Objek Wisata Alam Spot Riyadi Sleman

Spot Riyadi – Di kabupaten Sleman terdapat sebuah lokasi wisata alam yang baru saja dibuka beberapa waktu yang lalu.

Namun keberadaannya langsung diburu para pecinta traveling, hal ini bisa dilihat dari jumlah pengunjung yang semakin hari semakin banyak saja.

Banyak dari mereka yang ingin merasakan sensasi liburan yang berbeda dari hari – hari sebelumnya. Mereka penasaran dengan kondisi wisata alam tersebut.

Mereka juga penasaran apa yang disuguhkan oleh destinasi wisata Sleman yang sedang hits ini. Masyarakat mengenal tempat ini dengan nama wisata alam spot riyadi.

Namanya yang unik membuat sahabat traveler semakin penasaran. Spot riyadi terletak di wilayah yang sangat strategis membuatnya menjadi istimewa. Spot riyadi sebenarnya berawal dari pekarangan milik bapak riyadi yang berada di ketinggian sebelah utara candi prambanan.

Melihat dari potensi yang dimiliki oleh pekarangannya maka bapak riyadi akhirnya memiliki inisiatif menjadikannya sebagai salah satu tujuan wisata yang ada di Jogja.

Dan kini beliau berhasil menarik minat para wisatawan untuk mengunjungi spot riyadi. Dari atas ketinggian spot riyadi terlihat pemandangan yang luar biasa.

Anda bisa melihat indahnya kota jogja, baik di malam maupun siang hari, selain itu pemandangan gunung merapi juga tidak kalah indah jika dilihat dari atas spot riyadi. Belum lagi kemegahan candi prambanan yang menambah kesempurnaan tempat ini.

Penasaran dengan indahnya spot riyadi, terutama bagi pecinta fotografi pasti akan tersalurkan hobi anda dengan mengambil banyak sekali spot – spot keren yang eksotis dari puncak spot riyadi. Tunggu apa lagi segera ajak keluarga dan orang – orang terdekat ke spot riyadi.

Lokasi Destinasi Wisata Alam Spot Riyadi

Loading...

Kini untuk menyaksikan romantisnya sunset dan sunrise kota jogja dari ketinggian anda tidak perlu pergi jauh – jauh muncak ke gunung merapi yang pastinya membutuhkan lebih banyak waktu dengan medan yang cukup ekstrim.

Tempat Romantis di Jogja via IG @annasoktavian12

Tempat Romantis di Jogja via IG @annasoktavian12

Anda bisa melihat momen sunset secara sempurna dari ketinggian spot riyadi. Berada di dataran tinggi membuat tempat ini banyak diburu muda – mudi untuk melihat sunset nan menawan.

Jika anda ingin bergabung dengan para pengunjung lain untuk berburu sunset dan beberapa spot foto menawan bisa langsung mengunjungi spot riyadi yang berada di kawasan kabupaten Sleman yang tepatnya berada di Dusun Dawangsari, Desa Sambirejo Prambanan, Kab Sleman Yogyakarta.

Tidak perlu takut kesulitan mencari lokasi karena sudah sangat disebutkan bahwa spot riyadi berada di kecamatan prambanan yang dekat dengan candi prambanan sehingga lokasinya pasti popular dan rute yang akan kita tempuh sangat mudah dilalui dan dijangkau.

Selain itu perjalanan dari pusat kota juga tidak terlalu jauh, hanya berjarak sekitar 20 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 30 sampai 45 menit.

Rute Menuju Lokasi Spot Riyadi

Untuk medan yang ada sahabat traveler lalui cukup mudah dan pastinya membuat nyaman para pengendara yang melintasi jalan nya karena jalan yang ada sudah diaspal.

Namun melihat dari lokasinya yang berada di ketinggian maka perjalanan akan didominasi dengan tanjakan dan sedikit sempit. Maka dari itu anda perlu berhati – hati.

Terutama bagi pengendara mobil harus ekstra hati – hati. Untuk mencapai lokasi memang pengendara sepeda motor lebih dianjurkan karena jalannya yang sempit akan menyulitkan para pengendara roda empat.

Perjalanan menuju spot riyadi akan dimulai dari pusat kota Jogja lalu arahkan kendaraan anda menuju ke arah candi prambanan melewati jalan jogja – solo kemudian jalan terus hingga menemukan pertigaan candi prambanan.

