Liburan Seru ke Objek Wisata Curug Maribaya Lembang Bandung

Curug Maribaya – Bandung memang menjadi salah satu kota yang berada di propinsi Jawa Barat yang memiliki sejuta pesona. Di sana banyak sekali tempat wisata alam menarik yang patut anda kunjungi. Bagi anda yang ingin menjauh dari keramaian anda patut mengunjungi salah satu tempat wisata alam yang ada di sana. Salah satu tempat yang patut anda kunjungi adalah Curug Maribaya.

Wisata alam tersebut memang menjadi salah satu tempat wisata menarik yang ada di Lembang, Bandung. Curug Maribaya ini memiliki daya tarik tersendiri berupa sebuah panorama alam nan indah dan juga menakjubkan. Jadi jangan sampai anda lewatkan liburan seru hanya di wisata alam Curug Maribaya ini.

Tempat wisatanya memang memiliki panorama yang amat indah bahkan tempatnya pun masih begitu asri sehingga cocok bagi ada yang ingin mendapatkan suasana yang lebih tenang dan juga nyaman. Jangan sampai anda lewatkan menghabiskan waktu liburan anda dengan berkunjung ke salah satu wisata alam Lembang Bandung ini yakni Curug Maribaya.

Wisata dekat dengan curug maribaya: Liburan Seru ke Floating Market Lembang Bandung Jawa Barat

Keindahan Curug Maribaya Lembang Bandung

Keindahan Curug Maribaya Lembang Bandung

Asal Usul dari Wisata Alam Curug Maribaya

Saat dahulu kala pada kaki gunung Masingit ada sebuah perkampungan yang telah di aliri dengan dua sungai. Pada perkampungan inilah telah hidup seorang wanita cantik dengan nama Maribaya. Berkat paras cantiknya tersebut, gadis tersebut menjadi idaman bagi para kaum pria yang berada di daerah itu.

Orang tua dari Maribaya pun merasa ketakutan jika nanti ada malapetaka yang menimpa keluarganya dengan kecantikan putrinya ini. Akhirnya ia mencari wangsit dengan pergi ke pertapaan gunung tangkuban perahu.

Akhirnya ayah dari Maribaya pun jalankan sebuah wangsit dengan cara menumpahkan bokor lalu muncullah sumber air panas yang ada kandungan belerangnya. Sejak itulah banyak pengunjung yang datang ke sana untuk rekreasi.

Air terjun Maribaya oleh warga setempatnya lebih dikenal dengan sebutan Curug Oma. Di tempat wisata tersebut ada beberapa lokasi paling menarik yang patut anda kunjungi. Wisata ala mini memang masih alami sekali airnya bahkan saat ini sudah ditumbuhi dengan pepohonan yang hijau.

Saat anda berada di tempat wisata ini tentunya anda akan merasakan suatu ketenangan tersendiri. Ketinggian dari Curug Maribaya ini cukuplah tinggi sekitar 30 meter. Bahkan di dekat air terjunnya sudah ada dua jembatan yang akan memudahkan pengunjung menikmati air terjunnya tanpa harus takut basah karena terkena air yang jatuh.

Anda pun juga bisa menikmati keindahan air terjun dari jarak yang lebih dekat sembari berfoto di atas bebatuan besar yang ada dibawah air terjun tersebut. Pastinya keindahan tersebut mampu menambah kesan eksotis yang bisa kita rasakan. Jadi jangan sampai anda lewatkan berwisata ke Curug Maribaya saat anda berada di kota Bandung.

Lokasi Objek Wisata Curug Maribaya

Bagi anda yang berkeinginan mengunjungi tempat wisata alam Curug Maribaya ini, anda tidak perlu bingung lagi dengan lokasi wisatanya. Wisata Curug Maribaya ini masih menjadi bagian dari hutan raya Ir.H. Djuanda yang berada di jalan Maribaya, Lembang, Bandung Barat.

Kira-kira anda perlu menempuh jarak sekitar 5 km dari arah timur dan sekitar 15 km saja jika anda berawal dari kota Bandung. Bagi anda yang menggunakan transportasi umum maka jalur yang harus anda lewati yaitu naik angkot dari Lembang menuju Maribaya. Setelah menempuh perjalanan selama 5 km maka anda akan tiba pada jembatan Maribaya.

