Objek Wisata Sejarah Candi Sambisari Sleman

Candi Sambisari – Perjalanan liburan kita kali ini masih berkeliling di sekitar kota jogja yang memang sangat terkenal akan keistimewaan yang ada di dalamnya. Salah satu yang membuat kota ini menjadi tujuan dan favorit adalah banyaknya destinasi wisata alam yang ada di dalamnya.

Bahkan terdapat banyak sekali candi – candi yang berdiri kokoh meski sudah berusia ratusan tahun. Salah satu yang cukup istimewa adalah candi yang bernama candi sambisari.

Candi sambisari dulunya menjadi salah satu tempat pemujaan dewa –dewi mulai terkubur bersama erupsi gunung merapi yang cukup dahsyat beberapa abad yang lalu.

Setelah terkuburnya candi ini masyarakat mulai melupakan keberadaannya, namun setelah berabad – abad berlalu seorang petani yang bernama karyowinangun menemukan salah satu bagian dari candi tersebut, hingga penemuan ini diketahui oleh pemerintah dan mulailah tim dinas kepurbakalaan melakukan penelitian dan menemukan bahwa bagian tersebut merupakan bagian dari sebuah candi. Kemudian dilakukan penggalian atau ekskavasi.

Maka dari itu saat anda berkunjung ke kota ini jangan sampai melewatkan berwisata sejarah di kawasan candi sambisari yang berada di kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Anda bisa menyaksikan betapa tingginya peradaban masa lalu yang mampu menghasilkan bangunan dengan arsitektur yang menawan. Selain ada banyak cerita atau sejarah di dalamnya.

Bahkan keberadaannya saat ini juga menjadi sorotan karena letaknya lebih rendah daripada permukaan tanah yang ada di sekitarnya. Bagi anda yang penasaran dengan candi ini segera kunjungi bersama keluarga saat liburan nanti.

Candi Sambisari via Kompas

Candi Sambisari via Kompas

Informasi Dasar

  • Lokasi Candi: Jl. Candi Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571
  • Jam Operasional : 08.00-16.00 WIB (Senin-Minggu)
  • No. Telp: 0274 496 019

Lokasi Candi Sambisari

Candi sambisari lokasinya tidak begitu jauh dari pusat kota jogja. Jika ditempuh menggunakan sepeda motor atau mobil hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Loading...

Maka dari itu lokasinya sangat mudah ditemukan dan mudah pula dijangkau. Untuk bisa mencapai candi yang letaknya di bawah permukaan tanah ini atau sekitar 6,5 meter lebih rendah dari permukaan tanah disekitarnya anda harus melakukan perjalanan ke wilayah jalan Sambisari, dusun Sambisari, desa Purwomartani, kecamatan Kalasan, kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55571.

Untuk bisa menemukan lokasi candi sambisari anda harus melalui jalanan yang sedikit menanjak karena candi ini berada di kawasan kaki gunung merapi yang mengharuskan anda untuk lebih berhati – hati.

Namun saat berada di lokasi pasti anda akan takjub dengan alam di sekitar candi ini karena lokasinya berada di kaki gunung merapi pastinya memberikan keindahan yang tiada duanya.

Rute Menuju Candi Sambisari

Setelah membahas mengenai lokasi candi sambisari secara lengkap dan detail kini kita akan melanjutkan pembahasan mengenai rute atau medan yang harus kita tempuh.

Tapi anda tidak perlu khawatir kesulitan karena kita akan melalui jalanan yang cukup mudah karena  jalan menuju lokasi sudah di aspal.

Perjalanan akan kita mulai dari pusat kota jogja – solo kemudian ikuti jalan utama hingga sampai di gerbang angkatan akademi udara (AAU) yang bentuknya seperti burung garuda yang memang merupakan lambang Negara kita.

Kemudian silahkan belok ke arah kiri, setelah itu jalan lurus terus selama beberapa kilometer hingga anda menemukan lokasi yang dituju yaitu candi sari.

Bagaimana cukup mudah bukan medan yang akan kita tempuh? Tidak begitu banyak tikungan dan jalan yang perlu kita lewati. Anda hanya perlu melakukan perjalanan sekitar 12 km dari pusat kota atau kilometer 0 jogja.

