Objek Wisata Alam Agrowisata Bhumi Merapi Sleman

Agrowisata Bhumi Merapi – Siapa yang tidak mengenal kawasan kaliurang yang berada di lereng gunung merapi. Sebuah kawasan yang merupakan puncaknya kota jogja.

Meski gunung merapi kerap kali menunjukkan reaksinya dengan mengeluarkan awan panas serta lahar dingin dan menyebabkan banyak korban jiwa, namun kawasan ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Bukan hanya warga sekitar jogja saja yang memadati kawasan lereng merapi ini namun banyak warga dari luar pulau yang rela jauh – jauh datang untuk menghabiskan waktu libur mereka.

Kawasan ini memang layak menjadi tujuan wisata banyak orang karena terdapat lebih dari 18 tempat wisata seru, mulai dari museum merapi, lava tour merapi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Informasi Umum

Lokasi        :  Jl. kaliurang KM 20, Sawungan, Hargobinangun, Sleman, Yogyakarta

Tlp            : 083840810999

Buka         : 08.30-17.00

Harga tiket: Rp 10.000/orang

Website     : http://bhumimerapi.com/

Selayang Pandang

loading...

Salah satu destinasi wisata lereng gunung merapi yang tidak boleh anda lewatkan saat berkunjung ke kota jogja adalah agrowisata bhumi merapi. Sudah sangat jelas dikatakan wisata merapi, sudah pasti anda akan disuguhkan pemandangan gunung merapi yang sangat indah.

Wisata alam agrowisata bhumi merapi cocok sekali dijadikan tempat berlibur bersama keluarga, terutama akan- anak sangat dianjurkan dibawa mengunjungi tempat ini, karena selain berwisata alam ada banyak sekali pengetahuan yang akan didapat.

Wisata edukasi yang ada akan melatih anak menjadi lebih kreatif dan pintar. Jadi saat anda berlibur ke kota jogja, jangan lupa untuk singgah dan menikmati suasana asri  agrowisata bhumi merapi yang ada di kawasan kaliurang Yogyakarta.

Wisata Alam Nan Indah via Ceritapiknik

Wisata Alam Nan Indah via Ceritapiknik

Lokasi Wisata Alam Agrowisata Bhumi Merapi

Salah satu wilayah yang cukup terkenal akan destinasi wisata alamnya adalah kawasan kaliurang, dimana lokasi gunung merapi berada. maka dari itu sudah sangat jelas bahwa kawasan ini sangat mudah ditemukan. Bahkan kawasan ini akan sangat jelas terlihat di google maps.

Selain itu rute yang akan dilalui juga cukup terjangkau dan memadai. Anda cukup mengikuti petunjuk jalan yang ada disepanjang jalan denga seksama, maka anda akan bisa sampai ke lokasi wisata dengan mudah dan anti nyasar.

Bagi yang penasaran dengan dimana lokasi agrowisata bhumi merapi berada bisa langsung saja datang ke kawasan jalan kaliurang No. KM. 20 Sawangan, desa Hargobinangun, kecamatan Pakem, kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55582.

Untuk bisa mencapai lokasi anda bisa menggunakan sepeda motor atau mobil, selain itu angkutan umum bus trans jogja juga bisa mengantarkan anda sampai ke lokasi wisata.

Lalu bagaimana dengan kondisi jalan yang akan kita lalui, karena kawasan ini berada di ketinggian pastinya jalan akan didominasi oleh tanjakan. Maka dari itu pastikan mesin motor fit, agar bisa menempuh rute yang ada.

Untuk mencapai lokasi anda akan menempuh waktu perjalanan tidak terlalu lama, anda hanya akan berkendara sekitar 45 hingga 1 jam dengan jarak tempuh dari kota jogja sekitar 20 kilometer.

Untuk mencapai merapi anda hanya perlu melakukan perjalanan dari pusat kota kearah kaliurang, kemudian jalan menuju arah utara, dari arah sini anda bisa terus mengikuti petunjuk jalan yang ada di sepanjang jalan.

