Liburan Seru ke Pantai Trisik Kulonprogo

Pantai Trisik – Ingin mengunjungi pantai nelayan atau pantai pelelangan ikan di Kabupaten Kulonprogo? Anda bisa datang langsung ke kawasan Pantai Trisik. Sebuah pantai yang sangat terasa kesederhanaannya serta kealamiannya.

Pantai trisik bukan hanya menawarkan keindahan laut biru serta kemolekan pasir di sepanjang pantai, namun juga menawarkan suasana yang tidak biasa yaitu bernuansa pedesaan pesisir yang begitu khas.

Di pantai ini anda juga bisa menyaksikan secara langsung aktivitas warga dan nelayan yang mencari makan di sekitar pantai.

Berlibur ke pantai yang berada di kabupaten Kulonprogo ini dijamin tidak akan membosankan. Ada banyak aktivitas yang bisa anda lakukan. Anda juga bisa bersenda gurau dengan para penduduk yang ramah.

Berlibur juga semakin menyenangkan saat anda membawa serta anggota keluarga. Sebab pantai ini cocok sekali dijadikan tempat berlibur keluarga. Selain itu ada banyak destinasi wisata sekitar yang bisa anda kunjungi setelah puas berkeliling di pantai trisik.

Tunggu apa lagi? Segera kunjungi destinasi wisata pantai trisik yang menjadi jantung pelelangan ikan dan menjadi penopang hidup banyak warga di sekitar yang berprofesi sebagai nelayan. Di pusat pelelangan ikan ini anda juga bisa membeli hasil laut segar dengan harga yang terjangkau.

Hasil laut yang dibeli bisa dibawa pulang atau bisa juga dimasak langsung di warung – warung makan yang tersedia dengan olahan sesuai dengan selera anda. Untuk rasa pastinya juara.

Laguna Pantai Trisik via IG @herysst

Laguna Pantai Trisik via IG @hery.sst

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Trisik

Untuk mencapai pantai ini anda membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam dari pusat kota Jogja dengan jarak tempuh sekitar 30 kilometer. Meski berada cukup jauh dari pusat kota.

loading...

Namun rute menuju lokasi tidak terlalu banyak rintangan, karena medan yang harus dilalui cukup datar dan tidak terlalu banyak tikungan, meski begitu anda harus tetap ekstra hati – hati saat berkendara.  Pantai trisik berada di Desa Karangsewu, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk rute yang harus dilalui cukup mudah dijangkau dan tidak terlalu banyak tanjakan. Untuk lokasinya juga sangat mudah ditemukan. Rute perjalanan akan kita mulai dari pusat kota Jogja, lalu lanjutkan perjalanan anda menuju ke arah Bantul.

Lalu jalan lurus terus  hingga menemukan perempatan lalu belok ke arah jembatan Srandakan Kulonprogo, lalu ikuti jalan utama sejauh beberapa kilometer hingga anda menemukan papan nama bertuliskan Pantai Trisik.

Untuk mencapai pantai ini anda tidak perlu takut nyasar sebab ada banyak papan petunjuk arah yang akan memandu perjalanan anda, mulai dari pusat kota Jogja hingga mencapai lokasi wisata yang dituju. Selain itu anda juga bisa menggunakan google maps untuk mempermudah menemukan lokasi.

Laguna Pantai Trisik via Antarafoto

Laguna Pantai Trisik via Antarafoto

Harga Tiket Masuk Pantai Trisik

Berwisata ke pantai trisik akan memberikan pengalaman yang berbeda, karena setiap pelancong yang datang akan merasakan suasana khas pesisir pantai nan sederhana.

Selain itu masih banyak lagi keseruan yang akan anda dapatkan di pantai ini, mulai dari menyaksikan kawanan penyu yang naik ke daratan untuk bertelur dan menyaksikan tempat penangkaran penyu, selain itu anda juga akan bertemu dengan kawanan burung langka yang bermigrasi dari berbagai belahan dunia.

Seluruh keseruan yang ada bisa anda nikmati dengan harga tiket masuk yang sangat murah.  Untuk setiap sahabat traveler yang berkunjung hanya dikenakan biaya masuk sebesar 3 ribu rupiah

Untuk pengunjung yang membawa kendaraan pribadi harus membayar tiket parkir, namun anda tidak perlu khawatir sebab harga tiket parkirnya juga tidak terlalu mahal.

Untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor cukup membayar 2 ribu rupiah, sedangkan untuk kendaraan roda empat atau mobil cukup membayar  ribu rupiah,  bagi pengunjung yang membawa bus atau minibus cukup membayar 10 dan 20 ribu rupiah.

