Objek Wisata Alam Kali Kuning Sleman

Kali Kuning – Menikmati indahnya kali kuning di lereng merapi menjadi kegiatan yang tidak boleh dilewatkan saat anda berada di jogja. Kawasan yang terletak di kawasan lereng gunung merapi ini memiliki pesona alam yang tidak biasa.

Setiap mata yang memandang akan merasakan kesegarannya hingga jauh ke dalam pikiran. Wisata ini sangat cocok bagi pengunjung yang mulai bosan dan lelah dengan banyaknya aktivitas harian selama ini.

Segala stress yang dirasa akan hilang seketika saat menyaksikan agungnya ciptaan Tuhan yang ada di lereng merapi ini. Setelah terjadi letusan gunung merapi pada tahun 2006 yang terbilang sangat dahsyat itu, kini setelah beberapa puluh tahun berlalu kondisi alamnya semakin subur.

Berkunjung ke wisata alam lereng gunung merapi yang sangat terkenal ini dijamin tidak akan membuat pengunjung menyesal.

Saat liburan bersama keluarga di kali kuning akan menjadi salah satu ajang mendekatkan hubungan dengan menghabiskan waktu bersama yang selama ini sangat jarang terjadi.

Tunggu apalagi? Segera kunjungi kali kuning di kabupaten Sleman, Yogyakarta saat liburan nanti, atau jangan lupa untuk menjadalkan perjalanannya sesegera mungkin agar tidak ketinggalan berburu spot – spot foto yang instagramable.

Selain itu berkunjung ke keli kuning juga tidak membutuhkan banyak biaya karena meski indah namun tiket yang ditawarkan relatif murah.

Meski anda mengajak seluruh anggota keluarga tidak akan menghabiskan uang anda terlalu banyak. Penasaran dengan kondisi kali kuning silahkan simak ulasannya di bawah ini.

Lokasi Wisata Alam Kali Kuning

Kali kuning berlokasi di kabupaten Sleman yang tidak begitu jauh dari pusat kota jogja. Selain itu kondisinya juga sangat mudah dijangkau karena berada di kawasan sekitar kota dan dekat dengan beberapa destinasi wisata alam yang tidak kalah menarik.

loading...

Jarak dari kota jogja dengan kabupaten Sleman sekitar 20 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 30 menit saat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi.

Penasaran dengan alamat destinasi wisata alam kali kuning, anda bisa datang langsung ke kawasan jalan Bebeng, dusun Pelemsari, desa Umbulharjo, kecamatan Cangkringan, kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. lokasi wisata alam ini cukup populer karena berada di sekitar lereng gunung merapi yang merupakan icon kota jogja.

Rute Menuju Lokasi Wisata Alam kali kuning

Bukit Kali Kuning

Bukit Kali Kuning

Setelah melihat lokasi kali kuning atau biasa disebut oleh warga sekitar sebagai objek wisata bukit kali kuning, maka anda pasti penasaran dengan rute mana yang bisa ditempuh menuju tempat wisata ini, selain itu bagaimana dengan kondisi jalan yang ada di lalui.

Anda tidak perlu cemas Karena rute yang nantinya akan membawa anda mengunjungi kali kuning sangat layak dilalui dengan jalan nya yang sudah diaspal. Penasaran dengan rute menuju lokasi wisata alam kali kuning, silahkan simak penjelasan berikut:

Perjalananan akan kita mulai dari pusat kota atau kilometer 0 kota ini. Silahkan arahkan laju kendara anda ke bagian timur kota jogja melewati jalan panembahan senopati, setelah itu lanjutkan perjalanan kembali sampai menemukan perempatan atau jalan empat arah.

Pilih arah menuju utara ke jalan mayor suryotomo lalu jalan terus ke arah timur sampai menemukan jalan abu bakar ali, kemudian ke utara sedikit hingga menemukan pertigaan.

Silahkan pilih arah menuju ke timur lalu jalan lurus terus sampai di perempatan jalan dan silahkan pilih arah menuju utara melalui jalan yos sudarso.

Lalu arahkan laju kendaraan anda menuju alan cik ditiro kemudian jalan lurus terus sampai di bundaran UGM ke barat lalu jalan terus sampai menemukan perempatan dan silahkan ambil arah menuju jalan kaliurang.

Setelah itu jalan terus hingga melewati jalan pamungkas serta jalan meces pokoh. Setelah mengikuti jalan tersebut sejauh beberapa kilometer maka anda akan sampai ke lokasi yang dituju yaitu bukit kali kuning.

Kunjungi juga: Objek Wisata Alam Spot Riyadi Sleman

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Kali Kuning

Anda tidak perlu cemas akan menghabiskan banyak uang saat berkunjung ke kawasan kaliurang sebab meskipun terbilang sangat indah berwisata ke tempat ini terbilang relative murah.

