Wisata Alam Hits Puncak Kosakora Gunung Kidul

Puncak Kosakora – Siapa sangka di kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta terdapat sebuah bukit yang menjadi spot foto yang ngehits saat ini. Bukit ini bernama bukit kosakora.

Salah satu yang menjadi keistimewaan bukit kosakora atau kosakora hill adalah destinasi di sekitarnya yang sangat menawan dan diapit oleh dua pantai nan indah yaitu pantai Drini serta Pantai Ngerumput. Itulah mengapa sejak diperkenalkan sebagai lokasi wisata dengan spot foto nan indah bukit ini langsung mendapat sambutan hangat para pecinta traveling.

Hal ini ditunjukkan dari lokasi wisata yang tidak pernah sepi, meski tidak saat weekend atau hari libur nasional lainnya. Di hari biasa saja banyak sekali muda – mudi yang menghabiskan waktu di bukit kosakora apalagi saat hari libur, jumlah pengunjung bisa melebihi kapasitas.

Oleh sebab itu ketika berkunjung sebaiknya selalu hati – hati, terutama pada barang berharga yang ada bawa, jangan meletakkannya di sembarang tempat.

Meski lokasi bukit kosakora ini sedikit tersembunyi namun untuk segi keindahan alamnya tidak perlu diragukan lagi. Itulah sebabnya banyak pengunjung yang rela menjelajah bukit – bukit serta ladang milik warga sekitar demi bisa menikmati puncak kosakora secara nyata.

Banyak para pecinta alam yang sengaja datang untuk menuntaskan hobi berpetualang mereka sambil berburu lokasi foto yang menawan. Selain itu banyak pula para muda – mudi yang sengaja datang untuk menikmati keromantisan dari atas bukit kosakora ini.

Kunjungi juga: Wisata Pantai Ngobaran Gunung Kidul

Buat anda yang belum berkunjung tunggu apa lagi? Silahkan nikmati sendiri keseruan wisata puncak bukit kosakora ini. Selain merasakan keindahan alam yang luar biasa, anda juga akan mendapat ketenangan jiwa ketika berada di puncak bukit ini.

Menikmati Keindahan Alam Sekitar dari Puncak Bukit Kosakora by finthihani yumna

Menikmati Keindahan Alam Sekitar dari Puncak Bukit Kosakora by finthihani yumna

Lokasi Puncak Bukit Kosakora

Loading...

Buat anda yang penasaran dengan lokasi puncak kosakora yang sedikit terpencil serta membutuhkan perjuangan ekstra untuk bisa sampai ke lokasi wisata dengan dijamin ketika anda sampai ke lokasi wisata ini semua rasa penat dan lelah semua akan terbayar dengan melihat keindahan alam disekitar puncak bukit kosakora.

Puncak bukit ini terletak diantara pantai – pantai terkenal di Gunungkidul yaitu pantai Drini. Bahkan para pengunjung yang akan menuju puncak kosakora harus memarkirkan kendaraan anda di lokasi parkir pantai Drini dan kemudian melanjutkan perjalanan melalui jalan setapak yang disediakan dengan berjalan kaki. Jika anda ingin melewati akses yang lebih dekat bisa parkir di arah pantai timur Drini .

Alamat bukit kosakora ini sendiri berada di Banjarejo, Tanjungsari, Area Hutan, Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Icon Puncak Kosakora via IG @et_ett

Icon Puncak Kosakora via IG @et_ett

Rute Menuju Lokasi Wisata Puncak Bukit Kosakora

Sesampainya di lokasi parkir anda harus melewati jalanan ladang milik warga dan harus dilalui dengan berjalan kaki, namun dari pusat kota hingga ke kawasan wisata jalan yang akan dilalui sangat bagus dan sudah diaspal seluruhnya.

Selain itu jalan yang akan anda lalui didominasi dengan tanjakan dan tikungan, sebab kabupaten Gunung Kidul berada di dataran tinggi.

Untuk rute menuju lokasi wisatanya sendiri bisa anda lalui dari pusat kota Yogyakarta, kemudian ambil arah menuju Wonosari lalu lanjutkan perjalanan anda menu jalan Piyungan, lalu lurus terus dan silahkan ambil arah menu Patuk.