Fasilitas Pendukung di Pantai Trisik

Meski berada cukup jauh dari pusat kota Jogja, namun jika kita lihat dari segi fasilitas pendukung yang ada cukup memadai. Beberapa fasilitas penunjang yang tersedia diharapkan mampu memberi rasa nyaman bagi setiap pelancong yang datang, berikut diantaranya:

  • Area parkir yang cukup luas mampu menampung puluhan kendaraan roda dua dan roda empat, bahkan untuk mobil jenis bus pariwisata juga bisa parkir di tempat ini
  • Toilet umum atau kamar bilas. Untuk fasilitas yang satu ini memang sangat diperhatikan, sebab pengunjung yang puas bermain air dan pasir pastinya sangat membutuhkan kamar bilas
  • Mushola juga tersedia khusus bagi pengunjung muslim yang ingin menjalankan ibadah sholat
  • Warung makan pinggir laut menyediakan hidangan yang lezat. Pengunjung juga diperbolehkan memilih bahan mentah yang segar langsung dari pasar pelelangan ikan yang ada di pantai ini.
Naik Bebek-Bebekan di Pantai Trisik via Harianjogja

Naik Bebek-Bebekan di Pantai Trisik via Harianjogja

Kunjungi juga: Wisata Alam Puncak Suroloyo Kulonprogo

Keseruan Di Pantai Trisik

Untuk mengunjungi pantai ini anda akan melalui jalanan yang cukup mulus dan minim tanjakan, sehingga meski perjalanan cukup jauh namun tidak akan terasa membosankan dan melelahkan. Pantai trisik juga mudah sekali ditemukan karena berada sangat dekat dengan jalan raya.

Terlihat pemandangan yang indah di sepanjang perjalanan menuju lokasi pantai. Jalannya yang mulus dan minim hambatan membuat perjalanan terasa nyaman.

Saat anda melewati jembatan penghubung antara Kabupaten Bantul dan Kabupaten Kulonprogo akan terlihat pemandangan sungai Progo yang indah dengan aliran sungainya yang cukup deras, terlihat beberapa warga memancing ikan di sungai tersebut.

Di sepanjang perjalanan anda juga akan melihat beberapa warung makan. Jadi buat anda yang belum mengisi perut dari rumah bisa mampir sejenak untuk mengusir rasa lapar dan haus, sembari beristirahat sejenak.

Setibanya di area parkir anda langsung bisa merasakan nuansa yang berbeda dari pantai ini. sangat terasa nuansa pedesaan pesisir nan sederhana. Terlihat para nelayan yang menyandarkan kapalnya di pantai setelah melaut dan mencari ikan.

Pantai trisik menjadi salah satu jantung perekonomian bagi para nelayan dan warga yang ada di sekitarnya yang berprofesi sebagai pedagang hasil laut. Tidak heran jika pantai ini begitu ramai dikunjungi.

Transaksi jual beli hasil laut terjadi secara langsung ditempat ini. Terlihat ramainya orang menunggu para nelayan mengangkut hasil tangkapannya.

Beberapa pengunjung yang datang juga terlihat memilih – milih ikan segar untuk dimasak di warung makanan yang ada dengan olahan sesuai selera.

Itulah yang menjadi salah satu keunggulan pantai ini, anda bisa memilih bahan ikan yang segar secara langsung dari para nelayan dan kemudian diolah menjadi hidangan yang pastinya mampu menggoyang lidah para penikmatnya.

Perekonomian warga memang semakin membaik karena ditunjang oleh pasar pelelangan ikan di sekitaran pantai. Terlihat jejeran perahu motor milik nelayan yang bersandar di tepi pantai.

Ada banyak pengunjung yang memanfaatkannya untuk berselfie. Hasil gambar dengan latar belakang perahu milik warga terlihat sangat indah dan eksotis.

Terlihat pula beberapa warga yang menjemur bahan untuk kerajinan di pantai ini, selain itu banyak juga warga sekitar yang berprofesi sebagai petani rumput laut.

Hal ini bisa dilihat dari jejeran rumput laut yang dijemur di tepi pantai demi mendapatkan penghasilan tambahan. Beberapa burung juga terlihat ikut mencari ikan di pantai ini.

Memang kawasan pantai trisik menjadi persinggah burung migrant dari berbagai wilayah. Beberapa jenis burung migrant yang bisa dilihat di pantai ini, seperti, Kuntul Kerbau, Trinil Rawa, Trinil Pantai, Cerek Kernyut, Trinil Semak, Kedidi Leher Merah, Walet Sapi, Udang Biru, Cerek Kalung Kecil, serta Layang – layang Asia.

Jika anda beruntung dan datang pada waktu yang tepat anda bisa melihat dari dekat beberapa burung langka tersebut. bagi pecinta fotografi akan lebih menantang mengambil foto tingkah laku lucu kawanan unggas tersebut.

