Bukit Bintang: Objek Wisata Hits Gunung Kidul

Bukit Bintang – Siapa yang tidak mengenal Jogja yang merupakan daerah istimewa dengan beragam pesona alamnya. Mulai dari jejeran pantai yang mendunia, goa – goa bersejarahnya yang sangat alami, serta bukit – bukitnya yang menawan.

Salah satu bukit yang wajib anda kunjungi ketika berada di kota Jogja adalah bukit bintang.  Wisata alam bukit nan menawan ini tidak hanya menyuguhkan pemandangan indah perbukitan yang alami dan sejuk namun ada beberapa pesona lain yang juga bisa anda nikmati.

Beberapa keindahan lain itu seperti pesona sunset dan sunrise dari ketinggian membuat suasananya terasa semakin romantis, selain itu di sini juga terdapat banyak sekali spot foto yang instagramable sangat cocok buat muda – mudi yang suka selfie.

Selain pengunjung muda – mudi ada banyak pula pengunjung yang datang bersama keluarga tercinta untuk menenangkan diri dan relaksasi setelah lelah menjalani aktivitas harian selama ini seperti bekerja, kuliah, sekolah, dan masih banyak lagi.

Taman Rest Area via Google Maps

Taman Rest Area via Google Maps

Di lokasi ini dibangun pula kawasan rest area, sehingga bukan hanya pengunjung yang khusus datang untuk mengunjungi bukit bintang saja, namun banyak pula pengunjung yang hanya mampir untuk rehat sejenak setelah melakukan perjalanan jauh.

Anda bisa beristirahat sambil menikmati keindahan alam bukit dan menikmati makanan yang disediakan warung – warung local ditempat ini.

Tunggu apa lagi segera ajak keluarga dan teman terdekat anda untuk berwisata alam ke bukit yang hits di Jogja ini. Anda akan merasakan sendiri keseruan di tempat ini dan dijamin anda betah berlama – lama di wisata alam ini.

Bukit Bintang dari Restoran The Manglung via IG @abdullikecoffee

Restoran The Manglung via IG @abdullikecoffee

Lokasi Bukit Bintang

Loading...

Ada banyak sekali wisata dengan nama yang sama. Di kota tetangga mungkin juga memiliki objek wisata dengan nama yang sama, namun biasanya meskipun memiliki nama yang sama biasanya memiliki kelebihan masing – masing. Begitu juga dengan bukit yang instagramable di Gunung Kidul ini.

Agar anda tidak salah menuju lokasi silahkan langsung saja menuju jalan Wonosari km 15 – 17 kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi wisata ini sangat mudah ditemukan karena letaknya tidak begitu jauh dari pusat kota Yogyakarta dan berada di perbatasan antara kabupaten Gunung Kidul dengan kabupaten Bantul.

Selain itu terdapat sebuah gapura pintu gerbang Gunung Kidul yang megah semakin memudahkan anda menemukan lokasi wisata ini.

Rute Menuju Lokasi

Untuk bisa sampai ke lokasi, anda harus menempuh perjalanan dari pusat kota sekitar 16 km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit menggunakan motor serta mobil. Bukit yang hits ini lokasinya sangat strategi dan mudah ditemukan karena berada di perbatasan antara kabupaten Gunung Kidul dan Kabupaten Bantul, dengan rute yang mudah pula.

Anda bisa memulai perjalanan menggunakan mobil atau motor dimulai dari kota Yogyakarta kemudian ambil arah menuju Wonosari yang berada di bagian Timur kota Jogja, setelah itu jalan lurus terus mengikuti jalur utama Wonosari hingga beberapa puluh kilometer maka anda akan sampai di lokasi yang dituju.

Lokasi bukit ini berada di dataran tinggi maka dari itu pastikan mesin kendaraan anda dalam kondisi fit agar mampu menaklukkan medan yang menanjak dan berliku.

Lokasi bukit bintang ini juga berdekatan dengan banyak sekali destinasi alam lainnya sehingga jika anda ingin berwisata lain bisa langsung mampir saat menuju jalan pulang arah kota Yogyakarta.

Di pinggir jalan sepanjang perjalanan mata anda akan disuguhkan pemandangan alam yang mempesona mulai dari jejeran pantai nan indah, taman bunga serta masih banyak lagi tempat wisata keren lainnya.

Peta Lokasi Bukit Bintang

Kunjungi juga: Wisata Alam Goa Seropan Gunung Kidul Jogja

Harga Tiket Bukit Bintang Jogja

Salah satu kelebihan wisata alam bukit bintang adalah tidak memungut tiket masuk sama sekali alias gratis. Jadi buat anda yang datang dari manapun, anda bisa menikmati keindahan alam bukit ini sepuasnya tanpa harus memikirkan biaya yang harus anda keluarkan.  Namun buat anda yang membawa kendaraan pribadi harus membayar tiket parkir.