Jika anda masih kurang yakin bisa mencoba bertanya pada penduduk sekitar yang dijamin ramah dan bersahabat. Selain itu membuka google maps juga menjadi salah satu solusi agar anda tidak nyasar.

Selama melakukan perjalanan pastilah anda tidak akan merasa bosan, sebab di kanan dan kiri jalan terlihat betapa indahnya tumbuhan hijau yang tumbuh rimbun menandakan anda akan segera sampai di kawasan wisata alam agrowisata bhumi merapi. Selamat menikmati perjalanan anda yang menyenangkan.

Main dengan Kelinci via Liburananak

Main dengan Kelinci via Liburananak

Harga Tiket Masuk Agrowisata Bhumi Merapi

Berwisata ke lereng merapi meskipun memberikan banyak keseruan dan tergolong wisata alam yang sangat indah namun bisa dikatakan tiket masuknya cukup murah dan bersahabat sekali dikantong.

Anda tidak perlu takut kehabisan dana atau kekurangan dana, sebab anda hanya perlu membayar 10 ribu rupiah per orang. Dengan harga yang sangat murah itu anda bebas menikmati indahnya alam seharian.

Selain itu ada banyak aktivitas lain yang ada, mulai dari menikmati flying fox, menikmati berbagai wahana permainan dan masih banyak lagi.

Untuk pengunjung yang membawa kendaraan pribadi juga diharuskan membayar tiket parkir. Namun anda juga tidak perlu khawatir sebab harga tiket parkirnya juga tidak kalah murah dan terjangkau.

Untuk pengunjung yang membawa kendaraan roda dua atau motor cukup membayar 2 ribu rupiah saja, sedangkan untuk pengunjung yang membawa kendaraan lebih besar seperti mobil maka cukup membayar 5 ribu rupiah.

Fasilitas Wisata Alam Agrowisata Kaliurang

Pihak pengelola yang dibantu oleh dinas pariwisata setempat terus berupaya meningkatkan jumlah pengunjung dengan membangun sarana dan prasarana yang ada.

Maka dari itu pantas saja jika fasilitas yang ada cukup memadai dan sudah bisa membuat pengunjung yang datang merasa nyaman. Berikut diantaranya:

  • Lahan parkir yang ada di pelataran bisa menampung cukup banyak kendaraan milik pengunjung yang ingin berwisata di tempat ini
  • Toilet umum juga disediakan untuk setiap pengunjung yang datang agar saat berlibur merasa lebih aman
  • Mushola juga dibangun di tempat ini untuk pengunjung muslim yang akan menunaikan ibadah sholat
  • Kursi santai terlihat di beberapa sudut untuk pengunjung yang merasa lelah dan ingin istirahat sambil menikmati suasana yang ada
  • Warung makan juga terlihat di warung – warung kecil yang menyajikan berbagai menu yang terlihat lezat dan menggugah selera. Untuk harga yang ditawarkan anda tidak perlu takut karena sangat terjangkau. untuk menu minumannya sendiri ada banyak sekali warung yang menyediakan minuman penghangat badan, seperti kopi panas, teh panas, wedang jahe dll.

Jam Operasional Agrowisata Bhumi Kaliurang

Untuk pengunjung yang ingin merasakan keseruan di agrowisata bhumi kaliurang bisa langsung datang ke lokasi yang sudah kami sebutkan di atas. Saat berkunjung sebaiknya jangan terlalu pagi sebab kawasan ini baru beroperasi pada pukul 08.30 pagi dan  tutup pada pukul 17.00 sore.

Namun jika anda ingin datang lebih awal juga diperbolehkan, namun anda hanya bisa menikmati indahnya merapi dari luar lokasi.

Pesona Agrowisata Bhumi Merapi

Berapa banyak tempat wisata yang ada di kota jogja mungkin sahabat traveler tidak bisa menghitungnya dengan pasti sebab dalam satu kabupaten saja terdapat puluhan destinasi wisata alam yang sayang untuk dilewatkan.