Peta Curug Maribaya

Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat petanya berikut ini:

Harga Tiket Masuk Curug Maribaya Lembang Bandung

Ketika berlibur pastinya kita selalu dikhawatirkan dengan masalah budget yang harus dipersiapkan. Supaya anda bisa masuk ke lokasi wisata alam Bandung ini, maka anda cukup membayar tiket sebesar Rp 35.000 rupiah saja untuk per orangnya.

Namun bagi anda yang berkeinginan mandi pada pemandian air panas yang ada di lokasi wisata tersebut maka anda perlu membayar sejumlah biaya tambahan yakni Rp 5.500 saja per orangnya untuk dewasa sedangkan Rp 2.500 saja untuk anak-anak. Wisata alam Curug Maribaya ini biasanya akan buka mulai dari jam 08.00 Pagi hingga jam 04.00 sore.

Kolam Rendam Air Panas
Kategori Harga (Rp.)
Deluxe Pool 75.000/orang
VIP Pool 150.000/orang
Foot Spa/Kolam Rendam Kaki 30.000/orang
Kamar Berendam Private Tirta Raga 90.000/orang
Kolam Telaga Giri
Kategori Harga (Rp.)
Kolam Pancing 20.000/30 menit
Kolam Tangkap Ikan 15.000/15 menit

*Harga Sewaktu-waktu Dapat Berubah

VIP Hot SPring Maribaya Natural Resort

VIP Hot Spring Maribaya Natural Resort

Penginapan di dekat Curug Maribaya Bandung

Ketika anda sudah merasa lelah saat menikmati keindahan wisata alam yang ada di Curug Maribaya ini tentunya anda membutuhkan suatu tempat nyaman untuk beristirahat. Di sekitar lokasi wisata Curug Maribaya ini nyatanya telah tersedia berbagai hotel maupun penginapan yang bisa anda pergunakan untuk beristirahat. Inilah beberapa penginapan maupun hotel yang patut dijadikan pilihan. Antara lain:

  • Villa Venety’s yang ada di Jalan Maribaya no.155 E,Lembang,Indonesia
  • Villa 121 Lembang yang ada di Jalan Maribaya 121,Belakang pondok pesona hotel,Desa Cikidang,Bandung ,Indonesia
  • Villa Aurella Maribaya yang ada di desa Cibodas,Kampung Sukamulya Rw 02,Maribaya,Lembang,Bandung,Indonesia
  • Maribaya Glamping Tent yang ada di Jalan Maribaya 105/212,Lembang,Bandung,Indonesia
  • The Radiant Villa’s&Function Hall yang ada di Jalan Kampung Buka Nagara,Desa Pagerwangi Rt 05 Rw 01 Lembang,Indonesia
  • Villa New Bukit Kasih berada di Jalan Maribaya Timur No 137,Cibodas,Lembang Kabupaten Bandung Barat
  • Airy Lembang Buka Negara 2 Bandung berada di Jalan Kampung Buka Nagara 1, Desa Pagerwangi Rt 05 Rw 01,Lembang,Indonesia

Itulah tadi berbagai penginapan maupun hotel yang berada di sekitar kawasan wisata Cuurg Maribaya ini. Dengan hadirnya penginapan maupun hotel yang dilengkapi dengan fasilitas menarik tentunya bisa membuat anda nyaman saat beristirahat.

Dari semua tempat penginapan tersebut, tentunya anda memiliki pilihan tersendiri. Yang pasti semua penginapan tersebut sudah menyediakan berbagai fasilitas yang anda butuhkan untuk beristirahat melepaskan rasa lelah anda sehabis berekreasi.

Tips Liburan ke Curug Maribaya

Menghabiskan waktu liburan dengan berwisata ke suatu tempat tentu saja menjadi hal yang sangat menyenangkan sekali. Apalagi jika tempat wisata yang kita kunjungi ini bernuansa alam. Supaya liburan anda terasa lebih menyenangkan, ada baiknya anda perhatikan berbagai tips wisata berikut ini:

Mempersiapkan baju ganti

Tujuan wisata kita memang kawasan wisata air sehingga anda pastinya akan basah kusup karena terkena percikan air terjun Maribaya. Selain itu di sana anda juga bisa berendam pada air panasnya. Konon katanya dengan berendam pada air panas di Maribaya ini bisa menyembuhkan segala macam penyakit. Bawalah baju ganti dari rumah supaya anda bisa menikmati segala fasilitas yang ada di lokasi wisata Curug Maribaya ini.

