Liburan Seru ke Objek Wisata Lava Bantal Sleman

Lava Bantal – Di Jogja terdapat sebuah lokasi yang menjadi tujuan wisata dengan nama yang unik. Kawasan wisata itu diberi nama lava bantal. Jangan salah yang destinasi wisata ini bukanlah tempat untuk tidur atau seperti bantal yang menemani tidur malam kita.

Namanya memang terdengar unik dan bukan seperti tempat tujuan wisata namun anda tidak boleh salah menilai sebab lokasi ini menjadi salah satu wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Mendengar namanya memang kita bertanya – Tanya apa apa gerangan yang ada di dalam lokasi wisata ini.

Untuk menjawab rasa penasaran para pembaca dan para traveler kini kami akan memberikan penjelasan mengenai wisata lava bantal yang lokasinya tidak begitu jauh dari bandara Adisutjipto Jogja.

Kawasan wisata bantal ini merupakan wilayah geoheritage dan merupakan kawasan bersejarah yang juga wajib kita ketahui yaitu sejarah terbentuknya pulau jawa sekitar 60 juta tahun yang lalu. Terbentuknya lava bantal yang unik dengan proses panjang membuat para pengunjung penasaran dengan kawasan ini.

Itu sebabnya kawasan wisata alam lava bantal selalu menjadi destinasi wisata  favorit para sahabat traveler. Keindahan alam yang tersaji juga tidak kalah mengundang banyak pengunjung dan selalu membuat orang yang melihat berdecak kagum dengan kebesaran Tuhan YME.

Penasaran dengan keindahan yang ada di lava bantal segera kunjungi kota jogja khususnya kabupaten Sleman saat liburan nanti. Perjalanan akan semakin menyenangkan saat anda membawa serta keluarga tercinta.

View Objek Wisata Lava Bantal via IG @ini.sleman

View Objek Wisata Lava Bantal via IG @ini.sleman

Lokasi Wisata Alam Lava Bantal

lava bantal yang terbentuk dari lahar panas yang keluar dari gunung merapi ini memang selalu mengundang rasa penasaran pecinta jalan – jalan itulah mengapa kawasan ini selalu dipadati pengunjung.

Bahkan pada hari biasa pun kawasan ini selalu ramai. Pengunjung yang ingin berkunjung silahkan datang langsung ke kawasan prambanan yang sudah sangat terkenal karena memang sederet wisata terkenal ada di dalamnya.

Loading...

lokasi lava bantal ini berada di kawasan jalan berbah – prambanan, dusun Jragung, desa Kalitirta, kecamatan Berbah, kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55573.

Jarak lava bantal dengan bandara adisutjipto tidak begitu jauh anda hanya perlu melakukan perjalanan darat selama 10 menit, bahkan dari kawasan lava bantal anda bisa mendengar bunyi mesin pesawat yang lepas landas.

Sedangkan dari kawasan candi prambanan hanya berjarak sekitar 20 menit. Maka dari itu saat mengunjungi kawasan lava bantal jangan lupa untuk berkunjung ke kawasan wisata keren lainnya.

Rute Menuju Lokasi Wisata Alam Lava Bantal

kawasan wisata alam lava bantal dan pusat kota jogja juga tidak begitu jauh. Kedua wilayah ini hanya berjarak sekitar 20 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih selama 45 menit saat lalu lintas normal. Untuk rute yang harus ditempuh juga sudah sangat memadai.

Selain bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi ada pula angkutan umum yang akan membawa anda menuju lava bantal anda bisa mengendarai bus trans jogja maupun bus pariwisata.

Untuk rute yang harus kita tempuh akan dimulai dari pusat kota jogja, kemudian mulailah perjalanan anda menuju ke arah timur jogja kemudian lanjutkan menuju ke Blok o kompleks TNI AU melalui jalan janti, setelah itu ikuti jalan utama hingga anda menemukan akademi angkatan udara.

Kemudian silahkan lanjutkan perjalanan menuju jalan berbah – prambanan, dari candi prambanan hanya berjarak sekitar 20 menit, dari wilayah prambanan silahkan ikuti papan petunjuk jalan yang akan mengantarkan anda sampai ke kawasan lava bantal yang cukup unik.

Tidak perlu takut nyasar karena petunjuk jalan yang ada cukup jelas. Selain itu anda juga bisa bertanya kepada penduduk yang ada disekitar dan dijamin penduduk disini sangat ramah dan bersahabat.