Untuk waktu tempuhnya sendiri hanya sekitar 30 menit untuk bisa sampai ke lokasi yang dituju. Dengan perjalanan yang tidak begitu jauh akan membuat perjalanan anda semakin seru dan pastinya tidak membosankan

Harga Tiket Masuk Candi Sambisari

Harga Tiket Masuk Candi Sambisari via IG @iranovianti_

Harga Tiket Masuk Candi Sambisari via IG @iranovianti_

HTM: Rp 5.000 (Wisatawan Lokal), Rp 10.000,- (Wisatawan Mancanegara)
Biaya Parkir Motor: Rp 2.000,-
Biaya Parkir Mobil: Rp 5.000,-
Biaya Parkir Bus: Rp 10.000,-

Untuk bisa menikmati seluruh keseruan yang ada di dalam lokasi candi serta melihat betapa indahnya arsitektur dari candi sambisari anda tidak perlu membayar tiket masuk yang terlalu mahal, karena anda hanya perlu membayar 5 ribu rupiah untuk satu orang sekali masuk.

Dengan harga segitu anda tidak perlu takut kehabisan dana karena memang berwisata ke candi sambisari sangat bersahabat di kantong

Untuk pengunjung yang membawa sepeda motor atau mobil tidak perlu takut kehabisan uang sebab harga tiket parkirnya juga tidak kalah murah dari harga tiket masuknya.

Untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor anda cukup membayar 2 ribu rupiah, sedangkan untuk kendaraan roda empat atau mobil anda cukup membayar tiket parkir sebesar 5 ribu rupiah.

Untuk  wisatawan rombongan biasanya membawa minibus atau bus pariwisata cukup membayar masing – masing 10 dan 20 ribu rupiah.

Fasilitas Tambahan yang Ada di Candi Sambisari

Jika kita melihat dari segi fasilitas tambahan yang tersedia di kawasan candi sambisari ini sudah cukup lengkap dan memadai sehingga bisa membuat setiap pengunjung yang datang merasa nyaman. Berikut beberapa fasilitas tambahan yang tersedia, diantaranya

  • Area parkir yang bisa menampung cukup banyak kendaraan pribadi milik pengunjung
  • Tempat sampah juga diletakkan di beberapa sudut lokasi agar setiap pengunjung yang datang membuang sampah pada tempatnya
  • Mushola yang disediakan khusus pengunjung muslim yang akan menjalankan ibadah mereka
  • Ruang informasi bisa anda gunakan untuk mendapatkan beberapa informasi mengenai candi sambisari
  • Toilet umum juga tersedia di kawasan ini yang disediakan khusus bagi pelancong yang datang
  • Gazebo bisa digunakan oleh pengunjung yang datang untuk beristirahat sambil mengambil beberapa gambar selfie
  • Warung makan yang menyediakan beberapa menu local yang dijamin lezat dan harganya sangat murah

Aktivitas Seru di Candi Sambisari

Saat anda mengunjungi candi sambisari yang berada di kabupaten Sleman ini ada banyak sekali kegiatan atau aktivitas seru yang bisa anda lakukan. Penasaran dengan keseruan yang bisa anda rasakan, silahkan lihat ulasan berikut:

1. Menyusuri Jejak Bersejarah

Menyusuri Sejarah Candi via Okezone

Menyusuri Sejarah Candi via Okezone

Kini perjalanan anda ke candi sambisari akan menjadi perjalanan menyaksikan jejak bersejarah. Jejak tersebut bisa kita saksikan dari ukiran atau pahatan yang ada di bagian dinding candi.

Penelurusan akan kita lanjutnya untuk mengamati indahnya arsitektur bangunan candi yang begitu detail. Menuju ruang dalam candi anda akan melihat beberapa relung candi yang berisi arca.

Beberapa arca tersebut berbentuk arca dewi durga, arca ganesha, sampai arca agastya. Candi Ini dahulu digunakan untuk tempat pemujaan dewa syiwa, hal ini bisa kita lihat dari lingga dan yoni di balik candi.