Siapa sangka jika dengan uang 3 ribu rupiah per orang anda sudah bisa menikmati indahnya kawasan lereng gunung merapi. Bahkan uang segitu tidak bisa untuk membeli secangkir kopi yang dibandrol sekitar 10 ribu.

Bagi pengunjung yang berniat camping atau berkemah di area camping ground harus membayar biaya tambahan sebesar 20 ribu. Dengan berkemah di kawasan ini ada banyak pengalaman menyenangkan yang bisa anda dapatkan.

Lahan parkir juga disediakan khusus bagi pengunjung yang datang ke kali kuning. Para pengunjung bisa meletakkan sepeda motor maupun mobil mereka di lahan parkir yang cukup luas.

Namun anda perlu membayar tiket parkirnya yang dibaderol dengan harga yang tidak kalah terjangkau. Tiket parkir dibagi dalam beberapa kategori tergantung dari kendaraan yang anda bawa, hanya Rp. 2 ribu rupiah untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor, Rp 5 ribu rupiah untuk kendaraan roda empat atau mobil, sedangkan Rp. 10 dan Rp. 20 ribu untuk minibus dan bus pariwisata.

Plunyon Kalikuning via Annissa Saputri Travelingyuk

Plunyon Kalikuning via Annissa Saputri/Travelingyuk

Jam Buka Wawasan Wisata Alam Kali Kuning

Berwisata ke kawasan lereng merapi yaitu bukit kali kuning bisa dikunjungi kapan saja, sebab tempat ini dibuka setiap hari tanpa hari libur dengan jam operasional selama 24 jam.

Fasilitas Pendukung Wisata

Kawasan ini sudah dibuka untuk umum cukup lama, sehingga jika kita lihat dari fasilitas pendukung yang tersedia memang sudah cukup lengkap dan memadai. Beberapa fasilitas yang ada di lokasi wisata, diantaranya:

  • Area parkir yang cukup luas dan dibandrol dengan harga tiket yang sangat terjangkau sehingga tidak memberatkan pengunjung yang datang
  • Tempat sampah terlihat berjejer di sekitar lokasi yang mengajarkan kepada kita semua pentingnya menjaga kebersihan
  • Toilet umum juga tersedia dengan kondisinya yang sangat layak karena terdapat petugas kebersihan yang selalu berjaga
  • Mushola sederhana bisa digunakan oleh pengunjung muslim yang akan menjalankan ibadah sholat
  • Warung makan khas yang ada menjual menu – menu makanan jogja yang sangat lezat seperti gudeg, nasi kucing, ramon, serta masih banyak lagi menu lainnya yang dibadrol dengan harga yang murah, selain itu beberapa menu wedangan juga tersedia untuk menemani pengunjung mengusir hawa dingin yang ada seperti wedang jahe, wedang ronde, dll.

Kunjungi juga yuk: Objek Wisata Batu alien Sleman

Pesona Wisata Alam Kali Kuning

Banyak orang yang salah mengira bahwa wisatawan alam kali kuning merupakan kawasan aliran sungai kuning nan indah karena memang arti dari kali adalah sungai.

Sebenarnya kali kuning merupakan wisata alam berupa perbukitan yang diberi nama bukit kali kuning dengan pemandangan alam yang alami serta udaranya sangat menyegarkan. Kawasan ini sangat menarik perhatian karena kondisi bentang alamnya yang tidak biasa.

Mengunjungi kali kuning pasti akan membuat kita merasa tenang dan bisa menjadi ajang relaksasi yang cukup ampuh. Siapa yang menolak pernyataan bahwa indahnya lereng gunung sangat sempurna.

Begitu pula halnya dengan pemandangan di lereng gunung merapi yang menawan, bahkan bisa dikatakan bahwa kali kuning memiliki keindahan yang tidak dimiliki lereng gunung lainnya. Bahkan tempat ini sangat sering dijadikan tempat berkemah oleh para pecinta alam.

Camping di Kali Kuning

Camping di Kali Kuning

Ada banyak keseruan yang bisa kita rasakan saat berkemah di kawasan kali kuning, salah satunya menyaksikan sunrise di pagi hari.

Saat mata baru saja terbuka dengan udaranya yang segar serta melihat langit timur yang menawarkan siluet yang sempurna di tengah hamparan padang rumput nan menawan akan membuat kita merasa sedang berada di surge dunia.

Sebagai penyempurna keindahan alam terlihat bebatuan andesit yang mengelilingi bukit kali kuning. Terlihat beberapa tanaman lereng gunung yang cukup langka seperti bunga edelweis yang melegenda yang disebut sebagai bunga keabadian.

Selain itu beberapa tumbuhan langka juga bisa kita temukan di tempat ini. Pepohonannya yang menjulang tinggi dan sangat rimbun sangat menyejukkan mata.

