Objek Wisata Pantai Glagah Kulonprogo

Pantai Glagah – Jika kita membicarakan soal kota gudeg pasti anda semua sudah bisa menebak apa yang ada di dalamnya. Ya sebuah kota istimewa yang terkenal akan keanekaragaman budayanya. Budaya mataram kuno sangat kental di wilayah ini yang menjadi cikal bakal budaya yang terus berkembang saat ini.

Salah satu bukti peninggalan kerajaan Mataram kuno yang masih terus lestari hingga saat ini adalah Keraton Yogyakarta yang dipimpin oleh rajanya yang bernama Sri Sultan Hamengku Buwono ke X.

Selain itu kota Jogja juga menyimpan sejuta pesona alam. Tidak heran jika kota istimewa ini menjadi salah satu tujuan wisata dunia.

Belum lagi keberadaan candi Prambanan yang menjadi salah satu warisan budaya dunia versi UNESCO semakin memperkokoh predikat kota Jogja sebagai tujuan wisata dunia. Jadi saat anda berada di kota Jogja jangan heran jika banyak warga asing yang hilir mudik di jalanan kota Jogja.

Salah satu destinasi wisata yang tidak boleh anda lewatkan saat berkunjung ke kota Jogja adalah Pantai Glagah yang berlokasi di salah satu Kabupaten yang ada di kota ini, yaitu Kabupaten Kulonprogo.

Pemandangan indah dari pantai glagah juga turut mencuri perhatian sahabat traveler sehingga kawasan ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Penasaran dengan kondisi alam pantai glagah? Anda bisa datang langsung ke kawasan Kulonprogo bersama keluarga dan orang tercinta.

Pantai Glagah Yogyakarta via Blogkulo

Pantai Glagah Yogyakarta via Blogkulo.com

Lokasi Pantai Glagah

Untuk lokasi pantai glagah cukup jauh dari pusat kota Jogja, meski begitu lokasinya sangat mudah dijangkau dengan medan yang layak untuk dilalui. Di sepanjang perjalanan anda juga tidak akan bosan dan jenuh karena di sisi kanan dan kiri jalan terpampang pemandangan nan menawan.

Mulai dari area persawahan warga, pepohonan hijau, hingga area pantai lain yang tidak kalah keren. Bagi yang penasaran dengan lokasi pantai glagah bisa langsung saja datang ke kawasan Desa Glagah, Kecamatan temon, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Lokasi Pantai Glagah

loading...

Setelah melihat lokasi pantai glagah dengan jelas, kini kita akan melanjutkan melihat rute atau medan yang harus dilalui. Untuk bisa mencapai pantai glagah anda harus menempuh perjalanan selama 1 jam dari pusat Kota Jogja dengan jarak tempuh sekitar 30 kilometer dengan jalanan yang sangat layak dan mudah untuk dilalui.

Rute perjalanan akan kita mulai dari pusat kota Jogja, kemudian lanjutkan menuju ke jalan arah ke kota Bantul, setelah itu menuju ke arah Purworejo, lalu jalan lurus terus sampai menemukan lampu merah Palbapang kemudian ambil arah ke kanan menuju ke jalan Srandakan.

Setelah itu jalan lurus terus sampai ke lampu merah kembali lalu belok ke kiri, kemudian ikuti jalur utama sejauh beberapa kilometer hingga sampai ke lokasi yang dituju yaitu pantai glagah.

Liburan Seru ke Glagah Beach Kulonprogo via Youtube

Liburan Seru ke Glagah Beach Kulonprogo via Youtube

Harga Tiket Masuk Pantai Glagah

Meski terdapat banyak keseruan yang ada di pantai glagah serta pantainya nan menawan namun jika kita lihat dari segi harga tiket masuknya terbilang murah.

Untuk bisa merasakan seluruh keseruan yang ada serta menyaksikan betapa mempesonanya pantai glagah anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar RP. 5000 per orang.

Dengan harga segitu anda tidak perlu pusing soal dana untuk berlibur, bahkan berwisata ke pantai glagah cocok sekali bagi anda yang minim dana.

Untuk pengunjung yang membawa kendaraan pribadi harus menitipkan kendaraan anda di area parkir yang tersedia. Namun lagi – lagi anda tidak perlu cemas sebab harga tiket parkir kendaraan tidak kalah terjangkau.

Untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor cukup membayar 2 ribu rupiah, untuk kendaraan roda empat atau mobil cukup membayar 5 ribu rupiah, sedangkan untuk pengunjung yang datang rombongan dan naik kendaraan besar seperti minibus dan bus pariwisata, masing – masing hanya perlu membayar 10 dan 20 ribu rupiah.

Fasilitas Tambahan Di Pantai Glagah

Kini kita akan melihat beberapa fasilitas penunjang yang ada di pantai glagah. Dari segi fasilitas yang ada sudah cukup memadai karena kenyamanan pengunjung salah satunya didapat dari fasilitas yang tersedia. Berikut diantaranya:

  • Area parkir yang cukup luas sehingga mampu menampung cukup banyak kendaraan milik pengunjung
  • Toilet atau kamar bilas yang cukup bersih dan terawat sehingga cukup nyaman digunakan
  • Tempat sampah
  • Warung makan tepi pantai menyediakan beberapa menu hidangan laut dengan bumbu dan olahan yang membuat rasanya tidak kalah dari masakan chef di restoran besar, untuk harganya cukup terjangkau, namun sebelum makan sebaiknya anda bertanya terlebih dahulu harga makanan tersebut, karena jangan sampai anda terjebak dengan pedagang nakal.
  • Mushola disediakan khusus bagi pengunjung muslim yang ingin menjalankan ibadah sholat
  • Tempat istirahat
  • Penginapan
  • Tempat penyewaan motor cros, ATV serta berbagai jenis perahu juga tersedia di pantai glagah untuk menambah keseruan berlibur
Spot Foto di Ayunan via IG @lutfi.1102_

Spot Foto di Ayunan via IG @lutfi.1102_

Pesona Pantai Glagah

Pantai glagah memiliki pesona  alam yang tidak biasa. terdapat pesona yang sangat jarang ada di pantai kawasan Kota Jogja. Pantai glagah terkenal akan pantai pemecah ombak terbaik di kabupaten Kulonprogo.

Pesonanya yang luar biasa akan membuat pengunjung betah berlama – lama di kawasan tersebut. Penasaran dengan pesona pantai galah, silahkan simak penjelasan di bawah ini:

1. Dermaga Panjang dengan Tetrapod

Dermaga Panjang dengan Tetrapod via Dinas Pariwisata Kulonprogo

Dermaga Panjang dengan Tetrapod via Dinas Pariwisata Kulonprogo

Mengunjungi pantai glagah dijamin tidak akan membuat anda menyesal. Setibanya di area parkir anda langsung disambut deburan ombak yang cukup besar memecah kesunyian.

Meski berada di Kabupaten Kulonprogo namun ombak yang ada di pantai ini hampir sama dengan ombak pantai yang ada di selatan kota Jogja, seperti pantai Parangtritis, dan pantai parangkusumo.

Gulungan ombak yang cukup besar seolah menandakan alam yang begitu bersemangat membuat pantai ini terlihat sangat eksotis.

Karena ombaknya yang terbilang besar dan cukup ganas, maka setiap pengunjung yang datang dilarang bermain terlalu dekat dengan bibir pantai.

Untuk mengatasi masalah tersebut petugas pantai bersama dinas pariwisata setempat membangun tetrapod yang berjejer dan pada bagian tengahnya dibangun jalan setapak yang terbuat dari beton dan sengaja didesain mengarah ke bagian tengah laut.

Dengan adanya jalan ini memudahkan pengunjung yang ingin melihat dari dekat eksotisnya pantai glagah tanpa harus takut terseret ombaknya.

Bahkan jalan setapak diantara tetrapod ini menjadi spot favorit para pengunjung. Mereka tidak akan melewatkan melewati jalanan ini sambil mengambil foto dengan latar belakang jejeran tetrapod dan laut lepas yang tidak mau tenang seolah menunjukkan kehebatannya pada semua orang yang berkunjung. Pemandangan ombak yang pecah akibat menghantam tetrapod menjadi pemandangan yang unik.

2. Laguna Nan Menawan

Laguna Glagah Beach via IG @94teguhpriyadi_

Laguna Glagah Beach via IG @94teguhpriyadi_

Pesona lain yang bisa kita saksikan dari pantai glagah adalah lagunanya nan menawan. Jika pada pantai lain kita bisa melihat laguna yang memiliki penghalang sejenis batu karang atau semacamnya dan berada di perairan yang dangkal dan sepi.