Terlihat pula pemandangan lain dari pantai ini yaitu terlihat para warga sekitar memanfaatkan sinar matahari untuk mengeringkan eceng gondok yang didapat dari warga sekitar Ambarawa. Setelah kering mereka akan membaginya menjadi beberapa ikat.

Bahan eceng gondok kering akan disetor pada para pengrajin yang nantinya akan diolah menjadi barang ekonomis tinggi yaitu dibuat menjadi tas, sandal, serta beragam boks.

Hasil kerajinan tangan para warga sekitar pantai akan didistribusikan ke kota atau disetorkan ke beberapa pengrajin lokal untuk diproses lebih lanjut. Proses finishing biasanya akan menambahkan beragam pernak – pernik yang membuat hasil kerajinan menjadi lebih cantik dan bernilai ekonomi tinggi.

Sunset di Trisik Beach via Rizalrezki.wordpresscom

Sunset di Trisik Beach via Rizalrezki.wordpress.com

Keistimewaan Pantai Trisik

Setelah melihat bagaimana kehidupan pantai ini yang kental akan nuansa pesisir nan sederhana dengan sederet aktivitasnya kini kita akan kembali melihat keindahan pantai. Berikut beberapa keistimewaan pantai trisik, diantaranya:

Keindahan Pantai 

Menikmati Keindahan Trisik Beach

Menikmati Keindahan Trisik Beach

Pantai trisik memiliki keindahan laut yang tidak kalah dari pantai lain yang ada di kota Jogja. Ombaknya yang tidak begitu besar sangat bersahabat dengan pengunjung dan para nelayan.

Hamparan pasir hitam di sepanjang pantai menambah keeksotisan pantai ini. Ombaknya yang bersahabat membuat pengunjung diperbolehkan bermain air selain itu wisata bawah lautnya juga sangat memukau.

Indahnya Langit Panta Trisik

Indahnya pantai trisik bukan hanya bisa kita lihat dari hamparan laut biru serta pasir hitamnya nan eksotis, namun langit pantai trisik juga tidak kalah indahnya.

Di langit pantai trisik banyak sekali burung – burung langka yang migrasi ke pantai tersebut. bukan hanya burung lokal yang bermigrasi ke pantai trisik namun burung dari berbagai belahan dunia juga menyinggahi pantai ini.

Pada musim migrasi, langit akan terlihat sangat indah dan menawan. Kawanan burung tersebut sangat cocok diabadikan menjadi sebuah gambar.

Penangkaran Penyu

Kegiatan Melepas Penyu di Trisik Beach via Kompas

Kegiatan Melepas Penyu di Trisik Beach via Kompas

Di pantai trisik terdapat sebuah penangkaran penyu yang bernama konservasi penyu abadi. Penangkaran ini dibuat dengan tujuan ikut membantu melestarikan kehidupan penyu – penyu laut.

Pengunjung pantai trisik bisa melihat dari dekat penangkaran penyu tersebut dan kini wisata penangkaran penyu menjadi favorit para wisatawan.

Para penyu akan naik ke darat untuk bertelur di pasir pantai, kemudian kembali lagi ke laut, maka tugas utama para petugas penangkaran adalah mengumpulkan telur penyu untuk dirawat dan ditetaskan, kemudian akan dipelihara hingga penyu kecil siap untuk dilepas kembali ke lautan.

Tips Berlibur 

Berlibur ke pantai trisik akan menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan, terutama jika anda memperhatikan beberapa tips berlibur berikut ini, maka hari libur anda di pantai trisik menjadi semakin optimal, berikut diantaranya:

  • Sebelum berlibur ke pantai trisik sebaiknya anda perhatikan cuaca di sekitar, jika cuaca kurang memungkinkan sebaiknya anda tunda terlebih dahulu perjalanan anda.
  • Pantai trisik memberikan spot – spot foto terbaik bagi pecinta fotografi, jadi jangan lupa untuk membawa kamera agar anda bisa mengabadikan momen saat berlibur di pantai trisik yang menawan.
  • Untuk mendapatkan momen terbaik di pantai trisik, sebaiknya datang pada waktu yang tepat, maka anda akan beruntung melihat kawan burung langka yang bermigrasi, serta melihat penyu yang naik ke daratan untuk bertelur.

Itu tadi sedikit informasi mengenai wisata alam pantai trisik yang ada di Kabupaten Kulonprogo. Bukan hanya pemandangan laut birunya yang menawan namun pemandangan khas pantai pesisir nan sederhana juga tidak kalah menarik.

Pemandangan langit pantai trisik yang dipenuhi burung – burung langka menambah keunikan pantai trisik. Pantai trisik menjadi lokasi yang paling strategi untuk menghabiskan waku libur bersama keluarga. Selamat berkunjung dan selamat menikmati hari libur. Sekian dan terima kasih.

Kunjungi juga: Objek Wisata Alam Kalibiru Kulonprogo

Loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!