Wisata Cave Tubing Kalisuci Gunung Kidul

 Cave Tubing Kalisuci – Ingin melakukan susur goa sekaligus susur sungai memang saat ini bukan suatu hal yang mustahil lagi, sebab di  Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta menyediakan destinasi wisata alam tersebut. Anda bisa puas melakukan susur sungai menggunakan perahu karet serta susur goa sekaligus yang diberi nama wisata alam cave tubing kalisuci.

Susur goa atau cave tubing kalisuci merupakan kawasan susur goa pertama di Indonesia, kemudian barulah beberapa kawasan wisata serupa bermunculan.

Sejak pertama kali dibuka untuk umum cave tubing kalisuci langsung menyita perhatian para pecinta traveling khususnya para pemuda pecinta alam, hal ini bisa dilihat dari ramainya pengunjung yang ingin menikmati keindahan goa kalisuci ini.

Jangan lewatkan juga: Objek Wisata Alam Goa Jomblang Gunung Kidul

Bahkan ketika musim liburan tiba jumlah pengunjung bisa melebihi kapasitas goa ini, maka dari itu sebaiknya berkunjunglah di hari – hari biasa dimana jumlah pengunjung terbilang normal.

Salah satu yang menjadi keunikan kawasan goa kalisuci ini adalah merupakan salah satu wilayah yang termasuk ke dalam karst gunung sewu dimana tekstur wilayah ini merupakan batu gamping nan cantik.

Indonesi patut banggan karena kawasan ini termasuk ke dalam kawasan yang dilindungi dan diusulkan oleh International Union Speleology pada tahun 1993 menjadi salah satu warisan alam dunia.

Hal ini langsung ditanggapi hangat oleh Presiden kita pada tahun 2004 menetapkan kawasan ini menjadi kawasan Eksokarst. Tunggu apa lagi? Buat kamu yang belum mengunjungi kawasan Eksokarst ini silahkan datang dan nikmati sendiri pesonanya secara nyata.

Cave Tubing di Goa Kalisuci Gunung Kdiul via Istimewa

Cave Tubing di Goa Kalisuci Gunung Kdiul via Istimewa

Lokasi Cave Tubing Kalisuci

Loading...

 Kawasan cave tubing kalisuci ini berada di kawasan dataran tinggi bebatuan kapur gamping karena lokasinya memang termasuk ke dalam wilayah karst gunung sewu.

Dengan begitu perjalanan anda menuju ke lokasi cave tubing kalisuci ini akan didominasi oleh tanjakan dan kelokan sehingga anda perlu ekstra hati – hati namun tidak perlu cemas sebab seluruh jalan nya sudah di aspal sehingga sangat mudah dilalui dan pastinya cukup mudah ditemukan.

Untuk sampai di lokasi kalisuci kami merekomendasikan atau menyarankan anda menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor karena akan lebih mudah sampai ke lokasi cave tubing kalisuci yang berada di desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Lokasi Cave Tubing Kalisuci

Untuk bisa sampai ke kawasan perbukitan batu kapur dengan goa dan sungai bawah tanahnya yang cukup langka atau biasa disebut cave tubing kalisuci ini anda akan menempuh perjalanan sejauh 47,5 kilometer dari pusat kota Jogja, dan membutuhkan waktu sekitar 1 jam 25 menit disaat kondisi jalan normal.

Menyusuri Sungai Bawah Tanah Kalisuci via Wisatakunet

Menyusuri Sungai Bawah Tanah Kalisuci via Wisataku.net

Rute yang akan kita lalui cukup mudah dengan akses jalan yang cukup nyaman dilalui. Buat anda yang penasaran dengan rute menu lokasi wisata bisa langsung menyimak penjelasan kami berikut ini.

Perjalanan akan dimulai dari pusat kota Yogyakarta kemudian ambil arah menuju selatan Jogja menuju jalan Mataram, lalu jalan terus hingga anda menemukan perempatan dan silahkan ambil arah menuju timur ke jalan Juminahan, jalan terus hingga anda sampai ke jalan Bausasran.

Kemudian jalan lurus terus menuju jalan Kenari jalan lurus terus hingga anda menemukan perempatan silahkan ambil arah menuju Timur ke jalan Kusumanegara, kemudian jalan sampai menemukan perempatan silahkan belok kanan menuju jalan Gedong Kuning.

Sesampainya disana jalan terus hingga menemukan perempatan kembali dan silahkan ambil arah menuju timur ke jalan Wonosari kemudian ikuti jalur utama Wonosari hingga anda menemukan perempatan lalu ambil arah menuju jalan jalan Kalisuci lalu jalan terus sejauh beberapa kilometer hingga anda menemukan papan nama bertuliskan Wisata kalisuci cave tubing.

