Objek Wisata Alam Goa Jomblang Gunung Kidul

Goa Jomblang – Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta merupakan daerah yang kaya akan destinasi wisata keren. Salah satu destinasi alam yang melimpah ruah di kawasan itu adalah keberadaan goa yang masih alami. Rata – rata goa yang ada di gunung kidul memiliki tekstur yang cukup ekstrim dengan kedalaman lorong yang cukup panjang.

Ada sekitar 60 goa yang terdapat di Gunungkidul, kebanyakan dari goa – goa tersebut membutuhkan keberanian yang ekstran dan sangat memacu adrenalin ketika menyusuri lorong demi lorong goa.

Salah satu goa yang masuk ke dalam daftar gua yang cukup ekstrim adalah goa Jomblang. Namun justru kontur goa yang memacu adrenalin ini mampu memikat hati para pecinta traveling khususnya mereka para pecinta alam yang menyukai aktivitas ekstrim yang dijamin memacu adrenalin.

Goa jomblang disebut sebagai goa vertikal karena goa ini memiliki mulut goa di permukaan tanah lalu untuk menyusuri lorong goa harus masuk ke dalam perut bumi dengan kedalaman yang bervariasi. Untuk bisa mencapai dasar goa membutuhkan tali dan harus cukup mahir bermain tali karena inilah satu – satunya akses yang bisa ditempuh untuk sampai ke dasar goa.

Buat para pecinta alam belum lengkap rasanya jika belum mengunjungi goa jomblang di Gunungkidul ini. ada banyak aktivitas menantang yang bisa kamu lakukan disana. Namun buat kamu yang tidak memiliki keberanian yang cukup jangan coba – coba ingin menaklukkan keekstreman goa jomblang ini, karena cukup berbahaya.

Namun buat kamu yang ingin berkunjung jangan terlalu cemas karena akan ada seorang pemandu wisata yang akan membantu kamu memberi arahan serta memandu perjalananmu kali ini.

Cahaya Surga di Goa Jomblang

Cahaya Surga di Goa Jomblang

Lokasi Goa Jomblang

Ada banyak sekali wisatawan yang datang untuk melihat sendiri keindahan dasar goa yang menyimpan tanaman purba yang telah hidup selama ratusan tahun, bahkan ada beberapa tanaman yang hingga saat ini belum diketahui jenisnya. Meski lokasinya cukup ekstrim namun tidak mengurangi rasa penasaran mereka.

Ada banyak pengunjung yang ingin menaklukkan wisata yang ada di pegunungan karst di Padukuhan Jetis Wetan yang sangat indah ini. untuk lokasi tepatnya berada di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Loading...

Meski berada di tengah hutan belantara namun sangat mudah menemukan lokasi goa ini, karena memang gunungkidul memiliki banyak sekali wisata goa yang berdekatan. Perjalanan bisa kamu lakukan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, namun buat pengunjung yang ingin naik transportasi umum juga tersedia, seperti bus.

Mulut Goa

Mulut Goa via Kompas

Akses Menuju Goa Jomblang

untuk bisa mencapai lokasi kamu akan menempuh perjalanan yang didominasi oleh tanjakan dan tikungan karena memang wilayah Gunungkidul ini berada di dataran tinggi, sehingga jika berkendara motor atau mobil pastikan dalam kondisi yang baik agar mampu menempuh perjalanan jauh dan cukup sulit ini.

Namun tidak perlu takut karena seluruh jalannya sudah diaspal dan menempuh perjalanan yang cukup jauh dari pusat kota yaitu berjarak sekitar 60 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Perjalanan akan dimulai dari pusat kota Jogja lalu ambil arah menuju jalan Wonosari yang merupakan jalur utama kota Jogja, lalu lanjutkan perjalanan menuju Patuk lalu lanjutkan kembali menuju Semanu. Setelah sampai di Semanu ambil arah menuju Desa Pacarejo.

Setelah sampai di jalan Pacarejo kamu harus melanjutkan perjalanan ke jalan Makadam yang berada di tengah perkampungan penduduk serta melewati tengah ladang dan lakukan perjalanan terus hingga sampai di lokasi yang dituju yaitu goa jomblang.

Kunjungi juga yuk: Objek Wisata Pantai Krakal Gunung Kidul

Harga Tiket Masuk ke Goa Jomblang

Untuk bisa masuk ke goa jomblang ini belum dikenakan biaya sama sekali, kamu bisa menikmati keindahan goa purba ini secara gratis. Namun saat kamu ingin menyusuri dasar goa harus meminta izin kepada petugas terlebih dahulu.