Spot Foto ala Eropa di Agrowisata Bhumi Merapi via Tribun Jogja

Spot Foto ala Eropa di Agrowisata Bhumi Merapi via Tribun Jogja

Jika menyebutkan kata Sleman pasti sudah banyak yang bisa menebak kawasan mana yang terdapat banyak sekali tempat wisata keren, ya benar sekali! Kawasan kaliurang.

Desa Wisata Kaliurang memiliki banyak sekali destinasi wisata. Kawasan ini berada di lereng atau kaki gunung merapi. Sudah bisa dipastikan bahwa berwisata ke kawasan ini akan menikmati view keren gunung merapi.

Salah satu destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi kaliurang adalah agrowisata bhumi merapi. Kawasan ini berada di dataran tinggi, maka anda sedikit banyak pasti sudah paham dengan kondisi cuaca yang ada.

Saat musim dingin cuaca di wilayah ini bisa mencapai 10 derajat, bahkan bisa kurang dari angka tersebut, maka saat berkunjung jangan menggunakan baju pendek atau baju tipis yang bisa membuat anda kedinginan.

Pastikan anda memakai jaket atau sweater hangat untuk membantu menghangatkan tubuh. Saat berjalan kearah Kaliurang akan di kanan dan kiri jalan akan tersaji pemandangan alam yang tiada duanya.

Tempat wisata ini memiliki tema agrowisata dan edukasi bagi pengunjung. Maka sebaiknya ajak serta keluarga dan anak saat mengunjungi tempat ini agar para anak mendapat pengetahuan baru.

Bhumi Merapi Tempat Liburan Keluarga via IG

Bhumi Merapi Tempat Liburan Keluarga via IG

Pengelola menyediakan tempat untuk para pengunjung mempelajari banyak hal, mulai dari melihat perkebunan dengan tumbuhan hijaunya yang menyegarkan dan pastinya memiliki cukup banyak hasil panen, hingga melihat area peternakan dengan jenis hewan yang dipelihara.

Beberapa jenis hewan peliharaan dibudidayakan di lokasi ini, beberapa diantaranya ikan, kambing etawa, musang, dan masih banyak lagi.

Jadi untuk pengunjung yang ingin membuka usaha peternakan atau perkebunan bisa belajar dari tempat ini, selain itu untuk lebih menarik minat para pengunjung, pihak pengelola menyediakan tempat pelatihan usaha untuk pengunjung yang berminat.

Area hidroponik juga tidak kalah menyedot perhatian para pelancong, mereka terlihat antusias melihat tanaman sayuran tumbuh subur di area ini. Sebagian dari mereka bahkan ikut memanen sayur.

Selain itu kawasan lain yang bisa dinikmati pengunjung adalah kawasan outbond, serta terdapat area camping yang sering dijadikan tempat berkemah para mahasiswa dan para pecinta alam yang ingin menyaksikan sunrise di pagi hari dan ditutup dengan sunset di sore hari yang pastinya sangat sempurna di saksikan dari tempat ini.

Lokasi yang dibuka pada tahun 2015 lalu ini mampu menjadi magnet yang cukup ampuh untuk menarik para pelancong untuk menghabiskan waktu libur di kawasan ini.

Tidak heran jika pengunjung yang datang selalu ramai, terutama pada hari libur, pengunjung yang datang bisa melebihi kapasitas. Terlihat pula para muda – mudi yang menghabiskan waktu berdua di tempat ini, karena memang lokasinya yang instagramable cukup romantic.

Bagi pecinta fotografi dan foto selfie belum lengkap rasanya jika belum mengambil foto dari tempat ini. Selain menjadikan gunung merapi dan lembah sebagai latar belakang foto anda, tersedia pula beberapa spot foto yang instagenic, mulai dari rumah hobbit, gazebo atau gardu pandang, hingga di tengah bunga yang sedang bermekaran menghasilkan warna – warni yang ceria serta menghasilkan aroma yang sangat wangi.

