Waduk Mini Kleco

Meski terbilang sebagai destinasi wisata anyar di Jogja, namun berlibur ke waduk mini kleco sangat menyenangkan. Untuk menambah keseruan anda bisa melakukan beberapa tips berlibur, berikut ini:

  • Di atas bukit tempat waduk mini kleco berada cukup sulit untuk mendapatkan makanan, hanya terlihat beberapa pedagang yang menjajakan makanan ringan, maka dari itu bawalah perbekalan makanan dan minuman sendiri agar tidak kelaparan dan kehausan
  • Sebelum melakukan perjalanan pastikan kondisi di sekitar anda cerah, karena jika cuaca mendung dan kurang bersahabat, apalagi jika turun hujan sebaiknya tunda terlebih dahulu perjalanan anda. Untuk menikmati liburan di hari yang hujan juga tidak akan optimal.
  • Saat berlibur ke waduk mini kleco jangan sampai meninggalkan kamera dengan kemampuan yang mumpuni agar bisa mengambil foto di spot – spot terbaik yang ada dan tentunya buat penggemar selfie bisa mengambil foto diri sepuasnya

Jangan lewatkan juga: Objek Wisata Alam Puncak Suroloyo Kulonprogo

Daya Tarik Waduk Mini Kleco

Siapa yang belum pernah mendengar nama perbukitan Menoreh yang ada di wilayah Kota Jogja dan Jawa Tengah. Perbukitan ini melintasi Kabupaten Kulonprogo yang menjadi wilayah paling Barat Kota Jogja.

Bukit ini sangat terkenal karena keindahan alam hijau yang ada di sana. Terdapat beragam jenis pepohonan berukuran besar yang hidup di wilayah itu. Beragam jenis flora dan faunanya memberikan keunikan dan keseruan tersendiri bagi mereka yang berkunjung ke kawasan tersebut.

Rute menuju bukit yang cukup memacu adrenalin dengan turunan dan tanjakan serta bebatuan membuat para pecinta alam semakin tertantang untuk menjelajah perbukitan menoreh. Udara yang ada di kawasan tersebut sangat segar dan belum tercemar polusi sama sekali. Banyak yang menjuluki perbukitan menoreh sebagai paru – paru kota Jogja.

Kini kita akan menjelajah lebih dalam perbukitan menoreh, dimana sebuah waduk nan menawan bersembunyi di kawasan tersebut. waduk tersebut baru beberapa tahun lalu dibuka.

Namun meski begitu kehadirannya langsung disambut hangat oleh pecinta traveling. Meski ukurannya tidak sebesar waduk Sermo, namun pesonanya tidak bisa dianggap remeh, karena akan membuat setiap pengunjung yang datang betah berlama – lama di tempat tersebut dan selalu rindu ingin kembali

Waduk ini bernama waduk mini kleco. Ukurannya yang hanya sekitar 8.500 meter kubik dan terbilang kecil membuat waduk ini diberi nama waduk mini atau waduk kecil.

Waduk ini berada di ketinggian perbukitan, sehingga untuk mencapai lokasi membutuhkan perjuangan yang tidak mudah, selain itu lokasinya juga cukup jauh dari pusat Kota Jogja, meski begitu anda tidak perlu merasa risau karena di sepanjang perjalanan menuju lokasi anda bisa menyaksikan pemandangan alam hijau nan menawan.

Suasana bukit nan alami membuat pikiran terasa tenang dan damai. Bahkan tempat ini cocok sekali bagi anda yang menginginkan terapi relaksasi alami.

Berkunjung bersama keluarga tercinta juga membuat liburan semakin sempurna. Sesampainya di lokasi waduk mini kleco, seluruh rasa penat yang anda rasa seketika akan hilang dan terbayar dengan pemandangan waduk yang menakjubkan, tidak heran jika tempat ini cukup dipadati pengunjung.

Menikmati Pemandangan dari Gardu Pandang via Youtube

Menikmati Pemandangan dari Gardu Pandang via Youtube

Terlihat banyak sekali pengunjung yang duduk santai di pinggir waduk sambil menggelar tikar seolah sedang bertamasya ke sebuah taman. Terlihat dengan jelas waduk nan menawan dengan airnya yang berwarna hijau dan sangat jernih sehingga terlihat beberapa jenis ikan berenang hilir mudik untuk mencari makan, karena memang waduk ini menjadi habitat ribuan ikan. Warna hijau air waduk berasal dari tumbuhan hijau yang hidup di dalamnya.

Pemandangan di sekitar waduk juga turut menarik perhatian kita. Banyaknya tumbuhan hijau yang hidup subur di tepi waduk membuat Suasana semakin terasa damai. Bagi pecinta fotografi tentunya tidak boleh ketinggalan mengambil beberapa jepret foto alam nan menawan.

Selain itu buat anda yang suka foo selfie juga harus eksis mengekspresikan diri. Selain foto selfie sepuasnya anda juga harus mengambil foto momen kebersamaan bersama keluarga di tempat yang indah ini.

Setelah asyik berfoto, jangan hanya meninggalkan foto di dalam kamera atau ponsel anda namun jangan lupa untuk mengunggahnya di media social yang anda miliki, agar semakin banyak orang yang melihatnya dan semakin banyak orang yang tertarik mengunjungi waduk mini kleco.

Waduk ini berada di ketinggian, jadi untuk pemandangan alam yang ada di lembah dan sekitarnya pasti sangat memukau dan membuat kita enggan untuk beranjak pergi.

Terlihat dari kejauhan hamparan sawah milik warga serta deretan perbukitan yang hijau dan subur. Terdengar pula beberapa burung berkicau bersahutan seolah sangat menyukai alam yang ada.

Saat berada di waduk mini kleco, jangan buru – buru untuk pulang karena momen yang tidak boleh anda lewatkan adalah menyaksikan matahari terbenam atau sunset. Menyaksikan sunset dari ketinggian waduk mini kleco pastikan akan terlihat sangat sempurna.

Sunset di waduk kleco @didik_kur_27

Sunset di waduk kleco @didik_kur_27

Indahnya langit senja yang menghadirkan siluet jingga keemasan di ujung langit membuat suasana terasa sangat romantic. Indahnya langit kota Jogja di kala senja memang menjadi buruan banyak orang. Jangan lupa untuk mengabadikan momen matahari terbenam menjadi sebuah foto atau video.

Memang banyak sekali orang yang tergila – gila dengan sunset karena memang sangat menawan, apalagi jika disaksikan dari tempat yang tepat, salah satunya dari perbukitan menoreh dimana waduk mini kleco berada.

Demikianlah informasi mengenai waduk mini kleco yang bisa menjadi tujuan wisata bagi banyak orang, termasuk anda. Kini liburan di kota Jogja semakin seru dengan munculnya banyak pilihan baru yang pastinya sangat fresh dan menyenangkan.

Berlibur ke waduk mini kleco erasa semakin sempurna saat anda membawa serta keluarga tercinta. Banyak orang sudah membuktikan sendiri keseruan berlibur di waduk mini kleco, kini giliran anda. Sekian dan terima kasih.

Kunjungi juga: Objek Wisata Pantai Glagah Kulonprogo

Loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!