Objek Wisata Pantai Drini Gunung Kidul yang Seru untuk Liburan

Pantai Drini Yogyakarta merupakan tempat yang sekali dikunjungi akan membuat wisatawan ingin kembali lagi ke tempat tersebut. Selain wisata budayanya yang menjadi ikon, kota Jogja juga terdapat banyak wisata daerah pantainya yang sayang untuk dilewatkan biarpun tempatnya tidak terlalu dekat dari pusat kota. Gunungkidul adalah daerah di Jogja yang memiliki berderet pantai-pantai indah yang memiliki ciri khas masing-masing yang ada disetiap pantainya.

Seperti yang ada di Pantai Drini, pantai ini memiliki ciri khas dimana terdapat sebuah pulau kecil dibagian tengah lautnya. Pulau tersebut terbagi kedalam dua bagian. Pulau tersebut banyak ditumbuhi oleh pohon Drini yang memiliki nama latin Pemphis Acidula yang menjadi penamaan dari pantai ini.

Keindahan Pantai Drini Gunungkidul

Keindahan Pantai Drini Gunungkidul

Selayang Pandang 

Buat anda yang sedang hunting objek wisata di Gunungkidul, Tempat wisata seru merekomendasikan anda untuk mengunjungi pantai yang memiliki pesona yang memukau ini, yaitu pantai drini.

Di pantai ini, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan cantik dari atas gazebo yang bisa kita jadikan tempat untuk bemesraan dengan si cinta.

Aneka pemandangan yang ada disini akan memanjakan mata mulai dari atap-atap gazebo yang terbuat dari alang-alang, perahu nelayan yang siap melaut yang dapat dilihat melalui pulau yang ada di pantai Drini yang bisa ditempuh pada saat air surut. 

Lokasi Pantai Drini

Pantai ini terletak di desa Banjarejo, Tanjungsari, Gunung Kidul. Pantai ini berdekatan dengan pantai Baron yang berada di sebelah timurnya. Apabila anda dari pusat kota Jogja, jarak yang perlu anda tempuh untuk dapat sampai di kawasan pantai Drini adalah 60 km atau kurang lebih 2 hingga 3 jam perjalanan.

Akses Menuju Lokasi Pantai

Untuk mencapai pantai Drini ada banyak jalur yang bisa anda tempuh. Jika anda dari pusat kota Jogja, pilihlah jalur yang mengarah ke Wonosari. Jika anda sudah tiba di Wonosari pada pertigaannya pilih jalur menuju Mulo dan lurus terus menuju ke arah pantai Baron. Setelah itu sebelum sampai di kawasan pantai Baron anda akan menemukan pertigaan, belok kiri untuk mencapai lokasi pantai drini.

Pasir Putih di Pantai Drini Gunungkidul

Pasir Putih di Pantai Drini Gunungkidul

Harga Tiket Masuk Pantai Drini

Untuk jalan menuju ke pantai ini sendiri sudah cukup baik sehingga anda tidak perlu khawatir lagi. Jalan yang berkelok akan membuat perjalanan anda semakin berkesan lagi. Selama di perjalanan anda akan ditemani dengan pemandangan indah sepanjang perjalanan di Gunung Kidul tentu membuat perjalanan anda semakin menyenangkan.

Bagi wisatawan yang ingin masuk menikmati keindahan pantai ini hanya membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000,- saja. Itu pun sudah termasuk biaya masuk pantai lainnya seperti, Pantai Baron, Pantai kukup, Pantai sepanjang, Pantai Krakal, dan lain-lain.

Keistimewaan Pantai Drini

Keunikan yang ada di Pantai ini adalah adanya pulau yang berada di tengah laut dan membagi pantai menjadi dua bagian. Yang uniknya kedua bagian ini memiliki kondisi yang berbeda dimana pada bagian sisi timur pantainya memiliki ombak yang lebih tenang dan sisi timur pantai memiliki ombak yang cukup besar. Di bagian timurnya juga terdapat dinding tebing yang kokoh layaknya perisai untuk menahan ombak. Dengan adanya dinding tebing inilah yang membuat sisi timur pantai menjadi lebih tenang.

Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan

Pantai Drini merupakan sebuah akuarium alam raksasa yang terdapat aneka jenis biota laut yang hidup di dalamnya. Ada berbagai jenis spesies yang bisa anda temui disini seperti Jambrong, Sergeant Major, dan Goby Pasir yang hidup diantara terumbu karang yang masih terjaga kelestariannya. Jika anda ingin berenang pilihlah bagian timur dari Pantai Drini yang mempunyai ombak tenang sehingga lebih aman.

Fasilitas yang Tersedia

Untuk menunjang kawasan pantai menjadi objek wisata yang memadai, maka di pantai ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti tempat parkir, kamar mandi, tempat makan dan lain-lain. Di sana juga terdapat penyewaan perahu kano atau perahu karet yang tentunya akan membuat perjalanan wisata anda semakin menyenangkan. Untuk masalah harga, anda bisa menegosiasikan langsung dengan mereka supaya mendapatkan harga yang paling murah.

Kuliner di Pantai Drini

Capek liburan seharian di pantai ini, wisatawan tidak perlu cemas, karena disini pengunjung dapat menikmati aneka sajian kuliner lezat yang memang disediakan untuk wisatawan yang datang. Di sepanjang Pantai ini terdapat beberapa Gazebo dan warung makan yang berjejer rapi.

Gazebo di Pantai Drini Gunungkidul

Gazebo di Pantai Drini Gunungkidul

Beraneka menu lezat siap memanjakan perut anda yang keroncongan, anda bisa memilih sendiri sesuai dengan selera anda. Menikmati kuliner di atas Gazebo sambil menikmati pemandangan indah Pantai Drini ini tentu membuat perjalanan wisata anda semakin berkesan.

Itulah keindahan dari Pantai Drini yang ada di Gunungkidul yang harus anda kunjungi saat pergi ke Jogja. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang ingin merencanakan liburan panjang besok. Jangan lewatkan juga ya: Objek Wisata Istana Air Taman Sari Jogja nan Cantik dan Menarik

Leave a Reply

error: Content is protected !!