Setelah itu melaju menuju Gading Wonosari, menuju jalan Baron, jalan lurus terus hingga menemukan pantai Baron, lalu lurus lagi melewati Pantai Kukup.

Setelah berada di pantai ini silahkan lanjutkan perjalanan anda kembali menuju pantai Drini. Kemudian ambil arah ke Timur pantai untuk sampai ke parkir kendaraan yang disediakan petugas puncak kosakora.

Jarak antara lokasi wisata puncak kosakora memang cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta, yaitu sekitar 2 jam perjalanan menggunakan sepeda motor maupun mobil pada kondisi jalanan normal, dengan jarak tempuh sekitar 75 kilometer. Buat anda yang ragu dengan rute menu lokasi anda bisa menggunakan google maps sebagai pemandu perjalanan anda.

Peta Bukit  Kosakora

Harga Tiket Masuk Puncak Kosakora

Untuk bisa menikmati seluruh keindahan yang ada di puncak kosakora tidak perlu takut akan menguras isi kantong anda, sebab harga tiket masuk menuju lokasi wisata sangat bersahabat.

Anda hanya perlu membayar biaya retribusi sebesar 5 ribu rupiah per orang. Buat pengunjung yang membawa kendaraan bermotor bisa membayar biaya sewa lokasi parkir dengan harga yang tidak kalah murahnya.

Buat kendaraan roda dua atau motor silahkan membayar 2 ribu rupiah saja, lalu untuk pengunjung yang membawa kendaraan roda empat atau mobil silahkan membayar tiket parkir sebesar 5 ribu rupiah.

Santai Sejenak via IG @lutf18

Santai Sejenak via IG @lutf18

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas yang ada di wisata alam kosakora belum selengkap pantai – pantai yang ada di sekitarnya. Namun segala fasilitas penunjang yang tersedia sudah cukup membuat pengunjung yang datang merasa nyaman. Berikut beberapa fasilitas penunjang yang tersedia, diantaranya:

  • Area parkir yang cukup luas dan nyaman yang bisa menampung banyak sekali kendaraan pribadi pengunjung, meski dibuat di area yang cukup jauh dari puncak kosakora namun itu semua disebabkan kontur lokasi wisata ini sendiri.
  • Tempat sampah yang diletakkan di sudut – sudut lokasi wisata menyadarkan anda pentingnya menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan kita terutama lingkungan puncak bukit.
  • Toilet umum bisa digunakan oleh pengunjung dengan membayar 2 ribu rupiah sekali pakai untuk membayar biaya kebersihan.
  • Warung makan sederhana dengan menu lokal yang nikmat dan pastinya sangat murah bisa anda jumpai disekitar puncak kosakora

Jam Operasional

Untuk masalah jam buka atau am operasional puncak kosakora anda tidak perlu khawatir sebab anda bisa datang kapan saja, karena wisata alam ini dibuka setiap hari selama 24 jam, jadi tidak ada hari libur.

Buat anda yang ingin berburu sunrise di puncak bukit ini bisa membangun tenda di tempat ini yang memang tersedia area cmping graund.

Saat matahari terbit akan terlihat keindahan yang tiada tara serta kabut putih menutupi seluruh lembah seolah anda sedang berada di atas awan.

Seiring mentari yang semakin tinggi maka kabut asap juga akan ikut naik dan menghilang perlahan Puncak kosakora sungguh menjadi lokasi yang sempurna untuk berburu sunrise. Momen indah ini juga bisa anda abadikan menggunakan kamera da menghasilkan jepretan yang jempolan.

Kunjungi juga: Objek Wisata Pantai gesing Gunung Kidul

Pesona Keindahan Puncak Kosakora

Setelah menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari kota Yogyakarta kini kita sampai di lokasi parkir puncak kosakora. Kemudian kita harus melalui perjalanan dengan berjalan kaki melewati hijaunya hamparan sawah milik warga sekitar.

Setelah itu tibalah kita pada tangga curam dari batuan karst dengan tumbuhan pandan laut yang rimbun di sisi kanan dan kiri jalan yang akan mengantarkan pengunjung menuju lokasi wisata puncak kosakora.

Sejak keberadaannya puncak kosakora menjadi primadona wisata yang tidak pernah sepi pengunjung yang terletak di Gunungkidul. Puncak bukit kosakora adalah bukit karst yang menjadi salah satu eksokarst yang wajib anda kunjungi. Bukit ini masih satu garis dengan jejeran pantai indah di Gunung Kidul.