Peta Lokasi Lava Bantal

Jam Operasional Objek Wisata

Wisata alam lava bantal di buka setiap hari untuk umum. Jadi anda bisa berkunjung kapan saja tanpa takut tutup, namun untuk jam operasional kawasan ini baru dibuka pada pukul 6 pagi dan tutup pada pukul 6 sore. Anda bisa bertamasya di kawasan ini seharian dan melakukan banyak hal seru.

Harga Tiket Masuk Kawasan Wisata

Kawasan wisata lava bantal memang terkenal akan keindahannya bahkan wisata yang baru dibuka pada tahun 2016 lalu ini masuk ke dalam nominasi pada kategori tujuan wisata baru terpopuler pada ajang Anugerah Pesona Indonesia 2018.

Meski termasuk ke dalam wisata populer dengan pesona alam yang tidak biasa tiket masuk menuju lokasi sangat terjangkau. Anda tidak perlu membayar tiket masuk namun saat ingin menikmati wahana tubing akan dikenakan biaya sebesar 15 ribu untuk orang dewasa serta 10 ribu untuk anak – anak.

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi seperti motor maupun mobil akan dikenakan biaya tambahan untuk membayar tiket parkir.

Harga yang dipatok juga tidak terlalu mahal dan standar digunakan. Untuk pengunjung yang membawa kendaraan roda dua atau sepeda motor cukup membayar 2 ribu rupiah sedangkan kendaraan roda empat atau mobil cukup membayar 5 ribu rupiah.

Jika anda rombongan wisata yang datang membawa minibus atau bus pariwisata juga bisa diparkirkan di lokasi ini karena memang lokasinya cukup luas. Untuk masing – masing kendaraan jumbo ini akan dikenakan tarif sebesar 10 dan 20 ribu rupiah.

Susur Sungai Sambil Menikmati Pemandangan Asri

Susur Sungai Sambil Menikmati Pemandangan Asri

Fasilitas yang Tersedia

Meski lava bantal baru diresmikan pada tahun 2016 lalu namun pengelolaannya dilakukan dengan sangat matang ada sekitar 50 orang petugas yang terlibat dalam pengelolaan tempat wisata ini selain itu jika kita lihat dari segi fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap, beberapa fasilitas dibangun demi rasa nyaman setiap pengunjung yang datang. Berikut diantaranya:

  • Lahan parkir yang dibuat khusus untuk menampung kendaraan pengunjung yang datang agar kendaraan yang dibawa terjaga keamanannya
  • Toilet umum juga sudah ada ditempat ini sejak lokasi wisata dibuka untuk umum
  • Mushola bagi pengunjung muslim yang ingin menunaikan ibadah sholat bisa langsung datang ke mushola yang ada di sekitar lokasi
  • Warung makan disini menyediakan menu – menu istimewa yang akan menggoyang lidah anda. Selain itu harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau dan pas sekali di kantong. Beberapa menu minuman juga bisa menjadi pilihan para pelancong seperti wedang jahe wedang ronde teh panas, kopi panas dan masih banyak menu pilihan lainnya
Santuy di Lava Bantal

Santuy di Lava Bantal

Pesona Objek Wisata Lava Bantal

Lava bantal merupakan sebuah lokasi wisata yang dikelola sekitar 50 orang yang dibagi dalam beberapa tugas penting. Tempat ini diresmikan pada tahun 2016 lalu namun langsung saja mendapat sambutan hangat dari pecinta traveler.

Hal ini bisa kita buktikan dari peraihan yang didapatkan yang sudah masuk ke dalam nominasi tempat wisata baru terpopuler pada ajang Anugerah Pesona Indonesia pada tahun 2018. Hingga kini wisata ini tidak pernah sepi pengunjung.

Nama lava bantal diambil dari sebuah tumpukan yang menyerupai bantal. Hal ini disebabkan oleh lahar panas yang keluar dari gunung merapi bawah laut.

Kemudian panasnya lahar yang mengalami kontak langsung dengan air dingin membuat mineral yang ada mengalami pembekuan kemudian membentuk geometri yang sangat mirip dengan tumpukan bantal banyak yang berpendapat bahwa terbentuknya bantal ini memiliki kaitan dengan sejarah terbentuknya pulau jawa pada sekitar 60 juta tahun lampau.

Tumpukan bantal disini bukan hanya berjumlah satu saja, namun ada beberapa yang serupa dan berada di tengah aliran sungai. Keunikan dari bantal – bantal tersebut adalah  pada bagian batu yang terletak di kiri dan kanan memiliki warna yang berbeda.

Perbedaan tersebut membuat para ahli dari universitas jogja melakukan penelitian. Kemudian kawasan ini mulai ramai dikunjungi orang dari berbagai kawasan.