Tidak heran jika kawasan ini semakin popular setelah banyaknya bermunculan foto – foto cantik yang wira wiri di media social. Karena memang cukup banyak pengunjung yang datang kemudian mengunggah momen – momen indah di agrowisata bhumi merapi di media sosial yang mereka miliki. Cara ini ternyata ampuh menjadi ajang promosi yang paling tepat.

Pembagian Area di Agrowisata

Bumi merapi bisa dijelajahi sepuasnya oleh pengunjung yang datang namun untuk memudahkan penjelajahan pihak pengelola wisata membagi wilayah ini menjadi beberapa area, berikut diantaranya:

1. Area Kebun Hidroponik

Sahabat traveler bisa menyaksikan dan melihat bagaimana suburnya tanaman hidroponik yang di tanam di sini. Bahkan para pengunjung diperbolehkan ikut merawat tanaman dengan panduan langsung dari pihak pengelola yang sudah professional

2. Area camping

Di taman agrowisata bhumi merapi ini ternyata juga disediakan area yang cukup luas untuk pengunjung yang ingin membangun tenda atau berkemah di tempat ini. Ada banyak keseruan yang pastinya bisa anda saksikan, mulai mengadakan acara api unggun, hingga melihat betapa indahnya mentari terbit atau sunrise.

3. Outbound

Area Outbound via Liburananak

Area Outbound via Liburananak

Bagi anda dan keluarga yang ingin menikmati asiknya area permainan outbound tersedia tempat yang cukup luas. Sanda bisa bermain sepuasnya sambil menikmati betapa indah pemandangan yang ada di sekitar dan udaranya yang sangat sejuk.

4. Tempat Pacuan Kuda

Bagi penggemar olahraga berkuda, di kawasan agrowisata bhumi merapi tersedia sebuah area untuk pacuan kuda. Jadi anda bisa berlibur sepuasnya sambil menunggang kuda yang pastinya sangat jarang anda lakukan dan pastinya jarang ada di tempat wisata lain.

5. Spot Foto yang Instagramable

Salah satu kegiatan yang tidak boleh anda lewatkan saat berada di kawasan agrowisata bhumi merapi adalah berburu spot foto yang pastinya keren.

Selain pemandangan alam dan gunung merapi yang bisa anda foto, terdapat pula tempat yang memiliki konsep unik dan menari, mulai dari taman bunga, rumah hobbit, coffee shop, gazebo dan masih banyak lagi.

Rumah Hobbit di Bhumi Merapi

Rumah Hobbit di Bhumi Merapi

Tips Berlibur

Berlibur ke agrowisata bhumi merapi ada banyak keseruan yang akan kita dapatkan. Selain itu ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan  agar liburan semakin optimal. Berikut beberapa tips berlibur:

  • Udara yang ada di lereng merapi sangat dingin sebagaimana khas daerah pegunungan dan dataran tinggi, maka sebaiknya anda memakai baju hangat agar tidak kedinginan dan terkena flu.
  • Jangan lupa untuk membawa kamera agar bisa memotret spot – spot yang indah, selain itu anda juga bisa berfoto selfie sepuasnya dengan latar belakang gunung merapi, lembah – lembah nan cantik, pepohonan hijau yang tumbuh subur, dan masih banyak lagi
  • Sebelum berangkat berlibur pastikan kondisi tubuh anda prima, serta selalu menjaga kondisi tubuh dengan baik, bila diperlukan silahkan mengkonsumsi multivitamin tambahan untuk menjaga kebugaran tubuh.

*****

Demikianlah artikel kita kali ini yang membahas mengenai destinasi wisata alam agrowisata bhumi merapi yang ada di lereng gunung merapi. Kawasan ini memiliki spot – spot terbaik yang tidak boleh dilewatkan. Ada banyak keseruan yang akan anda nikmati, serta wisata edukasi yang bermanfaat bagi anda semua.

Ayo kunjungi taman agrowisata bhumi merapi bersama keluarga dan orang terdekat. Selamat berkunjung dan selamat menikmati keseruan yang ada di kawasan wisata. Sekian dan terima kasih.

Kunjungi juga: Objek Wisata Batu alien Sleman

Loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!