Nanti akan ada beberapa petugas yang akan membantu menuruni goa menggunakan tali serta pemandu wisata yang akan mendampingi perjalananmu serta beberapa peralatan yang mereka sediakan dengan hanya membayar Rp. 450.000 – Rp. 1.000.000 tergantung dari kelengkapan peralatan yang kalian pilih, meski terbilang cukup mahal namun itu semua tidak sebanding dengan apa yang kalian dapatkan.

Menyusuri Goa Jomblang

Menyusuri Gua Jomblang via Liputan6

Jam Operasional

Untuk jam buka goa jomblang dimulai dari pukul 8 pagi dan tutup pada pukul 2 siang. Namun jika kamu ingin datang di waktu yang paling baik adalah pada pukul 12 siang dimana sinar matahari sedang sangat sempurna menyinari hingga masuk ke lobang goa yang sering disebut sinar dari surga.

Jika kamu ingin menyaksikan keindahan sinar matahari hingga ke dalam goa pastikan kamu datang pada hari yang cerah sebab jika mendung sinarnya tidak akan seindah saat matahari bersinar terang.

Goa jomblang terletak di tengah hutan dan berada di dasar tanah, namun bukan berarti tidak memiliki lokasi parkir yang memadai. Kamu bisa meletakkan motormu di area parkir yang tersedia dengan cukup membayar Rp. 3000 saja, namun untuk parkir kendaraan lain hingga saat ini belum ada informasi yang cukup jelas.

Fasilitas yang Ada di Goa

Meski pengelolaan goa jomblang ini masih tahapan pengelolaan tingkat desa namun dalam segi fasilitas sudah cukup lengkap, ada beberapa fasilitas pendukung yang di bangun untuk menjaga kenyamanan pengunjung, seperti area parkir yang dibangun cukup luas yang bisa digunakan untuk meletakkan kendaraan pribadi pengunjung degan harga tiket parkir yang sangat bersahabat.

Selain itu fasilitas penunjang lainnya juga ada seperti toilet umum yang cukup bersih dan nyaman digunakan karena telah dilengkapi dengan petugas kebersihan, oleh sebab itu silahkan membayar sejumlah uang untuk biaya kebersihan. Ada pula tempat ibadah sederhana yang bisa digunakan oleh pengunjung muslim untuk menjalankan ibadahnya.

Di sekitar lokasi goa jomblang terdapat pula seorang dukuh yang baik hati yang merelakan tempat tinggalnya sebagai tempat penitipan barang serta menyediakan kamar mandinya untuk bersih – bersih badan pengunjung.  Sebagai balas jasa kepada dukuh kamu bisa memberikan sejumlah uang atau uang seikhlasnya.

Jangan lewatkan juga: Wisata Pantai Jogan Gunung Kidul

Pesona “Spot Cahaya Surga” di Dalam Goa

Goa Jomblang via IG @jogjawisata

Goa Jomblang via IG @jogjawisata

Bagi para pecinta traveling dan pecinta petualangan pastilah goa jomblang bukanlah sebuah tempat wisata alam yang asing, sebab goa ini cukup populer di kalangan para pecinta alam. Goa ini menyajikan pemandangan alam yang luar biasa dan sangat menarik. Goa ini merupakan goa vertikal dengan kedalaman yang cukup ekstrim yaitu sekitar 15 hingga 80 meter.

Meski goa ini memiliki kedalaman yang cukup ekstrim dengan akses menuju dasar goa membutuhkan nyali yang besar namun kamu tidak perlu khawatir dan goa ini juga sangat layak dikunjungi,, karena akan ada beberapa petugas yang membantu pengunjung untuk menuruni goa.

Akan ada sejumlah penarik yang disiapkan pihak pengelola goa untuk membantu wisatawan yang ingin menuruni tali menuju dasar goa. Kemudian satu per satu pengunjung mulai bergelantungan di atas tali. Setelah 3 menit merasakan sensasi bergelantung di atas tali yang tidak bisa dirasakan di tempat lain.

Coba Sensasi Panjat Tali via IG @folkindonesia

Coba Sensasi Panjat Tali via IG @folkindonesia

Di sepanjang kamu bergelantung di tali akan terlihat pemandangan disekitar yang sangat mempesona, terlihat bebatuan yang cukup besar dan berlumut serta pepohonan yang berumur jutaan tahun ini membayar semua perasaan yang kurang nyaman. Sungguh pemandangan alam yang tidak akan pernah terlupakan.

Konon tanah dan pepohonan ini berada di permukaan namun karena proses geologi amblesnya sejumlah tanah dan tanaman menyebabkannya jatuh ke dasar goa dan kini di bagian dasar terlihat seperti hutan bawah tanah yang sangat cantik.