Penduduk desa yang kreatif mulai memanfaatkan hal itu dan membangun infrastruktur yang ada demi kenyamanan setiap orang yang datang.

Melihat dari antusias warga dalam mengembangkan tempat ini serta banyaknya jumlah pengunjung yang datang membuat dinas pariwisata kota jogja memberikan bantuan untuk pengembangan lokasi ini.

Air Sungai Opak yang Jernih Foto Google Maps/Budi Sutrisno

Air Sungai Opak yang Jernih Foto Google Maps/Budi Sutrisno

Meski dulunya hanya sebuah area persawahan milik warga namun kini sudah bertransformasi menjadi sebuah destinasi wisata yang cantik dan dipenuhi dengan fasilitas pendukung.

Terlihat beberapa gazebo sengaja dibangun untuk pengunjung yang ingin beristirahat sambil menikmati keindahan alam yang ada. Bahkan terlihat para ibu yang mengadakan arisan dan reuni di pendopo yang ada di kawasan ini.

Kini gazebo dan pendopo ini menjadi tempat favorit pelancong yang ingin beristirahat sambil menikmati semilir angin serta indahnya aliran sungai yang dipenuhi dengan lava bantal.

Kegiatan Seru di Lava Bantal

Sensasi Tubing di Lava Bantal via IG @holidayjogja

Sensasi Tubing di Lava Bantal via IG @holidayjogja

Kalau anda ingin menikmati susur sungai atau tubing anda bisa langsung datang ke kawasan lava bantal. Untuk orang dewasa cukup membayar 15 ribu sedangkan anak cukup membayar 10 ribu saja.

Tubing di sepanjang sungai ini terbagi atas beberapa rute. Rute pertama kita akan dibawa menyusuri sungai dari pertanian UGM sampai ke lava bantal.

Kemudian rute selanjutnya memiliki track lebih panjang yaitu dari wisata lava bantal hingga sebelum jalan jogja – wonosari atau sekitar 2,5 kilometer hingga  kilometer.

Jika anda ingin menikmati tubing beserta ban yang akan membawa anda mengambang di air maka siapkan uang sebesar 55 ribu rupiah.

Harga ini sudah termasuk helm keselamatan, pelampung minuman serta angkutan PP kembali ke kawasan ini mulai dari sebelum tubing hingga setelah tubing.

Bagi pengunjung yang tidak berminat bermain tubing maka anda bisa sekedar bermain air sambil berburu spot – spot foto yang instagramable.

Spot Foto di Atas Jembatan via IG @ratihsukmaresi

Spot Foto di Atas Jembatan via IG @ratihsukmaresi

Terlihat di beberapa sudut memiliki pemandangan yang indah dan cocok sekali diabadikan dalam sebuah gambar yang akan dibingkai indah di sudut ruangan rumah kita.

Pemandangan yang ada disekitar sungai juga tidak boleh luput dari perhatian. Terlihat tumbuhan hijau yang hidup subur membuat angin yang berhembus menjadi segar. Lokasi ini cocok sekali sebagai terapi relaksasi setelah lelah dengan rutinitas yang tiada henti selama ini.

Wisata di Sekitarnya

Tips Berlibur

Untuk menciptakan liburan yang seru dan menyenangkan bersama keluarga anda bisa mencoba memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Perjalanan liburan di lava bantal akan semakin menyenangkan saat cuaca sedang baik, karena tidak baik bermain air sambil hujan – hujanan maka dari itu sebelum berangkat dari rumah sebaiknya perhatikan kondisi cuaca di sekitar anda
  • Jangan lupa untuk membawa baju ganti, handuk, peralatan mandi, dan lainnya sebab berwisata di tempat ini pasti akan membuat anda ingin merasakan wahana tubing yang akan membuat anda basah – basahan
  • Jangan lupa untuk menyiapkan kamera dengan kualitas yang mumpuni agar bisa mengabadikan beberapa momen liburan yang pastinya menyenangkan serta silahkan berburu spot – spot foto yang menarik.

***

Itu tadi sedikit cerita mengenai perjalanan yang bisa anda nikmati di kawasan lava bantal yang terdapat di kabupaten Sleman.

Berbagai keseruan tubing bisa anda nikmati bersama keluarga tercinta. Keindahan alam yang tersedia juga tidak boleh kita lewatkan. Sekian dulu perjalanan liburan kali ini, selamat mengunjungi lokasi sini pada liburan mendatang. Sekian dan terima kasih.

Kunjungi juga: Wisata Edukasi Seru ke Omah Salak Sleman

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!