Lalu silahkan belok ke selatan setelah itu jalan terua hingga menemukan resort maka tidak jauh dari tempat itu anda akan menemukan jalan yang dicor menggunakan semen.

Namun jalannya tidak begitu besar dan terbilang sempit kemudian masuk ke jalan sempit tersebut hingga beberapa meter sampai terlihat sebuah perempatan dan silahkan ambil arah ke kiri setelah itu ikuti jalan utama sejauh beberapa ratus meter atau sekitar 200 meter hingga anda menemukan lokasi spot riyadi.

Peta Menuju Lokasi

Harga Tiket Masuk Spot Riyadi

Untuk bisa masuk ke spot riyadi hingga kini belum dikenakan biaya untuk membayar tiket masuknya. Namun jika anda mencoba beberapa spot foto silahkan memberikan uang sumbangan seikhlasnya.

Maka dari itu berkunjung ke spot riyadi tidak akan menghabiskan banyak modal anda karena cukup terjangkau dan bersahabat di kantong, bahkan bisa masuk secara gratis.

Untuk pengunjung yang membawa kendaraan pribadi disediakan sebuah parkir juga tidak terlalu mahal. Untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor cukup membayar 2 ribu rupiah, sedangkan untuk kendaraan roda empat atau mobil cukup membayar 5 ribu rupiah.

Jam Operasional

Objek wisata ini buka setiap harinya (Senin – Minggu) mulai dari pukul 06.00 WIB – 22.00 WIB.

Fasilitas Tambahan yang Tersedia 

Meski terbilang sebagai destinasi wisata teranyar yang ada di kabupaten Sleman, namun jika kita lihat dari segi fasilitas yang tersedia sudah cukup memadai dan bisa membuat pengunjung yang datang merasa nyaman. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia, diantaranya:

  • Area parkir yang cukup luas dan aman, dengan tiket parkir yang juga tidak terlalu mahal dan standar digunakan
  • Toilet umum juga disediakan untuk pengunjung yang datang ke kawasan spot riyadi.
  • Warung makan dengan aneka pilihan jajanan, makanan dan minuman juga ada di sekitar spot riyadi. Rasanya yang enak juga tidak kalah dengan warung makan besar yang ada di kota, selain itu harga yang ditawarkan sangat terjangkau. dijamin wisata kuliner anda kali ini akan memberikan kepuasan.
  • Spot foto yang instagramable
  • Gazebo untuk pengunjung yang merasa lelah dan ingin beristirahat sembari menikmati bekal makanan yang dibawa

Mampir juga ke: Wisata Lava Bantal Sleman

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan 

Spot riyadi kini bukan lagi sekedar pekarangan milik bapak riyadi yang ditumbuhi bunga warna – warni namun sudah bertransformasi menjadi sebuah destinasi wisata alam yang ada di kota jogja dan menjadi salah satu magnet bagi pengunjung yang datang.

Terutama setelah keindahan di spot riyadi mulai terekspos di berbagai media sosial seperti instagram, semakin banyak pengunjung yang datang karena penasaran dengan keindahan yang ada.

Pada tahun 2015 lalu keluarga bapak riyadi mulai melakukan pemugaran pada pekarangan miliknya dengan membangun beberapa warung kecil untuk rumah makan, rumah pun mulai disemen.

Berburu Spot Foto Instagrammable

Berburu Spot Foto Instagrammable

Berburu Spot Foto Instagrammable via Merahputih

Tidak sampai disitu saja, namun pada bagian pinggir tebing mulai disediakan tempat – tempat untuk pengunjung duduk menikmati indahnya pemandangan di sekitarnya. Selain itu pembangunan jembatan cinta pun mulai dilakukan untuk pengunjung yang ingin berfoto ria.

Spot Foto Jembatan

Spot Foto Jembatan Cinta

Dengan melihat kondisi alam di spot riyadi ini aktivitas yang paling seru dan wajib dilakukan adalah berburu foto dengan background pemandangan alam yang menawan, mulai dari indahnya kota jogja dan masih banyak lagi keindahan lainnya.

Menikmati Indahnya Sunset dan Sunrise

Menikmati Sunrise

Menikmati Sunrise Nan Menawan

Aktivitas lain yang tidak kalah seru dan wajib anda lakukan adalah menikmati indahnya sunset di senja hari. Terlihat senja yang menghasilkan siluet jingga keemasan membuat suasana menjadi romantis.

