Objek Wisata Alam Puncak Suroloyo Kulonprogo

Puncak Suroloyo – Jogja terkenal akan keindahan alamnya yang tersebar di beberapa wilayah di sekitarnya. Tidak heran jika kota ini menjadi tujuan wisata banyak kalangan, bukan hanya mereka yang berada di dalam negeri saja, namun mereka yang berada di luar negeri pun ingin merasakan indahnya kota jogja.

Terutama saat musim libur atau pergantian tahun, pastilah kawasan Jogja sangat padat. Maka sebelum berkunjung sebaiknya booking kamar hotel jauh – jauh hari.

Selain itu ada banyak pula paket wisata yang menawarkan berkeliling kota jogja dan memberikan pengalaman yang luar biasa. setelah tiba di kota jogja, jangan hanya berdiam diri di pusat kota, namun sempatkan diri mengunjungi beberapa destinasi wisata alam yang ada di beberapa kabupaten di Provinsi ini.

Salah satu yang menawarkan panorama alam nan menawan adalah kabupaten Kulonprogo. Ada banyak tempat wisata keren di kabupaten ini yang akan menjadi memori indah saat anda kembali ke wilayah asal kalian.

Kulonprogo tidak kalah indah dari kota – kota lain, destinasi wisata yang selalu ramai dikunjungi para pelancong, terutama pada musim libur adalah puncak suroloyo.

Dari atas puncak anda bisa menyaksikan indahnya pemandangan kota jogja serta melihat megahnya candi Borobudur dari ketinggian.

Selain itu para muda mudi biasanya datang untuk melihat betapa indahnya sunset dan sunrise dari puncak suroloyo. Sudah banyak orang yang menginjakkan kaki di puncak suroloyo, kini giliran anda.

Puncak Suroloyo dari Drone via IG @eksotika_jogja

Puncak Suroloyo dari Drone via IG @eksotika_jogja

Legenda Puncak Suroloyo

Siapa sangka dari indahnya panorama puncak suroloyo tersimpan cerita legenda yang berumur ribuan tahun. Cerita legenda tersebut berasal dari seorang Raden mas Rangsang yang memiliki gelar Sultan Agung Hanyokrokusumo.

loading...

Menurut cerita yang beredar di masyarakat yang mengatakan bahwa puncak suroloyo sudah ada sejak zaman dahulu dan merupakan bekas pertapaan Raden Mas setelah ia mendapatkan wangsit. Cerita ini bahkan ada dalam kitab Cablek yang ditulis oleh Ngabei Yasadipura.

Menurut kita tersebut, Raden Mas yang mendapatkan sebuah wangsit agar ia melakukan perjalanan dari keraton Kotagede menuju ke arah barat.

Perjalanan yang dilakukan menempuh sekitar 40 km setelah itu sang Raden tertidur di puncak suroloyo, namun saat beliau tertidur kemudian mendapatkan wangsit kembali agar sang Raden melakukan pertapaan di tempat ia berhenti yaitu puncak suroloyo.

Negeri Atas Awan Suroloyo

Negeri Atas Awan Suroloyo

Kunjungi juga: Objek Wisata Alam Kalibiru Kulonprogo

Lokasi Destinasi Wisata Alam Puncak Suroloyo

Wisata alam puncak suroloyo bukan hanya bisa dinikmati dari kota jogja saja, sebab kawasan ini termasuk ke dalam perbukitan menorah yang terbentang di sepanjang kota jogja dan jawa tengah.

Puncak suroloyo inilah yang merupakan puncak tertinggi di kawasan bukit menoreh. Ada banyak sekali pecinta alam yang penasaran ingin menaklukkan puncak suroloyo untuk melihat indahnya kota jogja dari ketinggian.

Untuk lokasinya sendiri cukup jauh dari pusat kota, meski begitu lokasi puncak suroloyo cukup mudah dijangkau. untuk lokasi tepatnya silahkan datang ke kawasan dusun Keceme, onggosoro, giritengah, Borobudur, kabupaten  Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lokasinya juga sangat mudah ditemukan di google maps karena memang kawasan ini sudah cukup terkenal dan banyak sekali orang yang datang berkunjung.

Rute Menuju Lokasi Puncak Suroloyo

Untuk mencapai puncak suroloyo anda harus melakukan perjalanan menggunakan sepeda motor, jika ingin menggunakan mobil pribadi juga bisa namun harus ekstra hati – hati sebab jalanan yang ada sangat sempit.

Dari pusat kota anda akan melakukan perjalanan yang cukup jauh menuju puncak suroloyo. Perjalanan akan kita mulai dari pusat kota atau kilometer 0 kota jogja.

Setelah itu silahkan lanjutkan perjalanan menuju ke barat menuju ke jalan KH Ahmad dahlan, setelah itu jalan lurus terus menuju ke jalan wates lalu jalan lurus terus sampai menemukan perempatan, setelah itu ambil arah menuju utara melewati jalan siliwangi.