Namun berbeda dengan laguna yang ada di pantai glagah. Laguna di pantai glagah terlihat istimewa dan tidak dimiliki pantai lain yakni berupa daratan berbentuk agak cekung dan berisi air laut pasang.

Yang lebih istimewanya lagi dari laguna pantai glagah adalah cekungan tersebut semakin lama semakin banyak terisi air laut kemudian bertransformasi menjadi sebuah sebuah telaga besar tenang dan pada bagian tepinya kini ditumbuhi tanaman hijau dan terlihat sangat menawan. Seolah seperti oase yang tenang dan damai di tengah garangnya ombak pantai glagah.

Bahkan kini oleh para pecinta traveling yang berkunjung ke pantai glagah, laguna tersebut justru dimanfaatkan menjadi sebuah wisata air danau untuk bermain perahu kayuh, perahu kano serta sampan tradisional.

Tidak lupa pula para pecinta fotografi dan selfie ikut eksis mengambil foto dengan berbagai gaya untuk mengekspresikan diri mereka. Untuk anak – anak yang ingin bermain air juga banyak yang mengunjungi laguna tersebut.

Bagi pecinta memancing tersedia pula lokasi atau spot untuk memancing. Laguna yang ada kini justru menjadi wisata tersendiri yang cukup menyenangkan.

3. Stupa di Kawasan Pantai

Situs Glagah via Kemdikbud

Situs Glagah via Kemdikbud

Ternyata mengunjungi pantai glagah memiliki banyak keistimewaan. Selain menyaksikan bagaimana ombak memecah terapod yang eksotis, mengunjungi laguna air tenangnya ternyata masih ada lagi keseruan lain yang tidak boleh anda lewatkan.

Aktivitas lain yang tidak boleh anda lewatkan yaitu mengunjungi cagar budaya yang ada di sekitar pantai glagah yang bernama Stupa Cagar Budaya. Stupa tersebut berupa sebuah batu yang memiliki nilai sejarah.

Menurut cerita yang beredar , batu tersebut berasal dari abad ke 6 masehi yang merupakan peninggalan masa pemerintahan seorang Bupati bernama Cangak mengeng.

Dulunya batu besar tersebut digunakan oleh Nyi Sekar Kenanga yang merupakan anak dari sang Bupati untuk tapa brata.

Tidak jauh dari batu glagah tersebut juga ditemukan situs bersejarah lainnya yaitu sebuah batu yang merupakan sebuah gong serta batu Yoni dan Lingga yang merupakan simbol kesuburan  (berbentuk panjang untuk alat kelamin pria serta lubang untuk alat kelamin wanita).

Bermain Pasir di Glagah Beach via IG @hanafadhilla

Bermain Pasir di Glagah Beach via IG @hanafadhilla

Keseruan Lain Di Pantai Glagah

Setelah puas berkeliling pantai menyaksikan pesona pantai glagah yang memang sangat menawan dan jarang sekali ada di pantai kota Jogja. Kini kita akan melanjutkan liburan di pantai glagah dengan merasakan keseruan yang ada di kawasan tersebut. penasaran dengan keseruan lain di pantai glagah silahkan simak penjelasannya di bawah ini:

1. Memancing

Memancing di Glagah Beach via Kailbayu

Memancing di Glagah Beach via Kailbayu

Bagi pecinta memancing kini hobi anda akan tersalurkan saat berkunjung ke pantai glagah, sebab terdapat spot mancing terbaik di tempat ini. Jadi jangan lupa untuk membawa peralatan memancing terbaik yang anda miliki untuk mengalahkan para ikan yang hidup di pantai ini.

Spot yang menjadi favorit para mancing mania adalah di laguna dan tetrapod. Banyak sekali terlihat para lelaki dewasa yang menghabiskan waktu memancing ikan di tempat tersebut, namun ombak yang ada cukup ganas sehingga anda harus ekstra hati – hati.

Bagi anda yang baru pertama kali berkunjung sebaiknya memilih lokasi laguna sebagai lokasi untuk memancing karena terbilang aman karena airnya sangat tenang. Namun bagi pecinta tantangan bisa mencoba memancing di laut dan berdiri di tepi tetrapod yang ada.