Menikmati Indahnya Sunset

Menikmati Indahnya Sunset

Menyaksikan Megahnya Candi Prambanan dari Ketinggian

Selain itu banyak pula pengunjung yang membangun perkemahan di tempat ini untuk menyaksikan indahnya sunrise di pagi hari. Selain itu pengunjung juga bisa menyaksikan bagaimana megahnya candi prambanan dari atas spot riyadi

Sejak awal kemunculannya memang banyak sekali fotografer yang penasaran dengan spot indah yang ada di lokasi ini. Mereka akan mengambil gambar yang sempurna dari ketinggian dan menjadi tempat yang paling ideal untuk menghasilkan foto yang eksotis.

Megahnya Candi Prambanan

Megahnya Candi Prambanan

Maka anda pasti bisa membayangkan bagaimana indahnya candi prambanan, gunung merapi dan kota jogja dari ketinggian. Terlihat dari kejauhan indahnya candi prambanan yang diselimuti awan tipis dan kabut pagi yang mempesona.

Pemandangan kota jogja di malam hari juga tidak kalah menawan. Terlihat gemerlap lampu kota membuat seolah anda memandang sejuta bintang yang bertebaran di bumi.

Jika kita lihat dari ketinggian momen tersebut amatlah sempurna.selain itu pada malam hari, candi prambanan juga disoroti lampu warna – warni yang menambah keindahan.

Jangan lewatkan juga: Lava Tour Merapi Sleman

Pesona Spot Riyadi yang Tidak Boleh Dilewatkan

Spot riyadi letaknya tidak begitu jauh dari candi prambanan dan beberapa destinasi keren lainnya. Spot riyadi menjadi lokasi yang paling sempurna untuk menyaksikan keindahan kota jogja dari atas tebing.

Sejauh mata memandang terlihat hamparan pesona alam yang sayang sekali untuk dilewatkan. Hal utama yang bisa kita saksikan saat berada di spot riyadi adalah hamparan sawah hijau milik warga yang membuat sejuk saat dipandang.

Menyaksikan Hamparan Sawah via IG @m_rizzalfadly

Menyaksikan Hamparan Sawah via IG @m_rizzalfadly

Bagi pengunjung yang berada di atas tebing ini pastilah akan terkagum dengan indahnya ciptaan Tuhan tersebut. betapa kita akan sangat bersyukur bisa melihat keindahan yang tiada duanya ini.

Tidak heran jika spot riyadi tidak pernah sepi pengunjung. Lokasinya yang tenang dan sejuk membuat setiap pengunjung yang datang merasa damai dan seluruh beban akan hilang. Saat berkunjung jangan lupa untuk membawa foto agar anda bisa mengabadikan momen indah tersebut.

Tips Berlibur

Untuk menyempurnakan perjalanan liburan kali ini ada beberapa tips berlibur yang cukup jitu. Beberapa hal ini jika dilewatkan akan membuat liburan anda kurang efektif. Berikut diantaranya:

  • Sebelum melakukan perjalanan sebaiknya perhatikan cuaca di sekitar anda. Jika kondisi tidak memungkinkan sebaiknya tunda terlebih dahulu perjalanan anda kali ini, sebab tidak akan maksimal jika berlibur dalam kondisi hujan
  • Lokasi spot riyadi ini berada di ketinggian, maka dari itu medan yang akan ditempuh cukup memacu adrenalin maka dari itu anda harus ekstra hati – hati saat melalui jalanan yang menanjak dan sempit dan pastikan pula motor anda mampu menempuh tanjakan yang ada
  • Saat berwisata ke spot riyadi hal penting yang tidak boleh anda lupakan adalah sebuah kamera dengan kualitas gambar yang baik untuk memfoto spot – spot yang indah
  • Jangan lupa untuk membawa peralatan liburan seperti bekal makanan dan minuman, obat – obatan, tissue, dan masih banyak lagi

Demikianlah artikel mengenai destinasi wisata alam spot riyadi yang terletak di kota jogja. Berwisata ke spot riyadi bukan hanya membawa kita pada cerita tempat ini saja, namun akan ada banyak cerita indah candi prambanan, kota jogja, serta gunung merapi.

Sebab dari ketinggian tebing ini kita bisa menyaksikan segala keindahan beberapa tempat tersebut. meski awalnya hanya sebuah pekarangan milik warga namun kini disulap menjadi destinasi wisata yang mampu menarik banyak sekali pengunjung. Selamat berkunjung dan berlibur. Sekian dan terima kasih.

Kunjungi juga: Objek Wisata Sejarah Candi Sambisari Sleman

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!