Di lokasi candi ini juga terdapat sebuah museum minimalis yang akan menegaskan sejarah yang ada di balik candi ini. Pada bagian dinding museum terlihat beberapa foto yang dipajang.

Terlihat foto – foto lingkungan sawah milik warga yang menemukan candi ini sebelum digali, serta voto – voto proses evakuasi candi hingga benda yang ditemukan selama proses penggalian.

2. Berburu Spot Foto Instagramable

Berburu Spot Foto via IG @hirpaaan_

Berburu Spot Foto via IG @hirpaaan_

Aktivitas seru lainnya yang bisa anda rasakan adalah mengabadikan beberapa momen menggunakan kamera menjadikannya lembar demi lembar cerita indah kala itu.

Bagi pecinta fotografi pastolan enggan melewatkan momen indah di candi sambisari.  Anda bisa menjadikan candi sebagai background foto selfie, serta menjadikan suasana alam sekitar sebagai spot foto yang instagenik.

Terlihat hamparan sawah hijau milik warga serta taman yang tertata rapi yang bisa anda jadikan tempat foto – foto. Pada bagian dinding tanah yang mengelilingi candi terdapat tulisan dari perpaduan yang indah.

Pengambilan foto akan terlihat semakin indah disaat musim penghujan dimana kondisi alam akan terlihat lebih hijau dan rimbun sehingga cocok sekali dijadikan tema atau background untuk berfoto.

3. Menikmati Indahnya Senja Hari

Menikmati Sunset di Sambisari Temple via IG @roh_kyt

Menikmati Sunset di Sambisari Temple via IG @roh_kyt

Setelah lelah mengitari candi dan mengambil beberapa lembar foto kini tibalah saatnya untuk meluruskan kaki sejenak dengan duduk beristirahat di gazebo yang tersedia.

Selain itu anda juga bisa duduk santai bersama pengunjung lain sambil bersenda gurau dan melepaskan penat sambil menunggu senja di sekitar taman hijau yang tertata rapi. rerumputan hijau yang dipadukan dengan bunga warna – warni juga menjadi daya tarik tersendiri untuk kita nikmati.

Tidak terasa mentari perlahan pergi dan meninggalkan senja yang menggores warna jingga keemasan di ujung langit membuat pemandangan sangat cantik dan selalu ditunggu para sahabat traveler.

Pesona Candi Sambisari

Keindahan Candi Sambisari via IG @eksotika_jogja

Keindahan Candi Sambisari via IG @eksotika_jogja

Di lokasi yang tidak begitu jauh dari pusat kota jogja terdapat sebuah candi yang sudah terkubur selama beberapa abad yaitu candi sambisari. Candi ini letaknya lebih rendah dari lokasi di sekitarnya.

Candi ini terletak di kedalaman 5 hingga 6 meter dari permukaan tanah. Jadi untuk mencapai bagian dalam candi anda harus menuruni banyak sekali anak tangga. Candi ini pertama kali ditemukan kembali oleh seorang petani dan menjadi candi terbesar di Yogyakarta.

Seorang petani bernama karyowinangun sedang mencangkul di sawah miliknya, namun tiba – tiba ia menemukan sebongkah benda yang berupa batu, setelah itu dilakukan lah penelitian lebih lanjut dan membuktikan bahwa batu tersebut merupakan sebuah candi.

Setelah itu tim dinas purbakala melakukan penggalian lebih lanjut. Penggalian candi sambisari ini memakan cukup banyak waktu yaitu sekitar 20 tahun barulah penggalian benar – benar rampung dikerjakan.

Setelah selesai dilakukan penggalian dan pemugaran lalu candi ini diberi nama sesuai dengan tempat candi ini ditemukan. Dan hingga kini juga dikenal dengan nama candi sambisari.

Penemuan candi sambisari ini sekaligus semakin menegaskan bawa kawasan Sleman dan provinsi Yogyakarta merupakan pusat peradaban kerajaan mataram kuno.

Jika kita lihat dari ketinggian, candi ini akan terlihat semakin indah dan menyerupai sebuah kastil yang dikelilingi oleh taman hijau dengan aneka bunga warna – warni.

Meski hingga kini belum jelas kapan candi ini didirikan, namun melihat dari arsitektur candi ini dibangun pada masa pembangunan candi prambanan, candi plaosan, candi sojiwan serta candi di sekitarnya.