Banyaknya unggahan di berbagai media sosial khususnya instagram menjadi perbincangan para warga net dan pecinta traveling yang ingin berburu lokasi selfie dengan background pantai selatan dari ketinggian.

Puncak kosakora memiliki ketinggian sekitar 50 MDPL yang menjadi lokasi favorit para remaja dan anak – anak muda di sekitar Jogja dan luar kota yang ingin mengambil potret diri atau disebut selfie.

Ada pula spot foto yang tidak kalah populernya yaitu sebuah lokasi yang terdapat papan kayu dengan tulisan puncak kosakora. Pemandangan yang selalu ditunggu di puncak kosakora adalah keindahan matahari terbenam dengan pemandangan luasnya laut yang menakjubkan.

Menyaksikan Sunset di Puncak Bukit Kosakora

Menyaksikan Sunset di Puncak Bukit Kosakora via IG @soviafitri_

Terlihat pantai Drini dan pantai Ngrumput dari ketinggian bukit  nan terbentang luas ditemani oleh langit jingga nan mempesona. Setelah matahari terbenam dan hari mulai malam bukan berarti keseruan di bukit ini juga berakhir.

Ada keseruan lain yang bisa anda lakukan yaitu mulai membangun tenda untuk berkemah di tempat ini. Anda tidak perlu repot membawa peralatan kemah dari rumah sebab petugas wisata menyediakan tempat penyewaan tenda serta kayu bakar dan benda – benda pendukung lainnya dengan harga sewa  yang bersahabat.

Ada banyak kegiatan camping yang bisa anda lakukan seperti bermain gitar sambil melantunkan irama yang merdu dan membuat api unggun sambil bakar ikan akan menyempurnakan malam di puncak kosakora.

Camping di Puncak Kosakora via amicirentmotorbike.tumblr.com

Camping di Puncak Kosakora via amicirentmotorbike.tumblr.com

Wisata Kuliner Puncak Kosakora

Meski fasilitas pendukung di tempat ini masih sangat minim, namun ada beberapa warung makan yang menyediakan hidangan lokal yang lezat.

Ada beragam menu yang bisa anda pilih, mulai nasi kucing, rawon, tempe dan tahu bacem, semur, serta beberapa menu wedangan seperti wedang ronde serta wedang jahe.

Selain itu berbagai minuman hangat dan dingin serta beragam menu jus buah segar bisa anda pesan dengan harga yang tidak kalah murahnya. Jadi buat pengunjung yang datang tidak perlu takut kelaparan karena telah tersedia warung makan sederhana.

Tips Berlibur

Ada beberapa tips berlibur yang perlu anda perhatikan, untuk menjaga kenyamanan saat berwisata di puncak kosakora, berikut diantaranya:

  • Untuk sampai di lokasi wisata anda akan melalui jalanan yang terjal dan melewati batuan karst yang licin saat musim hujan maka dari itu gunakan alas kaki yang nyaman seperti sepatu sneaker. Dan hindari menggunakan sandal yang licin dan sepatu hak tinggi
  • Untuk melawan angin kencang yang menimbulkan hawa dingin sebaiknya pakai baju yang tebal seperti jaket, dan sangat disarankan memakai sweter yang terbuat dari rajutan benang wol karena sangat hangat.
  • Saat berada di lokasi pastikan anda membuang sampah pada tempat yang telah disediakan demi menjaga kebersihan dan keindahan lokasi wisata puncak kosakora
  • Sebagai tamu yang datang pastikan anda menjaga sopan santun sebagai tamu. Dan selalu menjaga sikap dan ucapan. Pastikan pula anda ramah pada warga sekitar agar semua pihak merasa nyaman.

***

Puncak kosakora menjadi salah satu lokasi favorit yang tidak pernah sepi pengunjung. Banyak remaja dan anak muda yang penasaran dengan kondisi jalan yang memacu adrenalin serta keindahan alam yang ditawarkan sungguh mempesona, selain itu berbagai spot foto yang instagramable juga mendominasi puncak kosakora. Selamat berkunjung dan berlibur. Sekian dan terima kasih.

Kunjungi juga: Wisata Alam Goa Seropan Gunung Kidul

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!