Jika anda masih ragu dengan rute yang kami tunjukkan silahkan meminta bantuan google maps atau peta petunjuk jalan yang bisa diakses melalui ponsel pintar anda.

Peta Menuju Wisata Cave Tubing di Kalisuci

Atau anda bisa mengikuti papan penunjuk jalan yang banyak terpasang di sepanjang jalan mulai dari pusat kota hingga ke lokasi wisata kalisuci ini. selain itu bertanya pada warga sekitar juga termasuk alternative yang tepat untuk bisa sampai ke lokasi wisata cave tubing kalisuci.

Cave Tubing Seru di Kalisuci via IG

Cave Tubing Seru di Kalisuci via IG

Harga Tiket Cave Tubing Kalisuci

Untuk bisa menikmati pesona alam di sekitar kalisuci yang didominasi perbukitan karst batu kapur ini ada harus membayar biaya masuk atau biaya retribusi yang sangat terjangkau. Anda tidak perlu takut merogoh kantong anda terlalu dalam, sebab biaya retribusi hanya dikenakan Rp. 5000 per orang.

Selain itu ada biaya tambahan jika anda ingin melakukan susur sungai atau cave tubing. Biaya ini sudah satu paket dengan jasa pemandu wisata serta seluruh perlengkapan untuk kegiatan arung jeram seperti helm, jaket karet, serta ban karet dengan cukup membayar Rp. 70.000 per orang.

Lalu buat tiket parkir kendaraan pribadi juga sangat bersahabat. Yaitu untuk kendaraan roda dua atau motor cukup membayar Rp. 2000 sedangkan untuk kendaraan roda empat atau mobil cukup membayar Rp. 5000. Serta untuk bus dan minibus masing – masing dikenakan biaya parkir sebesar 10 ribu rupiah sampai 15 ribu rupiah.

Gelung cave via IG

Gelung cave via IG

Fasilitas Tambahan di Cave Tubing Kalisuci

Meski tempat wisata ini terbilang baru dioperasikan dan dibuka untuk umum, namun dari segi fasilitas penunjang sudah cukup lengkap. Beberapa fasilitas tambahan dibuat untuk memberikan rasa nyaman bagi pengunjung yang datang. Berikut beberapa fasilitas yang ada di cave tubing kalisuci, diantaranya:

  • Area parkir yang cukup luas dibangun untuk menitipkan kendaraan pribadi pengunjung dengan cukup membayar tiket parkir yang sangat bersahabat
  • Toilet atau kamar bilas bisa anda gunakan untuk membersihkan badan dan berganti pakaian setelah puas bermain air dengan melakukan aktivitas arung jeram
  • Warung makan yang dikelola warga sekitar dengan berbagai menu yang tersedia dengan rasa yang lezat dan murah meriah pastinya.
  • Pelindu kepala atau helm bisa disediakan satu paket dengan pemandu wisata serta beberapa peralatan kesehatan lainnya seperti jaket karet atau jaket pelampung, headlamp, pengaman lutut, tabung oksigen, perahu karet atau ban karet, dll.

Kunjungi juga: Objek Wisata Pantai Krakal Gunung Kidul

Pesona Cave Tubing Kalisuci

Cave Tubing yang Takan Terlupan di Kalisuci via IG

Cave Tubing yang Takan Terlupan di Kalisuci via IG

Cave tubing kalisuci merupakan kawasan goa alami yang baru dibuka beberapa tahun belakangan ini. meski tergolong wisata baru di kabupaten Gunungkidul, namun keberadaannya langsung menyita perhatian para pecinta traveling. Buat pecinta alam sejati belum lengkap rasanya jika belum menaklukkan derasnya sungai bawah tanahnya.

Menurut cerita nama kalisuci sendiri diambil dari di dalam goa ini terdapat aliran sungai yang sangat jernih dan belum tercemar sama sekali dan terlihat sangat suci. Keberadaanya di kawasan karst yang didominasi oleh batu kapur gamping ini menjadi salah satu daya tarik tempat ini.

Untuk mendukung kawasan wisata goa kalisuci pemerintah setempat beserta pihak pengelola membangun beberapa fasilitas untuk memudahkan menuju lokasi dengan dibangun tangga yang digunakan menuju bawah sungai yang telah dilakukan sejak zaman presiden Soeharto, namun pembangunannya terbengkalai dan setelah itu mulai dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk jalan menuju sungai yang banyak dimanfaatkan untuk mencuci pakaian dan mandi. Hal ini justru bisa berakibat tercemarnya kawasan sungai yang jernih ini.