Jalur masuk ke dalam goa ini dibagi menjadi beberapa tingkatan. Tingkatan yang pertama ditujukan untuk para pemula dengan kedalaman paling rendah yaitu 15 meter dan masih bisa dilalui dengan berjalan kaki meski kondisinya tidak cukup baik dan sedikit terjal oleh sebab itu kamu harus berhati – hati ketika melalui jalan itu.

Rute yang kedua atau jalur C memiliki kedalaman sekitar 40 meter, lalu dilanjutkan dengan rute yang ketiga atau alur B memiliki kedalaman sekitar 60 meter, dan jalur yang terakhir atau disebut jalur A memiliki kedalaman 80 meter.

Sesampainya di dasar goa telah siap beberapa petugas yang akan menyambut dan melepas tali. Setelah puas menikmati dasar goa dan penjelasan pemandu wisata kini pengunjung akan diajak melanjutkan perjalanan menuju tempat selanjutnya, sebab keindahan goa jomblang tidak habis sampai disitu saja, kamu akan diajak masuk ke dalam goa horizontal menuju luweng grubug.

Goa horizontal tersebut memiliki keindahan yang tidak kalah mempesonanya, dimana terdapat sebuah ruang yang cukup luas, namun kamu perlu waspada jika berkunjung pada musim hujan sebab jalanan disana agak licin karena tanahnya akan bercampur dengan air.

Namun saat ini petugas atau pengelola goa telah memperbaiki jalan nya dengan memasang batuan pijakan serta lampu untuk menerangi jalan agar pengunjung yang melalui jalanan ini sedikit lebih nyaman.

Setelah melakukan perjalanan sekitar 300 meter ke dalam goa horizontal ini melalui jalanan yang cukup terjal pengunjung akan tiba di dalam goa, dari kejauhan sudah terdengar aliran air yang cukup deras. Setelah tiba di lokasi ternyata ada sebuah aliran sungai bawah tanah yang sangat indah dan jernih, membuat siapa saja yang memandangnya ingin bermain air dan berlama – lama di tempat ini.

Sungai Bawah Tanah Goa Jomblang

Sungai Bawah Tanah Gua Jomblang

Setelah bermain air cukup lama di aliran sungai ini dan istirahat sejenak sambil menikmati pemandangan sungai dan sekitarnya serta mengabadikan beberapa momen indah di dalam goa kemudian melanjutkan perjalanan lebih ke dalam untuk melihat keindahan lain di dalam goa.

Setelah melakukan perjalanan yang cukup jauh akan terlihat cahaya terang di ujung goa yang berasal dari sebuah lubang dari atas yang disinari cahaya matahari dari atas membuat pemandangannya terlihat sangat cantik dan penduduk sekitar dan pengunjung menyebutnya cahaya dari surga.

Jika sudah mencapai titik cahaya sangat rugi rasanya jika kamu tidak mengabadikan momen ini menggunakan kamara, sebab momen ini sangat langka.  Selain itu keindahan lain juga tidak kalah cantiknya ketika mendung tiba sinar matahari masuk di antara sela lubang.

Keindahan goa yang mendapat julukan sebagai cahaya dari surga ini memiliki pesona lain yang tidak kalah indah yaitu terdapat ornamen khas gua yaitu stalaktit dan stalakmit yang terbentuk secara alami dari kumpulan kalasit dari air yang menetes. Terlihat pula beberapa stalaktit yang bersatu membentuk tiang penyangga sehingga memperkokoh goa ini.

Goa omblang memiliki keunikan yang membuatnya masuk ke dalam nominasi destinasi terkenal di Indonesia. Keunikan goa ini berasal dari proses terbentuknya goa jomblang karena sinkhole jutaan tahun lalu, dan hingga saat ini dasar goa masih menyimpan tanaman purba yang sangat langka. Dengan masuknya goa jomblang ke dalam nominasi diharapkan mampu menarik lebih banyak wisatawan dari berbagai penjuru dunia.

Tips dan Saran

  • Perjalanan yang akan kamu lalui saat menyusuri goa ini cukup menguras energi karena memang rutenya cukup ekstrim dan terjal, oleh sebab itu kamu perlu mempersiapkan beberapa hal berikut: kondisi tubuh yang fit, air mineral, bekal makanan, obat – obatan, serta sepatu sneaker untuk mempermudah perjalananmu
  • Untuk menuntaskan hobi fotografi kamu jangan lupa membawa kamera dengan kualitas yang lumayan.

***

Demikianlah pesona goa jomblang yang berlokasi di kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta dengan seluruh keindahan di dasar goa yang tidak dimiliki goa – goa lainnya. goa purba ini memang sangat cocok dikunjungi bersama orang – orang terdekat, selamat berkunjung, dan terima kasih.

Kunjungi juga: Wisata Alam Goa Seropan Gunung Kidul Jogja

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!