Tips Berlibur

Kami memberikan beberapa tips berlibur untuk anda agar perjalanan liburan kali ini tidak mengalami hambatan yang berarti. Berikut diantaranya:

  • Pastikan mesin motor anda fit agar bisa diajak menempuh perjalanan jauh yang didominasi oleh tanjakan
  • Pastikan anda memakai sepatu atau sandal yang nyaman agar tidak pegal saat berjalan di area candi yang akan menuruni banyak sekai anak tangga karena memang candi ini berada di tempat yang lebih rendah dari tanah disekitarnya.
  • Jangan lupa untuk membawa kamera dengan kualitas gambar yang baik untuk mengambil beberapa jepret foto sebagai pelengkap galeri liburan di candi sambisari.

Objek Wisata di Dekat Candi Sambisari

Selain mengunjungi candi sambisari, anda juga bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata terdekat. Berikut ini diantaranya yang bisa anda kunjungi:

1. Jogja Bay Waterpark

Selain mengunjungi candi, anda bisa mengunjungi jogja Bay Waterpark. Lokasi Wahana ini tidak jauh dari sambisari. Namun tentu saja, jika anda ada planing untuk mengunjungi wahana air ini, anda harus mempersiapkan pakaian ganti.

Seru-seruan disini bisa anda jadikan pilihan lain untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga. Dengan taman Waterpark ala bajak laut membuat Jogja Bay digemari oleh anak-anak.

Wahana yang paling menarik dan berbeda dari tempat lain disini yaitu berupa “How To Survive In Tsunami & Earthuquake”. Wajib anda coba.

Cek selengkapnya: Wahana Seru & Info Harga Tiket Masuk Jogja Bay

2. Candi Kalasan

Masih berupa candi juga, kalau anda masih belum puas menjelajah sambisari temple, tidak ada salahnya juga kalau menmabah destinasi berupa candi yangl lainnya, yaitu dengan mengunjungi candi kalasan.

Candi ini sendiri merupakan Candi Buddha tertua yang ada di Jogja. Candi nan eksotis ini memiliki relief yang dilapisi oleh Brajalepha, sebuah semen kuno yang terbuat dari getah pohon. Letak candi yang tidak jau hmembuatnya menjadi destinasi wisata rekomended untuk anda yang mengunjungi sambisari tample.

Simak selengkapnya: Objek Wisata Sejarah Candi Kalasan Sleman

3. Candi Sari

Berikutnya kamu juga bisa mengunjungi candi sari yang terletak di Bendan, Kalasan. Candi ini sendiri diperkirakan dibangun pada abad 8 dan memiliki corak candi Buddha.

Di area candi ini anda bisa melihat sebuah ruangan berjajar di dalamnya dan ada patahan arca dengan jumlah sekitar 36 buah di luar candi

Menurut para ahli jika dilihat dari ruangan candi ini kemungkinan dahulunya candi ini merupakan tempat asrama pendeta dan vihara.

Simak selengkapnya: Candi Sari Sleman

4. Warung Saoto Bathok Mbah Katro

Selain wisata sejarah, ada juga rekomendasi wisata kuliner yang tidak boleh anda lewatkan, yakni warung saoto Bathok Mbah Katro. Disini anda bisa menikmati soto yang disajikan menggunakan bathok kelapa. Untuk menambah cita rasa yang menggoda, ditambahkan juga sate telur, sate usus, maupun tempe goreng.

****

Demikianlah pembahasan kita mengenai candi sambisari yang lokasinya tidak begitu jauh dari pusat kota jogja. Saat anda mengunjungi kota jogja jangan lupa untuk meluangkan waktu mampir ke candi sambisari untuk menikmati seluruh keseruan yang ada di dalamnya.

Semoga informasi ini bermanfaat dan membuat anda ingin mengunjunginya karena kunjungan anda sangat berarti untuk kelangsungan wisata Indonesia. Selamat berlibur dan selamat mengunjungi candi sambisari. Sekian dan terima kasih.

Kunjungi juga: Objek Wisata Sindu Kusuma Edupark Sleman

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!