Kemudian jalan lurus lagi sampai menemukan perempatan lalu belok ke barat menuju ke arah jalan godean setelah itu jalan lurus lagi sampai di perempatan kembali kemudian pilih arah ke utara menuju ke jalan gedongan – tempel, sesampainya di pertigaan pilih arah ke barat menuju ke jalan daratan 3.

Kemudian ikuti jalan utama melalui jalan raya banjararum hingga menemukan perempatan kemudian belok kanan setelah itu jalan lurus sampai di pertigaan silahkan belok kiri menuju jalan samigaluh boro lalu jalan terus sampai ke jalan suroloyo, kemudian jalan sejauh beberapa meter hingga menemukan papan bertuliskan Puncak Suroloyo.

Perjalanan dari pusat kota ke kawasan wisata ini adalah sekitar 1 jam 10 menit dengan jarak tempuh sekitar 35 kilometer. Meski perjalanan cukup jauh namun anda tidak perlu takut karena perjalanan akan sangat menyenangkan dengan melihat pemandangan indah yang ada di sisi kiri dan kanan jalan.

Suroloyo Peak via Dinas pariwisata DIY

Suroloyo Peak via Dinas pariwisata DIY

Harga Tiket Masuk Puncak Suroloyo

Meski pemandangan alam di puncak suroloyo terbilang indah, namun untuk tiket masuk yang harus dibayar sangat murah. Cocok sekali untuk anda yang sedang tidak memiliki biaya lebih untuk berlibur, sebab pengunjung hanya perlu membayar 2 ribu rupiah per orang untuk bisa mendaki hingga ke puncak.

Sungguh harga yang tidak ternilai, bahkan anak kecil jaman sekarang tidak mau diberi uang 2 ribu. Kini dengan uang yang sangat sedikit anda bisa merasakan ketenangan di puncak.

Untuk harga parkir yang harus dibayar pengunjung juga tidak kalah murah dan pastinya bisa irit ongkos. Dijamin saat berkunjung ke puncak suroloyo kantong anda tidak terkuras terlalu dalam.

Untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor cukup membayar 2 ribu rupiah, sedangkan untuk kendaraan roda empat atau mobil cukup membayar 5 ribu rupiah, sungguh harga tiket yang standar digunakan tempat wisata lain.

Fasilitas yang Tersedia 

Kini berkunjung ke puncak suroloyo bisa merasakan lebih sempurna dengan adanya beberapa fasilitas tambahan yang memang dibangun khusus untuk pengunjung yang datang. Beberapa diantaranya:

  • Lahan parkir yang cukup luas mampu menampung puluhan kendaraan roda dua serta roda empat
  • Toilet juga disediakan untuk pengunjung agar saat berlibur merasa lebih nyaman
  • Warung makan juga terlihat di sekitar puncak, meski tidak berjualan di bagian puncaknya namun di dekat pintu masuk terlihat banyak sekali ibu – ibu yang menjajakan makanan lokal yang pastinya sangat lezat dengan harga yang terjangkau
  • Villa serta homestay
  • Gardu pandang atau pendopo untuk pengunjung beristirahat sembari melihat kondisi sekitar puncak yang sangat indah

Wisata terkait: Objek Wisata Waduk Sermo Kulon Progo

Pesona Puncak Suroloyo Kulonprogo

Untuk mencapai puncak suroloyo kita harus melakukan perjalanan dari pusat kota terlebih dahulu, melalui jalanan aspal serta gedung – gedung bertingkat yang cukup sesak di jalanan ibukota.

Semakin jauh meninggalkan ibu kota maka pemandangan gedung bertingkat akan semakin berkurang, hingga akhirnya berganti dengan rumah – rumah milik warga serta hamparan sawah yang menghijau.

Terlihat pula pepohonan nan rimbun berada di kanan dan kiri jalan hal ini menandakan anda sudah meninggalkan ibu kota dan sedang berada di pedesaan. Setelah melalui rute yang sudah dijelaskan di atas maka anda akan segera tiba di tempat tujuan.

Menuju puncak tentu saja perjalanan kita akan didominasi oleh tanjakan dan kelokan tajam dengan lebar jalan hanya sekitar 3 meter, oleh sebab itu anda perlu ekstra hati – hati. Terutama saat berada di tikungan pastikan tidak mengambil jalur kendaraan lain karena cukup berbahaya.

Di area perbukitan kita akan melihat banyak sekali perkebunan milik warga. Banyak dari mereka yang menggantungkan hidup dari tempat ini dengan menanam padi, serta sayuran khas dataran tinggi, seperti kentang, kubis, sawi dan masih banyak lagi.

Sesampainya di area parkir anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menaiki anak tangga. Jumlah tangga yang perlu didaki cukup lumayan, maka dari itu pastikan anda menggunakan alas kaki yang nyaman saat berkunjung ke puncak suroloyo.