2. Berkeliling di Kebun Buah Sekitar Pantai

Kebun Buah Naga Dekat Pantai via Inibaruid

Kebun Buah Naga Dekat Pantai via Inibaru.id

Aktivitas lain yang bisa anda lakukan adalah melihat – lihat serta berkeliling di kebun buah milik warga yang ada di sekitar pantai. Pada bagian pesisir pantai terdapat lahan perkebunan buah naga yang cukup luas yang bernama Agrowisata Kusumo Wanadri.

Berkat Romo Paulus yang merupakan tokoh terkemuka di kawasan Glagah telah bekerja keras mengubah semak belukar yang mengelilingi pantai ini menjadi perkebunan buah naga yang subur dan bernilai ekonomi tinggi.

Ada bukan hanya berkesempatan mengelilingi kebun buah naga saja, namun wisata edukasi juga bisa anda dapatkan dari tempat ini.

Ada banyak pengetahuan yang ditawarkan pihak pengelola, mulai dari mempelajari cara menanam pohon buah naga, perawatan, pemanenan, hingga khasiat dari buah naga. Bagi pengunjung yang tertarik untuk membeli buah naga juga dipersilahkan.

Untuk harga juga relatif murah. Untuk buah naga kualitas super bisa dibeli dengan harga RP. 30.000 per kilo. Sedangkan buah naga kecil RP. 15.000 per kilo.

Di kawasan kebun buah naga tersedia pula arena permainan outbond yang seru dan membuat waktu libur anda semakin optimal. Tersedia berbagai wahana yang menantang mulai dari flying fox, kano, voli pantai, hingga futsal pantai.

3. Menyaksikan Indahnya Sunset Kala Senja

Menyaksikan Sunset di Glagah Beach via Jogjatransport

Menyaksikan Sunset di Glagah Beach via Jogjatransport

Pantai ini menjadi salah satu lokasi yang paling strategis untuk menyaksikan indahnya sunset di kala senja. Dari ujung langit barat terlihat langit senja yang berubah menjadi jingga keemasan dan seolah matahari tertelan oleh birunya laut.

Pemandangan tersebut sungguh dinanti banyak orang. Selain itu banyak pula pengunjung yang mengabadikan momen tersebut menggunakan kamera menjadi beberapa lembar foto maupun video.

Menyaksikan romantisnya langit senja di pantai glagah akan terasa semakin sempurna saat anda bersama orang – orang tercinta, terutama pasangan. Tidak heran jika banyak sekali muda mudi yang menanti detik – detik sunset di pantai ini.

Jika anda ingin menyaksikan kesempurnaan sunset di kala senja pastikan anda berkunjung pada hari yang cerah. Jika cuaca tidak bersahabat atau mendung maka anda tidak dapat menyaksikan dengan jelas indahnya sunset.

Tips Berlibur 

Berlibur ke pantai glagah pastinya akan memberikan keseruan tersendiri. Namun untuk menyempurnakan keseruan berlibur, ada beberapa tips berlibur, seperti berikut ini:

  • Sebelum melakukan perjalanan sebaiknya perhatikan terlebih dahulu kondisi tubuh, pastikan anda dalam kondisi yang fit agar tidak mengganggu perjalanan dan menghindari hal – hal yang tidak diinginkan
  • Pastikan anda berkunjung ke pantai ini pada hari yang cerah, agar seluruh aktivitas seru di pantai ini bisa anda nikmati, terutama bagi anda yang berburu momen sunset
  • Pastikan anda membawa kamera untuk berburu foto nan indah dengan latar belakang laut lepas nan menawan. Karena di kawasan ini terdapat banyak sekali spot foto pilihan

Sampai disini dulu jalan – jalan kita di pantai glagah. Sebuah pantai nan menawan dengan beragam pesona alam yang tidak boleh kita lewatkan. Salah satu yang menjadi favorit para pengunjung adalah melihat indahnya laguna di tepi pantai glagah. 

Selain itu berbagai keseruan liburan juga bisa anda saksikan di pantai glagah. Berlibur akan jadi semakin sempurna saat anda membawa serta keluarga dan orang – orang tercinta. Selamat berkunjung dan selamat menikmati hari libur di pantai glagah. Sekian dan terima kasih.

****

Kunjungi juga: Pantai Trisik Kulonprogo

Loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!