Anda tidak perlu khawatir dengan harga yang perlu anda bayar, sebab tiket parkirnya juga dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau. Untuk kendaraan roda dua atau motor cukup membayar 2 ribu rupiah saja, sedangkan buat anda yang membawa kendaraan roda empat atau mobil hanya perlu membayar 5 ribu rupiah saja.

Selain itu buat anda yang ingin duduk – duduk di warung sambil minum kopi atau makan mie instan harus membayar jajan yang anda makan dengan harga yang tidak kalah murahnya.

Fasilitas yang Ada di Bukit Bintang

Awalnya keberadaan bukit ini belum begitu diperhatikan oleh penduduk sekitar dan pemerintah setempat, namun semakin banyak muda – mudi yang menghabiskan waktu di tempat ini sambil berburu sunset membuat pemerintah setempat beserta warga sekitar mulai turun tangan untuk mengelola objek wisata ini sebagai destinasi wisata yang memang cukup potensial.

Hingga kini telah banyak di bangun fasilitas pendukung yang memberi kenyamanan untuk para wisatawan yang datang. Berikut diantaranya:

  • Area parkir mobil dan motor yang cukup luas dan bisa menampung puluhan hingga ratusan kendaraan yang datang
  • Toilet yang ada di tempat ini cukup terawat dan bersih
  • Mushola bagi pengunjung muslim yang ingin menjalankan ibadahnya
  • Dudukan panjang seperti jembatan yang terbuat dari beton atau semen tempat pengunjung menikmati pemandangan alam sambil menikmati cemilan dan makanan ringan
  • Warung makan di sekitar lokasi yang menyediakan beragam makanan ringan dan minuman wedangan seperti nasi goring, mie instan, kopi, susu, wedang jahe, jagung bakar, dll
  • Restoran – Bukan hanya warung makan kecil saja ada pula restoran yang menjual makanan khas Indonesia yang pastinya lezat dengan harga yang terjangkau.

Kunjungi juga: Wisata Alam Gunung Nglanggeran Gunung Kidul

Pesona Keindahan Bukit Bintang yang Memukau

Ingin menyaksikan keindahan malam di kota Jogja dari ketinggian? Silahkan datang dan kunjungi bukit nan fenomenal ini . Dari atas ketinggian akan terlihat gemerlap lampu kota yang menawan dan romantis.

Pada Siang Hari

Bukit Bintang Siang Hari via IG @riri_setiowati

Suasana Siang Hari via IG @riri_setiowati

Pemandangan di siang hari dari atas bukit ini juga tidak kalah indahnya, akan terlihat pemandangan alam dengan pepohonan nan hijau serta jejeran perbukitan nan mempesona. Jika anda mengunjungi kota Jogja memang belum lengkap rasanya jika belum mampir ke bukit bintang yang terdapat di kabupaten Gunungkidul.

Keindahan panorama alam di sekitar bukit bintang memang menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan, tidak heran jika ada banyak sekali pengunjung yang datang. Pengunjung sendiri lebih didominasi oleh para muda – mudi.

Sebab mereka ingin merasakan sendiri keromantisan tempat ini. Selain itu di bukit bintang ada banyak sekali lokasi spot foto yang menarik muda – mudi mengambil gambar dari tempat ini, kemudian menguploadnya di instagram.

Lokasi bukit bintang ini sendiri sangat strategis dan mudah dijangkau. Bukit bintang berada di tepi pegunungan seribu yang berhadapan langsung dengan kota Jogja serta berada di jalur utama wisata di kawasan Jogja.

Menyaksikan Sunset atau Sunrise yang Amazing!

Menyaksikan Sunset yang Amazing

Menyaksikan Sunset yang Amazing via Istimewa

Bukit bintang akan sangat ramai saat pagi dan sore hari, dimana para pengunjung yang datang asik berkumpul dan bersenda gurau sambil menunggu sunset. Keindahan sunset dari tempat ini akan sangat terlihat dan tampak begitu cantik. Dimana lagi anda bisa menyaksikan keromantisan sunset senja jika bukan di bukit bintang.

Anda akan menyaksikan langit sore yang eksotis dari ketinggian. Selain itu keindahan matahari terbitnya juga tidak kalah indahnya.

Anda akan melihat hamparan kabut putih menutupi lembah dan perlahan menghilang seiring dengan naiknya mentari pagi, seolah anda sedang menyaksikan sunrise dari atas awan, bahkan banyak yang menyebut bukit bintang sebagai negeri atas awannya Jogja.

Momen – momen indah ini akan semakin sempurna jika dinikmati bersama pasangan. Selain itu mengabadikannya menggunakan kamera dan dari sudut pengambilan gambar yang pas akan menghasilkan foto yang instagramable.