Tangga Menuju Puncak Bukit Suroloyo via IG @konyeenk

Tangga Menuju Puncak Bukit Suroloyo via IG @konyeenk

Ada sekitar  290 anak angga yang akan mengantarkan pengunjung ke puncak. Banyaknya anak tangga dipengaruhi oleh ketinggian puncak yang berada di 1.019 meter dari permukaan air laut.

Menyaksikan Indahnya Pemandangan Alam

Setelah menapaki anak tangga demi anak tangga  maka anda akan tiba di bagian puncak, meski rasa lelah mendera namun setibanya di  puncak, maka rasa penat tersebut akan hilang dengan sendirinya dengan melihat betapa indah pemandangan puncak.

Dari atas puncak suroloyo akan terlihat pula puncak – puncak gunung lain yang ada di sekitarnya, mulai dari Gunung Kunir, Gunung Trajumas, serta Gunung Ayamayam, serta Gunung Kendil.

Pemandangan Alam dari Suroloyo Peak via Kompas

Pemandangan Alam dari Suroloyo Peak via Kompas

Puncak suroloyo terletak di bagian paling utara kota jogja yang berbatasan dengan kabupaten Magelang. Maka saat anda berada di puncak dan melihat ke arah utara maka akan terlihat dengan jelas pemandangan kota Magelang.

Jika anda melihat ke arah timur maka akan terlihat dengan jelas pemandangan puncak gunung Merapi serta merbabu. Selain itu gunung sumbing yang berada di kabupaten Wonosobo juga terlihat dengan jelas.

Pemandangan kota jogja  bisa kita lihat dengan jelas dari atas puncak, belum lagi indahnya kelap – kelip lampu kota di malam hari akan membuat kita seolah berada di antara ribuan bintang.

Menyaksikan Sunset dan Sunrise yang Menawan

Sunrise di Puncak Suroloyo

Sunrise di Puncak Suroloyo

Momen sunset serta sunrise dari puncak suroloyo juga tidak boleh dilewatkan. Apa lagi saat fajar menyingsing terlihat kabut putih tipis yang menutupi bagian lembah semakin terangkat naik seiring dengan matahari yang semakin terik. Sungguh pemandangan yang mempesona.

Romantisnya sunset di kala senja dengan langit yang berubah menjadi jingga keemasan juga harus anda saksikan dan jangan lupa menyiapkan kamera untuk membidik pemandangan indah yang ada.

Kawasan puncak suroloyo juga kerap dijadikan tempat camping oleh para pendaki gunung atau pecinta alam, selain itu banyak pula mahasiswa yang datang untuk membangun tenda untuk berkemah di tempat ini.

Menikmati Pemandangan dari Pendopo

Pada bagian puncak terdapat tiga buah pendopo yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Pendopo pertama bernama pertapaan suroloyo yang bisa digunakan pengunjung untuk melihat indahnya candi borobudur.  

Bergeser sekitar 200 meter ke arah barat pengunjung akan menemukan pendopo yang kedua dimana akan tersaji dengan jelas pemandangan pemandangan gunung sumbing dan gunung sindoro. Naik sekitar 200 meter dari pendopo kedua anda bisa melihat pendopo ketiga yang bernama pertapaan kaendran.

Melihat Megahnya Borobudur dari Ketinggian

Dari puncak suroloyo hanya berjarak sekitar 5000 meter dari candi Borobudur yang sangat terkenal dan termasuk ke dalam warisan budaya dunia menurut UNESCO.

Maka sangat jelas bahwa dari puncak ini pemandangan candi Borobudur sangat jelas terlihat. Namun pastikan anda mendaki pada saat cuaca cerah agar bisa melihat seluruh pemandangan indah yang ada di sekitarnya.

Selain itu pastikan pula anda membawa serta kamera dengan kualitas gambar yang baik agar hasil dari jepretan nantinya terlihat seperti kerja para profesional.

Tips Berlibur

Perjalanan ke puncak suroloyo memang sangat menyenangkan karena kita akan melihat pemandangan indah dari segala arah. Jika anda ingin merasakan liburan yang sempurna silahkan lihat beberapa tips berlibur berikut:

  • Udara yang ada di puncak sangat dingin, jika anda tidak memiliki ketahanan tubuh yang baik maka bisa berbahaya. Maka dari itu pastikan kondisi tubuh fit serta menggunakan baju tebal saat melakukan pendakian
  • Ada banyak sekali anak tangga untuk mencapai puncak maka dari itu gunakan alas kaki yang nyaman agar tidak mengganggu perjalanan anda ke puncak.

****

Demikianlah artikel mengenai puncak suroloyo yang berada di kawasan perbukitan menorah dan merupakan puncak tertinggi di kawasan tersebut. dengan ketinggian yang cukup anda akan merasakan pengalaman yang berbeda saat berada di puncak suroloyo, akan terlihat pemandangan indah kota jogja serta megahnya bangunan candi Borobudur.

Semoga informasi ini bermanfaat, selamat berkunjung dan menikmati hari libur anda disini. Sekian dan terima kasih

Kunjungi juga: Objek Wisata Alam Kalibiru Kulonprogo

Loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!