Cave Tubing di Goa Kalisuci via IG @aminrahmad

Cave Tubing di Goa Kalisuci via IG @aminrahmad

Namun kini setelah pengunjung yang datang semakin ramai para warga sudah tidak lagi menggunakan air sungai ini untuk kegiatan mereka. Dan kini kawasan cave tubing kalisuci ini sudah difokuskan untuk para pengunjung yang datang. Ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan pengunjung di tempat ini.

Salah satunya adalah melakukan kegiatan arung jeram di bawah tanah, sambil menikmati keindahan sungai dan sekitarnya dengan menyusuri sungai menggunakan perahu karet atau ban pelampung. Buat pengunjung yang ingin melakukan aktivitas arung jeram tidak perlu repot membawa peralatan dari rumah sebab ditempat menyediakan tempat penyewaan alat arung jeram, seperti ban pelampung, jaket pelampung, serta helm keselamatan.

Saat melakukan penyusuran kalisuci akan ada seorang pemandu wisata yang akan mengarahkan pengunjung serta menjelaskan beberapa hal mengenai kalisuci dan bagaimana menjaga keselamatan selama berada di goa kalisuci.

Setibanya pengunjung di basecamp kalisuci aka nada sedikit pengarahan dari pemandu wisata, setelah mendapatkan pembekalan yang matang serta menggunakan semua alat keselamatan standar barulah pemandu wisata akan membawa pengunjung ke kalisuci yang berada tidak jauh dari basecamp.

Sebelum mencapai kalisuci anda akan melihat pemandangan hutan yang sangat damai, dimana jejeran pohon jati. Dengan berjalan kaki menuju ke bagian bawah sungai yang sangat jernih ini. setibanya di sungai maka petualangamu dimulai dari sini. Anda akan merasakan aliran sungai yang jernih serta beberapa kelokan sungai yang cukup menantang.

Di sepanjang perjalanan anda akan merasakan derasnya aliran sungai yang sangat menantang dan memacu adrenalin serta keindahan di sekitar lokasi yang didominasi oleh indah nya pegunungan karst yang berada di Gunungkidul. Perjalanan menyusuri sungai kalisuci akan memakan waktu kurang lebih selama 1,5 jam.

Untuk menjaga keselamatan pengunjung, pihak pengelola menutup lokasi ini ketika musim hujan karena volume air akan naik sehingga sangat berbahaya. Maka dari itu pengunjung hanya boleh melakukan cave tubing kalisuci hanya pada saat musim kemarau, dimana debit air terbilang normal serta airnya yang sangat jernih.

Wisata Kuliner di Sekitar Kalisuci

Setelah puas bermain air dan melakukan susur sungai selama kurang lebih 1,5 jam pastinya anda mulai merasa lapar. Maka dari itu silahkan mampir ke warung makan yang menyediakan banyak sekali menu lokal yang nikmat dan pastinya sangat murah.

Selain itu ada juga banyak menu makanan dari wilayah lain. Buat kamu yang hanya ingin memesan menu minuman juga tersedia beberapa minuman dingin, minuman hangat, serta beraneka ragam jus buah segar yang bisa menghilangkan rasa dahaga anda.

Tips dan Saran

Saat anda akan berkunjung ke cave tubing kalisuci untuk menikmati semua pesona yang disuguhkan serta melakukan banyak kegiatan disana ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, diantaranya:

  • Pastikan kondisi tubuh anda sehat dan fit agar saat melakukan aktivitas arung jeram atau susur sungai tidak terjadi masalah dan berjalan dengan lancar
  • Ketika berada di lokasi wisata pastikan jangan membuang sampah sembarangan yang akan merusak pemandangan dan kebersihan
  • Sebelum melakukan perjalanan sebaiknya makan dari rumah terlebih dahulu, sebab melakukan perjalanan dengan perut kosong apa lagi akan berwisata air bisa menyebabkan perut kembung, masuk angin dan nyeri.
  • Jangan lupa untuk membawa perlengkapan perjalanan dan liburan seperti bau ganti, dalaman, peralatan mandi, handuk, bekal makanan, obat – obatan, serta kamera untuk mengabadikan beberapa momen penting saat liburan kali ini.
  • Ketika melakukan susur sungai pastikan anda menggunakan semua peralatan standar seperti helm, jaket pelampung, serta ban karet, serta mendengarkan dan mengikuti semua pengarahan yang disampaikan oleh pemandu wisata.

Demikianlah penjelasan mengenai cave tubing kalisuci yang terdapat di Kabupaten Gunungkidul yang termasuk ke dalam kawasan karst gunung sewu yang mempesona. Silahkan berkunjung bersama keluarga dan teman terdekat, selamat berlibur dan berkunjung, sekian dan terima kasih.

Kunjungi juga: Wisata Alam Goa Seropan Gunung Kidul Jogja

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!