Ada pula jalan setapak yang berjarak sekitar 1 km bisa dilalui untuk mencapai bagian tebing dengan ketinggian yang lumayan, meski begitu saat anda sampai di puncak akan terlihat hamparan pemandangan yang luar biasa. Tempat ini memang cocok sekali untuk anda yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga sambil bersantai.

Pihak pengelola taman bukit kali kuning ini mengajak serta masyarakat sekitar untuk ikut melestarikan serta menjaga keindahan alam. Taman ini sendiri dikelola langsung oleh Taman Nasional Gunung Merapi dan beberapa pihak yang peduli akan lingkungan.

Kali Kuning Park via IG @paramudicha

Kali Kuning Park via IG @paramudicha

Taman wisata alam kali kuning sudah ada sejak tahun 2017 lalu dan mulai dibuka untuk umum pada pertengahan bulan februari, siapa yang menyangka jika peresmiannya langsung disambut hangat oleh wisatawan dan langsung ramai di kunjungi, bukan hanya di hari libur namun juga di hari biasa.

Selain terlihat hamparan tanaman hijau, kawasan ini juga dilengkapi dengan hutan pinus yang menjadi salah satu magnet bagi pengunjung. Kawasan pinus ini cukup luas dengan hamparan bunga puspa serta bunga rasamala nan indah.

Terdapat pula aliran sungai atau disebut kali kuning yang memiliki beragam bebatuan dengan ukuran raksasa serta tebing yang menjulang tinggi semakin menyempurnakan pemandangan alam di tempat ini.

Kawasan bukit kuning juga tidak kalah indahnya dimana nuansa alami masih sangat terasa dengan suara nyanyian jangkrik serta udaranya yang menyegarkan.

Terdapat pula aliran mata air yang terhubung langsung dengan kawasan sungai yang dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk memenuhi kebutuhan harian yang diberi nama mata air umbul wadon yang terbentuk akibat letusan gunung merapi.

Aliran mata air ini berada di ketinggian 1250 mdpl yang mengalir ke beberapa sungai yang ada di Indonesia, diantaranya, sungai DAS Opak, Das Progo, serta DAS Oya yang tidak pernah mongering sepanjang tahun meski di musim kemarau sekalipun.

Perjalanan kita mengelilingi kawasan wisata alam kali kuning memang sangat seru dan menyenangkan dimana kita akan melewati kali adem dengan pemandangan hutan pinus yang menyegarkan mata serta kondisi udaranya yang segar sepanjang hari karena tempat ini memiliki tumbuhan hijau yang menghasilkan oksigen setiap harinya.

Saat berkunjung ke kali kuning jangan lupa untuk membawa serta kamera karena beberapa lokasi bisa dijadikan spot foto yang menawan. Dengan pengambilan sudut  yang tepat akan menghasilkan jepretan seperti ciptaan para profesional

Momen sunset di bukit kali kuning juga tidak boleh terlewatkan. Indahnya langit jingga keemasan di tengah hamparan tumbuhan hijau akan semakin menunjukkan indahnya ciptaan sang maha pencipta. Perjalanan liburan ke kawasan wisata alam kali kuning berakhir sampai disini.

Kali Kuning via IG @sayyidatunnisa98

Kali Kuning via IG @sayyidatunnisa98

Tips Berlibur

Kali ini kami akan memberikan beberapa tips berlibur untuk menunjang perjalanan liburan anda agar terasa semakin menyenangkan. Berikut diantaranya:

  • Persiapkan perjalanan liburan anda kali ini dengan membawa beberapa hal yang dibutuhkan seperti bekal makanan dan minuman, peralatan kesehatan seperti obat – obatan, minyak angin, dan lainnya.
  • Menikmati indahnya panorama lereng gunung merapi kurang lengkap rasanya jika tidak membawa serta kamera dengan kualitas yang baik agar menghasilkan jepretan yang sempurna. Namun jika anda tidak memiliki kamera bisa mengandalkan kamera ponsel yang sekarang juga tidak kalah canggih.
  • Ngan Perjalanan di lereng gunung merapi cukup melelahkan oleh sebab itu hindari menggunakan alas kaki yang kurang nyaman dan sekiranya bisa mengganggu perjalanan liburan anda kali ini.

***

Berbagai keseruan dan keindahan alamnya sudah dijelaskan secara detail pada artikel kali ini. Kini giliran anda sendiri yang membuktikan pesonanya dengan datang langsung ke tempat ini bersama keluarga saat liburan tiba.

Dijamin seluruh keindahan yang ada tidak biasa. selamat berlibur dan jangan lupa berkunjung. Sekian dan terima kasih.

Kunjungi juga: Wisata Alam Agrowisata Bhumi Merapi Sleman

Loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!