Meski awalnya keberadaan bukit bintang ini belum begitu menarik perhatian masyarakat, karena letaknya di tepi kota. Namun seiring berjalannya waktu banyak warga yang mulai bosan dengan hiruk pikuk kota yang selalu bising membuat mereka mulai menepi dan mencari ketenangan dengan melihat pemandangan alam yang damai.

Hingga kini jumlah pengunjung yang datang semakin banyak dan menjadikan bukit bintang sebagai salah satu objek wisata favorit yang wajib anda kunjungi.

Selain itu banyaknya pedagang lokal yang menyuguhkan berbagai menu khas Jogja juga banyak diincar para pelancong, sebab sebuah lokasi wisata tanpa makanan akan menjadi suatu yang kurang lengkap.

Di lokasi wisata alam bukit bintang menyediakan dudukan beton seperti jembatan yang memanjang, buat anda yang ingin bersantai ria sambil menyaksikan keindahan alam Jogja yang menawan.

Malam Hari yang Memukau

Suasana Malam Hari

Suasana Malam Hari

Ketika matahari telah menghilang dan berganti dari siang menjadi malam bukan berarti keindahan bukit bintang akan berakhir, justru keindahan malamnya selalu ditunggu – tunggu.

Dari ketinggian bukit akan terlihat pesona malam kota Jogja yang mengagumkan, terlihat ribuan lampu kota atau lampu dari rumah – rumah penduduk yang bersinar terang jika dilihat dari kejauhan seolah seperti ribuan bintang yang menawan.

Selain itu anda juga bisa menyaksikan ribuan bintang di langit yang berkelip indah, itulah mengapa bukit ini disebut sebagai bukit bintang , dimana lokasinya paling sempurna untuk menyaksikan bintang di langit serta bintang di bumi pada malam hari. Itulah sebabnya banyak wisatawan yang datang khusus untuk menyaksikan suasana malam dari atas bukit bintang yang romantis ini.

Dinner yang Romantis Abis via IG @themanglung

Dinner yang Romantis Abis via IG @themanglung

Menimbang dari keindahan alam dan keindahan bukit bintang ini sendiri membuat pemerintah Gunungkidul melakukan berbagai perbaikan untuk memajukan lokasi wisata ini, dengan dibangunnya sebuah taman mungil yang didesain rapi dan indah serta kawasan rest area di kawasan wisata bukit bintang ini.

Dengan begitu buat anda yang sedang melakukan perjalanan jauh menuju suatu lokasi dan melewati tempat ini bisa singgah sebentar untuk menghilangkan kepenatan sambil menyaksikan keindahan bukit bintang.

Keindahan Malam Hari Bukit Bintang

Keindahan Malam Hari Bukit Bintang

Artikel terkait: Objek Wisata Alam Goa Jomblang Gunung Kidul

Wisata Kuliner Bukit Bintang

Di kawasan wisata bukit bintang ada banyak sekali warung – warung penjual makanan dan minuman. Hal ini disebabkan karena banyaknya jumlah pengunjung yang memadati lokasi ini dan langsung dimanfaatkan oleh warga sekitar.

Resto di Bukit Bintang Jogja via IG @syammr

Resto di Bukit Bintang Jogja via IG @syammr

Ada banyak sekali menu makanan ringan yang mereka jual, selain itu berbagai jenis minuman dingin dan hangat juga ada, seperti teh es, teh hangat, kopi, wedang jahe, wedang ronde, serta berbagai jus buah segar.

Selain minuman, ada beberapa menu makanan yang tersedia seperti gudeg, nasi kucing dan rawon. Ada juga kopi hangat untuk menemani anda menyaksikan sunset, serta banyak lagi menu lain yang pastinya lezat dan dibandrol dengan harga yang bersahabat.

Tips Berwisata ke Bukit Bintang Jogja

  • Bukit bintang ini berada di kawasan dataran tinggi sehingga angin yang berhembus sangat kencang dan dingin, maka dari itu sebaiknya saat berkunjung terutama saat malam hari sebaiknya pakai baju yang tebal atau jaket.
  • Pastikan anda membuang sampah pada tempatnya untuk menjaga kebersihan dan keindahan lokasi wisata ini, sebab jika anda buang sampah sembarangan sebaiknya berdiam diri dirumah saja agar tidak mengotori bukit bintang ini.
  • Pastikan anda membawa kamera dengan kualitas kamera yang lumayan baik agar bisa menghasilkan gambar yang menakjubkan, yang bisa anda simpan di galeri liburan kali ini atau untuk di upload di media sosial.

****

Sampai disini dulu pembahasan kita mengenai bukit bintang yang terletak di kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Buat anda yang belum pernah datang silahkan masukkan wisata ini dalam daftar kunjungan anda berikutnya, dijamin anda akan betah berlama – lama berada di lokasi ini. Selamat berkunjung dan berlibur, sekian dan terima kasih.

Kunjungi juga: Wisata Alam Hits Puncak Kosakora Gunung Kidul

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!