Coba melakukan trekking pada taman hutan raya Djuanda

Bagi anda yang suka menikmati keindahan dengan jalan kaki di kawasan sekitar air terjun Maribaya ini, maka anda bisa mencoba untuk lakukan trekking melewati taman. Di sana anda bisa temukan gua Jepang maupun Gua Belanda melalui aktivitas trekking ini. Tentunya aktivitas yang satu ini sangat mengasyikkan sekali untuk dilakukan. Jadi jangan sampai anda lewatkan keseruan liburan anda dengan mencoba melakukan trekking.

Nomer Telepon Wisata Curug Maribaya Lembang

Jika anda memiliki pertanyaan atau membutuhkan informasi lebih lanjut anda bisa menghubungi nomor 022-827-82228 serta Mobile 0812-9373-5432 dan 0822-1415-3019.

Kuliner Di Twig Cafe Dan Resto Langlang Buana

Setelah jalan-jalan atau mandi-mandi biasanya perut kita pasti keroncongan minta diisi. Untuk anda yang tidak sempat membawa makanan dari rumah atau dari luar, anda bisa mengisi perut keroncongan anda di twig cafe atau resto langlang buana.

Twig Cafe ini terdapat di sisi Curug Maribaya, atau Food Court Langlang Buana bisa menjadi tempat anda makan-makan. Sembari memulihkan tenaga untuk action lagi di objek wisata curug ini, anda bisa memesan aneka panganan lezat dan minuman segar.

Jangan sampai anda belum kesini: 24 Tempat Wisata Kuliner di lembang Bandung yang Wajib Anda Singgahi

Spot Berfoto Sky Bridge Tapak Halimun

Liburan kurang afdhol rasanya kalau belum mengabadikan foto terbaik kemudian meng-upload-nya ke medsos. Nah, Sky Bridge Tapak Halimun merupakan salah spot favorit di curug Maribaya untuk berfoto. 

Sky Bridge Tapak Halimun

Sky Bridge Tapak Halimun

Sky Bridge Tapak Halimun merupakan jalan/jembatan yang berada di sebelah kiri area. Dari sini kita bisa melihat sebagian besar area maribaya resort.

Info terkait: 28 Tempat Wisata Kuliner Romantis di Bandung yang Wajib Anda Sambangi

Ampitheatre Bale Pinton

Amphitheatre Bale Pinton Maribaya merupakan tempat yang kece buat ngadain berbagai acara seperti pernikahan, family outing, gathering perusahaan, dll. Bisa menampung 200 orang. Kita bisa menyewa area ini untuk kegiatan-kegiatan dengan banyak peserta.

Amphitheatre Bale Pinton Maribaya

Amphitheatre Bale Pinton Maribaya

Jangan lewatkan juga: Liburan Seru ke Curug Dago Bandung Jawa Barat

Sarana Penunjang Liburan

Agar pelayanan untuk wisatawan maksimal, pihak pengelola menyediakan berbagai sarana penunjang, seperti:

  • Dua area parkir yang cukup luas. Jika rombongan dengan Bis, bisa parkir di area parkir seberang dan pengunjung bisa dijemput dengan mobil khusus ke lokasi.
  • Mushala yang terawat dengan baik
  • Banyak toilet, dimana didalam lokasi gratis untuk digunakan. Sedangkan toilet diluar gerbang harus bayar Rp 2000.
  • Jika anda kelelahan berjalan terus, anda bisa duduk di bangku yang terdapat di sekitar lokasi. Cocok untuk istirahat ataupun sekedar berfoto-foto.
  • Terdapat banyak sekali gazebo-gezebo yang bisa kita jadikan tempat untuk istirahat sejenak
  • Juga ada taman – taman yang untuk bersantai yang konsepnya ada seperti rumah hobbit di Farmhouse susu lembang,
  • Bagi anda yang doyan mancing, disini juga ada kolam pemancingan yang bisa kita coba.

Bagaimana, sangat seru sekali bukan? Curug Maribaya memang merupakan salah satu objek wisata di Bandung yang lagi hits dan sedang ramai diperbincangkan oleh wisatawan dari berbagai kota di Sekitar Bandung.

Objek wisata ini menjadi salah satu primadona masyarakat untuk liburan masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Tidak heran saat akhir pekan air terjun ini sangat ramai sekali.

Demikianlah ulasan seputar curug Maribaya dari kami, semoga bisa menjadi referensi liburan anda dan keluarga. Jangan lewatkan juga: Liburan Seru ke Objek Wisata Curug Cimahi Bandung

Leave a Reply

error: Content is protected !!